7 Tempat Camping Terbaik di Kediri yang Lagi Hits (2022)

Kamu tentu mengenal Kediri sebagai kota penghasil tahu dan rokok. Namun, bukan hanya itu yang perlu kamu tahu. Di Kediri, juga ada wisata alam yang menarik. Bahkan, tempat-tempat tersebut bisa jadi spot camping yang seru.

Apalagi, buat kamu yang mau camping pertama kalinya di Kediri. Cari tahu dahulu berbagai tempat camping yang paling recommended. Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Kediri versi Napaktilas:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Wisata Air Terjun Irenggolo

Tempat Camping Di Kediri Wisata Air Terjun Irenggolo
Wisata Air Terjun Irenggolo, Kediri (sumber: Angga Budi Prasetyo)
LokasiBesuki, Jugo, Kec. Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000 untuk uang kebersihan
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Kediri52 menit (26,0 km) lewat Jl. Argowilis
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingWahana bermain anak, arena outbond, flying fox, air terjun

Wisata Air Terjun Irenggolo memiliki camping ground yang berada di kawasan hutan pinus. Akses ke lokasi berupa jalan yang bagus dan mulus. Bisa dilalui motor dan mobil tapi tidak bus besar. Ada sejumlah tanjakan yang cukup ekstrem. Selebihnya, kondisi jalan nyaman sampai ke lokasi. Setelah sampai, kamu bisa memarkir kendaraan. Tempat parkirnya luas di sini.

Untuk memasuki kawasan wisata, ada tiket masuk weekday Rp5.000 dan weekend Rp7.000. Lalu, ada biaya parkir motor Rp2.000. Nah, di sini sudah ada fasilitas kamar mandi, toilet, musala, penjual makanan yang buka 24 jam. Sementara, untuk camping, kamu bisa bawa tenda sendiri atau sewa.

Setelah kamu sampai, dari tempat parkir, berjalanlah sedikit ke area camping, sekitar 5 menit saja. Kamu akan sampai di area camping berupa lahan rumput hijau luas di antar pepohonan pinus. Kamu bisa mendirikan tenda di campground ini. Area camping-nya luas dan muat banyak tenda.

Di sini, kamu dapat menyaksikan pemandangan yang asri. Banyak pohon pinus tumbuh menjulang tinggi. Kemudian, dengan berjalan sedikit turun ke bawah, kamu sudah sampai di air terjun. Suara aliran air menambah suasana segar. Pengunjung saat camping suka mampir ke air terjunnya.

Lalu, biasanya, pengunjung senang menikmati kuliner nasi jagung dan kopi khas Besuki. Di sini, banyak tempat makan dan minum yang menyediakan menu tersebut. Selain itu, campground ini biasa dijadikan tempat camping anak-anak pramuka, serta penyelenggaraan outbond. Camping di sini cocok untuk keluarga, teman, pasangan, rombongan anak sekolah, instansi, komunitas juga.

2. Camping Ground Gazebo Dolo

Tempat Camping Di Kediri Camping Ground Gazebo Dolo
Camping Ground Gazebo Dolo, Kediri (sumber: instagram.com/wisatakediri/)
LokasiHutan, Blimbing, Kec. Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/tenda
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Kediri59 menit (28,8 km) lewat Jl. Slamet
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan lereng Gunung Wilis dan Gunung Kelud dan kota di kejauhan, pemandangan sunrise, air terjun

Lagi nyari tempat camping yang adem di Kediri? Coba main ke Camping Ground Gazebo Dolo. Camping Ground Gazebo Dolo merupakan salah satu tempat camping terbaik di Jawa Timur yang terletak di Kec. Mojo, Kediri.

Camping Ground Gazebo Dolo bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Namun, untuk kendaraan roda empat harus dikendarai dengan mahir. Sebab, jalan ke lokasi camping cukup berliku, curam, dan banyak tikungan tajam. Tenang saja, saat sampai, kamu akan disambut camping ground yang begitu indah.

Jadi, kamu parkir dahulu. Kemudian, kamu bayar untuk masuk. Kisaran harga bervariasi tergantung jumlah peserta camping dan tendanya, bawa sendiri atau sewa di sini. Menurut update terbaru Februari 2022, untuk 2 orang, 1 motor, dan 1 tenda bawa sendiri, biayanya Rp20.000.

Sementara, kalau fasilitas sudah tersedia lengkap. Ada kamar mandi, musala, warung yang biasanya buka 24 jam saat weekend. Salah satunya adalah Warung Mbak Tri. Omong-omong, di area camping ini, juga disediakan tenda sewaan yang sudah berdiri, jadi kamu tinggal menempatinya saja. Jadi, untuk area camping-nya cukup luas dan muat banyak tenda.

Kalau tidak ingin mendaki juga bisa, dan kamu dapat memasang tenda di sebelah campsite. Namun, di sini belum bisa untuk campervan, ya. Di tempat camping yang populer ini, kamu akan berkemah dengan banyak campers lain, apalagi saat malam minggu.

Tidak heran banyak yang suka tempat ini, karena pemandangannya memesona. Dari spot camping di tempat yang tinggi, terlihat lautan awan, lereng-lereng gunung, serta hijaunya alam sekitar. Selain itu, banyak pohon cemara tumbuh di sini.

Pengunjung suka berfoto, memasak makanan sendiri, mampir ke air terjun dekat lokasi, melihat sunrise. Tempat camping ini pas untuk healing. Cocok untuk teman, keluarga, pasangan, dan siapa saja.

3. Puncak Watu Bengkah

Tempat Camping Di Kediri Puncak Watu Bengkah
Puncak Watu Bengkah, Kediri (sumber: instagram.com/tyox_rahman04/)
LokasiHutan, Kec. Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Kediri23 menit (10,0 km) lewat Jl. KH Wachid Hasyim
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, pemandangan kota Kediri di kejauhan

Puncak Watu Bengkah merupakan salah satu puncak di Gunung Klotok Kediri. Cocok untuk kamu yang ingin camping sekaligus mendaki dengan jalur trekking pendek. Kebanyakan pengunjung naik motor ke lokasi. Nanti, motornya bisa kamu titipkan di warung di depan Universitas Kediri. Untuk tiket masuk gratis, ada biaya parkir Rp5.000 saja.

Kalau sudah bayar, kamu akan mendaki selama kurang lebih 2-3 jam apabila berjalan dengan santai dan kecepatan normal. Jalurnya tidak terlalu ekstrem, kamu akan melewati sungai yang jernih dan perkebunan warga. Pendakian tersebut dari tempat parkir menuju puncak tempat area camping. Nah, sesampainya di puncak, kamu bisa mendirikan tenda.

Area camping cukup luas, bisa muat sampai sekitar 15 tenda. Untuk tenda, kamu bisa bawa sendiri beserta perlengkapannya. Campers biasanya juga membawa makanan dan minuman sendiri. Di area camping, fasilitas umum belum lengkap. Jadi, masih berupa alam bebas. Maka, pastikan kamu juga membawa bekal air yang cukup, ya.

Kalau soal pemandangannya, tidak perlu kamu mempertanyakan. Dari tempat camping di puncak, kamu dapat melihat pemandangan kota Kediri di kejauhan. Selain itu, terlihat perbukitan hijau di sekitar tempat camping ini. Namun, yang paling ikonis di sini adalah pemandangan perkotaannya. Terlihat kerlip lampu kota seakan bertaburan di tanah pada malam hari. Ini sangat, sangat indah.

Lalu, sunrise di sini juga terlihat mencengangkan. Bagus, dan jangan lupa untuk berfoto, ya. Selain itu, aktivitas seru lainnya adalah memasak makanan sendiri sembari bercengkerama dengan orang terdekat. Camping di sini cocok untuk siapa saja, keluarga, teman, pasangan, serta para pendaki pemula.

4. Wisata Balekambang

Tempat Camping Di Kediri Wisata Balekambang
Wisata Balekambang, Kediri (sumber: instagram.com/kedirihitz_/)
LokasiRT.002/RW.001, Besuki, Jugo, Kec. Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/tenda
Telepon0857-4555-1887
Rute menuju lokasi camping dari Kediri53 menit (24,7 km) lewat Jl. Argowilis
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan lampu kota di malam hari

Wisata Balekambang merupakan sebuah taman yang masih terus dikembangkan dan dikelola. Tempatnya berada di dalam permukiman penduduk. Akses ke lokasi mudah, jalannya bisa dilewati motor, mobil dan truk. Setibanya di lokasi, kamu akan parkir kendaraan.

Untuk tiket masuk masih gratis di sini. Sementara, ada biaya parkir motor Rp2.000. Lalu, untuk camping perlu bayar Rp10.000 per tenda. Biasanya, pengunjung membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri. Sementara, di tempat camping, tersedia fasilitas berupa kamar mandi, toilet, serta warung yang menjual jajan dan kopi.

Akan lebih baik kalau kamu bawa bekal makanan dan minuman serta air yang cukup. Agar lebih nyaman dan aman. Begitu sampai di area camping, kamu bisa mendirikan tenda. Area camping berupa lahan berumput yang cukup luas di ketinggian. Bisa muat cukup banyak tenda di sini.

Di tempat camping ini, terlihat pemandangan yang sangat, sangat indah saat malam. Kamu dapat melihat taburan lampu kota di kejauhan, di tengah gelapnya malam. Dari sini, terlihat sangat jelas. Selain itu, di lokasi camping sendiri pemandangannya serba hijau. Sejauh mata memandang, terlihat banyak sekali pepohonan, serta perbukitan di kejauhan.

Udara di sini sejuk, dan lokasinya tenang karena jauh dari hiruk pikuk kota. Pengunjung biasanya suka memasak makanan sendiri, membuat api unggun untuk menghangatkan badan. Tidak lupa, kamu bisa berfoto-foto di sini. Pemandangan malam mungkin lebih baik daripada pagi atau siang. Sebab, kadang berkabut saat pagi, jadi ada kalanya sunrise tidak terlihat jelas.

Camping di sini bernuansa homey, terasa familier seperti di rumah. Cocok untuk camping bersama keluarga, teman, pasangan, dan siapa saja.

5. Lembah Peri Peri

Tempat Camping Di Kediri Lembah Peri Peri
Lembah Peri Peri (sumber: instagram.com/kabar_kediri/)
LokasiDsn. Selopanggung ledok Ds. Selopanggung, RT.03/RW.03, Sumber Agung, Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin, Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu, 07.00-17.00
Rabu, 07.00-15.00
Jumat, 07.00-11.00
Harga paket campingGratis
Telepon0812-3176-3939
Rute menuju lokasi camping dari Kediri32 menit (15,4 km) lewat Jl. Argowilis
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan air terjun

Lembah Peri Peri merupakan kawasan wisata yang humble dan friendly. Tempat camping ini terkenal dengan air terjunnya. Akses ke lokasi berupa jalan beraspal yang mulus. Disarankan kamu menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan sedikit sempit dan curam. Kamu juga bisa mengendarai mobil ke sini, yang penting berhati-hati.

Setelah sampai, kamu akan parkir di lahan yang sudah disediakan. Kemudian, dari tempat parkir, kamu dapat berjalan ke area camping yang tidak jauh lokasinya. Lalu kamu bisa mendirikan tenda di area camping tersebut. Tempatnya berada tidak jauh dari sungai dan air terjunnya.

Untuk tenda dan perlengkapan camping, kamu bisa bawa sendiri. Sementara, area camping di sini cukup luas dan muat sejumlah tenda. Di sini, kamu akan melihat pemandangan sungai dengan berbatuan, airnya pun jernih. Lalu, ada air terjun yang mengaliri batu berundak ke bawah. Udara terasa sejuk. Ditambah dengan banyaknya pohon dan tanaman hijau, terasa alami di sini.

Kalau untuk fasilitas umum memang belum ada. Jadi, alangkah baiknya jika kamu membawa perbekalan seperti makanan, minuman, dan air yang cukup. Namun, tempat camping ini bersih dan alami, sehingga membuatmu nyaman.

Pengunjung biasanya suka mampir ke air terjun serta berenang dan bermain air. Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto di sini. Camping di Lembah Peri Peri cocok untuk kamu dan keluarga, pasangan, teman dan siapa saja. Terutama, siapa pun yang suka camping di alam bebas.

6. Taman Kelir

Tempat Camping Di Kediri Taman Kelir
Taman Kelir, Kediri (sumber: Arista Diah)
LokasiSawah, Joho, Kec. Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Kediri48 menit (20,1 km) lewat Jl. Argowilis
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingFasilitas outbond, flying fox, spider net, river tubing, Candi Gansang, sungai, Gunung Wilis

Taman Kelir merupakan tempat wisata yang tengah dikembangkan. Untuk akses jalan ke lokasi masih berbatu, sehingga disarankan kamu tidak menggunakan motor matic. Namun, tersedia ojek yang dapat mengantarmu sampai lokasi dan saat kembali nanti. Jadi, bisa untuk pulang-pergi.

Akan tetapi, kamu juga bisa tetap bawa kendaraan sendiri. Nanti bisa parkir sampai masuk di area camping. Campground di sini juga bisa untuk campervan.

Begitu tiba di lokasi, kamu akan disambut dengan taman yang begitu hijau. Banyak pohon dan berbagai tanaman, dedaunan, serta bunga di sini. Suasana terasa rindang sekaligus alami. Juga terdapat rumah pohon yang biasa menjadi spot foto. Lalu, ada kolam juga. Selain itu, di bagian tengahnya ada tempat seperti aula. Ada pula gazebo.

Dari pintu masuk, kamu berjalan sedikit saja ke area camping. Areanya berupa lahan berumput hijau dengan banyak pohon menjulang tinggi. Kalau untuk tenda dan perlengkapan camping-nya, kamu bisa membawa sendiri.  

Oh iya, tidak jauh dari campground ada sungai dengan air yang sangat jernih dan berbatuan. Kamu bisa berjalan kurang lebih 10 menit ke sungai tersebut. Ini salah satu aktivitas kesukaan pengunjung. Aktivitas seru lainnya adalah bersantai, jalan-jalan keliling tempat camping, serta berfoto.

Untuk fasilitas, di sini tersedia kamar mandi, toilet, musala, warung, serta basecamp pendakian 24 jam. Tempat camping ini juga menyediakan wahana seperti flying fox serta arena outbond. Camping di sini cocok untuk keluarga, komunitas, teman, pasangan, dan siapa pun.

7. Sunrise Point P-29 MTMA Kediri

Tempat Camping Di Kediri Sunrise Point P 29 Mtma
Sunrise Point P-29 MTMA, Kediri (sumber: Jeddy Bintang)
LokasiGading, Joho, Kec. Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingGratis
Telepon0811-3620-979
Rute menuju lokasi camping dari Kediri44 menit (19,5 km) lewat Jl. Argowilis
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, pemandangan lampu kota di malam hari

Sunrise Point P-29 MTMA Kediri merupakan tempat camping dengan suasana hangat. Untuk akses ke lokasi berupa jalan beraspal. Namun, saat memasuki lokasinya, kondisi jalan tidak begitu lebar, berbatu, serta cukup ekstrem karena menanjak. Disarankan kamu menggunakan motor trail untuk sampai area camping.

Kalau mau menitipkan kendaraan, bisa. Ada tempat parkir motor sekitar 1 atau 2 km dari lokasi. Di sisi lain, kamu juga dapat membawa motor kamu sampai masuk di area camping. Sedangkan, untuk tenda dan perlengkapan camping, kamu bisa membawanya sendiri. Untuk area camping-nya cukup luas dan bisa muat sejumlah tenda.

Belum ada fasilitas di area camping yang masih berupa alam bebas ini. Jadi, lebih baik kamu membawa bekal yang cukup, untuk makanan dan minuman serta air. Meskipun belum tersedia fasilitas lengkap, di sini pemandangannya menawan. Ditambah lagi, tempatnya yang masih alami.

Dari ketinggian 782 mdpl ini, kamu bisa melihat pemandangan perbukitan hijau di sekeliling. Kemudian, terlihat kota di kejauhan. Langit yang biru membentang luas dengan awan putih berarak terlihat jelas, seakan sangat dekat. Saat malam, lampu-lampu kota terlihat berkelip di kejauhan sana. Tentu saja, yang ikonis dan tidak boleh dilewatkan adalah pemandangan sunrise-nya.

Pengunjung biasanya suka memasak makanan sendiri saat malam, membuat api unggun, berfoto, melihat sunrise. Tempat camping ini nyaman, cocok untuk keluarga, teman, pasangan, komunitas, dan semua pencinta alam.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Kediri. Kelebihan tempat-tempat camping di Kediri adalah suasana yang diberikannya. Kamu akan merasa homey serta nyaman, sehingga betah menghabiskan waktu di sana. Jadi, mau coba camping di mana dulu? Share opini kamu di kolom komentar, ya.

Baca lebih lanjut: 10 Tempat Camping Terbaik di Blitar yang Lagi Hits (2022) »

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar