7 Tempat Camping Terbaik di Lombok Timur yang Lagi Hits (2022)

Keindahan Pulau Lombok sudah tidak perlu dipertanyakan. Mulai dari panorama pantai hingga hijaunya pegunungan bisa kamu dapatkan di sini. Untuk pencinta alam, biasanya akan berbondong-bondong menuju Lombok Timur. Di sana, ada banyak sekali destinasi wisata yang ideal untuk camping ceria bersama keluarga maupun teman-teman. Kamu bisa merasakan keseruan sensasi camping di pantai atau di kawasan bukit sambil melihat panorama Gunung Rinjani.

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Bukit Selong

Bukit Selong
Bukit Selong, Lombok Timur (Sumber: instagram.com/bukitselong/)
LokasiSembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar (Cek di Google Maps)
Jam bukaMinggu – Selasa, 07:30 – 17:00
Rabu: 20:00 – 24:00
Kamis, 24:00 – 17:00 dan 20:00 – 24:00
Jumat: 24:00 – 17:00
Harga paket campingGratis
Telepon082236343282
Daya tarik wisataPemandangan Gunung Rinjani, pemandangan persawahan warga, udara pegunungan yang dingin dan sejuk, pemandangan lautan kabut, hutan bambu yang rindang, petik buah di kebun strawberry, panorama perbukitan, pemandangan sunrisea
Rute dari kota Selong1 jam 28 menit (48.9 km) lewat Jl. Wisata Gn. Rinjani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5.0 – 1,002 ulasan Google

Bukit Selong adalah salah satu viewpoint terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Rinjani. Dari puncak bukit ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Rinjani yang sangat perkasa. Selain itu, hamparan petak-petak sawah milik warga juga menambah keindahan. Di pagi hari, panorama lautan kabut saat sunrise juga memberikan sensasi tersendiri.

Untuk penggemar camping, bisa mendirikan tenda di puncak Bukit Selong. Dengan begitu, kamu jadi lebih maksimal dalam menikmati pemandangan yang terbentang di hadapan mata. Area camping ground di puncak bukit ini memang tidak terlalu luas dan hanya bisa memuat beberapa tenda saja. Jadi, sangat cocok untuk peminat solo camping maupun yang ingin camping ceria sambil menikmati kedamaian alam.

Untuk mencapai puncak Bukit Selong, kamu harus melalui rute selama 3 menit. Jangan khawatir, rute ini sudah memiliki anak-anak tangga yang mempermudahmu. Walaupun melewati rute menanjak, rasa lelah tidak akan terlalu kamu rasakan. Apalagi, kamu akan melewati hutan bambu yang rindang. Kamu bisa beristirahat sejenak sambil berfoto-foto di antara pepohonan bambu.

Mendekati area puncak, kamu harus melewati undakan-undakan tanah berumput yang cukup terjal. Sambil mengatur napas, kamu sudah bisa menyaksikan hamparan sawah warga yang sangat indah. Kamu juga bisa melihat desa kecil dengan rumah-rumah tradisional Selong di sisi bukit. Ada juga spot berfoto untuk kamu yang ingin foto selfie dengan pemandangan Gunung Rinjani sebagai latar belakang.

Bagi yang ingin camping di Bukit Selong, wajib membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Atau, kamu juga bisa membelinya sebelum mendaki ke puncak. Fasilitas toilet dan musala juga hanya tersedia di area basecamp. Jadi, pastikan perbekalan logistikmu sudah lengkap.

2. Pantai Pink

Pantai Pink
Pantai Pink, Lombok Timur (Sumber: instagram.com/lombokhit/)
LokasiSekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingGratis
Telepon082236343282
Daya tarik wisataPemandangan pasir pantai berwarna pink, panorama perbukitan karang, spot berfoto instagramable, snorkling, berenang di laut
Rute dari kota Selong1 jam 14 menit (46.0 km) lewat Jl. Raya Labuhan H. (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,2/5.0 – 1,843 ulasan Google

Salah satu tempat wisata paling instagramable di Lombok Timur sudah pasti adalah Pantai Pink. Pantai ini memiliki warna pasir berwarna merah muda yang dihasilkan dari pecahan batu koral. Ditambah lagi, panorama perbukitan karang di sekitar pantai yang memberikan kesan tersembunyi. Kamu juga bisa menikmati camping seru di sini.

Kamu bisa mendirikan tenda di area rumput tak jauh dari pantai. Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan laut langsung dari tendamu. Suara deburan ombak akan membuatmu menjadi lebih rileks. Kamu juga bisa memarkirkan mobil di samping tenda. Jadi, penggemar campervan juga bisa camping seru di pantai ini. Area camping ground lumayan luas dan bisa menampung hingga puluhan tenda.

Pantai Pink memiliki ombak yang relatif tenang. Jadi, aman-aman saja untuk kamu yang ingin mengajak si kecil bermain air. Di area pantai juga terdapat spot berfoto ayunan yang ikonis dengan latar belakang lautan. Kamu juga bisa wisata naik perahu ke gili atau pulau kecil yang ada di sekitar pantai.

Untuk yang gemar snorkling, juga bisa melakukan aktivitas snorkling di sini. Kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk membawamu ke spot terbaik untuk menyaksikan keindahan bawah laut. Di malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun sambil bercengkerama bersama orang-orang tersayang. Dan, di pagi hari kamu akan mendapatkan pemandangan pasir pink yang berkilauan.

Kabar baik, sekarang rute menuju Pantai Pink semakin mudah. Kamu sudah bisa menikmati jalanan beraspal yang lumayan mulus. Walaupun, masih ada beberapa titik jalan yang berlubang. Fasilitas toilet dan warung makanan sederhana juga sudah tersedia. Selain itu, tersedia juga fasilitas musala dan gazebo untuk berteduh.

3. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan, Lombok Timur (Sumber: instagram.com/yayan_suryana/)
LokasiSembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPanorama Gunung Rinjani, pemandangan golden sunrise, panorama memukau lautan awan, keindahan Desa Sembalun dari atas bukit, panorama sunset, keindahan lanskap persawahan
Rute dari kota Selong1 jam 32 menit (50.9 km) lewat Jl. Wisata Gn. Rinjani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5.0 – 347 ulasan Google

Selain Bukit Selong, Bukit Pergasingan juga jadi destinasi camping yang wajib kamu kunjungi. Terutama, untuk kamu yang ingin menikmati keindahan pegunungan Lombok tanpa harus mendaki gunung. Bukit Pergasingan juga jadi destinasi bagi pendaki yang ingin melakukan pemanasan sebelum mendaki ke Gunung Rinjani.

Dengan tinggi 1670 mdpl, Bukit Pergasingan memiliki rute pendakian yang tidak terlalu terjal. Sehingga, sangat aman untuk para pendaki pemula, atau yang hanya ingin melakukan camping ceria. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 – 3 jam untuk sampai ke puncak bukit. Udara pegunungan yang sejuk akan membantu mengurangi rasa lelahmu.

Sesampainya di puncak, kamu bisa langsung mendirikan tenda. Area camping ground di puncak Bukit Pergasingan ini cukup luas dan bisa muat hingga 100 tenda. Kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Rinjani dan lanskap Desa Sembalun saat cuaca cerah. Bangunlah pagi-pagi sekali untuk menyaksikan pemandangan golden sunrise dan lautan awan yang memukau. Panorama sunset di senja hari juga tak kalah cantik.

Bukit Pergasingan jadi tempat camping yang sangat populer di kalangan pencinta alam maupun keluarga. Jadi, jangan heran jika area puncak akan penuh sesak oleh campers saat weekend. Supaya kamu bisa lebih enjoy menikmati panorama alam, sebaiknya datanglah saat weekdays. Jangan lupa untuk membawa jaket tebal atau sleeping bag untuk melindungimu dari paparan udara dingin.

Di camping ground Bukit Sembalun tidak menyediakan fasilitas toilet maupun musala. Sebaiknya, kamu membawa sendiri perbekalan logistik dan perlengkapan memasak. Karena, di camping ground ini juga tidak menyediakan fasilitas warung. Untungnya, ada sumber air dengan aliran air yang jernih. Setelah camping, jangan lupa bawa turun sampah-sampahmu, ya.

4. Savanna Dandaun

Savanna Dandaun
Savana Dandaun, Lombok Timur (Sumber: instagram.com/savanadandaunsembalun/)
LokasiJalan Raya Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Lombok Timur, Sembalun Bumbung, Kec. Sembalun, Selong, Nusa Tenggara Bar (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp25.000/sepeda motor (parkir sepeda motor)
Rp50.000/mobil (parkir mobil)
Telepon0877773019990
Daya tarik wisataPanorama padang rumput luas, pemandangan perbukitan hijau, keindahan Gunung Rinjani, mata air alami, menyaksikan kawanan sapi
Rute dari kota Selong1 jam 23 menit (46.7 km) lewat Jl. Wisata Gn. Rinjani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5.0 – 158 ulasan Google

Savana Dandaun menawarkan suasana alam yang tenang, udara yang sejuk, dan pastinya panorama pegunungan yang memukau. Tak hanya itu, area camping ground ini juga sangat luas dan bisa muat hingga ribuan tenda. Dari sini, Gunung Rinjani bisa terlihat sangat dekat dan jelas. Kamu dijamin tidak akan rugi menghabiskan waktu bermalam di savana ini.

Savana Dandaun berada di puncak bukit setinggi 1300 mdpl. Untuk mencapainya, kamu harus melewati medan hiking yang lumayan terjal dan berbatu. Tapi, pendaki pemula maupun keluarga yang ingin camping ceria bisa melewatinya dengan mudah. Mendekati puncak, medan akan menjadi lebih landai dengan pemandangan alam yang terlihat sangat memukau

Tapi, pendakian ini tidak disarankan untuk anak-anak berusia 4 tahun, lansia, maupun jika kondisi tubuhmu kurang fit. Musim hujan juga bisa membuat medan menjadi lebih licin dan lebih sulit dilalui. Pakailah sepatu hiking dan jangan lupa untuk membawa hiking pole untuk mempermudah pendakianmu.

Hamparan rumput yang hijau akan langsung menyapamu di puncak bukit. Aneka bunga warna-warni yang tumbuh alami juga ikut membuat padang rumput ini semakin asri. Di waktu tertentu, kamu juga bisa melihat kawanan sapi yang dipelihara penduduk sedang merumput dengan bebas. Ada kotoran sapi di beberapa titik. Jadi, lebih berhati-hatilah saat melangkah, ya.

Di dekat camping ground terdapat hutan kecil dengan mata air alami di dalamnya. Kamu juga bisa mencari kayu bakar dan menyalakan api unggun di malam hari. Kabut yang turun membuat suasana semakin syahdu. Kenakan jaket yang tebal supaya kamu tidak kedinginan. Di sini juga tidak menyediakan warung. Jadi, lengkapi kebutuhan logistik sebelum mendaki, ya!

5. Sahabat Rinjani

Sahabat Rinjani
Sahabat Rinjani, Lombok Timur (Sumber: instagram.com/sahabat_rinjani)
LokasiBawaknao, Sajang, Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp150.000/2 orang (sudah termasuk tenda, matras, sleeping bag, sarapan pagi, dan kopi)
Telepon085235096612
Daya tarik wisataPanorama Gunung Rinjani, udara pegunungan yang sejuk, pemandangan savana Rinjani, pertunjukan live music, jalur pendakian Gunung Rinjani
Rute dari kota Selong1 jam 38 menit (55.9 km) lewat Jl. Wisata Gn. Rinjani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,8/5.0 – 62 ulasan Google

Sahabat Rinjani jadi tempat camping pertama bagi para pendaki yang akan mendaki Gunung Rinjani via Sembalun. Tapi, kamu yang tidak ada rencana mendaki pun bisa camping ceria di sini. Faktanya, Sahabat Rinjani jadi salah satu spot family camping yang terfavorit. Tak hanya memiliki area camping yang nyaman, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap.

Area camping ground di Sahabat Rinjani ini lumayan luas dan tertata menjadi beberapa kavling yang sangat rapi. Puluhan tenda bisa muat dengan nyaman di sini tanpa berdesak-desakan. Dari tendamu, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang sangat cantik. Hamparan padang savana yang sangat luas turut memanjakan mata.

Bagi kamu yang ingin camping tapi tidak membawa tenda dan perlengkapannya bisa menyewa di sini. Pengelola camping ground ini menyediakan fasilitas persewaan tenda dan perlengkapan camping dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa bersantap di warung yang tersedia. Berbagai makanan dan minuman lezat siap untuk mengobati rasa laparmu.

Fasilitas kamar mandi dan toilet juga tersedia dengan aliran air yang bersih. Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas musala untuk beribadah. Jika membutuhkan, kamu juga bisa request stop kontak listrik. Sinyal seluler di sini juga cukup kuat. Jadi, kamu bisa membagikan story live Instagram dengan lancar. Di sini juga tersedia beberapa spot berfoto yang instagramable.

Untuk yang ingin mendaki Gunung Rinjani bisa mengandalkan layanan penitipan kendaraan bermotor di sini. Di sini, sistem keamanannya sangat ketat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko sepeda motor hilang saat mendaki gunung. Sayangnya, di sini masih belum tersedia akses Wi-Fi gratis.  

6. Tereng Wilis Camping Ground

Tereng Wilis Camping Ground
Tereng Wilis Camping Ground, Lombok Timur (Sumber: instagram.com/terengwiliscampingground)
LokasiJln. Eco Wisata Tereng Wilis, Desa, Perian, Kec. Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp10.000/orang dewasa
Telepon083129008781
Daya tarik wisataPemandangan hutan hijau, suasana alam yang tenang, udara yang sejuk, sungai kecil berair jernih, air terjun Tereng Wilis
Rute dari kota Selong56 menit (28.9 km) lewat Jl. Paokmotong-Kotaraja (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5.0 – 53 ulasan Google

Ingin merasakan sensasi camping ceria di alam bebas tanpa perlu hiking? Yuk, ajak si kecil camping di Tereng Wilis camping ground. Area perkemahan ini berlokasi di tengah-tengah hutan yang syahdu. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu melakukan trekking selama kurang lebih 20 menit saja menembus hutan. Area trekking sangat landai dan mudah untuk dilalui oleh siapa pun.

Di area camping ground ini, ada 2 pilihan tempat untuk mendirikan tenda. Kamu bisa mendirikan tenda di bagian atas bukit. Di sana, kamu bisa menikmati panorama pegunungan dan hutan yang sangat hijau. Puncak Gunung Rinjani juga terlihat jelas saat cuaca cerah. Tapi, kamu memang harus berjalan sekitar beberapa meter untuk mencapai sumber air.

Atau, kamu bisa memilih untuk camping di area bawah. Area camping ground ini berada sangat dekat dengan sebuah sungai kecil. Sungai ini memiliki air yang sangat jernih dan dangkal. Jadi, anak-anak bisa bermain air dengan ceria dan aman. Air sungai ini juga merupakan sumber air yang bisa kamu gunakan untuk keperluan memasak.

Karena berada di tengah-tengah hutan, suasana di camping ground ini sangat hening dan tenang. Di sini tidak tersedia fasilitas pendukung maupun spot berfoto. Jadi, kamu memang benar-benar hanya akan menikmati keindahan dan kedamaian alam. Atau, kamu juga bisa trekking ke air terjun Tereng Wilis yang berada tak jauh dari camping ground ini.

7. Bukit Inspirasi

Bukit Inspirasi
Bukit Inspirasi, Lombok Timur (Sumber: instagram.com/bukit_inspirasi/)
LokasiSembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 17:00
Harga paket campingRp25.000/orang/malam. Sudah termasuk: sewa lahan camping, tempat parkir, toilet, tempat charger HP
Rp70.000/orang/malam. Sudah termasuk: sewa tenda kapasitas 3 – 4 orang, sleeping bag dan selimut, matras atau alas tidur, tempat charger HP, toilet, tempat parkir
Telepon081997996677
Daya tarik wisataPanorama padang savana, kecantikan langit sunset, pemandangan langit berbintang, keindahan Gunung Rinjani, suasana yang tenang, keindahan barisan perbukitan
Rute dari kota Selong1 jam 29 menit (50.9 km) lewat Jl. Wisata Gn. Rinjani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5.0 – 44 ulasan Google

Buat yang sedang buntu ide, mungkin harus refreshing sejenak di Bukit Inspirasi. Dibandingkan bukit-bukit lainnya di Sembalun, Bukit Inspirasi ini tergolong lebih pendek. Untuk mencapai bukit ini kamu hanya perlu melakukan trekking singkat selama 10 menit. Bagi yang tidak ingin berkeringat, boleh saja mencapai puncak bukit dengan menggunakan mobil.

Area camping ground ini berupa padang savana yang sangat luas. Kamu bahkan bisa bercampervan ria di sini. Area perkemahan ini kemungkinan bisa memuat hingga ribuan tenda. Panorama alam yang ditawarkan sangat indah. Di kejauhan, kamu bisa melihat Gunung Rinjani dan perbukitan yang sangat memukau. Suasana bukit yang tenang benar-benar bisa membantu memunculkan inspirasi.

Pemandangan terindah dari camping ground ini adalah saat sunset. Momen saat sinar matahari yang berwarna oranye keemasan seakan membuat seluruh savana terlihat seperti ladang emas. Di malam hari, kamu bisa menyaksikan pemandangan langit berbintang yang sangat cantik. Karena udara bisa jadi sangat dingin, sebaiknya jangan lupa untuk mengenakan jaket atau selimut tebal.

Bagi yang tidak memiliki tenda, bisa menyewa tenda glamping di sini. Di dalam tenda glamping ini sudah termasuk tempat tidur, lampu, dan meja kecil. Kamu juga bisa memilih paket camping yang tersedia dengan harga bervariasi. Dengan banyaknya pilihan, kamu bisa tentukan sendiri model camping yang nyaman untukmu sekeluarga. Pesona tempat camping di Lombok Timur pasti akan membuatmu ingin kembali lagi.

Kamu akan dibuat kangen dengan keindahan pantai maupun panorama padang savana dan Gunung Rinjani. Lombok Timur memang sangat memanjakan para penikmat alam dengan keindahannya. Supaya kamu bisa semakin khusyuk menikmati kecantikan alam Lombok, jangan lupa membawa jaket, ya. Yuk, rencanakan wisata camping seru ke bumi Lombok!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar