10 Tempat Camping Terbaik di Probolinggo yang Lagi Hits (2022)

Berkemah adalah cara untuk menghargai alam dan dirimu sendiri. Dengan berkemah, kamu belajar untuk menjaga keselarasan bersama alam. Selain itu, sedikit menjauh dari kebisingan membantumu untuk berpikir jernih.

Di Probolinggo, Jawa Timur, ada banyak tempat camping menarik. Tempat berkemah ini berada di dekat gunung, laut, dan pantai. Kamu bisa memilih mana area yang membuatmu merasa nyaman untuk menepi. Tertarik untuk camping ceria di Probolinggo? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Probolinggo:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Bukit Teletubbies

Tempat Camping Di Probolinggo Bukit Teletubbies
Bukit Teletubies, Probolinggo (sumber: instagram.com/guidemalang/)
LokasiSariwani, Sukapura, Gedong, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000,00
Telepon081333183380
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo1 jam 36 menit (47.5 km) via Jl. Raya Bromo
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSabana, lautan pasir, bukit-bukit

Terinspirasi dari indahnya tempat tinggal Teletubbies, ada beberapa bukit indah di Indonesia yang dinamai bukit Teletubies. Salah satu yang paling terkenal adalah Bukit Teletubbies yang terletak di daerah Bromo.

Bukit Teletubbies merupakan satu dari empat destinasi favorit di area Gunung Bromo. Kombinasi antara padang sabana di bawahnya dan hamparan bukit hijau menciptakan kesan yang eksotis. Tak mengherankan apabila bukit ini menjadi tempat favorit para fotografer. Namun bukan hanya keindahannya saja, lho, yang menarik. Karena udara sejuk dan kenyamanannya, Bukit Teletubbies juga menjadi tempat camping di Bromo favorit bagi para campers.

Lokasi berkemah terletak pada bagian sabana. Area ini cukup landai sehingga nyaman dan ideal untuk mendirikan tenda. Pada bagian sabana Bukit Teletubbies, terdapat beberapa fasilitas penunjang untuk orang-orang yang mau berkemah. Misalnya, seperti toilet dan warung makan.

Tidak sulit untuk menuju ke Bukit Teletubbies di Bromo. Setelah sampai ke Gubug Klakah, kamu bisa memarkirkan kendaraan di bagian rest area. Di sana, kamu juga bisa membeli beberapa peralatan penunjang wisata dan camping.

Para penduduk setempat menjual berbagai syal, jaket, makanan, dan juga minuman. Jika kamu tidak memiliki baju hangat, kami sarankan untuk membeli syal atau jaket supaya kamu tidak merasa kedinginan. Udara di area Bromo memang sangat dingin pada malam hari.

Dengan karakter sabana yang khas, tidak mengherankan apabila jarang kamu temui pohon rindang di sana. Jadi, walaupun kamu bisa mendirikan tenda, kamu mungkin tidak dapat memasang hammock atau sleeping bag. Pada siang hari, sebaiknya kamu juga menggunakan sunglass dan krim UV.

Mengingat area sabana ini cukup luas, ia dapat menampung ratusan tenda. Pada akhir minggu, area ini sangat ramai oleh para campers, baik yang hanya ingin sekadar menikmati sabana atau ingin mendaki ke Gunung Bromo.

2. Wisata Pantai Bentar

Tempat Camping Di Probolinggo Wisata Pantai Bentar
Wisata Pantai Bentar, Probolinggo (sumber: instagram.com/wirakartika0820.probolinggo/)
LokasiJalur Pantura Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Kec. Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-17.00 WIB
Harga paket campingRp6.500,00 (anak-anak)
Rp12.500,00 (dewasa)
Telepon0335425608
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo25 menit (11.6 km) via Jl. Raya Panglima Sudirman/Jl. Raya Pantura
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingGardu pandang, sewa perahu, rumah makan, kedai minuman, gazebo

Pantai Bentar kerap disebut sebagai Bali-nya Probolinggo. Hal tersebut terjadi karena pantai yang satu ini memang memiliki pemandangan yang cantik dan area pantai yang rapi. Pasirnya pun berwarna putih kecokelatan, terlihat cerah. Dari pantai, kamu dapat melihat Gunung Bentar. Sangat unik melihat kombinasi pemandangan pantai dan gunung.

Pantai yang rapi dan cantik ini sangat ideal dijadikan tempat untuk berkemah. Terdapat area luas yang bisa menampung puluhan tenda. Di malam hari, kamu bisa duduk di depan tenda, menyalakan api unggun, sambil menikmati sejuknya udara pantai. Tentunya, kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitas, karena pengelola menyediakan fasilitas dasar yang cukup untuk para campers. Ada toilet untuk mandi cuci kakus, warung-warung makanan  dan tentu saja fasilitas menarik lainnya.

Fasilitas-fasilitas menarik untuk para pengunjung seperti ayunan, jungkat-jungkit dan juga kereta akan menghiburmu. Dengan kereta ini, kamu bisa mengelilingi area pantai sambil menikmati semilir angin. Dan jika kamu ingin merasakan sensasi berlayar, kamu bisa menyewa perahu nelayan dengan harga yang terjangkau. Perahu ini akan membawamu berkeliling di bagian laut dangkal.

Pantai Bentar juga menyediakan sebuah jembatan panjang yang menghubungkan gazebo dengan area penghijauan. Di atas jembatan  pengunjung dapat melihat matahari terbit dan terbenam sekaligus berfoto.

Untuk kamu yang ingin berkemah dengan kondisi medan yang tak ekstrem, maka inilah tempatnya. Pantai ini mudah dijangkau, dekat dengan area parkir, dan tentu saja cukup aman untuk siapa saja.

3. Pantai Duta

Tempat Camping Di Probolinggo Pantai Duta
Pantai Duta, Probolinggo (sumber: Indah Tyo)
LokasiDusun Gilin, Randutatah, Kec. Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00
Telepon0852-3137-9881
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo1 jam 13 menit (39.7 km) via Jl. Raya Panglima Sudirman/Jl. Raya Pantura
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan cemara, hutan bakau, warung makan

Pantai Duta adalah salah satu pantai di Probolinggo yang terkenal akan kerapiannya. Bahkan, pantai ini pernah dinobatkan sebagai pantai terbersih di Probolinggo.

Ya, di pantai ini, tidak banyak sampah. Pohon-pohon berjajar rapi dan hamparan pasirnya pun halus serta bersih. Itulah yang membuat pantai ini ideal sebagai lokasi untuk berkemah.

Pengunjung biasa berkemah di area yang ditumbuhi banyak pohon cemara. Di sana, udaranya cukup teduh. Jadi, pada siang hari, panas pantai tidak terlalu terasa.

Sementara itu, pada malam hari  sepoi-sepoi angin menggerakkan daun cemara. Hal itu akan memberikan sensasi suara yang menenangkan bersama dengan gemuruh debur ombak nun jauh di sana.

Berkemah di Pantai Duta cukup menyenangkan. Kamu bisa membawa tenda sendiri dan mendirikan tenda di sana. Namun, pastikan bahwa kamu berhati-hati pada saat akan menyalakan api unggun.  Selain itu, kumpulkan sampah agar pantai ini tetap terjaga kebersihannya.

Di pantai ini, bisa kamu temukan banyak warung makanan dan juga toilet yang bersih. Jadi, untuk urusan kebutuhan dasar, kamu tidak perlu khawatir lagi. Berkemah pun bisa kamu lakukan dengan nyaman dan santai, bahkan, jika kamu membawa anak-anak.

Untuk menyenangkan para pengunjung, ada banyak atraksi wisata yang disediakan oleh Pantai Duta. Yang terkenal adalah wisata mangrove trail, ayunan laut jembatan mangrove, bakau, dan juga persewaan kapal. Dengan persewaan kapal, kamu akan dibawa ke tengah laut. Uniknya, pada musim hiu, kamu bisa melihat hiu-hiu yang berenang di sana, lho.

Udara di malam hari tidak terlalu menggigil, jadi kamu bisa berkemah dengan nyaman di sana. Meski begitu, tetap siapkan baju hangat guna menjaga suhu tubuhmu.

4. Danau Taman Hidup

Tempat Camping Di Probolinggo Danau Taman Hidup
Area camping di Danau Taman Hidup, Probolinggo (sumber: instagram.com/bejo_outdoor/)
LokasiCocok, Bermi, Kec. Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingGratis
Telepon+6282131310812
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo1 jam 22 menit (36.1 km) via Jl. Raya Dewi Rengganis
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingRumah makan, danau, pemandangan alam

Terletak di sebelah barat lereng Gunung Argopuro, Danau Taman Hidup adalah salah satu opsi ideal untuk berkemah. Nuansa alamnya asri dan sangat hijau pemandangannya.

Di area rerumputan danau yang luas ini, kamu bisa mendirikan tenda. Oh ya, di danau, kamu juga bisa memancing.  Terdapat banyak ikan segar yang hidup di danau.

Kendati danau ini sangat cantik tetapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Yang pertama adalah, kamu membutuhkan waktu 6 jam untuk sampai ke area perkemahan dari pos penjagaan.  Maklum, danau ini adalah pos pendakian Gunung Argopuro. Maka, yang berkemah di danau ini biasanya adalah para pendaki Gunung Argopuro yang ingin beristirahat.

Yang kedua, di sana tidak ada warung atau tempat untuk menyewa tenda. Untuk itu, jika kamu memang betul-betul ingin berkemah di sana, pastikan sudah membawa semua bekal dan perlengkapan yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu bisa pergi berkemah bersama orang yang memang sudah terbiasa mendaki gunung.

5. Bukit Bentar

Tempat Camping Di Probolinggo Bukit Bentar
Bukit Bentar, Probolinggo (sumber: instagram.com/rifqizami08/)
LokasiJl. Raya Panglima Sudirman, Area Sawah, Curahsawo, Kec. Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp2.000,00
Telepon085213444564
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo24 menit (11.5 km) via Jl. Raya Panglima Sudirman/Jl. Raya Pantura
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingArea hutan bakau, pemandangan pantai

Jika ingin berkemah ke tempat yang mudah dijangkau, datanglah ke Bukit Bentar. Kamu bisa merasakan sensasi berkemah seperti di area gunung, tetapi dengan medan yang lebih ramah pemula.

Bukit ini  terletak di lokasi yang cukup mudah dijangkau. Alamatnya di Jalan Panglima Sudirman, tepat di atas Pantai Bentar.

Lebih mudah bagimu untuk mengakses bukit menggunakan kendaraan pribadi. Namun, apabila kamu ingin menggunakan kendaraan umum, kamu bisa berhenti di terminal bus Genting, kemudian melanjutkannya dengan menggunakan ojek.

Fasilitas untuk campers di Bukit Bentar cukup minim. Namun, di area rumah warga dekat pantai, terdapat fasilitas yang lengkap. Ada banyak rumah makan, tempat istirahat, musala, dan juga MCK. Kamu juga bisa memarkir kendaraan di sana.

Proses pendakian ke area Bukit Bentar memang sedikit menantang. Jaraknya tidak jauh, tetapi medannya cukup terjal. Berhati-hati, dan siapkan perbekalan lengkap.

6. Air Terjun Kali Pedati

Tempat Camping Di Probolinggo Air Terjun Kali Pedati
Air Terjun Kali Pedati, Probolinggo (sumber: instagram.com/air_terjun_kalipedati/)
LokasiKali Pedati, Kalianan, Kec. Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00 (biaya masuk)
Rp10.000,00 (biaya camping)
Telepon0853-2181-1102
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo1 jam 36 menit (38.2 km) via Jl. Mayjen Widodo
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTempat istirahat, air terjun

Selalu ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berlibur di  air terjun. Nah, di area air terjun kali pedati Probolinggo, kamu bisa mandi, berfoto, dan berkemah.

Area di sekitar air terjun sangat asri. Ia ditumbuhi rumput-rumput dan pepohonan hijau. Selain itu, tentunya melimpah sumber air bersih di sana.

Sehingga, campers pun tak perlu khawatir pada saat berkemah di sana. Stok air yang melimpah mempermudah para campers untuk mandi dan juga memasak.

Pada saat berkemah, kamu juga bisa melihat pemandangan yang eksotik. Di air terjun tersebut, kerap ditemui beberapa satwa seperti lutung Jawa dan tupai.  Sementara itu, di area hutan, juga banyak ditumbuhi stroberi liar. Kamu bebas memetik dan mencicipinya.

Area wisata dan berkemah ini dilengkapi oleh fasilitas penunjang. Terdapat warung makan sederhana dan juga toilet. Jadi, kamu tidak perlu mengkhawatirkan urusan perut dan juga urusan membersihkan diri.

Area camping cukup luas dan juga rindang. Pada malam hari, udaranya lebih dingin jika dibandingkan berkemah di area pantai. Maka, persiapkan baju hangat yang cukup dan juga selimut yang tebal.

Satwa-satwa kerap terlihat di  area camping. Mereka sangat jinak, tetapi jagalah ketenangan mereka. Kamu boleh melakukan berbagai macam aktivitas seperti menyalakan api unggun atau bernyanyi.  Namun, pastikan tidak mengganggu kehidupan satwa-satwa yang ada di sana, ya.

Kamu dapat memarkirkan kendaraan pribadi di halaman rumah penduduk. Karena, sejauh ini, belum ada area parkir resmi. Di sana, warga tidak mematok tarif untuk parkir kendaraan. Namun, ada baiknya kamu membayar mereka seikhlasnya.

7. Bukit Dami

Tempat Camping Di Probolinggo Bukit Dami
Bukit Dami, Probolinggo (sumber: instagram.com/bukitdami/)
LokasiPs. Arah, Tigasan Wetan, Kec. Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp3.000,00 (tiket parkir)
Rp10.000,00 (biaya berkemah)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo40 menit (19.2 km) via Jl. Raya Leces
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan, warung-warung kopi, gazebo sederhana

Ada satu hal yang mewah dari Bukit Dami. Kemewahan itu berupa pemandangan yang cukup langka.

Dari Bukit Dami, kamu betul-betul bisa melihat pemandangan gunung yang cantik. Keelokannya makin terlihat saat cuaca cerah.

Jika langit sedang cerah, kamu bisa melihat deretan gunung Argopuro hingga Lemongan pada bagian timur. Sementara itu, di sisi Barat terdapat view pegunungan Tengger.

Paduan pemandangan ini disertai balutan awan-awan putih; menciptakan kesan yang begitu ajaib terlebih pada saat matahari terbit.

Banyak kaum urban yang merasa penat dengan riuhnya perkotaan dan memutuskan untuk menepi ke sana. Salah satu hal yang mereka sukai adalah berkemah. Dengan keindahan alam dan udara segar, maka berkemah di sana pun terasa menyenangkan.

Bukan hanya pendaki profesional saja, lho, yang suka berkemah di Bukit Dami. Anak-anak sekolahan pun kerap mendirikan tenda dan mengadakan acara di sana.

Area berkemah Bukit Dami memang cukup luas. Jadi, kamu tidak hanya bisa mendirikan tenda.

Pengunjung bahkan bisa melakukan kegiatan lain seperti misalnya olahraga atau mendirikan panggung hiburan.

Apabila kamu diberi kesempatan untuk berkemah dengan anak sekolah dan komunitas, suasana akan lebih meriah. Tak jarang mereka mengadakan sejumlah kegiatan yang menarik. Kamu juga bisa ikut menyalakan api unggun dan bernyanyi bersama mereka.

Di area berkemah terdapat warung kopi, makanan, dan juga toilet yang sederhana. Jadi, untuk urusan makan dan membersihkan diri, pastinya terjamin. Selain itu ada pula gazebo untuk duduk dan bersantai menikmati pemandangan

8. Bumi Perkemahan Bermi

Tempat Camping Di Probolinggo Bumi Perkemahan Bermi
Area camping Bumi Perkemahan Bermi, Probolinggo (sumber: Wahyu Hermawan)
LokasiDusun Selatan, Bermi, Kec. Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka
Harga paket campingRp2.000,00 (Motor)
Rp5.000,00 (Mobil)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo1 jam 18 menit (36.1 km) via Jl. Raya Dewi Rengganis
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingBermi Ecopark, tempat makan.

Dengan keberadaan air terjun yang cukup deras dan lahan luas,  Bermi merupakan bumi perkemahan favorit anak sekolah. Biasanya, anak sekolah kerap melakukan kegiatan pramuka atau leadership di sana. Selain itu, area yang besar juga mempermudah mereka untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Tidak jarang anak-anak sekolah ini membuat pertunjukan panggung, gim, atau melakukan renungan malam. Pepohonan di Bermi begitu rimbun. Udaranya pun menjadi terasa sangat sejuk. Dari sana, kamu bisa melihat pemandangan perbukitan dan juga sawah-sawah.

Walaupun cukup sepi, lokasi Bermi tidak terpencil. Bumi perkemahan ini mudah dijangkau dari rumah penduduk setempat. Selain itu, area parkirannya juga sangat luas. Ada pula Bermi Ecopark yang menyediakan wahana wisata air serta selfie menarik.

Di dekat Bumi Perkemahan Bermi terdapat sumber air yang melimpah dan jaga warung-warung makanan. Fasilitas toilet telah tersedia. Medannya pun cukup mudah untuk dijangkau, tidak berbahaya baik bagi pendaki pemula atau untuk anak-anak.

9. Bumi Perkemahan Lumbang

Tempat Camping Di Probolinggo Bumi Perkemahan Lumbang
Area camping di Bumi Perkemahan Lumbang, Probolinggo (sumber: instagram.com/cacak_untung/)
Lokasi5397+986, Krajan, Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo34 menit (22.8 km) via Jl. Raya Purut Lumbang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSumber mata air, lapangan, gazebo, gardu pandang

Beruntung anak-anak sekolah yang tinggal di Probolinggo. Begitu mudahnya bagi mereka untuk menemukan bumi perkemahan yang nyaman dan mengakomodasi banyak kegiatan.

Selain Bermi, bumi perkemahan yang juga kerap digunakan anak sekolahan untuk melakukan kegiatan adalah Bumi Perkemahan Lumbang. Bumi perkemahan ini menyediakan area camping yang luas dengan pohon-pohon yang cukup rindang.

Terdapat fasilitas penunjang seperti misalnya gardu pandang, gazebo, bahkan lapangan.

Di sana, tersedia pula sumber mata air. Mata air itu dapat digunakan untuk mandi, menampung air untuk memasak, atau untuk mencuci.

Mata air itu terhubung dengan sungai kecil yang tenang. Sungai ini  kerap digunakan oleh para pengunjung untuk melakukan gim sederhana sebagai bagian dari kegiatan outbound.

Lokasi buper ini sangat dekat dengan pusat kecamatan Lumbang yang ramai. Maka, tidak sulit bagimu untuk meminta bantuan warga atau membeli makanan.

Kamu juga akan menemukan beberapa penduduk yang menyewakan tenda. Hal ini dapat menjadi solusi apabila kamu tidak membawa tenda sendiri.

10. Mount Bromo Camping

Tempat Camping Di Probolinggo Mount Bromo Camping
Mount Bromo Camping, Probolinggo (sumber: Mount Bromo Camping)
LokasiJl. Pd. Nahdhatul Hasan, Sumber Wetan, Kec. Kedopak, Kota Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingTiket Bromo: Rp29.000,00 (weekdays)
Rp34.000,00 (weekend)
Harga paket camping Bromo: Mulai dari Rp100.000,00-Rp1.000.000,00
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Probolinggo9 menit (3.9 km) via Jl. Bengawan Solo and Jl. Kalimas
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingKaldera, jeep, pemandangan cantik, warung makan

Keindahan Gunung Bromo memang sudah tersohor di mana-mana. Terdapat beberapa titik berkemah di Gunung Bromo. Namun, ada titik-titik yang menjadi favorit para pendaki. Titik-titik itu antara lain:

Bukit Mentigen

Lokasi berkemah ini adalah puncak ketiga yang ada di kawasan Probolinggo. Lokasinya cenderung mudah untuk dijangkau ketimbang beberapa titik lain. Kamu tidak perlu naik hardtop untuk ke sana. Medannya cukup mudah. Dari gapura, kamu cukup berjalan kaki saja.

Penanjakkan 1

Lebih tinggi lagi, terdapat area berkemah di penanjakan 1. Dibandingkan dengan Mentingen, lokasinya memang lebih tinggi. Namun, buat kamu yang ingin merasakan sensasi naik jeep/hardtop, lokasi ini dapat menjadi opsi. Begitu menyenangkan menaiki mobil jeep di jalanan Gunung Bromo yang menanjak dan tak rata.

Bukit Kingkong

Nah, Bukit Kingkong adalah tempat berkemah yang lebih tinggi dari penanjakkan 1. Untuk melihat sunrise yang sempurna, di sinilah tempatnya. Kaldera Bromo pun terlihat jelas dari sana. Bukit Kingkong adalah opsi terbaik untuk kamu yang menginginkan area berkemah yang lebih sepi daripada Penanjakkan 1.

Karena merupakan destinasi wisata yang terkenal, maka fasilitas berkemah di Bromo sangat lengkap. Sumber air, warung makan, dan tempat MCK sudah tersedia di setiap spot-nya. Bahkan, kamu juga dapat menemukan banyak kios persewaan tenda serta penjualan jaket.

Untuk kamu yang ingin berkemah dengan lebih mudah, kamu dapat mengikuti berbagai tur Bromo yang disediakan agen wisata. Biasanya, tur itu juga meliputi wisata di sekitar Bromo, berkemah, dan juga makan.

Letaknya yang dikelilingi banyak gunung dan pantai membuatnya Probolinggo menawarkan banyak tempat menarik untuk pencinta aktivitas luar ruang. Begitu banyak cara untuk berkemah dan menikmati alam di Probolinggo. Mana yang kamu sukai?

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar