10 Tempat Camping Terbaik di sekitar Salatiga yang Lagi Hits (2024)

Salatiga punya pesona alam yang tak kalah dari kota-kota Jawa Tengah lainnya. Kota ini memiliki keindahan alam pegunungan dan mata air yang menyejukkan. Camping ceria bersama keluarga atau teman-teman juga bisa menjadi kegiatan seru yang dilakukan di tempat-tempat wisata tersebut. Suasana alam yang tenang juga menjadi terapi yang sangat manjur. Terutama, bagi kamu yang sangat membutuhkan me time yang jauh dari keramaian.

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng
Taman Wisata Kopeng (Sumber: instagram.com/lukmanbudipurwanto)
LokasiJl. Magelang – Salatiga No.KM. 15, Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 18:00
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp15,000/orang
Harga paket campingRp400.000 – Rp1.000.000/malam (Harga penginapan)
Telepon0298318344
Daya tarik wisataWahana outbound, kolam renang, spot berfoto, taman bermain, ATV, Rumah Kelinci, spot piknik, horse riding, wahana paintball, lapangan tenis, camping ground
Rute dari Salatiga26 menit (15.7 km) lewat Jl. Raya Kopeng and Jl. Wonosari – Pakis (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,2/5.0 – 8.018 ulasan Google

Taman Wisata Kopeng merupakan tempat wisata yang paling populer di Salatiga. Taman wisata alam ini menawarkan keindahan alam pegunungan yang sangat cantik. Udaranya yang sejuk juga akan membuatmu merasa betah. Kamu bisa berjalan-jalan berkeliling taman dengan berbagai spot foto yang instagramable. Taman wisata ini ternyata juga memiliki camping ground, lho.

Ya, lokasi camping ground ini berada di dalam area wisata. Lokasinya tidak terlalu jauh dari lahan parkir kendaraan. Area camping ground di Taman Wisata Kopeng ini sangat luas. Bahkan, diperkirakan bisa memuat hingga puluhan tenda. Di sekitar area perkemahan ditumbuhi dengan pepohonan yang sangat rindang dan menyejukkan.

Lokasi dari camping ground ini sangat strategis. Kamu bisa menjangkau berbagai fasilitas yang disediakan dengan sangat mudah. Salah satunya, adalah toilet yang lokasinya ada di seberang area perkemahan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas lainnya, seperti musala, playground, hingga spot untuk berpiknik. Di sini juga menyediakan penginapan bagi yang ingin bermalam tapi tidak ingin camping.

Di sini juga terdapat beberapa wahana permainan yang seru. Tapi, masing-masing wahana dikenakan biaya tambahan yang bervariasi. Kamu bisa mengajak keluarga untuk bersantap di restoran yang ada di dalam area taman wisata ini. Atau, bisa juga dengan membeli makanan atau minuman yang dijual oleh pedagang asongan yang berkeliling di taman. Bagi yang tidak membawa perlengkapan camping, tenang saja! Kamu bisa menyewa perlengkapan berkemah yang disediakan oleh pihak pengelola.

Taman Wisata Kopeng ini berada di ketinggian 1700 mdpl. Di malam hari, suhu udara sangat dingin menusuk tulang. Makanya, jangan lupa untuk membawa jaket yang tebal atau sleeping bag.

2. Mata Air Senjoyo

Mata Air Senjoyo
Mata Air Senjoyo (Sumber: instagram.com/hendrixsaka)
LokasiCebongan, Tegalwaton, Kec. Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp5.000/orang (Senin – Jumat)
Rp10.000/orang (Sabtu – Minggu)
Telepon083839383299
Daya tarik wisataKolam pemandian, wahana perahu bebek, kolam ikan, spot berfoto, camping ground
Rute dari Salatiga12 min (6.0 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta dan Jl. Senjoyo IV (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 4.476 ulasan Google

Kesegaran mata air Senjoyo memang sudah sangat terkenal. Kamu tentunya juga ingin menikmati kesejukan air sumber pegunungan ini. Panorama yang ditawarkan tempat wisata ini juga sangat cantik. Nah, bayangkan jika kamu bisa menikmati kedamaian yang diberikan alam tersebut dengan camping ceria.

Area camping ground ini berlokasi di tengah-tengah hutan kecil yang sangat rindang. Area ini sangat luas dengan perkiraan bisa menampung hingga ratusan tenda. Karena lokasinya berada di dekat jalan utama, kamu bisa sekaligus membawa masuk mobil ke dalam area camping. Jadi, sangat ideal bagi kamu yang ingin bercampervan ria.

Walaupun dekat dengan akses jalan raya, tapi nuansa di camping ground ini justru sangat tenang. Di tengah-tengah area camping ground terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang. Atau, bisa juga difungsikan sebagai dapur dan tempat menyantap makanan.

Di dekat area campground ini juga terdapat deretan warung-warung. Kamu bisa membeli aneka makanan, minuman, maupun kudapan untuk menemani waktu camping bersama keluarga. Suhu udara di area perkemahan ini sudah pasti sangat sejuk dan menyenangkan. Kamu dijamin akan sangat betah selama berkemah di sini. Anak-anak juga bisa bebas bermain berlari-lari di sekitar area campground yang sangat luas.

Sayangnya, kondisi camping ground saat ini sedikit memprihatinkan. Akibat dampak pandemi, area camping ground di tempat wisata ini jadi kurang terawat. Akses ke fasilitas tempat sampah juga sangat minim.

3. Mawar Camp – Gunung Ungaran

Mawar Camp Gunung Ungaran
Mawar Camp – Gunung Ungaran (Sumber: instagram.com/mawarcamparea)
LokasiJl. Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 jam
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10,000/orang
Harga paket campingPaket Tenda*:
Paket Mawar Ngangeni: Rp125.000 (Sewa tenda kapasitas 4 orang)
Paket Nendo Jejer Motor: Rp140.000 (Sewa tenda kapasitas 2 orang)
Paket Nendo Jejer Mobil: Rp195.000 (Sewa tenda kapasitas 4 orang)
Paket Nendo Pinggir Pereng: Rp250.000 (Sewa tenda kapasitas 4 orang)
*Semua Paket Tenda sudah termasuk fasilitas layanan bongkar pasang tenda, free HTM Mawar, sewa matras full tenda, toilet/KM, akses air bersih, akses musala, penerangan lokasi, dan spot foto
Paket Camping (Minimal 20 orang)**:
Paket Camping Sekolah: Rp80.000/orang
Paket Camping Ceria: Rp110.000/orang
Paket Spesial: Rp130.000/orang
Paket Perusahaan: Rp160.000/orang
**Paket Camping sudah termasuk sewa tenda kapasitas 4 orang, sewa matras full tenda, makan + teh hangat, penerangan lokasi, props api unggun, free HTM Mawar (Non parkir).
Sewa perlengkapan campingMatras: Rp5.000
Sleeping bag: Rp10.000
Kompor: Rp15.000
Nesting: Rp15.000
Flysheet: Rp15.000
Gas: Rp20.000
Kayu Bakar: Rp25.000
Listrik: Rp100.000
Guide: Rp200.000 Porter: Rp300.000
Telepon081328873541
Daya tarik wisataJungle trekking, pendakian Gunung Ungaran, pemandangan sunrise, hill walking, spot berfoto instagramable, camping ground
Rute dari Salatiga44 menit (27.1 km) lewat Jl. Nasional 16 (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5.0 – 1,492 ulasan Google

Wisata ke Salatiga kurang lengkap rasanya jika belum camping di Mawar Camp Ungaran. Mawar Camp merupakan salah satu tempat camping keluarga terbaik di Semarang yang berada tepat di kaki Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang.

Bukannya, Mawar Camp itu gerbantg pendakian Gunung Ungaran? Area camping ini tidak hanya digunakan sebagai area basecamp untuk pendaki yang akan mendaki Gunung Ungaran. Kamu juga bisa mengajak keluarga atau teman komunitas untuk camping ceria di sini.

Terdapat 2 area terpisah untuk camping biasa dan camping campervan di Mawar Camp Gunung Ungaran. Jadi, kamu bisa memilih sendiri aktivitas camping yang diinginkan. Lokasi area camping untuk penggemar campervan berada tak jauh dari gerbang loket camp Mawar. Kamu harus membeli tiket terlebih dulu, atau melakukan reservasi ulang on the spot. Barulah, kamu akan diantarkan ke lokasi camping.

Lokasi camping untuk campervan sangat luas dan berbatasan langsung dengan tebing. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merbabu dan rangkaian gunung lainnya di kejauhan. Pemandangan sunrise dari atas bukit campground ini sangat cantik. Area campground ini bisa muat hingga puluhan unit mobil dan puluhan tenda.

Area camping biasa juga menawarkan pemandangan yang tak kalah cantik. Area perkemahan ini terdiri dari bukit berundak yang sangat hijau. Pepohonan pinus yang lebat turut memberikan sentuhan suasana yang sejuk dan damai. Di bagian bawah bukit terdapat berbagai spot berfoto cantik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto-foto ria.

Dari area campground ini, kamu bisa melihat pemandangan perbukitan hijau yang sangat indah. Di pagi hari, kabut tebal yang turun memberikan nuansa adem dan misterius. Area campground bagian bawah biasanya yang paling banyak dipenuhi orang. Kamu bisa mendaki sedikit lebih jauh untuk suasana yang lebih tenang.

4. Wisata Alam Telomoyo

Wisata Alam Telomoyo
Wisata Alam Telomoyo (Sumber: instagram.com/explorejateng_)
LokasiKarangbawang, Nogosaren, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp10.000 (Senin – Jumat)
Rp15.000 (Sabtu – Minggu)
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan pegunungan, pemandangan sunrise, pemandangan sunset, camping ground
Rute dari Salatiga38 mnt (16,1 km) lewat Jl. Raya Kopeng (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5.0 – 2.525 ulasan Google

Wisata alam Gunung Telemoyo jadi salah satu tempat wisata hits yang sangat digemari. Pencinta alam sudah pasti harus pernah mendaki gunung satu ini. Dibandingkan gunung-gunung lainnya, Gunung Telomoyo memang tidak terlalu terjal. Tingginya hanya sekitar 1.894 mdpl saja. Biarpun demikian, pemandangan alam yang ditampilkan sangat menggoda.

Makanya, tak heran jika gunung ini menjadi destinasi camping yang sangat disukai. Kamu memang bisa melakukan aktivitas camping di lereng gunung. Area camping ground Gunung Telomoyo ini memang tidak terlalu luas. Jadi, memang area berkemah ini hanya bisa memuat sedikit tenda. Apalagi, dengan kondisi area yang dikelilingi oleh tebing terjal. Jika tidak ingin kehabisan tempat, sebaiknya datanglah saat weekdays.

Dari segi medan, rute menuju campground Telomoyo sebenarnya tidak terlalu menantang. Bahkan, anak-anak bisa melewati rute ini dengan mudah. Mendaki Gunung Telemoyo ini juga sangat cocok untuk pendaki pemula yang ingin mencoba sensasi hiking. Sayangnya, kondisi jalan yang tidak rata membuat pengendara mobil akan mengalami kesulitan melintas. Untuk mencapai area campground, kamu harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkannya dengan trekking.

Selama camping, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Akses toilet gratis dan warung makan bisa diakses dengan mudah. Namun, kamu harus berjalan sedikit jauh dari fasilitas tersebut menuju campground. Demi keamanan, sebaliknya kamu tidak memaksakan untuk mendaki saat cuaca berkabut, ya. Selain itu, jangan lupa untuk membawa jaket atau sleeping bag yang bisa melindungimu dari udara dingin saat malam hari.

5. Bukit Harapan Cuntel

Bukit Harapan Cuntel
Bukit Harapan Cuntel (Sumber: instagram.com/bukitharapan)
LokasiCuntel, Kopeng, Getasan, Cunta, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp8.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan taman, pemandangan pegunungan, pemandangan area persawahan warga, pemandangan sunrise, pemandangan sunset, kebun strawberry, camping ground
Rute dari Salatiga37 menit (20.0 km) lewat Jl. Wonosari – Pakis (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 485 ulasan Google

Bukit Harapan Cuntel tidak hanya dikenal sebagai lokasi wisata hangout kekinian di kalangan anak-anak muda. Kamu juga bisa menikmati wisata camping ceria di bukit ini. Bukit setinggi 1700 mdpl ini menawarkan keindahan alam pegunungan yang memukau. Tertarik camping di sini?

Satu hal yang menyenangkan dari camping di Bukit Harapan Cuntel adalah, kamu bisa pilih sendiri lokasi mendirikan tenda. Di area wisata ini, ada banyak sekali lahan datar yang bisa digunakan untuk camping. Kamu bisa memilih sendiri lokasi yang dirasa sangat strategis. Biasanya, para pengunjung memilih camping di dekat menara pandang yang didirikan di atas pohon akasia yang sudah mati.

Dari segi fasilitas, fasilitas yang ditawarrkan di Bukit Harapan Cuntel lumayan lengkap. Di beberapa titik terdapat gazebo yang bisa kamu pakai untuk bersantai. Ada juga bangku dan meja kayu yang berjejer rapi dan bisa kamu gunakan untuk menyantap makanan. Tempat wisata ini juga menyediakan akses toilet gratis dan warung-warung yang menjual berbagai hidangan.

Jika kamu ingin menikmati pemandangan bukit ini secara maksimal, berkunjunglah saat weekdays. Selain itu, sebaiknya jangan datang saat musim hujan. Selain sangat dingin, pemandangan sekitar bukit juga jadi diselimuti oleh kabut. Akibatnya, kamu jadi tidak bisa benar-benar menikmati pemandangan. Sayangnya, di bukit ini masih belum menyediakan fasilitas persewaan perlengkapan camping.

6. Villa & Camping Ground Pinus Kenteng

Villa Camping Ground Kenteng
Villa & Camping Ground Pinus Kenteng (Sumber: instagram.com/campinggroundpinus)
LokasiJl. Raya Salatiga-Kopeng No.8, Kenteng, Sumogawe, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 22:00
Harga paket campingSewa tenda kapasitas 2 orang: Rp50.000/pax
Sewa tenda kapasitas 3 orang: Rp75.000/pax
Sewa tenda kapasitas 4 orang: Rp85.000/pax
Sewa tenda kapasitas 6 orang: Rp125.000/pax
Sewa perlengkapan camping: Rp20.000 – Rp25.000/item
Paket Camping: Rp40.000/pax (sudah termasuk sewa tenda minimal 30 pax dan maksimal 70 pax, sewa matras, sewa ruang / tenda pertemuan, Breakfast Box, Lunchbox, atau Coffee Break Box (pilih salah satu)
Telepon085641855585
Daya tarik wisataOutbound, pemandangan hutan pinus, kuliner angkringan, camping ground
Rute dari Salatiga16 menit (8.9 km) lewat Jl. Hasanudin (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5.0 – 380 ulasan Google

Ingin camping ceria bersama keluarga atau bersama teman-teman kantor? Villa & Camping Ground Pinus Kenteng bisa dijadikan pilihan sempurna. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman camping di tengah-tengah hutan pinus yang rimbun. Selain itu, ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama camping di sini.

Keunggulan camping ground ini adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Area camping ini memang berada dekat dengan jalan utama. Sehingga, pengguna sepeda motor dan mobil bisa menjangkaunya dengan sangat mudah. Biarpun demikian, kamu tetap bisa menikmati suasana tenang dan syahdu. Apalagi, area camping ini berbatasan dengan hutan alami yang lebat.

Area camping ground juga sangat luas dengan kontur tanah yang berundak. Seluruh area perkemahan diselimuti oleh rumput hijau yang menambah kesegaran suasana. Kemungkinan besar, area perkemahan ini bisa muat hingga ratusan tenda. Makanya, tak heran jika tempat ini sangat cocok untuk destinasi camping dengan jumlah rombongan besar.

Kamu juga bisa menyewa penginapan berbentuk barak atau villa. Pilihan ini sangat cocok jika kamu ingin menikmati keheningan yang ditawarkan tempat wisata ini tanpa harus camping. Pilihan manapun yang dipilih tetap memungkinkanmu untuk menyaksikan keindahan alam di sini secara maksimal. Selain itu, kamu juga bisa mengisi kegiatan liburan di sini dengan aktivitas outbound yang seru.

Untuk menunjang kenyamananmu, Villa & Camping Ground Kenteng ini menawarkan fasilitas yang lumayan lengkap. Selain fasilitas outbound, ada juga fasilitas kafe kopi angkringan dan restoran yang menyajikan hidangan Nusantara. Akses toilet juga cukup memadai, walaupun lokasinya agak jauh dari camping ground. Lampu-lampu gantung yang dipasang membuat suasana campground saat malam terasa makin meriah.

7. Bumi Perkemahan Kali Pasang

Buper Kalipasang
Buper Kalipasang (Sumber: instagram.com/nafila_285)
LokasiPulihan, Batur, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 16:00
Harga paket campingRp7.500/orang
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan hutan pinus, spot foto instagramable, spot foto prewedding, amfiteater, menara pandang, tempat camping
Rute dari Salatiga27 mnt (12,4 km) lewat Jl. Argosari Raya (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5.0 – 257 ulasan Google

Cari lokasi perkemahan yang cocok untuk kegiatan camping beramai-ramai? Nikmati keseruan camping di bumi perkemahan Kali Pasang. Perkemahan ini berada di dalam area Taman Nasional Gunung Merbabu. Lokasinya ada di kaki gunung yang ditumbuhi dengan ratusan pohon pinus. Udara khas pegunungan yang menyegarkan juga membuatmu benar-benar merasa rileks selama camping di sini.

Area camping ground ini memang sangat luas. Kamu bisa memasang hammock di antara pepohonan. Pemandangan pohon pinus yang sangat alami juga menjadikan area perkemahan ini sebagai surganya para fotografer. Kamu bisa mendapatkan berbagai foto menarik dengan latar belakang hutan pinus di sini.

Bumi perkemahan ini juga berlokasi lumayan dekat dari area parkir. Selain itu, kamu juga bisa mengakses fasilitas toilet dengan gratis. Akses musala juga tersedia. Hanya saja, lokasi warung makan dan toko kelontong cukup jauh. Sehingga, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Pada dasarnya, Bumi Perkemahan Kali Pasang ini merupakan area konservasi alam. Jadi, kamu memang tidak diperbolehkan untuk langsung datang dan menggelar tenda. Untuk rombongan besar, kamu diwajibkan untuk melapor terlebih dahulu ke kantor Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Lokasinya ada di Kota Boyolali. Untuk pengunjung yang terdiri dari 1-3 orang saja, tidak perlu meminta izin. Tapi, kehadiranmu tetap harus diketahui oleh petugas terkait.

Catatan: Pengen ngadem di dataran tinggi Boyolali yang terkenal cantik? Coba camping di beberapa tempat camping terindah di Boyolali berikut ini. Camping groundnya nyaman, sejuk, adem dan panorama alamnya bagus. Mau? Baca selengkapnya di artikel ini.

8. Kayana Camping Ground

Kayana Camping Ground
Kayana Camping Ground (Sumber: instagram.com/enksetyawan)
LokasiKrajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah(Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10,000/orang
Harga paket campingRp75.000/malam (sewa lahan, tenda bawa sendiri) Rp100.000/tenda (sewa tenda)
Rp30.000/mobil (sewa lahan untuk campervan) Rp30.000/ikat (kayu bakar)
Rp15.000 (sewa tikar) Rp300.000/malam (sewa glamping Joglo)
Telepon081227167388
Daya tarik wisataPemandangan Gunung Ungaran, pemandangan Danau Rawa Pening, playground anak, eksplorasi perkebunan warga
Rute dari Salatiga49 menit (29.4 km) lewat Jl. Nasional 16 (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5.0 – 140 ulasan Google

Kayana Camping Ground juga menjadi salah satu destinasi camping kekinian yang sangat disukai keluarga. Selain itu, anak-anak muda yang ingin camping ceria tanpa harus mendaki gunung umumnya juga akan memilih wisata satu ini. Tempat wisata satu ini memang menawarkan pengalaman camping seru dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Selain mudah dijangkau, area camping ground Kayana juga cukup luas. Area perkemahan di sini terbagi menjadi 2 tipe. Yaitu, area camping untuk camping biasa dan area camping van. Untuk area camping van, kamu bisa membawa masuk mobil campervan. Sedangkan, area camping ground biasa ada di bagian bawah area campervan. Keduanya memiliki area yang lumayan luas.

Selain itu, kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang cantik. Di kejauhan, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Ungaran yang sangat perkasa. Selain itu, pemandangan Danau Rawa Pening juga terlihat sangat jelas saat cuaca cerah. Panorama barisan pegunungan lainnya juga memanjakan kedua matamu.

Dari segi fasilitas dan aksesibilitas, tempat camping ini patut diacungi jempol. Kamu bisa membeli berbagai kebutuhan darurat di minimarket yang berlokasi tak jauh dari tempat wisata. Selain itu, fasilitas seperti musala dan toilet juga tersedia dan dalam kondisi terawat. Akses penerangan sudah tersedia, namun masih sangat terbatas. Jadi, sebaiknya kamu membawa perlengkapan lampu sendiri untuk menerangi tenda.

Selain itu, akses listrik juga sedikit jauh dari area campground. Jadi, kamu harus membawa kabel panjang dari rumah. Tersedia juga villa glamping Joglo dengan harga terjangkau permalam. Agar suasana lebih meriah, kamu bisa membeli kayu bakar yang disediakan pengelola. Di sini juga menyediakan restoran yang buka hingga pukul 10 malam.

9. Camping Ground Pinus Cunthel

Camping Ground Pinus Cunthel
Camping Ground Pinus Cunthel (Sumber: instagram.com/campinggroundpinus)
LokasiSundel, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaJum’at, Sabtu, Minggu buka 24 jam. Senin-Kamis TUTUP.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp5,000/orang
Harga paket campingRp12.000/orang (HTM. Sudah termasuk welcome drink gratis dan tenda warna putih)
Rp130.000/malam (Menginap bawa tenda sendiri. Sudah termasuk sepasang kasur dan bantal, akses toilet dengan air panas, dan akses listrik)
Rp450.000/malam (sewa tenda besar anti air. Sudah termasuk sepasang kasur dan bantal, akses toilet dengan air panas, dan akses listrik)              
Telepon085641855585
Daya tarik wisataWahana outbound, pemandangan pegunungan, pemandangan sunrise, pemandangan sunset
Rute dari Salatiga38 menit (18.4 km) lewat Jl. Raya Kopeng (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5.0 – 132 ulasan Google

Salah satu wisata alam terbaik di sekitar Salatiga adalah Camping Ground Pinus Cunthel. Apalagi, bagi kamu yang ingin merasakanya keseruan weekend bersama keluarga atau teman-teman dengan merasakan aktivitas outdoor. Kamu bisa mencetak kenangan manis selama camping di sini.

Lokasi camping ground Pinus Cunthel ini berada di atas bukit hutan pinus. Kalau kamu pernah mendaki Gunung Merbabu melalui jalur pendakian Gunung Merbabu via Cunthel, kamu pasti tahu lokasi camping groundnya. Karena Camping Ground Pinus Cunthel letaknya tidak jauh dari basecamp Cunthel.

Untuk menjangkau area camping ground, kamu memang harus sedikit berolahraga. Dari lahan parkir, kamu harus berjalan menanjak sejauh 250 meter untuk mencapai area camping ground. Ya, memang cukup melelahkan. Bagi yang tidak kuat berjalan, tersedia jasa ojek dengan ongkos transportasi Rp5.000 saja.

Suhu udara di area perkemahan ini sudah pasti terasa sangat sejuk. Apalagi, dengan pemandangan pepohonan pinus yang menjulang dan memberikan efek healing tersendiri. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan penduduk.

Bagi yang tidak memiliki tenda, tidak perlu khawatir! Bahkan, bisa dibilang kamu tidak perlu membawa tenda sama sekali. Karena, camping ground ini menyediakan persewaan tenda dengan harga yang bervariasi. Kamu bisa menyewa tenda setengah hari hanya untuk sekadar piknik. Ada juga sewa tenda dengan ukuran yang lebih besar dan tahan air bagi kamu yang ingin menginap.

Fasilitas yang disediakan di camping ground ini adalah fasilitas toilet, musala, dan restoran. Berminat camping di sini? Jika kamu akan datang di saat weekend, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dulu sebelum keberangkatanmu.

10. Kuncen Camp Ground

Kuncen Campground
Kuncen Camp Ground (Sumber: instagram.com/agrowisatakuncen)
LokasiJaten, Polobogo, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 16:00 WIB
Harga paket campingRp20.000/orang (tanpa menginap)
Rp40.000/mobil isi 2 orang (menginap)
Telepon085238542281
Daya tarik wisataPanorama Danau Rawa Pening, pemandangan Gunung Ungaran, panorama persawahan warga, pemandangan sunset
Rute dari Salatiga23 menit (9.9 km) lewat Jl. Clowok (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5.0 – 22 ulasan Google

Komunitas campervan pasti tak asing dengan tempat wisata satu ini. Kuncen Campground jadi lokasi yang paling direkomendasikan untuk penggiat camping van. Area camping ground ini terdiri dari padang rumput yang sangat luas. Untuk aktivitas camping biasa, mungkin bisa memuat sampai kapasitas ratusan tenda.

Karena luasnya, camping ground ini ideal untuk aktivitas camping komunitas. Kamu juga bisa membawa mobilmu masuk ke dalam area camping. Di sini, kamu bisa menikmati aktivitas berkemah seru di tengah-tengah suasana alam yang damai. Pemandangan danau Rawa Pening dan Gunung Ungaran di kejauhan menjadi daya tarik utama. Area persawahan warga juga terlihat menyejukkan mata. Selain itu, kamu juga bisa membuat suasana menjadi lebih hidup dengan menyalakan api unggun.

Untuk mencapai campground ini, pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang prima. Bagi yang membawa mobil, sebaiknya mengambil jalan memutar melewati Pasar Gedangan. Petunjuk dari Google Map biasanya akan membawamu melewati Jaten. Tapi, jalur tersebut memiliki medan yang curam dan sempit. Rute tersebut hanya bisa dilewati oleh satu mobil.

Untuk fasilitas, pengunjung bisa mengakses toilet gratis, akses air bersih, dan akses listrik. Selain itu, tersedia juga sebuah restoran yang menyajikan aneka hidangan. Tapi, restoran ini hanya buka hingga pukul 6 petang saja. Jadi, sebaiknya kamu membeli makanan sebelum waktu restoran tersebut tutup. Di malam hari juga tersedia fasilitas penerangan yang cukup memadai.

Di sini juga tersedia gazebo maupun pendopo sebagai tempat untuk bersantai. Kamu juga bisa menyewa tenda maupun perlengkapan camping lainnya. Untuk melakukan reservasi dan penyewaan, kamu bisa langsung menghubungi pengelola. Bagi yang ingin beribadah juga terdapat fasilitas musala.

Ternyata, di sekitar Salatiga punya banyak sekali wisata campground untuk dieksplorasi. Untuk pencinta alam, sudah pasti akan memasukkan semua rekomendasi di atas di dalam bucketlistmu. Kamu pun jadi tidak kehabisan ide untuk mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga. Jangan lupa untuk mengisi penuh Hp dan powerbankmu. Karena, dijamin kamu juga akan sibuk berfoto-foto mengabadikan setiap momen.

Tambahan: Pengen lebih banyak rekomendasi tempat camping menarik di sekitar Jawa Tengah? Kebetulan banget, kami baru saja menyelesaikan kurasi menarik terkait tempat camping terindah di Jawa Tengah. Mau? Baca di sini

Leave a Comment