7 Tempat Camping Terindah di Bondowoso yang Lagi Hits (2023)

Ada apa di Bondowoso? Kalau kamu sedang ingin jalan-jalan ke Bondowoso, boleh banget kamu mampir ke wisata alamnya. Khususnya, ada tempat-tempat menarik yang menjadi lokasi camping. Terutama, karena terdapat gugusan pegunungan Ijen di sini. Selain itu, masih ada berbagai spot camping lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Bondowoso:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Gunung Ijen

Tempat Camping Di Bondowoso Gunung Ijen
Gunung Ijen, Bondowoso (sumber: Iko Swie)
LokasiPerbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/tenda Rp5.000/orang untuk biaya mendaki
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bondowoso2 jam 1 menit (69,3 km) lewat Jl. Kawah Ijen
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan lereng Gunung Ijen, pemandangan Gunung Merapi, pemandangan sunrise, kawah Ijen dan blue fire

Tempat camping terindah di Bondowoso yang pertama kami bahas adalah Gunung Ijen. Gunung Ijen adalah gunung berapi tipe stratovolcano yang menyuguhkan fenomena alam yang langka, yaitu blue fire. Menurut penelitian, fenomena blue fire hanya ada 2 di dunia, yaitu di Islandia dan Indonesia (gunung Ijen).

Fenomena Blue Fire Di Gunung Ijen
Fenomena Blue Fire di Gunung Ijen, Bondowoso.

Fenomena langka ini hanya terlihat saat malam hari, mulai dari jam 01.00-03.00 WIB. Makanya, banyak wisatawan memilih untuk bercamping di area Gunung Ijen agar bisa mendaki ke Kawah Ijen tepat waktu.

Salah satu jalur pendakian yang paling favorit adalah lewat jalur Bondowoso. Kelebihan mendaki Gunung Ijen lewat jalur Bondowoso adalah kamu bisa mampir ke Kawah Wurung, Padang Savana, pemandian air panas Blawan dan Bukit Megarsari.

Okay, pengantarnya cukup ya, mari kita fokus ke area campingnya.

Agar bisa melihat blue fire di Kawah Ijen, maka kamu harus berkemah di area camping Gunung Ijen. Biar bisa mendaki di malam hari dan turun setelah sunrise. Lokasi camping di Gunung Ijen berada di Pos Paltuding. Di area camping ground Paltuding inilah kamu bisa mendirikan tenda sambil menunggu waktu kemunculan blue fire.

Area Camping Di Gunung Ijen Pos Paltuding
Area camping di Gunung Ijen untuk persiapan menuju lokasi Blue Fire, Kawah Ijen.

Nah, akses ke lokasi camping tersebut cukup baik dengan jalan beraspal yang lebar. Kamu bisa menggunakan kendaraan motor dan mobil. Kendaraan kamu juga bisa masuk sampai di area camping ground Pos Paltuding.

Sementara, area camping sangat luas dan muat banyak tenda. Campground Pos Paltuding berupa area seperti lapangan rumput hijau dengan pepohonan di pinggirnya. Ada juga pohon-pohon pinus di sini.

Catatan: Area kamu camping berada di kaki Gunung Ijen. Biasanya, campground ini digunakan oleh para pengunjung untuk tempat beristirahat sebelum mendaki ke puncak. Camping merupakan alternatif dari menginap di hotel atau losmen, karena berkemah tentu lebih hemat.

Untuk camping, kamu bisa membawa tenda sendiri. Di area camping ini, kamu juga bisa pakai campervan. Selagi di sini, pastikan melihat panorama alam yang indah saat sunrise dan sunset. Kamu dapat melihat pemandangan blue fire, kawah ijen dan Gunung Ijen dengan lerengnya yang hijau. Kemudian, terlihat langit biru dengan awan mengapung di atas, tapi seakan jaraknya sangat dekat dari kamu.

Nah, untuk aktivitas kesukaan campers di Pos Paltuding adalah menikmati pemandangan alam, serta melihat sunrise. Selain itu, di area camping ini juga tersedia fasilitas kamar mandi, toilet, warung 24 jam. Omong-omong, kamu bebas untuk lanjut mendaki sampai puncak, atau sekadar camping ceria di kaki gunung. Camping di sini cocok untuk keluarga, teman, pasangan, rombongan komunitas dan lainnya.

2. Kawah Wurung

Tempat Camping Di Bondowoso Kawah Wurung
Kawah Wurung, Bondowoso (sumber: The Thad Family)
LokasiMargahayu, Kalianyar, Kec. Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Selasa, 24 jam Rabu-Minggu, 08.00-16.00
Harga paket campingRp20.000/tenda
Rp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bondowoso1 jam 47 menit (64,7 km) lewat Jl. Kawah Ijen
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan ilalang dan perbukitan, berbagai spot foto, pemandangan lereng gunung

Kawah Wurung menyuguhkan pemandangan alam yang memesona. Untuk akses ke lokasi, kamu bisa naik motor dan mobil. Jalannya cukup baik, beraspal, tapi setibanya di lokasi, jalan berupa tanah. Akan tetapi, kamu bisa memarkir kendaraan sampai masuk ke area camping. Mobil juga bisa sampai di area camping ini.

Untuk biaya parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Lalu, ada pula biaya untuk foto wedding dan pre-wedding Rp300.000. Ada juga biaya kegiatan komersial film Rp1.500.000, sewa Jeep Rp300.000-Rp500.000, wahana ATV Rp50.000, dan sepeda gunung Rp10.000.

Sekarang kembali ke tempat camping. Area camping-nya di atas bukit, berupa hamparan rumput yang luas. Jadi, seperti padang rumput hijau yang berada di antara perbukitan dan pegunungan. Dinamakan Kawah Wurung karena tempatnya menyerupai kawah besar dengan ceruk di tengah, tapi seluruhnya ditumbuhi rerumputan. Pemandangan di sini sangat, sangat ajaib.

Sekilas, panorama di sini terlihat seperti Bukit Teletubbies di Bromo. Jadi, sejauh mata memandang, ada pemandangan lereng gunung di kejauhan. Juga ada gugusan perbukitan yang hijau dengan ditumbuhi pepohonan. Banyak juga ilalang tumbuh, dan menjadi lebih kering saat musim kemarau.

Sedangkan area camping sangat luas, bisa muat banyak sekali tenda. Kamu bisa bawa tenda sendiri atau menyewa. Kalau untuk fasilitas, tersedia lahan parkir cukup luas. Ada kamar mandi, toilet, dan warung di bawah di dekat tempat parkir tersebut.

Banyak kegiatan seru di sini, ada wahana ATV dan sewa Jeep, kamu pun bisa berfoto-foto. Camping di sini cocok untuk keluarga, komunitas, teman dan sahabat, juga pasangan.

Baca juga: 10 Wisata Kuliner Bondowoso Terenak yang Wajib Dikunjungi! »

3. Bendungan Sampean Baru

Tempat Camping Di Bondowoso Bendungan Sampean Baru
Bendungan Sampean Baru, Bondowoso (sumber: instagram.com/adisusanto10/)
LokasiTapen, Koanyar, Pandak, Klabang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-17.00
Harga paket campingTiket masuk: Gratis Camping: Gratis Parkir: Rp5.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bondowoso30 menit (18,9 km) lewat Jl. Raya Situbondo
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan alam hijau, arsitektur bendungan zaman Belanda

Bendungan Sampean Baru memiliki arsitekturyang sangat menarik. Selain itu, di sekeliling kawasan bendungan, terdapat lahan berumput yang sangat hijau dengan ditumbuhi bunga-bungaan dan pepohonan. Jadi, area camping tersebut luas dan muat untuk banyak tenda.

Sementara, yang menjadi daya tarik adalah berbatuan yang ada di dasar bendungan. Ketika air sedang surut, di musim kemarau, akan terlihat batu-batu kali yang besar di sana. Selain itu, juga ada bongkahan berbatuan yang berbentuk trapesium mini, berjajar dengan rapi. Sementara, tidak jauh dari berbatuan tersebut, terdapat pintu dan katup bendungan.

Biasanya setiap enam bulan sekali, katup-katup dibuka karena waktunya air bendungan dikuras. Airnya akan mengalir sangat deras dari setiap pintu katup di atas, menuju ke bawah ke tempat berbatuan tadi.

Kegiatan tersebut dinamakan dengan “Asatan” oleh warga setempat. Artinya, “pengurasan air” dalam Bahasa Madura. Biasanya, banyak pengunjung datang untuk rekreasi melihat Asatan, kadang sembari menangkap ikan yang terbawa arus. Namun, pengunjung tidak selalu camping.

Sekarang, untuk yang camping di sini. Kamu bisa mendirikan tenda di area sekitar bendungan. Biasanya, pengunjung membawa tenda sendiri beserta perlengkapannya. Untuk aktivitas yang disuka di sini adalah menikmati pemandangan hijau nan asri di kawasan bendungan. Selain itu, berfoto juga perlu, karena keunikan tempatnya sayang untuk dilewatkan.

Sementara, kalau untuk fasilitas, di sini mungkin belum selengkap tempat camping lainnya. Penjual makanan juga terbilang belum banyak. Sedangkan, akses ke lokasi cukup baik dan biasanya pengunjung naik motor ke sini. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, teman, pasangan yang hobi berkemah.

4. Bukit Paralayang Megasari

Tempat Camping Di Bondowoso Bukit Paralayang Megasari
Bukit Paralayang Megasari, Bondowoso (sumber: instagram.com/ayokebondowoso/)
LokasiUnnamed Road, Area Sawah/Kebun, Penang, Botolinggo, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-18.00
Harga paket campingGratis
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bondowoso1 jam 4 menit (36,4 km) lewat Jl. Kawah Ijen
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pegunungan, pemandangan kota dari ketinggian

Bukit Paralayang Megasari adalah tempat yang perfect untuk melihat sunrise. Seperti namanya, bukit paralayang ini berada di ketinggian, tapi aksesnya cukup mudah. Biasanya, mobil dan motor bisa naik sampai ke atas, dan masuk ke area camping. Untuk area camping berupa lahan tanah berumput di atas bukit.

Omong-omong, untuk biaya tiket masuk dan camping gratis. Kamu pun bisa bawa tenda milik sendiri atau sewa di luar tempat camping. Sementara, untuk fasilitas, ada kamar mandi dan toilet, tapi belum tersedia airnya. Namun, ada gazebo dan musala di sini. Kamu juga dapat melihat pemandangan yang humble tapi menawan di tempat ini.

Terlihat gugusan pegunungan di kejauhan. Selain itu, biasanya kamu akan melihat kabut tipis, saat menengok sedikit ke bawah. Lalu, ada berbagai macam tanaman seperti bunga dan pepohonan di sekitar area camping. Ada juga bidang tanah yang ber-paving di tepian atas bukit untuk lepas landas paralayang.

Area camping sendiri luas sehingga bisa muat banyak tenda. Pengunjung yang camping biasanya suka sekali menikmati pemandangan. Terutama, menyaksikan sunset dan sunrise. Selain itu, campers juga suka berfoto sekaligus memotret panorama di sini.

Nuansa di tempat camping ini terasa homey, padahal tempatnya berupa alam bebas. Camping di sini cocok untuk keluarga, anak-anak, teman, pasangan, komunitas, dan siapa saja yang menyukai alam.

5. Twin Falls Tancak

Tempat Camping Di Bondowoso Twin Falls Tancak
Twin Falls Tancak, Bondowoso (sumber: instagram.com/yakbendebesah/)
LokasiHutan, Andungsari, Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-16.00
Harga tiket masukRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bondowoso49 menit (21,9 km) lewat Jl. Diponegoro
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan air terjun, spot foto

Twin Falls Tancak juga biasa disebut dengan Air Terjun Tancak Kembar. Akses ke lokasi sudah baik, tapi ada jalan sekitar 3 km yang menantang. Jalan tersebut menanjak dan berbatu, serta menikung tajam. Disarankan menggunakan mobil SUV serta hindari naik motor matic agar lebih aman. Setelah melalui medan berat tersebut, jalan sudah bagus berpasir.

Kamu akan sampai di tempat parkir yang melegakan. Selain itu, ada fasilitas berupa kamar mandi, toilet, gazebo, kafe dan warung. Selain tiket masuk, ada biaya parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Kalau mau naik ojek tersedia untuk pulang-pergi Rp40.000.

Setelah parkir, kamu bisa berjalan ke area camping. Titik awal berada di bawah, di pos 1. Kemudian, kamu akan berjalan terus sampai pos 2. Di pos 2 ini yang biasa menjadi tempat mendirikan tenda. Kamu bisa parkir motor sampai masuk di area camping pos 2 tersebut. Areanya terbatas dan muat beberapa tenda saja. Selain itu, ada gazebo di sini.

Area camping pos 2 segar dan asri, dikelilingi tanaman serta pepohonan hijau. Tempat camping ini menyajikan pemandangan yang masih sangat alami. Selain itu, kamu juga bisa mendengar suara tonggeret bersahutan, menambah suasana alam lepas di sini.

Selain di pos 2, ada tempat lainnya untuk mendirikan tenda, yaitu di lokasi air terjun. Namun, udaranya sangat dingin. Jika malam bahkan bertambah dingin. Untuk yang tidak tahan dingin, akan lebih nyaman camping di pos 2.

Biasanya, campers suka mampir ke air terjun, berfoto, atau sekadar bersantai, serta duduk-duduk di gazebo. Camping di sini cocok untuk siapa saja, keluarga, anak-anak, teman, pasangan.

6. Kawah Ilalang

Tempat Camping Di Bondowoso Kawah Ilalang
Kawah Ilalang, Bondowoso (sumber: instagram.com/bondowosoexplorer/)
LokasiCurah Macan, Kalianyar, Kec. Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 06.00-17.00
Harga tiket masukRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bondowoso1 jam 46 menit (63,9 km) lewat Jl. Kawah Ijen
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan dan sabana, pemandangan Gunung Raung dan Bukit Paralayang Megasari

Kawah Ilalang masih terus dikelola sebagai tempat wisata. Untuk mencapai lokasi camping, perlu naik dan turun bukit. Sebab, Kawah Ilalang berada di tengah-tengah bukit yang berupa seperti mangkuk. Di ceruk di bagian tengah inilah, kawah tersebut berada. Kabar baiknya, meskipun perlu perjuangan untuk sampai area camping, kamu bisa menggunakan motor dan mobil.

Namun, sangat disarankan kamu menggunakan motor bergigi dan mobil SUV. Sebisa mungkin hindari pakai motor matic. Sebab, medannya cukup sulit dan berpasir. Nah, setelah sampai di area camping, kamu bisa langsung mendirikan tenda. Kamu bisa membawa tenda sendiri atau sewa dari luar.

Belum ada fasilitas umum di sini karena tempatnya berupa alam bebas. Namun, pemandangan di sini sangat indah. Area camping-nya berupa hamparan padang ilalang yang sangat, sangat luas. Saat musim kemarau, ilalang biasanya kering dan tidak tumbuh tinggi. Saat akhir musim hujan, barulah ilalang tumbuh tinggi dan menguning.

Area camping dikelilingi perbukitan hijau dengan pepohonan tumbuh di sejumlah titik. Langit biru terlihat sangat jelas di sini, kontras dengan hijaunya perbukitan. Pengunjung biasanya suka menghabiskan waktu untuk melihat pemandangan, bersantai, memasak makanan, berfoto.

Tempat camping yang estetik ini cocok untuk keluarga dan anak-anak, teman, pasangan, komunitas, dan siapa saja. Lebih ideal untuk sesama pencinta alam yang hobi camping.

7. Gunung Gulgulan Bondowoso

Tempat Camping Di Bondowoso Gunung Gulgulan Bondowoso
Gunung Gulgulan, Bondowoso (sumber: instagram.com/heri_milanisti/)
LokasiPatirana, Wonosari, Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp15.000/orang untuk registrasi dan parkir
Telepon0852-3631-0687
Rute menuju lokasi camping dari Bondowoso31 menit (14,8 km) lewat Jl. Bondowoso – Jember
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan gunung dan perbukitan, sunrise

Gunung Gulgulan Bondowoso ideal untuk para pendaki yang juga suka camping. Akses ke lokasi tidak sulit dijangkau. Kamu bisa naik motor kemudian parkir sekaligus titip kendaraan di basecamp. Kemudian, kamu akan mendaki untuk sampai di puncak. Dengan medan yang tidak terlalu berat ke puncak, gunung ini juga cocok untuk pemula.

Kamu akan sampai di puncak setelah pendakian selama sekitar 4 jam. Untuk perlengkapan camping dan tenda, kamu bisa membawa sendiri. Setelah sampai di area camping di puncak, kamu bisa langsung mendirikan tenda. Area camping memiliki luas terbatas dan bisa muat sampai sekitar tujuh tenda.

Di samping itu, puncak gunung ini masih berupa alam bebas, sehingga belum dilengkapi dengan fasilitas umum. Jadi, sebaiknya kamu membawa bekal makanan dan minuman serta air yang cukup. Sementara, pemandangan di sini terasa menyenangkan.

Kamu dapat melihat padang ilalang di puncak di area camping. Sedangkan, di sekeliling tempat camping ada pegunungan dan terlihat lereng gunung serta perbukitan. Puncak gunung setinggi 1.406 mdpl ini juga merupakan tempat yang tepat untuk melihat sunrise.

Pengunjung yang camping suka berfoto serta menikmati suasana sunyi di pegunungan. Para pengunjung juga suka saling berinteraksi di antara sesama campers. Kegiatan camping di sini cocok untuk teman, pasangan, keluarga, dan siapa saja termasuk pendaki pemula.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Bondowoso. Kami secara pribadi paling suka dengan Kawah Wurung. Pemandangannya beda, dengan keindahan ilalang serta perbukitannya. Tidak hanya memiliki panorama indah, suasana di tempat camping ini juga terasa tenteram. Bagaimana dengan kamu, kira-kira yang mana lokasi camping favoritmu? Share opini kamu di kolom komentar, ya!

Selanjutnya: Petualangan kamu belum lengkap tanpa mengunjungi keindahan tak terhingga dari wisata Bondowoso. Siapkan diri kamu untuk terpesona oleh pesona alam dan budaya yang memukau. Klik di sini dan mulailah perjalanan luar biasa di Bondowoso.

Leave a Comment