10 Wisata Pantai Terbaik di Jogja yang Lagi Hits (2022)

Yogyakarta dikenal sebagai Kota Gudeg. Namun, bukan hanya kuliner khasnya yang menjadi daya tarik Yogyakarta. Kota yang biasa disebut Jogja ini juga menyimpan keindahan wisata pantai yang memukai di pesisirnya. Jadi, nggak heran kalau semakin banyak wisatawan berkunjung ke pantai di Jogja. Apalagi, ada banyak pantai yang lagi hits di sana. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi pantai terbaik di Jogja:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Yogyakarta? Yuk, baca sampai selesai investigasi Napaktilas berikut ini.

1. Pantai Goa Cemara

Pantai Jogja Pantai Goa Cemara
Keindahan Pantai Goa Cemara (sumber: instagram.com/nopiapitama99/)
LokasiJl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiPepohonan cemara, ATV (all terrain vehicle), kolam renang
Rute menuju tempat wisata dari Bantul29 menit (18,6 km) lewat Jl. Samas
Rating pantai4,3/5.0 – 14.762 ulasan Google

Pantai Goa Cemara nyaman sekaligus menyenangkan. Seperti namanya, pantai ini ditumbuhi pohon-pohon cemara udang yang menjadi keunikannya. Menurut warga lokal, ada lebih dari 6.000 pohon cemara udang di lahan pinggir pantai seluas 20 hektare. Hutan cemara tersebut menghadirkan suasana rindang juga sejuk.

Kalau kamu berkunjung, saat sampai, ada tempat parkir yang begitu luas. Selain itu, ada banyak warung dan toko oleh-oleh serta suvenir di area parkiran. Juga ada kolam renang anak-anak di kawasan parkir tersebut.

Ada pula gazebo untuk tempat duduk-duduk. Kemudian, tersedia toilet dan musala. Ada juga yang menjual mainan anak-anak. Selain itu, ada banyak jajanan di sepanjang jalan menuju pantai. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau tidak membawa bekal.

Nah, dari tempat parkir, kamu perlu berjalan dahulu ke pantai, jaraknya tidak jauh. Di pantai, kamu bisa melihat pasirnya yang berwarna sedikit kecokelatan. Sementara, di pantai ini ombaknya cukup besar sehingga ada larangan berenang.

Kamu juga akan melihat papan bertuliskan “Daerah palung awas berbahaya”. Di sepanjang daerah tersebut, hati-hati untuk tidak bermain air apalagi sampai terseret ombak.

Meskipun tidak bisa bermain air, kamu bisa menikmati keindahan pepohonan cemara. Sementara, aktivitas yang disukai pengunjung yaitu duduk-duduk di pinggir pantai serta naik ATV sambil keliling. Kamu juga dapat menikmati kuliner seafood dan air kelapa muda. Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto.

Kamu dapat mengajak keluarga berlibur ke sini, seperti para pengunjung lainnya. Pantai ini juga cocok untuk dikunjungi bersama pasangan ataupun teman-teman dekat kamu. Tertarik berlibur ke Pantai Goa Cemara? Jika kamu bimbang, baca dulu review lengkap Pantai Goa Cemara ini.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Jogja Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis, Yogyakarta (sumber: instagram.com/ratna_nursabrina/)
LokasiDesa Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang. Parkir roda dua Rp2.000. Parkir roda empat Rp5.000
Daya tarik pantaiTugu kendi raksasa di gerbang masuk kawasan Parangtritis, kolam renang, ATV
Rute menuju tempat wisata dari Bantul31 menit (20,8 km) lewat Jl. Parangtritis
Rating pantai4,6/5.0 – 11.443 ulasan Google

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terindah di Bantul favorit para wisatawan dalam dan luar negeri saat berkunjung di Jogja. Di gapura hijau gerbang masuk kawasan Parangtritis, ada tugu kendi raksasa dengan tulisan Parangtritis Geomaritime Science Park.

Setelah bayar tiket masuk Rp10.000, kamu akan masuk dan melintasi JJLS atau Jalur Jalan Lintas Selatan. Jalan ini merupakan bagian dari proyek Jembatan Kretek 2. Untuk sampai di lokasi pantai, kamu akan melewati beberapa objek wisata. Ada Pantai Depok, Gumuk Pasir, Pantai Cemoro Sewu, dan Pantai Parangkusumo.

Setelah itu, sampailah di Pantai Parangtritis. Nah, kalau mau naik Jeep untuk keliling, kamu bisa sewa seharga Rp300 ribu sampai Rp500 ribu. Sementara, penyewaan ATV kecil Rp50.000 dan ATV besar Rp100.000 dengan waktu sewa 20 menit. Kamu juga bisa sewa payung dengan kisaran harga Rp25.000. Selain itu, ada jasa foto langsung jadi Rp10.000.

Di pantai ini, pemandangannya humble dengan suasana cenderung ramai. Terlihat pasir putih sedikit kecokelatan dengan hamparan pasir luas dan datar. Pantai Parangtritis juga diapit perbukitan hijau yang indah. Ombak cenderung cukup besar di sini, sehingga pengunjung biasanya menikmati pemandangan saja dari tepi pantai.

Selain itu, pengunjung juga menyukai aktivitas berfoto di pantai dengan slogan “The Harmony of Nature and Culture” ini. Untuk fasilitas umum, ada penjual makanan dan minuman di pinggir pantai. Ada juga toilet dan musala. Kalau jalan-jalan ke sini, kamu bisa mengajak keluarga atau teman-teman dan pasangan kamu.

3. Pantai Depok

Pantai Jogja Pantai Depok
Pantai Depok, Yogyakarta (sumber: instagram.com/cynthiakmj/)
LokasiKecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp9.750/orang
Daya tarik pantaiKuliner masakan ikan, tempat pelelangan ikan, spot foto
Rute menuju tempat wisata dari Bantul33 menit (21,2 km) lewat Jl. Parangtritis
Rating pantai4,3/5.0 – 11.212 ulasan Google

Lokasi Pantai Depok berdekatan dengan Pantai Parangtritis, jaraknya sekitar 1,5 km. Setelah bayar tiket masuk di loket, kamu bisa parkir di area yang sangat luas. Di sebelah pantai ada tempat pelelangan ikan yang juga biasa dijadikan lahan parkir wisatawan.

Ada pula biaya parkir sesuai jenis kendaraan. Parkir motor Rp3.000, mobil 7.000, mobil besar atau elf Rp10.000, bus besar Rp15.000. Ketika sudah masuk ke Pantai Depok, kamu akan melihat toko-toko oleh-oleh dan suvenir terutama berupa baju pantai.

Banyak juga penjual bawang merah yang merupakan komoditi khas dari petani warga lokal. Selain itu, juga ada banyak warung yang menjual makanan, minuman dan jajanan.

Di samping itu, Pantai Depok juga merupakan tempat pelelangan ikan. Kamu bisa sekalian jalan-jalan melihat-lihat ikan di sana. Kamu pun bisa langsung menuju Pantai Depok. Pantai ini memiliki pasir hitam kecokelatan. Ombaknya cukup besar sehingga pengunjung biasanya tidak berenang.

Namun, pengunjung bisa bermain air dengan hati-hati di bibir pantai. Kebanyakan wisatawan senang menghabiskan waktu sambil menikmati pemandangan dari pinggir pantai. Ada yang suka duduk-duduk maupun berdiri sambil menyaksikan deburan ombak di laut.

Di pinggir pantainya juga ada penjual makanan dan minuman. Ada warung-warung dengan kursi dan lesehan. Selain itu, ada sejumlah spot foto seperti ornamen berbentuk hati dan lainnya.

Banyak pengunjung datang kemari bersama seluruh keluarga, seperti mengajak anak-anak dan orang tua. Ada juga yang mampir bersama teman-teman. Idealnya, datang saat pagi atau sore saja agar tidak kepanasan.

4. Pantai Drini

Pantai Jogja Pantai Drini
Pantai Drini, Yogyakarta (sumber: instagram.com/jogjaku/)
LokasiDesa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiTebing karang, spot foto, perbukitan hijau
Rute menuju tempat wisata dari Wonosari44 menit (25,2 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,5/5.0 – 9.923 ulasan Google

Pantai Drini termasuk jajaran pantai terbaik di Gunungkidul yang viral di sosial media. Dengan akses jalan yang lebar dan bagus, kamu bisa naik semua jenis kendaraan ke pantai. Sesampainya di pantai, kamu bisa parkir mobil di pinggir pantai. Area parkirnya muat sampai puluhan mobil. Di sebelah area parkir juga terdapat pasar ikan.

Sementara, area parkir motor terpisah lokasinya dari parkiran mobil. Setelah parkir, kamu bisa langsung menuju pantai yang tidak jauh lokasinya. Di pinggir pantai biasanya ada perahu-perahu nelayan sedang menepi. Semua perahunya berjajar parkir di tepi pantai tersebut.

Saat di pantai, kamu bisa melihat pasirnya berwarna putih. Air lautnya biru jernih dengan ombak yang tenang. Biasanya, aman bagi pengunjung termasuk anak-anak untuk berenang dan bermain air. Di sisi pinggir pantai juga terdapat perbukitan hijau yang menambah keindahannya.

Tepatnya, ada dua bukit yang mengapit Pantai Drini di barat dan timur. Pantai Drini benar-benar indah, juga bersih kondisinya. Airnya sebening kristal. Terlihat juga karang-karang di dasar lautnya. Keindahan Pantai Drini mungkin mengingatkanmu akan Tanah Lot di Bali.

Selain itu disewakan payung dan tikar seharga Rp30.000. Jadi, kamu yang ingin duduk-duduk di pinggir pantai, bisa menyewa payung sekaligus tikar untuk berteduh. Selain itu, aktivitas kesukaan lainnya adalah berfoto, serta menikmati kuliner.

Sementara, fasilitas juga lengkap di sini. Ada toilet, musala, warung, spot foto, penjual jajanan dan mainan anak serta suvenir. Kalau ke pantai ini, paling seru bersama keluarga. Apalagi, pantai ini juga ramah untuk anak-anak dan orang tua. Kamu juga bisa liburan bersama pasangan maupun teman dekat kamu.

5. Pantai Baru

Pantai Jogja Pantai Baru
Pantai Baru, Bantul, Yogyakarta (sumber: instagram.com/rhenyy23_/)
LokasiDusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000/orang
Daya tarik pantaiKolam renang anak, spot foto, ATV, pepohonan cemara
Rute menuju tempat wisata dari Bantul37 menit (24,6 km) lewat Jl. Parangtritis dan Jl. Samas
Rating pantai4,3/5.0 – 8.246 ulasan Google

Pantai Baru di Bantul seru untuk liburan di saat akhir pekan. Akses menuju lokasi cukup mudah dan nyaman. Begitu sampai, kamu bisa parkir di parkiran yang luas untuk motor dan mobil. Setelah itu, kamu bisa langsung ke pantainya.

Pantai ini terkenal sebagai tempat yang asyik untuk naik ATV. Selain itu, di pinggir pantai sedikit jauh dari bibir pantainya, terdapat banyak tempat makan lesehan terbuka. Jadi, kamu duduk di tikar di bawah sambil makan di pinggir pantai, seru kan. Apalagi pemandangan pantai di sini menawan.

Pantai Baru memiliki deretan pohon cemara udang di sekeliling pinggir pantai. Kemudian, ada banyak perahu nelayan menepi sekaligus parkir di hamparan pasir tidak jauh dari bibir pantai. Perahu-perahu tersebut juga berada tidak jauh dari pepohonan cemara.

Sementara, pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecokelatan, sedikit bercampur hitam. Ombaknya cukup besar dan biasanya ada larangan berenang. Kamu bisa bermain air di tepi pantai, sedikit menjauh dari ombak di bibir pantainya agar aman.

Namun, banyak aktivitas lain yang tidak kalah seru dan juga pasti lebih aman, seperti naik ATV. Keliling pantai dengan ATV merupakan aktivitas paling favorit di sini. Selain itu, pengunjung suka kuliner dan berfoto. Ada camilan favorit salah satunya udang goreng tepung.

Selain itu, tersedia fasilitas lengkap. Ada area parkir, toilet, musala, warung, toko oleh-oleh dan suvenir. Nikmati semua kenyamanannya. Kamu bisa beramai-ramai dengan keluarga liburan ke sini. Kamu juga bisa hangout bersama teman-teman ke pantai yang santai ini.

Catatan: Jika kamu pengen review lengkap tentang Pantai Baru, klik di sini. Kamu akan mendapatkan review pantai, spot foto terbaik, hingga kelebihan dan kekurangan Pantai Baru.

6. Pantai Wediombo

Pantai Jogja Pantai Wediombo
Pantai Wediombo, Gunungkidul, Yogyakarta (sumber: instagram.com/vhie3845/)
LokasiDesa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul di dekat Pantai Siung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiLaguna, pemandangan pasir putih dan air laut biru, spot memancing
Rute menuju tempat wisata dari Wonosari55 menit (34,4 km) lewat Jl. Nasional III
Rating pantai4,5/5.0 – 6.649 ulasan Google

Pantai Wediombo menyajikan pemandangan yang memukau. Begitu tiba di pantai ini, setelah parkir, kamu akan melewati jalan setapak yang berpaving lebar sampai ke pantainya. Di kanan-kirinya ada warung dan toko suvenir seperti baju dan kain pantai.

Kemudian, kamu akan sampai di pantainya. Kamu akan disambut pasir putih yang bersih dengan air laut yang benar-benar biru. Namun, dilarang berenang di pantai ini.

Di sepanjang pinggir pantai terdapat pohon-pohon yang membuat suasana teduh. Kamu bisa menikmati pantai dengan berjalan di tepinya sambil menelusuri garis pantai dari ujung ke ujung. Garis pantainya terbilang cukup panjang dan ada bagian pinggir pantai yang berbatu.

Selain bersih, pantai ini biasanya cukup sepi, tidak terlalu ramai pengunjung yang mampir. Sejauh mata memandang, terlihat hamparan pasir putih kecokelatan. Lautnya biru dengan ombak yang sebenarnya tenang, tapi patuhi aturan untuk tidak berenang, ya.

Sementara, kalau kamu melihat di kejauhan di sebelah kanan, ada perbukitan hijau yang indah. Jadi, pantai ini benar-benar eksotis. Kamu juga dapat duduk-duduk di batang pohon besar yang tumbuh menyamping, menjorok ke bibir pantai. Kamu juga dapat menemukan laguna di tepi pantai ini!

Air laguna tersebut biru jernih dan tidak berombak karena ombaknya terhalang berbatuan. Di dasar laguna terdapat berbatuan dan pasir. Hidden gem, bukan? Selain panorama yang menawan, di pantai ini sudah ada fasilitas toilet, musala, warung, toko suvenir.

Biasanya, pengunjung mampir ke pantai ini bersama keluarga atau teman-teman. Belum banyak rombongan sekolah atau kantor yang berwisata ke sini.

7. Pantai Indrayanti

Pantai Jogja Pantai Indrayanti Pantai Pulang Sawal
Pantai Indrayanti (sumber: instagram.com/wisatadiyogyakarta/)
LokasiDs Tepus, Kec Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiPepohonan cemara, batu karang besar, bukit karang, kuliner seafood
Rute menuju tempat wisata dari Wonosari50 menit (27,2 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,5/5.0 – 5.528 ulasan Google

Pantai Pulang Sawal atau lebih dikenal Pantai Indrayanti mungkin memberikan vibe seperti Pantai Kuta, Bali. Ketika berlibur di Pantai Indrayanti kamu bisa parkir kendaraan di depan penginapan Walet. Selain tiket masuk, ada tarif parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000.

Di sini, pantainya sangat dekat dari gapura pintu masuknya. Cukup melangkah melewati gapura dan kamu sudah sampai di pantainya. Terdapat hamparan pasir putih dengan air laut biru kehijauan berombak cukup tenang.

Sedikit cerita, awalnya pantai ini bernama Pantai Pulang Sawal. Kemudian, pada tahun 2009 berdiri restoran yang dikelola Pak Arif Rahman di sini. Beliau memberikan nama Indrayanti untuk restoran tersebut, yang merupakan nama istri beliau.

Seiring waktu berjalan, masyarakat jadi mempopulerkan pantai ini sebagai Pantai Indrayanti. Menarik, ya. Sementara, pantai ini memiliki keunikan berupa bukit karang mengapit sisi kanan dan kirinya.

Sedangkan untuk aktivitas favorit antara lain adalah bermain air. Selain itu, kamu bisa berfoto di sini. Ada jasa fotografer dengan biaya Rp3.000 per file foto. Hasil foto kamu bisa terlihat profesional, lho. Di samping aktivitas serunya, Pantai Indrayanti juga menyediakan fasilitas umum.

Ada toilet, musala, penginapan, serta toko oleh-oleh. Kalau mau menikmati pantai dengan bersantai, kamu bisa sewa payung sekaligus tikar, dengan tarif Rp20.000 untuk pemakaian sepuasnya. Hamparan pasir pantai yang luas membuat banyak pengunjung suka duduk-duduk.

Selain itu, kamu juga bisa naik ke atas bukit di timur dan barat pantai, untuk melihat panorama laut lepas. Pantai Indrayanti paling cocok dikunjungi bersama keluarga, maupun sahabat dan pasangan kamu.

Hot News: Lagi bingung nyari wisata pantai seru di pelosok Indonesia? Kami punya rekomendasi menarik. Setelah melakukan banyak kurasi pantai, kami mendapatkan daftar 15 pantai di Indonesia yang cantik, tersembunyi dan alami.

8. Pantai Glagah

Pantai Jogja Pantai Glagah
Pantai Glagah, Kulon Progo, Yogyakarta (sumber: instagram.com/allennianrl/)
LokasiDesa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiSunset dan sunrise, laguna
Rute menuju tempat wisata dari Wates19 menit (10,9 km) lewat Jl. Nasional III dan Jl. Pantai Glagah
Rating pantai4,4/5.0 – 2.546 ulasan Google

Pantai Glagah Indah juga biasa disebut dengan Pantai Glagah. Pantai ini memiliki pasir hitam dan hamparan pasirnya luas serta terdapat laguna di pantainya. Di pantai ini juga ada gumuk pasir dengan rumput grinting.

Jadi, setelah sampai, kamu bisa parkir kendaraan. Selain tiket masuk, ada biaya parkir roda dua Rp3.000, roda empat Rp10.000, bus Rp20.000. Setelah bayar retribusi dan parkir, kamu bisa berjalan masuk. Di sepanjang jalan tersebut ada toko oleh-oleh dan suvenir, seperti baju, kain pantai, dan tas.

Kemudian, ada juga penjual hasil rempah terutama bawang merah. Selain itu, banyak warung penjual makanan, minuman, dan camilan.  Setelah berjalan di jalan paving setapak, kamu akan sampai juga di tepi pantai.

Kamu dapat melihat tetrapod, yaitu pemecah ombak dari beton berkaki empat. Banyak tetrapod ditempatkan di sepanjang pinggir pantai untuk keamanan, karena Pantai Glagah memiliki ombak besar. Dengan adanya tetrapod, ombak tidak akan berdebur terlalu jauh ke pantai.

Di sepanjang pinggir pantai menghadap laut, ada lagi warung-warung berderet. Sedangkan, untuk fasilitas umum, ada toilet dan musala juga. Oh iya, pantai ini juga disukai sebagai tempat memancing. Selain itu, panorama sunset di sini juga populer. Maka tak heran, jika Pantai Glagah menjadi pantai di Kulon Progo paling recommended.

Kamu dapat melihat sunset yang berwarna keemasan saat matahari tenggelam. Jadi, aktivitas yang paling disukai yaitu jalan-jalan keliling pantai, memancing, dan melihat sunset.

Pastikan juga membeli oleh-oleh khas Kulon Progo, seperti kerajinan topi dan selendang, lalu buah semangka dan melon. Yuk, mampir ke Pantai Glagah bersama keluarga atau para sahabat dan orang terdekat kamu.

9. Pantai Sadranan

Pantai Jogja Pantai Sadranan
Keindahan Pantai Sadranan (sumber: instagram.com/objek_wisata_jogja/)
LokasiDusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiSnorkeling, naik kano
Rute menuju tempat wisata dari Wonosari46 menit (25,0 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,6/5.0 – 1.381 ulasan Google

Pantai Sadranan berada di sebelah timur Pantai Krakal di Gunungkidul. Pantai Sadranan menyediakan fasilitas lengkap mulai dari pintu masuk. Setelah parkir, kamu akan berjalan sedikit untuk sampai di pantai. Di sepanjang jalan tersebut, ada toko-toko yang menjual suvenir, kebanyakan baju pantai.

Selain itu, ada juga baju renang buat kamu yang mungkin tidak membawanya, bisa beli di sini. Lalu, ada juga penjual makanan dan minuman. Terutama, banyak yang menjual aneka seafood, seperti gorengan udang, cumi dan lainnya. Setelah kamu berjalan sampai ke ujung, kamu tiba di pantainya.

Pantainya memiliki pasir putih sedikit kecokelatan dengan air laut biru kehijauan dan ombak yang cukup besar. Airnya jernih dan terlihat bawah lautnya. Pantai ini dikenal sebagai tempat favorit untuk snorkeling dan naik kano. Namun, kalau tidak suka olahraga air, kamu bisa berjalan keliling pantai.

Ada warung, toilet, dan gazebo di sepanjang pinggir pantainya. Gazebo tersebut disewakan dengan tarif Rp30.000. Bisa banget kamu jadikan tempat beristirahat sekaligus duduk-duduk menikmati pemandangan. Kamu juga dapat menikmati minuman air kelapa muda langsung dari buahnya.

Kalau liburan ke sini, kamu dapat mengajak serta keluarga atau pergi bersama teman-teman. Kamu juga bisa berlibur santai bersama pasangan ke Pantai Sadranan.

10. Pantai Watu Lawang

Pantai Jogja Pantai Watu Lawang
Pantai Watu Lawang, Gunungkidul, Yogyakarta (sumber: instagram.com/indahhprabawati_/)
LokasiDesa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiBatu-batu karang, sunrise dan sunset
Rute menuju tempat wisata dari Wonosari53 menit (27,9 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,6/5.0 – 1.356 ulasan Google

Pantai Watu Lawang adalah salah satu pantai di garis selatan Gunungkidul. Di kawasan pesisir ini, memang ada banyak pantai lain yang terkenal. Seperti, ada Pantai Indrayanti dan Pantai Seruni. Sementara, Pantai Watu Lawang memiliki garis pantai panjang dengan area luas.

Pasirnya putih dengan perbukitan yang mengelilingi area pantai. Selain itu, terdapat tebing-tebing karang di sini. Nah, terdapat dua batu karang yang menyerupai pintu sehingga pantai ini disebut dengan Pantai Watu Lawang. Dalam Bahasa Jawa, watu berarti batu, dan lawang artinya pintu.

Sementara, pantai ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi batu karang. Ada juga batu karang dengan ditumbuhi pepohonan dan rerumputan hijau. Selain itu, air lautnya jernih kehijauan dengan karang yang terlihat di dasar lautnya. Ombak pun cukup tenang sehingga bisa untuk bermain air.

Selain atraksi wisata alamnya, pantai ini juga menyediakan fasilitas yang begitu lengkap. Tersedia lahan parkir, musala, toilet, warung makan, dan penginapan. Kamu juga bisa sewa gazebo Rp25.000 untuk tempat berteduh serta beristirahat.

Selain bermain air, pengunjung suka aktivitas lainnya, seperti berfoto, melihat sunrise dan sunset, serta camping. Kalau mau berkemah di sini, kamu perlu bawa perlengkapan camping sendiri. Nah, selebihnya pantai ini memiliki nuansa familiar yang terasa nyaman.

Akan terasa seru jika kamu ke sini bersama keluarga, seperti mengajak anak-anak juga. Kamu pun bisa liburan dengan pasangan untuk menikmati suasana romantis di pantai ini.

Demikian pantai-pantai terbaik di Jogja yang lagi hits. Setiap pantai punya pesona keindahan masing-masing yang menarik wisatawan. Kalau ke Jogja, kamu mau ke pantai mana dulu? Atau mungkin kamu udah pernah mengunjungi salah satu pantai tersebut. Share cerita kamu di kolom komentar, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar