10 Pantai Indah di Pesawaran, Destinasi Terdekat yang Memesona

Ingin tahu destinasi pantai terbaik di Pesawaran? Kami punya rekomendasi 10 pantai indah yang nggak hanya menawarkan keindahan alam, tapi juga keseruan berbagai aktivitas. Yuk, simak ulasan kami dan rencanakan liburan seru kamu sekarang!

1. Pantai Sari Ringgung

Pantai Di Pesawaran Pantai Sari Ringgung
Pantai Sari Ringgung, Pesawaran (sumber: instagram.com/mayah_rissita/
LokasiJl. Way Ratai No.KM. 14, Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Daya tarik pantaiNaik perahu, masjid terapung, kano, banana boat, speed boat, snorkeling, wahana air tumpah, waterboom di tengah laut, Bukit Puncak Indah, pasir timbul
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran1 jam 19 menit (37,7 km) melalui Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,3/5.0 dari 7.525 ulasan Google

Pantai Sari Ringgung memiliki panorama yang sangat, sangat eksotis. Pantai ini sangat indah dengan pasir putih dan ada sebagian tepi pantainya yang berupa batuan. Air lautnya sangat jernih dengan warna hijau kebiruan dan terlihat karang di dasar laut. Tidak hanya itu saja, ada atraksi lengkap di sini.

Terdapat pondok gazebo di sepanjang garis pantai yang bisa kamu sewa. Selain itu, kamu bisa menikmati fasilitas olahraga air. Mulai dari naik kano, banana boat, speed boat, sampai ada waterboom di tengah laut. Seru banget, ya.

Selain itu, ada daya tarik yang begitu unik, yaitu masjid terapung Al Aminah. Kamu bisa menjadikannya wisata religi. Perlu diketahui kalau masjid ini bisa sewaktu-waktu bergerak mengikuti arah gelombang. Tenang saja, hal tersebut sudah biasa, kok.

Nah, lebih baik kamu menikmati spot asyik lainnya di Pantai Sari Ringgung. Ada pasir timbul yang berada tidak jauh dari pantai. Kamu bisa naik perahu kecil selama 15-25 menit untuk sampai di pasir timbul tersebut. Pesona alamnya membuatnya instagrammable, cocok dijadikan tempat berfoto-foto.

Di samping itu, masih ada lagi atraksi lainnya, yaitu bukit Puncak Indah. Di puncak bukit, kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Sari Ringgung dari ketinggian. Bukit ini pun cukup tinggi, tapi sudah tersedia anak tangga buat pengunjung yang ingin naik ke atas. Jadi, di pantai ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan perbukitan dari pantainya.

Kalau ke Pantai Sari Ringgung, kamu bisa datang bersama seluruh keluarga karena paling seru. Bisa juga mengajak teman-teman atau pasangan kemari.

2. Pantai Mutun

Pantai Di Pesawaran Pantai Mutun
Pantai Mutun, Pesawaran (sumber: instagram.com/pantaimutun.ms/)
LokasiSukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)HTM: Rp10.000/orang
Bus Besar: Rp200.000/bus besar
Bus Kecil: Rp150.000/bus kecil
Bus travel: Rp100.000/bus travel
Truk: Rp100.000/truk
Angkuran umum: Rp75.000/angkutan umum
Daya tarik pantaiTerumbu karang, snorkeling, scuba diving, penyewaan ban, sewa kapal atau perahu untuk keliling pulau
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran1 jam 6 menit (32,0 km) lewat Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,2/5.0 dari 4.847 ulasan Google

Pantai Mutun menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Bahkan disediakan tempat vaksin di dekat pintu masuk. Sementara, untuk pantainya sendiri memiliki pemandangan sangat cantik. Pasirnya putih dengan air yang sangat bening.

Air lautnya bening kehijauan sampai terlihat pasir di dasar laut. Ombaknya pun tenang. Jadi, pengunjung, terutama anak-anak, sangat suka berenang dan bermain air.

Sementara, di sini juga disewakan pondok atau gazebo. Ada gazebo biasa sampai yang ukurannya lebih besar sekaligus bertingkat. Dengan pemandangan yang indah, pantai ini sangat ramai.

Pinggir pantainya dipenuhi gazebo yang berderet. Kemudian, ada juga tikar disewakan untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk di atas pasir. Lalu, ada penyewaan ban untuk dewasa dan anak-anak. Tersedia juga ban bebek berwarna kuning untuk si kecil.

Semuanya memenuhi hamparan pasir di pinggir pantai. Selain itu, Pantai Mutun juga biasa ramai dikunjungi, khususnya saat liburan. Jadi, suasana di sini benar-benar ramai, dipadati oleh pengunjung. Namun, kamu tetap bisa menikmati pantai ini.

Jika merasa bosan di daratan, kamu bisa sewa perahu atau kapal untuk keliling pulau. Dari pantai ini, kamu bisa menyeberang ke Pulau Tangkil, Pulau Tegal Mas, Pulau Mahitam, dan Pulau Pahawang. Keempat pulau tersebut sangat, sangat memesona dan eksotis.

Sementara, kalau untuk fasilitas di Pantai Mutun, kamu tidak perlu khawatir. Tersedia lahan parkir, toilet, musala, banyak warung, juga ada toko oleh-oleh dan suvenir.

Nah, Pantai Mutun ideal untuk tempat liburan keluarga maupun rombongan wisata. Namun, kalau kamu cuma ingin ke sini bersama teman-teman dekat atau pasangan, juga bisa.

Catatan: Selain mengulas tentang Pantai Mutun, kami juga mengulas tentang berbagai pantai terindah di Lampung lainnya. Tertarik? Kamu bisa artikelnya secara lengkap di sini.

3. Pantai Klara Lampung

Pantai Di Pesawaran Pantai Klara Lampung
Pantai Klara, Pesawaran (sumber: instagram.com/yelindanrha_/)
LokasiGebang, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-19.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rp15.000/motor
Rp25.000/mobil
Daya tarik pantaiPohon-pohon kelapa, sewa perahu, kuliner pinggir pantai, panorama sunset
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran1 jam 25 menit (44,4 km) lewat Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera dan Jl. Way Ratai
Rating pantai4,4/5.0 dari 2.725 ulasan Google

Pantai Klara Lampung memiliki daya tarik tersendiri. Pantai ini juga populer di Lampung. Seperti pantai-pantai sebelumnya, Pantai Klara memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Warna air lautnya seperti tosca dengan ombak sangat tenang. Bahkan, hampir tidak ada ombak di sini.

Di kejauhan, kamu dapat melihat perbukitan yang biasanya sedikit tertutup awan dan kabut. Sementara, di pinggir pantai, terdapat pasir putih serta pepohonan yang hijau dan rindang. Lalu, ada juga dermaga kayu warna-warni yang menjorok sedikit ke tengah laut.

Karena ombaknya tenang, pengunjung suka berenang di Pantai Klara. Kamu juga bisa mencoba aktivitas naik kano atau perahu, yang menjadi favorit wisatawan. Selain itu, wisatawan juga suka berfoto khususnya di dermaga warna-warni. Ditambah lagi, ada spot-spot foto di dermaga tersebut.

Kadang, pengunjung sekadar duduk-duduk santai di tepi dermaga, sembari menikmati langit sore. Ada juga sejumlah pengunjung yang meloncat menceburkan diri dari tepian dermaga ke air, kemudian mereka berenang. Jadi, suasana di pantai ini serasa hangat dan bersahabat.

Sementara, di sepanjang garis pantai juga disediakan gazebo. Ada pula gazebo yang dicat warna-warni sehingga terlihat menarik. Ketika semakin sore, matahari mulai turun dan langit memudar birunya, awan putih terlihat berarak dengan jelas.

Di Pantai Klara juga sudah ada fasilitas lainnya, seperti lahan parkir, toilet, musala, warung, serta toko suvenir dan oleh-oleh. Pantai Klara juga biasa ramai dikunjungi wisatawan terutama saat liburan dan akhir pekan. Pantai ini seru untuk tempat liburan bersama keluarga atau pasangan dan teman-teman kamu.

Catatan: Dari 10 pantai di Pesawaran yang kami review, Pantai Klara adalah salah satu yang terbaik. Dari segi panorama alam, suasana pantai dan fasilitas wisata, Pantai Klara sangat memuaskan.

4. Pantai Ketapang Bahari

Pantai Di Pesawaran Pantai Ketapang Bahari
Pantai Ketapang Bahari, Pesawaran (sumber: instagram.com/pantaiketapangpesawaran/)
LokasiJl. Mahitam, Ketapang, Batumenyan, Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 07.00-18.00
Sabtu-Minggu, 07.00-20.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiPemandangan perbukitan, deretan nyiur di pinggir pantai, naik perahu
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran1 jam 21 menit (43,8 km) lewat Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera dan Jl. Way Ratai
Rating pantai4,5/5.0 dari 1.087 ulasan Google

Pantai Ketapang Bahari merupakan wisata pantai dengan memiliki ciri khas pasirnya yang berwarna putih. Pasir pantai ini halus dengan air laut yang benar-benar jernih. Ombak sangat tenang bahkan hampir tidak berombak. Jadi, pantai ini aman untuk tempat anak-anak berenang.

Selain tiket masuk, ada biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp50.000. Tersedia juga sewa pondok dengan biaya Rp35.000. Kemudian, untuk tempat bilas biayanya Rp5.000. Di pantai ini, juga ada warung yang menjual mi dan kopi. Namun, agar lebih nyaman, lebih baik membawa bekal makanan sendiri.

Sementara, kalau kamu ingin menikmati aktivitas seru, bisa banget. Kamu bisa menyewa banana boat yang asyik dinaiki beramai-ramai. Lalu, ada juga sewa kapal untuk menyeberang ke pulau-pulau terdekat, seperti Pulau Mahitam dan Pulau Kelagian Pahawang.

Biasanya, harga sewa perahu ditawarkan Rp200.000. Namun, wisatawan mungkin bisa nego lagi untuk mendapat harga yang lebih pas. Omong-omong di pantai ini airnya juga dangkal. Makanya, berenang tetap menjadi aktivitas paling favorit di Pantai Ketapang Bahari.

Kalau mau asyik, kamu bisa berenang ke tengah laut yang airnya tidak terlalu dalam sekaligus lebih jernih. Di samping air lautnya yang menawan, di pinggir pantai juga terdapat pepohonan kelapa yang membuat suasana terasa sejuk dan nyaman. Apalagi, pantai ini juga bersih.

Oh iya, kamu juga bisa camping di pantai ini. Selain itu, pengunjung juga suka berfoto-foto, terutama dekat pohon-pohon kelapa yang instagrammable. Biasanya, pengunjung datang untuk rekreasi bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Selain itu, pantai ini juga cocok buat healing.

5. Pantai Queen Artha

Pantai Di Pesawaran Pantai Queen Artha
Pantai Queen Artha, Pesawaran (sumber: instagram.com/lampung.ig/)
LokasiTeluk, Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/motor. Rp30.000/mobil
Daya tarik pantaiSpot memancing, bersantai di pondokan, mencari kepiting kecil
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran51 menit (28,2 km) lewat Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,1/5.0 dari 882 ulasan Google

Pantai Queen Artha menghadirkan suasana fun, pas untuk liburan hemat. Pantai ini memiliki pasir kecokelatan yang lembut. Airnya mungkin tidak sejernih pantai lainnya tapi kondisinya tenang, hampir tidak ada ombak. Lalu, ada sebagian tepi pantainya yang dipenuhi batuan.

Meskipun ombaknya sangat tenang, tidak semua pengunjung suka berenang. Ada pengunjung yang senang menceburkan kaki saja atau menikmati aktivitas lain seperti bersantai dan berfoto. Oh iya, pantai ini juga dekat tempat pelelangan ikan, sehingga ada kalanya, airnya tidak begitu jernih.

Sementara, pemandangan di Pantai Queen Artha tetaplah menarik. Di sekitar pantai terdapat bukit karang yang menambah keunikannya, jika dibandingkan pantai Lampung lainnya.

Di sini juga ada pondokan dengan desain seperti gubuk yang etnik. Untuk biaya sewa pondokan mulai dari Rp30.000. Oleh karena itu juga, Pantai Queen Artha cocok untuk dijadikan tempat menginap.

Selain itu, tersedia fasilitas lainnya, seperti lahan parkir, toilet dan tempat bilas. Namun, secara keseluruhan fasilitas di pantai ini masih perlu dikembangkan lagi. Walau begitu, dengan harga tiket masuk dan sewa pondokan terjangkau, pantai ini cocok untuk tempat liburan keluarga.

Di Pantai Artha Queen yang humble ini, pengunjung paling suka duduk-duduk santai menikmati pemandangan. Di samping itu, ada spot memancing untuk kamu yang suka berburu ikan.

Kalau berkunjung ke sini, paling berkesan apabila kamu mengajak seluruh keluarga. Ada juga pengunjung yang datang beramai-ramai dengan rombongan teman. Idealnya datanglah saat sore karena tidak terik sekaligus pemandangannya bagus saat senja. Apalagi, pantai ini tidak terlalu ramai.

6. Pulau Kelagian Lunik

Pantai Di Pesawaran Pulau Kelagian Lunik
Pulau Kelagian Lunik, Pesawaran (sumber: instagram.com/pulaukelagianlunik/)
LokasiGebang, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiBanana boat, donat boat, pepohonan mangrove, pasir putih lembut, snorkeling
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, PesawaranNaik kapal dari Pelabuhan Ketapang ke Pulau Kelagian Lunik
Rating pantai4,7/5.0 dari 702 ulasan Google

Pulau Kelagian Lunik sangat menawan. Panorama di pulau ini bahkan mengingatkanmu pada keindahan Bali dan Lombok. Untuk perjalanan ke pulau ini memang lebih memerlukan proses daripada ke pantai lainnya.

Kamu perlu menyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Pulau Kelagian Lunik. Jadi, ada biaya masuk Rp30.000 per satu kapal. Sementara, biaya sewa perahu sekali jalan untuk menyeberang ke pulau yaitu Rp350.000 per 6 orang.

Pertama, kamu berangkat dari Bandar Lampung ke Pelabuhan Ketapang selama kurang lebih 50 menit. Kemudian, dari Pelabuhan Ketapang naik kapal ke pulau selama sekitar 20 menit. Nah, ada apa saja di pulau ini?

Tentu kamu akan melihat panorama pulau yang memesona. Pasirnya putih lembut dengan air laut biru kehijauan sejernih kristal, ombaknya tenang di sekitar pulau. Terlihat biota laut di bawah permukaan air, menjadikan pantai di sini cocok untuk snorkeling.

Biasanya, saat snorkeling kamu akan bertemu penyu. Kamu juga dapat melihat terumbu karang yang indah. Di samping itu, di Pulau Kelagian Lunik juga terdapat pepohonan mangrove yang sekaligus menjadi daya tariknya. Lalu, ada juga sisi pulau yang berkarang di pantainya.

Sementara, untuk fasilitas, sudah tersedia warung di pulau ini. Kamu bisa bersantai sambil menikmati makanan dan minum kopi. Selain itu, pengunjung juga suka jalan-jalan di pulau yang mungil ini. Tidak lupa, kamu bisa berfoto-foto di setiap tempat yang instagrammable di sini.

Biasanya, pengunjung datang kemari bersama teman-teman. Tentu saja kamu pun bisa liburan ke pulau ini bersama seluruh keluarga dan orang terkasih.

7. Pantai Dewi Mandapa Pesawaran

Pantai Di Pesawaran Pantai Dewi Mandapa Pesawaran
Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran (sumber: instagram.com/tempat_wisata_lampung/)
LokasiGebang, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiHutan mangrove, pasir timbul, mencari kerang saat air surut
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran1 jam 29 menit (43,8 km) lewat Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera dan Jl. Way Ratai
Rating pantai3,8/5.0 dari 535 ulasan Google

Pantai Dewi Mandapa Pesawaran menawarkan panorama yang masih alami. Di pantai ini, selain tiket masuk, ada biaya parkir. Untuk hari biasa Rp10.000 per motor dan Rp30.000 per mobil. Sementara, di akhir pekan, tarifnya Rp15.000 per motor dan Rp50.000 per mobil.

Nah, setelah parkir, kamu dapat menikmati keseruan pantai ini. Terdapat hutan mangrove yang membuatnya menarik. Sementara, pasir pantai berwarna putih sedikit bercampur hitam kecokelatan. Air lautnya tenang serta hampir tidak ada ombak. Pantai ini juga dikelilingi bukit-bukit di seberangnya.

Untuk menikmati pantai, kamu bisa sewa pendopo dengan tarif Rp50.000. Ada pula fasilitas lainnya seperti toilet dan lahan parkir. Namun, belum ada banyak warung di pantai ini, sebaiknya kamu membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Di samping itu, fasilitas umum secara keseluruhan mungkin kurang mendapat perawatan. Termasuk juga dengan toilet dan tempat sampah. Jadi, kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik agar tetap nyaman selama berwisata.

Akan tetapi, pantai ini tetap seru untuk dinikmati. Salah satu aktivitas favorit yang bisa kamu lakukan yaitu mencari kerang saat air sedang surut. Kamu juga dapat berfoto di pantai dengan view menarik ini. Kamu pun bisa mengunjungi pasir timbul yang berada tidak jauh dari dermaga.

Pantai ini juga cocok untuk menyepi karena memang tidak terlalu ramai pengunjung. Jadi bisa healing. Kalau liburan kemari, kamu dapat mengajak pasangan atau teman-teman karena bakal lebih seru. Apabila wisata bersama seluruh keluarga, mungkin fasilitasnya masih kurang lengkap, yah.

8. Pantai Batu Mandi

Pantai Di Pesawaran Pantai Batu Mandi
Pantai Batu Mandi, Pesawaran (sumber: instagram.com/myrchw23/)
LokasiBatumenyan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rp15.000/sepeda motor
Rp35.000/mobil
Daya tarik pantaiCottage untuk penginapan, tempat kuliner, tersedia spot foto, spot memancing
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran1 jam 28 menit (45,8 km) lewat Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera dan Jl. Way Ratai
Rating pantai4,1/5.0 dari 439 ulasan Google

Pantai Batu Mandi terbilang cukup baru. Pantai ini juga dikenal dengan nama Bensam atau Benteng Samudra. Pantai sederhana ini terasa nyaman dengan fasilitas lengkap.

Kamu dapat melihat pasir putih yang sedikit kecokelatan. Kemudian, air lautnya tenang dengan ombak relatif kecil, tapi kadang ombaknya juga besar. Meskipun demikian, cukup aman untuk berenang. Anak-anak juga aman untuk bermain air, tapi lebih baik di bibir pantai saja. Selain itu, sudah tersedia kamar mandi tempat bilas di sini. Toiletnya juga bersih.

Di samping itu, di pinggir pantai, terdapat pohon-pohon yang membuat suasana lebih rindang. Bahkan, pantai ini terasa sejuk karena ada banyak pohon. Kamu juga bisa sewa gubuk pondokan Rp35.000 per unit, untuk tempat beristirahat.

Pantai ini juga disukai karena menyediakan cottage untuk penginapan. Lalu, ada pula fasilitas lainnya seperti kafe dan warung, juga spot foto. Meskipun bukan pantai yang paling estetik, tapi Pantai Batu Mandi family-friendly.

Maka dari itu, pantai ini cocok untuk tempat rekreasi bersama keluarga, maupun acara family gathering kantor atau komunitas. Pantai ini pun bisa disewakan untuk berbagai acara tersebut.

Pantai Batu Mandi juga masih alami serta belum terlalu ramai pengunjung. Oh iya, di pantai ini, juga ada tempat pemancingan. Cocok untuk kamu atau keluarga dan teman yang hobi mancing. Sedikit yang perlu ditingkatkan mungkin adalah kebersihan pantainya, tapi selebihnya pantai ini tetap nyaman.

Omong-omong, kamu juga bisa menyeberang dengan perahu nelayan ke Pulau Pahawang. Seru, bukan. Kalau ke pantai ini, tidak hanya bersama keluarga saja, tapi mengajak pacar dan teman-teman juga sama serunya.

9. Pulau Maitem

Pantai Di Pesawaran Pulau Maitem
Pulau Maitem, Pesawaran (sumber: instagram.com/mahitam.island/)
LokasiGebang, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp30.000/orang
Daya tarik pantaiMercusuar, pemandangan pulau pasir timbul, spot memancing, spot foto, banana boat, jetski
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran1 jam 30 menit (44,2 km) lewat Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera dan Jl. Way Ratai
Rating pantai4,4/5.0 dari 277 ulasan Google

Pulau Maitem biasa disebut dengan Pulau Mahitam. Untuk menuju pulau ini, kamu perlu ke Pantai Ketapang terlebih dahulu. Dari Dermaga Ketapang, kamu akan naik perahu bermotor dengan tarif Rp16.000 per orang. Tarif tersebut sudah untuk pulang-pergi.

Uniknya, kalau kamu beruntung dan mampir saat air lautnya surut, kamu bisa berjalan kaki ke pulau. Dari Ketapang berjalan kaki ke Pulau Mahitam hanya perlu lima menit.

Selain itu, kamu juga perlu membawa kamera. Kalau memungkinkan, gunakan kamera bawah air, sehingga bisa kamu bawa saat snorkeling atau sekadar berfoto sambil berenang. Soalnya, di sini airnya sangat jernih dengan pemandangan bawah laut yang indah.

Airnya biru kehijauan seperti tosca dan terlihat karang serta aneka biota bawah lautnya. Tidak heran jika pengunjung suka berenang dan menyelam di sini. Tak hanya itu, ada lagi yang unik yaitu terdapat mercusuar di Pulau Mahitam. Wisatawan biasa naik ke puncak bangunan mercusuar untuk melihat panorama alam dari ketinggian.

Oh iya, di pulau ini pantainya berpasir putih halus dan hamparannya sangat luas. Disarankan kamu hindari berkunjung saat pasang besar atau purnama. Kala itu, air laut masuk sampai ke taman pulau. Jadi, mampirlah saat surut, waktu ideal berkunjung yaitu pukul 6-7 pagi atau pukul 4-5 sore.

Selain itu, di pulau terdapat fasilitas warung yang menjual mi dan minuman. Juga tersedia toilet. Perlu diperhatikan saja, mungkin ada fasilitas umum yang sebenarnya bisa lebih bersih, tapi kurang mendapat perawatan.

Selebihnya, pulau ini tetap merupakan salah satu destinasi terbaik di Lampung. Kalau ke sini, paling fun bersama rombongan seluruh keluarga atau teman-teman.

10. Pulau Tangkil

Pantai Di Pesawaran Pulau Tangkil
Pulau Tangkil, Pesawaran (sumber: instagram.com/dewi_mayangsari__/)
LokasiSukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiGaris pantai panjang, banana boat, sewa saung, kuliner rujak, dermaga, spot memancing
Rute menuju pantai dari Kota Gedong Tataan, Pesawaran1 jam 7 menit (32,4 km) lewat Jl. Ganjaran/Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,2/5.0 dari 117 ulasan Google

Pulau Tangkil merupakan salah satu wisata favorit masyarakat Lampung. Untuk menuju Pulau Tangkil, kamu perlu berangkat dari Pelabuhan Mutun. Kamu akan naik kapal berisi 10-12 orang dengan tarif Rp200.000 sampai Rp250.000 per kapal. Tarif tersebut untuk pulang-pergi.

Sesampainya di pulau, ada tarif masuk sebesar Rp10.000. Nah, ada juga fasilitas rumah makan dan warung yang menjual menu seperti pop mie, rujak, hingga camilan. Lalu, tersedia fasilitas toilet dan musala. Selebihnya tentu saja kamu di sini untuk menikmati keindahan pantainya.

Di pantai Pulau Tangkil terdapat pasir putih yang sedikit kecokelatan. Airnya jernih dengan ombak tenang. Pantai ini cocok untuk tempat berenang anak-anak dan keluarga. Ketika sedang sangat cerah, terlihat langit biru dengan guratan awan putih yang cantik.

Sementara, pulau ini memiliki garis pantai cukup panjang. Secara keseluruhan, pantai di sini bersih dan terawat. Namun, mungkin ada bagian yang perlu lebih dibersihkan dan mendapat perawatan.

Oh iya, kalau ingin menikmati pantai, direkomendasikan kamu bermain di sebelah dermaga untuk banana boat. Di kawasan ini ombaknya kecil, landai pantainya dan juga lebih bersih. Sementara, aktivitas favorit lainnya yaitu berfoto dan memancing ikan kerapu.

Kalau mau pakai banana boat, kamu bisa sewa seharga Rp150.000 per 6 orang. Ada juga penyewaan tikar Rp20.000-Rp30.000. Bisa juga sewa saung Rp75.000. Sementara, untuk menggunakan tempat bilas tarifnya Rp2.000.

Pulau Tangkil ramai dikunjungi wisatawan saat libur, termasuk akhir pekan. Kalau ingin sepi, datanglah saat weekdays. Nah, Pulau Tangkil cocok untuk tempat liburan bersama keluarga maupun teman-teman atau pasangan.

Demikian wisata pantai terbaik di Pesawaran yang lagi hits. Ternyata di Lampung ada pantai-pantai yang keren banget. Bahkan, ada pulau-pulau eksotis yang wajib kamu kunjungi. Yuk, jalan-jalan ke Lampung dan explore pantainya.

Leave a Comment