5 Tempat Camping Terindah di Dieng yang Lagi Hits (2022)

Camping di Dieng bisa memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Pergi camping di Dieng adalah cara berbeda untuk menikmati alam. Sebab, kamu ikut berada di sana, mulai hari terang hingga petang, saat alam di kawasan Dieng tidur dan terbangun.

Kenapa harus coba camping di Dieng? Karena Dieng merupakan dataran tinggi dengan banyak camping ground keren. Ada area camping ground di pinggir danau, di hutan hingga di atas bukit. Penasaran? Berikut 5 rekomendasi tempat camping terbaik di Dieng:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Bukit Sikunir Dieng

Tempat Camping Di Dieng Bukit Sikunir Dieng
Bukit Sikunir Dieng (sumber: instagram.com/etalasedieng/)
LokasiKebun & Hutan, Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 02.00-18.00
Harga paket campingMulai dari Rp100.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Dieng21 menit (5,3 km) lewat Jl. Sembungan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingGolden sunrise, terasering lahan pertanian, telaga di tengah gunung, aktivitas pertanian

Untuk menuju Bukit Sikunir, akses jalan bagus beraspal. Namun, jalannya berbelok-belok terus naik sampai di bukit. Di perjalanan, kamu bisa melihat pemandangan terasering lahan pertanian yang hijau.

Tidak ada akses kendaraan sampai ke puncak Sikunir. Kendaraan kamu bisa sampai di tepi Telaga Cebong di kaki bukit. Kamu bisa naik motor, mobil, hingga bus. Biasanya, orang-orang parkir di parkiran.

Dari parkiran, perlu jalan sedikit saja ke tempat camping. Area camping luas. Namun, areanya berada di pinggir Telaga Cebong. Tempat camping ini sekaligus merupakan basecamp untuk mendaki ke puncak Bukit Sikunir.

Area camping di pinggir telaga ini bisa muat banyak tenda. Banyak pengunjung yang camping di sini, dengan posisi tenda-tenda berjajar di tepi telaga. Untuk perlengkapan camping, kamu bisa bawa sendiri atau sewa.

Tempat Camping Di Dieng Telaga Cebong
Telaga cebong, Dieng (sumber: instagram.com/boyramdhani/)

Di sini, pengunjung camping datang, tidak lain untuk mendaki ke puncak bukit. Khususnya, pengunjung ingin melihat pemandangan golden sunrise. Saat mendaki, sudah disediakan tangga dan ada tiga pos pendakian. Di setiap pos tersebut, ada kamar mandi dan musala.

Sampai di puncak saat sunrise, kamu akan melihat sinar matahari berwarna jingga keemasan. Lalu, ada lautan awan. Ada pucuk-pucuk bukit dan gunung menyembul di antara awan tersebut. Kamu dapat melihat Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu. Pemandangannya sangat menawan.

Sementara, kalau di tempat camping di basecamp, sudah ada fasilitas toilet dan kamar mandi. Kemudian, naik sedikit ke Bukit Sikunir, ada banyak warung penjual makanan dan minuman.

Omong-omong, jika mendaki, perlu diperhatikan saat mengajak anak kecil dan lansia. Medannya termasuk berat meskipun sudah ada tangga dan jalur pendakian. Suhu udara juga dingin, bisa mencapai minus 6 derajat Celsius. Namun, tempat camping ini cocok untuk keluarga, teman, pasangan, rombongan sekolah hingga kantor.

2. Dieng Plateau

Tempat Camping Di Dieng Dieng Plateau
Dieng Plateau (sumber: Salt Out Fire)
LokasiBakal Buntu, Bakal, Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp500.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Dieng13 menit (4,3 km) lewat Jl. Dieng/Jl. Raya Wanayasa- Dieng dan Jl. Telaga Warna
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingKawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Kawah Sileri, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Gunung Prau, Bukit Sikunir, Kawasan candi, Gardu Pandang Tieng

Dieng Plateau pada dasarnya memiliki banyak spot camping. Namun, jika memilih camping di lokasi yang disebut Dieng Plateau, biasanya camper mendirikan tenda di atas bukit. Dengan area camping yang tidak berada di pinggir danaunya. Di sekeliling area camping ini, terlihat pemandangan terasering.

Area camping juga tidak terlalu luas dan muat beberapa tenda saja. Kamu bisa melihat pemandangan jajaran gunung yang semuanya benar-benar hijau. Jadi, dengan view di sini, kamu tidak akan melihat danau.

Untuk camping di Dieng Plateau, biasanya pengunjung membawa tenda sendiri beserta perlengkapan camping lainnya. Di tempat camping yang cenderung sepi dan hidden gem ini, fasilitas umum belum lengkap. Jadi, kamu juga dapat membawa lengkap air, makanan dan minuman.

Para campers biasanya suka menikmati pemandangan yang segar di sini. Lalu, saat malam memasak makanan dan membuat barbeque. Tidak lupa melihat sunrise saat pagi datang.

Oh iya, kendaraan juga tidak dapat sampai di area camping. Kamu bisa parkir kendaraan di parkiran. Lalu, nanti berjalan ke area camping. Omong-omong, tempat camping ini juga ideal untuk melihat langit malam bertabur bintang atau milky way. Terakhir, tempat camping ini cocok untuk solo camping, atau bersama teman, keluarga, pasangan, yang menyukai suasana tenang dan syahdu.

3. Gunung Prau

Tempat Camping Di Dieng Gunung Prau
Gunung Prau, Dieng (sumber: instagram.com/pendakita_/)
LokasiBakulan, Dieng, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang untuk registrasi pendakian
Telepon0822-2677-4823
Rute menuju lokasi camping dari Dieng3 menit (650,0 m) lewat Jl. Watu Lembu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingGolden sunrise terbaik se-Asia Tenggara, pemandangan Telaga Warna, padang bunga daisy

Gunung Prau merupakan destinasi favorit untuk camping. Khususnya untuk kamu yang suka mendaki lalu camping di puncak gunung. Sebelum mendaki, kamu registrasi dahulu dengan membayar di loket masuk. Kendaraan bisa sampai di tempat dekat loket saja. Lalu, kamu akan mendaki sampai ke sunrise camp Gunung Prau. Bagi pendaki pemula, kamu wajib mempelajari jalur pendakian Gunung Prau sebelum mendaki dan camping di puncak Prau.

Medan pendakian memang sangat menanjak tapi tidak begitu ekstrem. Perjalanan mendaki ke puncak perlu waktu sekitar 2-3 jam. Pemandangan di area camping sangat, sangat indah. Khususnya sunset di puncak Prau. Sunset ini posisinya berada di sisi barat gunung.

Saat sunset, terlihat sinar matahari yang tenggelam semburat jingga di balik gunung, menyinari langit biru cerah. Lalu, ada lautan awan di sekeliling puncak Gunung Prau. Semua ini terlihat dari tempat camping kamu. Area camping cukup luas dan muat banyak tenda. Biasanya, pengunjung yang camping membawa perlengkapan sendiri, bisa juga sewa.

Untuk area camping berupa dataran tanah yang luas menghampar. Di sekelilingnya ada banyak pohon dan tanaman dan rerumputan hijau. Di area camping belum ada fasilitas umum, kondisinya masih alam bebas.

Pengunjung yang camping biasanya suka menikmati panorama gunung, sekaligus berfoto. Selain sunset, para pengunjung juga memburu sunrise di sini. Gunung Prau sangat nyaman dengan suasana yang menyenangkan. Tempat camping di sini cocok untuk kamu sendiri, bersama teman, keluarga, pasangan, dan siapa saja.

4. Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng

Tempat Camping Di Dieng Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng
Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng, Dieng
LokasiDieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000 untuk harga tiket masuk
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Dieng5 menit (1,5 km) lewat Jl. Telaga Warna dan Jl. Kawah Sikidang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSunrise dan sunset, taburan bintang milky way, pemandangan Telaga Warna

Di tempat camping ini, sekarang ada tempat wisata baru yang bernama Dieng Park. Sementara, untuk masuk ke lokasi camping, ada biaya tiket Rp5.000/orang dan anak di bawah 7 tahun gratis. Lalu, biaya parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp3.000. Kemudian, untuk camping Rp10.000/orang.

Fasilitas wisata sudah lengkap, tapi di area taman dan tempat parkir saja. Ada lahan parkir cukup luas untuk mobil dan motor. Ada juga kamar mandi dan toilet, serta taman playground.

Untuk menuju tempat camping di Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng, kamu perlu mendaki. Dari loket masuk, kamu perlu mendaki sekitar 10-15 menit untuk sampai di puncak bukit tempat camping.

Sudah ada jalur trekking untuk mendaki ke puncak. Pengunjung yang camping, biasanya memilih mendaki saat sore menjelang petang. Jalur trekking termasuk mudah. Perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai puncak bukit.

Kemudian, kamu bisa mendirikan tenda di area camping. Area camping-nya luas dan muat sejumlah tenda. Areanya berupa rerumputan hijau dan ada pepohonan di sekelilingnya. Selain itu, fasilitas umum belum tersedia lengkap, karena di sini masih berupa alam bebas. Akan tetapi, pemandangannya memesona.

Tempat Camping Di Dieng Bukit Sidengkeng
Bukit Sidengkeng, Dieng (sumber: instagram.com/diengpark_dieng_forest_park/)

Kamu berada di puncak bukit yang dikelilingi perbukitan hijau. Kemudian, terlihat permukiman di kejauhan. Lalu, ada awan putih mengapung di sekitar area camping. Kamu juga akan melihat Telaga Warna, Telaga Pengilon, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau dari tempat camping-mu. Sangat, sangat indah.

Selain itu, ada ayunan, gazebo, dan spot foto. Kalau untuk perlengkapan camping, kamu bisa bawa sendiri atau sewa. Pengunjung suka melihat sunrise, sunset, dan berfoto. Tempat camping ini cocok untuk kamu dan keluarga, teman, pasangan.

5. Bukit Scooter Dieng

Tempat Camping Di Dieng Bukit Scooter
Bukit Scooter, Dieng (sumber: instagram.com/agung_asu15/)
LokasiSimpangan, Dieng, Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-17.00
Harga paket campingRp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Dieng12 menit (3,4 km) lewat Jl. Kawah Sikidang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPanorama dari ketinggian, sunrise dan sunset

Kalau ke Bukit Scooter Dieng, jalannya berupa tanjakan yang terjal dan curam. Dari bawah sampai ke atas sedikit jauh, jalan sudah berupa cor-coran. Lalu, semakin ke atas mendekati puncak bukit, jalannya masih berupa batuan. Kamu akan sampai di parkiran motor, lalu parkirlah kendaraan di sini. Nanti, kamu akan berjalan ke Bukit Scooter di atas, perjalanannya sekitar 3 menit saja.

Untuk kendaraan yang bisa sampai di bukit di atas, hanya sepeda motor saja, dan cuma sampai parkiran. Setelah kamu berjalan sedikit dari parkiran, kamu akan sampai di puncak bukit. Di sinilah area camping berada. Area camping ini terbilang kecil, muat sampai sekitar 5 tenda saja.

Areanya ditumbuhi rerumputan yang hijau. Ada sejumlah pohon dan tanaman hijau juga di sekitarnya. Dari atas bukit ini, terlihat pemandangan permukiman dari ketinggian. Lalu, di sekelilingnya, ada lahan pertanian dan kebun milik warga. Juga terlihat pemandangan Gunung Sindoro. Lalu, ada pemandangan perbukitan hijau di sekeliling. Semua terlihat segar.

Untuk fasilitas, belum tersedia lengkap di sini. Di samping itu, Bukit Scooter sebenarnya belum dikelola sebagai tempat wisata umum. Namun, ada sebuah kolam yang tidak dipakai, gardu pandang, serta bangku-bangku tempat duduk di tempat camping.

Biasanya pengunjung membawa perlengkapan camping sendiri. Selain itu, aktivitas yang disuka pengunjung saat camping adalah melihat pemandangan. Mengamati sunrise dan sunset juga terasa indah di sini. Tempat camping yang humble ini cocok untuk camping bersama teman-teman, pasangan, dan keluarga.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Dieng. Secara pribadi, kami paling suka dengan Bukit Scooter Dieng, yang terasa sederhana dan humble. Namun, di bukit ini ada nuansa seperti nostalgia, damai sekaligus menyenangkan. Selain itu, tempat camping-nya yang terbatas akan membuatmu merasa spesial. Bagaimana dengan kamu, kira-kira yang manakah spot camping favoritmu di Dieng? Share di kolom komentar, ya!

Tinggalkan komentar