10 Tempat Camping Terbaik di Banyuwangi yang Lagi Hits (2023)

Keindahan kota Banyuwangi tidak perlu dipertanyakan. Kota kecil yang terletak di ujung provinsi Jawa Timur ini menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Julukan “The Sunrise of Java” cukup mewakili keindahan alam dari kota ini. Banyuwangi juga dikenal sebagai kota dengan camping spots dengan pemandangan alam terbaik. Tentunya, belum lengkap wisatamu ke Banyuwangi kalau belum coba berkemah di sini. Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Banyuwangi:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Pulau Merah

Wisata Pulau Merah
Pulau Merah, Banyuwangi (sumber: youtu.be/jRTXWnha-Ig)
LokasiDusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 16:00 WIB
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi1 jam 47 menit (70.1 km) lewat Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingBerselancar, pemandangan sunset, snorkeling, tur perahu, bermain air dan pasir, beach-hopping

Siapa pun yang pernah camping di Pulau Merah pastinya setuju akan satu hal. Yaitu, pemandangan matahari terbenam di pantai pulau ini sangatlah indah. Pemandangan semburat warna oranye dan merah yang mewarnai cakrawala tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Deburan ombak dan udara yang perlahan menjadi sejuk membuat suasana semakin romantis. Keunikan lainnya dari Pantai Merah ini adalah warna pasir yang perlahan berubah jadi warna pink atau kemerahan di sore hari. Dari situlah nama Pantai Merah berasal.

Selain pemandangan sunset, Pantai Merah juga menawarkan pemandangan bukit kecil yang dipenuhi pepohonan. Lokasi bukit itu nggak jauh dari pantai dan bisa dijangkau dengan menaiki perahu. Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa lho menyeberang ke pulau itu dengan berjalan kaki. Konon, ada banyak mitos yang menyelimuti bukit hijau itu. Katanya, di bukit itu terdapat goa dengan harta karun disemayamkan di dalamnya. Tapi, sampai sekarang mitos itu belum terbukti. Pantai ini juga populer di kalangan peselancar pemula dengan ombaknya yang menantang.

Buat kamu yang ingin camping, pantai ini sangat luas. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehabisan tempat. Ya, walaupun kamu tetap harus gerak cepat untuk dapatkan spot terbaik untuk melihat sunset dari tendamu. Di sekitar pantai, ada beberapa kios makanan yang didirikan penduduk sekitar. Kamu bisa membeli camilan atau minuman ringan untuk memeriahkan suasana saat camping.

Kamu juga bisa membuat api unggun saat berkemah di sini dan membakar ikan untuk disantap bersama-sama. Kamu bisa membeli ikan segar dari penduduk yang memang menjajakan hasil laut mereka. Menikmati ikan bakar sambil bercengkerama di sekitar api unggun di pantai ini terasa menyenangkan. Tapi, pastikan untuk membereskan sisa-sisa api unggun dan membuang sampah berkemah di tempat sampah yang disediakan, ya. Untuk camping di Pantai Merah ini, kamu memang tidak dipungut biaya. Hanya saja, kamu memang harus meminta ijin kepada pihak pengelola untuk mendirikan tenda.   

2. Bumi Perkemahan Paltuding

Bumi Perkemahan Paltuding
Bumi Perkemahan Patulding, Banyuwangi
LokasiCurah Macan, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp5.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi1 jam 15 menit (40  km) lewat Jl. Kawah Ijen
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingApi unggun, wisata mendaki Gunung Ijen

Kamu pastinya tak asing dengan keindahan Kawah Ijen dengan api birunya. Untuk menuju ke kawah tersebut, kamu harus melakukan pendakian yang cukup menantang. Nah, bumi perkemahan Paltuding merupakan titik pertama tempat para pendaki Gunung Ijen berkumpul. Di sini juga jadi tempat pendaftaran bagi para pendaki Gunung Ijen. Lokasi bumi perkemahan ini cukup mudah untuk dicapai kendaraan bermotor. Permukaan tanah berumput yang landai membuatnya menjadi tempat berkemah ideal untuk para pemula.              

Area bumi perkemahan Paltuding sangatlah luas dan bisa muat hingga ratusan tenda. Area parkir juga lumayan lebar dan bisa muat mobil hingga minibus. Di sekitar, ada banyak sekali warung dan kedai yang menjual berbagai macam makanan. Kamu juga bisa beli berbagai peralatan dan aksesoris untuk mendaki Gunung Ijen.

Fasilitas toilet kecil juga tersedia dengan harga Rp2.000 per orang. Kamu juga bisa sewa tenda dengan harga Rp200.000 per unit dan per malam. Sekilas, harga sewa tenda ini memang sangat mahal. Tapi, tenda tersebut sudah siap pakai. Kamu juga akan sekaligus mendapatkan sleeping bag, selimut, dan lampu untuk penerangan. Ya, sebaiknya memang membawa perlengkapan berkemah langsung dari rumah saja untuk menghemat pengeluaran.

Di bumi perkemahan ini, aura kebersamaan sangatlah terasa. Kamu bisa membuat api unggun bersama peserta camping lainnya sambil bernyanyi bersama. Kamu juga bisa berkenalan dengan para pendaki Gunung Ijen, baik yang masih pemula maupun yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Anak-anak juga bisa berlarian dan bermain sepuas hati di dalam area camping. Bumi perkemahan ini juga dikelilingi dengan pepohonan rindang dan pemandangan Gunung Ijen yang sangat indah.

3. Teluk Hijau

Teluk Hijau
Teluk Hijau, Banyuwangi (sumber: instagram.com/teluk_hijau/)
LokasiDusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaRabu – Minggu, 08:00 – 16:00 WIB Senin – Selasa, Tutup
Harga paket campingRp5.000/malam
Telepon+62811361042
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi2 jam 10 menit (83.9 km) lewat Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingMemancing, snorkeling, wisata air terjun, spot foto alami dan instagramable

Teluk Hijau atau Green Bay yang termasuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri terkenal dengan keindahannya. Dari segi lokasi, pantai ini memang lumayan terpencil. Buat mencapai pantai ini, kamu harus memarkirkan kendaraanmu dan berjalan menembus medan yang cukup menantang. Atau, kamu juga bisa menempuh jalur laut. Kamu bisa berangkat dari Teluk Rajekwesi ke Teluk Hijau dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp25.000 – Rp35.000

Hamparan pasir seputih mutiara terasa halus saat dipijak. Air laut di Teluk Hijau sangatlah jernih hingga kamu bisa lihat ganggang hijau yang menempel di berbatuan laut. Itulah yang membuat lautan di kawasan ini berwarna hijau pualam. Deretan batu karang yang memagari wilayah ini tidak cuma menambah nilai estetika. Batu karang tersebut juga memecah ombak, sehingga kamu bisa menikmati riak ombak yang lebih tenang di pantai ini. Di sini juga dikenal sebagai spot memancing yang strategis. Jadi, sangatlah cocok untuk kamu dengan hobi memancing ikan.

Di sekeliling pantai hanya ada hutan tropis lebat yang sangat cantik. Seakan, belum pernah tersentuh tangan manusia. Sekitar 20 meter dari bibir pantai, ada air terjun setinggi 8 meter yang sangat indah. Air terjun ini biasa dijadikan tempat membasuh badan setelah bermain air laut.

Buat kamu yang ingin camping di Teluk Hijau, wajib minta ijin dulu ke petugas Taman Nasional Meru Betiri. Teluk Hijau memang ditetapkan pemerintah sebagai wilayah wisata terbatas. Ya, tujuannya supaya menjaga agar Teluk Hijau tetap terjaga kelestariannya. Mendirikan tenda di bibir pantai juga tidak direkomendasikan. Saat laut pasang, air laut bisa naik sampai menutupi seluruh area pantai. Jadi, kalaupun diizinkan kamu harus mendirikan tenda jauh dari bibir pantai.

Di sisi lain, hutan yang mengelilingi Teluk Hijau ini jadi habitat bagi banyak hewan liar yang dilindungi. Salah satunya adalah monyet-monyet liar yang usil sekali. Mereka sering membawa barang-barang milik wisatawan yang luput dari pengawasan. Jadi, kamu memang harus lebih waspada.  

4. Wisata Pinus Songgon

Wisata Pinus Songgon
Wisata Pinus Songgon, Banyuwangi (sumber: instagram.com/chu_p3p/)
LokasiSumberagung, Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Rabu, 07:00 – 17:00 WIB Kamis – Sabtu, 07:00 – 20:00 WIB Minggu, 07:00 – 18:00 WIB
Harga paket campingRp5.000/malam
Telepon+6282317094857
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi53 menit (33.1 km) lewat Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingFlying fox, outbond, paintball, arung jeram, safari kuda, jeep tour, wisata hutan pinus

Tidak cuma wisata pantai, Banyuwangi juga punya wisata hutan pinus yang sangat indah. Wisata Pinus Songgon (WPS) adalah destinasi camping yang populer di Banyuwangi. Di sini, kamu bisa menikmati berjalan-jalan dan berfoto di tengah-tengah hutan pinus yang tinggi dan menjulang. Lingkungan yang asri dan damai menjadikannya tempat wisata terbaik untuk melepas penat.

Untuk sampai ke WPS, kamu memang harus melalui jalan pedesaan yang cukup sempit. Apalagi, untuk jenis kendaraan mobil besar harus lebih berhati-hati. Sepanjang perjalanan, kamu bisa menikmati kesejukan udara pedesaan Songgon dengan pemandangan sawah dan pepohonan rindang. Untuk memarkir kendaraan, kamu akan dipungut biaya parkir seikhlasnya saja.

Untuk camping di sini, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Tapi, buat kamu yang tidak memiliki tenda juga bisa menyewa di sini. Biaya penyewaan tenda sebesar Rp75.000, dan kamu akan mendapatkan tenda, lengkap dengan alas tidur dan lain sebagainya. Lahan perkemahan di WPS ini sangatlah luas dan bisa muat hingga ratusan tenda. Lokasi camping ground yang ada di dataran tinggi membuatmu bisa menikmati keindahan tempat wisata ini dan gemerlap rumah penduduk di malam hari.

Untuk kamu yang memboyong serta keluarga, bisa berkemah di Pinus Camp 2. Lokasi lahan perkemahan ini terletak tepat di dekat wahana rafting. Camping ground yang dikhususkan untuk keluarga ini bisa menampung hingga ribuan tenda. Mendengar gemercik air sungai dengan udara sejuk pegunungan membuat perasaan jadi rileks. Fasilitas yang tersedia juga lumayan lengkap. Mulai dari toilet, mushola, gazebo, warung makan, dan instalasi listrik.

Kamu dijamin tak akan bosan selama camping di Wisata Pinus Songgon. Ada banyak spot foto-foto instagramable dengan tema yang unik dan menarik. Di dekat bumi perkemahan, ada fasilitas outbond, arung jeram, paintball, jeep tour, safari kuda, dan flying fox dengan biaya tambahan. Tempat wisata ini juga menyediakan cottage kecil yang bisa muat maksimal 2 orang.

5. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan, Banyuwangi (sumber: instagram.com/p/B7oBV4flvbh/)
LokasiPulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 17:00 WIB
Harga paket campingRp50.000/malam
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi38 menit (25.5 km) lewat Jl. Nasional III dan Jl. Raya Pantura
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSnorkeling, menjelajahi pantai

Ingin tahu rasanya camping di pulau tak berpenghuni? Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa merasakannya di Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan adalah pulau kecil tak berpenghuni seluas 6 hektar yang ada di Selat Bali. Tapi, secara hukum pulau ini masih berada di dalam wilayah Banyuwangi. Untuk ke sana kamu harus datang ke Pantai Bangsring Banyuwangi terlebih dulu.

Untuk harga sewa perahu adalah sebesar Rp500.000/perahu dengan kapasitas 10 orang. Jadi, lebih baik kamu ke Pulau Tabuhan bersama rombongan agar lebih hemat. Kamu juga bisa sekaligus menyewa alat snorkeling seharga Rp 30.000 per orang.

Perjalanan menyeberang dari Pantai Bangsring Banyuwangi ke Pulau Tabuhan lumayan mendebarkan. Apalagi, kamu hanya menaiki perahu nelayan kecil melawan ombak yang cukup besar. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Karena perjalanan ini cuma butuh waktu 20 menit saja. Kamu dan penumpang lain juga dibekali dengan pelampung. Selama perjalanan, kamu juga bisa melihat keindahan lanskap pegunungan Banyuwangi dari jauh.

Pulau ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat bersih dan halus. Di sekitar pantai, kamu bisa menikmati laut berwarna biru kehijauan dengan air yang sangat jernih. Ada juga beberapa kios makanan yang menawarkan aneka camilan. Tapi, di sini tidak tersedia toilet maupun tempat persewaan tenda. Jadi, bawa perlengkapan campingmu sendiri, ya. Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto seru di salah satu spot berfoto paling ikonik di Pulau Tabuhan.

Kondisi air laut yang cenderung tenang membuat Pantai Pulau Tabuhan ini cocok untuk aktivitas berenang, bermain air, hingga snorkeling. Untuk mendapatkan pemandangan dunia bawah laut terbaik, kamu memang harus berlayar sedikit lebih jauh dari bibir pantai. Spot paling populer untuk snorkeling ada di daerah utara pantai. Memang, spot itu punya intensitas ombak yang lebih tenang. Jadi, variasi terumbu karang dan ikan-ikan yang ada di situ pun lebih bermacam-macam.

6. KaliSawah Adventure Banyuwangi

Kalisawah Adventure Banyuwangi
KaliSawah Adventure Banyuwangi (sumber: instagram.com/campsiteindonesia/)
LokasiSumberagung, Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:30 – 17:30 WIB Sabtu, 08:30 – 21:00 WIB
Harga paket campingRp80.000/malam
Telepon+628176421713
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi50 menit (31.9 km) lewat Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingArung jeram, outbond, jeep tour, paintball

KaliSawah Adventure Banyuwangi adalah salah satu tempat wisata camping yang sangat populer. Terutama, di kalangan komunitas atau instansi yang sering melakukan outbond. Tak cuma itu, wahana wisata ini juga jadi salah satu tempat wisata keluarga terbaik, lho.

Taman wisata ini menawarkan perpaduan keindahan alam yang asri dan jauh dari keramaian. Sepanjang perjalanan saja, kamu sudah disambut dengan berbagai pepohonan rindang yang tumbuh di kedua sisi jalan. Jalan menuju lokasi Kalisawah memang cukup sempit dan masih berupa medan tanah. Tapi, masih sangat mungkin dilewati kendaraan bermotor.

Lokasi tempat wisata ini ternyata benar-benar berada di tengah sawah. Hamparan sawah yang hijau dengan semilir angin sejuk langsung menyapamu. Salah satu bangunan utama yang ada di wilayah wisata ini adalah kafe. Di sini, kamu bisa memesan berbagai macam camilan, makanan berat, minuman, hingga paket makanan hemat. Bersantap sambil menikmati udara sejuk pedesaan pasti tak ada duanya! Di lokasi yang sama, kamu juga bisa mengakses fasilitas mushola, aula kecil, dan toilet yang terjaga kebersihannya.

Setelah perut kenyang, kamu bisa nih mulai bereksplorasi. Di samping café, kamu bisa menyeberangi jembatan rotan menuju area outbond. Sungai sepanjang 6 meter yang mengalir di bawahnya sungai terpanjang di Banyuwangi. Kamu bisa melakukan rafting menyusuri sungai ini dengan biaya paket arung jeram yang hemat. Rentang harga paket rafting minimal 4 orang berkisar mulai dari Rp 160.000 – Rp 250.000. Selain menikmati pacuan adrenalin, kamu juga bisa menikmati keindahan beberapa spot yang menarik.

Di dekat fasilitas utama, ada lahan yang cukup luas untuk membangun tenda. Kamu bisa camping di sini bersama keluarga dengan harga Rp80.000. Camping ground ini juga sudah dilengkapi dengan untaian lampu gantung untuk penerangan di malam hari. Buat mengusir udara dingin, kamu juga bisa membuat api unggun sambil melakukan berbagai kegiatan camping seru. Untuk menambah kemeriahan, pihak Kalisawah juga menyediakan perlengkapan barbekyu yang bisa kamu sewa.

7. Muara Mbaduk Beach

Muara Mbaduk Beach
Muara Mbaduk, Banyuwangi (sumber: instagram.com/p/CUxGq3bvYS4/)
LokasiDusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi2 jam 3 menit (81.9 km) lewat Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pantai, berenang, naik perahu kayak, pemandangan matahari terbenam

Ingin menikmati wisata camping seru dengan harga yang hemat? Kamu bisa mengunjungi Muara Mbaduk Beach. Tempat ini masih tergolong sangat baru di Banyuwangi. Sehingga, untuk biaya masuk hingga biaya untuk camping pun masih bersifat sukarela. Untuk kamu yang tidak punya tenda dan perlengkapan camping, bisa menyewanya di toko penduduk setempat. Harga yang dipatok untuk penyewaan tenda dan perlengkapannya mulai dari Rp 60.000

Karena masih tergolong sangat baru, masih belum banyak fasilitas yang tersedia. Fasilitas inti yang bisa diakses pengunjung adalah toilet, mushola, dan beberapa kedai makanan. Jadi, kamu tidak perlu repot berbelanja bahan makanan sebelum berangkat camping.

Muara Mbaduk Beach adalah pantai dari Muara Mbaduk yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Meru Betiri. Bahkan, pantai ini lokasinya tidak jauh dari Teluk Hijau yang juga sangat populer. Dari segi keindahan alam, Pantai Muara Mbaduk ini tidak kalah cantik.

Keindahan pantai berpasir cokelat bersih ini berpadu dengan kedamaian alam yang sunyi. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menjauh dari hiruk-pikuk dan polusi kota. Di sini udaranya sangat sejuk dan menyenangkan. Perairan di tempat wisata ini juga sangat jernih, tenang dan aman untuk berenang. Anak-anak juga bisa bermain air dengan riang gembira. Kamu juga bisa menyewa perahu kayak di kios warga sekitar.

Sayangnya, di siang hari pantai ini sangatlah panas. Tidak ada bangunan gazebo atau pepohonan rindang untuk berteduh. Untuk kamu yang ingin camping di sini, sebaiknya datang di sore hari. Udara di sini memang jadi lebih sejuk di sore dan pagi hari. Jangan sampai kamu melewatkan pemandangan matahari terbenam atau sunset, ya. Untuk menjaga keindahan pantai ini, jangan lupa bawa pulang sampah-sampahmu, ya.

8. Wana Wisata Sumber Manis

Wana Wisata Sumber Manis
Wana Wisata Sumber Manis, Banyuwangi (sumber: instagram.com/seven.creative.media/)
LokasiGombeng, Gombengsari, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin –  Minggu, 06:00 – 21:00 WIB
Harga paket campingRp50.000/malam
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi28 menit (14.1 km) lewat Jl. Samarinda
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi camping        Pemandangan hutan pinus, pemandangan hutan mahoni, spot berfoto Instagramable, flying fox, outbond.

Wana Wisata Sumber Manis jadi destinasi wisata camping seru untuk anak-anak muda dan keluarga. Hutan wisata ini sangatlah cocok untuk kamu yang ingin berwisata santai dan jauh dari keramaian. Lokasi wana wisata ini juga sangat mudah untuk diakses kendaraan bermotor.

Hanya saja, akses jalan yang sedikit sempit membuat pengendara mobil lebih berhati-hati. Sepanjang perjalanan, kamu akan disambut dengan pepohonan rindang dan udara yang terasa sangat sejuk. Apalagi, saat kamu sampai di lokasi wisata.

Memasuki Wana Wisata Sumber Manis seakan menyedotmu masuk ke dalam hutan fantasi yang tersembunyi. Kamu bisa menikmati ketenangan hutan pinus dan mahoni yang tumbuh menjulang menggapai langit. Kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan rerumputan hijau dan aneka bunga yang berwarna-warni. Kamu bisa berfoto-foto di sejumlah selfie booth yang tersebar di area ini. Selain itu, kamu juga akan menemukan berbagai macam spot foto dengan pemandangan instagramable.

Area camping ground di kawasan wisata ini sangatlah luas. Ada sejumlah titik dengan area luas yang bisa kamu pakai untuk mendirikan tenda. Selain itu, kamu juga bisa mencoba wahana outbond dan flying fox. Di sekitar lokasi, ada beberapa café atau tempat nongkrong yang menjual hidangan kopi tradisional. Kebetulan, lokasi wana wisata ini juga berdekatan dengan lahan perkebunan kopi. Lahan parkir kendaraan yang luas juga jadi kelebihan. Fasilitas yang tersedia adalah toilet dan kamar mandi yang cukup terawat.

9. Panorama Bukit Sewu Sambang

Camping Bukit Sewu Sambang
Panorama Bukit Sewu Sambang, Banyuwangi
LokasiLingk.Papring, Wangkal, Kalipuro, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam Khusus Rabu, 06:00-17:00 WIB
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi28 menit (12.4 km) lewat Jl. Raden Wijaya
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi camping        Pemandangan sunrise, pemandangan tebing hijau dan pegunungan

Ingin mencoba camping di alam bebas tanpa harus mendaki gunung? Panorama Bukit Sewu Sambang bisa dijadikan pilihan. Dari segi medan, rute ke tempat wisata ini cukup menantang. Jalanan yang sangat sempit dan curam memaksa pengguna mobil untuk turun dan menitipkan kendaraannya. Kamu bisa membayar jasa ojek setempat untuk membawamu hingga titik trekking.

Untuk mencapai puncak Bukit Sewu Sambang, kamu harus mendaki medan yang lumayan terjal. Di satu sisi terdapat jurang dalam dengan pemandangan tebing hijau yang sangat indah. Udaranya sudah pasti sangat sejuk dan menyegarkan. Area camping ground di bukit ini juga sangat luas hingga titik puncak. Di dekat puncak bukit, kamu bisa membeli sejumlah bahan makanan dan camilan di warung warga.

Berkemah di Bukit Sewu Sambang memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Di sini, fasilitas yang tersedia memang sangat terbatas. Untungnya, masih tersedia akses toilet, mushola, hingga konektivitas internet 4G. Pemandangan matahari terbit jadi hal yang tidak boleh kamu lewatkan di sini.

Selain itu, pemandangan Pelabuhan Ketapang di kejauhan saat malam hari juga jadi hiburan tersendiri. Kalau beruntung, kamu juga bisa lihat beberapa ekor monyet liar. Mereka suka mengambil barang bawaan yang tidak diawasi dengan baik. Jadi, lebih waspada ya! Selain itu, kamu disarankan untuk datang ke Bukit Sewu Sambang saat cuaca bersahabat. Di musim hujan, medan mendaki jadi lebih licin dan berbahaya.

10. Camping Ground Telunjuk Raung

Camping Ground Telunjuk Raung
Camping Ground Telunjuk Raung, Banyuwangi (sumber: instagram.com/fhadilelfharo/)
LokasiDusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488 (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp20.000/orang
Telepon+6282228294929
Rute menuju lokasi camping dari kota Banyuwangi1 jam 14 menit (39.6 km) lewat Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan air terjun, kolam renang anak, taman bermain anak

Ingin mengunjungi wisata air terjun Telunjuk Raung? Bumi perkemahan ini wajib jadi tempat persinggahanmu. Lokasi bumi perkemahan ini juga sangat mudah untuk dijangkau. Walaupun medannya masih berupa tanah. Tapi, cukup luas untuk dilalui 2 unit mobil. Lahan parkir untuk sepeda motor dan mobil sangatlah luas. Buat kamu yang bawa mobil, bisa juga mendirikan tenda di dekat mobilmu. Lahan camping ground yang berbentuk lapangan rumput ini bisa muat hingga ribuan tenda.

Dari segi fasilitas, memang fasilitas camping ground ini masih terbatas. Fasilitas toilet dan mushola sudah pasti tersedia. Selain itu, anak-anak juga bisa berenang sepuasnya di kolam renang anak. Kamu juga bisa menemukan kantin makanan yang menjual aneka hidangan dan minuman. Sayangnya, kantin ini hanya buka hingga jam 5 sore saja. Akses provider seluler juga lumayan bagus. Buat kebutuhan listrik, kamu bisa pinjam genset dengan tarif tertentu kepada pihak pengelola.

Udara di camping ground juga sangat sejuk, bahkan cenderung dingin. Makanya, kamu disarankan untuk mengenakan pakaian hangat. Akses ke air terjun Telunjuk Raung juga sangat dekat. Air terjun legendaris ini hanya berjarak 10 menit saja dengan berjalan kaki dari lokasi camping. Di sekitar lokasi camping juga terdapat banyak spot foto menarik. Pemandangan Gunung Raung yang eksotis juga tidak boleh dilewatkan.  

Jadi, itulah rekomendasi tempat camping terbaik yang ada di Banyuwangi. Tak salah jika Banyuwangi jadi destinasi wisata terbaik untuk pencinta alam. Yang jelas, banyak wahana wisata camping di kota ini yang memiliki potensi. Kamu punya tempat wisata camping terfavorit di Banyuwangi? Kenangan menarik apa yang kamu dapatkan selama berkemah di sana? Yuk, share pengalaman terbaikmu di kolom komentar.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar