10 Pantai Terindah di Probolinggo yang Lagi Hits (2021)

Semua orang suka jalan-jalan, apalagi ke pantai. Makin beda sensasinya kalau pantainya tersembunyi. Jadi, belum banyak orang yang tahu. Serasa menjelajah pantai yang asing dan memesona. Namun, pantai yang terkenal juga sangat asyik dengan fasilitas lengkap.

Masing-masing sama serunya. Seperti halnya pantai-pantai terindah di Probolinggo yang lagi hits. Ternyata banyak wisata pantai keren yang wajib kamu datangi saat berlibur ke Probolinggo. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Probolinggo:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Probolinggo? Yuk, lanjut baca.

1. Wisata Pantai Bentar

Pantai Probolinggo Wisata Pantai Bentar
Wisata Pantai Bentar, Probolinggo (sumber: instagram.com/media.setyadewi/).
LokasiJalur Pantura Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Kec. Gending, Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000/orang (Dewasa). Rp3.000/orang (Anak-anak).
Rute menuju tempat wisata dari kota Probolinggo26 menit (11,6 km) lewat Jl. Raya Panglima Sudirman/Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiFasilitas umum di pantai Wisata Pantai Bentar lengkap dan terjamin.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiSpot foto jembatan kayu ikonis, wahana, sewa perahu nelayan.

Wisata Pantai Bentar cukup terkenal. Pantai ini biasanya tidak digunakan untuk berenang dan bermain air. Namun, ombaknya sangat tenang. Pemandangan pantainya indah. Panorama sunset menjadi kelebihan daya tariknya. Makanya, waktu paling cocok menikmati pantai adalah saat sore hari.

Kemudian, Pantai Bentar memiliki jembatan dermaga yang menjadi ikonnya. Ini adalah jembatan kayu yang menjorok 50 meter ke tengah laut. Dermaga ini juga sering dijadikan tempat foto pre-wedding. Sebab, pemandangan lautnya menjadi background yang cantik.

Di pantai ini, sudah ada wahana permainan untuk anak. Kemudian, ada banyak warung kecil di sekitar pantai. Jadi, aktivitas yang seru di sini yaitu jalan-jalan, berfoto, serta menikmati kuliner. Pasti bikin betah.

2. Pantai BJBR

Pantai Probolinggo Pantai Bjbr
Pantai BJBR, Probolinggo (sumber: instagram.com/slamet.mardiyono/).
LokasiMangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Sabtu, 07.00 – 00.00 WIB. Minggu, 10.00 – 22.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang (Hari biasa). Rp40.000/orang (Akhir pekan).
Rute menuju tempat wisata dari kota Probolinggo22 menit (8,7 km) lewat Jl. Hos Cokroaminoto.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiFasilitas umum di pantai BJBR lengkap dan terjamin.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiSangat banyak spot foto menarik dan ikonis.

BJBR adalah singkatan dari BeeJay Bakau Resort. Dahulu, tempat ini merupakan area yang dipenuhi sampah. Namun, sudah dibersihkan dan disulap menjadi kawasan wisata mewah. Jadi, BJBJR merupakan ecotourism di tengah hutan bakau. Ada kamar-kamar resort di tempat wisata ini. Pantainya sendiri tidak dipakai berenang dan bermain air. Namun, tentu saja pemandangannya memesona.

Terasa eksotis dengan adanya pohon-pohon mangrove atau bakau yang hijau. Sementara, kelebihan lain pantai BJBR adalah fasilitasnya. Pantai ini dikelola dengan sangat baik. Ada jembatan kayu panjang dengan hiasan yang artistik. Kemudian, ada beberapa spot ikonis kesukaan wisatawan. Mulai dari Gerbang Sewu Petung Abang atau GSPA, patung kuda troya, hingga jembatan DeeNA.

Ada juga globe raksasa dan piramida yang ada di tengah kolam. Nah, waktu terbaik ke pantai adalah kapan saja, pagi, siang, sore, atau malam. Oh iya, di sini juga ada fasilitas outbond. Lengkap, bukan. Pantai BJBR juga cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga.

3. Pantai Duta

Pantai Probolinggo Pantai Duta
Pantai Duta, Probolinggo (sumber: instagram.com/probolinggoexplore/).
LokasiDusun Gilin, Randutatah, Kec. Paiton, Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 08.00 – 20.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Probolinggo1 jam 14 mnt (39,7 km) lewat Jl. Raya Panglima Sudirman/Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiFasilitas umum di pantai Duta lengkap dan terjamin.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiPlang papan informasi dengan tulisan 99 nama Allah SWT, hutan mangrove, spot foto ayunan.

Pantai Duta memiliki suasana asri dan alami. Ada banyak pohon mangrove juga, membuat pemandangannya indah. Pantai ini tidak digunakan untuk main air dan berenang. Pantainya sudah dipakai untuk kawasan wisata mangrove. Ada jembatan kayu untuk kamu berkeliling. Bahkan, sudah disediakan tangga naik untuk pengunjung. Agar bisa melihat pemandangan hutan mangrove dari atas.

Makanya, waktu yang ideal untuk ke sini adalah saat pagi atau sore. Biar tidak panas saat kamu berjalan keliling hutan mangrove. Oh iya, ada spot foto yang asyik. Jadi ada tiga sampai empat ayunan yang berada sedikit ke tengah laut. Namun, dudukan ayunan cukup tinggi. Bisa jadi lebih nyaman untuk dijadikan background foto.

Selain jalan-jalan dan berfoto, kamu juga bisa menyewa kapal untuk ke tengah laut. Kadang terlihat hiu paus saat sedang musimnya. Di samping itu, ada pula plang papan informasi dengan tulisan 99 nama Allah SWT. Ini karena Pantai Duta dikelola dengan menggunakan konsep “kebersihan adalah sebagian dari iman”. Menarik, bukan.

4. Pantai Mayangan Probolinggo

Pantai Probolinggo Pantai Mayangan
Pantai Mayangan, Probolinggo (sumber: instagram.com/sandal_gunung_/).
LokasiPelabuhan, Mayangan, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Probolinggo21 menit (8,2 km) lewat Jl. Hos Cokroaminoto.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTaman, gazebo, spot foto, pusat kuliner.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiTempat memancing, wisata berendam.

Pantai Mayangan cukup unik. Sebab, pantai ini sebenarnya merupakan tempat pelabuhan perikanan. Maka dari itu, nama lengkapnya adalah Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan. Pantai ini sering menjadi tempat untuk berenang maupun bermain air. Mulai dari dewasa hingga anak-anak suka pantainya.

Pemandangan pantai menarik dengan lautan luas. Di pantai ini, kamu juga bisa memancing. Sementara, di sisi barat pantai kini dijadikan tempat wisata berendam. Ada juga kelengkapan fasilitas seperti tempat kuliner, gazebo, spot selfie dan berfoto, dan taman. Namun, pantai ini belum dikelola dengan maksimal.

Masih perlu perbaikan untuk kamar mandi serta toilet yang belum lengkap tersedia. Akan tetapi, pantai ini sudah bisa menjadi tempat melepas penat. Salah satu kelebihannya ada banyak penjual makanan dan minuman. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kelaparan. Idealnya, waktu yang pas ke pantai ini adalah sore hari. Kamu bisa menikmati waktu indah menjelang sunset di pantai.

5. Pantai Tambak Bahak

Pantai Probolinggo Pantai Tambak Bahak
Pantai Tambak Bahak, Probolinggo.
LokasiDusun Bahak, Desa Curahdringu, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Probolinggo29 menit (14,7 km) lewat Jl. Raya Panglima Sudirman/Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung makan.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiPohon-pohon mangrove, perahu nelayan, spot pemandangan sunset.

Kalau kamu mencari pantai hidden gem, di sini tempatnya. Pantai Tambak Bahak atau Pantai Bahak memang belum terekspos. Namun, pemandangan sunset-nya bagus sekali. Kadang ada pengunjung yang bermain air di pantai. Ada juga yang menikmati mencari kerang. Jadi, ombak pantainya memang tenang.

Selain itu, ada juga pohon mangrove di pantai. Keunikan pantai ini yaitu adanya perahu-perahu nelayan di pesisir. Jadi, kamu bisa melihat aktivitas nelayan yang bersiap untuk melaut. Namun, bisa dibilang fasilitas di pantai ini belum dikelola dengan maksimal. Akan tetapi, sudah ada warung makan di sekitar pantai.

Kalau ke sini saat sore saja. Waktu ideal untuk mampir adalah saat senja. Pemandangannya terlihat memesona. Di pantai, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Terutama, kamu dapat bersantai sembari mengamati kegiatan para nelayan. Kamu juga dapat berfoto-foto.

6. Pantai Pasir Putih Probolinggo

Pantai Probolinggo Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih, Probolinggo.
LokasiSapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 07.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota ProbolinggoMenyebrang dari dermaga Probolinggo ke pulau Gili Ketapang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiGazebo, warung ikan bakar.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiSpot foto, snorkeling, sewa perahu atau kano, tempat memancing, tempat belanja ikan segar.

Pantai Pasir Putih Probolinggo berada di perbatasan Selat Madura. Seperti namanya, pantai ini sangat memikat dengan pasirnya yang putih bersih serta lembut. Airnya biru jernih dengan ombak tenang. Pengunjung bisa berenang maupun mencari kerang kecil dan kepiting.

Tak hanya itu saja. Kamu juga bisa menyewa perahu atau kano untuk berkeliling di laut. Saking terkenalnya pantai ini, lokasinya juga sering dijadikan tempat konser band besar. Di samping itu, fasilitas umum sudah lengkap di sini. Oh iya, kamu juga perlu mencicipi kuliner seafood segar. Masakan lautnya sudah diolah dengan bumbu khas Jawa Timur.

Kalau ke pantai ini, paling nyaman saat sore hari. Biar kamu tidak kepanasan. Nah, kalau rute ke pantai ini memang sedikit berbeda. Pengunjung harus naik kapal motor dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo. Kemudian, menyeberang ke Gili Ketapang tempat pantai berada. Lama perjalanan sekitar 45 menit saja.

7. Pantai Tambak Sari

Pantai Probolinggo Pantai Tambak Sari
Pantai Tambak Sari, Probolinggo.
LokasiPandean, Sukokerto, Kec. Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 08.00 – 18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Probolinggo54 menit (27,4 km) lewat Jl. Raya Panglima Sudirman/Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiLahan parkir.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiHutan mangrove, spot foto, tambak tempat memancing.

Pantai Tambak Sari sangat unik. Jadi, kamu bisa melihat sejumlah elemen di sini. Ada pantai, hutan mangrove, serta pohon-pohon bakau yang mati dan dibiarkan begitu saja. Namun, justru inilah yang menjadi kelebihan pantainya. Pohon bakau kering tersebut menjadi estetik di pantai ini.

Sementara, pemandangan pantai benar-benar alami, dengan hamparan pasir yang luas. Inilah daya tarik utama Pantai Tambak Sari. Pemandangannya bagus dan eksotis. Namun, pantai ini tidak digunakan untuk berenang. Jadi, buat jalan-jalan saja. Oh iya, kamu juga bisa berfoto-foto di sini.

Pantai Tambak Sari juga sering menjadi tempat foto pre-wedding. Memang sebagus itulah panorama yang ada. By the way, kamu juga bisa memancing di tambak milik warga sekitar. Nah, kalau ke pantai ini paling baik yaitu waktu sore. Selain tidak panas terik, sunset-nya next level banget di sini. Wajib kamu foto pokoknya.

8. Pantai Tugu Laut

Pantai Probolinggo Pantai Tugu Laut
Pantai Tugu Laut, Probolinggo (sumber: instagram.com/omgad24/).
LokasiDesa Pabean, kecamatan Dringu, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Probolinggo22 menit (8,2 km) lewat Jl. KH. Hasan Genggong/Jl. Probolinggo – Wonorejo.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiLahan parkir, warung, kamar mandi.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiWisata mangrove, naik perahu, wahana permainan anak-anak, spot foto.

Pantai Tugu Laut mulai beroperasi secara resmi sejak Mei 2017. Pantai ini sangat jarang digunakan untuk bermain air maupun berenang. Namun, pemandangan di pantai bagus, dengan ciri khas tersendiri. Waktu terbaik untuk ke pantai ini yaitu menjelang sore hari. Pemandangan lebih indah saat senja.

Omong-omong, pantai ini menjadi kebanggaan warga dusun setempat. Hal tersebut karena di sini terdapat kuburan ikan paus. Menurut cerita masyarakat setempat, paus tersebut adalah penjaga pantai Tugu Laut. Kalau mau, kamu bisa melihat kuburan paus tersebut.

Di samping itu, daya tarik lainnya yaitu terdapat ayunan dengan tulisan Pantai Tugu Laut. Ayunan ini berada dekat pepohonan kering yang terlihat menarik sekali. Kalau di pantai ini, kamu bisa melakukan aktivitas seperti jalan-jalan keliling atau berfoto-foto.

9. Pantai Giliketapang

Pantai Probolinggo Pantai Giliketapang
Pantai Giliketapang, Probolinggo (sumber: instagram.com/giliketapang_paradise/).
LokasiSapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 06.00 – 18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp12.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota ProbolinggoMenyebrang pulau dari dermaga Probolinggo ke pulau Gili Ketapang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiFasilitas umum di pantai Giliketapang lengkap dan terjamin.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiSpot foto, snorkeling, tempat memancing, banana boat, kapal motor.

Pantai Giliketapang sangat, sangat terkenal. Pantai ini merupakan bagian dari pulau Gili Ketapang. Pemandangannya luar biasa dengan pasir putih dan laut biru jernih. Keindahan pantai yang klise tapi selalu memikat hati. Paling pas ke sini adalah waktu pagi agar bisa seharian di pantai.

Di sini, kamu bisa berenang bahkan snorkeling. Kehidupan bawah lautnya menjadi kelebihan pantai ini. Ada beragam biota laut seperti ikan-ikan hingga terumbu karang yang sangat cantik. Bahkan ada properti di bawah air berupa tulisan-tulisan lucu dan menarik. Salah satunya seperti “Saya sudah ke @Gili_Ketapang, kamu kapan?” Selain itu, kamu bisa nikmati keseruan lainnya, seperti kuliner seafood lezat. Pastikan juga kamu berfoto-foto di sini.

Kalau rute menuju pantai sedikit beda dari yang lain. Pengunjung harus berangkat dari dermaga Tanjung Tembaga Barat, Probolinggo, menuju pulau Gili Ketapang. Naik kapal penyeberangan selama sekitar 30 menit, kamu pun sampai di lokasi. Harga tiket masuk ke pelabuhan Rp2.000. Kemudian, biaya kapal untuk menyeberang yaitu Rp10.000.

10. Pantai Permata Pilang

Pantai Probolinggo Pantai Permata Pilang
Pantai Permata Pilang, Probolinggo.
LokasiPilang, Kec. Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Probolinggo11 mnt (5,4 km) lewat Jl. Bengawan Solo dan Jl. Brantas.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiLahan parkir, kamar mandi.
Spot wisata menarik di sekitar pantaiHutan mangrove dan bakau, pohon-pohon cemara udang, gazebo, perahu, tempat berkemah, wisata mencari kerang, cycling track.

Pantai Permata Pilang memiliki pemandangan indah. Terutama ketika sunset. Jadi, idealnya kamu mengunjungi pantai ini ketika sore. Pantai ini cukup jarang digunakan untuk berenang. Namun, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya di pantai ini.

Di pantai ini terdapat pohon-pohon mangrove. Lalu, ada juga pohon cemara udang yang bagus banget untuk jadi spot foto. Selain itu, kamu juga dapat berkemah di sini. Ada sedikit cerita tentang asal mula kawasan pantai ini yang cukup unik.

Dahulu, pantai ini merupakan hutan mangrove seluas 80 hektar. Kemudian, setelah terjadi erupsi Gunung Bromo pada tahun 2010, berubahlah kawasan ini. Sampai akhirnya kawasan tersebut menjadi pantai sepanjang 7 km seperti sekarang. Fasilitas di pantai ini memang masih perlu ditingkatkan. Akan tetapi, pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Nah, kamu sudah lihat deretan pantai terindah di Probolinggo yang lagi hits. Buat kamu yang ngaku traveler dan belum pernah ke Probolinggo, ini saatnya. Apalagi, ada sejumlah pantai yang masih belum banyak dikenal. Ayo, bertualang. Kira-kira kalau kamu lebih suka pantai yang terkenal atau yang masih tersembunyi? Share di kolom komentar, ya!

Previous Article

Cara Mengatasi Sesak Nafas di Gunung

Next Article

10 Rekomendasi Pantai Terindah di Jawa Tengah (2021)

Tinggalkan komentar