10 Pantai Terindah di Pekalongan yang Lagi Hits (2021)

Menuju penghujung tahun, masyarakat berbondong-bondong mencari tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah pantai, yang mana tak pernah luput dari perhatian. Sebab pantai termasuk wisata favorit dan mudah ditemukan oleh semua orang, sehingga membuatnya sering dikunjungi.

Jika kamu adalah warga Pekalongan, maka kami akan memberikan referensi pantai yang bisa kamu kunjungi di daerah sekitar Pekalongan. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Pekalongan:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Pekalongan? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pekalongan Pantai Pasir Kencana
Pantai Pasir Kencana, Pekalongan (sumber: instagram.com/aan_jindan/).
LokasiJalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-21.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.750 (hari biasa), Rp3.250 (hari Minggu/ libur), Rp6.500 (tiket khusus kliwonan).
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan14 menit (5,3 km) lewat Jl. Kusuma Bangsa.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung rumah makan, toilet, penginapan, camping ground ,wahana permainan, spot foto, pusat oleh-oleh dan suvenir.

Pantai Pasir Kencana adalah salah satu pantai yang berlokasi di Pekalongan. Pantai Pasir Kencana sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan wisata di akhir pekan. Karena menurut penduduk lokal, pantai Pasir Kencana termasuk wisata primadona di Pekalongan.

Pengunjung dapat menikmati momen tenggelamnya matahari dari ujung pantai di jembatan cinta yang sudah tersedia. Dengan kebersihan tempat yang maksimal, membuat wisatawan semakin betah mengunjunginya.

Selain itu, fasilitas yang disediakan juga lengkap dan terawat. Hal ini karena langsung diawasi oleh pemerintah kota Pekalongan. Jadi, para pengunjung akan merasa dimanjakan oleh segala fasilitas tersebut.

Salah satunya adalah panggung kesenian. Hiburan tersebut biasanya digelar setiap Jum’at kliwon, di sana akan terdapat panggung untuk acara dangdut dengan gelaran setiap bulan.

Kemudian ada wahana becak air yang bisa kamu coba, warung makan dengan makanan ringan yang tersedia. Warung makan dilengkapi batu beton dengan kesan restoran pantai yang kental, lalu ada juga mushola untuk ibadah umat muslim.

2. Pantai Wonokerto

Pantai Pekalongan Pantai Wonokerto
Pantai Wonokerto, Pekalongan (sumber: instagram.com/twatyna/).
LokasiWonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-17.30 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan52 menit (12,3 km) lewat Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiKedai makan, toilet, wahana permainan, dan spot foto.

Pantai ini termasuk destinasi andalan kota Pekalongan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik itu penduduk lokal maupun luar kota. Dengan pasir pantai yang begitu luas dan panorama pagi hari yang indah, membuat wisatawan betah di pantai Wonokerto.

Dengan harga tiket yang terbilang murah yakni Rp5.000, kamu bisa menikmati sejuknya udara pantai yang dibarengi pohon pinus rimbun. Jika kamu ingin berfoto, maka kamu hanya perlu membayar biaya Rp2.000 per orang di spot foto rumah panggung.

Kamu juga tidak perlu risau jika sedang lapar, karena di sekitar pantai terdapat banyak kedai makanan dilengkapi dengan gazebo. Apalagi gazebo tersebut menghadap langsung ke pantai, jadi kamu bisa makan dengan menikmati pemandangan pantai dan diiringi angin sepoi-sepoi.

Pantai ini memiliki lokasi yang strategis dan tidak jauh dari jalan pantura, jadi kamu bisa menemukannya dengan mudah. Nikmati tenggelam dan terbit matahari dengan fasilitas memadai di pantai Wonokerto, jangan lupa memasukkannya ke daftar wisata favorit kamu!

3. Pantai Sunter Depok Indah

Pantai Pekalongan Pantai Sunter Depok Indah
Pantai Sunter Depok Indah, Pekalongan (sumber: instagram.com/yunindahanda/).
LokasiSawah, Depok, Kec. Siwalan, Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan56 menit (19,1 km) lewat Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTempat makan, toilet, wahana permainan, spot foto, dan tempat olahraga.

Berlokasi di Siwalan, destinasi pantai ini telah berkembang dengan pesat. Pantai yang dilengkapi dengan taman bermain untuk anak dan tumpukan batu yang dijadikan sebagai tempat melihat panorama keindahan pantai.

Bahkan pantai Sunter Depok Indah ini juga kabarnya telah dilengkapi dengan tempat olahraga, seperti voli, futsal, dan arena balap. Jadi pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, apalagi pemandangan yang terlihat semakin indah ketika sore hari.

Dengan harga tiket yang terjangkau dan fasilitas banyak, pasti kamu juga ingin datang mengunjunginya dan menetap sampai sore hari. Datang dan nikmati pemandangan pantai yang menyejukkan mata!

4. Pantai Slamaran

Pantai Pekalongan Pantai Slamaran
Pantai Slamaran, Pekalongan (sumber: instagram.com/tejo_isme/).
LokasiKrapyak Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.500/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan17 menit (5,8 km) lewat Jl. Jlamprang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTempat makan, toilet, sewa perahu, dan spot foto.

Dengan mengunjungi pantai ini, maka kamu akan menikmati kesejukan pantai dan pohon pinus yang menjadi pendampingnya. Pantai Slamaran adalah pantai yang berlokasi di Krapyak Lor dan untuk masuk atau menikmati fasilitas kamu harus membayar Rp5.000.

Namun jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, maka jangan berenang karena ombak pada pantai Slamaran sangat besar dan berbahaya. Pantai ini juga memiliki mitos yang sudah terkenal sejak dulu.

Penduduk lokal percaya bahwa pantai berkaitan dengan Dewi Lanjar. Konon, pantai Slamaran adalah gerbang yang menunjukkan istana milik Dewi Lanjar sang penguasa pantai utara

Kamu bisa menikmati fasilitas pantai dengan suasana penuh kesejukan, memakan sea food di pinggir pantai, atau berkeliling menggunakan perahu. Bagaimana apakah kamu akan melewatkan semua fasilitas dari destinasi pantai Slamaran ini? Yuk segera datang  dan nikmati fasilitasnya.

5. Wisata Mangrove Park Pekalongan

Pantai Pekalongan Wisata Mangrove Park Pekalongan
Wisata Mangrove Park Pekalongan (sumber: instagram.com/rofficet5692/).
LokasiKandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan4 menit (4,8 km) lewat Jl. Kunti Utara.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiBanana boat, sewa perahu, spot foto.

Tidak mau kalah dengan daerah lain, Pekalongan juga memiliki wisata yang berbasis hutan mangrove Wisata yang bernama Mangrove Park Pekalongan ini dibangun untuk mengajak masyarakat dalam melestarikan lingkungan, khususnya hutan.

Selain itu, wisata ini juga bertujuan untuk pencegahan abrasi dan membantu pembentukan rantai makanan pada ekosistem di laut. Mangrove Park berlokasi di Kandang Panjang, Pekalongan. Harga tiket pun terbilang murah yakni Rp4.000 per orang.

Dengan harga tiket segitu, kamu pun sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Pada wisata ini, banyak fasilitas yang edukatif dengan tingkat kesenangan tinggi.

Berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati di antaranya adalah wahana lorong cinta. Lorong tersebut dibuat dari tanaman bakau rimbun yang berderet di sekitar dan kemudian membentuk sebuah lorong.

Kamu juga bisa mengelilingi taman dengan menggunakan wahana banana boat, namun kamu harus merogoh biaya sebesar Rp10.000-Rp15.000 per orang. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai jenis tanaman bakau dengan begitu dekat saat menaiki banana boat tersebut.

6. Pantai Rejo

Pantai Pekalongan Pantai Rejo
Pantai Rejo, Pekalongan (sumber: instagram.com/aqmerula/).
LokasiPantairejo, Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000-Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan52 menit (12,3 km) lewat Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTempat makan, toilet dan spot foto.

Meskipun pantai ini belum dikelola dengan sempurna, namun hal inilah yang menyebabkan pantai Rejo masih kental terkesan alami.

Sehingga pantai ini masih terbilang fresh atau baru dengan potensi alam yang terasa. Dengan keindahan tersebut, membuat pengunjung berdatangan dan merasa betah di sana.

Kondisi pantai Rejo masih tergolong alami dan airnya pun sangat jernih. Oleh karena itu, tak jarang wisatawan yang berenang atau bermain air di pantai ini. Untuk berenang, kamu juga harus memperhatikan cuaca, apakah berbahaya atau tidak.

Memang belum banyak wisatawan yang mengenal pantai Rejo, namun itu tidak membatasinya untuk tenar seperti pantai Pekalongan lainnya. Pantai ini berlokasi di Wonokerto Kulon, Pekalongan. Akses transportasinya mudah dan papan petunjuk jalannya jelas.

Kelebihan lainnya, pantai Rejo sudah dilengkapi dengan fasilitas umum tempat wisata yang komplit. Sehingga, wisatawan semakin merasa betah berlama-lama menikmati keindahan pantai Rejo.

7. Pantai Asri Api-Api

Pantai Pekalongan Pantai Asri Api Api
Pantai Asri Api-Api, Pekalongan.
LokasiSawah, Api-Api, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan52 menit (12,4 km) lewat Jl. Raya Pantura dan Jl. Pattimura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiSpot foto berupa pemandangan alam.

Sama seperti pantai Rejo, pantai Asri Api-Api juga termasuk pantai yang belum terlalu dikenal. Pantai ini terletak di Api-Api, Wonokerto, yang lebih tepatnya di sisi barat Pekalongan.

Penduduk sekitar mengatakan bahwa pantai ini belum layak untuk dikunjungi, sebab memang masih kental akan potensi alam. Selain itu, pantai ini juga belum dikelola secara sempurna. Namun tetap saja pantai Asri Api-Api memiliki daya Tarik tersendiri untuk membuat wisatawan berkunjung.

Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang masih alami, dengan ombak landai yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, kamu juga akan melihat nelayan yang banyak berlayar di sana. Air laut yang terbilang aman, bisa kamu gunakan untuk berenang maupun bermain air di sekitar pantai.

Karena pantai ini masih berkembang, jadi kamu pun tidak akan mengeluarkan biaya atau gratis. Sehingga kamu bisa menikmati keindahan dan melihat tenggelamnya matahari secara gratis, lho! Cocok untuk kamu masukkan dalam daftar wisata kunjungan.

8. Pantai Krematorium

Pantai Pekalongan Pantai Krematorium
Pantai Krematorium, Pekalongan (sumber: instagram.com/rofficet5692/).
LokasiKandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 05.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan15 menit (4,9 km) lewat Jl. Kunti Utara.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea parkir. rumah makan, toilet, gazebo, wahana permainan, penginapan, dan camping ground.

Pantai Krematorium merupakan wisata yang masih terbilang baru di Pekalongan. Pantai yang memiliki nama unik ini dapat menyuguhkan pesona dan suasana keindahan yang menakjubkan. Pantai yang berlokasi di Kandang Panjang ini sangat tepat untuk kamu kunjungi saat berlibur.

Meskipun mempunyai nama yang cukup aneh, pantai ini adalah salah satu kawasan untuk membuang hasil dari proses pembakaran kremasi. Sering digunakan untuk kegiatan seperti itu, namun hal ini tetap menarik perhatian para wisatawan.

Pantai ini memiliki spot foto yang bagus dan cocok untuk menjadi background kamu ketika berfoto. Ditambah dengan pemandangan matahari terbenam, maka hasil foto kamu pun semakin aesthetic. Kamu hanya perlu membayar Rp5.000 untuk menikmati segala fasilitas yang tersedia.

9. Pantai Boom Pekalongan

Pantai Pekalongan Pantai Boom Pekalongan
Pantai Boom, Pekalongan (sumber: instagram.com/ukluk_hakim/).
LokasiJl. Pantai Sari, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000-Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan13 menit (4,9 km) lewat Jl. Kusuma Bangsa.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea parkir. rumah makan, toilet, gazebo, wahana permainan, penginapan, dan spot foto.

Pantai Boom adalah pantai yang berlokasi di Panjang Wetan, Pekalongan. Pantai ini dijadikan sebagai tempat wisata yang cocok untuk kamu berlibur, baik itu bersama keluarga, teman, maupun pacar.

Pantai ini juga sering disebut dengan nama pantai Ngeboom, terkenal dengan makanan laut yang super enak. Tak heran selain pemandangan pantai yang menyejukkan, makanan di sana juga membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung. Baik itu wisatawan lokal maupun luar kota.

Dengan air jernih dan pemandangan yang memukau, kamu dipastikan akan semakin betah berlama-lama di pantai ini. Selain itu ada juga fasilitas lain, salah satunya penginapan terdekat. Segera kunjungi pantai ini untuk merasakan wisata laut yang menakjubkan.

10. Pantai Sari Pekalongan

Pantai Pekalongan Pantai Sari Pekalongan
Pantai Sari, Pekalongan (sumber: instagram.com/pekalonganexplore/).
Lokasi Jl. Pantai Sari, Pekalongan, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Pekalongan12 menit (4,6 km) lewat Jl. Kusuma Bangsa.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, toilet umum, dan spot foto.

Pantai Sari atau yang juga sering disebut dengan Pantai Pasir Sari adalah pantai yang berlokasi barat TPI Pekalongan dan Pantai Boom. Pantai ini juga memiliki letak yang dekat dengan Mangrove Park dan Pantai Krematorium.

Pantai ini buka selama 24 jam, kecuali jika terjadi ombak tinggi. Wisatawan lokal biasanya akan berkunjung dari pagi sampai malam, hal ini sebab tidak ada harga tiket masuk atau gratis. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepersen pun.

Tersedia warung yang sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong sambil cerita dengan teman pada sore hari, jadi kamu akan semakin betah di sana.

Itulah 10 rekomendasi pantai terindah di Pekalongan dengan pemandangan memesona. Pantai-pantai tersebut cocok untuk wisata bersama teman, pasangan dan keluarga.

Selain menikmati angin pantai yang semilir, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset yang elok di sana. Yuk segera datang ke Pekalongan dan nikmati pesona pantainya!

Previous Article

Cara Menentukan Arah Kiblat di Gunung

Next Article

10 Pantai Terindah di Trenggalek yang Lagi Hits (2021)

Tinggalkan komentar