5 Tempat Camping Terbaik di Batang yang Lagi Hits (2024)

Provinsi Jawa Tengah punya banyak sekali pesona alam yang menarik. Salah satunya ada di Batang. Batang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah dengan keindahan alam yang memukau. Bagi yang suka camping, Batang juga memiliki beberapa spot camping yang asyik untuk dikunjungi. Apakah kamu sedang merencanakan family camping atau mungkin camping bersama si doi? Batang punya destinasi camping yang cocok untukmu. Berikut 5 rekomendasi tempat camping terbaik di Batang versi Napaktilas:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Wisata Alam Sikembang

Tempat Camping Di Batang Wisata Alam Sikembang
Wisata Alam Sikembang, Batang (sumber: instagram.com/agozzsetiawan/)
Lokasidukuh kebaturan, Kebaturan, Kembanglangit, Kec. Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 18:00
Harga paket campingRp15.000/orang
Rp150.000/tenda (sewa tenda ukuran besar)
Telepon081226535010
Daya tarik wisataPemandangan hutan pinus, spot berfoto, fasilitas outbound, flying fox, kolam renang, playground anak, camping ground
Rute dari Batang17 mnt (8,3 km) lewat Jl. Raya Bandar Sel. dan Jl. Raya Kambangan – Bandar (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5.0 – 1.716 ulasan Google

Wisata Alam Sikembang merupakan salah satu tempat wisata keluarga paling populer di Batang. Di sini, ada banyak sekali wahana atraksi yang bisa dicoba. Sehari berkunjung tentunya tak cukup. Nah, kamu bisa sekaligus camping di sini.

Lokasi camping ground berdekatan dengan area parkir mobil dan sepeda motor. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh berjalan sambil menenteng berbagai peralatan berkemah. Area camping juga sangat luas dan dikelilingi dengan pepohonan pinus yang lebat.

Kontur tanah camping ground di tempat wisata ini cenderung datar dan sedikit berundak. Area camping ini juga ditumbuhi dengan rumput hijau yang cukup tebal. Sehingga, sangat nyaman untuk digunakan berlari-lari.

Bagi yang ingin camping sambil membawa mobil, bisa berkendara ke area camping ground di bagian atas. Dibandingkan camping ground yang pertama, area ini memang kelihatan lebih sempit. Tapi, masih cukup untuk memuat puluhan tenda dan sejumlah mobil campervan. Area ini juga berbatasan langsung dengan tebing yang cukup curam. Di camping area ini berupa area terbuka. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan hutan pinus lebat di area tempat wisata ini.

Selain berbagai wahana, fasilitas yang disediakan di Wisata Alam Sikembang ini sangat lengkap. Terdapat beberapa unit toilet umum dan fasilitas wudhu yang tersedia dengan gratis. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas musala yang bersih dan sangat terawat. Di dalam area wisata juga terdapat sejumlah warung yang buka hingga tengah malam.

Oh ya, suhu udara di camping ground ini bisa sangat dingin selepas jam 23:00. Jadi, jangan lupa membawa sleeping bag atau jaket yang sangat tebal. Supaya, kamu bisa tidur dengan nyenyak.

2. Agro Wisata Selopajang Timur

Tempat Camping Di Batang Agro Wisata Selopajang Timur
Agro Wisata Selopajang Timur, Batang (sumber: Agro Wisata Selopajang Timur (WAST))
LokasiJl. Raya Reban – Blado No.KM 3, Slambat, Selopajang Tim., Kec. Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 17:00
Harga paket campingRp5.000/orang
Harga aula/homestay bisa ditanyakan langsung kepada pengelola
Telepon085848420917
Daya tarik wisataSpot berfoto instagramable, playground anak, Taman Nectar, Taman Kincir, Rumah Hobbit, kolam renang, olahraga panahan, kolam terapi ikan, flying fox, Pasar Semende, tempat camping
Rute dari Batang20 menit (9.9 km) lewat Jl. Raya Blado (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,2/5.0 – 797 ulasan Google

Agro Wisata Selopajang Timur jadi pilihan tepat jika kamu ingin camping sekaligus relaksasi. Memasuki area wisata ini, kamu akan disambut dengan pemandangan aneka tanaman yang berwarna-warni. Udara di sini juga sangat segar. Bahkan, kamu bisa mencoba keseruan berenang di kolam renang sumber yang ada di dalam tempat wisata ini.

Nah, bagi yang ingin camping juga akan sangat dimanjakan. Area camping ground disediakan sangat luas dan bisa muat hingga ratusan tenda. Lokasinya berdekatan dengan tempat parkir mobil dan sepeda motor. Kamu juga bisa membawa masuk mobil untuk campervan ke dalam area perkemahan.

Dari campground ini, pemandangan hamparan sawah yang hijau akan menyapa kedua matamu. Kamu juga bisa duduk-duduk santai di kursi piknik sambil menyaksikan pemandangan alam yang cantik. Di dekat area campground terdapat sebuah bangunan aula yang bisa muat hingga 200 orang.

Selama camping, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini. Ada kolam terapi ikan yang kabarnya sangat berkhasiat. Selain itu, ada juga area playground yang memiliki beberapa ayunan untuk anak-anak. Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk berenang di kolam renang yang tersedia. Air kolam renang ini berasal dari sumber air murni, ya. Selain menyegarkan, air di sini tidak mengandung kaporit. Sayangnya, kolam renang tersebut dalam kondisi kurang terawat.

Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap. Akses toilet, musala, dan warung tersedia di sini. Selain itu, ada juga fasilitas homestay bagi yang ingin menginap tapi tak ingin camping. Kamu bisa menanyakan biaya sewa homestay tersebut kepada pengurus. Jangan lupa untuk melakukan reservasi paling tidak 1 bulan sebelum kedatanganmu, ya.

3. Bukit Srigunung

Tempat Camping Di Batang Bukit Srigunung
Bukit Srigunung, Batang (sumber: instagram.com/bandarupdate/)
LokasiJl. Banyuputih – Kedawung, Kedongdong, Kedawung, Kec. Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 22:00
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon085729459945
Daya tarik wisataSpot berfoto, taman bunga, kolam terapi ikan, pemandangan sunrise, pemandangan sunset, pemandangan perbukitan, kolam renang sumber, tempat camping
Rute dari Batang43 menit (24.8 km) lewat Jl. Raya Limpung (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 1.312 ulasan Google

Bukit Srigunung juga bisa dijadikan destinasi camping ceria. Lokasi dari tempat wisata ini memang tersembunyi. Untuk mencapainya, kamu harus berkendara melewati perkebunan pohon karet yang cukup lebat. Medan menuju bukit ini juga lumayan sempit. Jadi, mobil berukuran besar sepertinya tidak bisa masuk hingga puncak.

Sesampainya di puncak. Kamu bisa langsung mendirikan tenda. Area camping ground di Bukit Srigunung ini lokasinya ada di dekat pintu masuk taman. Tepatnya, menjadi satu dengan lahan parkir. Jika kamu hanya camping bersama satu atau 2 orang saja, boleh saja meminta ijin kepada pengurus. Supaya, kamu diperbolehkan mendirikan tenda di dalam area taman wisata.

Tapi, untuk rombongan memang diwajibkan di lahan luar yang sudah disediakan. Tidak perlu khawatir, area ini cukup luas dan bisa digunakan untuk memuat puluhan tenda. Dari tendamu, kamu bisa menyaksikan pemandangan pegunungan dan lautan Utara yang sangat cantik di kejauhan. Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan sunset dari menara pandang yang tak jauh dari lokasi camping ground.

Selama camping di sini, kamu bisa mengeksplorasi area taman di Bukit Srigunung. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam wahana atraksi. Mulai dari flying fox, playground anak, hingga kolam terapi ikan. Kamu juga bisa menemukan spot berfoto warna-warni yang tak kalah menarik.

Selain restoran, kamu juga bisa menuruni bukit menuju ke sejumlah warung yang menawarkan berbagai hidangan lezat. Toilet, musala, gazebo, dan kolam renang juga bisa kamu akses di sini. Sayangnya, masih belum ada fasilitas persewaan perlengkapan camping. Jadi, kamu harus membawa sendiri perlengkapan berkemah dari rumah. Fasilitas pencahayaan juga masih sangat minim. Tertarik ke sini?

4. Desa Wisata Pandansari

Tempat Camping Di Batang Desa Wisata Pandansari
Desa Wisata Pandansari, Batang (sumber: Mp Sani)
LokasiPandansari, Kec. Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 17:00 Jumat Libur
Harga paket campingPaket Camping: Rp60.000/orang, minimal peserta 15 orang. Sudah termasuk makan 2x, river tubing, antar-jemput transportasi lokal, pemandu, dan snack opak sambel
Telepon085877044007
Daya tarik wisataRiver tubing, outbound, camping ground
Rute dari Batang21 menit (12.8 km) lewat Jl. Raya Wonotunggal (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5.0 – 550 ulasan Google

Bagi yang merantau ke kota-kota besar, tentunya terbersit rasa rindu akan suasana pedesaan di kampung halaman. Nah, kamu bisa mengobati rasa rindumu tersebut dengan liburan dan camping di Desa Wisata Pandansari. Desa wisata ini menawarkan pemandangan alam pedesaan yang masih sangat asri. Suasana pedesaan yang masih sangat kental dijamin membuatmu merasa betah.

Selain menikmati suasana desa, kamu juga bisa camping ceria di sini. Desa wisata ini menawarkan area camping ground yang sangat luas. Bahkan, area tersebut bisa muat hingga ratusan tenda. Area camping ini terdiri dari hamparan rumput yang sangat terawat. Di sekitar camping ground terdapat area persawahan warga. Area camping ground juga kerap difungsikan sebagai area outbound.

Selama camping, kamu bisa menikmati suasana sejuk dan hening di sini. Pemandangan alam yang terlihat dari camping ground ini juga tak kalah indah. Di dekat area camping ground terdapat area outbound anak dengan berbagai wahananya yang seru. Yang tak kalah penting, kamu juga harus mencoba wahana river tubing yang memicu adrenalin. Tak perlu khawatir, air sungai di sini masih sangat jernih dan bersih.

Fasilitas berkemah yang disediakan Desa Wisata juga cukup lengkap. Bagi yang tidak membawa tenda, bisa menyewa perlengkapan camping di sini. Selain itu, fasilitas lainnya seperti toilet, musala, dan restoran prasmanan juga tersedia. Bagi kamu yang membeli paket camping akan mendapatkan 2x jatah makan dan bisa mencicipi hidangan snack tradisional opak sambel.

Sayangnya, hingga artikel ini ditulis belum ada paket camping untuk keluarga. Jadi, kalau kamu ingin camping sekeluarga, kemungkinan besar hanya membayar biaya camping perorangan tanpa tambahan fasilitas lain.

5. Wisata Puncak Patran

Tempat Camping Di Batang Wisata Puncak Patran
Wisata Puncak Patran, Batang (sumber: instagram.com/milla.azka/)
LokasiKebaturan, Bawang, Mulyosari, Jambangan, Kec. Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 17:00
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon085325196160
Daya tarik wisataPemandangan hutan pinus, spot berfoto instagramable, spot foto prewedding, tempat camping
Rute dari Batang1 jam 7 menit (32.1 km) lewat Jl. Raya Blado (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,1/5.0 – 234 ulasan Google

Bagi yang hobi camping dengan tujuan mendapatkan ketenangan, coba deh berkemah di Puncak Patran. Puncak Patran adalah sebuah bukit yang didominasi dengan hutan pinus yang cukup lebat. Lokasinya berada sangat jauh dari pusat keramaian maupun jalan raya. Sehingga, kamu bisa benar-benar merasakan kesunyian dan ketenangan alam di tempat camping ini.

Karena lokasinya terpencil, mencapai Puncak Patran memang butuh perjuangan tersendiri. Medan menuju puncak bukit masih berupa jalan tanah yang berbatu. Tanjakan curam juga membuatmu harus ekstra berhati-hati. Disarankan untuk menggunakan sepeda motor trail, mobil jeep, atau mobil dengan ground clearance tinggi untuk mencapai area wisata ini.

Rasa lelah dan pegal-pegal sepanjang perjalanan akan langsung sirna begitu kamu sampai di puncak bukit. Pemandangan hamparan pohon pinus sekejap menyejukkan matamu. Puncak bukit ini memiliki kontur tanah yang datar dengan tekstur tanah padat. Jadi, kamu bebas mendirikan tenda di area mana pun. Kamu juga bisa membawa masuk mobil untuk campervan.

Area camping yang sangat luas memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai aktivitas outbound seru bersama keluarga. Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang sangat cantik dari atas bukit. Di beberapa titik juga terdapat spot berfoto dengan latar belakang pemandangan pegunungan. Kamu juga bisa bersantai dengan memasang hammock.

Fasilitas yang disediakan wisata camping ini juga cukup lengkap. Ada fasilitas toilet dan musala yang bisa diakses dengan gratis. Ada juga beberapa saung untuk tempat bersantai bersama keluarga. Sayangnya, di sini tidak tersedia fasilitas warung makanan. Jadi, kamu harus sudah membeli perbekalan makanan dan minuman sebelum sampai ke sini. Kamu juga harus membawa perlengkapan camping sendiri dari rumah.

Ternyata, ada banyak sekali tempat camping menarik yang ada di Batang. Kamu bisa mengajak serta keluarga maupun teman-teman nongkrongmu untuk camping ceria di sini. Apalagi, jika kamu ingin benar-benar menikmati keindahan alam yang dimiliki kabupaten Batang. Jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan dan perlengkapan camping sebelum berangkat, ya. Yang tidak memiliki tenda, bisa pilih lokasi wisata dengan jasa persewaan perlengkapan camping. Jadi, kapan liburan camping seru di Batang?

Selanjutnya » Bagi kamu yang punya jiwa muda, yuk, jelajahi berbagai tempat camping terbaik di Jawa Tengah lainnya. Masih ada spot-spot camping menarik yang tersembunyi namun punya alam yang indah. Yuk, ngetrip!

Leave a Comment