10 Pantai Terindah di Sukabumi yang Lagi Hits (2022)

Di antara suburnya kebun teh dan segarnya curug-curug yang mengalirkan air deras, Sukabumi juga menyimpan pesona pantai yang cantik. Maka, tidak mengherankan apabila kota di Jawa Barat ini menjadi destinasi wisata pantai favorit masyarakat DKI Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

Ada begitu banyak spot pantai yang begitu indah di Sukabumi yang bisa dinikmati bersama keluarga, rekan kerja atau pun teman. Biar kamu mendapatkan pilihan pantai terbaik di Sukabumi, maka kami membuatkan rekomendasi khusus untuk kamu. Berikut ini 10 rekomendasi pantai terindah di Sukabumi:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Sukabumi? Temukan di sini!

1. Pantai Karang Hawu

Pantai Di Sukabumi Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu, Sukabumi (sumber: instagram.com/tofa_ibrohim76/).
LokasiDesa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi2 jam 1 menit (73,6 km) lewat Jl. Pelabuhan II dan Jl. Nasional III
Fasilitas wisata di sekitar pantaiSewa peralatan selancar, warung makan, minimarket, penginapan

Ada satu hal menarik  dari Pantai Karang Hawu yang tidak bisa kamu temukan di pantai-pantai lain. Apalagi kalau bukan pesona batu-batu karang hitam yang membentuk sebuah jembatan alami.

Jembatan ini mengantarkan para pengunjung ke bagian tengah laut. Di sana kamu bisa berfoto dengan latar belakang lautan lepas dengan buih ombak nan cantik. Di sekeliling laut, berdiri tebing-tebing tinggi nan megah.

Masyarakat sekitar saya pantai tebing-tebing itu adalah tempat favorit Nyi Roro Kidul. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos itu, pemandangan tersebut menambah keindahan pantai Karang Hawu.

Selain keindahannya, berbagai macam fasilitas menunjang kenyamanan dalam berwisata di pantai ini. Fasilitas yang dapat kamu nikmati adalah:

  • Penyewaan peralatan surfing.
  • Musala.
  • Warung makan.
  • Minimarket.
  • Hotel.

Tertarik untuk menginap dan bersenang-senang di Pantai Karang Hawu? Yuk, pergi ke sana sekarang!.

2. Pantai Citepus

Pantai Di Sukabumi Pantai Citepus
Pantai Citepus, Sukabumi (sumber: instagram.com/sukabumi_/).
LokasiJl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00 (motor) Rp30.000,00 (mobil) Tiket masuk sudah termasuk tiket parkir.
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi1 jam 50 menit (66,2 km) lewat Jl. Pelabuhan II dan Jl. Nasional III
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTempat duduk bambu, sewa perahu, area mancing, area berkuda

Ketika kamu sudah merasa burnout dalam beraktivitas, itu berarti tandanya kamu butuh piknik.

Nah, Pantai Citepus bisa menjadi destinasi terbaik untuk mengembalikan tenaga dan konsentrasimu.

Hal yang sering dilakukan oleh para wisatawan di Pantai Citepus adalah duduk di pantai, menikmati es kelapa muda yang segar, sambil menikmati keindahan hamparan pasir yang bersih.

Tak jauh dari bibir pantai terdapat tempat duduk dari bambu dengan aksen payung yang teduh. Dari sana, kamu dapat menikmati pemandangan pegunungan yang begitu cantik. Sangat sempurna untuk cuci mata atau untuk latar belakang foto-foto.

Selain bersantai di pinggir pantai dan berfoto, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas rekreasional. Kamu dapat menyewa perahu yang akan membawamu lebih dekat pada ombak pantai yang besar. Atau, di pinggir pantai, kamu juga bisa memancing dan berkuda, lho! Sempurna sekali bukan, untuk liburan yang begitu santai?

3. Pantai Ujung Genteng

Pantai Di Sukabumi Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng, Sukabumi (sumber: instagram.com/raahmad_andika/).
LokasiDesa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi3 jam 31 menit (107,7 km) lewat Jl. Surade-Ujung Genteng  
Fasilitas wisata di sekitar pantaiProses pelepasan penyu, penangkaran penyu, jembatan.

Pantai Ujung Genteng menawarkan pemandangan pantai yang alami dan juga asri. Pantainya sangat bersih. Di sepanjang bibir pantai, terdapat deretan pohon kelapa yang membuat pemandangan semakin indah dan suasana semakin teduh. Salah satu aktivitas menarik yang bisa diikuti oleh para wisatawan adalah proses pelepasan penyu-penyu ke pantai.

Ya, selain sebagai destinasi wisata, pantai ini juga difungsikan sebagai penangkaran penyu. Tertarik untuk pergi ke sana? Akan sangat menyenangkan bila mengajak teman-temanmu ikut serta.

Bersama orang-orang tersayang, nikmati keindahan pantai, mengobrol di bawah pohon kelapa, dan juga melihat proses pelepasan penyu yang begitu khidmat. Namun, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan supaya pantai ini terjaga keindahannya.

4. Pantai Cibuaya

Pantai Di Sukabumi Pantai Cibuaya
Pantai Cibuaya, Sukabumi (sumber: instagram.com/ella.nurrohmah/).
LokasiUjung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000,00-10.000,00 (tiket parkir)
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi3 jam 34 menit (108,5 km) lewat Jl. Surade-Ujung Genteng
Fasilitas wisata di sekitar pantaiCamping ground, perahu, toilet.

Karena fasilitas di pantai ini cukup layak, tidak mengherankan bila ia menjadi destinasi wisata favorit untuk keluarga. Terdapat banyak aktivitas rekreasional yang bisa kamu lakukan di pantai ini, lho!

Yang pertama, kamu dapat berkemah di pantai. Pengelola menyediakan penyewaan  dan juga peralatan berkemah yang sederhana. Adalah sebuah pengalaman yang unik berkemah di bawah nyiur melambai ambil mendengar deburan ombak di malam hari.

Selain berkemah, kamu juga bisa menikmati air laut dengan menaiki perahu. Dari atas perahu kamu bisa menikmati keindahan ikan-ikan yang berenang dan terumbu karang. Air lautnya sangat jernih. Sehingga, kamu tidak perlu menyelam untuk menikmati keindahan dalam laut.

Perahu yang disediakan di Pantai Cibuaya ini dapat dinaiki hingga 20 orang. Sangat cocok untuk liburan keluarga atau bersama teman-teman.

5. Pantai Cibangban

Pantai Di Sukabumi Pantai Cibangban
Pantai Cibangban, Sukabumi (sumber: instagram.com/moy.nadine/).
LokasiJl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu, Pasir Baru, Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi Regency, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000, 00 (tiket parkir)
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi2 jam 12 menit (80,2 km) lewat Jl. Pelabuhan II dan Jl. Nasional III
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPos penjaga, tebing tinggi.

Keindahan Pantai Cibangban begitu memikat siapa saja. Para pengunjung dapat duduk di atas batu karang yang ada di tepi pantai sambil melihat matahari terbenam.

Saat malam tiba, kamu bisa menyewa penginapannya tak jauh dari bibir pantai. Penginapan di sini sangat nyaman dan ketika membuka jendela, yang kamu lihat adalah hamparan laut luas dan deretan tebing tinggi yang memeluk lautan.

Pantai Cibangban cenderung sepi dan bersih, sehingga jika kamu mencari ketenangan, maka inilah tempatnya. Selain itu terdapat beberapa pos-pos penjaga yang dijaga oleh lifeguards. Fasilitas ini membuat pengunjung merasa aman pada saat beraktivitas di laut.

6. Pantai Minajaya

Pantai Di Sukabumi Pantai Minajaya
Pantai Minajaya, Sukabumi (sumber: instagram.com/a.mudor/).
LokasiPasiripis, Surade, Sukabumi Regency, Jawa Barat  (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000, 00
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi3 jam 11 menit (95,4 km) lewat Jampang Tengah-Lengkong
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea berkemah, peralatan selancar, kamar mandi, boogie board

Dengan air laut hijau dan juga pasir putih yang bersih, pantai Minajaya menarik minat para wisatawan. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Sukabumi, pantai ini memang tidak terlalu dikenal oleh wisatawan luar daerah. Namun justru itulah yang menjadi nilai plus.

Apabila kamu ingin mencari pantai yang tenang yang bersih dan juga alami, inilah tempatnya. Destinasi wisata ini tak terlalu ramai. Namun, tak perlu khawatir dengan aspek rekreasi. Kendati tak ramai pengelola menyediakan berbagai macam fasilitas yang menarik. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu nikmati di Pantai Minajaya:

  • Boogie board.
  • Area camping.
  • Peralatan surfing.
  • Kamar mandi dan toilet.

Kesunyian di Pantai Minajaya membuatmu merasa berlibur di resort pribadi. Suasana yang cukup sepi dan nyiur-nyiur kelapa yang menaungi area camping ground memberi memberikan ketenangan yang maksimal.

Apabila kamu jenuh dengan suasana ibu kota yang ramai, jangan ragu untuk datang ke sini. Namun tetap jaga kebersihan, ya, supaya keindahan Pantai Minajaya tidak rusak.

7. Pantai Batu Bintang

Pantai Di Sukabumi Pantai Batu Bintang
Pantai Batu Bintang, Sukabumi (sumber: instagram.com/channel_arujh/).
LokasiCitarik, Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi Regency, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000, 00
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi1 jam 41 menit (59,7 km) lewat Jl. Pelabuhan II dan Jl. Nasional III
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung-warung, pantai untuk berenang

Jika kamu datang ke Pantai Batu Bintang di siang hari ini, niscaya kamu akan melihat banyak orang yang datang ke sana untuk berolahraga. Layaknya pantai-pantai lain di kecamatan Palabuhan Ratu, Pantai Batu Bintang juga terkenal dengan pasirnya yang rapi, bersih dan ombak yang tidak terlalu besar.

Saking tenangnya ombak di Pantai Batu Bintang, para pengunjung bahkan merasa seperti berada di dekat danau. Tidak mengherankan apabila wisatawan senang berenang di sana. Airnya tidak berbahaya dan juga sangat ramah anak.

Tidak jauh dari pantai, terdapat banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Jadi, kamu bisa menikmati sepoi-sepoi angin pantai dan laut yang tenang, sambil mengonsumsi makanan dan minuman favorit. Seperti surga, bukan?

8. Pantai Palangpang

Pantai Di Sukabumi Pantai Palangpang
Pantai Palangpang, Sukabumi (sumber: instagram.com/indoflashlight/).
LokasiPantai palangpang geopark ciletuh, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000, 00
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi2 jam 30 menit (89,9 km) lewat Jl. Nasional III
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung-warung, vila, persewaan perahu.

Pantai Palangpang merupakan objek wisata yang terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Geopark adalah area konservasi ekologi dan keanekaragaman hayati dengan luas 128 hektar. Karena terletak di dalam kawasan konservasi, Pantai Palangpang pun terlihat asri dan juga bersih.

Di sebelah kanan, kamu bisa melihat Curug Cimarinjung. Curug ini juga merupakan salah satu destinasi wisata di dalam kawasan Geopark Ciletuh. Selain itu tak jauh dari Pantai Palangpang ada beberapa vila yang disediakan untuk para pengunjung. Vila-vila ini cukup asri, bersih, dan juga eksklusif.

Pantai Palangpang memang paling enak untuk bersantai. Udaranya segar, pemandangan cantik, pantainya pun bersih.

Namun, kalau kamu ingin aktivitas lain yang lebih variatif, kamu bisa menyewa perahu nelayan. Perahu itu akan membawa kamu ke Pulau Madura dan Pulau Kunti. Di sana, para wisatawan biasanya memancing. Perairannya memiliki banyak ikan yang besar dan segar.

9. Pantai Pangumbahan

Pantai Di Sukabumi Pantai Pangumbahan
Pantai Pangumbahan, Sukabumi (sumber: instagram.com/shabrinakhansa/).
LokasiJl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Ciracap, Sukabumi Regency, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.30-17.30 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000, 00
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi3 jam 39 menit (110,0 km) lewat Jl. Surade-Ujung Genteng
Fasilitas wisata di sekitar pantaiProsesi pelepasan penyu

Pantai Pangumbahan merupakan  pantai dengan wahana rekreasional yang terbatas.

Namun, ada satu keunikan dari pantai yang satu ini. Ya, Pantai Pangumbahan adalah tempat bagi para penyu untuk bertelur. Penyu-penyu ink biasa bertelur hingga 120 butir per ekornya selama bulan Mei sampai dengan Agustus.

Kamu dapat melihat pemandangan itu dari dekat. Namun, hindari mengeluarkan suara yang berisik karena penyu sangat sensitif terhadap suara. Terutama, saat mereka bertelur.

Proses pelepasan penyu biasa dilakukan pada sore menjelang malam hari. Pada saat itu, air laut sedang pasang sehingga penyu-penyu bisa dengan bebas menjelajahi Samudra tanpa bertemu dengan predator.

Selain proses bertelur dan pelepasan penyu yang menarik, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Garis pantainya begitu luas sehingga memberikan kesan cakrawala yang begitu megah.

10. Pantai Cikembang

Pantai Di Sukabumi Pantai Cikembang
Pantai Cikembang, Sukabumi (sumber: instagram.com/sukabumilocalguides/).
LokasiPasir Baru, Pelabuhan Ratu, Pasir Baru, Cisolok, Sukabumi Regency, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000, 00
Rute menuju tempat wisata dari kota Sukabumi2 jam 18 menit (81,7 km) lewat Jl. Pelabuhan II dan Jl. Nasional III
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung makanan, Puncak Pasir Randu, camping ground

Ombak Pantai Cikembang memang cukup besar Namun, karena tenang, maka laut Cikbang sangat ideal sebagai lokasi untuk surfing. Pada akhir minggu, banyak anak muda yang pergi untuk berselancar di sana.

Selain untuk berselancar, Pantai Cikembang juga ideal untuk bersantai. Pemandangan Puncak Pasir Randu nun jauh di sana terlihat sangat elok dan hijau. Selain itu, kamu juga bisa bersantai di pinggir pantai sembari menikmati seafood yang dapat kamu beli dari warung-warung di dekat pantai.

Jika kamu ingin merasakan sensasi bermalam di Pantai Cikembang, kamu dapat menyewa area camping ground. Dapatkan pengalaman berkemah yang indah di bawah pohon-pohon yang rindang, menghadap pantai yang begitu megah.

Walau berkemah di sana begitu menyenangkan, pengelola belum menyediakan jasa persewaan alat camping. Sehingga, kamu harus membawanya sendiri di rumah.

Rata-rata, pantai di Sukabumi buka selama 24 jam dengan harga terjangkau. Jadi, kamu bisa menjelajahi keindahan pantai-pantai itu kapan saja kamu mau! Tentunya, ini merupakan kabar baik buat kamu yang ingin menghabiskan liburan panjang dengan menyegarkan tubuh dan pikiran!

Previous Article

10 Rekomendasi Pantai Terindah di Sekitar Tasikmalaya (2022)

Next Article

10 Pantai Terindah di Cianjur yang Lagi Hits (2022)

Tinggalkan komentar