10 Tempat Camping Terbaik di Gowa yang Lagi Hits (2024)

Gowa merupakan sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan yang mengagumkan. Di mana, pesona alam di sana sangat cantik. Terlebih hutan pinus, padang sabana dan dataran tingginya, hijau permai. Cocok sekali jika dijadikan tujuan wisata camping saat hari libur.

Barangkali aja nih, kamu sedang ingin liburan di Gowa dan penasaran dengan spot camping terbaik di sana. Spesial buat kamu, kami kumpulkan berbagai rekomendasi spot camping terbaik yang ada di sekitar Gowa, Sulawesi Selatan. Nah, di mana saja tempat camping tersebut? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Gowa yang wajib kamu coba:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Wisata Hutan Pinus Malino

Tempat Camping Di Gowa Wisata Hutan Pinus Malino
Wisata Hutan Pinus Malino, Gowa (sumber: instagram.com/friskamaramis07/)
LokasiJl. Sultan Hasanuddin, Malino, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTiket masuk Rp5.000-Rp10.000/orang
Sewa tenda Rp60.000
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan hutan pinus, flying fox, paint ball, sky bike, berkuda, spot foto, camping ground, udara sejuk, naik kuda keliling hutan
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa1 jam 53 menit (61,5 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 1.251 ulasan Google

Wisata Hutan Pinus Malino ideal untuk camping dengan keluarga. Untuk ke lokasi, akses jalannya mulus naik turun, serta berkelok-kelok dengan beberapa tikungan tajam. Kamu bisa naik kendaraan pribadi atau jasa travel karena tidak ada moda transportasi umum ke sini.

Nah, begitu sampai, kamu bisa melihat pemandangan hutan pinus yang cantik. Ada juga pemandangan sungai yang berkelok terlihat dari atas. Biasanya kabut juga menyelimuti tempat camping ini.

Selain itu, di sini terdapat warung-warung sebelum loket tiket masuk. Kalau sudah di dalam, tersedia fasilitas seperti spot foto dan berbagai wahana. Jadi, saat camping, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana permainan, di antaranya:

  1. Flying fox
  2. Sky bike
  3. Paint ball
  4. Atraksi naik kuda
  5. Outbound

Oh iya, selain ada warung-warung juga tersedia banyak toilet di sini. Makanya, fasilitas di tempat camping ini bisa dibilang lengkap. Ada juga toko bunga kalau kamu mau beli tanaman hias buat dibawa pulang sehabis camping.

Untuk yang camping, bisa bawa tenda sendiri atau sewa di sini. Disewakan tenda dengan harga mulai dari Rp60.000. Jadi, nggak masalah kalau tidak bawa tenda, di sini sudah ada.

Kamu pun tidak hanya bisa menikmati camping tapi juga aktivitas seperti outbound. Sementara, atraksi utama yang populer adalah flying fox dan naik kuda, kamu harus coba. Namun, untuk menikmati setiap wahana harus bayar lagi, ya, tidak termasuk dalam tiket masuk.

Omong-omong, untuk berkemah tersedia area camping yang sangat luas di antara pepohonan pinus. Selain itu, bisa untuk campervan, lho, di sini. Seru abis pokoknya.

Kalau kamu suka hutan pinus, tempat camping selanjutnya bernuansa serupa, nih.

2. Hutan Pinus Camping Ground Lembanna

Tempat Camping Di Gowa Hutan Pinus Camping Ground Lembanna
Hutan Pinus Camping Ground Lembanna, Gowa (sumber: instagram.com/muasrilfvs/)
LokasiPattapang, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingBayar sukarela
Telepon
Daya tarik wisataHutan pinus, area kebun sayur, air terjun Lembanna, rumah kurcaci, camping ground di bawah pepohonan, udara dingin, pemandangan Gunung Bawakaraeng, Gunung Ramma dan Gunung Tanralili
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa2 jam 15 menit (70,3 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 743 ulasan Google

Hutan Pinus Camping Ground Lembanna merupakan salah satu tempat camping di Sulawesi Selatan yang nyaman untuk camping keluarga. Akses ke lokasi cukup mudah dan bagus kondisinya, bisa dilewati motor dan mobil.

Begitu sampai di pos jaga, kamu akan diminta bayar sukarela. Setelah itu perjalanan berlanjut lagi sampai kawasan rumah warga. Kamu parkir kendaraan di rumah warga tersebut.

Kemudian, kamu harus hiking untuk menuju area camping. Di sini, juga ada wisata air terjun, sekaligus merupakan jalur pendakian ke Gunung Bawakaraeng.

Nah, kamu hiking melewati Desa Lembanna menuju hutan pinus di atas. Jalur pendakian tidak sulit dan termasuk ringan. Namun, jaraknya mungkin sedikit jauh sampai di area camping.

Di tengah perjalanan mendaki, kamu bisa sesekali berhenti untuk beristirahat. Tenang saja, lelahnya tidak akan terasa dengan melintasi perbukitan, pepohonan dan semak-semak hijau yang indah.

Tak terasa kamu pun sampai di hutan pinus dengan area camping luas serta muat banyak tenda. Ada lahan tanah yang lapang di tengah-tengah hutan, di sinilah biasanya campers mendirikan tenda.

Untuk tenda serta perlengkapan camping-nya, kebanyakan campers bawa sendiri dari rumah. Sementara, untuk fasilitas umum di sini sudah lengkap, termasuk tersedia toilet umum.

Juga ada banyak warung yang menjual minuman dan mi instan, tapi harganya dua kali lipat sehingga lebih mahal. Jadi kamu bisa bawa bekal sekalian peralatan masak untuk membuat makanan sendiri.

Selebihnya, tempat camping ini favorit banget sehingga ramai di akhir pekan. Kalau mau cari ketenangan, camping saat weekdays lebih direkomendasikan. Yuk, camping kemari bersama keluarga dan teman-teman.

Nah, selain hutan pinus, di Gowa juga ada lembah-lembah yang eksotis untuk camping. Mari melipir ke destinasi berikutnya.

3. Lembah Ramma

Tempat Camping Di Gowa Lembah Ramma
Lembah Ramma, Gowa (sumber: instagram.com/talung_lembahramma/)
LokasiBonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/untuk tiket masuk
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan lembah, hiking, aliran air sungai, area camping
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa2 jam 17 menit (73,0 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 232 ulasan Google

Lembah Ramma memiliki pemandangan menawan. Kamu mungkin akan merasa seperti berada di lembah pegunungan Swiss. Lembahnya hijau sekali dengan dipenuhi rumput. Juga terdapat banyak pohon kecil tumbuh tersebar. Selain itu, ada aliran sungai kecil di lembah ini.

Jadi, kalau dari Lembanna ke Lembah Ramma, kamu akan menempuh perjalanan hiking sekitar 5 jam. Ada empat sungai kecil yang harus kamu lewati sebelum sampai di lembah tersebut. Juga ada pos-pos di sepanjang jalur hiking.

Pos terakhir adalah Talung yang juga memiliki pemandangan paling indah. Dari pos ini kamu bisa melihat Lembah Ramma yang dikelilingi tebing curam. Kemudian, ada juga telaga kecil yang biasa menjadi tempat memancing.

Kalau camping di sini, suasana masih alami. Jadi, kamu perlu membawa sendiri tenda, matras, kompor portabel, dan perlengkapan lainnya. Selain itu, fasilitas umum mungkin tidak lengkap, seperti toilet dan warung. Jadi suasana masih berupa alam bebas.

Untuk area camping-nya luas sehingga muat banyak tenda. Namun, di sini juga terdapat hewan-hewan seperti sapi, babi hutan, dan anjing. Perlu sedikit berhati-hati karena mungkin para hewan tersebut membongkar barang-barang kamu atau memakan makananmu.

Selebihnya, tempat camping ini benar-benar segar. Suasana di lembah terasa berbeda terutama karena terdapat lahan berumput yang sangat luas. Terlihat juga pegunungan di semua sisinya. Aliran sungai di sini pun sekaligus menjadi sumber air, bisa untuk para campers.

Paling menyenangkan kalau kamu ke sini bersama teman-teman pendaki dan pencinta alam. Mengajak keluarga juga seru asalkan semua sama-sama suka alam bebas.

Nah, tempat camping selanjutnya juga masih di lembah, yuk intip lokasinya.

4. Lembah Hijau Camp & Resort

Tempat Camping Di Gowa Lembah Hijau Camp And Resort
Lembah Hijau Camp & Resort, Gowa (sumber: instagram.com/jjs_gowa/)
LokasiLembah Hijau Camp & Resort, Malino, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp500.000/malam per tenda
Telepon
Daya tarik wisataSungai yang tenang dan dangkal, banyak spot foto, sky bike, river tubing, glamping, camping keluarga, udara dingin
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa1 jam 54 menit (60,8 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 229 ulasan Google

Lembah Hijau Camp & Resort Malino ini tempatnya glamping atau glamor camping. Untuk ke sini ada tiket masuk Rp15.000 per orang. Kemudian, sudah ada tenda disewakan dengan harga Rp500.000 per malam.

Di sini juga ada resort untuk menginap seharga Rp800.000 per malam. Ada juga wahana sky bike dengan biaya Rp30.000. Makanya, tempat camping ini ideal untuk keluarga yang ingin berkemah dengan nyaman tapi tetap bernuansa alam.

Fasilitas juga tersedia, seperti kamar mandi dan musala. Jadi, mengajak orang tua serta anak-anak juga ideal di sini. Namun, disarankan kamu membawa bekal makanan yang cukup karena mungkin cukup sulit mencari makan. Kalau untuk sarapan bisa pesan kepada pengelola tempat camping.

Selebihnya, pemandangan di tempat camping ini memanjakan mata. Terdapat banyak pohon serta lahannya ditumbuhi rumput seluruhnya. Suasana hijau dengan udara sejuk sekaligus segar.

Omong-omong, tenda-tenda tempat camping terlihat estetik saat dilihat dari kejauhan atau tempat yang lebih tinggi. Semua tenda tersebut berjajar di lahan yang berundak. Tenda-tendanya didominasi warna biru dan oranye dilengkapi atap tenda. Setiap tenda tersebut berkapasitas 4 orang.

Sementara, fasilitas di dalam tenda yaitu kasur dan sleeping bag serta colokan listrik. Lalu, di tempat camping ini juga ada fasilitas untuk digunakan bersama seperti ruang makan dan dapur. Lengkap, bukan.

Kalau camping di sini puaskan jalan-jalan keliling seluruh kawasan wisata. Nikmati juga wahana seperti river tubing yang memicu adrenalin. Selain itu banyak spot foto yang instagrammable, asyik untuk selfie, lho.

Nah, dari tempat glamping sekarang kita berbelok ke hutan pinus yang bernuansa alami.

5. Parabus Camp

Tempat Camping Di Gowa Parabus Camp
Parabus Camp, Gowa (sumber: instagram.com/unikahar/)
LokasiBulutana, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon0812-4143-2678
Daya tarik wisataHutan pinus, fasilitas outbound, air terjun, udara sejuk, camping ground luas
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa1 jam 55 menit (61,0 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 161 ulasan Google

Parabus Camp Malino cocok untuk tempat rekreasi bersama rombongan. Juga cocok untuk acara kebersamaan seperti reuni serta family gathering. Jadi, lokasi camping ini berupa hutan pinus dengan suasana alami.

Tempat ini juga cocok untuk campervan di mana kendaraan kamu bisa parkir di area camping. Jadi, bisa nyaman membawa kendaraan roda dua dan roda empat kemari. Tinggal parkir saja mobil kamu di sebelah tenda kalau model tendamu standar pada umumnya, dan bukan campervan.

Area camping berupa lahan hutan pinus yang cukup luas. Jadi, bisa untuk sejumlah tenda di sini. Kamu akan camping di antara pepohonan pinus yang menjulang tinggi.

Namun, untuk fasilitas camping bisa dibilang belum begitu lengkap. Akses jalannya sempit dan tempat parkirnya mungkin kurang luas. Khususnya, untuk yang ingin memarkir kendaraan di luar area camping.

Kamar mandi juga belum tersedia. Namun, ada toilet dan kamar mandi yang disediakan warga dengan tarif Rp5.000 sampai Rp10.000 sesuai keperluan penggunaan.

Selain itu, mungkin belum tersedia warung atau tempat makan di area camping. Namun, terdapat warung-warung di pinggir jalan sekitar area camping-nya. Disarankan kamu bawa bekal minuman serta makanan dan peralatan masak sendiri, yah.

Omong-omong, area camping di sini mungkin tidak seluas dahulu, karena sekarang banyak terdapat penginapan. Namun, hutan pinus ini tetap asyik untuk camping. Selain itu, tempat camping ini dekat dari air terjun. Seru, kan.

Kebanyakan campers menikmati camping di sini bersama seluruh keluarga. Pokoknya paling cocok camping rame-rame di sini.

Sekarang ke tempat camping selanjutnya, yuk. Makin seru, lho, karena kita camping di tepi telaga bendungan.

6. Jungle Camp

Tempat Camping Di Gowa Jungle Camp
Jungle Camp, Gowa (sumber: instagram.com/junglecampbontoparang/)
LokasiBontoparang, Kec. Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp30.000-Rp40.000/tenda
Telepon0821-9112-2666
Daya tarik wisataPemandangan telaga, spot-spot instagrammable, pemandangan perbukitan, area camping luas, udara sejuk
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa47 menit (23,3 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 148 ulasan Google

Jungle Camp Gowa menyenangkan sekali. Area camping ini berupa lahan berumput yang sangat lapang di tepi danau bendungan Bilibili. Area tersebut benar-benar hijau dengan pemandangan pegunungan di sekelilingnya yang mengapit danaunya.

Selain itu, kamu dapat membawa kendaraan, baik motor atau mobil, sampai di area camping. Kemudian, kamu bisa mendirikan tenda di sebelah kendaraan kamu. Di sekeliling, selain ada pegunungan juga terlihat perbukitan.

Nah, di sini kamu juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Terutama pemandangan sunset-nya terkenal cantik.

Omong-omong tempat camping-nya berupa alam bebas, yah. Jadi, camping ground jauh dari akses listrik. Selain itu, belum tersedia toilet dan musala. Akan tetapi, ada toilet yang disediakan di beberapa rumah warga sekitar. Sementara, masjid terdekat jaraknya sekitar 1 km.

Selain itu, mungkin belum tersedia warung, jadi lebih baik bawa sendiri bekal yang cukup dari rumah. Jangan lupa bawa air minum juga.

Selebihnya, tempat camping ini terasa humble sekaligus nyaman. Apalagi area camping sangat luas sekaligus benar-benar terbuka tempatnya. Juga ada banyak pepohonan mengelilingi area camping.

Oh iya, danau waduk ini juga cocok untuk tempat memancing. Selain itu, kadang campers menceburkan kaki di perairan bibir danau, biasanya anak-anak menyukai aktivitas ini.

Omong-omong ada waktunya air waduk ini naik menutupi semua area. Jadi, coba cek dulu dengan bertanya ke nomor kontak yang tertera sebelum camping di sana. Biar pas tempat dan waktunya. Kalau sudah oke semua, yuk camping kemari bersama keluarga dan para sahabat.

Atau mau ke tempat camping selanjutnya? Masih di danau yang sama cantiknya.

7. Danau Tanralili

Tempat Camping Di Gowa Danau Tanralili
Danau Tanralili, Gowa (sumber: instagram.com/_thiar/)
LokasiManimbahoi, Kec. Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingPendaftaran Rp5.000/orang
Camping: Rp0 (gratis)
Parkir Rp5.000
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan Gunung Bawakaraeng, danau hijau nan cantik, trekking, hiking, camping ground
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa2 jam 2 menit (63,0 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 82 ulasan Google

Danau Tanralili adalah tempat camping yang bisa dibilang ekstrem jalurnya. Kamu harus trekking dahulu dengan jalur menanjak untuk sampai di lokasi camping. Area camping tersebut berada di tepi danau yang tempatnya ada di lembah yang tinggi.

Di sepanjang jalur pendakian kamu akan melihat pemandangan lereng-lereng bukit. Kamu juga akan melintasi aliran sungai kecil yang tepinya berbatu. Namun, sebagian besar jalur trekking-nyamemang berbatu dengan batu-batu berukuran kecil sampai besar.

Idealnya, kamu camping di sini saat musim kemarau. Kalau musim hujan medannya jadi bertambah berat. Jarak pandang juga lebih sulit karena terhalang derai air hujan.

Nah, setelah mendaki, kamu akhirnya sampai juga di Danau Tanralili yang terletak di kaki Gunung Bawakaraeng. Omong-omong, danau ini juga sering disebut Ranukumbolo-nya Gunung Bawakaraeng.

Menurut sebagian pendaki lokal, danau ini terbentuk akibat longsoran Gunung Bawakaraeng yang membentuk cekungan dalam. Sementara, air danaunya terlihat hijau dan cantik. Area camping-nyaberada di tepi danau tersebut.

Area tersebut luas sehingga bisa muat banyak tenda sampai belasan lebih. Biasanya, campers membawa sendiri tenda beserta perlengkapan camping lainnya. Terutama, bawalah bekal dan peralatan masak juga.

Selain itu, karena di sini alam bebas, jadi belum ada fasilitas umum. Belum ada toilet dan warung di lokasi camping-nya. Namun, biasanya ada warung dan toilet di basecamp sekaligus tempat parkir.

Oh iya, meskipun jalurnya ekstrem tapi terbilang tidak terlalu sulit, sehingga cocok untuk pendaki pemula. Paling ideal camping di sini bersama teman-teman, karena tempatnya bisa dibilang cukup ekstrem kalau untuk keluarga.

Kalau mau camping yang family-friendly, yuk ke destinasi berikutnya!

8. Tinambung Highland

Tempat Camping Di Gowa Tinambung Highland
Tinambung Highland, Gowa (sumber: Dossiers)
LokasiBissoloro, Kec. Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp15.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan perbukitan, pohon-pohon pinus, pemandangan sunset
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa1 jam 6 menit (33,1 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 58 ulasan Google

Tinambung Highland merupakan tempat camping yang cocok buat liburan bersama keluarga. Akses ke lokasi juga mudah, bisa dijangkau motor dan mobil. Ada tempat parkir cukup luas untuk kendaraan.

Dari tempat parkir ke area camping juga dekat bahkan bersebelahan. Nah, area camping-nya berupa lahan luas berumput di atas dataran tinggi. Untuk tenda, kamu bisa membawa sendiri dengan perlengkapannya juga, sekaligus peralatan memasak dan bekal konsumsi.

Namun, di tempat ini sudah tersedia fasilitas umum, seperti toilet, musala, warung, serta ada listrik. Selain itu, ada rumah panggung di sini. Makanya, dengan akses jalan mulus serta fasilitas lengkap, camping di sini aman dan nyaman untuk keluarga.

Di samping itu, banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati. Bahkan campers ada yang mengadakan acara gathering saat malam, dengan kegiatan barbeque dan karaoke di tempat terbuka.

Selain itu kamu bisa menyaksikan panorama bukit dan pohon-pohon hijau dari ketinggian. Bisa sambil duduk-duduk menghadap perbukitan di dekat tempat camping. Selain itu, saat malam, terlihat cahaya lampu kota Makassar, Gowa, dan Jeneponto dari sini.

Omong-omong, di sini tiket masuknya mulai dari Rp5.000. Sementara, biaya camping mulai dari Rp15.000 per orang. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, ya.

Kalau camping kamu juga disarankan menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu. Jadi, kamu bisa tahu ketersediaan tempat camping-nya. Selain itu, sedikit tips, bawalah colokan dengan kabel panjang agar nyaman saat mengakses listrik.

Nah, tempatnya seru dengan fasilitas lengkap, iya kan. Kalau kamu masih juga mencari tempat camping fun buat keluarga, ke destinasi selanjutnya aja.

9. Puntiung – Bissolloro Camping

Tempat Camping Di Gowa Puntiung Bissolloro Camping
Puntiung – Bissolloro Camping, Gowa (sumber: instagram.com/puntiung/)
LokasiJl. Poros Bissoloro, Bissoloro, Kec. Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp20.000/orang per malam
Telepon
Daya tarik wisataHutan pinus, pemandangan sunset, pemandangan perbukitan, camping keluarga, udara sejuk
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa1 jam 6 menit (32,6 km) lewat Jl. Malino (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,8/5 dari 57 ulasan Google

Puntiung – Bissolloro Camping menawarkan area camping yang seru, begitu juga dengan perjalanan ke lokasi. Akses ke lokasi mudah, sesekali kamu pun mungkin berjumpa dengan kawanan sapi di pinggir jalan. Kamu dapat berkendara motor dan mobil ke tempat camping ini.

Nah, area camping-nya berada di tengah hutan pinus. Selain aksesnya bagus ke lokasi, di tempat camping juga sudah tersedia fasilitas umum. Tersedia musala dan ada toilet di beberapa titik.

Di samping itu, pihak pengelola tempat camping ini ramah. Untuk campers juga disediakan tenda, kompor, dan perlengkapan lainnya. Jadi, tak perlu khawatir kalau tidak membawa perlengkapan camping dan makanan. Di sini juga ada warung yang menjual masakan aneka mi rebus.

Sementara, biaya camping yaitu Rp20.000 per orang untuk satu malam. Kalau cuma jalan-jalan tanpa menginap biayanya Rp5.000 per orang.

Tempatnya yang familiar dengan suasana asri menjadikan camping ground ini nyaman. Kamu berkemah di tengah-tengah hutan pinus dengan pohonnya yang tinggi menjulang. Cocok buat menikmati akhir pekan dengan liburan bersama keluarga atau teman.

Oh iya, di sini juga terkenal dengan pemandangan sunset-nya. Saat matahari terbenam, terlihat langit biru semburat jingga dengan siluet pucuk-pucuk pohon pinus. Bahkan kamu bisa camping di sela hari kerja karena tempatnya tidak terlalu jauh dari kota Makassar.

Pokoknya asyik buat family camp di sini, bisa untuk acara kumpul sekeluarga. Campers biasanya betah dan ingin kembali lagi.

Nggak cuma di sini aja. Ada satu lagi hutan pinus yang asyik buat tempat camping. Di mana itu? Scroll ke bawah untuk mencari tahu.

10. Hutan Pinus Rita Malompoa Bissoloro

Tempat Camping Di Gowa Hutan Pinus Rita Malompoa Bissoloro
Hutan Pinus Rita Malompoa Bissoloro, Gowa (sumber: instagram.com/hutanpinusritamalompoa/)
LokasiUnnamed Road, Bissoloro, Kec. Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang untuk tiket masuk
Telepon0813-4112-3261
Daya tarik wisataHutan pinus, show permainan api, live music, hammock gratis, camping ground, udara dingin
Rute dari kota Sungguminasa, Gowa1 jam 10 menit (36,7 km) lewat Jl. Poros Bissoloro (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,7/5 dari 47 ulasan Google

Hutan Pinus RITA MALOMPOA BISSOLORO terbilang cukup baru dan diresmikan sejak tahun 2018. Tempat camping ini sangat family-friendly. Akses ke lokasi berupa jalan yang cukup bagus kondisinya. Campers umumnya naik kendaraan roda dua dan roda empat kemari.

Selain menaruh kendaraan di tempat parkir, kamu juga bisa membawa kendaraanmu sampai di area camping. Termasuk mobil bisa parkir di samping tenda di area camping-nya.

Area camping tersebut sangat luas berada di antara pepohonan pinus. Keseluruhan tempat camping juga bersih. Selain itu, tersedia fasilitas berupa listrik, Wi-Fi, air, dan toilet. Ada pula warung jadi tenang saja kalau tidak membawa bekal.

Kemudian juga ada atraksi hiburan, lh     o. Kamu dapat menikmati show permainan api juga live music setiap akhir pekan. Kadang, juga ada diskusi dengan suatu topik tertentu.

Selain itu, di sini disediakan perlengkapan camping, jadi kamu bisa menyewa tenda kalau tidak membawanya. Oh iya, kadang ada anjing yang berkeliaran di sekeliling tempat camping. Mungkin saja kamu akan berjumpa dengan mereka.

Sementara, di sini udara sejuk tapi tidak terlalu dingin. Jadi, kalau mengajak anak kecil termasuk bayi akan tetap aman. Mengajak keluarga dengan orang tua juga nyaman.

Saat camping waktunya kamu bersantai di alam sembari menikmati panorama hutan pinus. Biasanya campers juga tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto-foto. Di dekat tempat camping juga ada air terjun, nah mungkin kamu mau mampir ke sana.

Gimana, seru kan. Diagendakan aja buat camping ke sini.

Itulah rekomendasi tempat camping terbaik di Gowa. Cocok buat tempat liburan sekaligus refreshing bersama keluarga. Ada juga tempat camping yang ekstrem tapi indah memesona, cocok untuk para pencinta alam. Waktunya menjelajah Gowa dengan keindahan alamnya, ayo berangkat!

Leave a Comment