5 Tempat Camping Terbaik di Ambon yang Lagi Hits (2022)

Kota Ambon merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di provinsi Maluku. Bukan tanpa alasan Ambon cukup populer sebagai destinasi wisata di Indonesia. Salah satunya karena kota ini punya daya tarik alam yang memesona. Karena alamnya yang masih alami, kamu bisa mendapatkan spot camping yang bagus di Ambon.

Lalu, di mana tempat camping terindah di Ambon? Mau tau, banget? Okay, spesial untuk kamu, kami berikan rekomendasi terbaik. Siap-siap ya! Berikut 5 rekomendasi tempat camping terbaik di Ambon:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Pantai Hukurila

Tempat Camping Di Ambon Pantai Hukurila
Pantai Hukurila, Ambon (sumber: instagram.com/sabarang_upload/)
LokasiBanda Sea, Hukurila, Kota Ambon, Maluku (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingHTM: Rp20.000/orang
Camping: Rp0 (gratis)
Telepon
Daya tarik wisataPerahu-perahu nelayan, ikan-ikan di air, penduduk lokal yang ramah, diving, snorkeling
Rute dari kota Ambon48 min (22.5 km) via Jl. Jenderal Sudirman (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 333 ulasan Google

Pantai Hukurila merupakan pantai yang berada di bawah tebing. Akses ke pantai ini melewati jalan beraspal di bukit di atas tebing tersebut. Jadi, kamu akan sampai di pantai dari atas kemudian turun ke bawah ke pantainya. Area camping yang nyaman berada di pinggir pantai dan cukup luas.

Kalau di sini memang terkenal dengan kegiatan diving dan snorkeling. Pasirnya bersih dengan air biru yang sangat, sangat jernih. Terlihat juga terumbu karang di bawahnya. Jadi, tempat camping ini berupa pantai yang eksotis.

Kelebihan tempat camping ini yaitu adanya fasilitas memadai, seperti toilet dilengkapi shower. Kemudian, ada juga warung-warung yang menyediakan menu favorit seperti ikan bakar, es kelapa dan pisang goreng.

Kalau mau camping, kamu bisa bawa perlengkapan sendiri seperti tenda serta peralatan masak. Kemudian, kamu bisa banget membakar ikan sendiri terutama untuk makan malam. Saat bersantai, kamu juga bisa jalan-jalan menelusuri tepi pantai serta berfoto.

Apalagi, pemandangan di tempat camping ini terlihat indah, yaitu pantai dikelilingi perbukitan hijau. Kamu tak hanya dapat menikmati alam tapi juga berinteraksi dengan penduduk lokal. Warga sekitar begitu ramah sehingga kamu bisa mengobrol sambil mengenal kehidupan setempat.

Nah, kebanyakan campers datang kemari bersama keluarga juga para sahabat. Kalau kamu kira-kira kapan mengajak keluarga kemari? Cocok banget untuk liburan sekaligus healing di akhir pekan.

2. Siwang Paradise

Tempat Camping Di Ambon Siwang Paradise
Siwang Paradise, Ambon (sumber: instagram.com/zarazellova/)
LokasiSiwang, Urimesing, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Sabtu, 09.00-17.00
Minggu, 09.00-18.00
Harga paket campingHTM: Rp8.000/orang
Camping: Rp0 (gratis)
Telepon
Daya tarik wisataRumah pohon, ayunan hammock, pemandangan pantai dan bukit, trekking, spot foto
Rute dari kota Ambon37 menit (17,3 km) lewat Jl. Jenderal Sudirman (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 147 ulasan Google

Siwang Paradise merupakan bukit dengan view pesisir pantai yang terlihat dari puncak bukitnya. Untuk camping di sini berarti kamu perlu trekking dahulu sampai ke atas bukit. Oh iya, akses ke lokasinya berupa jalan yang cukup terjal, makanya pengemudi kendaraan harus andal.

Setelah sampai, kamu akan parkir kendaraan dahulu di jalan utama. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki atau trekking naik selama 15-20 menit. Untuk tiket masuknya Rp8.000 per orang sudah termasuk penggunaan ayunan hammock buat yang mau bersantai.

Nah, kamu akan sampai di area camping yang berupa tanah lapang cukup luas. Area camping ini sedikit tersembunyi dikelilingi semak rimbun. Namun, area camping yang cukup lapang tersebut bisa menampung hingga belasan tenda lebih.

Juga terdapat gardu pandang seperti anjungan di area camping tersebut untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian. Bahkan, tidak hanya kota saja, tapi terlihat gugusan pegunungan juga lautan di bawah.

Pegunungan dan bukit tersebut kelihatan jelas lerengnya yang hijau ditumbuhi pepohonan, bersebelahan dengan laut yang biru.

Sementara, di tempat camping, fasilitas mungkin masih perlu pengembangan. Ada warung kecil yang menjual minuman dan biasanya ada penjual bakso. Selebihnya, campers biasanya memasak makanan sendiri sekaligus menyeduh kopi panas.

Area Camping Di Siwang Paradise Ambon
Area Camping di Siwang Paradise, Ambon (sumber: FMVisuals)

Selain itu, para campers suka berfoto atau membuat vlog di sini. Seringkali orang-orang camping di sini bersama teman-teman serta komunitas. Kalau kamu ingin mengajak keluarga juga boleh, kok.

Nah, sekarang kita ke tempat camping selanjutnya. Yuk, kita melompat ke bukit paralayang!

3. Bukit Paralayang Ambon

Tempat Camping Di Ambon Bukit Paralayang Ambon
Bukit Paralayang, Ambon (sumber: Abe M.)
LokasiNusaniwe, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingHTM: Rp5.000/orang
Camping: Rp0 (gratis)
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan bukit, pemandangan pantai dan tanjung dari atas bukit, sunrise dan sunset
Rute dari kota Ambon54 menit (27,1 km) lewat Jl. Amanhuse (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 125 ulasan Google

Kalau soal destinasi wisata bukit di Ambon, serasa nggak ada habisnya. Termasuk Bukit Paralayang Ambon yang berada di puncak Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe. Nah, tempat camping ini bisa kamu kunjungi dengan naik kendaraan roda dua dan roda empat.

Tempat camping ini menawarkan pemandangan yang cantik. Kamu akan camping di atas bukit dengan pemandangan tanjung dan perbukitan di sekelilingnya. Dari tempat camping terlihat lautan di kejauhan, pantainya berombak tenang, airnya sangat jernih dengan gradasi warna biru.

Inilah kerennya bukit-bukit tempat camping di Ambon, yaitu bukitnya berada di dekat laut. Sementara, untuk yang mau camping bisa membawa tenda serta perlengkapannya sendiri. Lebih baik juga membawa peralatan masak dan bekal dari rumah.

Penjual makanan dan minuman ada, tapi mungkin tidak banyak. Jadi, bawalah bekal yang cukup untuk konsumsi selama camping. Sementara, untuk fasilitas kamar mandi mungkin belum dioptimalkan di sini. Sedangkan tempat parkir sudah tersedia cukup nyaman dan memadai.

Selain pemandangan yang indah, kelebihan tempat camping ini yaitu mudah diakses. Jalannya sudah diaspal, serta lokasi camping ada di pinggir jalan. Karena tempatnya di ketinggian, tak hanya terlihat perbukitan dan laut, tapi juga awan yang mengapung seakan begitu dekat.

Saat camping kamu bisa nikmati waktumu dengan bersantai sekaligus berfoto-foto. Kamu juga bisa membuat makanan dengan merebus mi, serta membakar jagung atau sosis. Kamu pun dapat menikmati sunset dan sunrise di bukit tempat camping ini.

Ayo, ajak keluarga ramai-ramai camping ke sini. Kamu bisa juga berkemah dengan teman-temanmu. Atau, bukan bukit yang kamu cari? Maka lokasi camping berikutnya mungkin cocok untukmu.

4. Pantai Liang

Tempat Camping Di Sekitar Ambon Pantai Liang
Pantai Liang (sumber: instagram.com/_pesona_indonesia_id/)
LokasiJalan Propinsi, Liang, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk Senin-Kamis, Rp10.000/orang
Tiket masuk Jumat-Minggu, Rp15.000/orang
Camping: Rp0 (gratis)
Telepon
Daya tarik wisataPantai eksotis dipenuhi pepohonan tumbang, air laut jernih berwarna tosca, banana boat, sewa perahu
Rute dari kota Ambon59 menit (38,4 km) lewat Jl. Propinsi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 1.140 ulasan Google

Camping di Pantai Liang beda keseruannya, karena banyak aktivitas fun di sini, khususnya menangkap ikan dan snorkeling.

Jadi, ada campers yang terkadang menangkap ikan menggunakan spear atau sejenis tombak. Nanti, ikan segar tersebut diolah sendiri dengan cara dibakar misalnya. Makanya, kamu bisa langsung menikmati hasil tangkapan ikan tersebut.

Di samping itu, tempat camping ini merupakan pantai yang pasirnya putih. Ada juga ranting-ranting dan pohon tumbang di tepi pantai yang terkesan aesthetic.

Selain itu, airnya bening terlihat tosca warnanya. Jadi, campers juga suka snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Sementara, buat menikmati camping, kamu bisa membawa tenda dan perlengkapannya. Bawa juga alat memasak terutama kalau kamu ingin menikmati acara masak-masak sendiri.

Camping Di Tepi Pantai Liang
Camping di Tepi Pantai Liang (sumber: Nanda Effendy Tuny)

Namun, kalau tidak bawa bekal, ada warung-warung di sini. Biasanya ada makanan dan minuman seperti rujak khas Ambon, gorengan, air kelapa muda, mi rebus. Ada juga makanan ikan bakar, ikan kuah pedas, sayur terong, daun pepaya dan masih banyak lagi.

Selain warung, tersedia fasilitas berupa musala, toilet dan tempat bilas. Oh iya, saat camping, kamu juga bisa menyewa perahu kalau mau keliling pantai. Harganya sekitar Rp50 ribuan per perahu. Lalu ada lagi wahana lain seperti banana boat.

Akan tetapi, kalau mau bersantai saja di tepi pantai juga boleh kok. Campers biasanya rebahan di ayunan hammock didekat tenda, sambil menikmati sore.

Omong-omong, mungkin ada bagian pantai yang masih perlu ditingkatkan kebersihannya. Selebihnya, camping di sini mantap apalagi bisa mengadakan acara gathering juga.

Oke, waktunya kita menyeberang ke pulau tempat camping yang terakhir. Let’s go.

5. Pulau Pombo

Tempat Camping Di Sekitar Ambon Pulau Pombo Ambon
Pulau Pombo (sumber: Fachroel Yusuf)
LokasiWaai, Kec. Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingHarga sewa speed boat untuk ke pulau: Harga mulai dari Rp400.000
Camping: Rp0 (gratis)
Telepon
Daya tarik wisataPulau tak berpenghuni, diving, pemandangan mangrove, air laut biru sangat jernih
Rute dari kota Ambon1 jam 33 menit (40,7 km) lewat Jl. Propinsi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 60 ulasan Google

Kalau ingin camping di pulau kecil di tengah laut, ke Pulau Pombo saja. Untuk menuju pulau ini dari Ambon, kamu perlu naik speedboat dengan tarif mulai dari Rp400 ribuan.

Nah, jadi pulau ini nggak berpenghuni. Pulau ini pun masuk ke dalam kawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Maluku. Jadi, Pulau Pombo dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Namun, pulau ini sekaligus menjadi tempat wisata ikonis di Ambon. Kalau mau camping kamu bisa persiapkan tenda dan semua perlengkapan dari rumah. Sebab, di Pulau Pombo dapat dikatakan belum optimal fasilitasnya.

Ada toilet yang mungkin airnya tersedia dan kadang tidak. Namun, kamu bisa berganti pakaian di toilet tersebut kalau ingin berenang, diving, atau snorkeling. Sebab, aktivitas tersebut paling disukai pengunjung termasuk campers.

Nanti, kamu bisa mendirikan tenda di pinggir pantai yang luas tempatnya. Bisa muat cukup banyak tenda karena pulau ini juga tidak ramai dipadati pengunjung.

Saat berlayar menyeberang sampai tiba di pulau, kamu akan disuguhi panorama yang cantik. Pantai Pulau Pombo memiliki pasir yang benar-benar putih. Airnya sangat bening dan benar-benar biru, ombaknya juga tenang. Sedangkan, di ujung pulau terdapat pohon-pohon dan semak hijau.

Omong-omong, pulau ini mungkin mengingatkanmu akan pulau-pulau gili di kawasan Lombok. Terlebih suasana masih sangat alami karena pulau ini tidak dihuni.

Saat camping di sini, selain beraktivitas olahraga air, campers paling suka membakar ikan. Apalagi saat petang dan malam telah datang. Selain itu, kamu dapat menikmati keindahan pulau sambil berfoto.

Ayo mampir sekalian camping di Pulau Pombo, ajak keluarga dan teman-teman dekatmu.

Gimana, seru-seru kan tempat camping di Ambon. Melalui camping, kamu bisa lebih mengenal Ambon dengan pesona alamnya. Kira-kira kamu paling suka tempat camping di mana, apakah bukit ataukah pantai? Yuk, kasih tahu kami tentang camping ground kesukaanmu. Bisa langsung share di kolom komentar, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

2 pemikiran pada “5 Tempat Camping Terbaik di Ambon yang Lagi Hits (2022)”

    • Hi, Kak Yati Latuconsina

      Benar kak, Pulau Pompo terletak di Kec. Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Dari kota Ambok jaraknya sekitar 1 jam 33 menit (40,7 km) lewat Jl. Propinsi (Cek rute di Google Maps)

      Tempatnya cukup terpencil. Kondisi alam masih alami. Jadi, serasa camping di private island.

      Balas

Tinggalkan komentar