5 Wisata Pantai Terbaik di Seluma yang Lagi Hits (2024)

Berwisata ke pantai adalah pilihan yang menarik saat kamu berlibur di Kabupaten Seluma, Bengkulu. Ada banyak pantai cantik yang asyik untuk tempat piknik. Berikut kami berikan rekomendasi 5 wisata pantai terbaik di Seluma sebagai referensimu. Semua pantainya memiliki view sunset yang sangat cantik. Pemandangan dan suasana pantainya pun cocok untuk relaksasi. Ada pantai apa saja, ya?Berikut 5 rekomendasi pantai terbaik di Seluma:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Seluma

Pantai Seluma Bengkulu
Pantai Seluma (sumber: instagram.com/heti.elianni/)
LokasiPs. Seluma, Kec. Seluma Sel., Kabupaten Seluma, Bengkulu (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07.25 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Daya tarik pantai» Suasananya tenang dan view masih alami
» View sunset-nya cantik
» Pantainya landai dan luas
Rute menuju tempat wisata dari kota Pasar Tais24 menit (12,2 km) via Jl. Umar Ahmad
Rating pantai4,1/5.0 – 70 ulasan Google

Pantai Seluma menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi saat musim liburan. Rata-rata pengunjung yang datang menyukai suasana pantai yang sangat tenang. Suara debur ombak laut yang khas sangat cocok untuk relaksasi.

Pemandangan di Pantai Seluma masih alami. Sejauh mata memandang, pasir pantai yang kehitaman terhampar luas. Pohon-pohon rindang masih tampak menghiasi pinggiran pantai. Kamu bisa puas beraktivitas di sepanjang pantai, baik itu bermain pasir maupun bermain air. Tekstur pasir yang halus membuat nyaman saat dipijak. Berjalan menyusuri garis pantai sembari menikmati pemandangan adalah aktivitas menyenangkan lainnya di Pantai Seluma.

Apalagi saat senja, suasana romantis akan sangat terasa. Tidak heran jika banyak orang yang suka berswafoto maupun melakukan sesi foto pre-wedding di Pantai Seluma.  

Pantai ini belum dikelola secara khusus sehingga belum banyak pembangunan fasilitas maupun warung makan di sekitarnya. Jadi, saat berkunjung ke Pantai Seluma, sebaiknya kamu membawa bekal sendiri dari rumah. Untuk akses jalan menuju pantai masih bisa dilewati oleh mobil dan sepeda motor. Namun, kamu tetap harus berhati-hati karena banyak ruas jalannya yang rusak dan belum teraspal.

2. Pantai Ancol Maras

Pantai Di Seluma Pantai Ancol Maras
Pantai Ancol Maras, Seluma (sumber: instagram.com/nesti_defantri)
LokasiJl. Raya Manna – Bengkulu, Padang Bakung, Kec. Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma, Bengkulu (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp8.000,00/orang
Daya tarik pantai» Pantainya berbatu 
» View sunset cantik
» Lokasi strategis dekat jalan besar
Rute menuju tempat wisata dari kota Pasar Tais1 jam 21 menit (53,9 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,2/5.0 – 58 ulasan Google

Lokasi Pantai Ancol Maras yang strategis di dekat jalan besar membuat pantai ini menjadi tempat wisata favorit warga lokal. Ada yang datang untuk piknik bersama teman-teman atau keluarga. Pengunjung dari luar daerah yang sedang melintas pun banyak yang mampir di pantai ini untuk sekadar beristirahat.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke pantai ini menghabiskan waktunya untuk bersantai menikmati pemandangan. Pantai Ancol Maras memang terkenal dengan view­-nya yang eksotis. Pantainya landai dengan pasir kehitaman. Di beberapa bagian pantainya ada yang tertutup hamparan berbatuan kecil.

Deretan pohon kelapa tampak menghiasi area sekitar pantai.

Nyaman untuk tempat berteduh saat siang hari. Ombak di sekitar Pantai Ancol Maras tergolong besar. Tidak disarankan untuk aktivitas berenang. Anak-anak yang bermain air di pinggir pantai pun sebaiknya diawasi dengan baik.

Untuk yang ingin kuliner, di Pantai Ancol Maras tersedia beberapa pondok kuliner milik warga setempat. Kamu bisa menikmati aneka olahan seafood, jajanan, maupun es kelapa dengan harga terjangkau. Nantinya menjelang sore, kamu bisa melanjutkan keseruan di sepanjang garis pantai sembari menunggu matahari terbenam. Di Pantai Ancol Maras ini view saat matahari terbenam sangat cantik. Jangan sampai terlewat mengabadikannya dengan kamera, ya!

3. Pantai Gading Kungkaibaru

Pantai Di Seluma Pantai Gading Kungkaibaru
Pantai Gading Kungkaibaru, Seluma (sumber: Putra HX)
LokasiKungkai Baru, Kec. Air Periukan, Kabupaten Seluma, Bengkulu (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: gratis Weekend: Rp5.000,00/orang
Daya tarik pantai» View sunset sangat cantik 
» Ada spot memancing
» Bisa sewa perahu karet untuk keliling di sekitar pantai
Rute menuju tempat wisata dari kota Pasar Tais1 jam 20 menit (38,5 km) via Jl. Bengkulu – Tais/Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,2/5.0 – 33 ulasan Google

Pantai Gading Kungkaibaru tidak kalah memesona dengan pantai-pantai lain di Seluma. Tipenya pantai landai yang sangat luas. Pasirnya putih kecokelatan dan tekstur pasirnya halus.

Biasanya saat akhir pekan atau hari libur nasional, Pantai Gading Kungkaibaru selalu ramai dengan pengunjung yang datang bersama keluarga. Ada area lapang, dengan banyak pohon-pohon cemara yang rimbun. Suasananya teduh walaupun cuaca sedang terik saat siang hari. Kamu bisa menggelar tikar untuk piknik di area ini.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini. Mulai dari bermain pasir, bermain air, atau bermain bola kaki di area pantainya. Untuk yang gemar memancing, maka kamu bisa menyalurkan hobimu di sini. Ada spot khusus yang biasanya dituju para penggemar aktivitas memancing. Jangan lupa bawa alat pancing sendiri, ya. Belum ada tempat persewaan alat pancing di pantai ini.

Nah, kalau kamu penasaran ingin menikmati suasana laut di sekitar Pantai Gading, maka sewalah perahu karet. Ada persewaan perahu karet yang akan membawamu berkeliling di sekitar pantai yang ombaknya tidak terlalu besar.

Menjelang sore, Pantai Gading Kungkaibaru biasanya akan semakin ramai. View sunset di pantai ini terkenal sangat cantik. Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk menikmati senja dengan berjalan di sepanjang pantai. Kamu juga bisa mendapatkan foto siluet senja terbaik di pantai ini.

4. Pantai Priukan

Pantai Di Seluma Pantai Priukan
Pantai Priukan, Seluma (sumber: Maz Adi)
LokasiKungkai Baru, Kec. Air Periukan, Kabupaten Seluma, Bengkulu (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Daya tarik pantai» Pantainya masih alami
» Momen sunset-nya cantik
» Pantai landai dan sangat luas
Rute menuju tempat wisata dari kota Pasar Tais1 jam 20 menit (38,5 km) via Jl. Bengkulu – Tais/Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,2/5.0 – 21 ulasan Google

Satu lagi pantai terbaik untuk piknik dan bersantai di Seluma, yaitu Pantai Priukan. Pantai yang berjarak sekitar 38 km dari pusat kota Tais ini masih sangat alami. Pandangan mata tidak hanya disegarkan oleh birunya laut, tetapi juga hijaunya deretan pepohonan yang ada di pinggir pantai. Suasananya teduh dan nyaman. Area lapang di pinggiran pantainya pun ada yang ditutupi oleh rerumputan sehingga cocok untuk piknik bersama keluarga.

Pantai Priukan ini merupakan pantai bertepi landai. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang dan bermain air. Area bibir pantainya sangat luas dengan hamparan pasir kecoklatan. Banyak pengunjung, terutama anak-anak yang suka bermain pasir di pantainya.

Selain itu, beberapa pengunjung ada yang menyusuri garis pantai dengan menggunakan sepeda motor. Namun, kalau kamu ingin lebih seru, cobalah dengan berjalan kaki saja. Terutama saat senja, menyusuri garis Pantai Priukan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Apalagi, jika kamu pergi bersama pasanganmu. Wah, suasana senjanya bakal semakin romantis!

Kalau kamu tertarik berkunjung ke Pantai Priukan, sebaiknya siapkan bekal dari rumah, ya. Belum ada warung jajanan di sekitar pantai. Fasilitasnya pun masih seadanya. Untuk akses jalan masuk ke area pantai masih belum begitu baik. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima.

5. Pantai Pasar Talo

Pantai Di Seluma Pantai Pasar Talo
Pantai Pasar Talo, Seluma (sumber: Yayandi Hasnul)
LokasiPs. Talo, Kec. Ilir Talo, Kabupaten Seluma, Bengkulu (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Daya tarik pantai» Pantainya landai dan luas
» Lingkungan sekitar masih alami
» View sunset cantik
Rute menuju tempat wisata dari kota Pasar Tais1 jam 10 menit (39,5 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,2/5.0 – 18 ulasan Google

Pantai Pasar Talo belum dikelola secara khusus oleh pemerintah setempat. Namun, keindahan panoramanya membuat banyak orang ramai berkunjung. Suasananya yang tenang, serta lingkungan yang masih sangat alami menjadi daya tarik lainnya. Untuk kamu yang ingin melepas penat dari keramaian dan rutinitas, pasti bakal betah di pantai ini.

Dengan pantai yang landai dan luas, kamu bisa puas melakukan banyak aktivitas seru. Kamu bisa menyaksikan banyak anak-anak yang menjajal kreativitasnya membuat istana pasir di pantai ini. Bahkan, untuk yang suka berolahraga, biasanya akan seru-seruan bermain bola kaki.

Selain itu, berjalan menyusuri garis pantai pun menarik. Kamu bisa menikmati pemandangan dengan lebih leluasa ditemani embusan angin laut dan suara debur ombak. Udaranya segar, jauh dari polusi seperti di perkotaan.

Pastikan berhati-hati saat menyusuri garis pantai. Sebab, ada tumpukan batang dan akar pohon yang terbawa ombak. Namun, beberapa batang pohon berukuran agak besar dan bentuknya unik biasanya laris manis menjadi spot berfoto. Hasil fotonya terlihat lebih eksotis dan khas.

Untuk kamu yang mau piknik seru di pantai ini juga bisa, lho! Ada area lapang berumput tidak jauh dari pinggir pantai. Di sana juga suasananya teduh karena masih banyak pohon cemara udang dan pohon kelapa. Asyik banget buat menggelar tikar dan menyantap bekal di area ini.

Kamu bisa bersantai hingga senja. Karena, view sunset di Pantai Pasar Talo sayang jika dilewatkan begitu saja. Siapkan kamera untuk mengabadikan momen senja yang syahdu di Pantai Pasar Talo!

Kelima pantai terbaik di Seluma tersebut cocok untuk kamu kunjungi bersama teman, keluarga, ataupun rombongan komunitas. Masih ada beberapa pantai yang akses jalannya belum begitu bagus. Namun, sesampainya di sana, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan pantai yang eksotis. Yuk, segera rencanakan liburanmu ke salah satu pantai terbaik di Seluma. Jangan lupa, siapkan kamera untuk mengabadikan view dan gaya liburan terbaikmu di sana!

Leave a Comment