Spot Camping di Pantai Gunungkidul

Gunungkidul menyimpan banyak potensi wisata pantai yang memesona. Pantai-pantai cantik tersebut berjajar mulai dari pantai Baron hingga Wedi Ombo. Akan tetapi, tidak semua pantai di Gunungkidul cocok untuk aktivitas camping. Karena pantai terlalu ramai wisatawan. Untuk itu, kami akan merangkum beberapa pantai dengan spot camping terbaik yang layak kamu kunjungi. Berikut 10 spot camping terbaik di pantai Gunungkidul versi Napaktilas:

Untuk lebih jelasnya, yuk baca sampai selesai.

1. Pantai Kesirat

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Kesirat
Spot camping pantai Kesirat.
LokasiGirikarto, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp5.000 per orang.
Telepon0821-3369-4714.

Spot camping pertama di Gunungkidul yang akan kami ulas adalah pantai Kesirat. Lokasi camping di pantai Kesirat berada di sebuah tebing pantai yang cantik dengan pemandangan laut selatan pulau Jawa. Area camping bisa memuat 30-60 tenda. Jadi, masih luas untuk camping berkelompok.

Pihak pengelola pantai Kesirat memberikan fasilitas camping yang lumayan lengkap. Ada tempat parkir yang luas, ada warung makan, toilet, gazebo dan spot foto berupa perahu yang terbut dari bambu.

Ada 5 daya tarik spot camping di pantai Kesirat, Gunungkidul:

  • Pertama, pantai Kesirat menawarkan spot untuk melihat sunset dan sunrise yang epik. Artinya, jika kamu camping di pantai Kesirat, kamu akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Lembayung senja yang romantis.
  • Kedua, panorama pantai yang cantik dan unik. Pantai Kesirat tidak memiliki pantai berpasir. Karena semua kawasan pantai Kesirat adalah tebing dan karang. Beberapa orang menjulukinya sebagai Tanjung Kesirat. Biarpun tidak ada pantai berpasir, tapi pantai Kesirat memiliki jalur trekking tebing yang seru dengan pemandangan laut yang indah.
  • Ketiga, gemerlap bintang di malam hari sangat indah. Karena lokasi camping berada di tebing pantai, maka kamu dapat melihat milyaran bintang di angkasa dengan jelas. Terlebih saat cuaca cerah tanpa awan.
  • Keempat, lokasi rock fishing yang menjanjikan. Khusus untuk kamu yang doyan mancing sambil camping, pantai Kesirat menawarkan spot mancing yang bagus.
  • Kelimat, akses transportasi mudah.

Ayo, kapan lagi bisa dapat spot camping secantik ini? Akhir bulan, segera agendakan ngecamp di sini ya. Hehe.

2. Pantai Wohudu

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Wohudu
Spot camping pantai Wohudu.
LokasiPantai Wohudu, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp5.000.
Telepon

Pantai Wohudu merupakan salah satu spot camping terfavorit di Gunungkidul. Di mana, pantai Wohudu letaknya sangat tersembunyi, dan diapit oleh dua tebing karang yang sangat besar. Jadi, pantainya sangat bersih, ombaknya tenang dan sepi.

Suasananya nyaman banget untuk ngecamp. Kalau kondisi pantai sedang sepi, serasa camping di privat beach ala film-film Hollywood.

Ada 5 alasan kenapa pantai Wohudu layak kamu jadikan tempat camping favorit:

  • Pertama, pantai Wohudu belum begitu terkenal, sehingga lokasi camping masih relatif sepi, tenang dan nyaman. Kamu tidak perlu takut terganggu wisatawan saat berkemah di pantai Wohudu.
  • Kedua, pantai Wohudu memiliki ombak yang tenang dengan pasir pantai putih-bersih.
  • Ketiga, area camping luas dan nyaman. Kami perkirakan bisa muat sampai 100 tenda.
  • Keempat, memiliki area pantai yang cukup luas, cocok untuk bermain bersama teman-teman dan keluarga. Artinya, selama camping kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain bola voli, bermain kejar-kejaran, membuat istana pasir, hingga membakar ikan.
  • Kelima, panorama alam di pantai Wohudu sangat indah. Air pantai jernih, lautan berwarna biru, dan area trekking ke tebing karang yang menantang. Intinya, kamu nggak akan bosan ngecamp di sana.

Mulai tertarik untuk camping di pantai Wohudu? Yuk, segera luangkan hari liburmu.

Catatan: pantai Wohudu belum memiliki fasilitas yang bagus. Karena area pantai jauh dari area parkir dan pemukiman. Sekali kamu masuk ke pantai, semua seperti terisolasi. Jadi, sebelum camping, kamu harus menyiapkan semua perlengkapan camping dengan benar.

3. Pantai Ngrumput

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Ngrumput
Spot camping di pantai Ngrumput.
LokasiDesa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp10.000.
Telepon

Spot camping terbaik di pantai Gunungkidul selanjutnya adalah pantai Ngrumput. Lokasi pantai Ngrumput berdekatan dengan pantai Drini. Jaraknya kurang lebih 1 Km ke arah timur dari pantai Drini.

Karena pantai Ngrumput termasuk pantai yang baru dibuka untuk wisata, sarana prasarana menuju pantai belum terbangun dengan baik. Artinya untuk menuju area pantai kamu perlu berjalan menyusuri jalan setapak selama 15 menit dari parkiran motor/mobil.

Ada 5 hal menarik yang bisa kamu peroleh saat camping di pantai Ngrumput:

  • Pertama, kamu bisa camping tepat di depan pantai. Jadi, saat kamu bangun tidur, kamu bisa langsung melihat pantai yang cantik di pagi hari.
  • Kedua, pantai Ngrumput memiliki pemandangan tebing dan karang yang cantik. Kamu akan mendapatkan berbagai spot foto yang cantik selama berkemah di sana.
  • Ketiga, lokasi pantai Ngrumput dekat dengan puncak Kosakora. Artinya, kamu bisa mengunjungi dua lokasi camping terbaik di Gunungkidul dalam satu waktu.
  • Keempat, tempat kuliner seafood yang lengkap. Selain menyajikan pesona pantai yang indah, pantai Ngrumput juga menawarkan wisata kuliner seafood yang nikmat. Jadi, selepas berkemah, kamu bisa menyantap hidangan seafood khas Gunungkidul.
  • Terakhir, area camping cukup luas bahkan muat untuk 100an tenda. Jadi, kamu tidak perlu takut kehabisan tempat camping saat di pantai Ngrumput.

Selain kelima kelebihan tersebut, pantai Ngrumput juga memiliki udara yang sejuk. Sangat nikmat untuk melepas penat di akhir pekan.

Terakhir, untuk fasilitas camping, di area pantai Ngrumput terdapat musala, toilet, area parkir hingga warung warga setempat. Akan tetapi, semua fasilitas itu berjarak 650 m dari pantai.

4. Pantai Sanglen

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Sanglen
Spot camping di pantai Sanglen.
LokasiDusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp10.000 per orang.
Telepon

Betapa nikmatnya, menikmati akhir pekan di pantai yang cantik dan sepi pengunjung. Bisa bermain air bersama keluarga atau teman-teman sepuasnya. Pemandangan indah terbentang di depan mata tanpa hiruk pikuk wisatawan yang mondar-mandir, itu sangat memuaskan.

Itulah kesan yang akan kamu peroleh saat camping di pantai Sanglen. Pantai Sanglen merupakan salah satu jajaran pantai yang belum terekspos di Gunungkidul. Pantainya masih bersih, sepi pengunjung dan memiliki area camping yang cukup luas.

Pemandangan saat sunset juga sangat indah dari tempat ini. Terlebih, jika kamu berkemah bersama pasangan, romantis banget.

Menurut pengalaman kami saat camping di sana, angin laut di malam hari sangat kuat. Pastikan saat membuat tenda, pasak tenda terpancang dengan kuat ke tanah. Biar tenda nggak mudah roboh.

Pihak pengelola juga menyarankan untuk tidak mendirikan tenda di pantai berpasir. Karena pada malam air laut akan pasang sampai menyentuh batas undakan pantai. Jadi, kami menyarankan untuk berkemah di spot camping di bawah pohon pandan laut saja.

Untuk fasilitas di area camping, kamu bisa mengakses toilet, musala, area parkir hingga warung makan warga sekitar. Dan jaraknya relatif dekat. Jadi, kamu dapat mengakses semua fasilitas tersebut dengan sangat mudah.

5. Pantai Sedahan

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Sedahan
Spot camping pantai Sedahan.
LokasiDesa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp5.000.
Telepon

Surga camping di pantai Gunungkidul lainnya adalah pantai Sedahan. Pantai Sedahan belum begitu popular di kalangan wisatawan, tapi bagi pencinta camping, pantai ini memanjakan jiwa. Pantai yang bersih, airnya jernih, sepi pengunjung, benar-benar seperti surga tersembunyi.

Beberapa pegiat camping di Gunungkidul bahkan menyebut pantai Sedahan sebagai pantai perawan. Karena keberadaannya belum terjamah banyak orang.

Karena pantai Sedahan belum begitu popular, jangan kaget jika jalanan menuju pantai belum bagus. Terutama setelah masuk ke desa Jepitu, Girisubo.

Berdasarkan pengalaman kami camping di pantai Sedahan, pantai ini benar-benar sepi. Kami sangat menyukai suasananya. Benar-benar seperti privat beach untuk kami. Bagi yang mencari ketenangan dan menghindari kebisingan, pantai ini cocok untuk kamu jadikan destinasi camping selanjutnya.

Jika kamu ingin camping di pantai Sedahan, kami ada 3 pesan:

  • Pertama, jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan bibir pantai. Karena pada malam hari, air laut akan pasang. Dan biasanya agak tinggi di pantai Sedahan.
  • Kedua, jangan berenang di pantai Sedahan. Pantai Sedahan memiliki arus balik yang cukup kuat, jika kamu berenang, kamu bisa tertarik ke tengah laut. Jadi, cukup main air di pinggir pantainya saja. Nggak usah sampai ke tengah apa lagi sampai berenang.
  • Ketiga, jangan tinggalkan sampah. Keindahan pantai Sedahan adalah airnya yang jernih, angin yang sepoi-sepoi dan tempat yang bersih. Jangan kotori surga tersembunyi ini dengan sampah yang kamu bawa.

Yuk, ngecamp di pantai Sedahan.

6. Pantai Greweng

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Greweng
Spot camping pantai Greweng.
LokasiPendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul,  Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp10.000.
TeleponS-

Spot camping menarik di pantai Gunungkidul berikutnya adalah pantai Greweng. Pantai Greweng adalah pantai yang terletak di sebelah pantai Wedi Ombo, Gunungkidul.

Lokasinya cukup tersembunyi dan tidak bisa diakses oleh transportasi umum. Hanya ada jalur setapak untuk akses menuju ke pantai Greweng. Jika kamu parkir di pantai Wedi Ombo, kamu perlu berjalan sekitar 1 km atau setara dengan 20 jalan kaki.

Mayoritas orang yang mengunjungi pantai Greweng adalah remaja dan muda-mudi. Tidak ada orang tua dan anak-anak. Hal ini karena akses menuju lokasi cukup sulit.

Ada 5 kelebihan pantai Greweng untuk camping:

  • Pertama, pantai Greweng memiliki spot foto yang instagramable. Jadi, kalau kamu camping di sini, kamu bisa mendapatkan foto-foto keren dengan latar pantai yang bersih layaknya pantai-pantai di luar negeri.
  • Kedua, suasana pantai sunyi, sepi dan menentramkan. Cocok sekali untuk menghilangkan penat sehabis bekerja keras. Karena pantai ini susah diakses, maka pengunjungnya juga relatif sedikit. Kebanyakan juga para pencinta camping, sefrekuensi.
  • Ketiga, ada area trekking ke bukit karang.
  • Keempat, banyak area lapang di pantai Greweng, bisa kamu pakai untuk bermain, berlari-lari ataupun sekedar bermain pasir.
  • Kelima, tempat yang asyik buat ngecamp.

Pantai Greweng merupakan salah satu spot favorit para pencinta camping di Gunungkidul. Tempatnya cantik, pasir pantainya putih-bersih dan anginnya sepoi-sepoi.

Namun, karena aksesnya cukup sulit, fasilitas di pantai ini belum terbangun dengan baik. Jadi, kamu hanya akan mendapatkan pantai cantik yang tersembunyi dari hiruk pikuk pariwisata Gunungkidul.

7. Pantai Siung

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Siung
Spot camping pantai Siung.
LokasiDusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp10.000.
Telepon

Pantai Siung merupakan salah satu pantai cantik di Gunungkidul yang sudah terkenal sampai mancanegara. Ini karena banyak liputan event panjat tebing di area tebing pantai Siung. Banyak event panjat tebing nasional dan internasional yang pernah di gelar di area pantai ini.

Di pantai siung tidak hanya tebingnya yang cantik. Area campingnya cukup luas dan nyaman. Dan sepi pengunjung. Jadi, kamu dapat bersantai dan bermain di pantai saat camping sepuasnya.

Di pantai Siung, kamu bisa mendirikan tenda di area pantai dan di bukit. Kalau kamu ingin camping di bukit, kamu perlu naik ke tebing sebelah timur terlebih dahulu. Di sana, warga setempat bukit gersang menjadi tempat camping.

Ada 3 hal yang membuat pantai Siung menarik untuk spot camping:

  • Pertama, suasana pantainya sangat nyaman dengan angin sepoi-sepoi.
  • Kedua, terdapat bukit sunset sebagai tempat melihat matahari terbenam yang indah di pantai Siung.
  • Ketiga, pengunjung bisa ngecamp langsung di area pantai dan di area bukit. Jadi, fleksibel sesuai kenyamanan masing-masing.

Dengan berkemah di pantai Siung kamu bisa melalukan berbagai hal, di antaranya:

  1. Susur pantai.
  2. Trekking di jalur bukit dan tebing.
  3. Bermain air di bibir pantai.
  4. Melihat sunset di bukit sunset pantai Siung.
  5. Menikmati gemerlap bintang di pantai Siung.

Cobalah sesekali ngecamp di pantai Siung. Pasti akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

8. Pantai Jungwok

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Jungwok
Spot camping pantai Jungwok.
LokasiJepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp5.000.
Telepon

Pantai Jungwok merupakan salah satu pantai di jajaran pantai paling timur Gunung Kidul. Letaknya 1 km di sebelah timur pantai Wedi Ombo dan sebelah barat pantai Greweng. Akses menuju pantai belum begitu bagus. Karena jalanan belum di aspal semuanya. Kami merekomendasikan menggunakan motor roda 2 untuk menuju pantai Jungwok. Karena lebih mudah, dan aman.

Pantai Jungwok memiliki area pantai yang tidak begitu lebar, tapi cukup luas untuk melakukan kegiatan camping. Kamu bisa langsung mendirikan tenda di pantainya. Bagi yang lebih suka melihat pesona pantai dari atas bukit, kamu juga bisa camping di bukit sekitar pantai Jungwok.

Ada 5 hal menarik yang bisa kamu peroleh saat camping di pantai Jungwok:

  • Pertama, pemandangan sunset yang cantik. Pesona kilau lembayung matahari terbenam yang dilihat dari Jungwok sangat cantik. Bahkan ada tempat duduk khusus yang dipakai untuk menikmati sunset di pantai ini.
  • Kedua, fasilitas camping yang cukup lengkap. Area camping dekat dengan fasilitas umum di wisata pantai Jungwok. Jadi, kamu tidak perlu takut jika mendadak membutuhkan sesuatu. Di sana ada musala, area parkir, kamar mandi, warung, basecamp nelayan, dll.
  • Ketiga, banyak spot foto menarik di sekitar pantai.
  • Keempat, ada banyak kerang dan koral cantik yang bisa kamu koleksi.
  • Kelima, pemandangan pantainya sangat indah dengan angin pantai yang menyegarkan.

Catatan: Jalur menuju pantai belum begitu bagus. Sangat tidak direkomendasikan pengguna mobil untuk masuk ke area pantai Jungwok. Kecuali, kamu mau jalan dari parkiran mobil yang letaknya agak jauh dari pantai Jungwok.

9. Pantai Butuh

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Pantai Butuh
Spot camping pantai Butuh.
LokasiKrambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp10.000.
Telepon

Masih setia untuk mengeksplorasi keindahan spot camping di Gunungkidul? Jika, iya, kamu wajib coba ngecamp di pantai Butuh.

Pantai Butuh menawarkan pengalaman camping di pantai yang masih alami dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Artinya, kamu akan ngecamp di pantai yang masih bersih dan perawan. Belum ada banyak sampah di sana.

Ada 5 hal menarik yang bisa kamu peroleh saat ngecamp di pantai Butuh:

  1. Kondisi pantai masih alami. Artinya, kamu tidak akan mendapatkan payung-payung pantai yang merusak pemandangan.
  2. Suasana camping yang sepi, nyaman dan menenangkan. Jauh dari hiruk pikuk wisatawan yang berlalu lalang.
  3. Bibir pantai yang bersih dari sampah.
  4. Air laut yang jernih dan pasir pantai putih-bersih.
  5. Biota laut yang terlihat jelas hidup di perairan pantai Butuh.

Ini pantai benerbener keren bagi pencinta camping di Gunungkidul. Nggak boong! Cuman ya itu, masih sepi. Hehe. Jadi, fasilitas camping masih kurang memadai.

10. Puncak Kosakora

Spot Camping Di Pantai Gunungkidul Puncak Kosakora
Spot camping di puncak Kosakora
LokasiBanjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam Buka24 jam.
HTMRp10.000.
Telepon

Terakhir, ini adalah spot camping paling popular di tahun ini, Puncak Kosakora. Puncak Kosakora merupakan spot camping yang berada di satu kawasan dengan pantai Ngrumput. Jadi, setelah kamu tiba di pantai Ngrumput, kamu ambil arah timur dan ikuti papan petunjuk jalan ke puncak Kosakora.

Puncak Kosakora menjadi sangat popular karena banyak foto sunset instagramable tercipta dari tempat ini. Kok bisa? Karena kalau kamu melihat sunset dari puncak Kosakora, kamu akan melihat secara jelas matahari tenggelam diperaduannya. Tidak terhalang oleh apa pun.

Dari puncak Kosakora, kamu juga bisa melihat keindahan pantai Ngrumput dari atas. Saat sore hari, kamu bisa bersantai sampai menyedu kopi dan menikmati keindahan laut selatan yang terbentang luas.

Kelebihan puncak Kosakora tidak berhenti sampai di situ saja. Apabila cuaca cerah, kamu dapat melihat gemerlap bintang di malam hari dari puncak tersebut. Angin sepoi-sepoi, suara ombak yang menentramkan hati dan gemerlap bintang di angkasa, benar-benar suasana yang sangat romantis.

Untuk mendapatkan pengalaman ngecamp terbaik di puncak Kosakora, kami merekomendasikan untuk camping di bulan Juli sampai Oktober.

Catatan: Karena puncak Kosakora berada jauh di atas bukit, maka kamu tidak akan mendapatkan fasilitas apa pun karena jauh dari lokasi parkir dan warung warga. Hanya tempat camping saja. Jadi, persiapkan perlengkapan camping dengan maksimal.

Akhir kata, itulah ulasan lengkap terkait 10 spot camping di pantai Gunungkidul. Dari kesepuluh pantai yang telah kami ulas, mana pantai favorit kamu? Tulis pendapat kamu di kolom komentar.

Baca lebih lanjut: Camping Ground Terbaik di Jawa Tengah »

Previous Article

Cara BAB di Gunung

Next Article

Tips Menghindari Petir di Gunung

Tinggalkan komentar