5 Tempat Glamping Terbaik di Wonosobo yang Lagi Hits (2022)

Bagi pencinta highland, nama Wonosobo pasti lekat dengan suasana dingin, pemandangan alam yang indah dan pesona golden sunrise. Kemewahan alam itu sekarang bisa kamu dapatkan tanpa perlu mendaki berjam-jam atau mendirikan tenda di tengah hutan. Pasalnya, kini pengelola wisata alam Wonosobo menyediakan wisata glamping.

Glamping atau glamorous camping merupakan jenis wisata camping di tempat yang memiliki pemandangan alam indah dengan fasilitas camping yang mewah. Jadi, kamu bisa camping bersama keluarga tanpa perlu membawa perlengkapan camping dan peralatan masak. Enak, ya? Tertarik untuk coba glamping di Wonosobo? Berikut 5 rekomendasi tempat glamping terbaik di Wonosobo:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Kahyangan Skyline

Glamping Wonosobo Kahyangan Skyline
Kahyangan Skyline, Wonosobo (sumber: instagram.com/kahyanganskyline/)
LokasiTlogo, Kec. Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00
Harga paket glampingHTM: Rp10.000
Biaya parkirSepeda motor: Rp2.000
Mobil: Rp5.000
Telepon
Daya tarik wisataCamping ground, spot sunrise, spot foto menarik, cafe, parasailing
Rute dari Wonosobo33 min (14.5 km) via Jl. Dieng (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat glamping4,4/5 dari 401 ulasan Google

Rekomendasi tempat glamping pertama di Wonosobo adalah Kahyangan Skyline. Karena berada di ketinggian 1.200 mdpl, tempat ini memang seolah-olah berada di atas kahyangan.

Tak jarang, lautan awan juga akan terlihat ketika kita melihat ke arah bawah. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan view Telaga Menjer dari ketinggian. Tidak ketinggalan, pemandangan khas dari Gunung Sumbing dan Sindoro juga bisa kamu nikmati di sini.

Tempat ini sangat cocok jadi destinasi staycation bagi kamu yang sudah penat dengan hiruk pikuk kota besar. Udaranya yang sejuk ditambah pemandangan yang memanjakan mata akan mampu mengurangi stres dan bisa membuatmu nyaman.

Kahyangan Skyline menyediakan camping ground lengkap dengan persewaan tenda yang bisa kamu booking. Namun, kamu hanya akan mendapatkan paket sewa tenda saja. Jadi, di dalamnya tidak ada kasur atau pun selimut.

Mengingat pada malam hari cuaca di kawasan ini akan sangat dingin, pastikan kamu mengenakan pakaian yang hangat dan bawa selimut. Bawalah topi yang bisa menghangatkan kepala bila diperlukan.

Camping di area ini bisa menjadi opsi terbaik apabila kamu ingin menikmati view sunrise di pagi harinya. Bermalam di alam terbuka dan di bawah hamparan bintang ini tentu akan menjadi pengalaman yang sangat tak terlupakan.

Selain camping, ada banyak spot menarik yang disediakan oleh Kahyangan Skyline. Salah satu yang jadi favorit wisatawan adalah spot foto. Di sini, kamu bisa berfoto di atas jaring yang menghadap langsung ke arah telaga. Atau yang cukup ekstrem adalah berfoto di atas lantai kaca yang juga berada di atas telaga.

Bagi yang suka kegiatan menantang adrenalin, pihak pengelola juga telah menyediakan wahana parasailing. Kegiatan ini sangat seru untuk dilakukan. Apalagi dikombinasikan dengan pemandangan Kota Wonosobo dan sekitarnya. Pasti akan terlihat sangat memukau jika dilihat langsung dari ketinggian.

2. Bukit Cinta Lembah Seroja

Glamping Wonosobo Bukit Cinta Lembah Seroja
Bukit Cinta Lembah Seroja, Wonosobo (sumber: instagram.com/like_semarang/)
LokasiBukit Cinta Lembah Seroja, Maron, Kec. Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket glampingRp500.000/malam
Biaya parkirSepeda motor: Rp2.000
Mobil: Rp5.000
Telepon
Daya tarik wisataCamping ground, spot foto, cafe, wisata kuliner
Rute dari Wonosobo34 min (14.5 km) via Jl. Dieng (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat glamping4,3/5 dari 264 ulasan Google

Masih satu kawasan dengan Kahyangan Skyline, ada lagi rekomendasi tempat glamping yang bisa kamu datangi, yaitu Bukit Cinta Lembah Seroja. Area camping-nya sendiri berada berhadapan langsung dengan Telaga Menjer.

Tempatnya yang sejuk dan jauh dari keramaian menjadikan Bukit Cinta Lembah Seroja sangat worth it untuk dikunjungi. Terlebih bagi kamu yang memang sedang mencari ketenangan.

Area camping ground di sini cukup luas. Setidaknya ada delapan tenda yang disewakan dengan kapasitas empat orang. Tenda ini bisa kamu sewa jika berencana bermalam di tempat ini. Kalau punya perlengkapan tenda, kamu bisa membawanya sendiri.

Jika ingin menginap di tenda dengan fasilitas yang sama seperti hotel juga bisa. Di sini tersedia juga tenda eksklusif lengkap dengan kasur berjumlah dua buah. Di dalamnya juga sudah ada toilet pribadi lengkap dengan air hangat.

Tenda ini memiliki kapasitas untuk empat orang. Kalau tertarik untuk booking, kamu perlu membayar Rp500.000/malam.

Dengan berkemah, kamu bisa mendapatkan waktu terbaik untuk melihat sunset dan sunrise. Namun, jangan lupa untuk selalu mengenakan pakaian yang hangat, ya. Terkadang, siang hari saja kawasan ini tertutup kabut. Jadi bisa bayangkan bagaimana dinginnya, kan?

Kalau tidak membawa bekal makanan sendiri dari rumah, tak perlu khawatir. Di Bukit Cinta Lembah Seroja ini kamu juga bisa wisata kuliner. Di sini terdapat sejumlah warung yang menyediakan hidangan khas Wonosobo, seperti mie ongklok, nasi megono, hingga mendoan khas yang berbeda dari daerah lain.

3. Bagas Luxury Camp

Glamping Wonosobo Bagas Luxury Camp
Bagas Luxury Camp, Wonosobo (sumber: instagram.com/bagas_luxurycamp/)
LokasiMaron, Menjer, Kec. Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Check in: 14.00
Check out: 12.00
Harga paket glampingMulai dari Rp475.000/malam
Biaya parkirGratis
Telepon081138816668
Daya tarik wisataGlamping, cafe, spot sunrise
Rute dari Wonosobo1 jam (26,3 km) via Jl. Dieng (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat glamping4,9/5 dari 98 ulasan Google

Di kawasan Telaga Menjer memang banyak tempat yang menyediakan fasilitas glamping, sepeti Bagas Luxury Camp ini. Bagas Luxury Camp merupakan peringkat #7 tempat glamping terindah di Jawa Tengah. Tempat ini cocok bagi kamu yang ingin berkemah tetapi tidak perlu repot membawa perlengkapan sendiri. Fasilitas yang ditawarkan pun sudah mirip dengan hotel.

Bagas Luxury Camp menyediakan persewaan tenda dengan fasilitas lengkap. Di dalamnya sudah termasuk kasur yang nyaman untuk dua orang. Kalau tak kuat dengan dinginnya Kota Wonosobo tetapi ingin menikmati keindahannya, kamu bisa menyewa penginapan indoor yang telah tersedia.

Harga paket glamping di sini dimulai dari Rp475.000/malam. Begitu check-in, pengunjung akan diberi suguhan teh hangat dan tempe mendoan khas Wonosobo oleh staf penginapan.

Untuk kamar mandinya juga tidak menggunakan sistem sharing karena masing-masing tenda telah dilengkapi dengan kamar mandi pribadi. Tentunya hal ini cukup nyaman dibanding harus berbagi kamar mandi dengan pengunjung lain.

Karena berada di ketinggian, rute menuju lokasi terbilang cukup menantang, tetapi masih mudah dijangkau. Jalanan yang harus dilewati cukup ekstrem karena berkelok, sempit, dan di sekitarnya terdapat banyak berbatuan besar. Pastikan kendaraan yang kamu bawa dalam kondisi yang prima, ya.

4. Le Desa Resort Syariah

Glamping Wonosobo Le Desa Resort Syariah
Le Desa Resort Syariah, Wonosobo (sumber: instagram.com/ledesawonoland/)
LokasiJl. Suparjo Rustam No.KM 5, Binangun, Andongsili, Kec. Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Waktu check in: 14.00
Waktu check out: 12.00
Harga paket glampingMulai dari Rp600.000/malam
Biaya parkirGratis
Telepon08112828798
Daya tarik wisataResor, kolam renang, Wonoland, ATV
Rute dari Wonosobo17 min (8.1 km) via Jl. Lkr. Utara (Cek rute di Google Maps )
Rating tempat glamping4,5/5 dari 77 ulasan Google

Buat yang sedang mencari tempat staycation untuk keluarga. Le Desa Resort Syariah sangat direkomendasikan. Akomodasi ini menawarkan penginapan dengan konsep rumah joglo untuk masing-masing kamar.

Setidaknya ada tiga tipe kamar yang disediakan, yaitu cottage, standard twin, dan superior double. Resor ini juga menyediakan kolam renang yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Dengan menginap di tempat ini, kamu bisa merasakan suasana pedesaan yang sangat menenangkan. Apalagi hawanya sejuk dan suasananya masih sangat asri. Cocok bagi pendatang dari kota-kota besar yang sudah lelah dengan hiruk pikuk perkotaan.

Lokasinya sendiri cukup strategis karena masih berada di tengah kota. Jadi, untuk menuju ke sini terbilang mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, Le Desa Syariah juga menyediakan beragam fasilitas di sekitar penginapan, seperti Wi-Fi gratis, area parkir yang luas, hingga sarapan. Oya, untuk menu sarapan di sini terbilang unik karena kamu akan mendapatkan makanan khas Wonosobo. Salah satu hidangan yang biasa disediakan untuk sarapan adalah nasi megono.

Ketika menginap di sini, kamu juga bisa jalan-jalan untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Jangan lupa juga mampir ke Wonoland. Bagi yang menginap di Le Desa Syariah bisa masuk ke taman rekreasi ini secara gratis. Hanya saja jika ingin menikmati wahananya, pengunjung perlu membayar lagi.

5. The Moby Park

Glamping Wonosobo The Moby Park
The Moby Park, Wonosobo (sumber: instagram.com/themobypark/)
LokasiBlembelm, Kaliurip, Damarkasiyan, Kec. Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket glampingPaket camping: Rp45.000/orang
Glamping: Mulai dari Rp500.000/unit
Biaya parkirSepeda motor: Rp2.000
Mobil: Rp5.000
Telepon085293609668
Daya tarik wisataRestoran, spot foto, hiking
Rute dari Wonosobo33 min (14.5 km) via Jl. Dieng (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat glamping4,5/5 dari 62 ulasan Google

The Moby Park adalah sebuah restoran yang menyediakan camping area. Setidaknya, terdapat tiga unit glamping dengan tarif sewa mulai Rp345.000,00/unit.

Tak hanya itu saja, buat yang ingin menghemat bujet, ada paket hemat yang bisa digunakan. Di area ini terdapat tiga paket camping dengan harga mulai Rp45.000,00/orang.

The Moby Park merupakan opsi terbaik untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga. Terlebih lagi akomodasi ini jadi satu dengan restoran yang nyaman dengan konsep semi outdoor.

Tempatnya sendiri berada di kawasan kebun teh dan sayur. Udara di sini sangat segar dan sejuk khas pegunungan karena letaknya berada di lereng Gunung Sindoro dengan ketinggian sekitar 1.550 mdpl.

Kalau punya banyak waktu dan tenaga yang prima, sembari staycation kamu juga bisa melakukan hiking di Gunung Cilik. Gunung ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari lokasi glamping.

Itulah dia 5 rekomendasi tempat glamping terbaik yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Buat yang mendamba hawa sejuk dan suasana asri khas pegunungan, berlibur ke Wonosobo adalah pilihan yang sangat tepat. Apalagi dengan aktivitas glamping yang tidak biasa, tentu membuat pengalaman liburan menjadi semakin seru dan tak terlupakan. Dari kelima rekomendasi di atas, mana, nih, yang menarik perhatianmu untuk dikunjungi?

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar