10 Tempat Camping Terbaik di Sekitar Jakarta yang Lagi Hits (2022)

Merasa jenuh menjalani hari di Jakarta? Ibukota memang tempat yang begitu sibuk. Tanpa kamu sadari, kemacetan, beban kerja, dan modernitas mengonsumsi kebahagiaanmu. Sehingga, pada beberapa titik di hidupmu, kamu harus rehat sejenak untuk menyegarkan pikiran.

Nah, camping bisa menjadi opsi untuk melarikan diri dari rasa jenuh dan lelah di Jakarta. Kira-kira, mana tempat berkemah yang paling tepat buatmu? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik dekat Jakarta:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. The Highland Park Resort Hotel Bogor

Tempat Camping Di Jakarta The Highland Park Resort Hotel Bogor
The Highland Park Resort Hotel Bogor (sumber: instagram.com/tour_atacorp/)
LokasiJl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataPaket Apache Camp: Rp1.340.000,00
Paket Standard Camp: Rp1.460.000,00
Telepon(0251) 8485777 Reservasi via WA: 08558132999  
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta1 jam 15 menit (67.8 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingWaterboom, playground, educamp, air terjun, panahan

Begitu sejuk udara yang akan menyambutmu di gerbang The Highland Park Resort. Terletak di kaki Gunung Salak, The Highland Park Resort Hotel Bogor menawarkan fasilitas perkemahan mewah alias resort-glamping.

Tempat ini cocok untuk kamu yang menginginkan ketenangan dan fasilitas premium.  Pengelola sendiri menyediakan beberapa pilihan tenda yang bisa disesuaikan dengan jumlah penginap. Yang pertama, Apache Camp untuk 3 orang.

Kemudian, Standard Camp yang dapat memuat hingga 5 orang. Tenda-tenda Apache Camp terasa begitu mewah dengan hiasan tirai pada bagian dalam.

Di perkemahan mewah nan asri ini, kamu juga dapat menikmati berbagai macam fasilitas premium, lho! Apa saja? Ini dia:

  • Breakfast, lunch, dan dinner.
  • Driving range 25 balls.
  • Panahan.
  • Wifi.
  • Play grounds.
  • Minuman selamat datang.
  • Waterboom keluarga.
  • Golf.
  • Horse riding.
  • Edu camp.
  • Air terjun.

Bagian dalam tenda terasa mewah dengan penataan kelambu tempat tidur yang cantik dan tirai yang berwarna senada. Penerangannya pun cantik dan temaram. Tak mengherankan apabila ada banyak pasangan yang senang menghabiskan waktu di sana.

Tidak ada salahnya pergi sejenak dari Jakarta dan mencoba kemewahan yang sunyi di sini! Reservasi sekarang juga agar kamu tidak kehabisan tempat, ya.

2. Curug Cipamingkis

Tempat Camping Di Jakarta Curug Cipamingkis
Curug Cipamingkis (sumber: instagram.com/windaangrn/)
LokasiWargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataWisatawan Nusantara: Rp25.000,00
Wisatawan Mancanegara: Rp50.000,00
Sewa lahan camping ground: Rp25.000,00/orang
Telepon0812-8907-4297
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta2 jam 8 menit (70.4 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingWarung, perkemahan

Curug Cipamingkis adalah lokasi wisata yang strategis dan mudah dijangkau, baik dari Bogor mau pun Jakarta. Kecantikannya sudah tersohor di mana-mana. Maka, tak heran jika pada akhir minggu, tempat ini ramai akan pengunjung. Terlebih lagi, terdapat mitos bahwa para lajang yang mandi di sana akan lekas mendapatkan jodoh.

Percaya atau tidak, keindahan Curug Cipamingkis memang sayang sekali untuk dilewatkan. Berendam di tengah guyuran air terjun setinggi 10-15 meter adalah relaksasi terbaik untuk melepas penat. Sembari berendam, matamu pun akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun.

Selain bermain air dan swafoto, kamu juga bisa berkemah, lho, di sana.  Newbie dalam kegiatan ini? Tidak perlu khawatir! Selain aman dan mudah dituju, di dekatnya juga banyak tersedia warung makanan. Sehingga, kamu tidak perlu takut bakal kelaparan, deh, di sana. Mau masak sendiri? Tinggal minta air panas dari penjual di warung!

Curug Cipamingkis adalah opsi terbaik liburan nyaman dan murah meriah. Saat berkemah, kamu juga bisa memarkir kendaraan tepat di sebelah tenda. Praktis, kan?

3. Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Tempat Camping Di Jakarta Mandalawangi Cibodas Camping Ground
Mandalawangi Cibodas Camping Ground (sumber: instagram.com/mandalawangi_camping_ground/)
LokasiKomplek Pasar Lapang Mandalawangi Samping Gedung TNGGP, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat  (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataPaket Ekonomis: Rp200.000,00
Paket Hemat: Rp250.000,00
Paket Komplit : Rp300.000,00
Telepon0818430794  
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta1 jam 42 menit (91.0 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingAir terjun, plat ground, sungai kecil, sewa tenda

Keindahan Lembah Mandalawangi memang tak perlu diragukan lagi. Di atasnya tumbuh berbagai pepohonan rindang dan flora-flora cantik lainnya. Karena keindahannya itulah, maka Mandalawangi kini menjadi bumi perkemahan untuk berbagai kalangan.

Dari camping ground, kamu bisa melihat deretan perbukitan yang memeluk lembah. Pada saat matahari terbit dan terbenam, pemandangan akan semakin cantik bak potongan dari surga. Sinar mentari membuat bukit-bukit berwarna keemasan.

Camping ground Mandalawangi memiliki berbagai fasilitas, mulai dari play ground, air terjun, sungai kecil, sampai dengan persewaan tenda. Terdapat beberapa paket persewaan yang disediakan oleh pengelola camping ground:

  • Paket Ekonomis: peralatan berkemah, makan, keamanan, toilet, penerang, matras.
  • Paket Hemat: fasilitas di atas, ditambah tiket air terjun.
  • Paket Komplit: fasilitas lengkap, termasuk kasur, bantal, dan selimut.

Bangun tidur disambut dengan perbukitan hijau dan sungai yang jernih, tampaknya seperti sebuah mimpi indah. Namun, kamu tidak bermimpi saat mengalaminya di Mandalawangi. Tertarik untuk merasakan sejenak kehidupan surgawi? Yuk, ke sini bersama keluarga dan teman-teman!

4. Agrowisata Gunung Mas

Tempat Camping Di Jakarta Agrowisata Gunung Mas
Area camping di Agrowisata Gunung Mas
LokasiPuncak Rd No.KM. 87, South Tugu, Cisarua, Bogor, Jawa Barat  (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-17.00 WIB
Harga paket wisataKolam renang: Rp5.000,00
Pemandu pabrik: Rp20.000,00-Rp40.000,00
Masuk pabrik: Rp3.000,00 (dewasa), Rp2.000,00 (pelajar), Rp7.500,00 (turis asing)
ATV: Rp50.000,00-Rp100.000,00
Penginapan: Rp450.000,00-Rp1,8 juta (harga berbeda tergantung jenis penginapan dan waktu)
Telepon(0225)18252501  
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta1 jam 19 menit (76.7 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingWisata kebun teh, camping, ATV, paralayang, berenang, menginap

Kebun teh kerap menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung. Suasana di kebun teh begitu menenangkan. Aromanya wangi alami. Selain itu, teh juga tumbuh di dataran tinggi yang sejuk.

Liburan ke kebun teh juga dapat menjadi opsi yang menarik dan edukatif. Salah satu tempat yang bisa kamu lirik adalah Agrowisata Gunung Mas.

Agrowisata Gunung Mas bukan kebuh teh biasa. Lebih daripada itu, ia merupakan kebun teh dengan tur perkebunan berfasilitas lengkap. Di sana, wisatawan dapat merasakan berbagai hal yang spesial. Contohnya seperti cicip rasa teh, paralayang (musiman), menjelajah dengan ATV, hingga berkemah.

Saat melakukan tea walk, kamu bisa merasakan sejuknya udara dan keindahan hamparan perkebunan. Kamu juga akan ditemani oleh tour guide. Ia akan memandu kamu untuk mempelajari proses pemetikan teh hingga siap untuk dibawa ke pabrik. Kendati jaraknya cukup jauh, tetapi kelelahanmu akan terbayar oleh pengetahuan baru dan indahnya pemandangan.

Masih kurang? Kamu bisa berkemah di tengah area kebun teh, lho! Pengelola menyediakan beberapa fasilitas berkemah. Atau, kamu bisa menjajal penginapan yang premium. Bayangkan betapa damainya melewati malam di tengah kebun teh yang asri dan harum. Hamparan langit berbintang tanpa polusi pun memelukmu dari atas.

Pagi harinya, kamu bisa berenang di Kolam Renang Tirta Mas. Kolam renang ini unik karena dikelilingi perbukitan dan airnya hangat! Fasilitas ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melemaskan otot-otot. Jadi, saat pulang dari berlibur, badanmu pun akan kembali segar.

5. Villa Bukit Hambalang

Tempat Camping Di Jakarta Villa Bukit Hambalang
Camping ground di Villa Bukit Hambalang
LokasiHambalang, Citeureup, Bogor, Jawa Barat  (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-17.00 WIB
Harga paket wisataOne day trip: Rp135.000,00-Rp145.000,00
Paket menginap: Rp235.000,00-Rp265.000,00
Telepon0816-3225-9555  
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta56 menit (52.6 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingMenginap, outbound, rafting, berkemah

Villa Bukit Hambalang adalah tempat favorit untuk family gathering atau outing kantor. Lokasinya ada di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Tidak jauh dari sana, terdapat beberapa tempat wisata favorit keluarga, seperti:

  • JungleLand Adventure (sekitar 4 km).
  • ForesThree (sekitar 9 km).
  • Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Di Villa Bukit Hambalang, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan. Penginap bisa melakukan outbound di tengah lahan yang luas dengan udara pegunungan yang segar. Kamu juga bisa mengikuti wisata agro, rafting, dan juga berkemah di sana! Tenang saja, pengelola akan mempersiapkan peralatan yang bisa kamu sewa.

Kamu bisa menginap dengan dua cara. Yang pertama, dengan berkemah. Yang kedua, menginap di kamar vila dengan fasilitas premium. Harganya tentu beda. Namun, baik di vila mau pun di tenda, kamu tetap mendapatkan pengalaman yang menarik. View di Bukit Hambalang sangat cantik. Udaranya segar. Selain itu, semua pengunjung juga dapat berenang di kolam Bukit Hambalang yang terkenal segar dan bersih.

6. Gunung Geulis Camp Area (GGCA)

Tempat Camping Di Jakarta Gunung Geulis Camp Area Ggca
Gunung Geulis Camp Area (GGCA) (sumber: instagram.com/gunung_geulis_camp_area/)
LokasiJl.Bukit Pelangi, Desa No.2, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataTeam Building: Rp363.000,00
Family Gathering: Rp290.000,00
Outbond: Rp175.000,00
Telepon(0251) 8294806  
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta1 jam 5 menit (62.9 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingRafting, berkemah, menginap di cottage, outbound

Keindahan GGCA alias Gunung Geulis Camp Area memang tak perlu diragukan lagi. Bak negeri di atas awan, GGCA menawarkan begitu banyak pemandangan indah.

Dari sana, kamu bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang tertutup kabut. Pada saat matahari terbit, kabut dan gunung-gunung itu seperti sepuhan emas. Sungguh sebuah keindahan alami yang berharga.

Keindahan itu disempurnakan dengan fasilitas yang diberikan pengelola. Sehingga, baik pencinta alam mau pun wisatawan awam, semua bisa menikmati waktu di GGCA. Terdapat beberapa program yang membuat liburan menjadi lebih bermakna. Program-program itu antara lain adalah:

  • Family camp.
  • Rafting.
  • Bermalam di cottage.
  • Camping.
  • Outbound.
  • Survival skills.

Baik menginap di cottage maupun menginap di tenda, keduanya memiliki pesona masing-masing kotak yang disediakan oleh GGCA sangat nyaman dan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Sementara itu, camping ground-nya pun cantik dan juga cocok untuk pemula.

GGCA juga dekat dengan berbagai lokasi wisata seperti misalnya Taman Safari Indonesia dan Cimory Riverside. Jadi, sembari menginap di sana, kamu juga bisa menjelajahi berbagai tempat wisata menarik.

7. Curug Ciputri Tenjolaya

Tempat Camping Di Jakarta Curug Ciputri Tenjolaya
Curug Ciputri Tenjolaya (sumber: instagram.com/dininurulsy/)
LokasiTapos I, Tenjolaya, Bogor, West Java (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataTiket masuk: Rp15.000,00
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta1 jam 42 menit (75.7 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus, trekking, camping ground

Objek wisata utama yang bisa kamu nikmati di sini tentu saja pemandangan air terjun. Dengan ketinggian 30 meter, air terjun yang mengalir ke kolamnya cukup deras dan juga segar. Walaupun kolam air terjun  tidak terlalu besar, tetapi sangat nyaman digunakan untuk berendam.

Selain menikmati pesona air terjun tinggi yang dikelilingi oleh perbukitan, kamu juga bisa berkemah di sana, lho. Lokasi camping ground di Curug Ciputri Tenjolaya berada di tengah hutan pinus.

Jadi, udaranya sangat sejuk. Pemandangan pinus-pinus yang mengelilinginya pun sangat artistik. Pada siang hari, udara tidak begitu  panas karena cahaya matahari terhalang oleh pohon pinus yang berukuran tinggi ini.

Lokasi camping ground cenderung aman dan juga mudah untuk dijangkau. Dari tempat parkir ke lokasi perkemahan, kamu bisa melakukan trekking alias jalan sedikit mendaki. Aktivitas ini cukup menyehatkan dan juga cocok untuk kamu yang ingin berlatih mendaki gunung.

Mengingat lokasi tempat ini ada di kaki Gunung Salak, sudah terbayang bukan keindahannya? Tanaman-tanaman tubuh begitu subur. Pemandangan puncak gunung pun bisa terlihat jelas dari sini.

8. Hutan Pinus Gunung Pancar Camp Outbound

Tempat Camping Di Jakarta Hutan Pinus Gunung Pancar Camp Outbound
Area camping di Hutan Pinus Gunung Pancar
LokasiJl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataCamping perorangan non-tenda : Rp100.000,00
Camping ceria: Rp160.000,00
Paket Super Camp:Rp350.000,00
Pancar Camp: Rp265.000,00
Fun Outbound Camp: Rp350.000,00
Telepon+6285780331638  
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta1 jam 4 menit (59.0 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus, trekking, camping ground, outbound, berkuda

Hutan Pinus Gunung Pancar Camp memiliki lokasi yang strategis. Letaknya tak jauh dari Sentul. Area parkirnya luas. Selain itu, fasilitasnya pun cukup lengkap.

Di Gunung Pancar, kamu dapat menikmati beberapa fasilitas. Contohnya seperti berkuda trekking, outbound, dan juga berkemah. Di antara pohon pinus, aktivitas berkemah terasa lebih menyenangkan dan juga damai.

Medannya cukup ramah untuk para pemula. Karak antara area parkir dan lokasi berkemah tidak jauh dan tidak sulit untuk dituju. Selain itu, hutan pinus Gunung Pancar juga dekat dengan banyak tempat-tempat menarik. Contohnya seperti Pasar Ah Poong. Di pasar ini ada begitu banyak tempat makan yang seolah mengapung di atas air.

Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan, mulai dari kemah perseorangan sampai outbound. Bahkan, ada pula paket prewedding yang dibanderol dengan harga terjangkau. Animo masyarakat akan wisata Gunung Pancar ini cukup besar. Sehingga untuk bisa memesannya, kamu wajib booking jauh-jauh hari.

9. Richie The Farmer

Tempat Camping Di Jakarta Richie The Farmer
Camping ground di Richie The Farmer
LokasiCijayanti, Babakan Madang, Bogor Regency, West Java (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-17.00 WIB
Harga paket wisataRichi2 House 1 Rp3,5 juta/malam
Richie house 2 Rp5 juta/malam
Richie house 3 Rp5 juta/malam
Student Stay Rp195.000,00
Student training Rp325.000,00
Camping ground Rp25.000
Telepon0812-8500-8286  
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta1 jam 7 menit (59.7 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingCottage, perkemahan, restoran, kolam renang

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta dan punya hanya punya sedikit waktu untuk berlibur, Richie The Farmer bisa menjadi pilihan menarik. Dari Jakarta, waktu tempuhnya hanya sekitar 60 kilometer.

Hidden gems yang satu ini sangat cantik. Dari sana, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Salak yang tertutup kabut. View ini bahkan bisa kamu nikmati sambil berendam di kolam. Di atasnya, menggantung lampu-lampu hias yang nyalanya cerah saat malam tiba.

Richie The Farmer menyediakan dua jenis penginapan. Yang pertama adalah cottage dan yang kedua adalah perkemahan. Cottage-nya bahkan dilengkapi dengan kamar-kamar dan juga dapur. Dengan fasilitas ini, Richie The Farmer amat cocok untuk family gathering dan outing kantor.

Hal lain yang dapat kamu nikmati di sini adalah restorannya. Restoran Richie The Farmer begitu estetik dengan kaca-kaca yang besar. Sinar matahari begitu mudah untuk masuk dan kamu bisa melihat pemandangan pegunungan.

10. Bukit Alesano

Tempat Camping Di Jakarta Bukit Alesano
Area camping di Bukit Alesano (sumber: instagram.com/exploregunungg/)
LokasiCijeruk, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataSewa camping ground: Rp25.000,00
Telepon0 858-6291-5435  
Rute menuju tempat wisata dari Jakarta1 jam 20 menit (74.6 km) via Jl. Tol Jagorawi
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingBukit pandang, lokasi berkemah

Dari Bukit Alesano, kota Bogor terlihat seperti hamparan berlian. Ya, berada di tempat yang tinggi, inilah lokasi yang tepat untuk melihat pemandangan kota Bogor.

Bukit Alesano indah dinikmati baik pada pagi mau pun malam hari. Pada pagi hari, sinar mentari menyinari rerumputan, membuatnya terlihat cantik. Gunung-gunung pun terlihat jelas.

Sementara itu, di malam hari, kamu dapat melihat kesibukan kota Bogor yang dipeluk oleh pegunungan. Sambil menikmatinya, kamu bisa mendirikan tenda. Pengelola menyediakan camping ground dengan harga Rp15.000,00. Kamu pun dapat menyewa tenda jika tidak membawa tenda sendiri.

Tempat-tempat berkemah yang berada di daerah Bogor ini mudah untuk diakses jika kamu berada di Jakarta. Selain itu, berkebalikan dengan Jakarta, udaranya pun sangat sejuk. Ada saat-saat di mana kamu harus memanjakan diri. Dan, menginap di alam bebas adalah salah satu solusinya. Jadi, tunggu apa lagi? Kamu berhak melepas penat dan menemukan dirimu kembali dengan mencoba wisata berkemah!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar