10 Tempat Camping Terbaik di Sulawesi Utara yang Lagi Hits (2022)

Di ujung utara Pulau Sulawesi, ada provinsi Sulawesi Utara dengan ibu kotanya yang indah yaitu Manado. Kamu mungkin paling kenal dengan Manado yang juga punya kuliner khas bubur tinutuan atau bubur Manado. Namun, tidak hanya itu saja daya tarik dari Sulawesi Utara.

Di Sulawesi Utara juga tersimpan tempat-tempat wisata alam cantik untuk dikunjungi. Bahkan, banyak wisata alam di Sulawesi Utara yang menyediakan spot camping menarik. Ingin tahu di mana tempat camping terbaik di Sulawesi Utara? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Sulawesi Utara:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu lewat ulasan dari Napaktilas berikut ini.

1. Danau Linow

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Danau Linow
Danau Linow, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/danaulinowresort/)
LokasiLahendong, Kec. Tomohon Sel., Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 11.00-20.00
Harga paket campingRp50.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataUdara sejuk, pemandangan danau, warna air danau berubah-ubah, banyak pepohonan, camping ground, banyak spot foto, ramah keluarga
Rute dari kota Tomohon18 mnt (8,6 km) lewat Jl. kawangkoan-Tomohon/Jl. Raya Tomohon (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 653 ulasan Google

Danau Linow menjadi kawasan wisata yang lagi hits. Terutama karena belum lama ini dibuka camping ground di sini. Sebab, terkadang mampir sebentar saja kurang puas, kan. Makanya, lebih seru camping sambilbermalam di tepi danau.

Apalagi, tempatnya cocok untuk liburan bersama keluarga ataupun teman atau pasangan. Kamu pun nggak perlu galau mempersiapkan perlengkapan. Di sini, tersedia tenda dan perlengkapan camping yang disewakan. Selain itu, ada fasilitas listrik dan air bersih.

Sementara, untuk camping-nya, kamu akan mendirikan tenda di area camping yang luas. Area tersebut berada di pinggir danau. Areanya ditumbuhi pohon-pohon cemara dan pinus.

Namun, yang menjadi daya tarik utama tempat camping ini adalah danaunya. Danau vulkanis ini biasa berubah warna airnya karena kandungan belerang di dalamnya. Mungkin juga ada sedikit-sedikit aroma belerang di dekat danaunya.

Warna airnya tersebut berubah-ubah dari hijau menjadi biru kemudian berganti kuning kecokelatan. Selain karena belerang, perubahan warnanya juga disebabkan pembiasan serta pantulan sinar matahari. Jadi, saat camping, sempatkanlah mengamati fenomena alam yang unik ini.

Oleh karena itu juga, jangan berenang di danau ini, ya. Kandungan belerangnya yang tinggi bisa membuat tubuh terluka. Ada banyak, kok, aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan saat camping.

Terutama, kamu dapat bersantai menikmati alam sambil minum kopi atau teh panas. Kamu juga dapat membuat ikan bakar atau jagung bakar. Bisa juga berfoto dengan latar pemandangan yang cantik, seperti danau atau pepohonan.

Nah, dari danau, kita akan jalan-jalan naik ke bukit tempat camping selanjutnya.

2. Puncak Temboan Rurukan

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Puncak Temboan Rurukan
Puncak Temboan Rurukan, Sulawesi Utara (sumber: Ingrid Ruby)
LokasiBar., Masarang, Kec. Tondano Bar., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk Rp5.000/orang. Biaya camping Rp0
Telepon
Daya tarik wisataPanorama puncak bukit, pemandangan Danau Tondano, pemandangan Gunung Klabat, perkebunan, suasana pedesaan, udara sejuk, pemandangan perbukitan, pemandangan sunrise
Rute dari kota Tondano17 menit (7,7 km) lewat Jl. Tondano Rurukan (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 355 ulasan Google

Puncak Temboan Rurukan berada di dataran tinggi. Jadi, tempatnya cocok buat kamu yang sedang mencari spot camping di ketinggian dengan udara dinginnya.

Di samping itu, tempatnya berada di Tomohon yang memang diapit gunung-gunung. Jadi, sangat terasa suasana pegunungan di sini.

Selain itu, saat melihat di kejauhan, tampak pemandangan kota dengan rumah-rumah yang begitu kecil dari atas bukit. Apalagi, hamparan hijau di kaki bukitnya sangat luas, jadi sejauh mata memandang, kamu akan melihat panorama yang menyegarkan tersebut.

Untuk camping, kamu dapat membawa tendamu sendiri kemari. Bawa juga perlengkapannya seperti alat-alat masak dan bekal makanan. Agar lebih seru camping-nya, kamu dapat mengajak keluarga sehingga makin ramai suasananya. Mengajak teman dan pasangan juga boleh.

Oh iya, ada lagi view yang keren terlihat dari sini. Jadi, kamu bisa melihat Danau Tondano meskipun di kejauhan banget. Tentu saja pemandangan tersebut menjadi pesona tersendiri dari tempat camping ini. Kamu juga bisa melihat Gunung Kalabat nun jauh di sana.

Selain itu, kamu dapat melihat sawah dan ladang milik warga di bawah bukit tempat camping-mu. Bisa dibilang, vibe-nya di sini cocok untuk menyepi dikelilingi alam hijau di ketinggian. Jadi kamu bisa healing bareng orang-orang terdekat saat camping.

Atau, kamu dapat mengadakan acara di sini, karena disediakan gedung serbaguna. Misalnya, camping untuk acara family gathering dan lainnya.

Ada pun fasilitas di sini yaitu tempat parkir yang memadai. Ada kamar mandi tapi di dalam ruang pertemuan. Untuk tempat makan mungkin saja belum sesuai dengan harapanmu, jadi pastikan membawa bekal, ya.

Selanjutnya, kita meluncur turun sampai ke pantai. Yuk.

3. Pantai Lumintang Bentenan Ratahan

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Pantai Lumintang Bentenan Ratahan
Pantai Lumintang Bentenan Ratahan, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/david.christovel/)
LokasiBentenan Satu, Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk Rp10.000/orang. Biaya camping Rp0
Telepon
Daya tarik wisataRamah keluarga, pasir putih bersih, naik banana boat, naik perahu ke Pulau Bentenan, keliling pulau-pulau kecil, kawasan wisata luas, pemandangan sunset dan sunrise
Rute dari kota Ratahan44 menit (24,3 km) lewat Jl. Trans Minahasa Tenggara-Minahasa (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5 dari 433 ulasan Google

Pantai Lumintang Bentenan cocok untuk tempat camping santai bersama teman-teman atau keluarga. Biasanya, campers kemari di akhir pekan. Kamu pun bisa membawa tenda sendiri beserta semua perlengkapannya.

Area camping-nya berupa hamparan pasir di tepi pantai. Area camping tersebut luas, sehingga kamu bebas mendirikan tenda di mana saja yang kamu suka. Kamu akan berkemah tepat di tepi pantai menghadap ke laut.

Terdengar suara deburan ombak yang tenang di tempat camping-mu. Kamu juga dapat menikmati pemandangan garis pantai yang memanjang sedikit melengkung. Di pinggir pantai juga terdapat banyak pohon sehingga di sini terasa rindang.

Setelah mendirikan tenda, kamu tinggal menikmati suasana di pantainya. Biasanya, momen paling fun adalah ketika matahari terbit dan terbenam, atau sunset dan sunrise. Karena, terasa beda suasananya saat kamu menikmatinya di pantai.

Kalau kamu camping di hari biasa biasanya lebih sepi. Jadi saat malam, kamu bisa bersantai sambil main gitar dan bernyanyi bareng teman-teman. Campers juga suka membuat api unggun untuk menambah hangat suasana di malam hari.

Selain kegiatan bersantai, kamu juga dapat melakukan aktivitas yang seru, seperti naik banana boat. Kamu pun bisa naik perahu untuk menyeberang ke pulau di dekat pantai.

Sementara, untuk fasilitas umum, di sini ada warung yang biasanya menjual makanan olahan laut, seperti ikan bakar. Ada juga toilet-toilet tapi mungkin belum dioptimalkan. Selebihnya, pantai yang humble ini seru buat acara camping.

Berikutnya, kita ke tempat camping dengan suasana hutan. Ayo, meluncur ke lokasi.

4. Ketama Adventure Park

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Ketama Adventure Park
Ketama Adventure Park, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/kawanuakustomkulture/)
LokasiTouliang Oki, Kec. Eris, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 09.00-18.00. Sabtu-Minggu, 09.00-19.00
Harga paket campingSewa tenda untuk 4 orang mulai dari: Rp200.000 (gratis sarapan)
Bawa tenda sendiri bayar mulai dari: Rp50.000
Low ropes: Rp15.000
Flying fox: Rp35.000
Hammock tower: Rp10.000
Paket seluruh permainan: Rp50.000/orang
Telepon0821-4833-0918
Daya tarik wisataRamah keluarga, pemandangan Danau Tondano, pemandangan pohon-pohon pinus, udara sejuk, suasana hutan, pemandangan sunset, fasilitas outbond, spot foto, live music, minuman kopi khas, camping ground
Rute dari kota Tondano9 menit (5,6 km) lewat Jl. Tondano – Kakas (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 344 ulasan Google

Ketama Adventure Park menyediakan camping ground yang sangat asyik. Ada pun yang menjadi ciri khas tempat camping ini adalah pohon-pohon pinusnya. Di sini, area camping-nya seperti berada di tengah hutan di atas gundukan bukit mini.

Area camping tersebut merupakan salah satu favorit campers karena tempatnya berada cukup tinggi. Selain itu, areanya luas bisa untuk cukup banyak tenda. Di area ini juga terdapat spot foto seperti frame Instagram.

Di sinilah kamu dapat mendirikan tenda. Selain itu, kamu bisa menyaksikan pemandangan yang indah di sekeliling tempat camping. Terutama, daya tariknya yaitu Danau Tondano yang terlihat dari area camping-mu.

Selain itu, di sekelilingmu benar-benar hijau dengan udara dingin khas dataran tinggi. Oh iya, di sini kamu juga bisa mengadakan acara outbond. Jadi, camping-nya cocok untuk keluarga, teman-teman, hingga rombongan kantor atau komunitas juga.

Taman ini juga terawat serta terjaga kebersihannya. Di sini juga tersedia tempat makan dan ada toilet. Jadi, suasana nyaman serta ramah keluarga. Mengajak anak-anak kemari juga bisa dan terasa nyaman.

Nah, saat camping, kamu dapat menikmati waktu dengan bersantai. Kalau bawa peralatan masak sendiri, bisa bikin barbeque dengan membakar ikan atau jagung. Campers juga biasa membuat api unggun untuk menambah keakraban sekaligus menghangatkan suasana.

Oh iya, biasanya ada live music saat malam. Jadi, kalau sempat camping di sini, kamu bisa menikmati hiburan tersebut.

Nah, kita sudah jalan-jalan camping di hutan pinus, sekarang kembali ke pantai, yuk. Ada Pantai Mahembang yang sudah menanti.

5. Pantai Mahembang

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Pantai Mahembang
Pantai Mahembang, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/like_manado_/)
LokasiMahembang, Kec. Kakas, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-18.00
Harga paket campingTiket masuk: Rp10.000/orang
Parkir roda dua: Rp7.000
Parkir roda empat: Rp5.000
Biaya camping: Rp0
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan dari atas bukit, kios makanan ringan dan minuman, pasir putih, nuansa laut, air payau seperti danau, pemandangan bukit hijau, banyak spot foto, suasana tenang, ilalang di atas bukit
Rute dari kota Tondano1 jam 17 menit (39,2 km) lewat Jl. Tondano – Kakas (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 270 ulasan Google

Pantai Mahembang menawarkan tempat camping dengan pemandangan eksotis. Tempat ini benar-benar indah.

Ada pun yang menjadi keunikannya yaitu terdapat bukit-bukit yang mengapit pantainya. Juga ada tebing-tebing dengan padang rumput di atasnya.

Di tepi pantainya terdapat sebuah bukit kecil yang sudah diberi anak tangga. Jadi, kamu bisa naik ke atas bukit tersebut untuk melihat pemandangan seluruh pantai dari ketinggian. Bukit tersebut hijau serta memberikan nuansa segar.

Biasanya, kalau untuk camping, campers membawa tenda sendiri disertai perlengkapannya. Untuk area camping yang biasa dipilih yaitu hamparan pasir tepat di pinggir pantai. Jadi, kamu mendirikan tenda dengan menghadap langsung ke laut.

Oh iya, ombak di sini terbilang cukup tenang. Pantai ini juga memiliki air laut yang sangat jernih, serta terlihat kebiruan warnanya. Begitu sudah beres mendirikan tenda, biasanya campers menikmati waktu sambil berenang atau bermain air.

Tidak lupa nikmati juga pemandangan sunset-nya. Lalu, kamu bisa memasak makan malam kemudian membuat api unggun. Menikmati malam lebih asyik sambil mengobrol bersama teman-teman serta keluarga yang ikut camping.

Oh iya, pantai ini juga ramah anak-anak. Jadi, kalau mau mengajak si kecil, baik anak atau keponakan, bisa dan aman. Ajak saja mereka mengenal alam sekaligus aktivitas outdoor sejak dini.

Kamu juga bisa camping dengan tenang. Di pantai ini sudah ada fasilitas seperti tempat parkir, toilet dekat pintu masuk, dan warung-warung.

Nah, selain camping ground yang eksotis ini, ada lagi tempat berikutnya yang juga sama-sama pantai. Ke sana, yuk.

6. Pantai Tulap

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Pantai Tulap
Pantai Tulap, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/provinsi.sulut/)
LokasiTulap, Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk: Rp0
Biaya camping: Rp0
Telepon
Daya tarik wisataPasir putih bersih, air jernih, lokasi strategis, akses jalan mudah, tersedia gazebo, ramah keluarga, cocok untuk berfoto
Rute dari kota Tondano51 menit (26,7 km) lewat Jl. Tondano – Kakas (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 142 ulasan Google

Satu lagi wisata alam favorit di Tondano, yaitu Pantai Tulap. Pantai yang tenang ini juga biasa dijadikan tempat camping sekaligus healing. Ada suasana syahdu di pantai ini, membuatmu duduk termenung sambil melihat garis cakrawala di samudra.

Campers juga biasa menikmati aktivitas tersebut. Sementara, untuk yang ingin camping, kamu bisa bawa tenda sendiri atau menyewa di sini. Nah, camping-nya bisa bersama teman-teman atau keluarga.

Selain itu, camping di sini bisa untuk acara seperti gathering.Seperti misalnya, acara kemah bersama komunitas atau rombongan kantor.

Sementara, tempat mendirikan tenda yaitu hamparan pasir di pinggir pantai. Area camping ini luas sehingga kapasitasnya bisa untuk banyak tenda. Oh iya, di pantai ini juga disediakan sejumlah gazebo. Selain beristirahat di tenda, kamu juga dapat duduk-duduk di gazebo.

Sedangkan, panorama paling indah di pantai ini adalah saat matahari terbenam dan terbit. Oh iya, juga terdapat tebing bukit di salah satu sisi pantai. Kalau mau untuk fotografi, kamu bisa naik ke atas bukit lalu berfoto. Terlihat lautan yang luas membentang dari atas bukit yang ikonis tersebut.

Kamu juga dapat menikmati padang rumput hijau di atas bukitnya. Semua terlihat memesona dan memanjakan mata. Omong-omong, kamu mungkin akan berjumpa dengan campers lainnya karena banyak yang suka camping di sini.

Pantai ini menjadi favorit selain karena tempatnya indah, aksesnya juga mudah. Tidak jarang campers membawa motor sampai area camping. Nyaman, bukan.

Kalau untuk fasilitas, ada toilet meskipun terbilang masih terbatas. Untuk warung, mungkin belum tersedia, jadi sebaiknya bawalah bekal makanan dan minuman.

Nah, sekarang kita ke pantai berikutnya. Cuss, berangkat.

7. Pantai Canada

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Pantai Canada
Pantai Canada, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/batuputihhits/)
LokasiDesa Batuputih, Kota Bitung, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk: Rp10.000/orang
Parkir motor: Rp10.000
Parkir mobil: Rp20.000
Biaya camping: Rp15.000/orang per malam
Tarif masuk gua: Rp10.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataGua di pantai, batu-batu besar di bibir pantai, pemandangan sunrise, akses melewati perkebunan kelapa, keramahan penduduk lokal
Rute dari kota Bitung44 menit (22,6 km) lewat Jl. Likupang – Bitung dan Jl. Batu Putih (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5 dari 135 ulasan Google

Namanya Pantai Canada, tapi pantainya ada di Indonesia. Menarik, bukan?

Jadi, pantai ini berada di kota Bitung, Sulawesi Utara. Seperti kebanyakan pantai di Sulawesi Utara, di sini juga terdapat batu-batu besar di bibir pantainya. Selain itu, ada gua berbatuan yang unik serta biasa dijadikan spot foto.

Memiliki panorama yang indah. Makanya, Pantai Canada menjadi salah satu spot camping favorit di Sulawesi Utara. Sudah sejak lama, para campers suka berkemah di sini.

Selain itu, di sini tersedia fasilitas seperti toilet. Tempat parkir juga cukup nyaman, di mana kendaraan bisa masuk sampai area camping di tepi pantai.

Sementara, untuk sampai di tempat camping ini, aksesnya melewati jalan perkebunan. Paling nyaman naik kendaraan yang tangguh untuk off road. Terutama, di musim hujan, jalannya licin dan becek. Dari jalan besar ke pantai juga cukup jauh jaraknya.

Namun, selebihnya, perjalanan kamu akan terbayar dengan keindahan pantainya. Untuk camping, biasanya campers membawa tenda sendiri, lalu nanti bayar biaya camping per malam.

Oh iya, bawa juga alat masak atau bekal makanan dan minuman untuk konsumsi. Untuk warung di sini mungkin belum dikelola dengan maksimal, jadi lebih baik membawa bekal sendiri.

Selebihnya, pemandangan di pantai ini begitu memesona. Terutama, dengan banyaknya batu besar dan karang-karang di bibir pantainya. Campers serta pengunjung lain biasanya suka berfoto di atas berbatuan di pinggir pantai tersebut.

Omong-omong, kamu dapat mengajak siapa pun untuk camping di sini. Bisa camping dengan keluarga maupun sahabat dan pasangan. Seru, kan.

Sudah menikmati camping di pantai, come on, sekarang kita mampir ke hutan pinus.

8. Pinus 2 Soputan Sulawesi Utara

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Pinus 2 Soputan
Pinus 2 Soputan, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/amazingsulut/)
LokasiPinabetengan, Kec. Tompaso, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingBiaya camping Rp0
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan asri, air melimpah, camping ground, cocok untuk gathering, basecamp pendakian Gunung Soputan, bunga edelweiss, hutan pinus, ramah keluarga
Rute dari kota Tondano1 jam 12 menit (31,6 km) lewat Jl. UNIMA-Remboken (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 59 ulasan Google

Pinus 2 Soputan merupakan basecamp pendakian ke Gunung Soputan. Tempat camping ini juga populer terutama di kalangan pendaki. Namun, di sini nyaman tempatnya, jadi siapa saja betah bermalam.

Selain memiliki pemandangan yang asri dan indah, tersedia air yang melimpah. Area camping-nya berada di tengah hutan pinus. Jadi, kamu mendirikan tenda di antara pepohonan pinus. Udara sejuk sekaligus terasa teduh.

Biasanya, saat akhir pekan dan liburan, tempat camping ini ramai dikunjungi. Saat camping, waktu terbaik untuk menikmati suasana adalah saat pagi menjelang siang.

Oh iya, di antara basecamp tempat camping dan kaki Gunung Soputan, terdapat spot yang bagus untuk berfoto. Pastikan berhati-hati, ya, kalau ke tempat tersebut. Sebab, kondisi jalannya kecil serta terdapat lereng jurang yang cukup terjal.

Sementara, kalau camping, para campers sering kali membawa tenda sendiri. Sering ada yang memasang hammock untuk bersantai. Saat malam tiba, selain memasak makanan, campers biasanya membuat api unggun. Selain lebih fun, suasana juga terasa semakin hangat.

Omong-omong, camping ground ini juga bisa dijadikan tempat untuk gathering. Bisa juga untuk mengadakan kegiatan outdoor. Tempatnya ideal untuk para pencinta alam.

Makanya, tempatnya berupa alam bebas. Jadi, mungkin untuk fasilitas umum di area camping-nyabelum lengkap, seperti kamar mandi dan warung. Namun, fasilitas tersebut umumnya tersedia di dekat pintu masuk.

Selebihnya, tempat camping ini ramah keluarga, loh. Apalagi, tempatnya di basecamp pendakian yang mana tidak terlalu tinggi. Anak-anak juga bisa diajak ikut camping. Selain itu, cocok juga untuk camping bersama sahabat dan kerabat.

Okay! Tempat camping selanjutnya bakalan unik, nih, karena berada di pulau.

9. Pulau Lihaga

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Pulau Lihaga
Pulau Lihaga, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/lihaga.island/)
LokasiGangga Satu, Kec. Likupang Bar., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk: Rp50.000/orang
Camping: Rp0 (gratis)
Telepon0813-4342-8953
Daya tarik wisataPasir putih, laut bergradasi biru, aktivitas snorkeling, ombak tenang, air laut jernih
Rute dari kota Manado90 menit (41 km) dari pusat Manado ke Serei, Likupang naik motor atau mobil. 10 menit dari Pelabuhan Serei, Likupang ke Pulau Lihaga naik kapal
Rating tempat camping4,7/5 dari 65 ulasan Google

Pulau Lihaga begitu cantik dan juga telah dikelola sebagai tempat wisata. Jadi, fasilitasnya lengkap. Ada toilet, tempat shower, wastafel. Juga ada tempat ibadah. Kalau untuk tempat makan biasanya tersedia, termasuk bagian dari penginapan.

Jadi, saat camping, bawalah bekal sendiri saja, seperti makanan, minuman, serta camilan. Kamu juga dapat membawa tenda kamu sendiri sambil mengajak keluarga atau teman-teman kemari. Lebih baik camping beramai-ramai karena baru terasa keseruannya.

Omong-omong, pulau ini memiliki luas sekitar 8 hektar dan tidak berpenghuni. Jadi, fasilitas di sini disediakan untuk wisatawan saja. Nah, untuk aksesnya, kamu akan berangkat dari Pelabuhan Serei dengan naik kapal sampai di Pulau Lihaga.

Di pulau ini, kamu dapat mendirikan tenda di area camping di pinggir pantai. Area camping berupa hamparan pasir luas dengan pasir putih yang bersih.

Kamu akan camping tepat menghadap ke laut yang airnya sangat jernih berwarna tosca. Ombaknya juga tenang sehingga aman untuk berenang. Anak-anak juga bisa berenang dan bermain air.

Selain itu, saat camping, kamu juga bisa menyempatkan snorkeling, sambil menikmati alam bawah lautnya. Kalau mau naik kano biasanya juga tersedia.

Jadi, camping di pulau ini terasa seperti liburan musim panas. Tempat di alam bebas tapi dengan dilengkapi fasilitas. Saat camping, kamu bisa memasak makanan sendiri, serta membuat api unggun ketika malam. Camping di Pulau Lihaga bisa menjadi acara liburan yang berkesan.

Selanjutnya, ada tempat camping terakhir yang juga berada di pantai.

10. Pantai Pulisan Sulawesi Utara

Tempat Camping Di Sulawesi Utara Pantai Pulisan
Pantai Pulisan, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/erawan.hade/)
LokasiPulisan, Kec. Likupang Tim., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk: Rp5.000/orang
Camping: Rp0 (gratis)
Parkir roda dua: Rp5.000
Parkir roda empat: Rp15.000
Parkir bus atau kendaraan besar: Rp20.000
Sewa pondok tanpa atap; Rp100.000
Sewa banana boat: Rp25.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPasir putih, air laut biru, ombak tenang, cocok untuk anak-anak, ramah keluarga, pantai di bawah tebing, batu-batu besar di sebagian bibir pantai, aktivitas perahu nelayan, sewa perahu wisata
Rute dari kota Airmadidi1 jam 19 menit (49,0 km) lewat Jl. Sukur – Likupang dan Jl. Likupang-Girian (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 44 ulasan Google

Pantai Pulisan sangat menarik karena pantai ini berada di balik bukit. Akan tetapi, akses ke lokasi pantai mudah, bisa dilalui motor dan mobil. Fasilitas juga tersedia, seperti toilet, kamar mandi, gazebo, tempat parkir luas. Kalau untuk musala masih minim di sini.

Sementara, ada juga warung yang kebanyakan menjual makanan ringan di hari biasa. Di akhir pekan, barulah warung-warung biasanya sedia makanan berat. Jadi, saat camping, disarankan membawa bekal sendiri agar konsumsi tercukupi dengan baik.

Oh iya, di sini juga kurang mendukung sinyal ponsel. Jadi, manfaatkan waktu camping-mu untuk rehat sejenak dari media sosial. Kan, waktumu bisa dipakai sepenuhnya untuk healing.

Lalu, untuk tenda dan perlengkapannya, biasanya campers membawa sendiri dari rumah. Kamu juga dapat membawa kayu bakar untuk membuat api unggun saat malam.

Camping di pantai ini juga menawarkan aktivitas seru seperti naik banana boat dan snorkeling. Kalau kamu snorkeling, berhati-hatilah dengan banana boat yang mungkin melintas. Jadi, perhatikan dahulu sebelum kamu naik ke permukaan air.

Namun, campers biasanya lebih suka menghabiskan waktu dengan bersantai. Seperti duduk-duduk di dekat tenda sambil memerhatikan panorama laut. Kamu bisa, kok, menikmati aktivitas santai di air. Misalnya, dengan berenang di dekat bibir pantai atau sekadar basah-basahan.

Apalagi, air pantai ini sangat jernih dan berwarna biru kehijauan. Jadi, pemandangannya memanjakan mata. Ditambah lagi, pantai ini dikelilingi perbukitan hijau yang terlihat seperti bukit Teletubbies. Bagus banget pokoknya.

Kalau camping di sini, kamu bisa mengajak pasangan berdua, atau bersama keluarga dan teman-teman. Jadi, kamu dapat menikmati liburan bersama-sama.

Barusan kita sudah berkeliling ke tempat-tempat camping terbaik di Sulawesi Utara. Sekarang waktunya kamu berkemas dan bawa tenda kamu ke sana. Omong-omong, tempat camping favorit kami yaitu Pantai Pulisan, karena di sini bukit dan pantai menjadi satu. Sungguh cantik, bukan. Seperti apa tempat camping favoritmu, apakah gunung, hutan, atau pantai? Share opini kamu di kolom komentar, ya!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar