Tempat Camping di Bandung

Layaknya kembang, Bandung menawarkan keindahan yang begitu memikat hati dan memanjakan mata banyak orang. Udara yang sejuk, alam nan asri, dan penduduk yang ramah membuat ibukota Jawa Barat ini menjadi destinasi wisata idaman. Nah, konsep liburan yang disukai wisatawan saat ke Bandung adalah camping, yang membuat mereka lebih dekat dengan alam terbuka. Berikut 10 tempat camping terbaik di Bandung:

Ingin tahu apa saja yang ditawarkan tempat-tempat camping ini? Yuk, kenali lebih dekat di sini!

1. Dusun Bambu

Tempat Camping Di Bandung Dusun Bambu
Camping ground Dusun Bambu, Bandung.
LokasiJl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Fasilitas wisatacamping ground, wana wisata, resort.
Jam BukaSetiap hari, jam 10.00-20.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp30.000,00.
Telepon0815-6380-8021.
Rating ulasanRating 4,5/5 dari 25.708 ulasan Google.

Terletak di kaki Gunung Burangrang, Dusun Bambu menawarkan udara sejuk dan pesona arsitektur khas tradisional Sunda. Awalnya, Dusun Bambu adalah lahan pertanian yang terbengkalai. Namun, berkat inisiatif sekelompok pengusaha, pada tahun 2008, kawasan ini diubah menjadi konservasi bambu dan tempat wisata.

Tempat wisata seluas 15 hektar ini memberikan berbagai fasilitas menawan baik untuk wisata keluarga mau pun honeymoon. Kamu dapat menikmati pemandangan danau dan sungai yang segar, tanaman-tanaman dan pepohonan rindang, serta restoran-restoran lokal yang menyajikan masakan khas Sunda.

Jika kamu tertarik untuk bermalam di Dusun Bambu, kamu dapat memilih dua jenis akomodasi. Yang pertama adalah Kampung Layung. Kampung Layung merupakan cottage berkonsep back to nature dengan fasilitas yang nyaman. Ketika membuka pintu dan jendela, kamu akan langsung disambut dengan suasana khas perkebunan dan udara yang bersih minim polusi. Pengunjung dapat memilih beberapa tipe cottage, misalnya seperti Village Residence, Deluxe Village Residence, dan Family Village Residence.

Namun, apabila kamu ingin merasakan sensasi camping yang nyaman dan premium, kamu bisa memilih untuk menginap di camping ground Sayang Heulang. Tempat camping ini mengadopsi konsep berkemah yang mewah, sehingga cocok buat para newbie yang ingin merasakan sensasi camping, tetapi dengan fasilitas yang lengkap.

2. The Lodge Maribaya

Tempat Camping Di Bandung The Lodge Maribaya
Camping ground The Lodge Maribaya, Bandung.
LokasiJalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Fasilitas wisataCamping ground, jalur trekking, wana wisata, arena outbond.
Jam BukaSetiap hari, jam 09.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)» Harga tiket masuk weekday: Rp30.000. » Harga tiket masuk weekend: Rp45.000.
Telepon(022) 20454830.
Rating ulasanRating 4,3/5 dari 18.066 ulasan Google.

The Lodge Maribaya menawarkan semua hal yang dibayangkan wisatawan tentang liburan sempurna di Lembang. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana, mulai dari trekking, berfoto di hutan pinus, outbound, sampai dengan camping.

Dikelilingi oleh hutan pinus, The Lodge Maribaya menjadi sebuah destinasi wisata yang teduh dan begitu sejuk. Betapa indahnya berfoto di antara hutan pinus, dengan pancaran sinar matahari yang masuk melalui celah pohon-pohon nan tinggi.

Ada beberapa wahana yang bisa kamu nikmati di The Lodge Maribaya, seperti:

  • Ayunan Sky Swing.
  • Bamboo Sky.
  • Sky Tree.
  • Camping ground.
  • Hot Air Balloon.
  • Zip Bike.
  • Gantole.

The Lodge Maribaya menyediakan beberapa paket camping ground dan vila untuk kamu yang mau menginap di lokasi. Terdapat tipe Standard Camp yang bisa kamu sewa mulai dari Rp800 ribu. Fun Camp mulai dari Rp1 juta. The Village/Joglo, penginapan cottage mulai dari Rp1,6 juta per malam, hingga Vila Kayu yang cocok untuk gathering keluarga besar/kantor dengan harga mulai dari Rp7,5 juta per malam.

Destinasi wisata yang satu ini juga bisa dipesan untuk acara kantor, perpisahan, sampai dengan lokasi photoshoot prewedding dan juga resepsi pernikahan. Tertarik untuk melewati momen terbaikmu di The Lodge Maribaya? Dari Bandung Kota, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 49 menit dengan menggunakan mobil untuk sampai ke sana.

3. Glamping Lakeside Rancabali

Tempat Camping Di Bandung Glamping Lakeside Rancabali
Glamping Lakeside Rancabali || pic: hargatiket.net.
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Fasilitas wisataGlamping, resort, wana wisata.
Jam Buka» Setiap hari, jam 08.00-17.00 (wisata). » Setiap hari, 24 jam (penginapan).
Harga tiket masuk (HTM)» Harga tiket masuk: Rp25.000,00. » Harga tiket terusan (mencakup wahana): Rp75.000,00.
Telepon0821-1600-3334.
Rating ulasanRating 4,4/5 dari 13.933 ulasan Google.

Berlokasi di dekat Situ Patenggang, Glamping Lakeside Rancabali menawarkan pemandangan asri, udara segar, dan nuansa yang menentramkan hati. Kami menyarankan kamu buat membawa jaket atau mengenakan baju yang tebal saat pergi ke sana. Karena, pada saat berkabut, udara menjadi semakin dingin.

Glamping Lakeside Rancabali memberikan berbagai macam fasilitas camping mewah yang membuat pengunjung merasa betah. Ada berbagai wahana permainan bisa kamu mainkan saat camping di sana. Misalnya, offroad, rafting, sampai mendayung perahu bebek di danau.

Untuk kamu yang doyan berkebun, terdapat juga fasilitas memetik stroberi dari kebunnya serta menjelajah perkebunan teh. Liburan camping serasa kembali ke kehidupan tradisional!

Glamping Lakeside Rancabali juga menawarkan fasilitas penginapan seperti Sayang Heulang Resort, Lakeside Tent Resort, Family Tent Resort, dan Keong Tend Resort. Resort-resort ini dibedakan berdasarkan ukuran dan fasilitas glamping.

Jika kamu berkesempatan pergi ke sana, jangan lupa untuk mencicipi berbagai menu khas Sunda seperti gurami dan nasi bakar di Kapal penisi Resort. Restoran dengan bentuk kapal yang megah dan mewah ini bisa menjadi spot foto yang menarik, lho!

Tertarik untuk menginap ke Glamping Lakeside Rancabali? Jangan lupa untuk booking jauh-jauh hari, ya. Soalnya, penginapan di sana sering kali full-booked karena minat wisatawan yang tinggi.

4. Ranca Upas

Tempat Camping Di Bandung Ranca Upas
Camping ground Ranca Upas, Bandung.
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Fasilitas wisataCamping ground, wana wisata, area outbond, pemandian air panas.
Jam Buka» Setiap hari, jam 07.00-16.00 WIB (wisata dan penangkaran rusa). » Setiap hari, 24 jam (perkemahan).
Harga tiket masuk (HTM)Rp22.000.
Telepon0812-2345-6911
Rating ulasanRating 4,5/5 dari 8.793 ulasan Google.

Ada beberapa alasan mengapa Ranca Upas di Ciwidey, Bandung, menjadi destinasi wisata favorit banyak orang.

  • Yang pertama, fasilitasnya lengkap.
  • Yang kedua, Ranca Upas masih berada di satu lokasi dengan berbagai destinasi wisata ternama. Contohnya, seperti Situ Patenggang dan Kawah Putih.

Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan di Ranca Upas antara lain adalah:

  • Camping ceria.
  • Memberi makan rusa.
  • Outbond.
  • Foto-foto dengan background alam yang asri.
  • Berendam di kolam air panas.

Di Ranca Upas, kamu juga bisa memilih lokasi camping yang diinginkan. Misalnya, di Karaha Bodas, Cilember, Galunggung, Patuha, atau Kawah Putih. Harga fasilitas ini berbeda-beda tergantung dari lokasi. Jika kamu ingin berhemat, kamu bisa membawa peralatan berkemah sendiri, sehingga tidak perlu menyewa di lokasi.

Untuk bisa menjangkau Ranca Upas, dari Bandung kamu bisa menaiki kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

5. Bukit Moko

Tempat Camping Di Bandung Bukit Moko
Bukit Moko, Bandung || pic: @georginacitra.
LokasiCimenyan, Bandung, Jawa Barat.
Fasilitas wisataCamping ground, kawasan trekking.
Jam BukaSetiap hari, jam 05.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)» Tiket masuk reguler: Rp15.000,00. » Berkemah: Rp25.000,00.
Telepon(022) 7271142.
Rating ulasanRating 4,5/5 dari 5.195 ulasan Google.

Bukit Moko tidak sekadar memberikan nuansa alam yang asri dan segar. Dari Bukit Moko, kamu bisa melihat pemandangan kota Bandung dari atas. Gemerlap lampu-lampu kota dan lanskapnya akan membuat kamu terpukau. Hamparan kota Bandung seolah seperti gugusan bintang yang memancarkan pesona.

Di Bukit Moko, pengunjung juga dapat menikmati beberapa fasilitas wisata seperti:

1. Trekking Hutan Pinus

Ingin berolahraga sekaligus mencuci mata? Bukit Moko menawarkan fasilitas trekking hutan pinus. Di sepanjang hutan, terdapat jalur khusus yang dibuat supaya para pengunjung merasa nyaman saat menyusuri keindahan deretan pinus. Lokasi ini juga kerap digunakan sebagai tempat untuk foto-foto.

2. Sunset dan Sunrise

Usai menyusuri jalan trekking di hutan pinus, kamu akan sampai pada spot istimewa di Bukit Moko. Ya, lokasi di atas bukit ini menyajikan keindahan alam dari atas bukit. Tempat tersebut cukup ramai pada saat subuh dan petang. Pasalnya, ia merupakan lokasi sempurna untuk menikmati sunrise dan sunset.

3. Puncak Bintang

Jika berkesempatan untuk pergi ke Bukit Moko, sayang rasanya apabila melewati Puncak Bintang. Kamu memang perlu menanjak sekitar 200 meter untuk meraih lokasi ini. Namun, ketika kamu sampai, rasa puas dan bahagianya sulit untuk tergantikan. Dari sana, kamu bisa memandangi bintang-bintang yang cerah bersinar di langit dan melihat kota Bandung dari atas.

Di Puncak Bintang, kamu juga bisa berfoto-foto di spot fotogenik bernama Dermaga Bintang. Spot yang satu ini  dibangun dengan konsep dek kayu yang luas dengan latar pemandangan puncak pinus dan juga hamparan pengunungan.

4. Fasilitas Berkemah

Bukit Moko juga menawarkan fasilitas berkemah untuk para pengunjung. Area camping ground terletak di atas bukit, di mana kamu juga bisa menyewa kayu bakar serta tenda. Kamu tidak perlu khawatir pada saat menginap di sana. Pasalnya, pengelola menyediakan musala, toilet, dan juga warung-warung lesehan untuk para pengunjung.

Untuk pergi ke Bukit Moko, kamu dapat menempuh perjalanan sejauh 12,9 km dari kota Bandung. Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu juga dapat menggunakan angkutan umum untuk menyambangi lokasi wisata menawan ini.

6. Wana Wisata Batu Kuda CampGround

Tempat Camping Di Bandung Wana Wisata Batu Kuda Campground
Wana Wisata Batu Kuda CampGround, Bandung.
LokasiCibiru Wetan, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat.
Fasilitas wisataCamping ground, wana wisata.
Jam BukaSetiap hari, jam 08.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)» Weekdays: Rp7.500,00.
» Weekend: Rp10.000,00.
Telepon0812-1423-7375.
Rating ulasanRating 4,2/5 dari 2.735 ulasan Google.

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi berkemah tetapi malas menanjak, Wisata Batu Kuda adalah pilihan bersahabat. Area perkemahan tidak jauh dari parkiran dan cukup luas, sehingga kamu tidak perlu takut kehabisan tempat. Udara yang sejuk di Wisata Batu Kuda juga didukung oleh deretan pohon-pohon pinus yang tinggi. Pohon-pohon ini dapat menghalau sinar matahari sehingga pengunjung tidak akan merasa kepanasan.

Kawasan yang dikelola oleh Perhutani ini menyediakan situs bersejarah Batu Kuda. Berdasarkan legenda, batu besar tersebut merupakan tunggangan dari Situs tersebut adalah situs peninggalan masa pra-Islam, di mana kuda tersebut merupakan tunggangan dari Prabu Layang Kusuma dan Ratu Layang Sari.

Di Wisata Batu Kuda, terdapat berbagai warung makanan yang menjajakan beragam masakan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan rasa lapar saat berwisata atau camping di sana. Kamu juga bisa menyewa peralatan berkemah dengan harga yang cukup bersahabat. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu cukup menempuh perjalanan 18,2 km dari Bandung kota.

7. Trizara Resort Glamping Lembang

Tempat Camping Di Bandung Trizara Resort Glamping Lembang
Trizara Resort Glamping Lembang, Bandung.
LokasiJl. Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Fasilitas wisataGlamping.
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tenda glampingRp2,137,500 – Rp2,660,000.
Telepon(022) 82780085.
Rating ulasanRating 4,5/5 dari 2.331 ulasan Google.

Di Trizara Resorts, kamu dapat merasakan sensasi glamping yang maksimal. Inilah cara mewah dan mudah untuk menyatu dengan alam. Dibangun di atas lahan seluas tiga hektar, menginap di Trizara membuat pikiranmu lebih rileks dan lepas dari segala penat.

Bagi kamu yang merasa newbie di dalam dunia perkemahan, Trizara menjawab keraguanmu. Kamu tidak perlu repot-repot memasang tenda atau mencari kamar mandi yang layak. Dengan konsep glamping, Trizara memberikan fasilitas hotel bintang lima, dengan arsitektur kamar seperti tenda! Menginap di Trizara adalah sebuah pengalaman unik yang tak terlupakan.

Terdapat 47 kamar tenda dengan dua style: untuk pelancong individu dan untuk rombongan. Selain itu, Trizara juga menyediakan berbagai macam kegiatan untuk para wisatawan yang membuat mereka semakin dekat dengan alam.

Kamu juga dapat menikmati paket pernikahan yang unik. Jika kamu menginginkan tema nature di dalam pernikahanmu, inilah jawaban yang tepat.

Temukan kedamaian dan ketenangan yang tiada duanya di Trizara Resort lewat 40 menit perjalanan darat dari kota Bandung. Apabila kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan angkutan umum.

8. Gunung Putri Lembang

Tempat Camping Di Bandung Gunung Putri Lembang
Gunung Putri Lembang, Bandung.
LokasiJl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Fasilitas wisataCamping ground, area trekking, wana wisata.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp17.000,00.
Telepon0821-1759-8382.
Rating ulasanRating 4,5/5 dari 1.707 ulasan Google.

Ingin merasakan sensasi mendaki gunung, tetapi tidak terbiasa dengan aktivitas ini? Gunung Putri Lembang adalah pilihan yang tepat buat kamu! Tersedia trek pendakian yang cukup mudah dan dapat dijangkau oleh newbie.  Bahkan, untuk mencapai puncak gunung, kamu hanya membutuhkan 30 menit! Ya, jangan bayangkan medannya seberat gunung-gunung pada umumnya.

Setelah sampai ke puncak, kamu bisa berfoto-foto dan bersantai, menikmati alam dan udara sejuk. Lebih menyenangkannya lagi, kamu juga dapat berkemah di sana. Dari puncak, kamu juga bisa melihat lampu-lampu di kota Lembang yang gemerlapnya bak hamparan bintang.

Lokasi Gunung Putri Lembang mudah untuk dijangkau dari Bandung kota. Hanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam untuk sampai ke lokasi camping. Jarak perjalanan dari Bandung kota sekitar 19,1 km.

9. Glamping Legok Kondang Lodge

Tempat Camping Di Bandung Glamping Legok Kondang Lodge
Glamping Legok Kondang Lodge, Bandung.
LokasiJalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.
Fasilitas wisataGlamping, arena outbond, area trekking, berbagai spot fotografi ikonik.
Jam BukaSetiap hari, jam 06.00-11.00 WIB.
Harga tendaMulai dari Rp1.165.000,00.
Telepon0857-9555-5666.
Rating ulasanRating 4,5/5 dari 1.533 ulasan Google.

Layaknya Trizara Resort, Legok Kondang Lodge menawarkan sensasi menginap di tenda yang mewah. Di tengah hamparan persawahan, para wisatawan pun merasa seperti tengah berada di Ubud. Namun, udara di sini sejuk, tentu berbeda dengan apa yang bisa kamu temukan di Ubud.

Selain berkemah dengan cara yang mewah, kamu juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan di sana, seperti misalnya outbond, fotografi, dan juga trekking.

Mengakses lokasi glamping bisa dengan mudah kamu lakukan menggunakan mobil dan motor. Dari Bandung, kamu dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam.

10. Cantigi Camp

Tempat Camping Di Bandung Cantigi Camp
Cantigi Camp, Bandung.
LokasiJl. Raya Cileunyi RT01 RW03, Manjah Beureum, Kulon, Cileunyi Kulon, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat.
Fasilitas wisataCamping ground, arena outbond.
Jam BukaSabtu-Kamis: 08.00-16.00 WIB.
Harga tiket masukRp15.000,00.
Telepon0813-2074-8356.
Rating ulasanRating 4,4/5 dari 1.039 ulasan Google.

Cantigi Camp merupakan tempat favorit untuk outbond. Ada begitu banyak wisatawan yang datang bersama rombongan. Misalnya, seperti instansi swasta, sekolahan, instansi pemerintahan, sampai keluarga. Di Cantigi Camp, terdapat beberapa paket outbond dan training yang dapat meningkatkan skill kerjasama dan kebersamaan. Paket-paket yang ditawarkan antara lain:

  • Program outing dan petualangan.
  • Kids and Teenager program.
  • Paket training.

Kamu juga dapat mendirikan kemah di lokasi tersebut. Udara yang dingin dan juga bentang alam yang indah akan membuat kamu merasa damai. Terdapat pula fasilitas seperti toilet, musala, dan kedai-kedai makanan.

Jika kamu ingin mengunjungi lokasi itu pada saat weekend, lebih baik booking jauh-jauh hari. Pasalnya, Cantigi Camp selalu ramai akan wisatawan di akhir minggu.

Itulah berbagai rekomendasi tempat camping terbaik di Bandung. Dengan udara yang sejuk dan bentang alam yang masih asri, berkemah adalah hal yang tak terlupakan di kota kembang. Jika kamu merasa penat dan butuh liburan, tentu ide ini adalah yang terbaik buatmu. Nah, tunggu apa lagi? Segera booking tempat berkemah favoritmu sekarang juga, ya!

Baca lebih lanjut: 10 Tempat Camping Terbaik di Bogor »

Previous Article

Apa Perbedaan Gunung dan Pegunungan?

Next Article

Tempat Camping di Bogor

Tinggalkan komentar