7 Tempat Camping Terbaik di Banjarnegara yang Lagi Hits (2022)

Camping merupakan salah satu kegiatan rekreasi yang disukai oleh banyak warga Banjarnegara. Hal ini karena kota Banjarnegara kaya akan spot camping yang memesona. Terlebih saat ini pihak dinas pariwisata gencar mengembangkan tempat wisata bertajuk camping.

Beberapa kawasan berkemah di Banjarnegara tidak kalah dengan tempat camping yang ada di kota lainnya. Dengan keunikannya, camping ground di Banjarnegara mampu membuat wisatawan nyaman menginap di sana.

Oleh sebab itu, Napaktilas akan memberikan informasi singkat mengenai tempat camping yang patut kamu kunjungi saat ingin rekreasi camping di Banjarnegara. Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Banjarnegara:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Kalianget Mangunan

Tempat Camping Di Banjarnegara Kalianget Mangunan
Kalianget Mangunan, Banjarnegara (sumber: instagram.com/m.o.t.o.m.o.t.o.s.a.j.a/)
LokasiJl. Kalibening – Gripit, Jogjogan, Kalibening, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 18.00
Harga paket campingRp25.000 per malam
Telepon085328704040
Rute menuju lokasi camping dari Banjarnegara1 jam 4 menit (39,9 km) lewat Jl. Ajibarang Secang/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara dan Jl. Kalibening – Gripit
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandian air hagat, hutan pinus, sungai, dan lain sebagainya

Bukan hanya dikunjungi oleh warga lokal, wisatawan luar kota juga datang untuk menikmati sensasi berlibur di Kalianget Mangunan. Tempat satu ini memang sering kali digunakan untuk berkemah oleh para pencinta alam. Khususnya penyuka aktivitas camping.

Kalianget Mangunan menyediakan kawasan untuk wisatawan mendirikan tenda. Bagi pengunjung yang ingin camping di sini, maka harus membayar sebesar Rp25.000 per malam. Biaya itu tentu tidak termasuk dengan tiket masuk dan parkir kendaraan.

Demi kenyamanan pengunjung, pihak Kalianget Mangunan melakukan banyak peningkatan fasilitas wisata. Sehingga menjadikan tempat ini semakin nyaman untuk khalayak umum.

Selain menyewa tenda, kamu juga bisa membawa perlengkapan camping dari rumah. Ini bertujuan agar kegiatan kemah kamu lebih berkesan.

Sambil berkemah, kamu dapat menikmati sejuknya suasana di Kalianget Mangunan. Untuk merasakan sensasi yang menakjubkan, kamu bisa memilih mendirikan tenda di bawah pohon pinus. Sehingga, ketika matahari terbit, kamu akan melihat keindahan tiada duanya.

2. Telaga Dringo

Tempat Camping Di Banjarnegara Telaga Dringo
Telaga Dringo, Banjarnegara (sumber: instagram.com/travelspromo/)
LokasiSidomulyo, Pekasiran, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Banjarnegara1 jam 49 menit (62,4 km) lewat Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSungai, pemandangan gunung, dan lain-lain

Untuk dapat masuk ke kawasan Telaga Dringo, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Namun, harga ini bisa berubah sesuai kebijakan yang pihak pengelola buat. Telaga Dringo selalu buka setiap hari tanpa ada batas waktu alias 24 jam.

Berada di ketinggian mencapai 2.222 mdpl, membuat Telaga Dringo menawarkan keindahan alam yang begitu memesona. Maka dari itu, tempat ini sering dipakai untuk berkemah. Dengan keindahannya, banyak yang melakukan kegiatan camping di sini.

Ketika pagi, kamu akan menyaksikan bagaimana hangatnya sunrise yang muncul pada sela-sela tenda. Selain itu, udara di sini juga terbilang masih asri dan sangat sejuk. Dijamin membuat wisatawan semakin betah.

Namun, dibalik segala keindahannya, fasilitas di Telaga Dringo masih belum memadai. Misalnya seperti toilet umum dan para pedagang makanan. Oleh sebab itu, jika kamu camping di Telaga Dringo, sebaiknya bawah bekal dari rumah.

Catatan: Belum puas dengan keindahan Telogo Dringo? Pengen cari rekomendasi tempat camping di Jawa Tengah lainnya? Tentu ada. Berikut tempat camping terindah di Jawa Tengah yang bisa kamu coba.

3. Wisata Alam Curug Sinom Indah Kalibening

Tempat Camping Di Banjarnegara Wisata Alam Curug Sinom Indah Kalibening
Wisata Alam Curug Sinom Indah Kalibening, Banjarnegara (sumber: instagram.com/curug_sinom/)
LokasiArea Hutan/Perkebunan, Majatengah, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 17.00
Harga paket campingRp20.000 per malam
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Banjarnegara1 jam 11 menit (44,3 km) lewat Jl. Ajibarang Secang/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan, pepohonan, air terjun, dan lain sebagainya

Bagi kamu yang ingin berkemah di sini, maka harus menunjukkan KTP terlebih dahulu. Jangan sampai ketinggalan ya. Nantinya kamu harus registrasi menggunakan KTP di bagian loket untuk pendataan. Untuk masuk ke dalam area Curug Sinom, pengunjung akan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp7.500. Sedangkan biaya camping, per malamnya hanya Rp20.000 saja.

Dengan suasana sejuk dan gemuruhnya suara air terjun, dijamin membuat kamu nyaman dan betah berkemah. Meskipun ada banyak tanjakan untuk mencapai camping ground, tapi worth it untuk ditempuh kok! Dijamin kamu tidak akan merasa kecewa.

Ada jembatan juga yang akan membantu pengunjung untuk menuju camping ground. Setiap jalan dikelilingi oleh pepohonan yang terlihat asri dan segar. Saran dari kami, pilihlah tempat yang memiliki lapisan rumput untuk mendirikan tenda. Sehingga, kamu akan merasa nyaman ketika malam tiba.

4. Rumpit Park Salamerta

Tempat Camping Di Banjarnegara Rumpit Park Salamerta
Rumpit Park Salamerta, Banjarnegara (sumber: Lufti Halim)
LokasiKrajan, Salamerta, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Banjarnegara23 menit (16,2 km) lewat Jl. Ajibarang Secang/Jl. Mandiraja – Banyumas/Jl. Raya Banjarnegara – Purwokerto/Jl. Raya Banyumas – Banjarnegara dan Jl. Klampok – Gombong
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingMountain, downhill, trekking, dan lain sebagainya

Selain digunakan untuk para pengunjung yang hobi bersepeda, Rumpit Bike Park juga menyediakan camping ground. Nah, bagi kamu penyuka aktivitas kemah, Rumpit Bike Park bisa jadi tempat pilihannya.

Berada di atas bukit, tempat ini akan memberikan pengalaman camping yang tidak terlupakan. Bagaimana tidak, ketika mendirikan tenda, kamu bisa dengan mudah melihat berbagai gunung. Salah satunya adalah Gunung Slamet.

Namun sangat disayangkan, Rumpit Bike Park belum memiliki fasilitas camping yang memadai. Oleh sebab itu, jika ingin berkemah, lebih baik gunakan perlengkapan sendiri. Ketika camping di sini, adrenalin pun akan terpacu. Hal ini karena jalur menuju camping ground terbilang sulit dan menanjak.

Untuk dapat memasuki kawasan ini, maka kamu harus membayar tiket masuk. Yakni sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu, untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp2.000 saja.

5. Igir Lempuyang

Tempat Camping Di Banjarnegara Igir Lempuyang
Igir Lempuyang, Banjarnegara (sumber: instagram.com/sahabat_pendaki/)
LokasiArea Hutan/Perkebunan, Kalitengah, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp10.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Banjarnegara36 menit (23,3 km) lewat Jl. Ajibarang Secang/Jl. Mandiraja – Banyumas/Jl. Raya Banjarnegara – Purwokerto/Jl. Raya Banyumas – Banjarnegara dan Jl. Klampok – Gombong
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan, bukit, café, dan fasilitas umum lainnya

Pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk masuk ke kawasan Igir Lempuyang. Saat masuk ke kawasan ini, kamu akan disambut plang ucapan selamat datang. Agar mencapai kawasan camping ground-nya, kamu harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 km.

Adanya pemandangan deretan pohon pinus, membuat perjalanan tidak terasa melelahkan. Selain itu, berbagai jenis bunga juga terpajang di sepanjang jalan menuju lokasi kemah. Karena pihak Igir Lempuyang tidak menyediakan jasa sewa tenda, para pengunjung harus membawa perlengkapan sendiri.

Di tempat ini memiliki live music yang selalu ada pada hari Sabtu dan Minggu. Sehingga, peserta camping tidak akan merasa jenuh. Di sini juga ada kafetaria yang bisa kamu kunjungi ketika lapar. Ini bertujuan agar peserta tidak merasa bingung ingin membawa bekal apa. Kafetarianya juga buka setiap saat, yakni 24 jam.

Café tersebut berada tidak jauh dari camping ground, lokasinya di atas pegunungan. Meskipun cukup ramai pengunjung, camping ground Igir Lempuyang termasuk masih dalam pengembangan.

6. Bumi Perkemahan Gunung Lawe

Tempat Camping Di Banjarnegara Bumi Perkemahan Gunung Lawe
Bumi Perkemahan Gunung Lawe, Banjarnegara (sumber: instagram.com/tiwul23/)
LokasiMelikan, Kendaga, Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga paket campingRp5.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Banjarnegara41 menit (30,8 km) lewat Jl. Ajibarang Secang/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara.
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan, pegunungan, dan lain-lain.

Lawe adalah nama sebuah gunung yang dijadikan sebagai bumi perkemahan. Tempat ini terletak di desa Kendaga, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara.

Gunung Lawe memiliki bentuk unik seperti unta dan dapat terlihat ke arah utara dari kota Banjarnegara. Dari atas puncak Gunung Lawe orang dapat melihat pemandangan seluruh penjuru Banjarnegara yang indah.

Seperti namanya, bumi perkemahan ini menyediakan camping ground untuk para pencinta alam. Berada di atas perbukitan, Bumi Perkemahan Gunung Lawe dikelilingi banyak kabut. Terutama pada pagi hari, sekitar jam 5 subuh.

Di sana juga terdapat berbatuan setinggi 250 meter. Kebanyakan dari peserta kemah datang ke bumi perkemahan ini untuk mendaki puncak Lawe. Saat malam hari, suasana di sini sangatlah tenang.

7. Bumi Perkemahan Pagedongan

Tempat Camping Di Banjarnegara Bumi Perkemahan Pagedongan
Bumi Perkemahan Pagedongan, Banjarnegara (sumber: Ari Prass)
LokasiJl. Raya Karang Tengah, Wonojenong, Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Banjarnegara29 menit (23,9 km) lewat Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan, pegunungan, dan lain-lain

Untuk kamu yang ingin melepaskan rindu pada alam, maka Bumi Perkemahan Pagedongan sangat cocok kamu datangi. Kamu tidak perlu kesulitan untuk menuju kawasan utama dari bumi perkemahan ini. Bahkan, kamu tidak perlu trekking.

Lahan luas yang datar tersebar dengan banyak, maka kamu bisa memilih di mana tempat mendirikan tenda yang paling nyaman. Bumi perkemahan ini kerap dijadikan tempat camping oleh berbagai kalangan. Mulai dari sekolah, organisasi, atau bahkan perorangan.

Karena dikelilingi oleh banyak pepohonan, membuat pengunjung tidak bisa melihat matahari secara jelas. Namun, suasana di sana sangat sejuk. Ini karena lokasinya yang terletak di tengah hutan. Sehingga, sensasi asrinya terasa kental.

Untuk bisa berkemah di sini, kamu harus izin terlebih dahulu dengan warga setempat. Sangat disayangkan karena fasilitas di sini kurang memadai. Padahal, tempat ini sangat optimal menjadi wisata alam.

Kegiatan camping sangat menyenangkan dan membuat segala beban terasa ringan. Beberapa tempat camping di Banjarnegara di atas bisa kamu jadikan sebagai tempat berkemah. Jika perlu, kamu bisa mencobanya satu persatu untuk merasakan sensasi dari masing-masing tempat.

Selain berkemah, jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku. Dengan begitu, segala aktivitas kamu akan berjalan dengan benar.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar