10 Tempat Camping Keluarga Terbaik di Semarang (Budget Friendly)

Kalau kamu menyukai alam sekaligus hobi traveling, belum lengkap pengalamanmu tanpa camping. Termasuk kamu yang ada di Semarang atau mau jalan-jalan ke sana. Kamu bisa bermalam di spot camping yang asyik di sekitar Semarang. Di mana saja itu? Penasaran? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Semarang:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Candi Gedong Songo

Tempat Camping Semarang Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo, Semarang (sumber: Yasin Yusuf)
LokasiJalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-16.00
Harga tiket masukRp8.000/orang untuk tiket masuk weekdays
Rp10.000/orang untuk tiket masuk weekend
Telepon
Daya Tarik WisataTaman wisata, Lima kompleks candi, jalur trekking 2 km, pemandian air hangat, Vanaprastha Gedong Songo, menunggang kuda
Wisata menarik terdekat» Ayanaz Gedongsongo (1 mnt (40,0 m) dari Candi Gedong Songo)
Rute dari Semarang1 jam 20 mnt (37,8 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4.5/5 dari 14.036 ulasan Google

Candi Gedong Songo dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Akses jalan baik dan beraspal. Sampai di lokasi, lahan parkirnya luas. Kamu bisa parkir kendaraan, kemudian berjalan ke area camping. Jalan menuju lokasi candi sekaligus area camping tersebut menanjak. Jadi, kamu perlu mempersiapkan fisik dengan baik.

Oh iya, ada tiket masuk untuk wisatawan lokal saat weekdays Rp8.000 dan weekend Rp10.000. Sementara, tiket masuk untuk wisatawan mancanegara saat weekdays Rp50.000 dan weekend Rp75.000. Sementara, kompleks candi ini luas, sehingga ada banyak area camping. Area camping juga luas sekali, bisa muat banyak tenda, tidak perlu khawatir kehabisan tempat.

Biasanya, pengunjung sering membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri. Untuk area camping berupa lahan rumput yang luas dan landai. Kemudian terdapat pohon-pohon rimbun di dekat area camping tersebut. Suasana terasa segar dan asri. Lalu, ada fasilitas seperti musala, kursi tempat duduk-duduk, kamar mandi, warung.  

Pengunjung yang camping biasanya juga membawa perlengkapan masak sendiri. Aktivitas yang disuka campers antara lain menikmati sunrise. Lalu, membuat sendiri makanan dan camilan, seperti tempe mendoan. Pengunjung juga suka berfoto-foto sambil mampir ke berbagai spot menarik yang tersedia. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan, hingga rombongan komunitas.

2. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Tempat Camping Semarang Pondok Wisata Umbul Sidomukti
Pondok Wisata Umbul Sidomukti, Semarang (sumber: instagram.com/ragentar_outbound/)
LokasiKawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp45.000/tenda. Rp5.000/matras
Rp8.000/sleeping bag
Telepon(0298) 7137-009
Rute menuju lokasi camping dari Semarang1 jam 9 menit (31,1 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pegunungan Ungaran, kawasan outbond, menunggang kuda, keliling Desa Wisata Sidomukti naik ATV

Pondok Wisata Umbul Sidomukti unik dengan memiliki konsep tenda panggung. Ada juga tenda-tenda standar yang tersedia. Tempat ini populer untuk camping. Biasanya lokasi ini dijadikan tempat tujuan camping keluarga. Akses jalan ke lokasi sudah baik, serta bisa dilalui mobil dan motor. Mobil juga bisa masuk sampai area camping lalu parkir di dekat tenda.

Untuk tarifnya, ada tiket masuk Rp5.000 per orang. Untuk parkir kisarannya Rp2.000 per motor dan Rp5.000 per mobil. Sementara, untuk perlengkapan tenda dan lainnya, kamu bisa bawa sendiri atau menyewa di sini. Area camping di sini luas, bisa muat untuk banyak tenda. Area camping-nya ditata dengan bentuk terasering dan ada yang berupa tenda-tenda panggung.

Pemandangan di sini juga indah. Kamu bisa melihat gunung Ungaran. Lalu, terlihat pohon-pohon hijau di sekeliling area camping. Ada bukit-bukit dan terasering sawah di kejauhan. Apalagi kalau kamu camping di tenda di atas panggung, feel-nya beda, lebih eksklusif dan tenang. Setiap tenda jaraknya berjauhan antara satu dan lainnya. Kamu juga bisa melihat pemandangan dari ketinggian.

Sementara, fasilitas di sini juga lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, warung, kolam renang. Pengunjung suka bakar -bakar makanan seperti bakso, sosis, dan jagung saat malam. Biasanya dengan menggunakan peralatan masak sendiri.

Aktivitas kesukaan lainnya adalah menyaksikan sunrise yang indah. Tempat camping ini tenang dan damai, cocok untuk keluarga dan anak-anak. Kamu juga bisa camping dengan pasangan dan teman-teman.

3. Banaran Sky View

Tempat Camping Semarang Banaran Sky View
Banaran Sky View, Semarang (sumber: Ala Traveller)
LokasiJl. Raya Bawen – Solo KM. 1,5 Bawen Baan Baan, Baan, Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 10.00-21.00. Sabtu-Minggu, 10.00-22.00
Harga paket campingRp700.000/tenda dua orang per malam
Rp850.000/tenda tiga orang per malam
Telepon0811-2721-770
Daya tarik wisataPemandangan Danau Rawa pening, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu; tempat ngopi; jogging trek, camping ground
Wisata menarik terdekat» Dusun Semilir (12 mnt (5,4 km) dari Banaran Sky View)
Rute dari Semarang44 mnt (38,4 km) lewat Jl. Tol Tembalang-Ungaran dan Jl. Tol Semarang – Solo/Jl. Tol Ungaran-Bawen (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4.5/5 dari 2089 ulasan Google

Banaran Sky View adalah tempat yang pas untuk glamping. Lokasinya memiliki akses yang baik dan dapat dijangkau dengan mobil dan motor. Kamu bisa parkir lalu berjalan sedikit ke area camping. Sudah ada tenda-tenda yang disediakan untuk glamping. Kalau mau camping dengan mendirikan tenda juga bisa. Area camping luas dengan kapasitas banyak tenda.

Untuk tenda yang disediakan berwarna-warni. Selain itu, sudah ada fasilitas lengkap berupa kamar mandi, toilet, musala, restoran, kafe, alat pemanggang barbeque. Lalu, biasanya, ada juga live music untuk hiburan. Tempat camping ini sangat nyaman dengan suasana hangat dan homey.

Pemandangannya juga memesona. Kamu dapat melihat Danau Rawapening, serta Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu dari sini. Di sekitar tempat camping, juga terlihat pohon-pohon hijau yang rimbun. Semuanya terlihat mengesankan dari ketinggian.

Saat camping, para campers biasanya suka acara barbeque dan hangout ketika malam. Kegiatan lain yang disuka yaitu menikmati kopi hangat, serta melihat pemandangan alam sekitar yang indah. Tempat camping ini pas untuk liburan santai tapi seru. Cocok untuk keluarga, teman-teman, komunitas, kamu dan pasangan, yang suka camping tanpa ribet.

4. Mawar Camp – Gunung Ungaran

Tempat Camping Semarang Mawar Camp Gunung Ungaran
Mawar Camp – Gunung Ungaran, Semarang (sumber: instagram.com/s.nurul_ulfah/)
LokasiJl. Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 09.00-23.00
Harga paket campingRp7.000/orang per malam
Rp9.000/orang untuk 3 hari 2 malam
Rp11.000/orang untuk 4 hari 3 malam
Rp12.000/orang untuk 5 hari 4 malam
Telepon0813-2887-3541
Rute menuju lokasi camping dari Semarang1 jam 9 menit (31,4 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pegunungan, spot selfie, pemandangan kota dari ketinggian

Mawar Camp memiliki akses yang sangat mudah dijangkau. Kamu bisa naik mobil dan motor ke sini. Nanti, kamu memarkir kendaraan di tempat parkir. Lalu, berjalan sedikit ke area camping. Kalau mau parkir mobil masuk di area camping juga bisa.

Oh iya, ada harga tiket masuk per orang Rp10.000. Lalu, parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Sudah ada fasilitas berupa kamar mandi, toilet, musala, listrik, serta layanan 24 jam. Kalau mau bawa perlengkapan camping sendiri bisa, sewa tenda juga tersedia. Untuk sewa tenda Rp45.000 per malam. Ada juga biaya camping per orang, kisarannya Rp7.000-Rp12.000.

Area camping di sini berupa lahan berupa terasering dan sangat luas, muat banyak tenda. Selain itu, ada pohon-pohon di berbagai sudut area camping. Pohon-pohon pinus juga ada. Kemudian, ada pula rerumputan dan tanaman hijau yang membuat udara sejuk. Pemandangannya juga menyejukkan mata. Saat pagi, biasanya berkabut di sini.

Pengunjung saat camping suka meresapi indahnya pemandangan. Pengunjung juga suka membakar jagung, bakso, atau sosis dengan kayu bakar saat malam. Selain itu, orang-orang senang berkeliling tempat camping. Lalu, mampir ke kawasan Bukit Paralayang untuk melihat golden sunrise.

Dari tempat camping ini juga ada jalur pendakian menuju puncak Gunung Ungaran. Siapa tahu, kamu sedang ingin mendaki. Jadi, bisa camping sekalian hiking. Hehe

Terakhir, tempat camping di sini sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak. Kamu juga bisa mengajak pasangan atau teman-teman camping di sini.

Catatan: Butuh lebih banyak rekomendasi tempat camping menarik? Kami telah mengulas banyak tempat camping di Jawa Tengah di sini. 

5. I AMpelgading Homeland

Tempat Camping Semarang I Ampelgading Homeland
I AMpelgading Homeland, Semarang (sumber: instagram.com/hanielyudi/)
LokasiQ9W2+J9X, Dusun ampelgading, Kenteng, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-18.00
Harga paket campingRp70.000/tenda
Telepon0823-2259-9988
Rute menuju lokasi camping dari Semarang1 jam 23 menit (35,7 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan; pemandangan Gunung Merbabu, Telomoyo, Sindoro, Andong, Lawu

I’AMpelgading Homeland memiliki view yang memesona. Tempatnya berada di lereng Gunung Ungaran. Akses menuju lokasi juga dapat dijangkau dengan motor dan mobil. Banyak juga pengunjung yang datang naik motor. Hati-hati, ya, karena jalur naiknya cukup ekstrem dan curam, tapi masih aman.

Setelah sampai, sudah ada tempat parkir yang luas serta beratap. Dari tempat parkir cukup berjalan sedikit saja sampai area camping. Oh iya, ada biaya tiket masuk Rp10.000 dan parkir Rp3.000.

Area camping di sini luas dengan ditata berupa terasering. Satu lajur terasering bisa muat 4-5 tenda. Jadi, ada banyak tenda yang bisa didirikan di sini. Selain itu, banyak terdapat gazebo di area camping. Sementara, area camping dikelilingi lahan berumput yang banyak ditumbuhi pepohonan dan tanaman hijau.

Dari tempat camping di ketinggian ini, kamu dapat melihat pemandangan gunung dan kota di kejauhan. Pemandangan di sini sangat, sangat menawan. Semuanya hijau, suasana masih alami, udaranya sejuk. Tempatnya juga terasa lapang dan luas. Kamu bisa bawa tenda dan perlengkapan camping sendiri. Bisa juga sewa tenda dengan tarif Rp70.000. Selain itu, ada fasilitas kamar mandi, toilet, musala, warung.

Kalau sedang camping, pengunjung biasanya senang berburu sunrise saat pagi. Aktivitas seru lainnya adalah menikmati panorama alamnya serta berfoto-foto. Di sini tempat camping-nya cocok untuk siapa saja. Terutama, kalau mau mengajak pasangan, bisa. Kamu juga bisa camping bersama teman, keluarga, komunitas, dan orang terdekatmu.

6. Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang

Tempat Camping Semarang Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang
Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang (sumber: instagram.com/fajardwsptr/)
LokasiJl. Tinjomoyo Barat, Sukorejo, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSelasa-Minggu, 07.00-16.00
Harga paket campingRp3.000/orang untuk tiket masuk
Telepon0895-0186-1119
Rute menuju lokasi camping dari Semarang20 menit (7,9 km) lewat Jl. Dr. Wahidin
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingJelajah hutan, fasilitas outbond dan permainan,  spot foto, combat game, family outing

Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang merupakan tempat camping yang humble. Lokasinya strategis, tidak jauh dari pusat kota, sehingga mudah dijangkau. Akses jalannya juga baik. Kamu bisa menggunakan mobil dan motor ke sini. Selain itu, kendaraan kamu bisa masuk sampai di area camping. Jadi, tempat camping ini juga cocok untuk campervan.

Area camping berada di tengah hutan yang tertata rapi. Di samping itu, area camping-nya juga berupa lahan ber-paving. Jadi, semuanya terasa nyaman. Area untuk camping luas serta muat banyak tenda. Untuk tenda dan perlengkapan camping, biasanya pengunjung bawa sendiri.

Sementara, untuk fasilitas, di sini ada kamar mandi, toilet, warung yang menjual makanan ringan dan minuman. Bisa dibilang, fasilitas di sini belum terawat dengan optimal tapi sebenarnya cukup lengkap. Jadi, kamu bisa membawa peralatan masak sendiri serta makanan dan minuman, agar lebih nyaman.

Di sini, tentu penuh dengan pepohonan, sehingga pemandangannya benar-benar khas hutan. Semuanya terlihat hijau dengan udara yang sejuk. Kalau camping di sini, pengunjung biasanya bersantai sambil menikmati suasana hutan. Aktivitas lain yang disuka adalah berjalan-jalan di jalur trekking yang tersedia. Campers juga suka memasak makanan saat hari mulai petang.

Omong-omong, dahulu tempat camping ini merupakan kebun binatang Semarang. Namun, karena tanahnya terus bergerak setiap tahun, kebun binatang tersebut dipindah ke Mangkang Kulon. Maka dari itu, tempat camping ini telah dikelola sedemikian rupa.

Kadang, juga ada kegiatan pramuka di sini. Kalau mau camping di sini, cocok untuk mengajak keluarga dan anak-anak, pasangan, teman-teman, atau rombongan komunitas.

7. Wisata Alam & Basecamp Ungaran via Perantunan

Tempat Camping Semarang Wisata Alam Dan Basecamp Ungaran Via Perantunan
Wisata Alam & Basecamp Ungaran via Perantunan, Semarang (sumber: instagram.com/wisataalamperantunan_bandungan/)
LokasiJl. Lingkungan, Gintungan, Bandungan, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp20.000/orang untuk tiket masuk dan parkir
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Semarang1 jam 15 menit (34,3 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingGugusan pegunungan, golden sunrise, Pertapan Watu Lawang, gardu pandang, taman bunga

Wisata Alam & Basecamp Ungaran via Perantunan seakan memiliki jiwa sendiri. Tempat camping ini serasa menyambutmu dengan hangat, dan mengerti kalau kamu ingin bermalam di sini. Jadi, atmosfernya terasa nyaman dan membuat kamu betah.

Untuk menuju lokasi, jalannya menanjak dan sempit, tapi sudah berupa jalan semen halus. Jadi, pengunjung biasanya menggunakan motor kalau mau sampai persis di lokasi. Disarankan kamu tidak naik motor matic. Namun, kalau pakai motor matic, pastikan kondisi motor sangat baik dengan rem yang berfungsi optimal.

Jika naik mobil bisa dititipkan di lapangan desa terdekat, sekitar 1 km dari lokasi. Kemudian, kamu naik ojek ke lokasi camping. Di lokasi camping, sudah ada lahan parkir luas untuk motor saja. Kamu perlu berjalan sedikit dari lahan parkir ke area camping.

Area camping luas, bisa muat banyak tenda. Areanya berupa rerumputan dengan banyak pohon tumbuh di setiap sudutnya. Suasana terasa asri dan segar di sini, dengan pemandangan yang hijau. Selain itu, sudah ada fasilitas musala, kamar mandi, toilet, listrik, banyak warung yang menjual makanan. Lalu, tersedia Wi-Fi berupa paket Rp5.000 per jam.

Ativitas yang disukai campers yaitu membuat api unggun dan barbeque. Aktivitas favorit lainnya adalah melihat pemandangan kota Semarang dari gardu pandang. Pengunjung juga suka menyaksikan golden sunrise.

Kalau untuk tenda dan perlengkapannya, kamu boleh bawa sendiri. Bisa juga menyewa perlengkapan camping dan mendaki di pos pendataan. Camping di sini cocok untuk teman, keluarga, pasangan, dan siapa saja.

Dari tempat camping ini juga ada jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan. Jika kamu suka mendaki, ulasan lengkap tentang jalur pendakiannya ada di artikel ini. Siapa tahu, kan, kamu sedang ingin mendaki juga. Hehe.

8. Efrata Retreat & Camping Hill

Tempat Camping Semarang Efrata Retreat Camping Hill
Efrata Retreat & Camping Hill, Semarang (sumber: Abdurrahman Faizi)
LokasiSuruhan, Keji, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-16.00
Harga paket campingRp30.000/orang
Telepon0896-3795-3532
Rute menuju lokasi camping dari Semarang42 menit (18,8 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTanaman dan bunga-bunga, kebun yang luas, pemandangan Gunung Ungaran

Efrata Retreat & Camping Hill memiliki akses jalan yang cukup baik. Namun, sebagian jalan sudah mulai berlubang, khususnya mendekati lokasi camping. Jalan juga cukup sempit sehingga mungkin kurang leluasa untuk mobil. Namun, sesampainya di lokasi, ada area parkir yang luas, bisa untuk mobil dan motor. Tempat camping ini biasanya digunakan oleh campers dengan rombongan besar.

Sudah ada fasilitas berupa kamar mandi, tempat parkir luas, aula, Wi-Fi. Lalu, ada dapur, ruang makan bersama, area outbond, serta lapangan basket. Sementara, tenda sudah tersedia di dua area camping yang sangat luas. Masing-masing area camping muat kapasitas 250-300 orang di setiap lokasinya. Di setiap area, sudah ada aula dan kamar mandi.

Oh iya, dari tempat parkir ke area camping jaraknya juga dekat. Tempat camping ini biasa digunakan untuk liburan keluarga dan komunitas. Pengunjung juga suka mengadakan kegiatan outdoor dan pramuka di sini. Apalagi, pemandangan di tempat camping ini begitu menenteramkan.

Terdapat banyak tanaman hijau dan pepohonan di sekitar lokasi camping. Kemudian, karena lokasinya berada di pegunungan yang tinggi, kamu bisa menyaksikan panorama kota Semarang di kejauhan. Juga terlihat pemandangan laut dari tempat camping. Jadi, tempatnya asri dan segar, tapi tetap tenang karena jauh dari perkotaan.

Seperti yang telah kamu baca, untuk tenda dan perlengkapan camping sudah tersedia. Akan tetapi, kamu juga boleh membawa tenda sendiri. Camping di Efrata cocok untuk keluarga, rombongan mahasiswa atau kantor atau instansi, komunitas, anak-anak sekolah, dan lainnya.

9. Sitinggil Muncul

Tempat Camping Semarang Sitinggil Muncul
Sitinggil Muncul, Semarang (sumber: instagram.com/sitinggil.muncul/)
LokasiJl. Raya Muncul jl Rayauncul km 7 No.2, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 10.00-16.00
Harga paket campingRp200.000/tenda untuk glamping
Telepon0877-0021-4777
Rute menuju lokasi camping dari Semarang1 jam 7 menit (52,5 km) lewat Jl. Tol Semarang – Solo/Jl. Tol Ungaran-Bawen
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingKebun hijau dan luas; pemandangan sawah terasering; pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Gajah, Puncak Telomoyo; trekking; aktivitas melukis dan membatik

Sitinggil Muncul merupakan tempat glamping yang ideal untuk keluarga. Aksesnya mudah, bisa dilalui mobil dan motor. Tersedia area parkir yang cukup luas. Kamu harus berjalan sedikit saja dari tempat parkir ke area camping. Sudah ada tenda-tenda yang terpasang berjauhan jaraknya antara satu dan lainnya.

Di samping itu, sudah ada fasilitas kamar mandi, toilet, meja dan kursi untuk duduk-duduk. Juga ada Wi-Fi dan listrik. Namun, colokan listrik tersedia di area tempat duduk di luar tenda. Tidak ada listrik di dalam tenda. Untuk hiburan, disediakan alat permainan tenis meja dan bulutangkis. Untuk makanan dan minuman juga sudah disediakan. Bahan makanan dan minuman adalah organik dari kebun sendiri.

Omong-omong kebun, tempat camping ini memiliki pemandangan yang memesona. Seluruh area berupa rerumputan terasering yang hijau segar. Kamu juga dapat melihat pemandangan kebun yang luas di area camping ini. Selain itu, terlihat juga pemandangan sawah dan gunung-gunung.

Pengunjung paling suka membuat api unggun saat malam serta menyaksikan pemandangan. Aktivitas favorit lainnya adalah menikmati alat-alat permainan sport yang telah disediakan. Oh iya, para campers juga suka trekking ke Desa Banyubiru, tidak jauh dari lokasi camping.

Tempat glamour camping ini cocok untuk kamu dan keluarga, anak-anak, pasangan, serta teman-teman. Terutama, kalau kamu mencari tempat camping santai di dekat gunung, dengan fasilitas lengkap.

10. Camping Ground Pinus Cunthel

Tempat Camping Semarang Camping Ground Pinus Cunthel
Camping Ground Pinus Cunthel, Semarang (sumber: instagram.com/campinggroundpinus/)
LokasiUnnamed Road, Sundel, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaJumat-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp450.000/malam
Telepon0856-4185-5585
Rute menuju lokasi camping dari Semarang1 jam 35 menit (65,3 km) lewat Jl. Tol Semarang – Solo/Jl. Tol Ungaran-Bawen
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingArea outbond; hutan pinus; pemandangan Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merapi, Gunung Merbabu

Camping Ground Pinus Cunthel ideal untuk camping dengan nyaman di kaki gunung. Kamu bisa menggunakan kendaraan mobil dan motor ke lokasi. Kalau bawa motor, kamu bisa parkir dekat sekali dari area camping. Tempat parkir motor bersebelahan dengan area camping.

Di sini, sudah tersedia fasilitas kamar mandi, toilet, warung 24 jam, listrik, lahan parkir. Kalau camping, kamu bisa bawa tenda sendiri atau sewa. Untuk bermalam tersedia tenda disewakan, dan sudah termasuk perlengkapan tidur di dalamnya.

Area camping-nya sendiri berupa lahan luas di antara pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Udara sejuk, dan di sekeliling tempat camping ada pepohonan dan tanaman hijau yang segar. Di kejauhan, terlihat pemandangan pegunungan. Lalu, di tempat camping kadang berkabut, menambah suasana syahdu.

Camping di sini cocok untuk keluarga dan anak-anak. Bisa juga bersama teman-teman atau pasangan. Mau camping dengan komunitas juga bisa. Pengunjung khususnya campers, biasanya suka aktivitas melihat pemandangan, berfoto, berkeliling hutan pinus. Nuansa di sini terasa hening sekaligus menyenangkan.

Itu tadi rekomendasi tempat camping terbaik di Semarang. Pilihan tempatnya ada banyak, bukan. Kamu bebas pilih sendiri. Jadi, tunggu apalagi. Yuk, camping!

Baca lebih lanjut: 7 Tempat Camping Terbaik di Boyolali yang Lagi Hits (2022) »

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar