10 Tempat Camping Terindah di Bantul yang Lagi Hits (2022)

Bantul punya banyak daya tarik wisata alam yang memesona. Namun, apa kamu sudah pernah camping di sana? Saat ini, di Bantul dan sekitarnya ada berbagai spot camping menarik, lho. Pengelolaan tempat campingnya sudah cukup bagus dan fasilitas campingnya nyaman. Jadi, cocok buat liburan di akhir pekan.

Biar destinasi camping kamu nggak itu-itu saja saat di Bantul, kami punya rekomendasi yang nggak boleh dilewatkan. Ingin tahu? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Bantul versi napaktilas.net:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Tempat Camping Di Bantul Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul (sumber: instagram.com/agus.sutopo.58511/)
LokasiSukorame, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaKamis-Selasa, 09.00-17.00
Harga tiket masukRp3.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bantul35 menit (17,3 km) lewat Jl. Imogiri – Dlingo/Jl. Mangunan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus, taman bunga, spot foto, sunrise dan sunset, pemandangan perbukitan

Hutan Pinus Mangunan Dlingo merupakan tempat favorit untuk camping. Akses ke lokasi menanjak dengan kondisi jalan bisa dilalui mobil dan motor. Setelah sampai di lokasi, kamu bisa parkir kendaraan. Sudah tersedia area parkir yang cukup luas untuk mobil dan juga motor.

Untuk masuk ke hutan pinus ini, ada tiket seharga Rp3.000 per orang. Lalu, ada biaya parkir motor Rp3.000, mobil Rp10.000, dan bus Rp20.000. Ada pula tiket masuk panggung sekolah hutan Rp2.500, spot foto mulai dari Rp2.000, foto prewedding Rp50.000. Bisa juga sewa hammock dengan biaya Rp10.000.

Kamu bisa bawa perlengkapan camping sendiri atau sewa. Area camping di sini sangat luas, bisa muat banyak tenda. Selain itu, udara terasa sejuk karena lokasinya berada di dataran tinggi. Di tempat camping kamu, ada banyak pohon pinus yang menjulang tinggi. Di samping itu, kamu bisa melihat hamparan perkotaan di kejauhan, diselingi hijaunya pepohonan dan tanaman.

Di sini, kamu akan camping di antara pohon-pohon pinus. Pengunjung yang camping biasanya suka bersantai sambil bersenda gurau, serta membuat makan malam sendiri, seperti barbeque. Selain itu, kamu juga harus sempatkan melihat golden sunrise dari sini.

Untuk fasilitas, tersedia kamar mandi, toilet, musala, banyak warung. Omong-omong, selain camping, kamu juga bisa glamping di tenda yang sudah tersedia. Camping di sini nyaman dan cocok untuk siapa saja, seperti keluarga, pasangan, teman-teman. Camping bersama rombongan komunitas juga seru.

2. Puncak Becici

Tempat Camping Di Bantul Puncak Becici
Puncak Becici, Bantul (sumber: instagram.com/puncakbecici/)
LokasiGunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 06.00-22.00
Harga paket campingMulai dari Rp50.000/tenda
Telepon0823-2907-7770
Rute menuju lokasi camping dari Bantul40 menit (18,4 km) lewat Jl. Manding Imogiri
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingGardu pandang, ayunan dan hammock, Rumah Marsupilami, pemandangan sunset, hunting foto

Puncak Becici juga merupakan hutan pinus yang dikelola menjadi tempat wisata sekaligus camping ground. Untuk ke lokasi, bisa diakses dengan mobil dan motor. Kamu akan sampai di lokasi camping dan bisa langsung parkir. Ada lahan parkir yang luas di sini. Kemudian, ada tiket masuk Rp2.500 per orang, serta biaya parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Untuk tenda, kamu bisa bawa sendiri atau menyewa dari yang sudah disediakan. Omong-omong, tempat camping ini juga menyewakan mobil Jeep untuk yang mau wisata off road. Nah, kembali ke camping. Kamu bisa langsung berjalan dari tempat parkir ke area camping yang cukup berdekatan lokasinya.

Area camping berada di tengah hutan pinus. Jadi, ada pepohonan pinus di sekeliling tenda kamu. Suasana hijau, asri, dan sejuk udaranya. Jika habis hujan atau saat cuaca sedang lebih dingin, kadang muncul kabut di sini. Selain itu, di tempat camping ini, kamu bisa melihat langsung permukiman dari ketinggian. Di bawah sana, terlihat juga sawah dan pepohonan hijau.

Pengunjung yang camping suka menikmati waktu dengan bersantai. Pengunjung juga suka melihat pemandangan dari gardu pandang, berfoto, serta memasak sendiri saat camping. Sementara, fasilitas di sini pun sangat lengkap. Tersedia kamar mandi, toilet, banyak warung berderet, dan tersedia musala. Puncak Becici cocok untuk tempat camping keluarga, pasangan, maupun teman.

3. Pantai Goa Cemara

Tempat Camping Di Bantul Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara, Bantul (sumber: Galih Ganira)
LokasiJl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000/orang
Telepon0812-8222-1820
Rute menuju lokasi camping dari Bantul32 menit (18,5 km) lewat Jl. Samas
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPepohonan cemara, pemandangan pantai, spot untuk memancing

Seperti namanya, Pantai Goa Cemara merupakan pantai yang dipenuhi pepohonan cemara. Saat tiba di lokasi, kamu akan langsung melihat pohon-pohon cemara tumbuh di seluruh kawasan pinggir pantai. Kalau akses ke pantai ini tidak sulit. Kondisi jalan dapat dilalui mobil dan motor.

Sampai di lokasi, kamu bisa memarkir kendaraan di lahan parkir yang tersedia. Ada tiket masuk Rp5.000 per orang, serta parkir bus Rp15.000, mobil Rp5.000 dan motor Rp2.000. Demikian menurut update per 25 April 2021. Omong-omong, di sini, kendaraan mobil dan motor bisa masuk sampai di area camping.

Jadi, area camping-nya cocok untuk campervan juga. Kalau mau mendirikan tenda di sebelah kendaraan, juga bisa. Kamu bisa bawa tenda sendiri seperti pengunjung campers biasanya. Area camping luas sekali, bisa muat sangat banyak tenda, tempatnya berada di pinggir pantai.

Kalau fasilitas di sini lengkap, ada kamar mandi, musala, gazebo, warung-warung. Akan tetapi, kamu mungkin lebih suka mendirikan tenda di dekat kamar mandi, agar aksesnya mudah. Kalau demikian, kamu bisa pilih tempat tersebut untuk tenda kamu, dan ini lebih jauh sedikit dari pantainya.

Saat camping, pengunjung biasanya suka menikmati suasana. Ada juga campers yang membuat api unggun saat malam. Selain itu, kamu dapat menikmati panorama pantai yang elok di sini. Ombaknya cukup tenang, membuatmu aman untuk sekadar bermain air dan basah-basahan. Pantai Goa Cemara adalah tempat camping yang cocok untuk keluarga serta anak-anak, teman, dan juga pasangan.

4. Pantai Baru Bantul

Tempat Camping Di Bantul Pantai Baru Bantul
Pantai Baru, Bantul (sumber: B & D FAM)
LokasiNgentak, Poncosari, Kec. Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bantul38 menit (24,6 km) lewat Jl. Parangtritis dan Jl. Samas
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pantai, sunrise dan sunset, persewaan ATV

Pantai Baru Bantul resmi dibuka pada tahun 2010. Namun, bisa dibilang pantai ini tidak terlalu populer daripada pantai Yogyakarta lainnya, seperti Pantai Parangtritis. Padahal, sebenarnya pantai ini indah. Bahkan, di sini menjadi salah satu tempat camping yang favorit. Akses ke lokasi camping ini juga sudah baik, jalannya bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Setelah tiba di lokasi, kamu bisa parkir di lahan yang sudah tersedia. Ada tiket masuk Rp5.000, biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp7.000. Lahan parkirnya luas dan bisa untuk mobil serta motor. Dari tempat parkir ke area camping juga dekat. Area camping berada di pinggir pantai. Kamu bisa bawa tenda sendiri, biasanya campers juga membawa perlengkapan camping lainnya.

Kemudian, kamu dapat mendirikan tenda di area camping yang luas berupa hamparan pasir hitam. Bisa muat banyak tenda di area camping ini. Di tempat camping ini, sudah ada fasilitas seperti kamar mandi, toilet, warung-warung, gazebo dan tempat duduk. Selain itu, ada pos tim search and rescue atau SAR di sini.

Pemandangan di sini cukup eksotis serta menarik. Selain pantai berpasir hitam, juga ada pohon-pohon cemara tumbuh di sini. Suasana terasa kalem di tempat camping pantai ini. Pengunjung yang camping menyukai aktivitas bersantai serta menikmati pantai. Campers juga suka membuat makanan sendiri, serta berfoto-foto.

Kalau mau bermain air boleh, tapi karena ombaknya besar, biasanya ada larangan untuk berenang. Tempat camping yang santai ini cocok untuk keluarga dan anak-anak, pasangan, serta teman-teman.

5. Hutan Pinus Asri

Tempat Camping Di Bantul Hutan Pinus Asri
Hutan Pinus Asri, Bantul (sumber: RestuRo)
LokasiJl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 06.00-17.00
Harga tiket masukRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Bantul36 menit (18,0 km) lewat Jl. Imogiri – Dlingo/Jl. Mangunan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus, gardu pandang, banyak spot foto, banyak objek artistik seperti Bikini Bottom

Hutan Pinus Asri berada sangat dekat dari Hutan Pinus Mangunan Dlingo, jaraknya sekitar 750 meter saja. Namun, dua lokasi camping ini memang berbeda. Hutan Pinus Asri merupakan destinasi wisata yang sudah dikelola, dan camping ground adalah bagian dari hutan ini.

Untuk menuju lokasi camping ini, akses jalan bagus dan mudah, bisa dilalui motor dan mobil. Setelah tiba, kamu bisa parkir kendaraan. Ada biaya tiket masuk Rp5.000. Lalu, biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp3.000. Kemudian, kamu bisa berjalan sedikit dari tempat parkir ke area camping. Untuk area camping luas, bisa muat banyak tenda, tempatnya berada di antara pohon-pohon pinus yang tinggi.

Biasanya, pengunjung membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri. Selain itu, fasilitas tersedia lengkap. Ada kamar mandi, toilet, lahan parkir, musala, gazebo, serta warung. Jadi, setelah mendirikan tenda, kamu bisa menikmati suasana tenang di sini. Apalagi, hutan pinus ini jauh dari hiruk pikuk kota.

Di sini, pemandangannya juga memanjakan mata. Tentu saja yang paling ikonis adalah banyak pepohonan pinus yang tinggi menjulang. Kemudian, kamu bisa melihat pemandangan perbukitan serta permukiman di kejauhan. Kamu akan melihat hijaunya pepohonan, rerumputan dan tanaman, sejauh mata memandang.

Biasanya, dari ketinggian di sini, terlihat awan putih berarak ketika langit cerah. Sementara, saat pagi setelah sunrise kadang berkabut. Kalau sedang camping, biasanya campers suka duduk-duduk santai, melihat pemandangan, memasak makanan sendiri. Kamu juga bisa jalan-jalan keliling hutan pinus. Camping di sini cocok untuk kamu dan keluarga, juga teman-teman dan pasangan.

Baca juga: 10 Spot Camping Terbaik di Pantai Gunungkidul (2022) »

6. Bukit Lintang Sewu

Tempat Camping Di Bantul Bukit Lintang Sewu
Bukit Lintang Sewu, Bantul (sumber: instagram.com/staycationjogja/)
LokasiKarang Asem, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaMinggu-Jumat, 08.00-21.00. Sabtu, 07.00-22.00
Harga paket campingRp18.000/orang untuk tiket masuk camping
Telepon0821-3381-3765
Rute menuju lokasi camping dari Bantul38 menit (18,6 km) lewat Jl. Imogiri – Dlingo/Jl. Mangunan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan hutan pinus, pemandangan kota dari ketinggian, gardu pandang, banyak spot foto

Untuk menuju Bukit Lintang Sewu, aksesnya mudah dan kondisi jalan sudah baik. Jalan beraspal halus serta bisa dilalui mobil dan motor. Mendekati lokasi bukit, jalan sedikit menanjak lalu kembali datar, dengan kondisi jalannya tetap halus beraspal. Kemudian, kamu bisa masuk ke tempat camping dan memarkir kendaraan. Lahan parkir cukup luas untuk mobil dan motor.

Ada tiket masuk Rp5.000 dan parkir mobil Rp5.000. Sementara, untuk camping, harga tiket masuk Rp18.000 dan parkir mobil Rp10.000. Fasilitasnya cukup lengkap, ada kamar mandi dan toilet, musala yang luas, gazebo. Untuk tenda dan perlengkapan camping, kamu bisa bawa sendiri atau menyewa. Di sini juga bisa untuk campervan dan glamping.

Kalau mendirikan tenda, kamu bisa menempati area camping yang luas. Bisa muat banyak tenda di sini. Area camping-nya berupa lahan rumput yang hijau dengan ditumbuhi pohon-pohon pinus. Suasana terasa alami dan segar, terlihat hijau sejauh mata memandang. Kamu juga bisa melihat pemandangan perbukitan dan perkotaan di kejauhan. Di sini, atmosfernya tenang dan syahdu.

Saat camping, pengunjung biasanya suka berfoto-foto, keliling ke spot-spot hiburan, serta menikmati pemandangan. Campers juga suka memasak makanan sendiri.

Omong-omong, kalau tidak ingin ribet, sudah ada tenda glamping dengan beragam model dan ukuran. Biaya sewa tenda glamping adalahRp600.000 untuk kapasitas 4 orang, demikian menurut update terbaru Mei 2021. Tempat camping ini fleksibel, nyaman, cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan, komunitas.

7. Watu Mabur Mangunan

Tempat Camping Di Bantul Watu Mabur Mangunan
Watu Mabur Mangunan, Bantul (sumber: Taufan Cahyo)
LokasiLemahbang RT28, Lembah Bang, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp15.000/orang bawa tenda sendiri Rp50.000/orang sewa tenda Rp350.000/unit glamping untuk 4 orang
Telepon0878-3987-9069
Rute menuju lokasi camping dari Bantul40 menit (19,3 km) lewat Jl. Imogiri – Dlingo/Jl. Mangunan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan, pemandangan lahan sawah dan kebun

Watu Mabur Mangunan merupakan tempat camping yang populer dan dikelola dengan baik. Area camping di sini sangat luas dan muat banyak tenda. Akses ke lokasi juga mudah, jalannya sudah beraspal dan halus. Kamu bisa naik mobil dan motor ke sini. Area camping berupa lahan rumput hijau yang luas serta bisa untuk campervan juga.

Kamu dapat memarkir kendaraan sampai masuk di area camping. Kemudian, kamu bisa mendirikan tenda. Untuk camping, kamu bisa membawa tenda serta perlengkapan sendiri atau menyewa. Kalau untuk fasilitas, di dekat loket masuk ada warung-warung berderet. Kemudian, ada juga kamar mandi, toilet, dan musala. Jadi, fasilitasnya lengkap.

Area camping di sini benar-benar lapang. Pohon-pohon tumbuh di kawasan pinggir area camping. Jadi, suasana terasa melegakan. Namun, saat matahari sudah mulai naik, sekitar pukul setengah sembilan pagi sampai siang, cuaca cenderung sangat panas. Kalau menjelang sore, cuaca mulai tidak panas terik.

Saat camping, para campers umumnya suka membuat bqrbeque di malam hari. Lalu, aktivitas favorit lainnya adalah menyaksikan pemandangan serta berfoto. Dari sini, terlihat perbukitan hijau yang sangat, sangat indah, juga kelihatan dekat sekali. Di bawah, terlihat juga lahan persawahan dan perkebunan.

Tempat camping ini juga menyajikan panorama sunrise dan sunset yang menawan. Kamu bisa camping di sini bersama siapa saja. Terutama, karena di sini juga ada fasilitas glamping. Jadi, cocok untuk keluarga dan anak-anak. Bisa juga camping bersama rombongan komunitas, teman-teman, dan pasangan.

8. Campgrounds Ambarbinangun

Tempat Camping Di Bantul Campgrounds Ambarbinangun
Campgrounds Ambarbinangun, Bantul (sumber: Owen Kesanakesini)
LokasiJl. Ambarbinangun No.5C, Kalipakis, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingSesuai jumlah peserta
Telepon(0274) 373159
Rute menuju lokasi camping dari Bantul23 menit (9,6 km) lewat Jl. Bantul
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingNuansa sejarah keraton Yogyakarta, pemandangan hijau alami

Campgrounds Ambarbinangun merupakan bumi perkemahan yang populer. Area camping-nya bisa muat banyak tenda dan menampung seratus sampai dua ratus orang peserta. Biasanya, di sini dijadikan tempat camping pramuka anak sekolah. Dapat dikatakan kalau tempat camping ini sudah seperti basecamp pramuka di Yogyakarta. Lokasi camping juga berada di tengah kota Yogyakarta.

Untuk ke lokasi, aksesnya mudah. Kamu bisa naik mobil maupun motor. Lahan parkirnya luas, bisa menampung puluhan mobil. Selain itu, mobil bisa masuk sampai ke area camping. Untuk area camping-nya berupa lahan berpasir dan berumput dengan pohon-pohon tumbuh di pinggirnya.

Di sini juga disediakan fasilitas berupa kamar mandi, musala, toilet, aula, pendopo, dapur, tempat wudu, gudang. Untuk perlengkapan camping seperti tenda dan lainnya, pengunjung bisa membawa sendiri atau sewa. Aktivitas yang biasa dilakukan saat camping adalah outbond dan kegiatan outdoor lainnya yang bertema kebersamaan.

Pemandangan di tempat camping ini juga menyejukkan mata karena semuanya hijau. Selain itu, terdapat beragam tumbuhan dan juga ada hewan. Tempat camping ini paling cocok untuk acara kemah anak-anak sekolah, seperti SD dan SMP.

9. Puncak Bucu

Tempat Camping Di Bantul Puncak Bucu
Puncak Bucu, Bantul (sumber: instagram.com/wisatasrimulyo/)
LokasiNgelosari, Srimulyo, Piyungan, Nganyang, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-05.00
Harga paket campingGratis
Telepon0896-7440-5860
Rute menuju lokasi camping dari Bantul43 menit (17,2 km) lewat Jl. Sultan Agung
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPanorama sunset, pemandangan perbukitan dan persawahan dan permukiman, pemandangan Gunung Merapi

Puncak Bucu merupakan wisata bukit dengan dikelilingi dataran rendah. Biasanya, tempat ini paling disukai sebagai tujuan bersepeda gowes dan camping. Akses ke lokasi berupa jalan menanjak, kondisi jalannya cukup terjal dan berbelok. Untuk ke sini, kendaraan terbaik adalah motor trail atau sepeda kayuh roda dua.

Hati-hati juga saat parkir, karena di sampingnya terdapat jurang yang terjal. Nah, setelah memarkir kendaraan, kamu bisa menuju lokasi camping ground yang tidak jauh jaraknya. Kamu dapat membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Jadi, di sini belum ada fasilitas. Pengelolaannya belum optimal. Belum ada warung kuliner dan tidak tersedia kamar mandi. Kondisinya masih berupa alam bebas nan hijau.

Sementara, untuk area camping cukup luas serta muat sejumlah tenda. Lokasi area camping berada di atas bukit. Meskipun masih alami kondisinya, tapi pemandangannya pasti membuatmu betah. Terlihat perbukitan di sekeliling tempat camping kamu. Lalu, ada juga view Gunung Merapi di kejauhan. Selain itu, dari ketinggian ini, kamu dapat melihat persawahan dan permukiman.

Satu lagi, Puncak Bucu terkenal dengan panorama sunset-nya. Jadi, saat camping, kamu tentu tidak boleh melewatkannya. Juga jangan lupa untuk menyaksikan sunrise-nya. Campers biasanya senang melakukan aktivitas duduk-duduk sembari menikmati minuman hangat. Pengunjung yang camping juga biasa membuat makanan sendiri. Aktivitas seru lainnya adalah berfoto atau membuat vlog.

Puncak Bucu adalah tempat camping yang lebih cocok untuk kamu dan orang-orang terdekat, yang sama-sama pencinta alam. Terutama, kamu yang suka tantangan dan terbiasa camping di alam bebas.

10. Campgrounds SRI OPAK

Tempat Camping Di Bantul Campgrounds Sri Opak
Campgrounds SRI OPAK, Bantul (sumber: instagram.com/adimiyata99/)
LokasiJl. Nangsri No.RT 05, Nangsri, Srihardono, Kec. Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingSesuai jumlah peserta
Telepon0857-2995-5727
Rute menuju lokasi camping dari Bantul26 menit (13,7 km) lewat Jl. Parangtritis
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan, flying fox, sepeda gantung, susur sungai

Campgrounds SRI OPAK merupakan tempat camping yang nyaman. Di sini mungkin lebih sepi dibandingkan tempat camping lainnya. Bumi perkemahan ini lebih sering digunakan untuk aktivitas kemah dengan banyak peserta. Misalnya, untuk camping pramuka.

Akses menuju lokasi tidak sulit, kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Sekarang, banyak pengunjung yang menjadikan campground ini tujuan bersepeda gowes. Kalau mau camping di sini, kamu dapat membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Untuk fasilitas, di sini terdapat kamar mandi, musala, dan pendopo.

Selain itu, di tempat camping ini ada flying fox, sepeda gantung, serta susur sungai dengan ban. Lalu, ada banyak spot selfie juga. Untuk area camping-nya luas dengan lokasi di tepi sungai. Area camping berupa lahan rumput yang lapang dan terbuka. Di sini juga ada pepohonan dan tanaman hijau yang menambah kesegaran.

Ketika siang, biasanya cuaca panas, karena tempatnya yang terbuka di area camping. Namun, saat mulai sore, cuaca sudah tidak seterik di siang hari. Di tempat camping ini, kamu juga dapat melihat perbukitan yang mengelilinginya. Semuanya terlihat hijau dan segar.

Pengunjung yang camping di sini, biasanya melakukan aktivitas seperti outbond serta membuat api unggun saat malam. Untuk makanan dan minuman, bisa dipersiapkan sendiri atau pesan catering buat rombongan.

Campgrounds SRI OPAK cocok untuk camping dengan banyak peserta, seperti anak-anak sekolah. Tempatnya juga ideal untuk kegiatan outbond. Selain itu, buat camping pribadi juga bisa, bersama keluarga, anak-anak, teman atau pasangan.

Jadi, itulah rekomendasi tempat camping terbaik di Bantul. Kamu bisa pilih lokasi yang paling tepat untuk camping versimu. Pemandangan di semua tempat camping didominasi oleh gunung dan bukit. Dengan view tersebut, kamu lebih suka camping atau glamping? Share opini kamu di kolom komentar, ya!

Tambahan: Jika kamu bosan dengan tempat camping di Bantul yang itu-itu saja, coba perlebar jelajahmu. Spesial untuk memenuhi kebutuhan penjelajahanmu, kami sajikan kurasi dari berbagai tempat camping di Jogja yang seru. Spot camping tersebut cocok untuk healing, camping ceria maupun camping keluarga. Check this out!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar