7 Tempat Camping Terbaik di Jombang yang Lagi Hits (2022)

Jombang merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur. Di Indonesia, Jombang dikenal dengan julukan Kota Santri. Namun, masih ada lagi daya tarik Jombang, yaitu wisata alamnya. Bahkan ada berbagai tempat camping yang wajib kamu datangi di sini. Jadi, kamu bisa menjelajahi sisi lain Jombang, sembari bermalam di tengah alam. Di mana saja tempat yang bagus untuk camping tersebut? Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Jombang:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Wisata Sumber Boto

Tempat Camping Di Jombang Wisata Sumber Boto
Wisata Sumber Boto, Jombang (sumber: Agus Siswoyo)
LokasiJalan Wanara, Mojowarno, Area Hutan, Perhutani, Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-16.00
Harga tiket masukRp6.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jombang31 menit (14,7 km) lewat Jl. Raya Menganto
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingKolam renang, pemandangan hutan, fasilitas bermain anak

Wisata Sumber Boto merupakan tempat yang ideal untuk camping. Terutama, camping dengan jumlah peserta besar, seperti rombongan sekolah maupun keluarga. Akses ke lokasi pun mudah, jalannya baik kondisinya, dan bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Setelah sampai, kamu bisa langsung parkir di tempat yang sudah disediakan.

Di sini terdapat fasilitas lahan parkir luas, kamar mandi, toilet, musala, serta warung-warung. Untuk warung di sini mungkin menyajikan menu yang cukup terbatas pilihannya. Kalau ingin menikmati beragam makanan dan minuman, kamu dapat membawa bekal sendiri dari rumah. Begitu juga dengan tenda dan perlengkapan camping, pengunjung biasa membawa sendiri.

Di tempat camping ini, ada lagi spot hiburan lainnya. Tersedia kolam renang serta fasilitas bermain anak. Sementara, untuk area camping-nya sangat luas dan muat banyak tenda. Jadi, setelah kamu parkir, kamu perlu berjalan sedikit saja menuju area camping. Area untuk camping berupa lapangan berumput hijau yang begitu luas.

Kamu pun bisa langsung mendirikan tenda di area camping tersebut. Kegiatan saat camping yang disuka pengunjung antara lain outbond, jalan-jalan keliling serta berfoto. Kamu juga dapat menikmati fasilitas hiburan yang tersedia. Tempat camping ini sederhana dan merakyat. Camping di sini cocok untuk keluarga, teman, pasangan, komunitas, hingga rombongan sekolah maupun instansi.

2. Bumi Perkemahan Kosambiwojo CAI

Tempat Camping Di Jombang Bumi Perkemahan Kosambiwojo Cai
Bumi Perkemahan Kosambiwojo CAI, Jombang (sumber: Wisata Rafting Kaliwatu)
LokasiKomboh, Sambirejo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Sabtu, 24 jam
Harga paket campingSesuai jumlah peserta
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jombang51 menit (26,9 km) lewat Jl. Raya Menganto
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTempat outbond, flying fox

Bumi Perkemahan Kosambiwojo CAI merupakan tempat camping yang humble dan cocok untuk peserta rombongan. Untuk akses ke lokasi, kondisi jalan cukup menantang, menanjak dan berbelok-belok, tapi jalannya sudah beraspal. Kamu bisa menggunakan kendaraan motor, mobil, serta bus ke sini.

Setelah sampai, kendaraan bisa parkir di lahan yang tersedia. Lahan parkir luas dan bisa untuk motor dan mobil, juga bus. Area camping jaraknya juga dekat dari tempat parkir. Sudah ada tenda-tenda disediakan di sini.

Ada lebih dari 65 tenda. Setiap tenda berkapasitas 10-40 orang. Sementara, kapasitas total peserta camping di tempat ini mencapai 1.000 orang. Jadi, tempatnya sangat, sangat luas dan dilengkapi berbagai fasilitas. Sudah ada kamar mandi, toilet, musala, aula, serta warung-warung penjual makanan dan minuman. Selain itu, ada fasilitas kegiatan outdoor seperti flying fox, lapangan, dan lainnya.

Suasana di tempat camping ini tenang tapi bersemangat. Pemandangannya hijau dan segar dengan nuansa pegunungan. Banyak sekali pepohonan serta tanaman seperti bunga dan dedaunan, menambah kesegaran di sini.

Ketika camping, biasanya pengunjung paling suka melakukan aktivitas outdoor. Aktivitas tersebut seperti outbond, diklat, dan sebagainya, dengan jumlah peserta besar. Omong-omong, tempat camping ini juga dekat dari permukiman warga, sehingga aksesnya mudah jika memerlukan bantuan masyarakat setempat.

Bumi perkemahan ini cocok untuk tempat camping siapa saja, khususnya rombongan sekolah dan instansi, juga komunitas, keluarga, teman, serta pasangan.

3. Bumi Perkemahan Pengajaran

Tempat Camping Di Jombang Bumi Perkemahan Pengajaran
Bumi Perkemahan Pengajaran, Jombang (sumber: Rabma Almosen)
LokasiPangajar, Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingSesuai jumlah peserta
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jombang1 jam (32,2 km) lewat Jl. Batalyon Merak
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingAir terjun Tretes, pemandangan bukit

Bumi Perkemahan Pengajaran berada di dataran tinggi. Akses ke lokasi juga tidak sulit, kondisi jalannya baik. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Setelah sampai, kamu dapat memarkir kendaraan. Lahan parkirnya luas dan berada dalam satu kawasan dengan area camping. Untuk area camping juga sangat luas, bisa muat sampai puluhan tenda.

Seperti namanya, bumi perkemahan ini biasa digunakan untuk camping rombongan peserta dalam jumlah banyak. Sering kali, yang camping di sini adalah rombongan anak sekolah dan pramuka. Namun, tempat camping ini bebas untuk siapa saja yang ingin berkemah di sini.

Area camping-nya berupa lahan berumput hijau yang luas seperti lapangan. Banyak terdapat pohon serta tanaman yang menambah hijaunya suasana. Saat melihat sekeliling, ada pemandangan bukit yang penuh dengan pepohonan. Udara terasa sejuk dan asri di sini. Tempat camping ini humble sekaligus terasa ramah. Seakan alam di sini menyambutmu dengan senang saat kamu datang.

Saat camping, pengunjung atau peserta suka melakukan aktivitas outdoor seperti outbond. Ketika malam, pengunjung yang camping biasanya membuat api unggun. Kamu juga bisa mampir ke Air Terjun Tretes dekat lokasi camping dengan trekking yang tidak terlalu panjang. Jadi, cukup jalan kaki saja.

Kalau untuk fasilitas, di sini sudah tersedia kamar mandi, toilet, listrik, warung, tempat jual oleh-oleh. Ada juga fasilitas outbond. Camping di sini cocok untuk siapa saja terutama rombongan besar. Bisa juga untuk keluarga, pasangan, teman, komunitas.

4. Wana Wisata Selo Ageng

Tempat Camping Di Jombang Wana Wisata Selo Ageng
Wana Wisata Selo Ageng, Jombang (sumber: instagram.com/sindikat_adventure/)
LokasiJl. Anjasmoro, Notorejo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/kendaraan roda dua. Rp10.000/kendaraan roda empat
Telepon0823-3884-2496
Rute menuju lokasi camping dari Jombang38 menit (22,0 km) lewat Jl. Anjasmoro
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sungai, pemandangan hutan dan pepohonan, spot foto instagrammable

Wana Wisata Selo Ageng merupakan tempat wisata sekaligus camping ground yang dibuka pada tahun 2005. Suasana masih sangat alami di sini. Untuk menuju lokasi, aksesnya mudah karena dekat jalan raya. Kamu pun bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Kemudian, setibanya di lokasi, kamu akan memarkir kendaraan di lahan parkir yang tersedia.

Nah, kamu perlu berjalan sedikit saja ke area camping. Untuk area camping-nya sangat luas, bisa muat banyak tenda di sini. Selain itu, fasilitas tersedia lengkap, ada kamar mandi, toilet, warung dan juga toko. Aktivitas yang biasa dilakukan pengunjung yaitu camping, kemudian outbond dan diklat, atau bahkan sekadar jalan-jalan, berfoto, serta ngopi.

Jadi, tempat camping ini sekaligus cocok dijadikan destinasi untuk rekreasi. Untuk kamu yang mau camping, kamu bisa bawa tenda sendiri atau menyewa. Setelah sampai di area camping, kamu dapat mendirikan tenda. Setelah itu, kamu bisa menikmati waktu dengan nyaman bersama orang-orang terdekat. Apalagi, pemandangan di sini indah sekaligus menyegarkan.

Area camping berupa lahan tanah luas dan sedikit berumput di bagian tertentu. Di sekeliling area camping, banyak pohon tumbuh sehingga membuat suasana rindang. Udara terasa sejuk dan biasanya dingin menjelang pagi. Di sini, juga ada sungai. Kamu bisa mendirikan tenda di area camping dekat sungai juga. Namun, dari lokasi tersebut, kamar mandinya mungkin agak jauh.

Tempat camping ini cocok untuk siapa saja. Bisa untuk rombongan pramuka dan anak sekolah, maupun keluarga, teman, pasangan, komunitas.

5. Lembah Giri Gunung Kuncung

Tempat Camping Di Jombang Lembah Giri Gunung Kuncung
Lembah Giri Gunung Kuncung, Jombang (sumber: Yuni Youngboss)
LokasiGn. Kuncung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp10.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jombang43 menit (23,9 km) lewat Jl. Anjasmoro
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingKolam renang, kolam pancing, fasilitas outbond

Lembah Giri Gunung Kuncung juga merupakan bumi perkemahan. Di sini biasanya digunakan untuk camping peserta rombongan. Akses jalan ke lokasi mungkin tidak begitu mulus tapi secara keseluruhan sudah baik. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat ke sini. Namun, jalannya terbilang sempit, jadi cukup untuk satu mobil tanpa berpapasan dari arah berlawanan.

Sesampainya di lokasi, kamu bisa parkir di area yang sudah disediakan. Lahan parkir berada dekat bahkan satu kawasan dengan area camping. Jadi, kamu berjalan sedikit saja ke area camping-nya. Untuk perlengkapan camping seperti tenda, kamu bisa bawa sendiri atau sewa.

Di area camping, kamu bisa langsung mendirikan tenda. Area tempat camping tersebut sangat luas dan bisa muat banyak tenda. Sementara, untuk fasilitas cukup lengkap, ada kamar mandi, musala, aula, gazebo. Selain itu, ada kolam renang dan kolam pancing untuk aktivitas hiburan.

Untuk warung dan penjual makanan dan minuman mungkin belum begitu ramai. Kamu bisa membawa bekal sendiri jika ingin menikmati menu yang disuka. Sementara, aktivitas yang disuka rombongan campers adalah outbond, diklat dan kegiatan outdoor lainnya. Kamu juga bisa jalan-jalan keliling area camping, berfoto, serta menikmati pemandangan.

Di sini, pemandangannya segar alami. Seluruh areanya berumput hijau dan banyak pepohonan. Udaranya terasa sejuk dan juga asri. Camping di lembah ini cocok untuk rombongan sekolah, instansi, keluarga, teman, komunitas, juga bersama pasangan.

6. Wisata Bukit Pecaringan

Tempat Camping Di Jombang Wisata Bukit Pecaringan
Wisata Bukit Pecaringan, Jombang (sumber: instagram.com/izatulb/)
LokasiUnnamed Road, Area Sawah/Kebun, Jarak, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jombang56 menit (29,5 km) lewat Jl. Raya Menganto
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingKolam renang anak, taman bunga, kolam pancing, pemandangan lembah

Wisata Bukit Pecaringan menyajikan panorama alam yang indah. Akses menuju lokasi berupa jalan dengan kondisi belum maksimal, tapi sudah cukup baik. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat ke lokasi. Setelah sampai, kamu bisa parkir di tempat yang sudah tersedia. Sudah ada lahan parkir yang bisa menampung sekitar 40 motor dan mobil.  

Lalu, ada tiket masuk Rp5.000. Sementara, tiket camping Rp15.000. Tempat camping ini juga sudah dilengkapi fasilitas berupa kamar mandi, toilet, aula, gazebo. Juga ada taman bunga serta kolam renang anak. Tempatnya juga bisa dijangkau oleh sinyal internet. Nah, dari tempat parkir, kamu dapat berjalan ke area camping yang lokasinya tidak jauh.

Untuk tenda dan perlengkapannya, kamu dapat membawanya sendiri. Setelah sampai di area camping, kamu bisa mendirikan tenda. Kemudian, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seru selama camping. Pengunjung biasanya suka menikmati perkebunan dan peternakan di sini. Kalau camping, karena waktumu di sini lebih panjang, kamu bisa berkeliling sembari menikmati pemandangan.

Terlihat pemandangan yang menyejukkan mata di sini. Terdapat lembah mengelilingi bukit ini. Lahan wisata sekaligus campground seluas dua hektar ini, ditumbuhi rumput dan pepohonan alami. Semuanya terasa segar dengan panorama hijau. Siapa saja bisa camping di sini. Cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan, dan semua orang terdekatmu.

7. Selasar Wonosalam

Tempat Camping Di Jombang Selasar Wonosalam
Selasar Wonosalam, Jombang (sumber: instagram.com/duniaelif/)
LokasiArea Sawah/Kebun, Wonokerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingSesuai jumlah peserta
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jombang42 menit (21,1 km) lewat Jl. Raya Menganto
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPersewaan ATV, jalur berkendara off road

Selasar Wonosalam semakin populer kini. Tempat wisata sekaligus camping ground ini masih terus dibangun dan dikembangkan. Akses jalan ke lokasi cukup baik. Kamu dapat menuju lokasi camping dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Kemudian, kamu bisa parkir di lokasi.

Tersedia tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, tersedia mobil Jeep untuk kegiatan off road di sini. Juga ada persewaan ATV. Omong-omong, tempat camping ini masih cukup baru. Menjelang akhir tahun 2021, tempat camping ini pun mulai naik daun.

Kalau kamu mau berkemah, untuk perlengkapan camping, kamu bisa bawa sendiri atau sewa. Nah, area camping-nya luas dan kapasitasnya muat untuk banyak tenda. Ada area camping yang berupa lahan ber-paving. Ada juga area camping di atas rumput.

Setelah mendirikan tenda, kamu bisa beristirahat kemudian melakukan berbagai aktivitas seru. Kamu dapat berjalan-jalan keliling sambil melihat rumah-rumah dengan arsitektur Jawa di sini. Selain itu, aktivitas yang paling disuka pengunjung adalah menikmati kegiatan berkendara off road dengan naik Jeep.

Tentu kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang menyenangkan di sini. Di tempat camping, ada pohon-pohon tumbuh di berbagai sudutnya. Hampir seluruh area juga ditumbuhi rumput yang hijau. Di samping itu, ada hiasan tanaman dedaunan dan bunga-bungaan. Selain itu, terdapat jalur ber-paving yang rapi untuk berjalan kaki keliling.

Tempat camping ini suasananya family-friendly. Cocok untuk camping sekaligus dalam rangka acara gathering serta reuni. Cocok juga untuk keluarga, teman, pasangan, dan sesama pencinta adrenalin yang suka aktivitas off road.

Itu tadi rekomendasi tempat camping terbaik di Jombang. Cocok buat kamu yang lagi berburu tempat wisata dengan suasana asyik. Camping juga bisa menjadi aktivitas liburan getaway di akhir pekan yang singkat. Yuk, berangkat camping ke Jombang.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar