10 Tempat Camping Terbaik di Sulawesi Selatan yang Lagi Hits (2022)

Camping di alam terbuka bisa menjadi alternatif liburan seru di Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan memiliki banyak spot camping dengan bentang alam yang menawan. Mulai dari kawasan taman nasional, pegunungan, danau, dan hutan alam yang asri. Tempat-tempat tersebut tersebar di beberapa kota dan kabupaten. Nah, tempat camping terbaik di Sulawesi Selatan yang kami rekomendasikan ini bisa kamu pilih sebagai tujuan berliburmu selanjutnya. Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Sulawesi Selatan:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu bareng Napaktilas.

1. Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung
Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/btn_bantimurungbulusaraung/)
LokasiJln. Poros Maros-Bone Km.12, Kalabbirang, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp30.000,00
Telepon0411-3880252
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingMuseum kupu-kupu, bukit karst, gua, air terjun, sky bridge.

Camping di Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini cocok sekali untuk kamu yang berjiwa petualang. Kamu bisa menyaksikan keindahan hutan, gunung, danau, dan air terjun sekaligus. Selain itu, taman nasional ini adalah kawasan konservasi yang luasnya mencapai 43.000 hektar. Kamu bisa menemukan beragam spesies kupu-kupu, ratusan jenis tanaman, hingga ekosistem karst yang memesona.

Untuk bisa camping di tempat ini kamu harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Tersedia beberapa fasilitas pendukung seperti taman, toilet, gazebo, kantin, wahana permainan, dan spot foto.

Ada banyak aktivitas menarik dan edukatif yang bisa kamu lakukan saat camping di sini. Untuk aktivitas yang santai, kamu bisa mengunjungi Museum Kupu-Kupu. Di museum ini kamu bisa mempelajari perkembangan konservasi kupu-kupu, serta melihat beberapa spesies kupu-kupu langka. Ada juga air terjun yang indah, serta jembatan gantung yang bisa kamu kunjungi.

Ingin aktivitas yang lebih menantang? Kamu bisa menjelajahi bukit karst dan koridor karst yang banyak tersebar di Taman Nasional Bantimuring Bulusaraung. Ada juga gua-gua cantik dengan keindahan stalaktit dan stalagmitnya. Menariknya, gua-gua tersebut tidak hanya berbentuk horizontal, tetapi ada juga yang vertikal.

Untuk menuju ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalannya sudah bagus, dengan banyak petunjuk arah yang jelas. Ada juga transportasi lokal (pete-pete) yang rutenya langsung melewati taman nasional ini.

2. Hutan Pinus Camping Ground Lembanna

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Hutan Pinus Camping Ground Lembanna
Hutan Pinus Camping Ground Lembanna, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/om_mangg/)
LokasiPattapang, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00/orang
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingAir terjun Lembanna, hutan pinus

Hutan Pinus Camping Ground Lembanna cocok untuk kamu yang suka camping di tengah hutan dengan suasana yang tidak terlalu sepi. Camping Ground Lembanna memang sangat diminati sebagai tempat camping sehingga selalu ramai, terutama saat akhir pekan. Pengunjungnya rata-rata adalah keluarga dan anak-anak muda.

Untuk camping di Hutan Pinus Lembanna, kamu bisa membawa tenda sendiri. Per orangnya cukup membayar biaya camping sebesar Rp5.000,00 saja. Namun, di lokasi ini ada juga tempat persewaan tenda dan perlengkapan camping. Harganya tergantung pada jenis dan kapasitas tenda yang kamu pilih. Pengelola menyediakan fasilitas toilet, musala, area parkir yang luas, tempat makan, warung kopi, dan stand cinderamata.

Pemandangan hutan yang alami dan udara yang segar menjadi daya tarik utama. Suhu udara di Hutan Pinus Camping Grounds Lembanna ini cenderung dingin, bahkan pada siang hari. Tidak heran jika malam hingga pagi kamu bisa melihat kabut tipis muncul di area camping.

Untuk mengisi waktu selama camping,pengunjung biasanya akan bersantai di tenda, memasak bekal, dan menyalakan api unggun. Ada juga yang memasang hammock di antara pepohonan. Untuk yang suka petualangan, maka ada air terjun Lembanna yang bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit.

Catatan: Pengen rekomendasi spot camping yang lebih cantik? Kami punya banyak rekomendasi tempat camping di Indonesia yang bagus dan spesial nih. Check this out!

3. Lembah Hijau Camp & Resort

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Lembah Hijau Camp
Lembah Hijau Camp & Resort, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/bolangowa/)
LokasiLembah Hijau Camp & Resort, Malino, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp15.000,00/orang
Telepon0811412055
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSungai, wahana karpet aladin, spot foto

Untuk kamu yang suka camping dengan suasana glamour, maka tujulah Lembah Hijau Camp & Resort di Malino, Kabupaten Gowa. Lembah Hijau Camp menawarkan beberapa pilihan paket glamour camping (glamping). Harga per malamnya mulai dari Rp500.000,00.Ada pilihan camp dome, cabin camp, dan private camp. Masing-masing sudah dilengkapi dengan tempat tidur, sleeping bag, dan sarapan.

Pengelola menyediakan fasilitas tambahan berupa toilet, dapur umum, tempat ibadah, area parkir, barbeque area, dan spot foto. Saat malam hari, ada lampu hias warna-warni yang digantung di sekitar tenda sehingga suasana terasa makin menyenangkan.

Di Lembah Hijau Camp & Resort, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik untuk mengisi waktu camping. Mulai dari outbound hingga berfoto di spot-spot yang eye-catching. Kalau hanya ingin jalan-jalan di sekitar lokasi camping pun tetap asyik. Kamu bisa menikmati suasana khas pedesaan, sungai, hutan alam, hingga area perbukitan. Untuk yang lebih menantang, ada aktivitas river tubing. Dengan biaya Rp60.000,00 per orang, kamu sudah bisa seru-seruan menjelajahi sungai.

Untuk menuju ke Lembah Hijau Camp & Resort, akses jalan besarnya sudah cukup bagus. Namun, untuk yang menggunakan mobil perlu berhati-hati saat melewati jalan masuk utama ke area camping. Kurang lebih sepanjang 1 km, ruas jalannya lebih sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja secara bergantian.

4. Lembah Ramma

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Lembah Ramma
Lembah Ramma, Sulawesi Selatan (sumber:
LokasiBonto Lerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp10.000,00/orang
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSungai, Danau Slank, pemandangan kaki Gunung Bawakaraeng.

Lembah Ramma adalah salah satu tempat camping terbaik di Gowa, Sulsel. Lembah ini merupakan jalur pendakian yang sering dilewati oleh para pendaki pemula yang inigin menuju ke Gunung Bawakaraeng. Akses untuk menuju ke Lembah Ramma bisa dibilang cukup menantang. Medannya berliku, turun naik, dan banyak berbatuan besar. Kamu harus menggunakan alas kaki yang nyaman dan anti slip.

Tidak cukup semalam, banyak pengunjung yang rela menghabiskan minimal dua malam untuk camping di Lembah Ramma. Pemandangan yang tersaji sangat cantik. Alam yang serba hijau, tampak cantik berpadu dengan birunya langit. Udaranya sangat sejuk dan suasananya tenang. Momen sunrise dan sunset menjadi yang paling ditunggu. Dari perbukitan di sekitar lembah, pesona keduanya bisa dinikmati dengan leluasa. Pada malam hari, kamu bisa duduk santai di depan tenda sembari menikmati langit malam yang bertabur bintang.

Kamu juga bisa menemukan sungai kecil di sekitar Lembah Ramma. Airnya jernih dan hampir tidak pernah kering. Ketersediaan air bersih untuk camping cukup terjamin dengan adanya sungai ini. Biasanya di area lapang di sekitar sungai inilah para pengunjung mendirikan tenda. Sekitar 45 menit berjalan kaki dari Lembah Ramma, kamu juga bisa menemukan Danau Slank. Danau ini juga menjadi salah satu spot cantik untuk bersantai dan melepas penat.

Untuk menuju ke Lembah Ramma, kamu harus menuju ke Desa Lembanna terlebih dahulu. Desa ini bisa dicapai sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Makassar. Akses jalannya sudah cukup bagus untuk dilalui dengan mobil ataupun sepeda motor.

5. Campgrounds Ta’deang – Maros

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Campgrounds Tadeang Maros
Campgrounds Ta’deang – Maros, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/yusriahmad_0112/)
LokasiSamangki, Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSungai kecil, tebing alami

Di Kabupaten Maros ada Campgrounds Ta’deang yang menjadi area camping paling diminati. Terutama di akhir pekan, bumi perkemahan yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung. Campgrounds Ta’deang berjarak sekitar 44 km dari Kota Makassar. Kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor selama kurang lebih 1 jam perjalanan untuk sampai ke Campgrounds Ta’deang.

Banyak komunitas yang sering menyelenggarakan gathering di Campgrouns Ta’deang karena tempatnya luas. Selain mampu menampung banyak tenda, area camping di Ta’deang ini juga bisa digunakan untuk outbound maupun aktivitas kelompok lainnya. Area camping di Campgrounds Ta’deang berupa tanah lapang berumput yang diapit oleh dua anak sungai.

Di sungai ini biasanya pengunjung bermain air, berenang, atau bersantai menggunakan ban pelampung. Di sekeliling area camping juga masih banyak sekali tumbuh pohon-pohon lebat yang memberikan nuansa teduh dan alami. Kamu bisa memasang hammock di antara pepohonan ini. Ada juga tebing-tebing tinggi yang bisa digunakan untuk menjajal kemampuan panjat tebing.

Untuk camping di Campgrounds Ta’deang, kamu harus mempersiapkan tenda dan peralatan camping sendiri. Bawa juga perbekalan yang cukup. Walaupun lokasi camping berada tidak jauh dari jalan besar, tetapi masih agak sulit menemukan warung-warung makan.

6. Wisata Hutan Pinus Rombeng

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Wisata Hutan Pinus Rombeng
Wisata Hutan Pinus Rombeng, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/juzrha_pj93/)
LokasiLokasia desa, Bonto Lojong, Uluere, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000,00/orang
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus, perkebunan sayur, spot foto

Hutan Pinus Rombeng adalah destinasi wisata andalan di Kabupaten Bantaeng. Tempat ini masuk dalam deretan 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Wisata Hutan Pinus Rombeng bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Bantaeng.

Pesona alam di Hutan Pinus Rombeng sangat menawan, dengan udara sejuk yang menyegarkan. Pohon pinus yang ada di hutan ini memiliki struktur yang unik. Bentuknya bercabang-cabang dan daunnya lebat tidak beraturan sehingga disebut ‘rombeng’. Selain itu, sejak di perjalanan saja, kamu sudah akan dimanjakan dengan keindahan alam pegunungan dan kebun-kebun sayur. Tidak heran jika hutan pinus ini selalu ramai dengan pengunjung yang ingin camping.

Untuk camping di Wisata Hutan Pinus Rombeng, kamu bisa membawa sendiri tenda dan perlengkapannya. Atau, kalau tidak ingin repot, kamu bisa menyewa ke pengelola setempat. Kamu bebas mendirikan tenda di area lapang mana saja yang masih tersedia.

Fasilitas di Hutan Pinus Rombeng sudah sangat memadai. Ada toilet, musala, panggung pertunjukan, dan area parkir. Tidak perlu khawatir jika kekurangan bekal. Ada banyak deretan warung makan dan warung kopi milik warga setempat. Harga jajanan dan makanannya masih cukup terjangkau.

7. Muntea Camping Ground

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Muntea Camping Ground
Muntea Camping Ground, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/riiswanyusin7/)
LokasiBonto Tangnga, Uluere, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan area pegunungan, perkebunan sayur warga, spot foto.

Muntea Camping Ground berada di atas area pegunungan yang sejuk. Ada area lapang berumput yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Tidak ada tarif khusus yang dikenakan kepada pengunjung yang camping di tempat ini. Namun, semua perlengkapan camping dan perbekalan harus kamu persiapkan sendiri. Fasilitas yang tersedia di Muntea Camping Ground masih minim sekali. Belum ada toilet, tempat ibadah, maupun warung makan. Hanya ada sebuah gazebo mungil yang didirikan di area camping ground. Gazebo ini sering menjadi tempat bersantai para pengunjung, termasuk juga spot foto yang sangat instagrammable.

Selama camping di Muntea, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menawan dari ketinggian. Pemandangan yang terbentang adalah suasana pedesaan dan perkebunan warga sekitar. Sebagian wilayah Kabupaten Bantaeng juga terlihat jelas di kejauhan. Bahkan, pada malam hari kerlip lampu dari rumah-rumah warga terlihat sangat cantik. Keesokan harinya, momen sunrise juga menjadi suguhan yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa, kenakan pakaian yang tebal, ya. Suhu udara di Muntea Camping Ground cukup dingin, terutama saat pagi dan malam hari.

Untuk menuju ke Muntea Camping Ground, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat Kabupaten Bantaeng. Sementara dari Kota Makassar, waktu tempuhnya lebih lama, yaitu sekitar 3 jam perjalanan. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima. Akses jalan yang dilalui cukup ekstrem. Beberapa ruas jalan memiliki jalur yang menanjak dan banyak kelokan tajam.

8. Bumi Perkemahan Lajulo Indah

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Bumi Perkemahan Lajulo Indah
Bumi Perkemahan Lajulo Indah, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/asriadilalego/)
LokasiTuwung, Kec. Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingArea perbukitan, area outbound

Bumi Perkemahan Lajulo Indah sering menjadi tempat camping komunitas maupun acara sekolah. Area campingnya berupa tanah lapang yang luas. Area ini bisa menampung puluhan tenda sekaligus. Kamu juga bisa menggelar kegiatan outbound dengan leluasa.

Di pinggir area camping masih banyak pohon-pohon rindang yang tumbuh rapat. Biasanya pohon-pohon ini menjadi spot favorit untuk berteduh dan bersantai menikmati semilir angin. Udara di sekitar Bumi Perkemahan Lajulo Indah terbilang sejuk karena lokasinya yang berada di area perbukitan. Pada pagi hari, kamu bisa menikmati matahari terbit sembari menjelajahi kawasan bumi perkemahan.

Fasilitas yang tersedia di Bumi Perkemahan Lajulo Indah antara lain tempat ibadah, toilet, aula, dan area parkir yang luas. Dari pusat Kabupaten Barru, Bumi Perkemahan Lajulo Indah bisa dicapai dalam waktu 10 menit saja. Akses jalannya sudah cukup bagus untuk dilalui oleh mobil dan sepeda motor.

9. Danau Tanralili

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Danau Tanralili
Danau Tanralili, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/miftaahnf/)
LokasiManimbahoi, Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000,00/orang (HTM) Rp5.000,00/kendaraan (parkir)
Telepon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingLembah Ramma, kawasan pegunungan Bawakareang, hutan alami.

Danau Tanralili adalah slah satu tempat camping terbaik di Sulawesi Selatan. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Bawakareang. Banyak yang menyebut danau ini sebagai “Ranu Kumbolo-nya Sulawesi Selatan”. Danau Tanralili memiliki air yang jernih. Pemandangan sekitarnya sangat memanjakan mata karena dikelilingi kawasan pegunungan yang berselimutkan pepohonan nan hijau. Udaranya sejuk dan sangat menyegarkan. Pada waktu-waktu tertentu, kabut tipis akan muncul menutupi kawasan danau. Suasananya juga tenang sehingga kamu bisa melepas segala kepenatan saat camping di danau ini.

Di area camping Danau Tanralili belum tersedia fasilitas khusus. Jadi, bawalah tenda, peralatan camping, dan bekal makananyang memadai sesuai kebutuhanmu. Untuk persediaan air, kamu bisa menemukan banyak sumber air jernih di sepanjang jalur menuju ke danau ini.

Untuk menuju ke Danau Tanralili, kamu terlebih dahulu harus menuju ke Desa Langkese. Lokasinya berada persis sebelum objek wisata Malino. Nantinya di desa inilah kendaraanmu akan diparkirkan. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam. Kamu akan melintasi medan berupa jalan setapak, danau kecil, tanjakan naik, dan turunan yang cukup curam. Namun, semua lelah tersebut akan terbayar lunas saat kamu tiba di Danau Tanralili yang memukau.

10. Wisata Pasir Hijau Batara Malong

Tempat Camping Di Sulawesi Selatan Wisata Pasir Hijau Batara Malong
Wisata Pasir Hijau Batara Malong, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/randyrahmannn/)
LokasiJln Poros, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000
Telepon082393550034
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingKawasan pegunungan, sungai

Pasir Hijau Batara Malong yang berada di area lembah pegunungan ini adalah tempat camping favorit di Kabupaten Pinrang. Tempat ini dikenal juga dengan nama Lembah Salimbongan. Saat camping di Batara Malong, kamu akan disuguhkan keindahan kawasan khas pegunungan. Udaranya sejuk dan dingin, dengan suasana yang sangat tenang. Ada hamparan padang rumput luas dengan aliran sungai di sampingnya. Di padang rumput inilah biasanya para pengunjung memilih spot terbaiknya masing-masing untuk mendirikan tenda.

Menariknya, di padang rumput Batara Malong ada banyak kuda dan sapi milik warga yang dilepas untuk mencari makan. Keberadaan hewan-hewan ini tidak mengganggu aktivitas camping. Justru kuda dan sapi yang sedang makan di padang rumput menjadi pemandangan unik dan khas di Pasir Hijau Batara Malong.

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Pasir Hijau Batara Malong antara lain toilet, warung jajanan, dan masjid. Bawalah tenda dan perlengkapan yang memadai karena belum ada tempat persewaan peralatan camping di sini. Terutama untuk bekal makanan berat, pastikan kamu membawa stok yang cukup, ya. Rata-rata warung milik warga sekitar hanya menjual makanan ringan dan minuman saja.

Untuk menuju ke Wisata pasir Hijau Batara Malong, jarak tempuhnya sekitar 65 km dari pusat kota Pinrang. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 90 menit. Akses jalannya sudah cukup bagus untuk dilalui oleh mobil dan sepeda motor.

Dari 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Sulawesi Selatan tersebut, kira-kira mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu? Semuanya menawarkan pesona alam yang sangat memanjakan mata. Ajaklah teman atau keluargamu untuk camping. Istirahat sejenak dari rutinitas dan nikmati waktu santai bersama di alam terbuka. Pastinya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi tata tertib dari pengelola, ya.

Selanjutnya: Bagi yang ingin mengeksplorasi tempat camping di pucuk pulau Sulawesi, yaitu area Gorontalo, kami punya rekomendasi menarik nih. Mau? Berikut tempat camping terbaik di Gorontalo yang wajib kamu coba. Lanjut baca.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar