Camping Telaga Bedakah: View Telaga Cantik dengan Latar Gunung yang Memesona

Artikel ini membahas secara lengkap seputar camping di Telaga Bedakah.

Kamu akan mendapatkan informasi seputar:

  1. Lokasi camping
  2. Tarif camping di Telaga Bedakah
  3. Aktivitas menarik di sekitar Telaga Bedakah
  4. Waktu terbaik untuk camping di Telaga Bedakah
  5. Kelebihan dan kekurangan camping di Telega Bedakah

Jika kamu berencana camping di Telaga Bedakah, kamu pasti menyukai artikel ini. Yuk, lanjut baca.

Telaga Bedakah

LokasiSemensari, Tlogomulyo, Kec. Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08:30 – 17:00
Harga tiket campingRp15.000/orang
Rute dari Wonosobo33 menit (13.2 km) lewat Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara/Jl. Raya Parakan – Wonosobo and Jl. Bejiarum (Cek rute di Google Maps)
Rating4,3/5.0 – 1.278 ulasan Google

Camping ground Telaga Bedakah merupakan salah satu tempat camping di Wonosobo yang populer. Banyak muda-mudi, orang dewasa, dan keluarga camping di area Telaga Bedakah.

Lokasi camping ground Telaga Bedakah hanya di pinggir-pinggir Telaga. Sehingga, saat kamu membuka pintu tenda, kamu bisa menikmati keindahan Telaga Bedakah secara langsung dan pemandangan Gunung Sindoro yang indah.

Bagi kamu yang ingin ke sana, lokasi Telaga Bedakah berada di Semensari, Tlogomulyo, Kec. Kertek, Kabupaten Wonosobo. Akses transportasi menuju ke Telaga Bedakah relatif mudah. Motor dan mobil sudah bisa sampai ke parkira. Dan dari parkiran menuju area camping ground jaraknya relatif dekat. Sehingga, untuk drop barang, kamu nggak perlu pusing-pusing.

Area camping di Telaga Bedakah berupa tanah lapang, area papan kayu di pinggir telaga dan di bawah pepohonan. Kondisi area camping bersih dan terawat.

Untuk fasilitas camping, ada area camping ground, gazebo, mushala, kamar mandi umum yang memadai, toilet jongkok, warung warga, hingga loket informasi. Karena fasilitas camping di Telaga Bedakah cukup baik, ketersediaan air bersih dan listrik di area camping sudah terjamin. Dan kamu akan mendapatkan keamanan selama 24 dari pihak pengelola tempat camping Telaga Bedakah.

Tarif Camping di Telaga Bedakah

Telaga Bedakah sebenarnya merupakan tempat wisata yang memiliki camping ground. Jadi, untuk tarif tiket masuknya sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Bagi pengunjung yang hanya datang untuk wisata, pengujung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000/orang. Kalau mau naik wahana Perahu Bebek pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp15.000/orang.

Bagi kamu yang ingin camping, kamu cukup membayar tiket camping Rp15.000/orang tanpa perlu mambayar tiket masuk. Biaya tambahan lainnya hanya biaya parkir motor Rp3.000/malam. Dan parkir mobil Rp5.000/malam.

Karena keindahan Telaga Bedakah, banyak wisatawan memadati tempat wisata ini pada hari Sabtu-Minggu, hari libur nasional dan musim liburan. Jika kamu ingin camping dalam suasana tenang, sebaiknya kamu mencari jadwal camping pada hari kerja saja. Biar agak sepi. Hehe.

Aktivitas Menarik di Sekitar Telaga Bedakah

Telaga Bedakah memberikan banyak keseruan bagi wisatawan yang camping di sana. Ada beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat camping di Telaga Bedakah, di antaranya:

  1. Camping ceria di pinggir telaga. Untuk bisa camping di pinggir telaga/danau, kamu tidak perlu lagi bersudah payah mendaki bukit atau gunung. Cukup camping di Telaga Bedakah bersama keluarga/rombonganmu saja. Di sini, kamu sudah bisa puas camping dan menikmati keindahan alam yang masih alami.
  2. Menaiki perahu bebek keliling telaga. Telaga Bedakah memilih perahu bebek yang disewakan kepada pengunjung yang ingin keliling telaga. Menikmati keindahan telaga dengan perahu bebek bisa menjadikan liburanmu di Telaga Bedakah makin seru.
  3. Olahraga di pinggir telaga. Saat pagi hari, udara di sekitar Telaga Bedakah sangat sejuk. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti Yoga, Pillates, jalan kaki hingga push up untuk menyehatkan badanmu.
  4. Bersantai sambil memasak. Bagi kamu yang hobi memasak, memasak sambil menikmati keindahan Telaga Bedakah bisa menjadi salah satu kegiatan yang seru di sini.
  5. Ngopi bareng teman/pasangan. Menikmati secangkir kopi/cokelat panas bersama pasangan/teman sambil berbicang bisa menjadi hal yang menyenangkan di Telaga Bedakah. Karena suasana sunyi di malam hari dan udara dingin membuat obrolan semakin nyaman dan berkesan.

Waktu Terbaik untuk Camping di Telaga Bedakah

Area Telaga Bedakah termasuk area wisata yang sering turun kabut. Saat siang hari suhu rata-rata di sana sekitar 28 derajat celcius. Dan saat malam hari, suhu udara bisa turun sampai 17 derajat celcius. Dan saat musim hujan, kabut lebih sering turun dan suhu udara lebih dingin daripada biasanya.

Melihat kondisi tersebut, waktu terbaik untuk camping di Telaga Bedakah adalah saat musim kemarau, yaitu bulan Juni-September. Di mana, pada bulan tersebut curah hujan relatif sedikit, cuaca cerah dan pemandangan alam bagus.

Kamu nggak mau, kan, jauh-jauh sampai ke Telaga Bedakah, tapi yang di dapat cuma kabut? Hehe.

Kami juga tidak menyarankan camping saat musim hujan. Karena air telaga cenderung keruh dan tidak bersih. Dan yang paling tidak nyaman adalah, kamu tidak bisa foto-foto dengan background alam yang indah. Karena banyak kabut di sekeliling Telaga.

Kelebihan dan Kekurangan Camping di Telaga Bedakah

Dari setiap tempat camping tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk menyeimbangkan informasi yang kamu dapat, kami akan memberikan ulasan singkat terkait kelebihan dan kekurangan dari camping di Telaga Bedakah. Sehingga, saat camping di sini, kamu mendapatkan area camping yang cocok sesuai kebutuhanmu.

Kelebihan:

  1. Pemandangan alam di sekitar Telaga Bedakah sangat cantik. Saat pagi cerah, kamu bisa mendapatkan foto yang cantik di bibir anjungan kayu di Telaga Bedakah. Banyak pengunjung yang berfoto di sana dengan background telaga dengan latar Gunung Sindoro yang cantik. Ya, secantik itulah pemandangan di Telaga Bedakah saat cuaca cerah dan telaga sedang bersih.
  2. Udara sejuk dan suasana malam tenang. Telaga Bedakah menawarkan suasana camping yang tenang dengan udara sejuk-dingin di malam hari. Cocok untuk bersantai dan menikmati malam yang indah di bawah langit bertaburan bintang.
  3. Bisa naik perahu untuk berkeliling danau. Selain camping, kamu juga bisa berkelliling danau menggunakan perahu bebek.

Kekurangan:

  1. Sering turun kabut saat malam hari. Suasana malam hari yang dingin dan sering turun kabut membuat suasana telaga terlihat menyeramkan. Bagi beberapa orang yang takut gelap dan kabut, kami tidak menyarankan untuk camping di sini.
  2. Kebersihan dan pengelolaan sampah kurang baik. Terlihat banyak sampah berserakan di sekeliling telaga. Seharusnya ada tempat sampah yang cukup, agar pengunjung bisa mudah membuang sampah.
  3. Air telaga tidak selalu jernih. Daya tarik dari camping ground Telaga Bedakah sebenarnya adalah keindahan view telaga. Tapi, karena belum ada teknologi untuk menjaga kejernihan telaga, akhirnya pada musim tertentu telaga menjadi keruh dan kurang enak di pandang. Dan yah, beberapa wisatawan yang camping merasa kecewa. Karena tidak sesuai ekspektasi mereka.

Itulah tadi ulasan lengkap seputar camping di Telaga Bedakah, Wonosobo. Jika kamu punya pengalaman menarik camping di sana, sharing pengalamanmu di kolom komentar ya. Salam lestari.

Leave a Comment