7 Tempat Camping Terbaik di Langkat yang lagi Hits (2022)

Langkat merupakan sebuah kabupaten di Sumatra Utara dengan ibu kota berada di Stabat. Kalau kamu sedang mencari tempat camping yang diam-diam mengasyikkan, langsung meluncur ke Langkat aja. Salah satu karakteristik unik tempat-tempat camping-nya adalah berada di dekat sungai.

Pas banget untuk kamu yang mencari kesegaran, apalagi di musim kemarau yang kering. Sekarang, kita simak, yuk, tempat camping yang paling recommended di Langkat. Siap? Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Langkat:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Lau Kulap

Tempat Camping Di Langkat Lau Kulap
Lau Kulap, Langkat (sumber: instagram.com/pesona.langkat/)
LokasiGarunggang, Kec. Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 09.00-17.30
Harga paket campingRp5.000-Rp10.000
Telepon
Daya tarik wisataKolam renang, udara dingin, pemandangan pohon dan bukit, mata air pegunungan, pemandangan pegunungan
Rute dari kota Stabat, Sumatera Utara2 jam 2 menit (61,7 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5 dari 707 ulasan Google

Lau Kulap merupakan wisata alam yang populer sekaligus bisa untuk camping. Akses ke lokasi cukup baik, tapi mendekati tempat camping, jalannya belum diaspal dan berupa berbatuan. Kamu mungkin perlu bersabar saat melintasi jalan tersebut.

Kamu pun bisa membawa kendaraan roda dua dan roda empat kemari, lalu parkir di lahan yang sudah tersedia. Untuk masuk ke dalam tempat wisata, kamu akan melewati jembatan di atas sungai.

Atraksi yang paling populer di sini merupakan kolam renang serta pemandangan alam yang hijau di dalam. Di tempat camping ini terdapat taman-taman yang cantik. Kemudian, ada cukup banyak kamar mandi.

Di dalam, kamu bisa melihat sekeliling tempat wisata ini yang seperti bukit-bukit ditumbuhi pohon dan rumput. Suasana terasa alami serta bernuansa hutan.

Untuk saat ini, setelah pandemi, kondisi taman-taman di dalam mungkin kurang terawat. Namun, kamu tetap bisa menikmati camping yang fun. Kamu pun dapat membawa tenda sendiri, lengkap dengan peralatan masak dan perbekalan untuk konsumsi.

Di sini, ada yang menjual makanan dan minuman, tapi mungkin masih sedikit. Disarankan kamu membawa bekal dari rumah agar lebih nyaman. Sementara, untuk camping kamu bisa mendirikan tenda di lahan berumput yang ada di dalam kawasan wisata.

Kalau camping tampaknya lebih nyaman bersama teman-teman pencinta alam. Mengajak keluarga untuk camping tidak apa-apa, tapi mungkin akan terasa kurang fasilitasnya.

Akan tetapi, pemandangan alamnya yang sangat hijau tentu memanjakan mata. Ditambah dengan suasana asri serta udara segar di sini.

Nah, kalau mau camping yang lebih seru bareng keluarga, langsung meluncur aja ke lokasi berikutnya. Bisa bertemu gajah, lho.

2. Tangkahan Cru

Tempat Camping Di Langkat Tangkahan Cru
Tangkahan Cru, Langkat (sumber: Teuku Darmansyah)
LokasiNamu Sialang, Kec. Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Kamis, 08.30-16.30. Jumat, Tutup. Sabtu-Minggu, 08.30-16.30
Harga paket campingTiket masuk: Rp10.000/orang
Biaya wisata: Rp150.000-Rp400.000
Biaya camping: Rp0 (gratis)
Telepon
Daya tarik wisataKonservasi gajah, aliran sungai, mandi di sungai, ekoturisme, melintasi perkebunan kelapa sawit, aktivitas memancing
Rute dari kota Stabat, Sumatera Utara2 jam 4 menit (56,5 km) lewat Jl. Kwala Sawit (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 547 ulasan Google

Tangkahan Cru sangat populer termasuk untuk camping. Pada dasarnya, Tangkahan Cru merupakan tempat konservasi gajah. Di sini, gajah-gajah juga mendapat pelatihan dari kru yang bertugas.

Di samping itu, tentu keindahan alamnya juga menjadi keunikannya. Terus, bakal lebih seru kalau berkemah, karena kamu jadi punya banyak waktu untuk menikmati alam di Tangkahan Cru.

Kamu bisa naik mobil atau motor ke tempat camping ini. Mendekati lokasi, kamu akan keluar dari jalan utama beraspal. Jalannya berganti jadi jalan tidak beraspal melainkan berbatuan sampai di lokasi camping-nya.

Setelah parkir, kamu bisa masuk ke dalam kemudian mencari spot untuk mendirikan tenda. Biasanya, campers membawa tenda sendiri dan semua perlengkapannya dari rumah.

Oh iya, kontur tanah di sini hampir seluruhnya berupa batuan. Terutama, untuk area di tepi sungainya. Namun, agak jauh dari tepi sungai, ada lahan tanah bercampur batu tapi lebih sedikit batunya. Di sini saja kalau mau mendirikan tenda agar nyaman saat tidur daripada beralaskan batu-batu.

Nah, begitu tenda siap, saatnya mengeksplorasi tempat camping ini. Tempatnya asyik banget dengan nuansa seperti hutan-hutan Asia Tengah di mana kamu akan bertualang dengan gajah.

Seluruh tempat camping ini dikelilingi pohon dan hutan yang hijau. Dilengkapi aliran sungai dengan air yang cukup jernih berwarna hijau. Saat camping, campers paling suka membakar ikan saat malam, kemudian membuat api unggun.

Oh iya, banyak juga campers yang suka memancing di sini. Selain itu, kamu dapat berinteraksi dengan gajah-gajah yang tinggal di tempat ini. Menyenangkan, ya.

Tempat camping berikutnya juga berada di kawasan sungai. Yuk, ke lokasi.

3. Landak River

Tempat Camping Di Langkat Landak River
Landak River, Langkat (sumber: instagram.com/camp_landak_river/)
LokasiBukit Lawang, Kec. Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk Rp10.000
Biaya camping Rp10.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataLingkungan bersih, nuansa alami, wisata kuliner tradisional, camping ground, udara sejuk, ojek untuk keliling, suasana sungai, mandi di sungai, ramah keluarga
Rute dari kota Stabat, Sumatera Utara2 jam 23 menit (75,0 km) lewat Jl. Jamin Ginting (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 338 ulasan Google

Seperti namanya, Landak River menyediakan tempat camping di pinggir sungai di dalam hutan. Akses ke lokasinya mungkin sedikit menantang apalagi kalau naik motor. Kamu akan melintasi jembatan gantung yang goyangannya cukup terasa.

Kalau naik mobil, hanya bisa sampai di jembatan penyeberangan tersebut. Kemudian, kamu naik ojek atau berjalan kaki ke lokasi camping.

Begitu sampai di lokasi, perjalananmu yang menantang akan terbayar dengan keindahan tempatnya. Area camping-nya luas berada di tengah hutan. Tempatnya pun terasa benar-benar alami seperti alam lepas.

Kamu bisa membawa tenda sendiri atau menyewanya di lokasi. Selain itu, terdapat kamar mandi dan musala yang dikelola dengan baik di sini. Ada juga warung yang menjual makanan dan minuman. Tentu saja kamu juga bisa membawa bekal konsumsi dari rumah.

Oh iya, tempat camping yang luas dan nyaman ini cocok untuk kemah rombongan. Mulai dari keluarga, teman, kantor, hingga komunitas kamu bisa camping di sini. Banyak spot camping-nya, jadi kamu tinggal pilih mau mendirikan tenda di mana.

Omong-omong, ada yang menarik di sini, yaitu wisata kuliner tradisional bernama Pekan Sunge Landak. Wisata tersebut buka setiap akhir pekan dan hari-hari besar. Boleh dicoba, nih.

Sementara, kalau untuk camping, tempat ini buka setiap hari. Jadi, kalau kamu ingin suasana camping lebih sepi, bisa datang saat hari biasa, bukan di akhir pekan.

Saat camping, biasanya campers suka membakar jagung dan ikan. Ada juga yang membuat api unggun saat malam. Kamu juga dapat bermain air di sungainya yang sangat jernih dan segar. Asyik, ya.

Dari sungai, sekarang kita naik ke kaki gunung. Let’s go.

4. Rumah Ladang Pamah Semelir

Tempat Camping Di Langkat Rumah Ladang Pamah Semelir
Rumah Ladang Pamah Semelir, Langkat (sumber: instagram.com/rumahladangsimelir/)
LokasiRumah Ladang Pamah Simelir, Ujung Bandar, Kec. Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk Rp10.000/orang
Parkir motor Rp5.000
Parkir mobil Rp10.000
Sewa tenda kecil Rp150.000
Sewa tenda besar Rp300.000
Telepon0822-7500-0382
Daya tarik wisataPegunungan bukit barisan, camping ground, spot foto, ramah keluarga, udara sejuk, pemandangan hijau, nyaman untuk healing
Rute dari kota Stabat, Sumatera Utara2 jam 2 menit (64,5 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 190 ulasan Google

Rumah Ladang Pamah Semelir merupakan salah satu tempat wisata yang hits. Lokasinya berada di kaki Pegunungan Bukit Barisan. Akses ke lokasi mudah dijangkau, juga bisa dilalui oleh motor dan mobil.

Bisa dibilang tempatnya hidden gem, karena cukup terpencil. Namun, keindahan alamnya membuat tempat ini menarik para wisatawan apalagi campers. Sering ada acara gathering komunitas di sini. Di sisi lain, juga ada sekelompok campers yangsekadar camping santai.

Jadi, kamu bisa mengajak teman-teman, pasangan maupun keluarga camping kemari. Tidak perlu khawatir karena di sini sudah ada fasilitas lengkap. Tersedia kamar mandi, musala, serta kafe.

Kalau mau bawa makanan sendiri juga boleh, kok. Selain itu, ada penyewaan tenda berukuran kecil dan besar. Jadi, nggak masalah kalau kamu tidak punya tenda.

Ketika berada di sini, kamu dapat menikmati hijaunya pegunungan dari dekat mengelilingi tempat camping ini. Kadang terlihat awan berarak turun mendekat ke lereng-lereng gunungnya. Udaranya pun sejuk dan segar.

Kalau mau berfoto di sini juga tersedia beberapa spot foto. Oh iya, sekadar informasi, di tempat camping ini umumnya susah sinyal untuk ponsel.

Akan tetapi, sudah disediakan Wi-Fi yang mungkin berlaku untuk satu orang saja di dalam rombongan. Kalau kamu ingin pakai Wi-Fi, coba tanyakan lagi ke pihak pengelola, ya.

Sementara, kalau sedang camping, kamu bisa nikmati waktu dengan jalan-jalan keliling lokasi. Biasanya, pengunjung paling suka berfoto di sini.

Tempat ini termasuk salah satu favorit campers. Bahkan, di sini, ada campers yang sudah pernah camping dua kali atau lebih.

Nah, sekarang kita ke destinasi berikutnya, ya.

5. The Yo’s Hill

Tempat Camping Di Langkat The Yos Hill
The Yo’s Hill, Langkat (sumber: Fauzan Ozen)
LokasiAdin Tengah, Kec. Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp30.000/orang
Telepon0821-6587-5114
Daya tarik wisataUdara sejuk, cocok untuk campers pemula, pemandangan dari ketinggian, kadang berkabut, lingkungan asri dan segar, pemandangan bukit
Rute dari kota Stabat, Sumatera Utara2 jam 17 menit (67,8 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,2/5 dari 158 ulasan Google

The Yo’s Hill cocok untuk kamu yang suka camping di atas bukit. Area camping-nya terbilang nyaman dan juga ideal untuk campers yang baru pertama kali berkemah. Selain itu, terdapat fasilitas kamar mandi di dekat area camping.

Namun, dikarenakan pandemi, tempat camping ini mungkin kurang mendapat perawatan. Di samping itu, akses jalan ke lokasi camping sebagiannya berbatu besar. Jadi, perlu hati-hati saat berkendara, terutama jika membawa mobil. Kalau bawa motor, bisa lebih mudah mengendarainya.

Begitu tiba di lokasi, kamu bisa parkir kemudian menuju area camping. Untuk area camping-nya berada di atas bukit yang hijau dipenuhi rerumputan. Areanya luas sehingga bisa untuk banyak tenda.

Kalau camping, kamu dapat membawa sendiri tenda beserta perlengkapan kemah lainnya. Biasanya ada yang menjual makanan cup mi seduh saja, seperti Pop Mie. Jadi, untuk konsumsi makanan berat dan camilan, kamu bisa membawa bekal sendiri juga.

Persiapan lainnya yaitu jangan lupa membawa sleeping bag karena udara dingin di sini. Apalagi, setelah lewat pukul 12 malam, udaranya sangat dingin. Jadi, bawalah perlengkapan tidur yang nyaman, termasuk kaus kaki.

Selebihnya, tempat camping ini bernuansa alam yang segar dan asri. Tempatnya juga terasa begitu alami. Kamu dapat melihat kabut yang menutupi perkotaan di bawah. Sementara, di sekeliling tempat camping ada perbukitan hijau yang lereng-lerengnya terlihat cantik.

Kamu bisa mengajak para sahabat serta keluarga atau pasangan camping di sini. Namun, mungkin akan lebih nyaman camping bareng teman dan sahabat.

Kalau kamu mencari tempat camping yang benaran ramah keluarga, pas banget kita langsung ke tempat berikutnya aja.

6. Pamah View

Tempat Camping Di Langkat Pamah View
Pamah View, Langkat (sumber: instagram.com/pamah_view/)
LokasiTelagah, Kec. Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 09.00-22.00
Harga paket campingTiket masuk: Rp20.000/orang
Sewa tempat, keamanan, kebersihan: Rp50.000/tenda
Sewa tenda 3-4 orang: Rp50.000/unit + sewa tempat: Rp50.000/tenda
Sewa tenda 5-6 orang Rp100.000/unit + sewa tempat: Rp50.000/tenda
Telepon0812-6908-990
Daya tarik wisataUdara dingin segar, suasana asri dan alami, camping ground, kolam buatan untuk bermain air, ada penginapan, ramah keluarga, cocok untuk acara rombongan
Rute dari kota Stabat, Sumatera Utara1 jam 52 menit (63,6 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 112 ulasan Google

Pamah View adalah camping ground favorit, karena kamu bebas datang begitu saja. Sudah tersedia tenda dengan harga sewa seperti yang kamu lihat pada informasi di atas.

Nah, di luar dari tiket masuk, tenda, dan biaya sewa tempat, kamu juga dapat menikmati fasilitas gratis. Fasilitas tersebut yaitu matras gulung 3 unit, kompor tidak termasuk gas, satu set peralatan masak.

Kamu juga mendapat lampu tenda gratis, hanya saja tidak termasuk baterainya. Kamu pun akan diberi drum untuk peralatan membakar ikan. Pokoknya udah lengkap banget apalagi untuk camping bersama keluarga tercinta.

Sementara, untuk ke tempat camping ini, kamu bisa naik kendaraan roda dua dan roda empat. Tempat parkirnya berada di atas jadi kamu akan turun sedikit untuk sampai di area camping-nya. Di dekat parkiran tersebut ada minimarket serta banyak toilet dengan WC duduk.

Di dekat minimarket, terdapat kolam yang airnya hijau dan jernih. Kolam bernuansa alami ini tepinya berupa batu-batu besar dan tersedia untuk anak-anak dan dewasa yang ingin berenang.

Sementara, di sebelah kolam agak berjarak sedikit, terdapat food court tempat makanan dan minuman. Ada juga musala di sini. Tersedia juga Wi-Fi dengan biaya Rp5.000 per 5 jam.

Selebihnya, kamu tidak boleh melewatkan pemandangan di sini yang memanjakan mata. Di tempat camping ini hampir seluruh lahannya tertutupi rumput yang hijau segar. Oh iya, ada juga area camping dengan tenda-tenda berada di tepi kolam. Benar-benar menyenangkan, bukan.

Nah, sekarang kita ke tempat camping yang terakhir, ya.

7. One Heart Hill

Tempat Camping Di Langkat One Heart Hill
One Heart Hill, Langkat (sumber: instagram.com/puncaksatuhati/)
LokasiTelagah, Kec. Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk: Rp10.000/orang
Biaya camping: Mulai dari Rp30.000/orang per malam
Parkir motor: Rp10.000
Parkir mobil: Rp20.000
Telepon0822-7200-5968
Daya tarik wisataTersedia spot foto, udara dingin berangin, ramah keluarga, pemandangan alam di ketinggian, suasana asri
Rute dari kota Stabat, Sumatera Utara1 jam 50 menit (60,8 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,1/5 dari 52 ulasan Google

Spot camping yang terakhir adalah One Heart Hill, sebuah tempat wisata yang berada di ketinggian. Seperti namanya, tempat camping ini berada di bukit.

Area camping di sini menarik. Kamu dapat mendirikan tenda di puncak bukitnya yang berupa lahan tanah dengan ditumbuhi pohon-pohon. Luas area camping-nya mungkin cukup terbatas. Bukan yang paling luas tapi kenyamanannya tetap terasa.

Nah, di sebelah area camping yang mana adalah jurang, dibangun gardu pandang dengan desain melingkar membentuk persegi panjang. Dari gardu pandang ini, terlihat seluruh lanskap alam yang membentang luas dan hijau.

Jadi, kamu akan melihat perbukitan hijau mengelilingi tempat ini. Suasana segar dan asri, tempatnya pun masih alami. Selain itu, camping di sini cocok untuk kamu dan keluarga atau para sahabat. Suasana terasa nyaman meskipun tempatnya berasa alam bebas.

Oh iya, udara di sini juga sejuk bahkan cenderung dingin. Jadi, bawa jaket dan sleeping bag, ya. Selain itu, untuk tenda dan perlengkapan camping lainnya, kamu bisa bawa sendiri. Kamu pun dapat membawa peralatan masak beserta bekal untuk konsumsi.

Sementara, kalau di tempat camping ini, ada warung yang menjual mi, teh, dan kopi. Selain itu, ada kamar mandi dan sejumlah spot foto yang disediakan untuk selfie. Nah, kamu bisa berfoto sambil menampilkan tenda kamu juga, biar kelihatan camping-nya.

Tempat camping ini indah dan suasananya juga tenang. Cocok untuk camping sambil healing bersama orang-orang terkasih.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Langkat. Kebanyakan tempatnya berada di dataran tinggi atau dekat dengan sungai. Yuk, berangkat camping untuk menikmati suasana alam dengan cara yang berbeda. Ajak teman-teman dan keluarga bercengkerama dengan alam.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar