10 Tempat Camping Terindah di Bali yang Lagi Hits (2022)

Ingin camping di Bali untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga? Namun, kamu bingung menentukan pilihan spot camping mana yang tepat? Baca artikel ini sampai selesai, ya! Saya akan mengulas 10 tempat camping terbaik di Bali khusus untuk kamu. Tempat-tempat ini menawarkan pesona alam memukau yang sayang untuk dilewatkan. Ada apa saja? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Bali:

Mulai penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan lengkap dari Napaktilas di bawah ini. Let’s dive in!

1. Pantai Gunung Payung

Tempat Camping Di Bali Pantai Gunung Payung
Pantai Gunung Payung, Bali.
LokasiDesa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00 per orang (belum termasuk biaya parkir)
Telepon
Ciri khas tempat campingPantai cantik, sunset, goa, paralayang, amphitheater, area golf, camping ground luas
Wisata menarik terdekat» Gunung Payung Cultural Park (3 mnt (850,0 m) lewat Jl. Gunung Payung)
» Bukit Pandawa Golf & Country Club (3 mnt (1,0 km) lewat Jl. Gunung Payung)
» Pantai Pandawa (12 mnt (4,6 km) lewat Jl. Gunung Payung, Jl. Raya Nusa Dua Selatan, dan Jl. Pantai Pandawa)
Rute dari Badung, Bali1 jam 16 mnt (39,8 km) lewat Jl. Nusa Dua – Bandara Ngurah Rai – Benoa Toll Road/Mandara Toll Road (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 2.183 ulasan Google

Lokasi Pantai Gunung Payung berdekatan dengan Gunung Payung Cultural Park dan Pantai Pandawa. Berada di balik tebing tinggi, Pantai Gunung Payung sedikit menantang untuk dikunjungi. Untuk sampai ke pantai ini, dari area parkir, kamu harus turun berjalan kaki sekitar 15 – 20 menit. Akses jalannya kecil dan berupa undakan dengan berbatuan alami.

Untuk camping di Pantai Gunung Payung kamu harus membawa perlengkapan dan bekal sendiri, ya. Tidak ada tempat persewaan perlengkapan camping dan warung makan di pantai ini. Fasilitasnya belum cukup memadai karena lokasinya yang masih tersembunyi dan belum terkelola dengan baik.

Namun, kamu tetap bisa mendapatkan pengalaman camping yang seru, lho! Kamu bisa camping dengan suasana yang masih sangat alami di pantai ini. Air lautnya sangat cantik berwarna biru dengan gradasi hijau.

Ada beberapa karang besar yang menambah eksotisme Pantai Gunung Payung. Pasir putihnya memiliki tekstur yang lembut sehingga nyaman untuk camping. Selain itu, suasana di pantai ini masih sangat tenang karena belum begitu banyak pengunjung. Kamu akan merasa seperti sedang berada di private beach!

Beberapa aktivitas ini bisa kamu lakukan supaya camping di Pantai Gunung Payung makin berkesan:

  • Bersantai sembari membaca buku atau mendengarkan musik.
  • Mencoba olahraga air seperti berenang dan surfing.
  • Memancing.
  • Paradigling.
  • Menyalakan api unggun dan bakar ikan di malam hari.

Tertarik camping ke Pantai Gunung Payung? Dari daerah Kuta atau Seminyak, pantai ini bisa kamu capai dalam waktu sekitar 45 menit dengan mobil atau sepeda motor. Nantinya kamu bisa parkir di area Pura Dhang Kahyanga Gunung Payung. Biaya parkirnya Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

2. Bukit Asah Desa Bugbug

Pesona Alam Cantik Di Bukit Asah Bali
Pesona alam di Bukit Asah, Bali (Sumber: Instagram.com/otw_melali/).
LokasiDesa Adat Bugbug, Sengkidu, Manggis, Karangasem, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00 per orang
Telepon
Ciri khas tempat campingPemandangan alam cantik, sunrise, samudera, camping ground luas, campervan, listrik, udara sejuk
Wisata menarik terdekat» Pantai Bugbug (12 mnt (4,8 km) lewat Jl. Raya Bukit Asah dan Jl. Pasih Kelod)
» Virgin Beach Karangasem, Bali (3 menit (900 m) dari Bukit Asah Desa Bugbug)
Rute dari Karangasem, Bali43 mnt (21,6 km) lewat Jl. Raya Bungaya (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 1.634 ulasan Google

Bukit Asah Desa Bugbug bisa menjadi pilihan tempat camping di Karangasem yang paling TOP. Dari Denpasar jarak tempuhnya sekitar 1 jam 30 menit perjalanan saja. Rutenya menuju ke arah timur melalui Sanur – Gianyar, Klungkung – Karangasem. Kalau kamu berangkat dari Karangasem, Bali estimasi perjalanan hanya 43 menit saja.

Secara geografis, lokasi Bukit Asah Desa Bugbug berada di dekat Pantai Bugbug dan Virgin Beach Karangasem, Bali. Makanya, beberapa wisatawan menggabungkan destinasi wisata mereka untuk ke pantai dan lanjut camping di Bukit Asah.

Ada kunikan saat camping di Bukit Asah Desa Bugbug. Nantinya, kamu bisa membawa mobil atau sepeda motor sampai ke puncak bukit karena akses jalannya sudah cukup lebar. Jadi, kamu nggak perlu jalan kaki jauh, sehingga nggak capek.

Area camping di Bukit Asah ini sangat strategis karena berada di bagian puncak bukitnya. Kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas dan gagahnya Gunung Agung di kejauhan. Selain itu, di sisi kanan terdapat panorama Bukit Panggian dengan tebing-tebingnya yang curam. Pemandangan dari Bukit Asah ini pun akan semakin cantik saat matahari terbit dan matahari terbenam.

Tempat Camping Di Bali Bukit Asah Desa Bugbug
Camping di Bukit Asah Desa Bugbug, Bali.

Untuk camping di Bukit Asah, kamu bisa membawa tenda sendiri ataupun menyewa dari pengelola setempat. Pengelola wisata camping Bukit Asah menyediakan pilihan jenis tenda kecil, sedang, dan VIP. Kamu bisa memesannya minimal 3 hari sebelum jadwal kedatangan. Adapun fasilitas umum yang sudah tersedia di Bukit Asah ini antara lain:

  • Wifi.
  • Toilet.
  • Kamar mandi.
  • Dapur umum.
  • Pos penjaga.
  • Lampu dan aliran listrik.
  • Warung makan.
  • Spot foto.
  • Gazebo.
  • Tempat ­penjualan kayu bakar.

Selama camping di Bukit Asah, kamu tidak akan kehabisan gaya! Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari bersantai menikmati pemandangan, morning trekking, sunset boat trip, paradigling, memancing, hingga diving. Dijamin acara camping di Bukit Asah Desa Bugbug akan sangat berkesan untukmu!

3. Puncak Gunung Batur

Pemandangan Sunrise Cantik Dari Puncak Gunung Batur
Pemandangan sunrise cantik dari puncak Gunung Batur, Bali.
LokasiSangan A, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Telepon
Ciri khas tempat campingSunrise, local guide, udara sejuk, puncak gunung, panorama alam cantik, dingin, camping ground luas
Wisata menarik terdekat» Batur Natural Hot Spring (10 mnt (3,2 km) lewat Jl. Pendakian Gn. Batur)
» Pura Segara Ulun Danu Batur (11 mnt (4,2 km) lewat Jl. Pendakian Gn. Batur)
» Bukit Payang (22 mnt (7,5 km) lewat Jl. Kedisan)
Rute dari Bangli, Bali47 mnt (28,8 km) lewat Jl. Nusantara (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 683 ulasan Google

Puncak Gunung Batur adalah salah satu tempat camping terbaik di Bali. Jaraknya hanya sekitar 40 km dari kawasan Ubud. Akses jalannya bagus dan bisa dilalui oleh sepeda motor ataupun mobil. Dalam kondisi lalu lintas normal, kamu sudah bisa tiba di Gunung Batur dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Kalau kamu berangkat dari kota Bangli, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 47 menit saja.

Gunung Batur adalah tujuan wisata camping yang sangat populer karena pemandangannya sangat indah. Kamu bisa melihat pesona Danau Batur dan kegagahan Gunung Abang serta Gunung Agung sekaligus. Kalau cuaca cerah, Gunung Rinjani di Lombok pun bisa terlihat dari tempat camping di Puncak Gunung Batur ini.

Tempat Camping Di Bali Gunung Batur
Camping di Gunung Batur, Bali.

Kumpulan awan yang menyelimuti area pegunungan juga menjadi daya tarik. Kamu akan merasa seperti sedang berada di negeri atas awan! Saat matahari terbit dan matahari terbenam adalah waktu-waktu yang banyak diincar oleh banyak wisatawan. Nah, kalau camping di sini, kamu tentu tidak perlu bangun pagi-pagi sekali untuk mendaki dan mengejar momen sunrise.

Untuk camping di Gunung Batur, kamu harus membawa sendiri tenda dan perlengkapan camping lainnya. Kalau tidak mau repot, kamu juga bisa menggunakan jasa guide pendakian Gunung Batur. Jasa guide ini biasanya juga menyediakan paket camping. Dengan kisaran harga mulai dari Rp350.000,00 – Rp950.000,00 per orang kamu sudah mendapatkan fasilitas tenda, perlengkapan camping, sarapan, makan malam, dan layanan porter.

Selepas dari camping di Gunung Batur, kamu bisa mencoba beberapa wisata menarik terdekat, seperti Batur Natural Hot Spring dan Pura Segara Ulun Danu Batur. Banyak wisatawan mampir ke sana, karena letaknya dekat dari Gunung Batur. Estimasi perjalanan cuma 10-15 menit saja.

4. The Sila’s Agrotourism

Tempat Camping Di Bali The Sila's Agrotourism
The Sila’s Agrotourism, Bali.
LokasiCandikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00-17.00 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp125.000/orang
Telepon+6285737103000
Ciri khas tempat campingUdara sejuk, outbound, camping ground, ATV, panahan, pemandangan gunung, berkuda, trampolin, kebun buah, flying fox, spot memancing
Wisata menarik terdekat» Kebun Raya Bali (5 mnt (2,8 km) lewat Jl. Kebun Raya)
» The Blooms Garden (2 menit (300 m) dari The Sila’s Agrotourism)
» Agro Puncak Bedugul (7 menit (2,9 km) dari The Sila’s Agrotourism)
Rute dari Tabanan, Bali52 mnt (33,0 km) lewat Jl. Batukaru (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 2.222 ulasan Google

The Sila’s Agrotourism menarik untuk dikunjungi kalau kamu ingin camping dengan suasana dataran tinggi yang udaranya sejuk. The Sila’s Agrotourism tersohor sebagai salah satu tempat camping terbaik di Tabanan yang punya pemandangan alam memesona.

Dari Denpasar, jaraknya sekitar 50.7 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 28 menit. Sementara itu, dari Kuta, jarak The Sila’s Agrotourism sekitar 56.9 km. Dalam kondisi lalu lintas normal, kamu bisa tiba dalam waktu 1 jam 40 menit.

Untuk camping di The Sila’s Agrotourism ini harganya sangat terjangkau. Kamu bisa membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Untuk fasilitas, pengelola sudah menyediakan toilet dan kamar mandi umum.

Nah, kalau kamu tidak mau repot, kamu bisa langsung menyewa tenda di sana. Pilihan paket camping dan tendanya berbeda-beda tergantung jenis yang kamu pilih. Sebagai contoh, untuk tenda kapasitas 4 orang, kisaran harganya sekitar Rp125.000,00 – Rp150.000,00 per tenda.

Area Camping The Silas Agrotourism
Area camping di The Sila’s Agrotourism

Supaya acara camping di The Sila’s Agrotourism makin seru, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas berikut ini:

  • Trekking.
  • Memancing.
  • Wisata petik buah di kebun buah The Sila’s.
  • Menyalakan api unggun dan bakar ikan.
  • Berkuda.
  • Outbound.

Jangan lupa, pastikan kamu membawa jaket tebal, selimut, sleeping bag, dan sarung tangan kalau ingin camping di tempat ini. Pada malam hari dan subuh, udaranya akan bertambah dingin.

5. Danau Buyan

Lake Buyan Bedugul Bali
Lake Buyan, Bali.
LokasiJl. Munduk – Wanagiri, Wanagiri, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, pukul 08.00 – 19.00 WITA
Harga tiket masuk (HTM)– Rp10.000,00 per orang
– Rp25.000,00 per tenda (harga tambahan kalau masuk untuk camping dengan tenda sendiri).
Telepon
Ciri khas tempat campingUdara sejuk, pemandangan indah, danau, bukit, spot memancing, camping ground
Wisata menarik terdekat» Puncak Wanagiri (5 mnt (2,4 km) lewat Jl. Raya Wanagiri)
» Air Terjun Banyumala (12 mnt (4,2 km) lewat Jl. Raya Wanagiri)
» Taman Denbukit Camping Ground (13 mnt (5,3 km) lewat Jl. Raya Wanagiri dan Jl. Pancasari – Baturiti)
Rute dari Buleleng, Bali47 mnt (25,3 km) lewat Jl. Raya Bedugul – Singaraja (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 297 ulasan Google

Lake Buyan (Danau Buyan) berada di perbatasan antara Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Tabanan. Danau Buyan berdekatan dengan obyek wisata Puncak Wanagiri dan Air Terjun Banyumala.

Jika kamu dari Buleleng, Bali, danau ini berjarak kurang lebih 25,3 km, dengan waktu tempuh sekitar 43 menit. Area yang sering digunakan untuk camping berada di tanah lapang sekitar Danau Buyan. Cukup luas untuk mendirikan ratusan tenda.

Dengan suasananya yang tenang, kamu bisa bersantai untuk melepas penat. Danau Buyan berada 1.350 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udaranya sangat sejuk. Untuk pemandangan di sekitar tempat camping jelas tidak perlu diragukan.

Buyan Lake ini sangat terkenal dengan panorama alamnya yang menawan. Pemandangan danau dan hutan yang mengelilinginya sangat cantik. Tidak heran kalau Lake Buyan juga menjadi salah satu tempat wisata camping di Bedugul yang ramai pengunjung.

Tempat Camping Di Bali Lake Buyan Bedugul
Tempat camping di Bali – Lake Buyan (Sumber: Instagram.com/ndah1197/).

Nah, supaya makin seru, kamu bisa sembari melakukan beberapa aktivitas menarik berikut ini:

  • Berfoto dengan latar pemandangan alam yang menawan. Pengelola juga menyediakan spot foto yang sangat instagrammable.
  • Memancing.
  • Trekking di area hutan sekitar danau.
  • Naik sepeda air atau perahu untuk menyusuri danau.
  • Memetik strawberry di kebun milik warga setempat.
  • Bakar ikan dan api unggun saat malam hari.

Kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan saat camping di Lake Buyan. Di tempat ini kamu bisa menemukan tempat persewaan tenda dan perlengkapan camping. Selain itu, pengelola juga sudah menyediakan fasilitas toilet dan kamar mandi dengan persediaan air bersih yang memadai. Di sekitar tempat camping juga tersedia warung-warung makan milik warga setempat.

Catatan: Belum puas? Pengen tahu lebih banyak rekomendasi tempat camping asik di Indonesia? Baca ini.

6. Pinggan Sunrise Camping

Wisata Alam Pinggan Sunrise Spot Bali
Pesona alam Pinggan Sunrise Spot, Bali (Sumber: Instagram.com/pinggan_sunrise_spot/).
LokasiDesa Pinggan, Sukawana, Kintamani, Bangli, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00 per orang
Telepon087743434027
Ciri khas tempat camping.Spot sunrise, sunset, pemandangan bagus, lembah, camping ground, udara sejuk
Wisata menarik terdekat» Jungle Camping Kintamani (2 mnt (250 m) dari PInggan Sunrise Camping)
» Kayupadi Sunrise Camping (11 mnt (3,9 km) lewat Jl. Kayupadi)
Rute dari Bangli, Bali37 mnt (15,1 km) lewat Jl. Raya Sekardadi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 618 ulasan Google

Satu lagi tempat camping di Bali yang akan membuatmu seperti sedang berada di negeri atas awan, yaitu Pinggan Sunrise Camping. Lokasinya di daerah Sukawana, Bali. Dari Denpasar tempat ini bisa dicapai kurang lebih sekitar 1 jam 30 menit hingga 2 jam perjalanan.

Jika kamu melihat melalui Google Maps, Pinggan Sunrise Camping letaknya tidak jauh dari Jungle Camping Kintamani dan Kayupadi Sunrise Camping. Jadi, kamu bisa melipir ke beberapa tempat wisata sekaligus setelah selesai dari sana.

Catatan: Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima karena akses jalan masuk menuju ke lokasi agak kecil dan belum begitu bagus.

Camping di Pinggan Sunrise Spot cukup membayar harga tiket masuk dan sewa lahan saja kalau kamu membawa tenda sendiri. Namun, di sini juga tersedia tempat persewaan tenda dan penjualan kayu bakar ikat. Untuk tenda kapasitas 2-3 orang harganya mulai dari Rp80.000,00 per tenda. Pengelola sudah menyediakan toilet sebagai fasilitas umum.

Tempat Camping Di Bali Pinggan Sunrise Spot
Camping ground Pinggan Sunrise Spot, Bali.

Apa sih yang menarik dari Pinggan Sunrise Spot? Nah, banyak orang yang suka camping di sini karena pemandangannya yang cantik. Kamu bisa melihat bentangan Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung di kejauhan. Begitu juga dengan Danau Batur, area pedesaan, dan hamparan sawah yang serba hijau. Karena kelebihan itulah, Pinggan Sunrise Camping menjadi salah satu dari 10 rekomendasi tempat camping di Kintamani yang paling populer.

Utamanya, pemandangan paling dicari oleh pengunjung adalah momen saat matahari terbit. Di waktu tersebut, kawasan gunung dan pedesaan di bagian bawah akan tertutup oleh kabut tebal. Kamu bisa melihat pemandangan ini layaknya hamparan permadani putih dari ketinggian.

7. Alengkong Bali Camp

Tempat Camping Di Bali Alengkong Bali Camp
Alengkong Bali Camp (Sumber: Instagram.com/alengkongbalicamp/).
LokasiJalan Raya Caldera Batur, Songan B, Kecamantan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM) campingRp40.000,00 (camping dengan tenda sendiri).
Telepon083114977819
Ciri khas tempat campingUdara sejuk, pemandangan cantik, view Gunung Agung dan Gunung Batur, Sunrise, Bukit, kabut, malam cukup dingin
Wisata menarik terdekat» Bukitsari Sunrise Glamping (3 mnt (850,0 m) lewat Jl. Raya Caldera Batur)
» Pura Ulun Danu Bangli (10 mnt (3,0 km) lewat Jl. Raya Caldera Batur dan Jl. Bubung Pegat)
Rute dari Bangli, Bali44 mnt (18,0 km) lewat Jl. Pendakian Gn. Batur (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4.9/5 dari 616 ulasan Google

Ingin camping di tempat yang menawarkan banyak pemandangan sekaligus? Kamu bisa coba ke Alengkong Bali Camp! Alengkong Bali Camp menawarkan view:

  • Gunung Agung.
  • Gunung Abang.
  • Gunung Batur.
  • Gunung Rinjani.
  • Danau Batur.
  • Laut Singaraja.

Saat sunrise dan sunset kamu bisa mendapatkan pemandangan yang lebih cantik lagi. Bahkan, kalau cuaca sedang cerah, saat sunrise kamu bisa melihat lautan awan menutupi area perbukitan. Selama camping di Alengkong Bali Camp, kamu bisa menghabiskan waktu untuk bersantai menikmati alam, barbeque, hingga berswafoto.

Alengkong Bali Camp menawarkan paket camping biasa dan glamour camping (glamping). Harga sewa tenda biasa berkisar Rp30.000,00 – Rp55.000,00 tergantung jenis dan kapasitasnya. Area untuk mendirikan tenda biasa ini cukup lapang dengan model undakan-undakan.

Nah, kalau untuk glamping harganya mulai dari Rp300.000,00 dengan kapasitas 3 orang. Paket glamping ini sudah termasuk kasur, bantal, selimut, listrik, kayu bakar, dan coffee tea maker. Pengelola Alengkong Bali Camp juga sudah menyediakan fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, dan warung makan 24 jam. Ada juga spot foto yang sangat instagrammable, lho!

Tertarik camping di Alengkong Bali Camp? Dari Denpasar, jaraknya sekitar 2-3 jam perjalanan. Sebelumnya, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima, ya. Akses jalan menuju Alengkong Bali Camp memang sudah beraspal, tetapi pada titik tertentu jalurnya sangat berkelok-kelok dan curam.

Catatan: Alengkong Bali Camp dekat dengan beberapa objek wisata menarik, seperti Bukitsari Sunrise Glamping dan Pura Ulun Danu Bangli. Estimasi jarak objek wisata dari Alengkong Bali Camp sekitar 3-10 menit. Jadi, setelah puas di Alengkong Bali Camp, kamu bisa melipir ke wisata menarik terdekat ya. Yuk, eksplore!

8. Bukit Surga

Tempat Camping Di Bali Bukit Surga
Camping di Bukit Surga, Karangasem, Bali (Sumber: Instagram.com/asli.nganjuk/).
LokasiJungutan, Kec. Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, pukul 07.00 – 22.00 WITA
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00 per orang
Telepon08113833455
Ciri khas tempat cmaping.Udara sejuk, pemandangan bagus, camping ground luas, asri
Wisata menarik terdekat» Bukit Cemara (8 menit (2 km) dari Bukit Surga)
» Sibetan Rice Terrace (20 menit (6,4 km) dari Bukit Surga)
» Agrowisata Abian Salak (15 menit (4,3 km) dari Bukit Surga)
Rute dari Karangasem, Bali34 mnt (15,9 km) lewat Jl. Nenas (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 480 ulasan Google

Lokasi Bukit Surga berada 15,9 km dari pusat Karangasem, atau sekitar 57 km dari Kota Denpasar. Tempat Camping ini berdekatan dengan Bukit Cemara dan Agrowisata Abian Salak.

Oleh warga lokal, bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Nampo. Julukan sebagai Bukit Surga memang layak diberikan pada bukit ini. Pemandangan alam di sekitar Bukit Surga Nampo sangat cantik.

Berada di ketinggian 800 mdpl, kamu bisa melihat keindahan lembah, perbukitan, perkebunan warga, dan pesona Gunung Rinjani. Udaranya juga sangat sejuk, dengan suasana alam yang tenang. Tidak heran kalau Bukit Surga menjadi salah satu tempat camping favorit di Bali.

Kamu bisa membawa tenda dan perlengkapan sendiri kalau ingin camping di Bukit Surga. Namun, kalau tidak mau repot, kamu bisa menyewa tenda maupun perlengkapan camping pada pengelola setempat. Menariknya lagi, area camping di Bukit Surga ini juga dimungkinkan untuk kamu yang ingin camping dengan membawa campervan, lho!

Untuk kenyamanan pengunjung, pengelola Bukit Surga sudah menyediakan fasilitas umum standar seperti listrik, toilet, area parkir, dan wifi. Di sela waktu camping, kamu bisa sembari berkunjung ke Agrowisata Perkebunan Salak Sibetan.

Tempat ini terkenal sebagai penghasil salak yang populer di Bali. Ini akan menjadi wisata edukasi untuk mengenal berbagai macam jenis salak bali. Kamu juga bisa sekaligus mencicipi salak bali yang terkenal dengan rasanya yang enak. Menarik sekali, kan?

9. Karang Boma Cliff

Wisata Alam Karang Boma Cliff Bali
Wisata alam Karang Boma Cliff, Bali (Sumber: Instagram.com/y.gopedia/).
LokasiDesa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM) campingRp20.000,00 per orang
Telepon
Ciri kahs tempat campingSunset, tebing, angin sepoi-sepoi, Pura Ulu Watu, spot foto
Wisata menarik terdekat» Pura Luhur Ulu Watu (7 mnt (2,3 km) lewat Jl. Batu Lesung dan Jl. Raya Uluwatu Pecatu)
» Pantai Nyang Nyang (9 mnt (2,2 km) lewat Jl. Batu Lesung)
Rute dari Badung, Bali1 jam 37 mnt (39,7 km) lewat Jl. Raya Uluwatu Pecatu (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 660 ulasan Google

Pernahkah kamu merasakan sensasi camping di atas tebing karang besar di pinggir laut? Kalau belum, cobalah berkunjung ke Karang Boma Cliff. Tempat ini menyuguhkan panorama alam yang menawan dari puncak tebing karang setinggi 97 mdpl.

Letaknya nggak jauh dari Pura Luhur Ulu Watu dan Pantai Nyang Nyang. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 7-9 menit saja. Kalau kamu dari Badung, kamu hanya butuh waktu 1 jam 37 menit. Tempat campingnya relatif dekat, bukan?

Di atas Karang Boma Cliff terdapat area lapang yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk mendirikan tenda. Pemandangannya langsung ke laut lepas. Di kejauhan kamu juga bisa melihat Pura Uluwatu yang menawan. Terutama saat sunset, suasana akan terasa semakin menyenangkan. Apalagi ditemani dengan suara deburan ombak dari laut di bawah tebing.

Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp20.000,00 per orang untuk camping di Karang Boma Cliff. Tentunya dengan membawa tenda sendiri, ya. Pengelola hanya menyediakan fasilitas seperti toilet umum, area parkir, dan warung makan.

Tempat Camping Di Bali Karang Boma Cliff
Spot camping di Karang Boma Cliff, Bali.

Untuk menuju ke Karang Boma Cliff, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau sepeda motor). Namun, pastikan kamu dalam keadaan fokus dan kendaraan juga dalam kondisi prima. Akses jalan menuju ke Karang Boma Cliff cukup menanjak dan banyak jalan yang bercabang. Perhatikan dengan seksama semua petunjuk arah agar tidak tersesat.

10. Maha Gangga Valley

Tempat Camping Di Bali Maha Gangga Valley
Maha Gangga Valley, Karangasem, Bali (Credit image: Dhani Cerubak).
LokasiJl. Raya Tirta Gangga, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin – Minggu, pukul 10.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00 per orang (tiket lokal KTP Bali)
Rp30.000,00 per orang (tiketl lokal KTP luar Bali) Rp50.000,00 per orang (tiket internasional)
Telepon08136444212
Ciri khas tempat camping.Sawah, pemandangan alam, bunga, pedesaan, camping, glamping, udara sejuk, spot foto cantik
Wisata menarik terdekat» Tirta Gangga (3 mnt (1,1 km) lewat Jl. Abang – Amlapura/Jl. Raya Ababi)
» Bukit Cinta Pangi (11 mnt (5,7 km) lewat Jl. Raya Ababi)
Rute dari Karangasem, Bali15 mnt (7,4 km) lewat Jl. Abang – Amlapura (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 479 ulasan Google

Apakah kamu ingin merasakan suasana camping yang sangat berbeda dan unik? Yuk, cobain camping di Maha Gangga Valley yang berada di Karangasem, Bali. Jaraknya sekitar 1 jam 30 menit perjalanan dari Kota Denpasar.

Maha Gangga Valley menggabungkan konsep tradisional pedesaan dengan suasana alam yang menenangkan. Area camping di Maha Gangga Valley berada di tengah persawahan yang berundak. View lainnya ada Gunung Lempuyang, Gunung Agung, dan Pantai Ujung.

Untuk camping di sini kamu tidak perlu repot membawa perlengkapan sendiri. Pengelola Maha Gangga Valley sudah menyediakan tenda eksklusif berkonsep eco camp site. Bentuknya unik menyerupai rumah lumbung petani. Harga per malamnya mulai dari Rp850.000,00 per camp (untuk 4 orang). Dengan harga tersebut kamu sudah mendapatkan fasilitas privat seperti:

  • Toilet dan kamar mandi.
  • Tempat tidur, selimut, bantal.
  • Charger plug, senter, lampu penerangan.
  • Dapur dengan konsep tradisional.

Selain fasilitas privat di tiap camp, pengelola juga menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap. Mulai dari area parkir, restoran, spot foto, dan jalur trekking. Biar makin seru, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik ini saat camping di Maha Gangga Valley:

  • Pesta api unggun.
  • Berendam di kolam alami.
  • Bermain di sungai yang jernih.
  • Berfoto di spot foto yang sangat instagrammable.
  • Jogging dan trekking.
  • Kulineran.
  • Swing adrenaline.
  • Bermain air di le grande waterpark.

Nah, bayangkan bagaimana rasanya kalau kamu camping di Maha Gangga Valley? Pasti menyenangkan sekali, ya!

Itulah 10 tempat camping terbaik di Bali yang bisa jadi pilihan untuk berlibur bersama teman atau keluarga. Semuanya memiliki keunikan tersendiri. Namun, pastinya suguhan panorama alam khas Bali di tempat-tempat camping tersebut tidak akan mengecewakanmu. Tinggal pilih lokasi mana yang paling sesuai untuk bersantai melepas penat. Yuk, segera agendakan rencana liburanmu ke salah satu tempat camping terbaik di Bali tersebut.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar