10 Tempat Camping Terbaik di Enrekang Sulsel (2022)

Mencari destinasi baru buat camping? Yuk, ke Enrekang. Enrekang adalah sebuah kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan. Kabupaten seluas 1.786 km persegi ini diapit pegunungan. Maka dari itu, lokasinya ideal untuk tempat camping. Di sini juga berdiri Gunung Latimojong yang merupakan salah satu dari The Seven Summits di Indonesia. Selain Gunung Latimojong, di mana saja tempat camping terbaiknya? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Enrekang:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Dante Pine

Tempat Camping Di Enrekang Dante Pine
Dante Pine, Enrekang (sumber: instagram.com/dante.pine/)
LokasiTanete, Kec. Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 09.00-22.00
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataMini kafe, hiburan musik, pemandangan Gunung Nona, pemandangan lereng bukit, hutan pinus
Rute dari Enrekang53 menit (23,7 km) lewat Jl. Jenderal Sudirman/Jl. Poros Enrekang-Makale
Rating tempat camping4,5/5 dari 658 ulasan Google

Dante Pine memiliki pemandangan yang mengasyikkan. Camping ground di sini berupa hutan pinus. Kamu dapat mendirikan tenda di antara pepohonan pinus tersebut. Di atas pohon-pohon tersebut juga disediakan gardu pandang untuk menikmati panorama dari ketinggian.

Lokasi camping berupa lereng bukit dengan pemandangan langsung menghadap perbukitan hijau. Dari sini kamu juga dapat melihat Gunung Nona. Lereng-lereng gunungnya terlihat hijau dan sangat cantik.

Untuk kendaraan yang kamu bawa bisa diparkir di lahan parkir yang tersedia. Sementara, untuk mencapai lokasi camping, kamu perlu berjalan dan kendaraan tidak dapat masuk. Tak perlu khawatir, akses ke lokasi camping sangat mudah tanpa perlu melewati rute yang ekstrem.

Oh iya, di tempat camping ini juga ada penjual makanan dan minuman serta mini kafe dengan hiburan musik. Kemudian, ada juga toilet dan musala. Selain itu, pihak pengelolanya ramah sehingga memberi kenyamanan. Kalau untuk tenda dan perlengkapan camping, biasanya pengunjung membawa sendiri.

Sementara, aktivitas yang disuka saat camping antara lain bersantai sambil duduk-duduk. Campers juga suka menikmati pemandangan bukit sekaligus menjadikannya latar belakang foto. Selain itu, minum kopi hangat juga menjadi aktivitas favorit di sini.

Kamu dapat mengajak keluarga camping di sini seperti kebanyakan pengunjung pada umumnya. Kamu pun bisa camping bersama teman-teman dan orang terkasih di Dante Pine.

2. Botanical Massenrempulu Enrekang

Tempat Camping Di Enrekang Botanical Massenrempulu
Botanical Massenrempulu, Enrekang (sumber: Irsan MR)
LokasiJl. Poros Sidrap Endrekang Tator KM.22, Karrang, Kec. Cendana, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.30-18.00
Harga paket campingRp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Daya tarik wisataSpot-spot foto menarik, beragam jenis tanaman, bisa piknik gelar tikar, jembatan dan danau buatan, keliling naik kendaraan
Rute dari Enrekang2 jam 13 menit (66,8 km) lewat Jl. Poros Enrekang-Makale dan Jl. Poros Sidrap Endrekang Tator
Rating tempat camping4,3/5 dari 473 ulasan Google

Botanical Massenrempulu Enrekang merupakan tempat camping yang populer. Kawasan kebun raya dengan pengelolaan yang baik ini kerap dijadikan tujuan camping, termasuk untuk pramuka. Keunikan tempat camping ini yaitu memiliki danau buatan yang cantik.

Selain itu, pemandangan di sini juga menyejukkan mata. Terdapat banyak pohon dan aneka tanaman yang menciptakan nuansa hijau. Di sekelilingnya kamu dapat melihat pegunungan dan perbukitan di kejauhan. Di sini juga ada spotspot yang disediakan untuk kegiatan bersama.

Seperti di antaranya terdapat pendopo untuk tempat duduk dan berkumpul. Ada juga kursi dan meja yang didesain dari material kayu dan batu. Maka dari itu, sejumlah komunitas juga sering mengadakan acara camping dan kebersamaan di sini.

Apalagi, akses ke lokasi camping sangat mudah dan nyaman. Tempatnya pun berada di pinggir jalan. Tempat camping ini cocok untuk kamu yang mencari lokasi berkemah family-friendly. Mengajak orang tua dan anak-anak camping di sini juga aman dan menyenangkan.

Di samping itu, sudah ada fasilitas berupa lahan parkir, toilet, musala. Kamu juga dapat mencicipi buah-buahan ketika sedang musimnya. Akan tetapi, untuk fasilitas warung di dalam tempat camping belum dioptimalkan. Lebih baik membawa bekal makanan dan minuman dari rumah saja.

Selain itu, untuk perlengkapan camping termasuk tenda juga bisa kamu bawa dari rumah. Tentu saja di tempat camping tetap banyak aktivitas seru untuk dilakukan. Kamu bisa berfoto-foto terutama di jembatan di atas danau, duduk santai sembari mengobrol, atau jalan-jalan keliling area camping.

3. Gunung Latimojong

Tempat Camping Di Enrekang Gunung Latimojong
Gunung Latimojong, Enrekang (sumber: instagram.com/gununglatimojong/)
LokasiTo’lajuk, Kec. Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataBagian dari seven summits Indonesia, jalur pendakian bagus, telaga bidadari, puncak Rantemario, pemandangan sunrise
Rute dari Enrekang3 jam 50 menit (110,7 km) lewat Jl. Poros Enrekang-Makale
Rating tempat camping4,4/5 dari 334 ulasan Google

Gunung Latimojong merupakan salah satu gunung tertinggi yang termasuk dalam The Seven Summits Indonesia. Gunung ini memiliki puncaknya yang dikenal bernama puncak Rante Mario.

Gunung dengan ketinggian 3.478 meter ini biasa dijadikan tempat camping khususnya di pos-pos pendakiannya. Jalur pendakian pun ekstrem, yaitu berupa jalan setapak yang menanjak di tengah hutan. Sepanjang jalur pendakian kamu dikelilingi semak dan pohon-pohon liar.

Untuk pemula, disarankan camping di pos satu. Menuju pos satu pun jalurnya sudah ekstrem langsung menanjak curam. Setelah sampai di pos satu, kamu dapat mendirikan tenda. Area camping pos satu memiliki luas terbatas tapi melegakan, bisa menampung belasan pendaki.

Oh iya, untuk sumber air pos satu tempatnya berada di bawah lokasi posnya. Ambil air dahulu saja karena di area camping pos satu tidak terdapat sumber air. Persiapkan juga bekal makanan serta peralatan camping lengkap.

Disarankan mendaki saat musim kemarau. Setidaknya kondisi medannya kering sehingga meskipun menanjak, kamu tidak mengalami kesulitan lebih besar karena jalan setapak yang becek.

Di samping itu, pos satu paling ideal selain karena jaraknya terdekat, tapi juga cukup luas. Pos dua tempatnya tidak seluas pos satu sehingga kurang ideal untuk rombongan dengan banyak orang.

Kalau sudah camping, kamu dapat menikmati aktivitas seperti duduk-duduk sambil beristirahat. Bisa juga berfoto, pemandangannya berupa semak-semak serta pegunungan di kejauhan.

Omong-omong, kalau mau camping di pos yang lebih tinggi juga bisa. Campers juga biasa camping di dekat Rante Mario setelah mencapai puncak tersebut. Paling ideal camping di sini bersama teman-teman pencinta alam serta pendaki yang berpengalaman.

4. Buttu Macca

Tempat Camping Di Enrekang Buttu Macca
Buttu Macca, Enrekang (sumber: instagram.com/muh_akbhar/)
LokasiBamba Puang, Kec. Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-18.00
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon0852-5500-3081
Daya tarik wisataPemandangan perbukitan hijau, spot foto ayunan, sepeda gantung, flying fox, pemandangan Gunung Nona, deretan pegunungan
Rute dari Enrekang1 jam 5 menit (29,4 km) lewat Jl. Poros Enrekang-Makale
Rating tempat camping4,4/5 dari 234 ulasan Google

Buttu Macca merupakan kawasan wisata yang berada di daerah pegunungan. Tepatnya, kawasan ini berada dekat dari Gunung Nona. Tempatnya di lereng bukit, maka dari itu di sekitar area camping terdapat perbukitan nan hijau.

Di tempat camping banyak pohon pinus dan tempat mendirikan tenda berhadapan langsung dengan Gunung Nona. Area camping berupa tanah dengan tekstur berbatu sehingga perlu memerhatikan kondisi tempat saat memasang tenda.

Selain itu, area camping juga penuh rerumputan hijau. Areanya cukup luas dan muat sejumlah tenda. Kamu dapat mendirikan dua atau tiga tenda sedikit berjauhan antara satu dan lainnya, dan tempatnya masih terasa lapang.

Di sini, biasanya cuaca dingin ketika malam. Bawalah baju hangat dan selimut untuk malam hari. Sebelum tidur, sempatkan melihat panorama kota di kejauhan dengan taburan lampu yang cantik.

Sementara, pemandangan terbaik adalah ketika sunrise hingga waktu matahari mulai tinggi. Setelah matahari terbit, kamu dapat melihat lereng-lereng bukit yang hijau. Terlihat juga pegunungan dan semuanya terasa berjarak dekat dari tempat camping. Seakan kamu bisa merengkuhnya.

Hal tersebut menjadi kelebihan tempat ini, karena sejauh mata memandang, tidak terhalang oleh apa pun. Pegunungan dan perbukitan berada tepat di depan kamu.

Untuk fasilitas mungkin kurang memadai karena tempat wisata camping ini sedikit terbengkalai. Jadi, serasa camping di alam bebas. Kamu dapat membawa tenda beserta perlengkapan camping dan bekal makanan serta minuman dari rumah.

Kalau camping di sini, campers paling suka menyaksikan pemandangan lereng gunung dan bukit. Kemudian, berfoto-foto dan menikmati makanan serta menyeduh minuman hangat. Camping di sini paling cocok bersama teman-teman yang hobi berkemah.

5. Wisata Cekong

Tempat Camping Di Enrekang Wisata Cekong
Wisata Cekong, Enrekang (sumber: instagram.com/jelajahenrekang.id/)
LokasiTanete, Kec. Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon0812-4194-5520
Daya tarik wisataCamping ground, flying fox, bike flags, tree house, spot selfie, park house, swing extreme
Rute dari Enrekang46 menit (20,0 km) lewat Jl. Jenderal Sudirman/Jl. Poros Enrekang-Makale
Rating tempat camping4,4/5 dari 111 ulasan Google

Wisata Cekong adalah tempat camping dengan pemandangan indah seperti lukisan. Terkenal sebagai tempat wisata outdoor, di sini juga terdapat camping ground yang populer. Meskipun berada di dalam kawasan wisata, tempat camping ini serasa di alam bebas.

Camping ground ini berada di bukit sehingga kamu dapat melihat perbukitan juga di sekelilingnya. Kebetulan view bukit yang terlihat dari sini sangat cantik. Jaraknya terlihat sedikit jauh tapi kamu seperti berada pas di tengah-tengah.

Maka dari itu, terlihat bukit-bukit di kanan kiri dengan lerengnya yang hijau ditumbuhi rumput serta pohon-pohon. Pemandangannya mungkin mengingatkanmu akan Bukit Teletubbies di Bromo.

Terlebih lagi terlihat Gunung Nona, salah satu ikon wisata alam Enrekang. Lereng gunungnya yang khas tampak menakjubkan. Namun, untuk saat ini bukit Cekong dapat dikatakan perlu pengelolaan yang lebih baik dan profesional.

Meskipun demikian, kamu tetap bisa camping dengan nyaman di sini. Biasanya, pengunjung membawa perlengkapan camping sendiri. Fasilitas yang ada antara lain berupa lahan parkir serta toilet. Sementara, area camping terbilang cukup luas serta muat sejumlah tenda.

Kalau sudah ngecamp di Cekong, kamu dapat menikmati suasana alam pegunungan yang segar. Saat malam tiba, terlihat perkotaan di kejauhan yang mirip seperti kerlip lampu bertaburan. Lebih pas sambil menyeduh kopi panas, sembari menikmati makan malam yang dimasak sendiri, seperti mirebus.

Jangan lupa bangun saat fajar untuk menyaksikan matahari terbit dari balik bukit. Kamu juga bisa berfoto-foto untuk berbagi pengalaman camping. Wisata Cekong cocok untuk tempat camping bersama teman-teman pencinta alam dan keluarga.

6. Mendatte Park Enrekang

Tempat Camping Di Enrekang Mendatte Park Enrekang
Mendatte Park, Enrekang (sumber: instagram.com/mendattepark/)
LokasiMendatte, Kec. Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Rabu, 09.00-21.30
Kamis, 08.00-17.00
Jumat, 14.30-21.30
Sabtu-Minggu, 08.00-22.00
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon0823-4883-0491
Daya tarik wisataPemandangan lereng bukit, pemandangan Gunung Nona, tebing-tebing menjulang tinggi, trek hiking, paintball
Rute dari Enrekang1 jam 10 menit (30,8 km) lewat Jl. Poros Enrekang-Makale
Rating tempat camping4,8/5 dari 61 ulasan Google

Mendatte Park Enrekang merupakan tempat camping yang seru dengan panorama indah. Tempatnya sangat alami di bukit dikelilingi pegunungan. Kamu dapat melihat awan putih mengapung di antara lereng-lereng gunung. Sementara, pemandangan terlihat hijau sejauh mata memandang.

Sedikit informasi, akses ke lokasi camping cukup ekstrem. Jalannya terjal dan menurun, sudah berupa beton tapi sebagian berpasir dan berkerikil. Jalan ke lokasi bisa dilalui satu kendaraan roda empat saja. Kemudian, setelah lewat 2 atau 3 km, kamu harus berjalan kaki ke lokasi.

Nah, begitu tiba semua rasa lelahmu akan terbayar. Kamu akan disambut pemandangan Gunung Nona yang indah, terlihat dari tempat camping. Di samping itu, area camping berupa dataran luas yang bisa muat hingga belasan tenda lebih. Kamu bisa membawa perlengkapan camping sendiri.

Omong-omong destinasi wisata ini masih cukup baru dan semakin ramai sejak tahun 2021. Fasilitasnya cukup lengkap, tersedia lahan parkir, musala, toilet. Sudah ada juga jalur untuk hiking ke atas bukit yang merupakan area camping.

Sementara, untuk makanan dan minuman, kamu bisa bawa dari rumah atau beli di sekitar lokasi camping. Oh iya, selain itu, di sini kamu tidak hanya melihat pemandangan lereng gunung saja. Juga terdapat tebing-tebing dan ada bukit hijau yang berundak di lokasi camping. Menarik, bukan.

Lalu, juga ada hewan-hewan seperti kucing, kelinci, ayam, burung, yang mungkin menghampirimu. Untuk kondisinya, tempat camping ini sangat bersih. Kamu akan menikmati camping di sini bersama keluarga dan para sahabat.

7. Bukit Perkemahan Batu Arang

Tempat Camping Di Enrekang Bukit Perkemahan Batu Arang
Bukit Perkemahan Batu Arang, Enrekang (sumber: instagram.com/relva_naslau/)
LokasiKarrang, Kec. Cendana, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingSesuai jumlah peserta
Telepon0822-9031-9155
Daya tarik wisataPemandangan perbukitan, aktivitas pramuka, pemandangan pegunungan
Rute dari Enrekang2 jam 6 menit (64,8 km) lewat Jl. Poros Enrekang-Makale dan Jl. Poros Sidrap Endrekang Tator
Rating tempat camping4,6/5 dari 59 ulasan Google

Bukit Perkemahan Batu Arang populer sebagai tempat camping khususnya untuk kegiatan pramuka. Tidak hanya pramuka saja, tempat camping yang luas ini juga bisa untuk rombongan sekolah, instansi, atau komunitas. Camping di sini cocok untuk acara kebersamaan.

Lokasinya berada di atas bukit nan hijau. Terdapat banyak pepohonan yang menambah hijaunya suasana. Area camping sangat luas berupa lapangan yang bisa menampung banyak tenda. Selain itu, di sini tersedia fasilitas lahan parkir yang luas, toilet, vila.

Kalau untuk konsumsi, kamu dapat mempersiapkannya sendiri untuk dibawa camping. Tenda dan perlengkapan camping bisa bawa sendiri juga. Nah, begitu sudah camping, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Terutama, kamu bisa benar-benar menikmati pemandangan.

Terlihat perbukitan yang hijau mengelilingi area camping. Perbukitan tersebut indah serta kelihatan dekat dari tempatmu berada. Udara pun sejuk karena tempatnya berada di dataran tinggi.

Selain melihat pemandangan, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas outdoor. Contohnya seperti trekking dan outbond. Lalu ketika malam biasanya ada kegiatan membuat api unggun.

Selain aktivitas camping pramuka sekolah, banyak juga pengunjung datang kemari bersama teman-teman dan sahabat. Omong-omong, untuk fasilitas termasuk sanitasi dapat dikatakan masih perlu pengelolaan yang lebih baik. Selebihnya, bumi perkemahan ini nyaman untukacara camping.

8. Bukit Hijau Malino Enrekang

Tempat Camping Di Enrekang Bukit Hijau Malino
Bukit Hijau Malino, Enrekang (sumber: Addas Kadir)
LokasiBukit Hijau Malino, Batu Mila, Kec. Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSabtu-Kamis, 09.00-17.00
Jumat, Tutup
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataKolam ikan untuk memancing, kopi asli dari pelosok desa Enrekang, pemandangan senja, perkebunan buah, budidaya ikan nila
Rute dari Enrekang2 jam 19 menit (73,4 km) lewat Jl. Poros Enrekang-Makale dan Jl. Poros Sidrap Endrekang Tator
Rating tempat camping4,4/5 dari 13 ulasan Google

Bukit Hijau Malino Enrekang benar-benar hijau seperti namanya. Wisata alam ini merupakan agro eduwisata, tempat memancing, sekaligus spot camping. Akses jalan ke lokasi mudah, bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat. Di tempat camping ini tersedia lahan parkir yang luas.

Selain itu, terdapat akses listrik dan air yang lancar, termasuk jaringan internet juga. Tempat camping ini asri dengan angin sepoi-sepoi. Untuk berkemah, kamu dapat membawa perlengkapan camping sendiri sekaligus bekal makanan dan minuman.

Selain itu ada tempat untuk makan yang biasanya juga mengolah langsung hasil pancingan ikan. Ini cocok untuk kamu yang camping sekaligus menikmati kegiatan memancing.

Tak hanya itu saja. Di Bukit Hijau Malino juga tersedia kopi asli dari berbagai pelosok desa di Enrekang. Jadi, kamu dapat mencicipi minuman kopi yang sudah diracik sehingga menghasilkan cita rasa nikmat.

Di samping itu, jangan lupa nikmati waktumu dengan menyempatkan melihat matahari terbenam. Pemandangan golden sunset di sini sangat indah. Apalagi, di area camping, kamu dikelilingi hutan-hutan dan semak hijau yang masih alami.

Pemandangan alam tersebut terlihat berpadu indah dengan langit sore yang semburat jingga. Kemudian, saat sudah gelap, kamu dapat menikmati alam sembari makan malam dan minum minuman hangat.

Bukit Hijau Malino menawarkan suasana yang humble seperti alam merengkuhmu dalam dekapannya. Nuansa di bukit ini hangat sehingga cocok untuk camping dengan santai. Kalau camping di sini paling cocok bersama teman-teman dan sahabat pencinta alam.

9. Bukit Saletta

Tempat Camping Di Enrekang Bukit Saletta
Bukit Saletta, Enrekang (sumber: instagram.com/org.budiman/)
LokasiSaletta, Tindallun, Kec. Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan perbukitan hijau, spot untuk berfoto, pemandangan perkotaan dari ketinggian
Rute dari Enrekang1 jam 22 menit (35,8 km) lewat Jl. Poros Enrekang-Makale
Rating tempat camping4,2/5 dari 6 ulasan Google

Bukit Saletta benar-benar cantik. Katanya, ini Bukit Teletubbies-nya Enrekang. Tidak heran apabila disebut demikian. Bukit ini berupa tebing kapur dengan padang rumput di atasnya. Di atas bukit inilah area camping berada. Areanya sangat luas dan masih benar-benar alami.

Untuk akses jalan ada sebagian yang rusak tapi tidak mengurangi pesona bukit tempat camping ini. Biasanya, kendaraan hanya sampai tempat parkir saja. Kemudian, kamu perlu naik agar sampai di atas bukit. Setelah berada di atas, kamu disuguhi pemandangan yang menakjubkan.

Bukit ini hijau dengan ditumbuhi rerumputan serta pepohonan. Ada juga rumput yang tumbuh lebih tinggi sehingga menjadi ilalang. Sejauh mata memandang, di sekelilingnya ada perbukitan juga. Kamu dapat melihat lereng-lereng bukit tersebut dengan jelas seakan begitu dekat.

Karena masih berupa alam bebas, belum ada fasilitas umum di sini. Kamu dapat membawa perlengkapan camping seperti tenda termasuk makanan dan minuman sendiri.

Saat camping, biasanya campers tidak akan melewatkan pemandangan matahari terbenam di sore hari dan terbit ketika pagi. Sementara, saat malam, campers memasak makanan, menyeduh minuman hangat, membuat api unggun, serta menikmati pemandangan.

Di malam hari, di kejauhan, terlihat kerlip lampu kota yang bisa kamu amati dari ketinggian. Taburan kerlip lampu tersebut terlihat cantik di tengah kegelapan malam. Selain itu, campers kadang membawa gitar untuk bermusik dan bernyanyi di malam hari, menikmati keheningan alam.

Setelah tidur semalaman, saat pagi tiba dan matahari semakin naik, terlihat pemandangan kota di bawah bukit. Camping di Bukit Saletta begitu fun. Kamu bisa camping ceria bersama seluruh keluarga dan sahabat dekatmu.

10. Pango-Pango Makale

Tempat Camping Di Enrekang Pango Pango Makale
Pango-Pango Makale (sumber: M. Guide)
LokasiKelurahan Pasang, Kec. Makale Sel., Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataHutan pinus, banyak spot foto, permainan outbond, kebun kopi, pemandangan pegunungan dan perbukitan
Rute dari Enrekang2 jam 23 menit (72,3 km) lewat Jl. Poros Enrekang-Makale
Rating tempat camping4,5/5 dari 871 ulasan Google

Pango-Pango Makale merupakan tempat wisata alam berupa hutan yang ideal untuk camping. Maka dari itu, tempat ini juga menjadi salah satu tempat camping favorit di Enrekang. Apalagi, di sini sudah dikelola dengan baik tempatnya. Ada pula retribusi untuk menikmati tempat camping ini.

Untuk tiket masuk harganya Rp10.000. Lalu, ada parkir kendaraan dengan tarif Rp5.000 sampai Rp10.000. Sementara, biaya camping sekitar Rp15.000. Sedangkan, untuk perlengkapan camping seperti tenda serta perbekalan makanan dan minuman, dapat kamu bawa sendiri.

Namun, di sini juga terdapat warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Saat sampai di lokasi camping, kamu akan disuguhi panorama indah hutan pinus di ketinggian. Di sekeliling area camping terlihat perbukitan dan pegunungan dengan diselimuti awan putih yang berarak.

Tempat camping berupa area yang berada di kawasan hutan. Ada area terbuka dan selain itu kamu bisa juga mendirikan tenda di antara pepohonan. Area camping luas dan banyak spot yang bisa dijadikan tempat untuk berkemah. Ada juga area luas ber-paving untuk campervan.

Di area camping dengan ketinggian sekitar 1.400 m ini, biasanya ada kabut tipis yang menyelimuti. Khususnya saat pagi dan sore kadang berkabut. Selain itu, cuaca sejuk serta kadang dingin. Sementara, suasana di sini memiliki vibe yang familiar seperti tempat yang sudah kamu kenal.

Jadi, kamu bisa camping dengan nyaman di tempat ini. Cocok sekali mengajak seluruh keluarga besar camping di sini. Kamu juga dapat mengajak teman-teman, sahabat, dan rekan-rekan komunitas kamu.

Demikian tadi rekomendasi tempat camping terbaik di Enrekang. Ada Gunung Latimojong dan Gunung Nona yang menjadi ikon wisata alamnya. Kebetulan tempat-tempat camping terbaiknya kebanyakan berada dekat dari Gunung Nona. Jadi, kamu dapat menikmati suasana camping menakjubkan dengan latar belakang lereng gunung yang hijau. Bagaimana dengan kamu, apakah sudah pernah ke Enrekang? Yuk, nikmati camping seru dan berkesan di Enrekang.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar