5 Tempat Camping Terbaik di Sekitar Manado yang Lagi Hits (2022)

Manado adalah salah satu kota di Indonesia dengan keindahan alam terbaik. Pesona bawah laut Bunaken misalnya, berhasil menarik wisatawan lokal hingga mancanegara setiap tahun. Keindahan alam Manado sudah pasti menarik minat wisatawan pencinta alam. Di Manado juga terdapat banyak sekali camping spots dengan pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang. Cocok untuk kamu yang ingin refreshing jauh dari keramaian.

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Puncak Temboan Rurukan

Temboan Peak Rurukan
Puncak Temboan Rurukan, Sulawesi Utara (Sumber: Ingrid Ruby)
LokasiBar., Masarang, Kec. Tondano Bar., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPanorama Gunung Kalabat, pemandangan perbukitan Minahasa, pemandangan sunrise dan sunset, spot berfoto, udara sejuk pegunungan, pemandangan Danau Tondano
Rute dari kota Manado1 jam 9 menit (32.7 km) lewat Jl. Tondano Kamangta (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 355 ulasan Google

Puncak Temboan Rurukan jadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan Danau Tondano yang ada di Minahasa. Selain pemandangan danau, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan pegunungan dan area persawahan area warga yang hijau. Dari sini, kamu juga bisa melihat pemandangan sejumlah kecamatan dan kabupaten yang ada di Manado. Contohnya, seperti Kabupaten Minahasa, Kecamatan Eris, Kecamatan Kombi, dan lain-lain.  

Di kejauhan, siluet Gunung Kalabat dan perbukitan Minahasa juga terlihat sangat indah. Kamu seakan sedang memandang lukisan Tuhan. Momen terbaik adalah saat sunrise dan sunset. Saat cuaca berkabut pun, pemandangan dari puncak Temboan ini memberikan kesan tersendiri yang tak kalah unik. Suasana alam yang tenang membuat tempat ini cocok sebagai spot camping.

Area puncak Temboan terdiri dari padang rumput yang cukup luas yang dibatasi dengan tebing curam. Kamu bisa mendirikan tenda di area tersebut sambil menikmati pemandangan alam. Puncak Temboan juga jadi tempat untuk menyelenggarakan acara camping bersama komunitas. Jika dibutuhkan, kamu bisa menggunakan ruang serbaguna yang tersedia.  

Fasilitas lainnya yang tersedia di Puncak Temboan ini adalah restoran dan toilet. Sayangnya, di sini masih belum tersedia fasilitas penerangan maupun tempat persewaan tenda. Jadi, kamu harus membawa perlengkapan camping sendiri jika ingin berkemah di sini. Jangan lupa untuk mengenakan jaket yang tebal untuk menghalau rasa dingin. Terutama, saat malam tiba.

Buat yang hobi berfoto, terdapat spot berfoto bertuliskan “Green Area Puncak Temboan” yang berwarna-warni. Kamu juga bisa berfoto dengan pemandangan alam Kota Manado dan sekitarnya sebagai latar belakang. Tapi, lereng di puncak bukit ini lumayan curam. Jadi, kamu harus ekstra berhati-hati saat berfoto ria.  

2. Ketama Adventure Park

Ketama Adventure Park
Ketama Adventure Park, Sulawesi Utara (Sumber: instagram.com/royfirmansyah01)
LokasiTouliang Oki, Kec. Eris, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Jumat, 09:00 – 18:00
Sabtu dan Minggu, 09:00 – 19:00
Harga paket campingRp30.000/orang
Rp200.000 – Rp250.000/malam (sewa penginapan)
Telepon082148330918
Daya tarik wisataPemandangan Danau Tondano, pemandangan sunset yang romantis, panorama hutan pinus, aktivitas outbound seru, spot berfoto cantik
Rute dari kota Manado1 jam 13 menit (36.2 km) lewat Jl. Tondano Kamangta (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 344 ulasan Google

Ingin dapat pemandangan Danau Tondano yang lebih jelas? Yuk, camping ceria di Ketama Adventure Park. Tempat wisata keluarga ini menawarkan area camping ground yang sangat luas. Buat yang mencari lokasi camping ramai-ramai bersama komunitas maupun teman-teman sekolah juga bisa memilih tempat ini. Area perkemahan di Ketama Adventure Park ini kemungkinan bisa menampung hingga 100 tenda.

Selama camping di sini, ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan. Di dekat camping ground terdapat area outbound dengan berbagai wahana yang seru. Untuk yang membawa rombongan bisa berpartisipasi di dalam mini games yang diselenggarakan pengurus. Tak hanya itu, kamu juga bisa berfoto-foto di spot berfoto yang disediakan.

Selain panorama Danau Tondano, kamu juga dimanjakan dengan suasana ala

m yang tenang. Di sekitar area camping terdapat pepohonan pinus yang sangat rindang. Kamu bisa memasang hammock dan bersantai sambil menikmati ketenangan alam.

Untuk yang ingin menginap tanpa harus camping bisa menginap di fasilitas homestay. Fasilitas lainnya yang tersedia adalah toilet yang bersih dan terawat, serta musala untuk beribadah. Kamu juga bisa menikmati keindahan langit di sore hari sambil menyantap hidangan di café. Tak perlu khawatir, harga dari menu makanan yang ditawarkan tergolong sangat terjangkau dan masuk akal.

Untuk memeriahkan suasana, café di dekat area camping ground ini juga menggelar acara live music. Kelap-kelip lampu yang menghiasi area camping ground juga membuat suasana jadi lebih romantis. Di malam hari, udara di kawasan perkemahan Ketama Adventure Park memang lumayan dingin. Jadi, saya sarankan untuk mengenakan jaket yang tebal. Untuk mengusir hawa dingin, kamu juga bisa menyalakan api unggun.

3. Danau Linow

Danau Linow
Danau Linow, Sulawesi Utara (Sumber: instagram.com/danaulinowresort)
LokasiLahendong, Kec. Tomohon Sel., Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp50.000/pax
Telepon08114323141 082191507889
Daya tarik wisataKeindahan Danau Linow, restoran dan café kekinian, spot berfoto instagramable, kesejukan udara pegunungan, suasana danau yang tenang
Rute dari kota Manado1 jam 18 menit (32.9 km) lewat Jl. Raya Manado Tomohon (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5.0 – 653 ulasan Google

Danau Tondano bukan satu-satunya wisata danau ikonis di Manado. Danau Linow juga sangat terkenal dengan pemandangan danau sulfurnya. Warna air danau yang biru kehijauan memang memberikan kesan unik tersendiri untuk danau ini. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat warna air yang berbeda-beda, tergantung dari paparan sinar matahari pada saat itu.

Karena aroma sulfur yang sangat kuat, kamu memang tidak direkomendasikan untuk camping di tepi danau. Tapi, tidak perlu kecewa! Kamu tetap bisa menikmati keindahan Danau Linow dari D’Linouw Camping Ground. D’Linouw Camping Ground merupakan salah satu tempat camping di Sulawesi Utara favorit para campers.

Kenapa jadi favorit wisatawan? Karena lokasi camping dekat dengan Danau Linaw,. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pemandangan danau yang cantik dari pintu tendamu. Keren, kan? Selain itu, tanah lapang di area camping cukup luas. Area camping ground yang sangat luas ini bisa memuat hingga ratusan tenda! Jadi. Sangat cocok untuk kamu yang berencana camping ceria bersama rombongan keluarga atau teman-teman komunitas.

Selain itu, kamu juga bisa membawa mobilmu masuk ke dalam area perkemahan. Untuk yang ingin campervan, ini pastinya jadi kabar yang baik. Area campground ini dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang. Suasana tenang khas pegunungan juga bisa kamu rasakan. Pemandangan Danau Linow yang sangat cantik bisa kamu nikmati dengan jelas dari sini.

Selain menikmati pemandangan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Kamu bisa membawa perlengkapan BBQ untuk menambah keceriaan. Menyalakan api unggun juga diperbolehkan. Tapi, kamu wajib menggunakan tong atau tempat khusus untuk membuat api. Berfoto dengan pemandangan Danau Linow di latar belakang tidak boleh kamu lewatkan.

Untuk fasilitas yang tersedia di camping ground ini lumayan lengkap. Tersedia fasilitas toilet yang bersih dengan aliran air yang lancar. Untuk yang membutuhkan daya listrik untuk menyalakan lampu atau peralatan memasak, bisa memanfaatkan fasilitas listrik. Untuk yang tidak membawa tenda, bisa menyewanya dengan menghubungi pihak pengelola.

4. Pantai Canada

Pantai Canada
Pantai Canada, Sulawesi Utara (Sumber: instagram.com/soalmanado)
LokasiDesa Batuputih, Kota Bitung, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPanorama pantai berpasir putih, formasi berbatuan karang unik, spot menyaksikan sunrise, keindahan goa alami
Rute dari kota Manado1 jam 31 menit (65.1 km) lewat Jl. Tol Manado – Bitung (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5.0 – 135 ulasan Google

Walaupun bernama sama dengan negara Kanada, pantai ini ternyata berlokasi di kota Manado. Pantai Canada termasuk sebagai hidden beach yang menyimpan pesona alam yang masih sangat perawan. Lokasinya yang terpencil membuat pantai cantik ini tidak banyak diketahui wisatawan. Di sini, kamu bisa menikmati camping santai sembari menikmati suasana alam yang tenang.

Penggemar campervan juga hobi berkemah di sini. Area camping yang sangat luas memang memungkinkan kendaraanmu diparkirkan di samping tenda. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan camping dari mobil ke area perkemahan.

Dari area camping ground, kamu bisa menyaksikan pemandangan lautan lepas yang sangat cantik. Suara deburan ombak yang pecah jadi musik tersendiri yang membuatmu rileks. Laut di pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar. Sehingga, kamu tidak direkomendasikan berenang di sini.

Tapi, selama camping di sini kamu bisa menikmati keseruan memancing ikan. Di sekitar pantai terdapat formasi berbatuan karang yang sangat cantik. Kamu bisa menggunakannya sebagai spot berfoto untuk konten media sosialmu. Salah satu spot berfoto yang paling populer adalah batu karang yang berlubang di bagian tengah. Spot tersebut sangat populer di kalangan fotografer. Pasir putih semakin menambah keeksotisan pantai ini.

Sayangnya, akses jalan menuju pantai ini masih berupa tanah yang berbatu. Saat hujan, medan menjadi sangat licin. Jadi, kamu harus ekstra berhati-hati. Luas jalan yang sempit hanya bisa dilalui sepeda motor dan satu mobil. Itu pun harus mobil tipe offroad maupun mobil dengan ground clearance tinggi. Fasilitas air bersih dan toilet umum tersedia. Di sini tidak tersedia warung. Jadi, kamu harus bawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

5. Camping Ground Twa Batuputih

Camping Ground Twa Batuputih
Camping Ground TWA Batuputih, Sulawesi Utara (Sumber: instagram.com/dlhprovlampung)
LokasiBatuputih Bawah, Kec. Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingSenin – Jumat: Rp5.000/orang Sabtu – Minggu: Rp7.500/orang
Telepon
Daya tarik wisataPesona hewan endemik Manado, pesona flora endemik di Manado
Rute dari kota Manado1 jam 23 menit (62.1 km) lewat Jl. Tol Manado – Bitung (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5.0 – 41 ulasan Google

Mengelilingi Taman Wisata Alam Batuputih memang tidak cukup dilakukan dalam satu hari saja. Taman wisata yang juga merangkap tempat konservasi alam ini memang memiliki koleksi flora dan fauna yang memesona. Nah, jika kamu ingin merasakan sensasi menginap di dalam kawasan ini sangat mungkin. Di sini menyediakan fasilitas camping ground yang sangat luas.

Area camping ground TWA Batuputih ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi PERSAMI atau camping untuk komunitas maupun organisasi pencinta alam. Campground ini sangat luas dan bisa memuat hingga ratusan tenda. Tempat ini juga berbatasan langsung dengan area hutan konservasi. Jadi, sambil camping kamu bisa sekaligus menyaksikan satwa-satwa yang dilindungi. Antara lain Yaki pantat merah, burung Rangkong, dan monyet Tarsius.

Fasilitas yang tersedia di area perkemahan lumayan memadai. Akses air bersih yang melimpah, kamar mandi, dan toilet yang terawat tersedia di sini. Campers juga bisa menggunakan fasilitas aula yang luas untuk berbagai acara. Suasana di sekitar area camping ground juga sangat tenang dan jauh dari keramaian. Udara yang sejuk membuatmu jadi semakin betah.

Sayangnya, di sini tidak menyediakan fasilitas penerangan. Jadi, kamu harus membawa lampu sendiri untuk menerangi tenda. Karena di sini juga tidak menyediakan fasilitas warung, pastikan kamu sudah membawa makanan serta minuman sendiri. Di siang hari, cuaca di buper ini sangat panas. Jadi, jangan lupa untuk mengenakan baju lengan panjang yang nyaman.

Untuk penggemar camping, Manado memang wajib ada di daftarmu. Kota ini tidak hanya menawarkan pesona keindahan alam yang cantik. Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman camping yang tenang dan cocok untuk penyegaran. Selama camping, kamu akan dikejutkan dengan keindahan alam Kota Manado yang tak terlupakan. Mulai dari pesona pantai hingga alam pegunungan. Yang paling penting, selalu jaga kebersihan di mana pun kamu berada.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar