10 Tempat Camping Terbaik di Jawa Timur yang Lagi Hits (2022)

Kalau sudah musim kemarau yang cerah, paling seru melakukan aktivitas outdoor. Nah, salah satunya yaitu camping. Ada 10 camping ground terbaik di Jawa Timur untuk referensi kamu. Di berbagai spot camping ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Lokasinya juga sempurna untuk menghabiskan quality time bersama keluarga. Mari kita meluncur ke Jawa Timur untuk melihat langsung tempat campingnya. Berikut 10 tempat camping terbaik di Jawa Timur:

Untuk lebih jelasnya, yuk baca ulasan Napaktilas di bawah ini.

1. Bumi Perkemahan Bedengan, Selorejo

Tempat Camping Di Jawa Timur Bedengan
Bedengan, Bumi Perkemahan Selorejo.
LokasiJl. Raya Selokerto, Godehan, Selorejo, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)HTM: Rp6.000 per orang
Camping: Rp12.000 per orang untuk menginap
Telepon
Ciri khas tempat campingWisata alam, jeruk, jalan makadam, outbound, sungai, camping ground, udara sejuk
Wisata menarik terdekat» Wisata Petik Jeruk Dau (6 mnt (1,1 km) lewat Jl. Raya Gumuk)
» Wisata Agro Petik Jeruk (11 mnt (2,8 km) lewat Jl. Raya Gumuk dan Jl. Raya Torejo/Jl. Watu Gede)
Rute dari Malang43 mnt (15,1 km) lewat Jl. Dieng Atas (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 4.344 ulasan Google

Bedengan merupakan bumi perkemahan dengan pemandangan yang indah. Pihak Perhutani setempat yang bertanggung jawab atas tempat ini. Namun, Bedengan dikelola harian oleh Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo.

Nah, ada tempat camping dengan luas 2,5 hektar di Bedengan, Jawa Timur. Lokasi Bedengan sendiri ada di Dusun Selokerto, Desa Selorejo. Letak Bumi Perkemahan Bedengan tidak jauh dari Wisata Petik Jeruk Dau dan Wisata Agro Petik Jeruk. Akses menuju tempat camping sudah bagus dan memadai.

Sesampainya di Bumi Perkemahan Bedengan, kamu akan melihat banyak pohon pinus, indah banget. Juga ada aliran anak Sungai Kalisat yang sangat jernih. Bedengan juga dilengkapi fasilitas seperti warung, tempat duduk, hingga flying fox. Karena keindahan alamnya, beberapa wisatawan menobatkan Bedengan sebagai salah satu dari paling recommended.

Kalau mau ke Bedengan, kamu bisa berangkat dari kawasan Dieng atau Bandulan. Dari sini, jarak ke Bedengan yaitu sekitar 15 km. Sementara, dari pusat kota, kamu perlu waktu 45 menit menuju lokasi. Bedengan ada di wilayah barat Malang.

Tambahan: Nyari lebih banyak rekomendasi tempat camping menarik untuk dikunjungi? Kami juga mengkurasi dan mengulas berbagai tempat camping terbaik di Indonesia di sini.

2. Ranu Kumbolo

Tempat Camping Terbaik Di Jawa Timur Pos Ranu Kumbolo
Pos Ranu Kumbolo.
LokasiTulungrejo, Pasrujambe, Kec. Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Wisatawan Domestik:
» Weekday Rp20.000
» Weekend Rp25.000
Wisatawan Mancanegara:
» Weekday Rp200.000
» Weekend Rp350.000
Telepon
Ciri khas tempat campingSunrise, sunset, danau di atas gunung, bukit, udara dingin, kabut, tenda, camping ground, Gunung Semeru
Wisata menarik terdekat» Ranu Regulo (15 mnt (4,5 km) dari Ranu Kumbolo)
» Ranu Pani (10 mnt (4,3 km) dari Ranu Kumbolo)
Rute dari Lumajang1 jam 18 mnt (41,7 km) lewat Jl. Semeru (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat campingRating 4,8/5 dari 662 ulasan Google.

Ranu Kumbolo merupakan danau air tawar yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasi tepatnya ada di antara kabupaten Malang dan kabupaten Lumajang, di Jawa Timur. Ketinggian danau ini yaitu 2.400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ranu Kumbolo juga dekat dengan objek wisata Ranu Pani dan Ranu Regulo. Jadi, wisatawan yang camping di Ranu Kumbolo biasanya juga menyempatkan diri untuk berwisata ke Ranu Pani dan Ranu Regulo. Setali tiga uang, right?

Ranu Kumbolo ini sebenarnya tempat seperti apa? Ranu Kumbolo merupakan area pinggir danau yang letaknya di atas gunung. Biasanya, para pendaki Gunung Semeru transit dan berkemah di sini. Salah satu faktornya yakni adanya debit air berlimpah di Ranu Kumbolo.

Bagi yang bukan pendaki, para campers hanya melakukan camping ceria di sini untuk menikmati sunrise dan melihat gemerlap bintang di malam hari. Indah banget, sumpah! Kamu wajib ke sini sesekali. Hehe.

Untuk ke lokasi, kamu bisa naik pesawat ke bandara Abdurrahman Saleh, Malang. Atau, untuk perjalanan santai, kamu bisa naik kereta api ke Stasiun Kota Baru, Malang.

Dari kota Malang, naik saja angkutan umum jurusan Desa Tumpang. Lalu, berhenti di Terminal Tumpang. Selanjutnya, kamu bisa naik mobil Jeep sewa, ke Ranu Pani. Perjalanan ke Ranu Kumbolo cukup mudah jalurnya. Adapun keindahan Ranu Kumbolo yaitu adanya dua bukit hijau yang menjulang. Kedua bukit ini menjadi latar belakang danau maha luas dengan air yang bening.

Baca terus: 10 Rekomendasi Pantai Terindah di Pacitan yang Memesona »

3. Coban Rais

Tempat Camping Di Jawa Timur Coban Rais
Coban Rais, Jawa Timur.
LokasiJalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-15.00
Harga tiket masuk (HTM)Tiket masuk: Rp10.000
Parkir motor: Rp5.000
Parkir mobil: Rp10.000
Telepon
Ciri khas tempat campingudara sejuk, pemandangan alam cantik, ojek, taman bunga, spot foto, camping ground
Wisata menarik terdekat» Batu Flower Garden (2 mnt (400 m) dari Coban Rais)
» De Kleine Batu (7 mnt (1,5 km) lewat Jalur Lkr. Bar.)
» Predator Fun Park Batu (12 mnt (4,6 km) lewat Jalur Lkr. Bar. dan Jl. Raya Tlekung)
Rute dari kota Batu15 mnt (5,1 km) lewat Jl. Oro-Oro Ombo dan Jl. Tvri (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,1/5 dari 4.904 ulasan Google

Buat kamu yang mau camping outdoor dekat air terjun, Coban Rais tempatnya. Coban Rais memang merupakan wisata air terjun di lereng Gunung Panderman, ketinggiannya 1.150 mdpl.

Lokasinya berada di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Jaraknya kurang lebih 5,1 km dari kota Batu. Dan Coban Rais berdekatan dengan objek wisata Batu Flower Garden dan De Kleine Batu. Jadi, kamu akan mudah menemukan petunjuk jalan ke sana.

Saat kamu camping di Coban Rais, kamu bisa menyaksikan pemandangan pegunungan indah di sini. Udaranya juga sejuk alami, segar sekali. Bikin betah, seharian camping di sana. Di Coban Rais, juga ada banyak wahana yang menarik dan seru, lho. Ada air terjun, sepeda terbang, flying fox, hammock tower, hingga taman bunga.

Nah, Coban Rais juga memiliki camping ground. Karena tempat campingnya indah, banyak wisatawan menobatkan Coban Rais sebagai salah satu dari 10 tempat camping keluarga di Malang paling recommended. Maka dari itu, banyak yang suka berkemah di sini.

Khusus buat kamu yang menyukai petualangan di alam bebas, di Coban Rais ada jalur pendakian menuju puncak Panderman. Pas untuk kamu para pendaki pemula. Udaranya dingin dan bernuansa segar alami.

4. Kakek Bodo Campground

Tempat Camping Di Jawa Timur Bumi Perkemahan Kakek Bodo
Bumi Perkemahan Kakek Bodo.
LokasiJl. Taman Wisata No.541, Area Sawah/Kebun, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Wisatawan lokal Rp25.000
Wisatawan mancanegara Rp40.000
Telepon
Ciri khas tempat campingUdara sejuk, air terjun, pohon pinus, camping ground, rindang
Wisata menarik terdekat» Air Terjun Kakek Bodo (2 menit (500 m) dari Kakek Bodo Campground)
» Tretes Wisata Alam (6 mnt (1,1 km) lewat Jl. Taman Wisata)
» Cimory Dairy Land & Resto Prigen (12 mnt (4,1 km) lewat Jl. Raya Palembon)
Rute dari Pasuruan57 mnt (47,1 km) lewat Jl. Tol Bangil – Rembang/Jl. Tol Gempol – Pasuruan/Jl. Tol Gempol – Rembang (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat campingRating 4,5/5 dari 419 ulasan Google.

Kakek Bodo Campground terletak di dekat objek wisata Air Terjun Kakek Bodo dan Tretes Wisata Alam. Tempat wisata alam ini cocok untuk rekreasi sekaligus camping bersama keluarga. Lokasinya berada di lereng Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur. Kamu bisa melihat air terjun yang alami dengan ketinggian 40 meter. Seru, kan.

Ada sedikit cerita tentang asal-usul nama tempat ini. Pada zaman penjajahan Belanda, ada seorang kakek tua. Beliau mengabdikan hidupnya untuk keluarga Belanda. Hidupnya pun serba berkecukupan dan terjamin. Akan tetapi, suatu hari sang kakek memutuskan untuk melepaskan semua yang dia miliki.

Maka dari itu, mantan majikannya dibuat heran. Mereka pun menganggap bahwa kakek tersebut bodoh. Sebab, dia meninggalkan kekayaan miliknya. Sang kakek lalu bertapa di bawah air terjun sampai mendapat kesaktian. Dia menggunakan kekuatannya tersebut untuk menolong warga sekitar yang kesulitan.

Nah, air terjun inilah yang dinamakan “Kakek Bodo”. Nama tersebut diberikan orang-orang Belanda kepada sang kakek kala itu. Makam Kakek Bodo juga masih ada sampai sekarang. Menarik, bukan. Sedangkan, kalau untuk fasilitas camping di sini sudah lengkap. Ada bumi perkemahan dengan toilet, musala, dan warung makan tersebar.  

5. Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung

Tempat Camping Di Jawa Timur Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung
Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung.
LokasiKemiloko, Trawas, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.
Jam BukaBuka 24 Jam.
HTMTiket masuk Rp10.000 per orang.
Tiket camping ground Rp5.000.
Sewa tenda Rp20.000 – Rp50.000 per hari.
Telepon
Rating ulasanRating 4.6/5 dari 802 ulasan Google.

Satu lagi tempat camping di lokasi air terjun. Pemandangannya seru banget di Air Terjun Dlundung ini. Kamu bisa melihat pegunungan yang dingin dan berkabut. Lokasinya berada di Kabupaten Mojokerto, tepatnya di kawasan Gunung Penanggungan.

Terdapat kawasan luas hamparan rumput hijau di sini. Lokasi berkemah juga tidak jauh dari air terjunnya. Sepanjang malam, kamu bisa menikmati suara air terjun dan juga hewan-hewan hutan. Di pagi hari, terlihat pemandangan eksotis Gunung Penanggungan. Dengan berbagai kelebihan tersebut, tak heran jika bumi perkemahan Air Terjun Dlundung menjadi peringkat #3 dari 10 tempat camping di Mojokerto yang difavoritkan oleh wisatawan.

Untuk saat ini, di Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung tidak tersedia fasilitas persewaan tenda dan perlengkapan camping lainnya. Jadi, kamu harus bawa sendiri perlengkapannya. Untuk lokasinya, bumi perkemahan ini berada sekitar 38 km dari kota Mojokerto. Kamu bisa berkendara selama 1,5 jam untuk sampai di sini.6.

6. Bumi Perkemahan Ledok Ombo, Poncokusumo

Tempat Camping Di Jawa Timur Bumi Perkemahan Ledok Ombo Poncokusumo
Bumi Perkemahan Ledok Ombo, Poncokusumo.
LokasiDusun III, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur.
Jam BukaBuka 24 jam.
HTMTiket masuk Rp5.000.
Sewa tenda Rp40.000.
Jasa dirikan tenda Rp10.000.
Sewa sleeping bag Rp10.000 per bag.
Kayu bakar untuk api unggun / bakar ikan Rp20.000 per ikat.
Telepon0813-3457-5596.
Rating UlasanRating 4,4/5 dari 922 ulasan Google.

Bumi Perkemahan Ledok Ombo berada di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumi, Jawa Timur. Uniknya, tempat ini sudah berusia ratusan tahun, lho. Suasana di sini asri banget, masih hijau dan segar. Terdapat hutan pohon pinus juga. Tempat ini terkenal banget untuk camping. Sering juga diadakan diklat di sini.

Untuk ke sini, kamu bisa berangkat dari kota Malang atau Bandara Abdulrachman Saleh. Menujulah ke arah Timur ke Tumpang. Kalau sudah sampai Pasar Tumpang, terus saja sampai ada pertigaan Taman Makam Pahlawan (TMP). Lalu, ambil arah kiri.

Setelah itu, ada perempatan, ambil jalur kanan. Lalu kamu akan temukan Pasar Poncokusumo, ambil jalan ke kiri. Ikuti jalan besar sampai ke Kantor Camat Poncokusumo. Nanti dari simpang lima lurus terus sampai 1-2 km.

7. Camping Ground Gazebo Dolo

Tempat Camping Di Jawa Timur Camping Ground Gazebo Dolo
Camping Ground Gazebo Dolo.
Lokasi4RMP+XWJ, Hutan, Blimbing, Mojo, Kediri, Jawa Timur.
Jam BukaBuka 24 Jam.
HTMHari Biasa Rp5.000.
Hari Libur Rp7.000.
Telepon
Rating UlasanRating 4,6/5 dari 274 ulasan Google.

Camping Ground Gazebo Dolo merupakan peringkat #2 dari 10 tempat camping di Kediri favorit para campers. Tempat camping Gazebo Dolo atau juga dikenal Gazebo Wilis berlokasi di dekat Air Terjun Dolo, Kediri. Lokasi wisata alam ini ada di lereng Gunung Wilis. Tepatnya, lokasinya berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Pemandangannya indah, dengan panorama lereng-lereng gunung. Sementara, suhu di sini sangat dingin. Apalagi, lokasi air terjun berada di ketinggian melebihi 1.800 mdpl. Namun, rute ke lokasi mudah sekali dijangkau. Kamu bisa naik kendaraan dan turun di Dusun Besuki. Parkirlah kendaraan di Dusun Besuki, lalu kamu bisa menuju lokasi.

Nah, di sini ada area camping yang cukup luas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tempat ini sebagai area outbond. Banyak aktivitas outdoor yang bisa kamu lakukan. Kamu dapat melakukan permainan, berolahraga bersama, ataupun berkumpul dengan orang-orang terdekatmu.

8. Coban Rondo Campground

Tempat Camping Di Jawa Timur Coban Rondo Campground
Coban Rondo Campground.
LokasiJl. Coban Rondo, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur.
Jam BukaSenin 08.00 – 16.00.
Selasa 08.00 – 16.00.
Rabu 08.00 – 16.00.
Kamis 08.00 – 17.00.
Jumat Buka 24 Jam.
Sabtu Buka 24 Jam.
Minggu 08.00 – 16.00.
HTMHari Biasa Rp35.000.
Hari Libur Rp40.000.
Telepon(0341) 5025147.
Rating UlasanRating 4.6/5 dari 393 ulasan Google.

Air terjun Coban Rondo adalah tempat wisata yang diresmikan pertama kali pada tahun 1980. Ketinggian air terjun ini adalah 84 meter dengan pemandangan nan cantik. Nah, selain air terjunnya yang indah, Coban Rondo juga memiliki campground. Kamu bisa berkemah di sekitar air terjun, sambil menikmati alam liar di sekitar.

Area camping juga dekat dengan sumber aliran sungai yang berasal dari air terjun. Makanya, tidak perlu khawatir lagi untuk MCK. Selain itu, di Coban Rondo ada banyak wahana yang bisa kamu coba. Wahana permainan tersebut antara lain yaitu Fun Tubing, Paint Ball, Satwa dan Berkebun, serta Labirin yang menjadi ikonnya.

Sementara, untuk menuju lokasi, kamu bisa berangkat dari kota Malang ke Coban Rondo. Jaraknya sekitar 20 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan. Sedangkan, kalau berangkat dari kota Batu, jaraknya 12 km dengan perjalanan 30 menit. Aksesnya juga mudah, banyak alat transportasi umum yang menuju Coban Rondo.

9. Lentera Camp

Tempat Camping Di Jawa Timur Lentera Camp Trawas
Lentera Camp.
LokasiDusun Penanggungan, Desa Penanggungan, Trawas, Sendang, Penanggungan, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.
Jam BukaBuka 24 Jam.
HTMPaket Outbond Fun Corporate (termasuk tiket masuk) Rp 185.000 / orang.
Paket Outbond Motivation Corporate (termasuk tiket masuk) Rp385.000 / orang.
Telepon0856-3055-445.
Rating UlasanRating 4,4/5 dari 271 ulasan Google.

Lentera Camp adalah tempat yang sempurna untuk camping santai. Di tempat ini, kamu bisa menikmati suasana camping ala penginapan. Sudah tersedia matras, sleeping bag dan bantal di sini. Ada juga 3 kamar VIP yang sudah disediakan.

Tempatnya pun sejuk. Terdapat pepohonan rindang di samping kanan dan kiri lokasi camping. Selain itu, kamu bisa nikmati suasana hijau yang segar dan asri, dengan udara pegunungan. Sementara, desain tempat ini memang untuk outbond camping. Jadi, pas buat kamu yang sedang cari spot camping di Trawas. Dari 7 tempat camping di Trawas yang kami review, Lentera Camp adalah salah satu yang terbaik. Temukan ulasan lengkapnya di sini.

Sudah ada fasilitas seperti aula, mushola, gazebo dan tenda lengkap dengan perlengkapan tidurnya. Di samping itu, ada berbagai pilihan paket outbond dengan program berbeda. Tersedia Paket Basic Leadership Training (LDKS). Lalu, ada Paket Outbond Fun (corporate) dan Paket Outbond Motivation (corporate).

10. Pinus Jungle Camp

Tempat Camping Di Jawa Timur Pinus Jungle Camp
Pinus Jungle Camp.
LokasiDesa Gajah Rejo, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.
Jam BukaBuka 24 Jam.
HTMTiket Masuk Rp10.000 per orang Full Day.
Tiket Camping Rp30.000 per orang per malam.
Parkir Mobil Rp10.000 per unit per hari.
Telepon0812-3450-1972.
Rating UlasanRating 4,3/5 dari 96 ulasan Google.

Pinus Jungle Camp adalah tempat kemah dan outbond di Prigen. Tempat ini sering digunakan untuk camping dan outbond training. Lokasinya masuk dalam kawasan Desa Sumber Wekas, Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Area camping di sini luas dikelilingi hutan pinus yang pohon-pohonnya tinggi menjulang. Terasa sekali sensasi berkemah di alam bebas. Nuansanya juga segar asri dan alami. Di Pinus Jungle Camp juga sudah disediakan fasilitas. Tersedia lahan outbond, area parkir yang luas, pendopo terbuka, dan smoking area juga.

Kemudian, ada pula fasilitas spot flying fox dan highrope. Kamu juga bisa menikmati pemandangan dengan hiking view. Selain itu, sudah ada 6 unit kamar mandi di sini. Cocok sekali tempat ini untuk pelatihan perusahaan, instansi, maupun anak sekolah.

Itu tadi 10 tempat camping terbaik di Jawa Timur. Kamu sudah mencatat tempat-tempatnya? Untuk yang tinggal di Jawa Timur, ternyata ada banyak spot camping, kan. Luangkan waktumu untuk beristirahat dan menjauh dari hiruk pikuk kota. Ajak teman dan keluarga tercinta liburan dengan berkemah saja. Menyatulah dengan alam!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Satu pemikiran pada “10 Tempat Camping Terbaik di Jawa Timur yang Lagi Hits (2022)”

Tinggalkan komentar