Camping Ground Terbaik di Jawa Barat

Sejak film 5CM ditayangkan di bioskop pada tahun 2012 lalu, semakin banyak masyarakat yang ingin menikmati indahnya alam Indonesia. Bagi yang tidak punya waktu luang untuk mendaki, kegiatan camping menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Sebagai bahan pertimbangan, di daerah Jawa Barat sendiri sudah semakin banyak camping ground atau wana wisata serupa yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bukan cuma itu, ternyata tempat-tempat tersebut juga tergolong family-friendly. Jadi, kamu tidak usah khawatir kalau mau mengajak camping seluruh anggota keluarga kamu. Berikut 10 camping ground terbaik di Jawa Barat versi Napaktilas:

Untuk lebih jelasnya, yuk baca sampai selesai.

1. Ciwangun Indah Camp, Bandung

Camping Ground Terbaik di Jawa Barat - Ciwangun Indah Camp Bandung
Suasana lokasi perkemahan Ciwangun Indah Camp, Bandung.
LokasiKp. Ciwangun, RT. 03 / 15, Desa Cihanjuang Rahayu, Jl. Kolonel Masturi, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559.
Jam BukaBuka setiap hari : 07.00 – 19.30.
HTMMulai dari Rp60.000 (bergantung paket yang dipilih).
Telepon0852-2103-8317.

Untuk kamu yang sedang mencari camping ground untuk kelompok besar, maka Ciwangun Indah Camp bisa menjadi pilihan pertama. Selain fasilitas yang lengkap, kegiatan yang ditawarkan di camping ground ini juga banyak. Jadi, camping kamu bersama teman-teman tidak akan membosankan.

Ciwangun Indah Camp menawarkan beberapa kegiatan menarik yang harus kamu coba. Beberapa di antaranya adalah Flying Fox, Paintball, dan juga berkendara Offroad. Kalau kamu sudah selesai dengan aktivitas tersebut, kamu bisa menghabiskan waktu di air terjun yang berlokasi dekat Ciwangun Indah Camp.

Karena tempat ini dibangun untuk keperluan team-building, maka dari itu lokasi camping yang disediakan juga sangat luas. Luas area camping mencapai 3/4 dari lokasi Ciwangun Indah Camp. Selain itu, pengelola juga menyediakan beberapa vila kecil yang bisa kamu sewa kalau kamu tidak suka tidur di dalam tenda.

Sayangnya, Ciwangun Indah Camp hanya menyediakan paket untuk semua campers yang ingin berkemah. Jadi, kamu tidak bisa seenaknya datang, membeli tiket, lalu mendirikan tenda. Kamu harus melakukan pemesanan paket apa yang mau kamu pilih. Untungnya, harga paket termasuk HTM yang ditawarkan mulai dari 60.000 rupiah per orang. Jadi, tidak terlalu mahal.

2. Mandalawangi Camping Ground, Cibodas

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Mandalawangi Camping Ground Cibodas
Suasana alam disekitar Mandalawangi Camping Ground, Cibodas.
LokasiKomplek Pasar Lapang Mandalawangi Samping Gedung TNGGP, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253.
Jam BukaBuka 24-jam.
HTMRp27.500 per orang (camping).
Telepon0818-430-794.

Berlokasi di kaki Gunung Gede, Mandalawangi Camping Ground menjadi salah satu camping ground yang harus Anda coba di Jawa Barat. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam pemandangan yang tentunya bisa menyejukkan mata. Kamu hanya perlu memilih area mana yang kamu suka; hutan, sungai, atau danau Mandalawangi.

Jika berbicara tentang fasilitas, camping ground ini memberikan fasilitas yang terbilang sangat lengkap. Di bagian depan, ada area parkir yang luas dengan keamanan yang terjamin. Di bagian dalam, ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat para pengunjung. Selain itu, di area yang digunakan untuk berkemah juga disediakan toilet kalau kamu ingin buang air.

Bukan cuma fasilitas umum, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas camping yang lengkap dari pengelola di sini. Untuk camping di Mandalawangi, kamu hanya perlu membayar 27.500 per orang. Akan tetapi, kamu tidak mendapatkan fasilitas apa pun. Jadi, kamu harus membawa semua peralatan yang kamu butuhkan seperti tenda, alat masak, dan lain sebagainya.

Kalau kamu tidak punya peralatan dan perlengkapan camping, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menghubungi pengelola untuk mendapatkan paket camping ceria di Mandalawangi Camping Ground. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yaitu 100.000 rupiah per orang. Dengan uang tersebut, kamu sudah bisa berkemah dengan fasilitas lengkap termasuk juga makan dan camilan. Tetapi, pastikan kamu melakukan pemesanan terlebih dahulu. Walaupun camping area ini buka 24-jam, pemesanan tetap harus dilakukan terlebih dahulu.

3. Ranca Upas Camping Ground, Bandung

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Ranca Upas Camping Ground Bandung
Pesona Alam Ranca Upas Camping Ground, Bandung.
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973.
Jam BukaBuka 24-jam.
HTMRp15.000 per orang (wisata) Rp25.000 per orang (camping).
Telepon0812-2345-6911.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bandung menawarkan banyak sekali lokasi wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Ranca Upas Camping Ground. Ranca Upas merupakan salah satu tempat camping terbaik di Bandung yang terletak di Petengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Tempat ini menjadi salah satu surga berkemah yang bisa kamu temukan di Jawa Barat. Salah satu alasannya adalah karena berbagai macam wahana dan kegiatan yang bisa kamu lakukan di Ranca Upas Camping Ground. Selain itu, keindahan dan kenyamanan tempat campingnya sudah dikenal seluruh masyarakat Jawa Barat.

Ada beberapa poin lain yang mungkin bisa jadi pertimbangan kamu untuk menghabiskan malam di sini.

  • Harga tiket masuk sangat murah. Untuk masuk sekaligus camping, kamu hanya perlu membayar 25.000 rupiah.
  • Di sini, kamu bisa menyewa peralatan yang kamu butuhkan seperti kompor, tenda, matras, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan juga cukup murah, mulai dari 10.000 rupiah.
  • Fasilitas yang lengkap, mulai dari warung makan, toilet, hingga gazebo.

Tidak seperti camping ground lainnya, di Ranca Upas Camping Ground banyak sekali campers yang camping dalam jumlah kecil. Itu karena fasilitas yang diberikan bisa dinikmati untuk kelompok kecil (kurang dari 5 orang). Jadi, kamu bisa tetap camping dengan ceria walaupun kamu hanya pergi bersama keluarga inti kamu.

4. Sukamantri Camping Ground, Bogor

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Sukamantri Camping Ground Bogor
Kesejukan alam Sukamantri Camping Ground, Bogor.
LokasiTaman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610.
Jam BukaBuka 24-jam.
HTM Rp25.000.
Telepon0858-8392-3203.

Camping ground yang berlokasi di kaki Gunung Salak ini bisa dikatakan salah satu camping ground paling alami di Jawa Barat. Sedikit berbeda dengan yang lain, Sukamantri Camping Ground lebih berfokus pada kondisi alam yang asri. Itu sebabnya tidak banyak bangunan di area camping ground ini.

Meskipun demikian, fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola cukup lengkap. Kamu tetap bisa menemukan warung makan yang buka 24-jam, tempat ibadah, dan juga kamar mandi. Selain itu, pengelola juga menyediakan beberapa peralatan tambahan untuk kamu sewa. Jadi, kamu tidak perlu repot membawa tenda ataupun peralatan masak kalau camping di sini.

Rute menuju perkemahan ini juga relatif mudah. Dari dalam kota Jakarta, kamu hanya perlu ke arah Bogor. Dari sana, kamu tinggal melanjutkan ke arah Baranangsiang lalu Ciapus. Sudah banyak petunjuk arah menuju Sukamantri Camping Ground yang bisa kamu temukan di situ.

Kamu juga tidak perlu khawatir kalau kamu baru bisa berangkat waktu sore hari. Lokasi ini buka 24-jam sehingga kamu bisa datang saat malam. Akan tetapi, ada baiknya kamu mengabari pihak pengelola atau melakukan pemesanan terlebih dahulu. Dengan begitu, semua kebutuhan kamu akan disiapkan sebelum kamu sampai di lokasi.

5. Nuansa Alam Citamiang, Bogor

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Nuansa Alam Citamiang Bogor
Keindahan Camping Ground Nuansa Alam Citamiang, Bogor.
LokasiJl. Ciliwung, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750.
Jam BukaBuka 24-jam.
HTMRp40.000 per orang (camping).
Telepon0838-9509-5959.

Cisarua Bogor memang terkenal dengan cuaca yang sejuk. Itu sebabnya bermalam di Nuansa Alam Citamiang Bogor bisa jadi pelepas penat yang cocok untuk kamu. Di sini, kamu bisa menemukan camping ground untuk berkemah dengan teman ataupun kerabat kamu.

Akses menuju camping ground ini terbilang sangat mudah karena Nuansa Alam Citamiang berlokasi di jalan Ciawi-Cianjur. Untuk yang menggunakan angkutan umum, kamu cukup berhenti di gerbang Kebun Teh Ciliwung. Masuk beberapa ratus meter, kamu akan menemukan loket ke area Nuansa Alam Citamiang.

Banyak sekali pengunjung yang camping di area ini di saat akhir pekan. Salah satu alasannya adalah pemandangannya yang sangat menyegarkan mata. Sebelum masuk area camping ground, kamu akan disuguhkan dengan hamparan padang teh Ciliwung yang terkenal. Di area camping ground, kamu akan menemukan kesejukan di dalam hutan pinus. Selain itu, kamu juga bisa bermain air di Sungai Citamiang. Yang berada di dalam area ini.

Untuk kamu yang ingin menghabiskan malam di sini, kamu bisa memilih tenda dome atau penginapan. Kalau kamu lebih senang berada di alam, maka tenda dome bisa jadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, kalau kamu lebih mengutamakan kenyamanan, kami sarankan pilih penginapan.

6. Tanakita 5-Star Camp, Sukabumi

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Tanakita 5 Star Camp Sukabumi
Tanakita 5-Star Camp, Sukabumi.
LokasiJl. Kadudampit KM10, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat 43153.
Jam BukaSenin – Minggu : 09.00 – 17.00.
HTMRp550.000 per orang.
Telepon0878-2063-1452.

Tanakita 5-Star Camp yang berlokasi di Sukabumi mengedepankan istilah Glamping (Glamorous Camping). Istilah ini biasanya digunakan untuk kamu yang suka camping dengan fasilitas yang mewah. Paling tidak, hal itu yang ditawarkan oleh tempat ini. Kasur dan bantal yang empuk sudah tentu jadi bagian dalam glamping yang mereka tawarkan. Selain itu, fasilitas dapur yang lengkap serta toilet yang bersih juga menjadi daya tarik dari tempat ini. Itu sebabnya harga yang ditawarkan oleh Tanakita 5-Star Camp bisa dibilang cukup tinggi.

Meskipun demikian, ternyata banyak sekali kelompok yang memilih tempat ini sebagai tempat camping mereka. Alasan utamanya adalah fasilitas yang lengkap dengan pilihan paket yang cukup terjangkau. Selain itu, lokasi yang tepat berada di kaki gunung Gede menjadikan area ini sangat sejuk. Tentu saja dengan pemandangan yang tidak kalah indah dengan lokasi camping lainnya.

Meskipun konsep yang ditawarkan oleh Tanakita 5-Star Camp adalah Glamping, ternyata ada banyak kegiatan outdoor yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya adalah jelajah alam, hiking, flying fox, rafting, dan lain sebagainya. Jadi, kamu tetap bisa merasakan serunya menyatu di alam dengan fasilitas yang cukup mewah.

Memang benar kalau kamu harus mengeluarkan sampai 500.000 rupiah untuk camping di Tanakita 5-Star Camp. Meskipun demikian, semua fasilitas yang diberikan oleh pengelola sangat mewah. Selain itu, pengelola juga menawarkan beberapa pilihan paket yang bisa kamu pilih.

7. Gunung Pancar Camp Ground, Bogor

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Gunung Pancar Camp Ground Bogor
Gunung Pancar Camp Ground, Bogor.
LokasiTWA Gunung Pancar, Kp. Ciburial, Desa Karang tengah, Kec. Babakan Madang, Kab, Bogor, Jawa Barat, 16810.
Jam BukaBuka 24-jam.
HTMRp5.000 per orang (wisata) Rp100.000 per orang (camping).
Telepon0813-1271-0797.

Gunung Pancar bisa dibilang salah satu daerah wisata yang sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Pada awalnya, tempat wisata ini hanya menawarkan keindahan alam dari puncak Gunung Pancar. Seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin berkembang dan akhirnya menawarkan banyak sekali hal yang sangat menarik. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah camping ground di Gunung Pancar.

Tempat ini menawarkan beberapa area camping yang bisa kamu pilih sesuka hati karena areanya yang tergolong luas. Satu area camping bisa memuat sampai dengan 50 orang. Jadi, tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati alam bersama teman, kerabat, ataupun keluarga.

Kalau kamu lebih senang membaru dengan campers lain, camping ground ini juga menyediakan tempat camping umum. Biasanya, tempat ini dipilih oleh campers yang datang dengan kelompok kecil (5-10 orang). Di sini, kamu bisa bertemu dengan campers lainnya, bertukar cerita, dan bahkan bertukar makanan saat malam.

Kamu tidak perlu khawatir kalau kamu tidak mempunyai perlengkapan camping. Gunung Pancar Camping Ground menawarkan fasilitas yang lengkap, termasuk juga penyewaan tenda berserta alat lainnya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 200.000 per orang untuk camping selama 2-hari 1-malam.

8. Pondok Halimun Camping Ground, Sukabumi

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Pondok Halimun Camping Ground Sukabumi
Pondok Halimun Camping Ground, Sukabumi.
LokasiSudajaya Girang, Sukabumi, Jawa Barat 43151.
Jam BukaBuka 24-jam.
HTMRp3.000 per orang (wisata) Rp15.000 per tenda (camping).
Telepon

Pondok Halimun Camping Ground berlokasi di Sukabumi, lebih tepatnya di bawah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Area perkemahan ini sudah sejak lama digunakan untuk acara perkemahan para pelajar di sekitar Sukabumi. Itu sebabnya, area ini memiliki beberapa area camping yang bisa memuat sampai dengan 40 tenda berukuran sedang. Kamu hanya tinggal memilih mau berkemah di area mana.

Dulu, camping area ini bisa dikatakan kurang terurus. Akan tetapi, pemerintah daerah mencoba memaksimalkan potensi Pondok Halimun. Itu sebabnya area ini sekarang memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Kamu tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada tempat ibadah, tempat beristirahat, warung makan, serta toilet untuk keperluan para pengunjung.

Meskipun banyak orang mengatakan bahwa camping ground ini kurang bagus, ternyata ada beberapa poin menarik dari tempat ini. berikut poin-poin tersebut.

  • Tiket masuk sangat murah, antara 3.000 sampai 5.000 rupiah saja.
  • Lokasi camping sangat luas, jadi bisa tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat.
  • Akses menuju sudah jalan aspal halus.
  • Tersedia playground untuk anak-anak beserta beberapa fasilitas lainnya.

Kalau kamu mau berkemah di lokasi ini, kamu harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Tidak seperti tempat camping lainnya, Pondok Halimun Camping Ground belum menyediakan penyewaan tenda.

9. Bumi Perkemahan Gunung Puntang, Bandung

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Bumi Perkemahan Gunung Puntang Bandung
Bumi Perkemahan Gunung Puntang, Bandung.
LokasiJl. Palalangon, Pasirmulya, Kec. Banjaran, Bandung, Jawa Barat 40374.
Jam BukaBuka 24-jam.
HTMRp5.000 per orang (wisata) Rp10.000 per orang (camping).
Telepon(022) 27154236.

Bumi Perkemahan Gunung Puntang sudah dikenal oleh masyarakat Bandung sejak lama. Meskipun demikian, pemerintah daerah tidak mematok harga yang tinggi untuk keindahan alam yang ditawarkan Gunung Puntang.

Gunung Puntang adalah salah satu gunung yang sering menjadi objek pendakian para pendaki di Jawa Barat. Selain pemandangannya yang bagus, kondisi alam dan hutan yang masih asri juga menjadi daya tarik. Untuk kamu yang tidak ingin mendaki ke puncak, ada Bumi Perkemahan Gunung Puntang yang berlokasi dekat dengan loket pendaftaran.

Sejak beberapa tahun yang lalu, lokasi ini sudah disulap menjadi salah satu camping ground terbaik di Jawa Barat. Fasilitas yang diberikan juga terbilang cukup lengkap, mulai dari penginapan, area parkir, toilet, dan juga tempat ibadah.

Meskipun sudah banyak campers yang menghabiskan akhir pekan mereka di sini, sayangnya pengelola belum menyediakan penyewaan tenda. Jadi, kalau kamu mau berkemah di Bumi Perkemahan Gunung Puntang, kamu harus membawa semua alat dan perlengkapan yang kamu perlukan.

Untuk biaya camping di sini, kamu cuma perlu membayar 10.000 rupiah. 5.000 rupiah untuk tiket masuk di gerbang depan dan 5.000 rupiah tambahan untuk uang kebersihan. Kamu juga bisa datang ke lokasi ini kapan pun kamu mau. Bumi Perkemahan Gunung Puntang buka 24-jam setiap hari.

10. Capolaga Camping Ground, Subang

Camping Ground Terbaik Di Jawa Barat Capolaga Camping Ground Subang
Capolaga Camping Ground, Subang.
LokasiKampung Panaruban Desa, Jl. Raya Cicadas, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282.
Jam BukaBuka setiap hari: 08.00 – 17.00.
HTMRp10.000 per orang (wisata) Rp40.000 per orang (camping).
Telepon0815-7165-232.

Untuk kamu yang berlokasi di bagian timur Jawa Barat, ada Capolaga Camping Ground yang berlokasi di Subang. Dengan beberapa lokasi menarik untuk berlibur, camping ground ini juga menawarkan pemandangan yang indah.

Untuk kamu yang mau berkemah di Capolaga, area camping yang di sediakan pengelola tidaklah besar. Dalam satu area, biasanya hanya muat sampai dengan 5 tenda berukuran sedang. Akan tetapi, ada 11 titik yang biasa digunakan untuk mendirikan tenda di sini. Jadi, kamu bisa pilih mau mendirikan tenda di lokasi yang mana.

Selain itu, lokasi yang ditawarkan juga sangat menarik. Sebagai contoh, kamu bisa mendirikan tenda di dekat sungai. Atau kalau kamu mau suasanya yang lebih tenang, kamu bisa mendirikan tenda di dekat area hutan pinus.

Untuk fasilitas yang diberikan, Capolaga memilik fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Berikut beberapa di antaranya:

  • Penyewaan tenda
  • Penyewaan penginapan untuk kelompok besar
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Warung makan
  • Keamanan 24-jam

Meskipun camping ground ini berlokasi di Jawa Barat, biaya untuk berkemah di Capolaga terbilang murah. Untuk tiket camping, kamu hanya harus membayar 40.000 rupiah per orang. Kalau kamu tidak membawa tenda, kamu bisa menyewa tenda sebesar 150.000 rupiah untuk 4 orang. Harga ini sangat terjangkau bukan?

Sebagai bahan pertimbangan, beberapa camping ground rekomendasi kami mungkin saja tutup karena SK Gubernur Jawa Barat. Maka dari itu, ada baiknya kamu menghubungi nomor yang sudah ada untuk memastikan apakah kamu bisa camping atau tidak. Jangan lupa, tetap patuhi protokol kesehatan saat kamu berada di camping area.

Baca lebih lanjut: 10 Camping Ground Terbaik di Jawa Tengah »

Previous Article

Cara Mengikat Tali Sepatu Gunung

Next Article

Cara Memilih Sepatu Gunung

Tinggalkan komentar