5 Wisata Pantai Terbaik di Cilegon yang Lagi Hits (2022)

Sebagai Kota Baja alias penghasil baja terbesar di Asia Tenggara, rasanya memang kesan industri terpatri kuat saat membayangkan Cilegon. Namun, kota ini punya kejutan buat pemburu pantai!

Letaknya yang berada di dekat Selat Sunda membuat Cilegon memiliki banyak pantai yang asyik untuk dinikmati. Angin sepoi-sepoi berembus dengan sejuk dan panoramanya apik. Lokasinya pun strategis jika kamu berangkat dari ibukota atau dari area Tangerang dan sekitarnya. Tertarik? Ini dia 5 rekomendasi pantai terbaik di Cilegon:

Jelajahi keindahannya di sini, ya.

1. Pantai Mabak Cilegon

Pantai Di Cilegon Pantai Mabak
Pantai Mabak, Cilegon (sumber: instagram.com/andribotox/)
LokasiMekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis, hanya membayar biaya parkir sebesar Rp5.000,00 (roda dua) dan Rp10.000,00 (roda empat)
Daya tarik pantaiWarung-warung seafood, Pulau Merak Kecil
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilegon31 menit (20.7 km)via Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak/Jl. Tol Trans-Jawa and Jl. Nasional III
Rating pantai4,1/5 dari 583 ulasan Google

Mari kita mulai petualangan di Pantai Mabak Cilegon. Pantai yang satu ini terletak dekat dengan Merak, pelabuhan yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera.

Pantai Mabak adalah tempat yang tempat untuk wisata kuliner dan bertolak ke Pulau Merak Kecil. Ya, ada banyak warung yang menjajakan seafood di pinggir pantai. Harganya pun sangat bersahabat. Makan sepiring ikan dengan sambal matah yang segar, sambil meminum air kelapa muda, kemudian memandang laut lepas adalah kebahagiaan tersendiri.

Bagaimana dengan Pulau Merak Kecil? Ya, inilah tempat yang sayang buat kamu lewatkan jika berkunjung ke Pantai Mabak.

Pantai Mabak adalah pintu masuk ke Pulau Merak Kecil. Dari pantai, kamu bisa menyewa perahu nelayan seharga Rp15.000,00-Rp25.000,00. Perjalanan hanya berlangsung selama 10 menit dan kamu akan sampai ke pulau ini.

Pulau seluas 4,6 hektar ini merupakan pulau yang tak berpenghuni. Jika kamu mencari hiburan mewah, mungkin kamu tak akan menemukannya.

Namun, apabila yang kamu cari adalah panorama elok, ketenangan, dan juga keindahan pasir pantai yang bersih dan landai, inilah pewujudan mimpimu.

Tidak dikenai biaya masuk ke Pulau Merak Kecil. Namun, kamu harus membayar biaya parkir perahu sekitar Rp5.000,00-Rp15.000,00.

Nah, apa yang bisa kamu lakukan di sana? Ini dia:

  • Bersantai
  • Bermain voli pantai
  • Berfoto
  • Makan bersama teman-teman
  • Berenang

Kendati merupakan tempat wisata favorit, harus diakui bahwa permasalahan sampah masih menjadi kendala di Pantai Mabak. Banyak sampah yang terselip di sela karang dan pantai. Selain itu, karena pantainya terdiri atas banyak karang, agak berbahaya bagi anak-anak untuk berenang di sana.

Untuk menuju ke Pantai Mabak dengan kendaraan umum, kamu bisa menaiki bus ke Terminal Terpadu Merak, kemudian berjalan selama 16 menit.

2. Tikungan Pantai Merak

Pantai Di Cilegon Tikungan Pantai Merak
Tikungan Pantai Merak, Cilegon (sumber: Puji Hariyanto)
LokasiJalan Pelabuhan Merak No.4, Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Daya tarik pantaiWarung-warung, pemandangan senja
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilegon26 menit (13.3 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/5 dari 556 ulasan Google

Di area Pelabuhan Merak, memang banyak tempat menarik. Pelabuhannya pun berbenah hingga menjadi tempat tunggu yang mewah bagi calon penumpang kapal. Banyaknya tempat wisata menarik membuat wisatawan dan calon penumpang tak pernah bosan.

Salah satunya adalah Corner of Merak Beach atau Tikungan Pantai Merak. Karena letaknya di pinggir jalan menikung, maka ia disebut Tikungan Pantai Merak. Apa yang ditawarkan oleh tempat ini sederhana. Hanya tenda-tenda makan dan pemandangan pantai serta kapal-kapal.

Namun, kesederhanaan ini justru yang membuatnya menarik. Pengunjung tidak perlu bingung untuk memilih mau apa di sana. Harga makanannya pun terjangkau. Tersedia pula air kelapa muda yang menyegarkan dahagamu.

Waktu terbaik untuk menikmati Tikungan Pantai Merak adalah pada sore hari. Matahari terbenam seolah ditelan laut lepas. Dedaunan di pucuk ranting pohon dan kumpulan pepohonan rimbun dekat tenda seolah menjadi bingkai. Kesederhanaan inilah yang disukai anak-anak muda dan keluarga.

Untuk kamu yang ingin menikmati waktu secara maksimal, datanglah tidak saat musim hujan. Karena, musim hujan menyebabkan senja tak terlihat bagus dan area sedikit becek.

3. Pantai Kelapa Tujuh

Pantai Di Cilegon Pantai Kelapa Tujuh
Pantai Kelapa Tujuh, Cilegon (sumber: instagram.com/xperiaphotographyid/)
LokasiSuralaya, Pulomerak, Cilegon City, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Daya tarik pantaiSpeed boat, bagian berpasir dan berbatu
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilegon47 menit (31.3 km) via Jl. Tol Trans-Jawa
Rating pantai3,5/5 dari 182 ulasan Google

Pantai ini memenuhi ekspektasi orang-orang yang memiliki selera berbeda terkait pantai. Dengan panjang total garis pantai sekitar 500 meter, pantai ini terbagi dua jenis. Yang pertama adalah pantai berpasir dan yang kedua adalah pantai berbatu.

Pantai berpasir memiliki panjang garis pantai sekitar 200 meter. Di sana, kamu bisa bermain pasir sepuasnya dan menggelar tikar. Sementara itu, pantai dengan batuan memiliki panjang garis pantai 300 meter.

Pantai dengan batuan cocok untuk kamu yang ingin sekadar duduk-duduk menikmati pemandangan atau berfoto. Berbatuan yang berwarna hitam memberikan efek dramatis.

Untuk menghibur pengunjung, tersedia pula beberapa speed boat. Pengunjung dapat menyewanya dengan harga yang cukup terjangkau.

Dari gerbang tol Merak, jaraknya hanya 9 kilometer saja. Mudah dijangkau kendaraan pribadi, terutama mobil. Dari Jakarta, waktu tempuh ke sana juga tidak lama, begitu pula dari pusat Cilegon.

Meski begitu, beberapa pengunjung mengeluhkan adanya sampah. Jika pengelolaan sampah di pantai ini diperbaiki, pengunjung pasti akan merasa lebih nyaman.

4. Pantai Merak Kecil

Pantai Di Cilegon Pantai Merak Kecil
Pantai Merak Kecil, Cilegon (sumber: instagram.com/wowbanten/)
LokasiSuralaya, Pulomerak, Cilegon City, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00 (kapal), parkir kapal Rp5.000,00
Daya tarik pantaiPerahu, bukit, pantai berpasir, penjaja makanan
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilegon10-15 menit naik perahu dari Pantai Mabak
Rating pantai4,5/5 dari 121 ulasan Google

Pesona Banten memang lebih dari sekadar Carita, Anyer, atau Ujung Kulon. Jika kamu mencari tahu lebih dalam lagi, kamu akan menemukan yang lebih menarik: Pantai Merak Kecil dan Pulau Merak Besar. Mari kita ulas Merak Kecil terlebih dahulu.

Pantai ini bisa diakses Pantai Mabak dengan menaiki perahu mesin sekitar 10-15 menit. Lalu, apa sisi menarik dari Merak Kecil?

Sesungguhnya, Merak Kecil merupakan pulau yang dikelilingi oleh pasir pantai yang berwarna putih. Karena terpisah dari daratan utama dan tak berpenghuni, pantai ini cukup bersih.

Walaupun tidak berpenghuni, tetapi memang Merak Kecil sudah menjadi destinasi wisata rutin para wisatawan. Sehingga, di sana banyak penjaja makanan. Bahkan, beberapa penjaja makanan akan menawarkan tikar gratis untuk makan sambil menikmati laut.

Di dekat bibir pantai, terdapat berbatuan besar. Di sana, kamu bisa duduk sembari berfoto atau menikmati semilir angin pantai. Udaranya sejuk dan bersih.

Jika kamu ingin melihat pemandangan dengan lebih jelas, kamu juga bisa naik ke bukit di pulau, kemudian melihat pantai, lalu lalang perahu, dan juga langit yang cantik. Benar-benar cara healing yang menyenangkan!

5. Pulau Merak Besar

Pantai Di Cilegon Pulau Merak Besar
Pulau Merak Besar, Cilegon (sumber: instagram.com/pulau_merak_besar/)
LokasiTamansari, Pulomerak, Cilegon, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00 (kapal), parkir kapal Rp5.000,00
Daya tarik pantaiPerahu, pantai berpasir, hutan lindung
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilegon20-25 menit naik perahu dari Pantai Mabak
Rating pantai4,5/5 dari 54 ulasan Google

Kini, kita beralih ke Pulau Merak Besar.

Jika dari Mabak kamu membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk menuju ke Merak kecil, maka dari Pantai Mabak, kamu membutuhkan 20-25 menit ke Merak Besar.

Dilihat dari segi ukuran, Merak Besar berukuran jauh lebih besar daripada Merak Kecil yang hanya sekitar 4,6 hektar. Ukuran Merak Besar adalah 20 hektar. Ia sebetulnya adalah kawasan hutan lindung penyeberangan ferry Merak-Bakauheni. Dari sana, kamu bisa melihat lalu lalang ferry, bahkan yang besar dan mewah (premium).

Karena berfungsi sebagai kawasan hutan lindung, maka di sana banyak pepohonan rimbun dan juga burung-burung. Jagalah kebersihan di sana dan jangan menyakiti hewan. Selain itu, jangan merusak berbatuan dan pepohonan di sana.

Dulunya, pemerintah sempat berniat menjadikannya sebagai lokasi wahana wisata. Namun, niat itu batal sehingga pulau ini tetap menjadi hutan lindung yang sepi dan minim fasilitas. Jejak batalnya rencana tersebut terlihat lewat plang-plang yang terabaikan, menciptakan kesan yang justru rustic.

Buat kamu yang menyukai destinasi wisata alami, Merak Besar sangat cocok untuk kamu sambangi. Nikmati menghabiskan waktu di tepi pantai, melihat langit, burung-burung terbang, laut, dan kapal-kapal feri.

Selalu ada cerita yang menyenangkan saat berlibur di pantai-pantai Cilegon. Kamu akan menemukan keunikan lantaran pantai-pantai ini letaknya memang tak jauh dari pelabuhan. Tidak hanya alam, aktivitas lalu lalang kapal pun terlihat dengan jelas. Sebuah kombinasi yang amat harmonis.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar