10 Tempat Camping Terbaik di Tegal yang Lagi Hits (2022)

Musim liburan sudah tiba. Kamu sekeluarga pasti sibuk membuat rencana berlibur ke berbagai tempat. Tegal bisa dijadikan lokasi wisata yang tepat untukmu. Di kota kecil ini ada banyak sekali spot wisata yang cantik dan sempurna untuk camping. Kamu dan keluarga bisa merasakan keseruan camping sambil menikmati keindahan alam. Di mana saja spot camping terbaik di Tegal yang cocok untuk liburan? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Tegal:

Mulai penasaran? Yuk, simak pembahasan dari liputan Napaktilas berikut ini.

1. Wana Wisata Prabanlintang Danasari

Tempat Camping Di Tegal Wana Wisata Prabanlintang Danasari
Wana Wisata Prabanlintang Danasari, Tegal (sumber: instagram.com/wanawisataprabanlintang/)
LokasiJl. Raya Danasari, Ladang, Danasari, Kec. Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 17:00
Harga paket campingRp20.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataSpot berfoto, pemandangan hutan pinus, taman bermain anak, spot camping
Rute dari Slawi, Tegal46 mnt (25,3 km) lewat Jl. Bojong (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5.0 – 2,397 ulasan Google

Cari lokasi wisata camping keluarga yang seru? Yuk, berkunjung ke Wanawisata Prabanlintang Danasari. Hutan wisata ini tidak hanya populer di kalangan anak-anak muda saja. Cukup banyak keluarga yang berkunjung ke sini untuk berkemah. Wanawisata Prabanlintang merupakan taman wisata hutan pinus yang terbentuk atas kerja sama pemerintah setempat dan Perhutani.

Hamparan hutan pinus sangat memanjakan mata. Udara khas pegunungan yang sejuk juga akan membuatmu merasa makin nyaman. Jangan lupa untuk membawa jaket tebal saat camping, ya. Karena, udara di tempat wisata ini bisa terasa sangat dingin di malam hari.

Kamu bisa memilih sendiri lokasi untuk mendirikan tenda. Karena area hutan wisata ini sangat luas, mobil juga diperbolehkan masuk. Jadi, cocok sekali untuk penggemar campervan yang ingin camping di sini.

Fasilitas di wanawisata Prabanlintang ini cukup lengkap. Fasilitas musala, listrik, dan akses air bersih tersedia dengan gratis. Selain itu, ada juga fasilitas toilet berbayar yang cukup bersih. Di sekitar area camping terdapat banyak sekali spot berfoto cantik dan menarik. Contohnya, seperti Rumah Hobbit. Kamu bisa mengeksplorasi area hutan dan menemukan sebuah danau buatan yang sangat jernih.

Kamu juga bisa menaiki jembatan gantung yang dihiasi dengan berbagai ornamen cantik. Di beberapa titik, terdapat gazebo dan bangku-bangku panjang untuk beristirahat. Untuk kamu yang enggan memasak, bisa membeli makanan dan minuman di warung-warung kecil yang tersedia.

Anak-anak juga bisa bermain sepuasnya di fasilitas playground. Sayangnya, di sini belum menyediakan layanan sewa perlengkapan camping. Jadi, bagi yang ingin camping harus bawa tenda dan perlengkapan camping dari rumah. Waktu terbaik untuk camping di wanawisata ini adalah saat weekdays.

2. Wisata Taman Anggrek

Tempat Camping Di Tegal Wisata Taman Anggrek
Wisata Taman Anggrek, Tegal (sumber: instagram.com/wisatategal_/)
LokasiJl. Objek Wisata Guci, Sawah,Ladang, Tuwel, Kec. Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 17:00
Harga paket campingCampervan (bawa perlengkapan tenda sendiri): Rp250.000/blok
Sewa tenda camping: Rp400.000
Glamping tipe tenda hitam:
Rp550.000 (Senin – Jumat)
Rp650.000 (Sabtu – Minggu)
Glamping tipe 1 tingkat:
Rp750.000 (Senin – Jumat)
Rp950.000 (Sabtu – Minggu)
Glamping tipe 2 tingkat:
Rp1.500.000 (Senin – Jumat)
Rp1.750.000 (Sabtu – Minggu)
Telepon087778904433
Daya tarik wisataKolam renang air hangat, wisata taman Anggrek, spot berfoto, Taman Rusa Kelinci, glamping, area camping ground
Rute dari Slawi, Tegal42 mnt (26,1 km) lewat Jl. Raya Tegal – Purwokerto/Jl. Tegal – Cilacap dan Jl. Bojong (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5.0 – 645 ulasan Google

Cari lokasi camping seru untuk pencinta campervan? Wisata Taman Anggrek di Tegal ini jadi destinasi yang paling populer. Di sini, kamu bisa menikmati keseruan camping seru bersama keluarga sambil menikmati keindahan persawahan warga. Selain itu, pemandangan Gunung Slamet juga kelihatan sangat indah dari tempat wisata ini.

Area camping di wanawisata ini juga sangat luas. Mobil campervan bisa masuk dan diparkirkan dengan leluasa di sini. Tidak bawa tenda? Tak perlu khawatir! Kamu bisa menyewa tenda yang disediakan oleh pengelola. Yang menarik, kamu tidak perlu repot-repot mendirikan tenda tersebut. Karena, pihak pengurus sudah memasangnya untukmu. Jadi, tenda tersebut bisa langsung kamu pakai.

Selain area camping, tempat wisata Taman Anggrek ini juga menyediakan fasilitas glamping. Kamu bisa pilih sendiri tipe villa glamping yang diinginkan. Fasilitas glamping seperti tempat tidur, TV berwarna, kamar mandi, dan lain-lain tersedia sangat lengkap. Akses toilet umum, listrik, akses air bersih, dan musala juga bisa diakses di dekat camping ground. Di sini juga menyediakan fasilitas restoran bernuansa chic.

Untuk mengusir hawa dingin, kamu bisa berenang di kolam renang air hangat. Kolam renang ini terbagi menjadi 2 area, yaitu: kolam renang dewasa dan anak-anak.. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi taman bunga anggrek tanpa harus membayar tiket masuk lagi. Anak-anak dijamin betah. Karena, mereka bisa menyaksikan rusa dan kelinci yang sangat menggemaskan di Taman Rusa Kelinci.

Di berbagai titik, terdapat aneka spot berfoto yang instagramable. Jadi, jangan heran jika wisata Taman Anggrek ini selalu ramai saat weekend. Jika kamu ingin menikmati liburan yang lebih tenang, sebaiknya datanglah saat hari kerja.

3. Bukit Bintang

Tempat Camping Di Tegal Bukit Bintang
Bukit Bintang, Tegal (sumber: instagram.com/anita_nur_malasari2/)
LokasiLadang,Hutan, Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingCamping: Rp20.000/orang/malam
Glamping:
Rp300.000/malam (Senin – Jumat)
Rp400.000/malam (Sabtu – Minggu)
Telepon085325481499
Daya tarik wisataSpot berfoto, pemandangan langit berbintang, pemandangan sunrise, pemandangan pegunungan, tempat camping, glamping
Rute dari Slawi, Tegal59 mnt (32,6 km) lewat Jl. Raya Tegal – Purwokerto/Jl. Tegal – Cilacap dan Jl. Bojong (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5.0 – 305 ulasan Google

Bukit Bintang adalah bukit tertinggi yang ada di Guci Kabupaten Tegal. Dari ketinggian tersebut, kamu bisa menyaksikan keindahan langit berbintang di Tegal. Selain itu, pemandangan lampu di kota kecil ini terlihat berkelap-kelip bagaikan lautan bintang dari bukit ini. Tak heran, dari situlah bukit ini mendapatkan namanya. Karena keindahan pemandangannya, Bukit Bintang juga jadi destinasi camping yang disukai.

Di sini, kamu bisa menikmati sensasi camping di alam bebas tanpa harus mendaki ke gunung. Area camping ground sangat luas. Pemandangan kota Tegal juga terlihat sangat jelas dari puncak bukit. Barisan pegunungan dan Gunung Slamet di kejauhan semakin menambah keelokan pemandangan. Selama berkemah, kamu juga bisa menikmati kesejukan udara pegunungan yang menyegarkan. Datanglah saat weekdays agar benar-benar menikmati keheningan suasana alam.

Untuk yang tidak terbiasa camping tapi masih ingin merasakan serunya menginap juga bisa! Ada fasilitas penginapan glamping dengan harga yang terjangkau. Fasilitas ini sangat populer di kalangan keluarga. Jika kamu ingin menginap di Bukit Bintang tanpa harus mendirikan tenda, bisa memanfaatkan fasilitas glamping ini.

Selama camping di sini, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Kamu bisa dengan mudah mengakses fasilitas toilet umum dan musala. Selain itu, tersedia juga warung dan restoran yang menawarkan berbagai hidangan lezat. Area camping ground di Bukit Bintang ini juga berlokasi sangat dekat dengan berbagai spot berfoto unik. Masing-masing spot berfoto memiliki tema yang menarik. Beberapa di antaranya adalah tema rumah-rumahan Jepang, Korea, dan China.

Sayangnya, akses jalan ke Bukit Bintang ini masih tergolong sulit. Kondisi jalan yang berbatu dan sempit membuatmu harus lebih berhati-hati.

4. Wisata Camping Lembah Rembulan Desa Rembul

Tempat Camping Di Tegal Wisata Camping Lembah Rembulan Desa Rembul
Wisata Camping Lembah Rembulan Desa Rembul, Tegal (sumber: instagram.com/wisatategal_/)
LokasiSawah,Ladang,Hutan, Rembul, Kec. Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingCamping: Rp10.000/orang/malam
Sewa vila glamping: Rp450.000/malam (kapasitas 4 – 6 orang)
Telepon083861421792
Daya tarik wisataPemandangan hutan pinus, wahana perahu bebek, kolam renang, pemandangan taman bunga, spot berfoto instagramable, glamping, camping ground
Rute dari Slawi, Tegal50 mnt (28,9 km) lewat Jl. Raya Tegal – Purwokerto/Jl. Tegal – Cilacap dan Jl. Bojong (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 292 ulasan Google

Nama Lembah Rembulan termasuk ke dalam salah satu wahana wisata terbaik yang ada di Kabupaten Tegal. Berlokasi di Desa Rembul, tempat wisata alam ini tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan pegunungan. Sensasi camping di tengah-tengah pepohonan pinus juga bisa kamu nikmati.

Ya, Lembah Rembulan memang dikenal sebagai lokasi camping yang paling populer. Tidak hanya di kalangan anak-anak muda pencinta alam saja. Saat weekend tiba, cukup banyak keluarga yang mengajak serta anak-anak untuk berkemah ceria di sini. Ini bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan keseruan camping pada anak-anak. Selain camping, fasilitas glamping juga tersedia. Ada beberapa unit bangunan vila glamping yang disewakan. Dengan kapasitas 4 – 6 orang, vila glamping ini juga laris manis di kalangan keluarga yang berlibur.

Area camping ground berada tepat di tengah-tengah pepohonan pinus. Dari perbukitan tersebut, kamu bisa melihat lanskap taman wisata dan pemandangan alam di sekitarnya yang sangat cantik. Jika kamu tidak membawa tenda, bisa menyewanya di persewaan yang tersedia.

Untuk mencapai area camping di dalam area wisata ini memang cukup menguji stamina. Kamu harus melakukan trekking mendaki bukit yang sangat rimbun. Medan menuju area perkemahan masih berbentuk jalan setapak yang terbuat dari tanah. Udara sejuk khas pegunungan pinus akan menghapus rasa lelahmu.

Selama camping di sini, kamu tidak perlu khawatir kelaparan. Di dekat area perkemahan, terdapat warung kopi sederhana yang menjual minuman dan camilan ringan. Selain itu, fasilitas seperti toilet, musala, dan akses air bersih juga tersedia. Kamu juga bisa langsung mengakses berbagai spot berfoto unik maupun mengeksplorasi area Danau Rembulan dari campground ini.

5. Villa Guci Forest

Tempat Camping Di Tegal Villa Guci Forest
Villa Guci Forest, Tegal (sumber: instagram.com/guci_forest/)
LokasiForest, Guci Jl Raya Obyek Wisata, Sawah,Ladang,Hutan, Rembul, Kec. Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingSewa Campground: Rp25.000/orang
Paket Camping Ceria (CamCer): Rp400.000/3 orang (sudah termasuk tiket masuk, sewa lahan dan tenda, sewa matras, sleeping bag, lampu tenda, kompor portable, panci 3 susun (nesting), gas kompor, dan biaya pemasangan
Sewa vila glamping: Mulai dari Rp1.000.000 – Rp8.000.000/malam
Sewa tenda: Rp60.000 – Rp80.000/tenda
Sewa perlengkapan tenda (sleeping bag, nesting, flying sheet, dll): mulai dari Rp15.000 – Rp30.000
Telepon087839918637
Daya tarik wisataKolam renang air hangat, pemandangan hutan pinus, spot berfoto, horse riding, outbound, camping ground
Rute dari Slawi, Tegal47 mnt (29,0 km) lewat Jl. Raya Tegal – Purwokerto/Jl. Tegal – Cilacap dan Jl. Bojong (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 230 ulasan Google

Guci Forest jadi destinasi camping yang paling populer di Tegal. Di sini, kamu bisa menentukan sendiri pengalaman seperti apa yang diinginkan. Mulai dari fasilitas campground di tengah-tengah hutan pinus hingga villa mewah tersedia di sini. Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi bermalam bagi penggemar campervan.

Area camping ground di Guci Forest ini memang sangat luas. Akses jalan menuju camp area juga sangat mudah. Sehingga, mobil campervan bisa memasuki area ini dengan sangat mudah. Bagi yang tidak membawa tenda bisa langsung menggunakan layanan persewaan tenda. Udara sejuk dari hutan pinus semakin membuat suasana terasa makin nyaman.

Ada juga area villa Guci Forest. Di sini, terdapat sejumlah unit vila glamping dengan desain bangunan yang cantik. Mengusung konsep back to nature, vila glamping ini terbuat dari material kayu jati dan sonokeling yang berkualitas. Kamu jadi serasa sedang memasuki sebuah kabin kayu yang hangat dan ramah di tengah hutan.

Di sini, kamu bisa pilih sendiri tipe villa yang tersedia. Tentunya, harga yang ditawarkan pun berbeda-beda. Di dalam satu kamar, terdapat unit tempat tidur yang cukup banyak. Jadi, villa ini lebih cocok digunakan bagi keluarga besar yang berpiknik atau korporat yang sedang berlibur. Fasilitas kamar mandi dengan shower air hangat dan toilet duduk tersedia untuk masing-masing kamar.

Kamu bisa mengusir hawa dingin dengan berenang di kolam air hangat. Selain itu, Villa Guci Forest ini juga memiliki fasilitas umum yang sangat lengkap. Mulai dari cafetaria, coffee shop, toilet umum, akses listrik, dan mushola. Kamu juga bisa mencoba horse riding dan berkeliling area wisata ini.

6. Taman Oemah Pinus Tegal

Tempat Camping Di Tegal Taman Oemah Pinus Tegal
Taman Oemah Pinus, Tegal (sumber: Febri Aji Risqi A.)
LokasiLadang,Hutan, Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Kamis, 06:00 – 17:45
Jumat, 06:00 – 11:45 dan 12:30 – 18:00
Sabtu, 06:00 – 18:00
Minggu, 06:00 – 19:00
Harga paket campingRp4.000/orang
Telepon082223121739
Daya tarik wisataPemandangan hutan pinus, spot berfoto instagramable, rumah pohon, area outbound
Rute dari Slawi, Tegal47 mnt (29,0 km) lewat Jl. Raya Tegal – Purwokerto/Jl. Tegal – Cilacap dan Jl. Bojong (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5.0 – 2,397 ulasan Google

Cari lokasi wisata camping seru yang tidak terlalu dipadati pengunjung? Wisata Taman Oemah Pinus Tegal ini bisa dijadikan pilihan. Tempat wisata ini sangat sering dijadikan lokasi plesir alternatif bagi keluarga yang sedang liburan di Kabupaten Tegal. Di sini jadi lokasi wisata camping ceria dengan pemandangan hutan pinus yang memanjakan mata.

Dari segi luas area, area camping ground di Taman Oemah Pinus ini tergolong kecil. Ya, maklum saja! Karena, tempat wisata ini sebenarnya masih dalam masa pengembangan. Selama camping, kamu bisa menikmati keindahan area perbukitan dan persawahan hijau dari lereng bukit. Deretan pepohonan pinus yang mengelilingi area campground semakin membuat sejuk suasana.

Selama berkemah di sini, kamu tidak akan kehabisan hiburan. Ada berbagai spot berfoto unik dengan latar belakang pemandangan alam yang cantik. Selain itu, tersedia menu mi instan, camilan, dan aneka minuman yang dijual di warung bambu terdekat. Untuk mendirikan tenda di sini, kamu tidak akan dikenakan biaya apa pun. Tapi, kamu harus tetap ijin kepada pihak pengelola untuk aktivitas camping.

Fasilitas yang bisa dimanfaatkan selama camping di sini adalah toilet, musala, dan sejumlah gazebo di beberapa titik. Selain itu, kamu juga bisa tidur-tiduran santai di atas hammock yang diikat di antara pohon pinus. Sayangnya, di sini tidak tersedia fasilitas persewaan tenda dan perlengkapan camping. Jadi, kamu harus membawa sendiri perlengkapan berkemah dari rumah.

7. Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih

Tempat Camping Di Tegal Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih
Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih, Tegal (sumber: emjiUP)
LokasiSuniarsih, Kec. Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Daya tarik wisataSuasana tenang khas pegunungan, tempat camping, rindang pepohonan, udara sejuk
Rute dari Slawi, Tegal49 mnt (30,3 km) lewat Jl. Raya Tegal – Purwokerto/Jl. Tegal – Cilacap dan Jl. Bojong (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5.0 – 2,397 ulasan Google

Bumi perkemahan atau buper Mertoloyo ini juga termasuk lokasi camping yang bisa kamu coba. Tapi, jangan kaget! Karena, bumi perkemahan ini memang bukan suatu objek wisata yang lazim dikunjungi wisatawan. Area camping ground seluas 3 hektar ini lebih banyak dikenal sebagai lokasi perkemahan untuk siswa-siswi pramuka.

Jadi, di sini cukup sering digunakan sebagai lokasi berkemah adik-adik pramuka, baik dari Kabupaten Tegal hingga tingkat kota sekalipun. Area perkemahan ini sangat luas dan ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang. Rerumputan hijau yang tumbuh di area ini juga terlihat dalam kondisi sangat terawat. Karena sangat luas, area campground ini bisa muat hingga ratusan tenda, lho.

Fasilitas yang tersedia di buper ini adalah 2 unit aula. Selain itu, ada juga fasilitas musala yang berlokasi di bagian belakang aula. Di beberapa titik terdapat fasilitas toilet. Akses warung makan tersedia berderet di dekat pintu masuk buper.

Karena lokasinya yang ada di kaki Gunung Slamet, udara di bumi perkemahan ini sangat sejuk. Bahkan, suhu udara bisa menjadi sangat dingin begitu memasuki jam 5 sore. Heningnya suasana membuatmu seakan sedang camping di tengah-tengah gunung.

Untuk menangkal dingin, jangan lupa untuk membawa jaket dan selimut yang sangat tebal. Menyalakan api unggun juga bisa menjadi kegiatan seru. Untuk kayu bakar, kamu sudah harus membelinya sebelum berangkat ke buper ini. Selain itu, jangan lupa untuk membawa senter atau lampu penerangan sendiri.

Walaupun bukan merupakan tempat wisata untuk family camping, berkemah di sini bisa jadi alternatif! Apalagi, mobil juga bisa masuk hingga titik tertentu. Jadi, campervan di bumi perkemahan ini layak dipertimbangkan.

8. Bukit Gambangan Camping Ground

Tempat Camping Di Tegal Bukit Gambangan Camping Ground
Bukit Gambangan Camping Ground, Tegal (sumber: instagram.com/iwanbasi/)
LokasiGondang, Banyumudal, Kec. Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon08112999075
Daya tarik wisataHamparan hutan pinus, monumen perjuangan Gambangan, jalur trekking, camping ground
Rute dari Slawi, Tegal1 jam 3 mnt (32,8 km) lewat Jl. Pancasila (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5.0 – 166 ulasan Google

Bagi yang ingin merasakan camping di tengah-tengah alam bebas, camping ground Bukit Gambangan wajib dikunjungi. Area camping ground ini dikelilingi oleh pepohonan pinus yang lebat dengan udara sejuk. Biarpun dingin, suhu udara di sini masih sangat bisa ditoleransi.

Untuk menjangkau campground ini, kamu harus melewati jalan yang berliku menembus gunung. Letak camping ground ini berada di dekat area pemukiman penduduk. Lokasi campground ini memang terpencil dengan kondisi jalan yang agak sempit. Tapi, masih bisa dilalui dengan mudah menggunakan sepeda motor dan mobil berbodi kecil. Untuk yang membawa mobil berukuran besar harus lebih hati-hati.

Sesampainya kamu di area camping ground, kamu langsung disambut dengan hamparan hutan pinus yang sangat cantik. Pengunjung bisa dengan bebas memilih lokasi mendirikan tenda di antara pohon-pohon pinus. Karena sangat luas, kamu bahkan bisa membawa mobil masuk ke area campground. Tak heran jika bumi perkemahan ini sering menjadi lokasi favorit untuk campervan.

Walaupun ideal untuk lokasi camping bersama keluarga, sayangnya di sini belum tersedia area playground. Hanya ada beberapa ayunan yang bisa dipakai bermain bagi anak-anak. Tapi, anak-anakmu bisa tetap bersenang-senang di sini. Mereka bisa bermain bola, berlari-larian mengitari area campground yang sangat luas.

Selain itu, kamu juga bisa menyusuri jalur trekking di antara pepohonan lebat menuju sebuah sungai kecil. Di dekat area campground juga terdapat sebuah monumen tugu perjuangan masyarakat Gambangan. Untuk menjangkau monumen ini, bersiaplah untuk menaiki anak-anak tangga yang sangat menanjak. Dari atas, kamu bisa menyaksikan camping ground dan pepohonan sekitarnya. Fasilitas yang tersedia di campground ini terdiri dari toilet, musala, dan warung kopi.

9. Permadi Jungle Camp Ground

Tempat Camping Di Tegal Permadi Jungle Camp Ground
Permadi Jungle Camp Ground, Tegal (sumber: instagram.com/ismail_is26/)
LokasiLadang,Hutan, Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp15.000/orang (Harga sewa tenda bisa ditanyakan kepada pengelola)
Telepon
Daya tarik wisataHutan pinus, air terjun Curug Permadi, tempat camping
Rute dari Slawi, Tegal51 mnt (30,3 km) lewat Jl. Raya Tegal – Purwokerto/Jl. Tegal – Cilacap dan Jl. Bojong (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5.0 – 60 ulasan Google

Pencinta alam yang berkunjung ke Tegal wajib camping di sini. Permadi Jungle Camping Ground ini termasuk salah satu area perkemahan yang menawarkan keindahan alam dari Gunung Slamet. Ya, camping ground ini sebenarnya termasuk ke dalam salah satu jalur pendakian Gunung Slamet via Permadi Guci.

Dari gerbang rimba, kamu perlu melakukan trekking selama 30 menit. Atau, kamu juga bisa menyewa ojek untuk mengantarmu sampai ke area camping ground dalam waktu 5 menit saja. Untuk menyewa jasa ojek ini, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp20.000.

Tapi, sebaiknya kamu menikmati saja kegiatan trekking menuju camping ground. Karena, dengan begitu kamu benar-benar bisa menikmati pemandangan hutan pinus yang sangat lebat dan masih sangat alami. Rute menuju campground pun sebenarnya masih sangat ringan dan minim tanjakan. Sehingga, pendaki pemula pun bisa melewati rute ini dengan mudah.

Area campground juga cukup luas dan bisa muat hingga puluhan tenda. Kamu bahkan juga bisa memilih mendirikan tenda di dekat Curug Permadi. Suara gemercik air dan suasana yang damai dan jauh dari keramaian benar-benar membuatmu merasa semakin betah. Air terjun di dekat campground ini memiliki air yang sangat jernih dan sangat murni. Jadi, kamu bisa mandi dan bermain air bersama teman-teman.

Dari segi fasilitas, camping ground Permadi Jungle ini hanya menawarkan fasilitas toilet saja. Tapi, kondisi toilet tersebut sangat bersih dan terawat. Di sini tidak menyediakan fasilitas warung kopi atau warung makanan. Jadi, sebaiknya kamu sudah membawa perbekalan makanan yang cukup dari basecamp. Yang paling penting, jaga keasrian lingkungan ya! Selalu bawa kembali sampah-sampah seusai kamu camping di sini.

10. Bukit Corong Bumijawa

Tempat Camping Di Tegal Bukit Corong Bumijawa
Bukit Corong Bumijawa, Tegal (sumber: instagram.com/khoerul_afwan/)
LokasiJl. Kalitere, Pengindangan, Gn. Agung, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan lautan awan, pemandangan lampu kota dari atas bukit, pemandangan perkebunan dan persawahan warga, tempat camping di atas bukit
Rute dari Slawi, Tegal55 mnt (27,5 km) lewat Jl. Raya Tegal – Purwokerto/Jl. Tegal – Cilacap (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,8/5.0 – 55 ulasan Google

Ingin merasakan serunya hiking dan camping di puncak gunung tanpa harus mendaki gunung yang sebenarnya? Atau mungkin, kamu merupakan pendaki pemula yang ingin melakukan pemanasan sebelum mendaki Gunung Slamet? Cobalah untuk camping di Bukit Corong.

Bukit Corong ini memiliki ketinggian 700 mdpl dengan jarak tempuh pendakian kurang lebih 1,5 jam. Rute perjalanan pendakian ke bukit ini juga cukup menantang bagi pendaki pemula. Kamu benar-benar harus mempersiapkan stamina yang baik sebelum pendakian. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengenakan sepatu khusus untuk mendaki. Karena, rute pendakian ke bukit ini memiliki kontur tanah yang kurang rata.

Selama perjalanan ke puncak, kamu akan dihibur dengan pemandangan perkebunan dan persawahan warga yang hijau. Udara sejuk khas pegunungan juga membuatmu jadi lebih betah selama mendaki. Setelah lelah mendaki, kamu bisa langsung mendirikan tenda di campground yang tersedia.

Camping ground Bukit Corong ini berlokasi tepat di puncak bukit. Area perkemahan tersebut cukup luas dan bisa muat hingga puluhan tenda. Pemandangan alam yang disajikan dari atas bukit sangat indah. Kamu bisa menyaksikan pemandangan lautan awan di pagi hari. Kamu jadi serasa sedang berada di negeri atas awan.

Sedangkan, pemandangan Kota Tegal terlihat berkelap-kelip bagaikan lautan bintang di malam hari. Kamu bisa ngopi bersama teman-teman di warung kopi sederhana yang tersedia. Campground ini juga sudah memiliki fasilitas toilet. Sayangnya, fasilitas musala masih belum dibangun. Waktu terbaik untuk camping di sini adalah saat weekdays di musim kemarau.

Ada banyak sekali ya tempat camping terbaik di Tegal. Kamu bisa mengajak serta keluarga untuk camping ceria dengan fasilitas yang memadai. Selain itu, beberapa tempat camping ini juga memiliki fasilitas hiburan yang memadai. Jadi, dijamin kamu dan anak-anak tidak akan merasa bosan. Tegal juga punya camping ground khusus untuk kegiatan pramuka maupun aktivitas pencinta alam. Tak heran kalau penggemar camping pasti akan mengunjungi daerah ini. Yuk, camping seru di Tegal!

Tambahan: Pengen menantang adrenalin dengan camping di luar daerah Tegal? Kami rekomendasi berbagai spot camping bagus di Jawa Tengah lainnya. Mau? Baca di sini.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar