2 Jalur Pendakian Resmi Gunung Ungaran (Update 2022)

Artikel ini membahas secara lengkap tentang jalur pendakian resmi Gunung Ungaran.

Apa yang akan kamu pelajari?

  • Lokasi basecamp pendakian gunung Ungaran.
  • Transportasi menuju basecamp pendakian Gunung Ungaran.
  • Peta dan rute jalur pendakian resmi Gunung Ungaran.
  • Biaya registrasi pendaki di Gunung Ungaran.
  • Medan pendakian Gunung Ungaran.
  • Estimasi waktu pendakian.
  • Spot foto terbaik di Gunung Ungaran
  • Informasi penting terkait pendakian di Gunung Ungaran.

Jika kamu sedang mencari ulasan lengkap tentang jalur pendakian Gunung Ungaran, kamu pasti menyukai pembahasan dari artikel Napaktilas ini.

Tertarik? Yuk, lanjut baca.

Sekilas tentang Gunung Ungaran

Foto Gunung Ungaran Dari Kejauhan
Foto Gunung Ungaran dari kebun teh
Nama gunungGunung Ungaran
Ketinggian2.050 m
Jenis gunungStratovolcano, Gunung Api Tipe C
Letusan terakhir
Peringkat Gunung UngaranGunung Tertinggi di Semarang
Letak gunungKabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Nama puncak di Gunung UngaranPuncak Ungaran/Puncak Banteng Raiders, Puncak Botak, dan Puncak Bondolan
Jalur pendakian resmi Gunung UngaranJalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar Jalur pendakian Gunung Ungaran via Promasan Jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan
Jalur pendakian termudahJalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar

Gunung Ungaran (2.050 m)merupakan gunung api tipe C (stratovolcano) yang terletak di Ungaran, kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung Ungaran atau dulunya dikenal dengan nama Gunung Karundungan/Gunung Karurungan merupakan adalah gunung berapi yang telah mati suri dalam kurun waktu yang relatif panjang.

Konon, letusan dahsyat Gunung Ungaran terakhir kali terjadi pada zaman kerajaan. Pada letusan dahsyat tersebut, 2/3 bagian puncak Gunung Ungaran hancur. Dan bekasnya masih terlihat sampai sekarang.

Saat ini, Gunung Ungaran tidak menunjukkan aktivitas vulkanologi yang tinggi. Sehingga, aman untuk melakukan aktivitas hiking di Gunung Ungaran.

Ngomong-ngomong soal hiking, mungkin kamu bertanya, apa sih yang membuat orang-orang suka mendaki Gunung Ungaran? Apa spesialnya?

Well, setidaknya ada 5 alasan kenapa Gunung Ungaran menjadi favorit banyak pendaki gunung:

  • Pertama, jalur pendakiannya relatif pendek dan ramah untuk pendaki pemula. Jalur pendakian Gunung Ungaran didominasi trek yang landai dan waktu tempuhnya hanya sekitar 3-5 jam perjalanan. Dengan pertimbangan tersebut, Gunung Ungaran menjadi gunung favorit para pendaki pemula yang ingin mencoba hobi mendaki gunung. Karena cukup 2 hari 1 malam, para pendaki pemula bisa merasakan asyiknya camping dan mendaki gunung.
  • Kedua, pemandangan alamnya memesona. Pemandangan alam di Gunung Ungaran sangat cantik. Kamu bisa melihat perkebunan teh yang hijau di kebun teh Medini. Hutan pinus yang asri. Dan saat cuaca cerah, dari puncak Ungaran, kamu bisa memandangi keindahan Kota Semarang dan Laut Jawa. Dan saat sunrise, kamu bisa melihat siluet keindahan deretan gunung populer di Jawa Tengah. Misalnya, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Kendalisodo, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau. Belum cukup sampai di situ, dari Puncak Ungaran, kamu juga bisa melihat keindahan Rawa Pening dari kejauhan.
  • Ketiga, ada 3 puncak dengan pemandangan yang berbeda-beda. Gunung Ungaran memiliki 3 puncak dalam satu gunung, yaitu Puncak Ungaran/Banteng Raiders, Puncak Botak, Puncak Bondolan. Dari ketiga puncak tersebut, kamu akan mendapatkan pemandangan alam yang spesial. Ada pemandangan lembah hijau, perbukitan, hingga samudera di atas awan yang cantik.
  • Keempat, area camping ground yang asyik, nyaman dan memesona. Bagi pendaki yang malas ke Puncak Ungaran, kamu bisa camping ceria di lereng Ungaran, seperti di Mawar Camp – Ungaran. Mawar Camp Ungaran merupakan salah satu tempat camping di Semarang favorit wisatawan. Karena tempatnya asri, pemandangannya bagus dan dekat dengan taman wisata Umbul Sidomukti. Setali tiga uang, kamu bisa camping dan jalan-jalan dalam sekali waktu. Makanya, tak heran banyak rombongan keluarga berkemah di sini.
  • Kelima, fasilitas wisata lengkap. Karena dinas pariwisata Kota Semarang lagi getol menggarap potensi desa wisata lereng Ungaran, maka fasilitas penunjang wisata semakin lengkap. Basecamp pendakian bersih dan terawat. Kamar mandi, tempat ibadah, sumber air, tempat sampah dan objek wisata penunjang dibangun dengan baik. Dan keamanan para wisatawan lebih diperhatikan dengan adanya tim SAT dan relawan anak gunung yang selalu siaga untuk membantu para pendaki yang terkena musibah.

Selain pesona alam yang memesona dari puncak Ungaran, Gunung Ungaran juga menyimpan berbagai potensi tempat wisata menarik, di antaranya:

  • Umbul Sidomukti Ungaran
  • Curug Benowo
  • Watu Gunung Ungaran
  • Curug Lawe Ungaran
  • Curug Semirang Ungaran
  • Candi Gedong Songo
  • Mata Air Senjoyo
  • Obyek Wisata Watu Gunung
  • Tirto Agung Siwarak
  • Bukit Lerep Indah
  • Vanaprastha Park
  • Ampel Gading Homland
  • Curug Gending Asmoro
  • Umbul Songo Kopeng
  • Kolam Renang Cinta Candi Liyangan
  • Wisata Embung Kledung
  • Sendang Sengon
  • Curug Surodipo
  • Brown Canyon Ungaran

Wahana wisata alam di lereng Gunung Ungaran tersebut sangat cocok untuk rekreasi bersama teman, rekan kantor, keluarga atau pasangan. Suasanya tempat wisata alamnya sangat sejuk, indah dan asri. Di beberapa lokasi wisata alam juga tersedia spot camping. Jadi, kalau kamu sedang malas mendaki, kamu bisa berkemah dan bersantai di sana.

Jalur pendakian resmi Gunung Ungaran

Di awal artikel, kami telah menjelaskan sekilas tentang Gunung Ungaran. Mulai dari kondisi alam, pesona alam, dan karakteristik Gunung Ungaran. Anggap saja, itu pengetahuan umum bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Ungaran.

Nah, mulai dari sini, kami akan menjelaskan secara lebih mendalam terkait jalur pendakian resmi Gunung Ungaran.

Siap? Lanjut ya?

Secara resmi, hanya ada 2 jalur pendakian resmi Gunung Ungaran, yaitu:

  • Jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar
  • Jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan

Catatan: Selain kedua jalur pendakian resmi di atas, ada 3 jalur pendakian Gunung Ungaran lainnya, yaitu: jalur pendakian Gunung Ungaran via Gedong Songo, jalur pendakian Gunung Ungaran via Promasan dan jalur pendakian Gunung Ungaran via Medini. Akan tetapi, ketiga jalur pendakian tersebut belum terdaftar secara resmi menjadi jalur pendakian untuk umum. Jadi, kami tidak mengulasnya.

Makin penasaran? Pada ulasan selanjutnya, kami akan membahas secara mendalam setiap jalur pendakian resmi Gunung Ungaran di atas. Yuk, lanjut baca.

Jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar

Gerbang Jalur Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar
Gerbang jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar
Lokasi basecampJl. Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Nomor telepon basecamp Mawar Ungaran081328873541
Transportasi menuju basecampOjek, motor, mobil
Biaya registrasi pendakianHTM: Rp10.000
Parkir mobil: Rp10.000
Parkir motor: Rp5.000
Jam operasionalSetiap hari, 13.00-19.00 WIB
Jarak basecamp sampai puncak2 km
Jumlah pos pendakian5
Estimasi lama waktu pendakian ideal2 hari 1 malam
Ketersediaan sumber airAda
Pos terakhir sebelum puncakPos 4
Rekomendasi ngecampMawar Camp, Area Sabana Kecil, Hutan kecil di samping puncak

Jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar merupakan jalur pendakian Gunung Ungaran favorit para pendaki pemula. Karena jalur Mawar memiliki jalur yang relatif landai, waktu tempuh cepat dan area camping ground yang nyaman.

Lokasi basecamp pendakian Gunung Ungaran via Mawar berada di Kluwihan, Sidomukti, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang. Dari pasar Jimbaran, kamu ambil arah naik searah dengan jalan menuju objek wisata Umbul Sidomukti. Dari Umbul Sidomukti nanti naik lagi ke arah Mawar Camp – Gunung Ungaran.

Mungkin kamu bertanya, “Kenapa jalur Mawar jadi jalur terfavorit para pendaki Gunung Ungaran? Ada 5 alasan yang melatarbelakangi kenapa jalur Mawar menjadi jalur favorit para pendaki:

  • Pertama, jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar merupakan jalur termudah untuk sampai ke Puncak Ungaran. Jika kita bandingkan jalur Mawar dengan jalur Promasan dan jalur Parantunan, jalur Mawar jauh lebih mudah untuk pendaki pemula. Jalurnya lebar, banyak yang landai, waktu tempuh relatif cepat dan papan petunjuk arahnya jelas.
  • Kedua, terdapat camping ground yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Mawar Camp memberikan fasilitas camping yang nyaman bagi pendaki yang mager muncak dan para pendaki tektok. Beberapa pendaki tektok biasanya mendirikan tenda di camping ground Mawar untuk mengurangi bebannya (tenda, SB dan perlengkapan masak). Dengan begitu, mereka bisa mendaki dengan kecepatan penuh.
  • Ketiga, terdapat sumber air di jalur pendakian. Pada jalur Mawar, kamu akan menemukan sumber air di Pos 1, Pos 2 dan Pos 3. Sumber air sangat berharga bagi pendaki. Karena pendaki bisa mengambil air untuk keperluan minum dan memasak jika mereka kehabisan air saat pendakian.
  • Keempat, pemandangan alam di jalur pendakian sangat indah. Apabila kamu mendaki dari jalur Mawar, kamu akan melewati perbukitan yang indah, hutan pinus yang asri, perkebunan teh, hingga puncak Ungaran yang memesona.
  • Kelima, banyak lokasi ngecamp yang strategis. Dari jalur Mawar, kamu bisa mendapatkan beberapa lokasi ngecamp yang asyik. Mulai dari area camping ground Mawar, area kebun teh Promasan, area hutan pinus, camp area di sekitar puncak Ungaran.

Semakin tertarik untuk mendaki lewat jalur pendakian Mawar?

Sabar dulu, sebelum mendaki kamu perlu tahu tentang rute pendakian dan medan pendakian terlebih dahulu. Nah, spesial untuk kamu, kami bagikan peta pendakian dan rangkuman medan pendakian Gunung Ungaran via Mawar.

Berikut peta jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar:

Peta Jalur Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar
Peta jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar

Dari peta pendakian di atas, kamu akan mendapatkan gambaran besar tentang jalur pendakian. Biar pengetahuan kamu makin lengkap tentang jalur Mawar, kami tambahkan juga informasi terbaru medan pendakian dan estimasi waktu pendakian dari peta di atas. Simak rangkuman pendakian Gunung Ungaran via Mawar melalui tabel di bawah ini:

Jalur PendakianJarak TempuhWaktu TempuhMedan Pendakian
Basecamp – Pos 1150 m15 menitSelepas dari basecamp, kamu akan berjumpa dengan pertigaan pertama di jalur pendakian. Jalur ke kiri merupakan jalur baru ke arah puncak, dan jalur kanan jalur lama dan sekarang dipakai untuk ke arah Bukit Tandem Paralayangan Ungaran. Ambil kiri saja mengikuti jalur pendakian yang baru. Mulai dari sini, kamu akan sedikit menanjak, tapi sehabis itu trek pendakian relatif landai sampai pos 1. Pos 1 adalah titik pertemuan dari jalur lama dan jalur baru. Di pos 1 ada shelter berupa gubuk kecil yang beratap seng.
Pos 1 – Pos 2150 m15 menitDari pos 1 ke pos 2, kamu akan menyusuri pinggiran jurang dengan panorama yang cantik. Medan pendakian berupa tanah berkerikil. Jalur pendakian cenderung terbuka dan trek pendakian relatif landai. Setelahnya, kamu akan menemukan sungai kecil. Setelah melewati sungai kecil, trek pendakian kembali menanjak sampai pos 2. Pos 2 merupakan persimpangan menuju jalur lama dan jalur baru. Jika kamu ambil jalan lurus, kamu akan melewati jalur lama, yaitu lewat perkebunan teh Promasan. Dan apabila kamu ambil ke kiri atas, kamu akan melewati jalur baru yang langsung menuju puncak. Di pos 2, kamu akan menjumpai shelter kecil beratap seng. Cukup nyaman untuk beristirahat ataupun berteduh.
Pos 2 – Pos 3150 m15 menitTrek setelah pos 2 cenderung menanjak. Di mana, di dominasi oleh jalan tanah berbatu. Pemandangan kiri-kanan jalur adalah hutan lebat. Hampir nggak ada bonus trek landai di sini. Di trek ini, kamu akan menanjak dan terus menanjak sampai pos 3.
Pos 3 – Pos 4350 m35 menitDari pos 3 kamu akan terus menanjak dan menerobos hutan lebih dalam. Setelah menanjak tanpa henti selama 150 m, kamu akan mendapati trek landai sampai akhir di pos 4. Pos 4 merupakan titik pertemuan dari jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar dan Promasan. Tak heran, jika nantinya kamu akan bertemu dengan para pendaki dari jalur lain, setelah melewati pos 4. Kami sarankan kamu istirahat sejenak di shelter pos 4, karena medan setelah ini lebih sulit dan lebih menguras tenaga.
Pos 4 – Puncak Ungaran1, 2 km1 jam 25Mulai dari pos 4, medan pendakian semakin sulit. Di mana, jalan didominasi oleh batuan besar dan trek cenderung menanjak sampai ke puncak Ungaran. Semakin kamu menanjak ke atas, trek pendakian semakin terbuka. Sampai nantinya, kamu akan menemu, tebing batu dengan pemandangan yang cantik. Setelahnya, kamu akan menemukan sabana kecil sebelum sampai ke puncak. Area ini sering dipakai untuk ngecamp para pendaki. Nggak cukup luas, tapi bisa muat untuk 15 tenda. Setelah dari sabana kecil ini, jalan terus menanjak sampai ke puncak Ungaran.

Rangkuman singkat tentang jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar.

  • Jarak total yang kamu tempuh dari basecamp Mawar sampai ke Puncak Ungaran adalah 2 km.
  • Terdapat pertemuan 2 jalur di pos 4, yaitu jalur Mawar dan jalur Promasan.
  • Dengan kondisi fisik yang bugar, kamu dapat menyelesaikan pendakian dari basecamp Mawar sampai ke puncak Ungaran dalam waktu 2 jam 45 menit. Namun, untuk pendaki pemula, biasanya butuh waktu 3-4 jam perjalanan. Jadi, jangan memaksakan diri ya, sesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Terlebih, pendaki yang membawa rombongan cewek.
Area Camping Di Jalur Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar Mawar Camp
Area camping di Mawar Camp – Gunung Ungaran

FYI, untuk rekomendasi tempat ngecamp dari jalur Mawar, kami ada beberapa pilihan. Berikut 3 rekomendasi tempat ngecamp yang nyaman via jalur Mawar:

  • Pertama, Mawar Camp Area. Mawar Camp Area merupakan area camping di bawah pohon pinus yang letaknya dekat dengan pos registrasi. Area camp ini dekat dengan basecamp, kamar mandi, musala hingga warung warga. Biasanya, pendaki yang ngecamp di sini adalah pendaki yang pernah ke puncak dan paham jalur pendakian. Dan dia berencana melakukan pendakian tektok. Jadi, dia akan camping di area ini untuk nyantai. Nanti, kalau sudah saatnya summit attack, dia akan bangun dini hari dan bergegas muncak dengan kecepatan penuh dengan membawa bekal seperlunya. Untuk pendaki senior, ini nggak masalah, tapi kami tidak merekomendasikan untuk pendaki pemula. Karena bagi pendaki senior yang paham medan pendakian, jarak 2 km bisa diselesaikan dalam 2 jam perjalanan. Kalau pendaki pemula bisa menghabiskan waktu 3-4 jam perjalanan.
  • Kedua, Sabana kecil sebelum puncak Ungaran. Setelah pos 4, kamu akan menemukan sabana kecil yang memiliki beberapa area lapang. Lokasinya tepat sebelum puncak. Untuk pendaki pemula, kami merekomendasikan untuk ngecamp di sini. Karena dari area ini, kamu sudah mendapatkan pemandangan yang cukup bagus saat cuaca cerah. Jika kamu mendaki saat musim hujan, kami tidak merekomendasikan ngecamp di sini. Hal ini karena angin di sini, cukup kencang, dan air hutan dari atas bukit akan mengalir menuju tenda. Jika terpaksa ngecamp di sini saat musim hujan, kamu wajib membuat parit yang cukup dalam di sekeliling tenda agar air tidak mengalir masuk ke dalam tenda.
  • Ketiga, hutan kecil di samping puncak Banteng Raiders. Rekomendasi terakhir adalah di hutan kecil di samping puncak Banteng Raiders. Sebenarnya, kamu bisa ngecamp di puncak Ungaran, namun nantinya kamu pasti terganggu karena hilir-mudik pendaki yang baru sampai ke puncak. Jika kamu mencari tempat tenang, melipir sedikit ke hutan di samping puncak. Lokasinya cukup tenang dan nyaman.

Terakhir, saat mendaki Gunung Ungaran via Mawar, jangan buru-buru turun. Memang benar, jarak tempuhnya dekat dan waktu tempuhnya relatif pendek. Namun, ada banyak pesona alam memesona yang kamu lewatkan jika buru-buru turun.

Mulai dari pesona puncak Ungaran, puncak Bondolan, puncak Botak. Pemandangan lembah dan sabana gunung Ungaran. Pemandangan golden sunrise di langit Gunung Ungaran yang cantik serta kamu bisa melihat siluet keindahan deretan gunung-gunung terpopuler di Jawa Tengah. Misalnya, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Kendalisodo, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro hingga Gunung Prau. Belum cukup sampai di situ, dari Puncak Ungaran, kamu juga bisa melihat keindahan Rawa Pening dari kejauhan.

Makin tertarik untuk mendaki Gunung Ungaran? Yuk, liburan besok, naik ke Gunung Ungaran via Mawar.

Informasi penting dari pengelola jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar

1. Selama pandemi Covid-19 pendaki wajib mengikuti protokol kesehatan saat mendaki gunung. Jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dan selalu makan makanan sehat.

2. Khusus pendakian di masa pandemi Covid-19 pendaki perlu mempersiapkan beberapa hal untuk keperluan registrasi, di antaranya: 1. Surat Vaksin. 2. Surat Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit. 2. Membawa fotokopi identitas (KTP), 3. Mengisi formulir checklist perlengkapan pendakian. 4. Membayar biaya registrasi sebesar Rp10.000/orang.

3. Dilarang melakukan vandalisme (corat-coret) di batu, bangunan maupun pepohonan yang ada di hutan

4. Pendaki dilarang membawa tisu basah, miras dan obat terlarang.

5. Pendaki dilarang membawa alat musik dan kembang api.

6. Pendaki dilarang membuang sampah sembarangan. Sampah pendakian wajib dibawa turun lagi.

7. Pendaki dilarang menebang pohon di Gunung Ungaran dan tidak boleh menyalakan api unggun.

Jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan

Gerbang Jalur Pendakian Gunung Ungaran Via Parantunan
Gerbang jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan (sumber: Evi Nuraeni)
Lokasi basecampJl. Lingkungan, Gintungan, Bandungan, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Nomor telepon basecamp Parantunan
Transportasi menuju basecampMotor, mobil, ojek
Biaya registrasi pendakianRp10.000
Jarak basecamp sampai puncak3,45 km
Jumlah pos pendakian5
Estimasi lama waktu pendakian ideal2 hari 1 malam
Ketersediaan sumber airTidak ada
Pos terakhir sebelum puncakPos 5
Rekomendasi ngecampPuncak Bondolan

Jalur Perantunan merupakan jalur pendakian Gunung Ungaran dari sisi selatan Gunung Ungaran. Melalui jalur Parantunan, kamu dapat mendaki ketiga puncak sekaligus, yaitu Puncak Bondolan, Puncak Botak dan Puncak Tugu Banteng Raiders.

Memang jalur Parantunan tidak sepopuler jalur Mawar, tapi jalur ini menawarkan pengalaman mendaki yang istimewa. Karena jalur pendakiannya relatif landai, jarak antar posnya dekat dan jalur pendakian didominasi oleh jalan tanah.

Catatan: jalur pendakian Parantunan biasanya sering dipakai untuk latihan para trail runner. Karena jalur pendakian ini relatif sepi, jalur didominasi oleh jalan setapak tanah dan bisa untuk pendakian tektok.

Mulai tertarik untuk mendaki Gunung Ungaran via Parantunan?

Sebelum mendaki, pelajari dulu rute, jalur pendakian dan tingkat kesulitan dari medan pendakiannya. Nah, khusus untuk kamu yang mau mendaki, kami bagikan peta pendakian jalur Parantunan. Berikut peta jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan:

Peta Jalur Pendakian Gunung Ungaran Via Parantunan
Peta jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan

Dari peta pendakian di atas, kamu akan mendapatkan gambaran besar tentang jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan. Biar pengetahuan kamu makin lengkap, kami tambahkan juga informasi terbaru medan pendakian dan estimasi waktu pendakian via jalur Parantunan. Simak rangkuman pendakian Gunung Ungaran via Parantunan melalui tabel di bawah ini:

Jalur PendakianJarak TempuhWaktu TempuhMedan Pendakian
Basecamp – Pos 1 (Watu Omah)800 m40 menitSelepas dari basecamp, kamu akan disambut oleh jalanan tanah. Trek relatif landai sampai nanti memasuki pintu rimba. Dari pintu rimba, jalur pendakian mulai sedikit menanjak sampai pos 1. Kiri-kanan jalur pendakian adalah semak belukar yang rimbun.
Pos 1 – Pos 2 (Watu Jajar)300 m20 menitDari pos 1, kamu akan mulai memasuki jalur hutan. Jalannya mulai sedikit menanjak, tapi nggak bikin capek. Karena jarak ke pos 3 relatif pendek. Pemandangan jalur pendakian didominasi oleh hutan Gunung Ungaran yang lebat dan rimbun.
Pos 2 – Pos 3 (Watu Srumpuk)500 m20 menitSekilas terlihat jalannya landai, tapi naik terus. Haha. Mulai pos 2 sampai pos Watu Srumpuk, kamu akan menerobos hutan Ungaran lebih dalam. Jalur pendakian akan dipenuhi dengan dedaunan kering dan pepohonan yang rindang. Masih asri dan sejuk. Nyaman untuk pendakian di pagi hari atau sore hari. Di area pos 3 ada shelter yang terbuat dari kayu hutan dan beratapkan plastik.
Pos 3 – Pos 4 (Kolo Keciko)500 m35 menitPos 3 ke pos 4 memiliki medan pendakian yang cenderung menanjak dan banyak pohon tumbang. Terlebih nanti saat kamu memasuki kawasan ondo rante. Jalur pendakian semakin menanjak dengan formasi tangga berundak. Pijakan tidak rata dan cenderung miring, lumayan capek dan melelahkan. Tapi, saran kami jangan istirahat di tengah jalan, lanjut terus saja sampai pos 4. Di pos 4, kamu akan mendapati shelter kecil untuk berteduh dan beristirahat.
Pos 4 – Pos 5 (Tanggul Boyo)450 m35 menitDari pos 4 ini, ada 2 alternatif jalur yang bisa kamu pilih. Yang pertama, kamu bisa belok kiri untuk menuju Puncak Bondolan, lalu ngecamp di sana. Setelah itu, besoknya baru ke Puncak Tugu Banteng Raiders. Yang kedua, kamu belok kanan, menuju pos 5 dan langsung menuju Puncak Tugu Banteng Raiders, balik ke pertigaan, lanjut ke Puncak Botak baru turun ke Puncak Bondolan. Mau pilih rute pertama ataupun kedua, semua jalurnya nanjak sampai puncak. Dan menariknya, di jalur Parantunan ini, menjelang puncak kamu akan bertemu dengan pohon-pohon besar yang berumur ratusan tahun.
Pos 5 – Puncak Tugu Banteng Raiders  Dari pos 5, kamu akan terus menembus hutan tua di Gunung Ungaran. Kamu akan melihat pepohonan berusia tua yang besar dan berlumut di lembah Ungaran. Kamu akan melewati lembah hantu, pertigaan puncak Botak, Watu Lumpang dan terakhir Puncak Banteng Raiders.

Rangkuman singkat tentang jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan.

  • Jarak total yang kamu tempuh dari basecamp Parantunan sampai ke Puncak Banteng Raiders adalah 3,45 km.
  • Dengan kondisi fisik yang bugar, kamu dapat menyelesaikan pendakian dari basecamp Parantunan sampai ke puncak Banteng Raiders dalam waktu 4 jam 30 menit. Namun, untuk pendaki pemula, biasanya butuh waktu 4-6 jam perjalanan. Jadi, jangan memaksakan diri ya, sesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing. Terlebih, pendaki yang membawa rombongan cewek.
  • Puncak Tugu Banteng Raiders merupakan puncak tertinggi dari jalur Mawar, yaitu 2034 m. Dan puncak tertinggi dari jalur Parantunan adalah puncak Botak (2050 m).
Area Camping Di Puncak Bondolan Gunung Ungaran Via Parantunan
Area camping di Puncak Bondolan Gunung Ungaran (sumber: instagram.com/buruuj_21/)

FYI, kebanyakan pendaki dari jalur Parantunan ngecamp di Puncak Bondolan, baru paginya ke puncak Botak dan lanjut ke Puncak Tugu Banteng Raiders. Kenapa tempat ngecamp favorit jalur Parantunan ada di puncak Bondolan?

  • Pertama, area campingnya luas dan nyaman. Di puncak Bondolan bisa muat untuk puluhan tenda. Kalau di puncak Botak hanya muat 2-3 tenda saja.
  • Kedua, jarak dari puncak Bondolan ke puncak Botak dekat. Jadi, jika kamu mau summit attack ke puncak Botak dan lanjut ke puncak Tugu Banteng Raiders, jaraknya relatif dekat.
  • Ketiga, saat cuaca cerah kamu akan mendapatkan pemandangan yang bagus karena sudah berada di atas bukit dengan area terbuka.

Terakhir, saat mendaki Gunung Ungaran via Parantunan, jangan buru-buru turun. Setelah ngecamp di puncak Bondolan, kamu bisa menikmati sunset dan sunrise di puncak Botak. Dari puncak Botak, kamu akan melihat pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing dengan sangat jelas. Dan kamu bisa melihat perbukitan Gunung Ungaran yang cantik. Biasanya, para pendaki dari jalur Parantunan akan ngecamp di puncak Bondolan, setelah itu, paginya ke puncak Botak dan lanjut ke puncak Tugu Banteng Raiders. Dan jika beruntung, saat malam hari, pendaki akan melihat gemerlap Kota Semarang yang indah dan gugusan bintang cantik di atas langit Ungaran.

Seru ya? Semakin tertarik untuk ke Gunung Ungaran via Parantunan? Iya? Bagus. Liburan besok, ke sana ya. Hehe.

Informasi penting dari pengelola jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan

1. Selama pandemi Covid-19 pendaki wajib mengikuti protokol kesehatan saat mendaki gunung. Jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dan selalu makan makanan sehat.

2. Khusus pendakian di masa pandemi Covid-19 pendaki perlu mempersiapkan beberapa hal untuk keperluan registrasi, di antaranya: 1. Surat Vaksin. 2. Surat Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit. 2. Membawa fotokopi identitas (KTP), 3. Mengisi formulir checklist perlengkapan pendakian. 4. Membayar biaya registrasi sebesar Rp10.000/orang.

3. Dilarang melakukan vandalisme (corat-coret) di batu, bangunan maupun pepohonan yang ada di hutan

4. Pendaki dilarang membawa tisu basah, miras dan obat terlarang.

5. Pendaki dilarang membawa alat musik dan kembang api.

6. Pendaki dilarang membuang sampah sembarangan. Sampah pendakian wajib dibawa turun lagi.

7. Pendaki dilarang menebang pohon di Gunung Ungaran dan tidak boleh menyalakan api unggun.

Tempat fenomenal di Gunung Ungaran

Tempat Fenomenal Di Gunung Ungaran
Tempat fenomenal di Gunung Ungaran (sumber: instagram.com/kaka_schatzii/)
  • Puncak Tugu Banteng Raiders
  • Puncak Botak
  • Puncak Bondolan
  • Kebun Teh Medini
  • Kebun Teh Promasan
  • Candi Promasan
  • Candi Gedong Songo
  • Kawah belerang Gunung Ungaran
  • Pemandian air panas Gunung Ungaran

Baca lebih lanjut: 6 Jalur Pendakian Resmi Gunung Prau (Update 2022) »

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar