10 Tempat Camping Terindah di Sumatera Utara yang Lagi Hits (2022)

Ada banyak cara buat menikmati liburan di Sumatra Utara. Baik kamu warga lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Salah satunya dengan menikmati destinasi alam di sana. Jangan cuma jalan-jalan saja. Coba habiskan waktu lebih lama untuk menyatu dengan alam melalui kegiatan camping.

Memangnya ada tempat camping yang bagus di Sumut? Tentu ada. Nih, kami kasih rekomendasi spot camping yang asyik buat camping di ujung barat Indonesia. Siap? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Sumatera Utara:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu melalui ulasan Napaktilas berikut ini.

1. Bukit Indah Simarjarunjung, Simalungun

Tempat Camping Di Sumut Bukit Indah Simarjarunjung Simalungun
Bukit Indah Simarjarunjung, Simalungun (sumber: instagram.com/ddadventuremedan/)
LokasiJl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-18.00
Harga tiket masukRp15.000/orang
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingRumah pohon, ayunan, spot foto

Bukit Indah Simarjarunjung adalah tempat camping favorit. Jalan menuju lokasi menanjak. Biasanya, tidak semua bus berani sampai di titik lokasi. Bus bisa parkir di lahan depan. Kamu sendiri bisa naik motor, mobil, bus ke sini.

Kalau dari parkiran ke area camping dekat. Namun, kamu akan berjalan ke area camping dengan jalan yang menanjak juga. Kalau bawa mobil, kamu bisa parkir kendaraan di area camping, di sebelah tenda. Untuk parkir mobil Rp20.000 dan bus Rp60.000. Untuk tiket masuk Rp15.000 per orang. Untuk camping, biayanya Rp25.000 per tenda.

Sementara, untuk perlengkapan camping, pengunjung bisa bawa sendiri. Lalu, untuk pemandangan di sini terlihat indah. Kamu dapat melihat perbukitan. Sejauh mata memandang, terlihat juga Danau Toba dan Pulau Samosir di kejauhan. Selain itu, fasilitas di sini lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, warung. Juga ada banyak spot foto.

Saat camping, pengunjung suka membuat barbeque saat malam. Kemudian, campers juga suka melihat pemandangan danau dan perbukitan yang cantik. Selain itu, pemandangan sunrise juga terlihat bagus dari sini. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan. Nuansanya santai dan hangat.

2. Air Terjun Sikulikap, Berastagi

Tempat Camping Di Sumut Air Terjun Sikulikap Berastagi
Air Terjun Sikulikap, Berastagi (sumber: instagram.com/nubunjosua/)
LokasiDesa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukTiket Masuk Pejalan Kaki: Rp5.000
Tiket Masuk Motor: Rp20.000
Tiket Masuk Mobil: Rp60.000
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingAir terjun, jalur trekking, rumah hobbit, panjat tebing

Air Terjun Sikulikap sering menjadi destinasi wisata alam. Selain itu, banyak yang camping di sini. Untuk akses ke lokasi, kamu bisa naik motor dan mobil. Ada tempat parkir luas untuk kendaraan. Dari parkiran, kamu perlu berjalan sedikit ke area camping. Jalannya sudah rapi dan ber-paving. Oh iya, ada tiket masuk untuk pejalan kaki Rp5.000, motor Rp20.000, dan mobil Rp60.000.

Untuk perlengkapan camping, kamu boleh bawa sendiri. Sementara, area camping berada di kawasan hutan. Ada banyak pohon di sekitar tempat camping. Suasananya rindang, dan terlihat hijau segar. Selain itu, juga ada monyet-monyet yang tinggal di hutan ini. Mungkin kamu akan berjumpa dengan mereka.

Area camping berupa dataran tanah luas yang penuh pepohonan. Bisa muat banyak tenda di sini. Kamu mungkin juga akan camping dengan banyak campers lain. Pengunjung yang camping tidak akan melewatkan air terjun yang menjadi ikon tempat ini. Kamu bisa berjalan tidak jauh sampai di air terjun. Jalannya memang sedikit terjal tapi pemandangannya worth it.

Aktivitas favorit lainnya adalah menikmati waktu sambil melihat pemandangan. Campers juga suka berfoto terutama di air terjun. Kalau fasilitas, sudah ada lengkap. Ada kamar mandi, toilet dan kafe. Tempat camping ini pas untuk healing. Cocok untuk camping bersama keluarga, teman, serta pasangan.

3. Bukit Holbung Samosir, Samosir

Tempat Camping Di Sumut Bukit Holbung Samosir Samosir
Bukit Holbung Samosir, Samosir (sumber: instagram.com/afikasr/)
LokasiDolok Raja, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000/orang
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sabana hijau, pemandangan puncak bukit, panorama sunrise dan sunset, pemandangan Danau Toba

Bukit Holbung Samosir memiliki akses jalan menanjak. Jalannya sudah baik dan beraspal. Namun, semakin mendekati lokasi, jalan berupa tanah, dan sebagian cor-coran. Kamu bisa naik motor dan mobil untuk sampai di lokasi camping. Setelah sampai, kamu bisa parkir. Tempat parkirnya cukup luas, muat beberapa kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk tiket masuk per orang Rp5.000. Lalu, parkir kendaraan roda dua Rp5.000 dan roda empat Rp10.000. Sementara, untuk yang mau camping, biaya parkir kendaraan roda dua Rp10.000 dan roda empat Rp20.000. Update harga tersebut per 26 Januari 2022. Sementara, untuk perlengkapan camping, pengunjung boleh bawa sendiri.

Dari parkiran, kamu perlu berjalan naik ke area camping, jalannya menanjak tapi tidak jauh. Lalu, kamu sampai di puncak bukit untuk area camping. Areanya luas berupa hamparan rerumputan hijau. Pemandangan di tempat camping ini sangat, sangat bagus.

Kamu dapat melihat perbukitan yang benar-benar hijau di sekeliling. Lalu, kamu juga bisa melihat Danau Toba dari dekat, dengan sudut yang pas, sehingga view-nya memesona. Di sejumlah titik di bukit, tumbuh pohon-pohon, ada cemara juga. Sekilas panorama di sini mungkin mengingatkanmu akan padang rumput luas di atas tebing di suatu tempat di Eropa. Atau, padang rumput di perbukitan di negara empat musim.

Pengunjung saat camping biasanya suka jalan-jalan keliling bukit. Lalu, tentu saja berfoto-foto. Kamu juga dapat memasak makanan sendiri saat malam. Oh iya, kadang ada kawanan sapi dan kerbau di atas bukit, di dekat area camping. Kalau fasilitas di sini ada kamar mandi, toilet, penjual makanan dan minuman. Tempat camping ini cocok untuk kamu dan keluarga, teman-teman, juga pasangan.

4. The Kaldera, Toba

Tempat Camping Di Sumut The Kaldera Toba
The Kaldera, Toba (sumber: instagram.com/johnnysiahaan/)
LokasiSigapiton, Ajibata, Toba, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, Pagi 09.00-11.00, Siang 13.00-15.00.
Sabtu-Minggu, Pagi 09.00-11.00, Siang 13.00-15.00, Sore 16.00-18.00
Harga tiket masukRp15.000/orang
Telepon061-4200-2060
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingAmfiteater, pemandangan Desa Wisata Sigapiton di lembah bukit, pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir, atraksi Toba Coffee Show, Toba Gastronomy Show

The Kaldera Toba adalah tempat camping yang sudah dikelola dengan baik, serta ditata rapi. Ada berbagai atraksi dan spot hiburan. Ada juga jalur ber-paving untuk berjalan kaki. Tiket masuk untuk dewasa Rp15.000, anak-anak Rp10.000, dan parkir mobil Rp10.000.

Di sini, pemandangannya indah, terlihat Danau Toba di kejauhan. Lalu, ada perbukitan di sekeliling tempat camping ini. Juga ada banyak pohon yang tinggi menjulang. Suasana terasa segar dan hijau memanjakan mata.

Untuk perlengkapan camping, kamu bisa bawa sendiri atau menyewa. Biasanya ada paket camping tersedia. Sementara, area camping berupa hamparan rumput di antara pohon-pohon tinggi. Dari area camping, terlihat sinar matahari menembus sela-sela pepohonan. Membuat dedaunan berkilau keemasan tertimpa sinarnya.

Kalau kamu bawa kendaraan ke sini, bisa sampai di tempat parkir. Kamu dapat berjalan dari parkiran ke area camping tidak jauh. Area camping juga luas, bisa muat banyak tenda. Pengunjung biasanya suka berfoto-foto, membuat api unggun dan barbeque, menikmati pemandangan.

Tempat camping ini masih cukup baru. Namun, sudah banyak yang datang ke sini untuk camping. Terutama, karena pemandangannya indah dan segar, juga jauh dari keramaian. Sementara, fasilitas umum cukup lengkap. Ada kamar mandi, toilet, kedai kopi. Tempat ini cocok untuk camping bersama siapa saja. Kamu bisa mengajak keluarga, teman, pasangan, rombongan kantor, hingga komunitas.

5. Binahal Indah Resort, Simalungun

Tempat Camping Di Sumut Binahal Indah Resort Simalungun
Binahal Indah Resort, Simalungun (sumber: instagram.com/binahalindahresort/)
LokasiUjung Saribu, Pematang Silimahut, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp150.000/tenda  
Telepon0812-7793-636
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPanorama Danau Toba, pemandangan Bukit Barisan, kebun bunga, spot foto

Binahal Indah Resort menyajikan pemandangan yang eksotis. Selain itu, tempat camping ini sudah dikelola dengan baik. Area camping berada di kawasan dataran tinggi di pinggir Danau Toba. Area untuk camping ini sangat luas. Bisa muat banyak tenda di sini. Selain itu, kalau mau sewa tenda, bisa. Biaya sewa Rp150.000 per tenda. Bisa juga kalau mau bawa tenda sendiri.

Sementara, biaya masuknya berbeda-beda. Untuk tiket masuk biasa yaitu Rp5.000. Tiket masuk camping Rp20.000. Biaya parkir kendaraan roda dua Rp5.000 dan roda empat Rp10.000. Untuk sewa aula dan sound bisa, biayanya Rp300.000, fasilitasnya duduk dengan alas tikar. Namun, juga tersedia kursi 50 buah.

Kalau mau bikin api unggun, ada biaya Rp30.000 untuk tong kecil, dan Rp100.000 untuk tong besar. Ini sudah termasuk kayu bakar. Selain itu, fasilitas di tempat camping sudah lengkap. Ada kamar mandi, toilet, dan kantin. Namun, belum ada musala menurut update per 3 Februari 2022.

Para campers biasanya suka membuat barbeque, lalu mendengarkan musik bersama melalui sound speaker. Oh iya, kalau ke sini, kamu bisa naik motor dan mobil, area parkirnya luas. Namun, akses jalan masih berupa berbatuan kerikil. Jadi, hati-hati saat berkendara. Tentu saja, pemandangan di tempat camping worth it banget.

Di sini, area camping berupa hamparan rumput dengan sedikit pepohonan. View-nya menghadap ke Danau Toba. Selain itu, terlihat perbukitan hijau mengelilingi danau. Saat langit cerah, ini terlihat sangat bagus. Langitnya biru dengan awan putih berarak. Tempat camping ini cocok untuk teman-teman, pasangan, keluarga. Mengajak anak-anak juga bisa.

Pengen tahu lebih banyak rekomendasi tempat camping asyik di Indonesia lainnya? Kami sudah menyiapkan kurasi tempat-tempat camping terbaik dari Sabang sampai Merauke spesial untuk kamu. Mau? Baca selengkapnya di sini.

6. Bumi Perkemahan Silalahi, Berastagi

Tempat Camping Di Sumut Bumi Perkemahan Silalahi Berastagi
Bumi Perkemahan Silalahi, Berastagi (sumber: instagram.com/paroposilalahi/)
LokasiParopo I, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp80.000/tenda per malam
Telepon0812-6354-3865
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Danau Toba, pemandangan perbukitan, keindahan sunrise

Kalau mau camping next level, persis di sebelah Danau Toba langsung, kamu bisa ke Bumi Perkemahan Silalahi. Jadi, saat membuka tenda di pagi hari, kamu langsung melihat Danau Toba di depan mata. Riak airnya tenang di tepi danau, terlihat jelas, tepat di depan tenda kamu.

Kalau ke sini, biasanya pengunjung naik motor. Motor kamu bisa parkir di parkiran dekat dari area camping. Ada juga area camping di mana motor dan mobil bisa masuk sampai di sebelah tenda kamu. Sementara, untuk tenda, kamu bisa bawa sendiri atau sewa. Biaya sewa satu tenda Rp80.000 per malam.

Disarankan kamu camping saat weekday. Kalau weekend, tempat camping ini sangat ramai. Tentu saja, karena pemandangan di sini menghipnotis. Terlihat Danau Toba langsung di depan mata, karena kamu berada di tepinya. Danaunya luas, airnya hijau kebiruan. Ada perbukitan hijau di sekeliling tempat camping.

Pengunjung yang camping suka menikmati panorama danau. Lalu, kadang ada yang menyetel musik. Kalau kamu mendengarkan musik, pastikan volumenya tidak kencang. Jadi, tidak akan mengganggu campers yang lain. Kamu juga bisa memancing dan berenang di perairan pinggir danau. Anak-anak juga aman kalau mau berenang.

Untuk fasilitas, di sini sudah ada kamar mandi, toilet, dan warung. Bisa pesan kopi, teh, dan lainnya di warung tersebut. Tempat camping yang cantik ini cocok untuk keluarga, anak-anak, teman dan pasangan. Siapa saja bisa camping di sini.

7. Bumi Perkemahan Sibolangit, Deli Serdang

Tempat Camping Di Sumut Bumi Perkemahan Sibolangit Deli Serdang
Bumi Perkemahan Sibolangit, Deli Serdang (sumber: instagram.com/ekspedisi_squad/)
LokasiBumi Perkemahan, Jl. Pramuka, Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000/orang untuk biaya retribusi
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pegunungan

Bumi Perkemahan Sibolangit memiliki akses yang mudah dijangkau. Meskipun, kondisi jalan kurang baik. Kalau kamu suka berkemah di kawasan pegunungan, camping ground ini pas untukmu. Pengunjung bisa naik motor dan mobil ke lokasi camping. Kalau bawa motor atau mobil, kamu bisa memarkirnya sampai area camping. Lalu, mendirikan tenda di sebelah kendaraan kamu.

Area camping berupa hamparan rumput yang sangat luas. Bisa muat banyak tenda di sini. Pengunjung biasanya membawa perlengkapan camping sendiri. Kamu juga bisa menyewa tenda yang disediakan warga setempat. Tempat camping ini bernuansa santai. Sampai di lokasi, kamu bisa langsung mendirikan tenda.

Pengunjung yang camping suka membuat api unggun dan barbeque saat malam. Kadang ada yang membawa gitar untuk bermusik sambil bernyanyi. Karena tempatnya luas, kamu bisa berjarak cukup jauh dengan tenda campers lainnya.

Sementara, pemandangan di sini terlihat menyejukkan mata. Selain hamparan rumput yang luas di area camping, ada juga pohon-pohon rindang dan jaraknya cukup saling berjauhan. Lalu, juga terlihat pemandangan gunung. Di sekitar tempat camping, terlihat pemandangan yang hijau dan segar, dengan banyak pepohonan sedikit di kejauhan. Atmosfer di sini terasa bebas lepas.

Sedangkan, untuk fasilitas di sini, ada kamar mandi, toilet, warung. Biasanya, ada juga rombongan yang melaksanakan kegiatan outbond di sini. Camping di sini cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan, maupun rombongan sekolah atau instansi.

8. Bukit Sipolha, Simalungun

Tempat Camping Di Sumut Bukit Sipolha Simalungun
Bukit Sipolha, Simalungun (sumber: instagram.com/melyardo01/)
LokasiBukit Sipolha, Sipolha Horison, Pematang Sidamanik, Simalungun Regency, North Sumatra (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp15.000/orang untuk registrasi dan parkir motor
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingDanau Toba, Pulau Hole, pemandangan perbukitan, spot memancing dan berenang, spot foto

Bukit Sipolha ibarat hidden gem untuk kamu yang suka camping. Ini merupakan salah satu tempat camping di dekat Danau Toba. Kondisi akses jalan baik, tapi sangat ekstrem saat menuju ke bawah mendekati lokasi camping. Jalannya berbatu dan menurun dengan curam. Jadi, hati-hati saat berkendara.

Lalu, kamu akan sampai di pos basecamp. Di sini tempat kamu parkir kendaraan. Pengunjung biasanya naik motor menuju ke lokasi camping ini. Setelah parkir, kamu perlu registrasi dahulu di pos. Lalu, kamu akan diberi kantung plastik, tempat sampah, dan makanan untuk selama camping.

Ada biaya parkir Rp5.000. Juga biaya tambahan untuk camping Rp10.000. Setelah itu, dari basecamp, kamu akan trekking sekitar lima menit ke bawah. Lalu, di bawah kamu akan sampai di area camping. Areanya berupa dataran tanah dan berbatu-batu besar di tepi danaunya. Area camping mungkin tidak seluas di tempat lainnya dan muat beberapa tenda.

Area camping di sini cocok untuk kamu yang ingin berkemah dengan suasana benar-benar tenang. Namun, kondisi tempat camping memang sedikit lebih ekstrem daripada yang lain. Meskipun begitu, campers tetap banyak yang camping di sini, tapi tidak terlalu padat.

Pengunjung yang camping biasanya suka mendaki ke puncak bukit dan berfoto dekat ilalang. Kadang ada juga yang mendirikan tenda di atas bukit. Para campers juga suka berenang di perairan pinggir danau. Selain itu, kamu bisa naik perahu untuk mampir ke Pulau Hole, sebuah pulau kecil tidak jauh dari bibir danau.

Tempat camping ini cocok untuk siapa saja, keluarga, pasangan, teman. Lebih ideal mengajak orang-orang terdekat yang juga hobi camping.

9. Pulau Paropo, Dairi

Tempat Camping Di Sumut Pulau Paropo Dairi
Pulau Paropo, Dairi (sumber: Family Camper Fun)
LokasiIII, Paropo I, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp120.000/paket camping
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingDanau Toba, pemandangan perbukitan

Pulau Paropo dekat dari Bumi Perkemahan Silalahi. Jadi, bisa dibilang masih satu kawasan. Sementara, Pulau Paropo ini berada di perbatasan Kabupaten Karo dan Kabupaten Dairi. Pulau Paropo sangat, sangat memesona. Pulau ini berukuran kecil dan tidak sepenuhnya terpisah dari daratan.

Jadi, ada jembatan yang memisahkan Pulau Paropo dan daratan Pulau Sumatra. Namun, karena air surut, kamu tidak perlu lewat jembatan. Ada daratan pulau tersebut yang muncul ke permukaan air, kamu bisa melangkah di atasnya. Oh iya, masyarakat setempat juga biasa menyebutnya Paropo saja.

Kalau kamu naik kendaraan, bisa parkir di parkiran yang luas. Lalu, kamu berjalan sedikit untuk sampai di pulau. Kemudian, kamu dapat mendirikan tenda di Pulau Paropo. Di sini, pemandangannya indah. Ada perairan Danau Toba mengelilingi pulau. Juga terlihat pemandangan perbukitan dan lembah-lembah yang hijau.

Fasilitas juga tersedia. Ada kamar mandi, toilet, warung, gazebo. Kamu bisa bawa tenda dan perlengkapan camping sendiri. Bisa juga menyewa, biasanya sudah tersedia dalam satu paket camping. Omong-omong, untuk mengunjungi kawasan wisata ini, ada tiket masuk dan biaya parkir Rp15.000-Rp50.000.

Pengunjung ketika sedang camping, biasanya suka berenang, memancing, melihat pemandangan, serta berfoto. Tempat camping di sini cocok untuk keluarga, teman, pasangan, dan siapa saja yang ingin refreshing sekaligus healing.

10. Camping Ground Gunung Sibayak, Karo

Tempat Camping Di Sumut Camping Ground Gunung Sibayak Karo
Camping Ground Gunung Sibayak, Karo (sumber: Ikhsan Harris Hrp)
LokasiJaranguda, Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp10.000/motor untuk parkir di pos pendakian
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingKawah Gunung Sibayak, puncak Takal Kuda, pemandangan dari puncak gunung, panorama sunrise

Gunung Sibayak adalah tempat favorit pendaki sekaligus biasa digunakan untuk camping. Untuk pemula juga aman mendaki gunung setinggi 2.212 mdpl ini. Ada beberapa jalur untuk pendakian. Jalur yang paling banyak dipilih adalah melalui Desa Semangat Gunung atau Desa Raja Berneh. Sebab, jalurnya berupa jalan dengan kondisi rapi, serta bisa dilalui mobil. Banyak pemula memilih jalur ini.

Kamu dapat menggunakan kendaraan mobil dan motor ke lokasi. Nanti, kamu parkir dan titip kendaraan di pos pertama untuk mobil, atau di area dekat helipad untuk motor. Ada biaya penitipan kendaraan Rp20.000-Rp30.000 per mobil dan Rp15.000-Rp20.000 per motor.

Oh iya, ada persewaan tenda juga di sini. Setelah selesai dengan registrasi dan menitipkan kendaraan, kamu bisa mendaki. Dari basecamp pos pertama, kamu akan mendaki sampai di atas. Kondisi medan berbatu, terjal, dan licin. Untuk pemula, bisa jadi pendakian terasa mengejutkan, tapi medannya tidak terlalu berat. Semua rasa lelah terbayar sesampainya di atas, di area camping.

Di sini, kamu bisa mendirikan tenda. Area camping berupa dataran berbatu. Sementara, ukuran area camping cukup luas, bisa untuk sejumlah tenda. Namun, belum tersedia fasilitas umum. Kondisi masih berupa alam bebas. Sementara, pemandangannya begitu memesona.

Terlihat lereng-lereng gunung yang kokoh dan sunyi. Kamu juga dapat melihat kawah yang eksotis. Di sekeliling gunung, ada bukit-bukit yang indah. Tentunya pemandangan di sini membuat kamu betah. Pengunjung suka berfoto, menyaksikan pemandangan, memasak makanan sendiri. Tempat camping ini cocok untuk siapa saja, anak-anak juga. Bisa untuk keluarga, pasangan, teman-teman.

Itulah rekomendasi tempat camping terbaik di Sumut. Dari semuanya, Danau Toba menjadi destinasi favorit yang paling menarik perhatian. Bagaimana dengan kamu, pernahkah kamu camping di pinggir danau? Share pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar