Panduan Pendaki Pemula

Panduan Pendaki Pemula

Mendaki gunung atau sering juga disebut “hiking” merupakan hobi berkegiatan luar ruangan yang menyenangkan. Kita bisa menjelajah di alam bebas, melihat flora dan fauna di habitat aslinya, hingga menikmati keindahan alam yang memesona.

Menurut penelitian Denise Mitten, PhD dari Prescott College, Arizona, mendaki gunung adalah hobi sekaligus olahraga yang membawa banyak manfaat kesehatan bagi kesehatan manusia. Orang yang gemar mendaki gunung akan memiliki tubuh yang bugar, kesehatan mental yang baik dan semangat hidup yang tinggi.

Pada beberapa kasus, kegiatan mendaki gunung bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya, insomnia, kelelahan mental, trauma, hingga obesitas. Bahkan, beberapa pendaki bertransformasi menjadi orang yang tangguh dan pantang menyerah dalam menjalani hidup sehari-hari. Semua itu berkat pelajaran hidup dari mendaki gunung yang dia peroleh. Menarik ya?

Biarpun hobi mendaki gunung memiliki banyak manfaat yang baik, namun hiking juga mengandung banyak resiko. Misalnya, kecapekan, kecelakaan di gunung, tersesat, hipotermia hingga meninggal dunia. Untuk itu, sebelum kamu memutuskan untuk mencoba hobi mendaki gunung, kamu perlu membekali diri dengan pengetahuan yang benar.

Melalui artikel ini, kami ingin memberikan panduan lengkap untuk membantu kamu menjalani hobi mendaki gunung dengan aman. Kamu akan mendapatkan benefit maksimal dari hobi hiking dengan minim resiko. Berikut pengetahuan, panduan dan ilmu praktis terkait hobi hiking dan camping untuk pendaki pemula:

Mulai penasaran? Yuk, mulai cari tahu.

1. Menyusun rencana hiking

Manajemen pendakian adalah hal pertama yang harus pendaki pemula kuasai agar perjalanan pendakianmu lancar. Karena, 80% kecelakaan di gunung terjadi bukan karena musibah alam, tapi karena kegagalan pendaki dalam melakukan manajemen pendakian dengan baik. Sehingga, pendaki masuk ke dalam kondisi survival.

Berikut pengatahuan dasar yang membantu kamu menyusun rencana pendakian:

2. Persiapan fisik dan kebugaran pendaki

Ada dua ancaman berbahaya ketika pendaki memiliki fisik yang lemah.

  • Pertama, pendaki mudah terserang penyakit Acute Mountain Sickness (AMS).
  • Kedua, pendaki mudah mengalami cedera, seperti: cedera engkel, keseleo, hingga mudah jatuh karena kaki gemetar kecapean.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus melatih tubuhmu agar kuat. Berikut 10 latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan tubuh dan kebugaran pendaki pemula.

3. Perlengkapan mendaki gunung

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah perlengkapan mendaki gunung. Mengetahui kondisi medan pendakian dan mempersiapakan perlengkapan mendaki gunung yang tepat adalah kunci kenyamanan dan kesuksesan pendakian.

Karena apabila kamu tidak membawa perlengkapan pendakian yang tepat, barang-barang yang kamu bawa hanya akan menjadi beban di punggungmu. Ya, benar, menjadi beban selama naik hingga turun gunung. Maka dari itu, pengetahuan tentang 17 perlengkapan mendaki gunung untuk pemula sangat penting.

4. Menu makanan pendaki gunung

Ilmu memilih makanan sebagai bekal logistik pendakian adalah ilmu penting yang akan menjaga kesehatan dan kebugaran pendaki selama pendakian. Untuk itu, kami akan membekalimu dengan pengatahuan praktis terkait perbekalan dan menu makanan untuk pendaki gunung pemula. Ulasan lengkapnya, silakan baca artikel 10 rekomendasi makanan untuk pendaki gunung (praktis).

5. Perlengkapan tidur

Saat kamu berada di atas gunung, suhu udara di malam hari pasti sangat dingin. Kamu memerlukan tempat berlindung dan perlengkapan tidur yang hangat. Berikut pengetahuan tentang perlengkapan tidur di gunung yang perlu kamu tahu:

6. Cara packing carrier

Setelah kamu memilih perlengkapan mendaki gunung yang tepat, perbekalan logistik yang cukup dan perlengkapan tidur, saatnya belajar cara packing. Saat mendaki gunung, kamu akan menggunakan tas gunung (carrier) yang cukup besar. Dengan belajar cara packing carrier yang benar, kamu akan mendapatkan kenyamanan saat perjalanan menuju puncak.

Berikut ilmu praktis tentang cara packking carrier yang bisa langsung kamu aplikasikan:

7. Perlengkapan antihujan

Cuaca di atas gunung tidak selalu sama dengan cuaca di lereng gunung. Kadang-kadangdi atas gunung muncul badai, hujan dan kabut yang tiba-tiba. Maka dari itu, setiap pendaki wajib memiliki perlengkapan antihujan. Misalnya: ponco, jaket dengan lapisan waterproof, pouch bag anti air, plastik trash bag, cover bag antiair hingga pakaian quick dry.

Jika kamu bingung dalam memilih jaket antidingin dan antihujan yang tepat, kami punya solusinya. Silakan baca ulasan kami tentang 10 tips memilih jaket gunung untuk pendaki pemula.

8. Menentukan lokasi pendirian tenda yang baik

Kenyamanan saat beristirahat di area camping ground merupakan hal penting dalam pendakian. Karena dengan memilih lokasi yang tepat, kamu dapat tidur pulas di malam hari. Sehingga, kondisi tubuh kamu kembali bugar dan siap untuk summit attack keesokan harinya.

Ada teknik penting yang harus kamu kuasai saat memilih lokasi untuk mendirikan tenda. Kami telah mengulasnya secara lengkap pada artikel 10 tips mendirikan tenda di gunung agar aman dari hujan-badai.

9. Mempelajari ilmu navigasi darat

Ilmu navigasi darat merupakan ilmu penting yang wajib dimiliki oleh semua pegiat hiking dan camping. Karena dengan menguasai ilmu navigasi darat, kamu bisa mencari lokasi tersembunyi yang ada di peta pendakian. Mencari orang hilang. Dan bisa menemukan jalan pulang saat tersesat di hutan.

Berikut ilmu navigasi darat yang perlu kamu kuasai saat ingin menekuni hobi hiking:

10. Teknik mendaki gunung

Mendaki gunung tidak boleh asal-asalan. Karena pendaki akan naik-turun gunung dengan membawa beban yang berat. Beban berat yang dibawa pendaki akan memberikan tekanan ekstra pada engkel kaki, lutut dan pundak. Jika pendaki tidak dibekali pengetahuan tentang teknik mendaki gunung yang benar, pendaki akan mudah sekali cedera atau sakit.

Berikut ini beberapa teknik dasar mendaki gunung yang perlu dikuasai oleh pendaki pemula:

11. Cara survival di gunung

Selain keterampilan manajeman pendakian, packing, pemilihan logistik, penguasaan medan pendakian dan navigasi darat, pendaki perlu mempelajari skill survival. Keterampilan survival merupakan keterampilan untuk bertahan hidup di alam bebas dengan peralatan seadanya. Jadi, ketika pendaki tersesat atau terjebak cuaca buruk, pendaki masih bisa bertahan hidup sampai tim penyelamat tiba di lokasi.

Berikut beberapa keterampilan survival yang wajib kamu pelajari:

12. Perlengkapan P3K pendaki gunung

Pada awal artikel kami telah menjelaskan bahwa hobi mendaki gunung termasuk dalam kategori olahraga ekstrem. Oleh karena itu, setiap pendaki memiliki potensi resiko sakit, cedera hingga luka saat di gunung. Untuk itu, kamu perlu membawa perlengkapan P3K untuk kegiatan pendakian gunung.

13. Dasar-dasar pertolongan pertama pada korban kecelakaan di gunung

Pada ulasan sebelumnya, kami telah menjelaskan tentang pentingnya membawa perlengkapan P3K bagi setiap pendaki. Namun, ada kalanya, pendaki sudah berhati-hati tapi musibah tetap terjadi. Jika kecelakaan di gunung tidak terelakkan dan sudah terjadi, jangan panik. Segera berikan pertolongan pertama pada korban dan segera minta pertolongan ke tim SAR (Search & Resque) yang bertugas di basecamp pendakian.

14. Jalur pendakian gunung

Setelah kamu menguasai berbagai ilmu dasar tentang mendaki gunung, saatnya untuk mempraktikkan pengetahuan dan keterampilanmu secara langsung. Untuk pemula, kami merekomendasikan untuk memilih jalur pendakian gunung yang mudah terlebih dahulu.

Berikut ulasan lengkap tentang jalur pendakian gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

Pastikan untuk memilih jalur pendakian yang resmi dikelola oleh pemerintah. Karena dengan melalui jalur resmi, apabila terjadi kecelakaan di gunung, kamu pasti akan diselamatkan. Ada tim SAR, Relawan Anak Gunung, Tim basecamp dan tim medis yang siap menyelematkanmu saat kondisi darurat. Artinya, dengan membayar karcis masuk dan registrasi secara legal, kamu mendapatkan asuransi jiwa jika terjadi kecelakaan di gunung.

15. Spot camping terbaik untuk para pendaki

Bagi calon pendaki pemula yang belum berani mendaki gunung, kamu bisa mengasah keterampilanmu terlebih dahulu dengan cara berkemah di alam terbuka. Berikut 5 spot camping menarik yang bisa kamu jadikan tempat camping untuk melatih keterampilan dasar pendaki gunung:

16. Gunung Tertinggi

Jika keterampilanmu hiking, camping dan survival semakin mumpuni, kamu bisa mulai petualanganmu untuk mendaki gunung-gunung tertinggi di Indonesia. Berikut daftar gunung-gunung tertinggi di Jawa, Indonesia dan dunia:

Demikian ulasan lengkap tentang pengetahuan dasar, ilmu praktis, tips pendakian dan tutorial dalam menekuni hobi mendaki gunung. Halaman ini adalah inti sari dari pengetahuan dan pengalaman kami setelah menekuni hobi mendaki gunung lebih dari 5 tahun.

Kami harap kamu bisa menjadi lebih terampil dan lebih bijaksana setelah mendapatkan ilmu-ilmu tersebut. Sehingga, musibah kecelakaan di gunung akibat kelalaian pendaki bisa terantisipasi. Ya, minimal, korban pendaki, maaf “nekat”, yang meninggal di gunung, bisa berkurang. So, be smart people guys!