Puncak Halimun Camp: Foto, Lokasi, Harga Tiket [Review Lengkap]

Tahukah kamu bahwa Puncak Halimun Camp adalah salah satu tempat camping yang paling diminati di Puncak, Jawa Barat? Selain menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan kamu selama berlibur camping. Kami telah mengunjungi Puncak Halimun Camp dan menuliskan review lengkap tentang fasilitas serta aktivitas yang dapat kamu nikmati selama berlibur di sana.

Penasaran? Yuk, lanjut baca.

Sekilas tentang Puncak Halimun Camp

Keindahan Puncak Halimun Camp
Keindahan Puncak Halimun Camp, Bogor, Jawa Barat (sumber: instagram.com/puncak_halimuncamp/)
Nama Objek WisataPuncak Halimun Camp
LokasiPancawati, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp40.000/orang
Harga paket campingPaket Camping 1: Rp300.000/2 orang (sudah termasuk sewa tenda, sleeping bag, nesting, tikar, kompor, dan gas
Paket Camping 2: Rp350.000/3 orang (sudah termasuk sewa tenda, sleeping bag, nesting, tikar, kompor, dan gas
Paket Campervan: Rp35.000 + Rp45.000
Telepon081218384002
Daya tarik wisataPemandangan Gunung Gede Pangrango, keindahan panorama Gunung Salak, spot campervan, spot berfoto, trekking, mengendarai ATV keliling area perkemahan, udara pegunungan yang sejuk, keindahan sunrise dan sunset
Wisata menarik terdekat
Rating objek wisata4,6/5.0 – 324 ulasan Google

Puncak Halimun Camp adalah tempat camping keluarga di Bogor yang berada di kawasan perbukitan Pancawati Kabupaten Bogor. Tempat camping ini memang tergolong masih baru dan beroperasi sejak tahun 2021 kemarin. Walaupun masih dalam tahap pengembangan, Puncak Halimun Camp sudah lumayan nyaman dijadikan sebagai lokasi camping ceria.

Lokasi Puncak Halimun Camp lumayan strategis. Camping ground ini berdekatan dengan wisata kebun jati Pancawati, Kopi Daong, dan Lingkung Gunung Adventure Camp. Jadi, sebelum kamu camping bisa mampir dulu ke tempat-tempat wisata tersebut. Setelah lelah bertualang, barulah kamu bisa beristirahat sekaligus camping seru di camp Puncak Halimun.

Puncak Halimun Camp jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin camping sambil menikmati keindahan alam. Dari camping ground, kamu bisa menikmati keindahan Gunung Pangrango dan Gunung Salak yang sangat memukau. Area camping ground di bumi perkemahan ini juga sangat luas dan beragam. Pengunjung jadi lebih leluasa untuk memilih area camping yang mereka inginkan. Pemandangan yang ditawarkan masing-masing area camp juga berbeda-beda.

Secara total, ada 5 area camping ground yang tersedia di Puncak Halimun Camp. Masing-masing punya pesona tersendiri yang membuatnya unik. Area perkemahan yang tersedia dan bisa kamu pilih yaitu:

  • Camp Salak
  • Camp Halimun
  • Camp Pangrango
  • Camp Jengkol, dan
  • Camp Afrika

Selain camping, Puncak Halimun Camp juga menawarkan berbagai aktivitas seru. Untuk yang punya budget lebih bisa menyewa tenda glamping dengan fasilitas dalam tenda yang lumayan lengkap. Atau, kamu juga bisa sewa cottage yang nyaman dan pastinya membuatmu merasa betah. Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Puncak Halimun Camp ini  antara lain trekking menyusuri hutan dan mengendarai ATV.

Rute ke Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp memiliki rute dengan kondisi jalan yang lumayan menantang. Mendekati area wisata camping ini, kamu akan melintasi medan tanah dan sedikit berbatu. Jalan tersebut juga sempit dan hanya bisa dilewati oleh 1 mobil saja. Jadi, kalau berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan, harus sabar dan mau mengalah ya.

Untuk mencapai Puncak Halimun Camp, kamu bisa menggunakan moda transportasi sepeda motor maupun mobil. Lokasinya yang lumayan strategis membuat camping ground ini bisa dijangkau dari kota-kota terdekat di sekitar Kabupaten Bogor.

Berikut rute ke Puncak Halimun Camp dari kota terdekat:

Daya Tarik Puncak Halimun Camp

Walaupun tergolong masih baru, Puncak Halimun Camp berhasil menarik minat pencinta camping. Dengan kesejukan udara khas pegunungan yang ditawarkan, tentunya membuat siapa pun tertarik untuk camping semalam di sini. Apalagi, camping ground ini memiliki sejumlah daya tarik yang akan selalu membuatmu rindu. Apa saja daya tarik yang ditawarkan di tempat perkemahan ini?

1. Keindahan Gunung Gede dan Gunung Salak dari camping ground

Spot camping di Puncak Halimun Camp yang paling populer adalah Camp Salak. Area camping ground ini berada di ketinggian bukit berundak. Sambil camping di sini, kamu bisa menikmati keindahan panorama Gunung Salak yang sangat memukau. Apalagi, saat cuaca cerah yang membuat gunung tersebut terlihat lebih jelas. Area camping ground ini lebih banyak didominasi oleh kalangan anak-anak muda yang ingin menyaksikan sunset.

Selain camp Salak, Puncak Halimun Camp juga memiliki area camping dengan pesona yang tak kalah cantik. Camp Halimun misalnya, menawarkan pemandangan hamparan hutan dan perkebunan warga. Saat malam hari, kamu juga bisa menikmati keindahan city light view dari campground ini. Selain itu, ada juga area Camp Jengkol yang menawarkan keteduhan pepohonan. 

Untuk kamu yang tidak ingin terlalu jauh berkendara ke dalam area camping bisa mendirikan tenda di Camp Pangrango. Area camping ini cukup luas dan bisa memuat hingga puluhan tenda. Dari campground ini, pemandangan Gunung Gede Pangrango dan pegunungan hijau di sekitarnya terlihat sangat cantik. Di sini juga menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunrise.

Camp Afrika berada di area paling dalam dan ada di puncak bukit. Area camping ini juga sangat luas dengan udara yang sangat sejuk. Di sekitar campground terdapat beberapa pohon yang bisa kamu pakai untuk menggantungkan hammock. Pemandangan pegunungan yang indah jadi highlight di area camping ini.

2. Camping ground luas dan cocok untuk campervan dan motocamp

Hampir semua area camping ground di Puncak Halimun Camp ini sangat ideal untuk aktivitas campervan maupun motocamp. Jadi, kamu bisa langsung memarkirkan kendaraan mobil campervan maupun sepeda motor tepat di sebelah tenda. Bisa dibilang, Puncak Halimun Camp ini jadi destinasi camping favorit di kalangan pencinta campervan.

Area campervan biasanya lebih populer di kalangan keluarga yang ingin menikmati family camping. Komunitas campervan juga sering melakukan gathering sekaligus camping di sini. Saat weekend, sebaiknya kamu lakukan reservasi terlebih dulu supaya tidak kehabisan spot campervan yang strategis. Untuk yang ingin menikmati camping tanpa gangguan suara deru mobil, bisa mendirikan tenda di Camp Salak.

3. Sensasi glamping dengan view Gunung Salak

Daya tarik lainnya yang ada di Puncak Halimun Camp ini adalah fasilitas glamping. Ya, buat kamu yang ingin camping ceria tanpa harus repot-repot mendirikan tenda, bisa coba menginap di tenda glamping. Area glamping di camping ground ini diberikan nama Glamping Garuda Huha. Di sini sudah tersedia beberapa unit tenda glamping model barak yang unik.

Untuk saat ini, area glamping ini memang masih dalam tahap perkembangan. Tapi, kamu sudah bisa menyewa tenda glamping dengan harga soft opening yang terjangkau. View Gunung Salak terlihat sangat jelas saat cuaca cerah. Pemandangan perbukitan dan pepohonan juga semakin menyejukkan mata.

Walaupun belum maksimal, area glamping ini sudah punya beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamananmu. Fasilitas toilet umum sederhana yang bersih dan terawat bisa digunakan pengunjung glamping. Fasilitas tenda glamping meliputi 2 matras, bantal, selimut, dan meja. Kamu juga akan mendapatkan konsumsi air mineral kemasan botol.

4. Nyaman bermalam di bungalow tradisional khas Sunda

Selain camping dan glamping, kamu juga bisa menginap di penginapan. Puncak Halimun Camp punya fasilitas bungalow yang terinspirasi dari bangunan rumah Sunda. Bungalow ini memiliki bagian teras yang sangat luas. Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Selain fasilitas kasur, di dalam bungalow ini juga terdapat kamar mandi dan dapur. Jadi, sangat ideal bagi kamu yang liburan di Puncak Halimun Camp sambil membawa bayi atau balita.

Fasilitas wisata di Puncak Halimun Camp

Dari segi fasilitas, Puncak Halimun Camp mungkin memang belum selengkap tempat camping lainnya di Bogor. Tapi, walaupun terbilang masih sangat baru fasilitas yang disediakan sebenarnya sudah lumayan memadai. Sebagian besar fasilitas yang tersedia bisa kamu manfaatkan tanpa membayar sepeser pun. Tapi, ada juga beberapa fasilitas yang membutuhkan biaya tambahan. Apa saja fasilitas pendukung yang tersedia di bumi perkemahan ini?

Fasilitas umum yang disediakan di Puncak Halimun Camp ini bisa kamu gunakan secara gratis. Walaupun masih perlu untuk lebih dikembangkan lagi, keberadaan fasilitas umum ini sudah cukup membuatmu merasa nyaman. Fasilitas umum yang bisa diakses secara gratis adalah:

  • Toilet
  • Musala
  • Area parkir luas
  • Akses keran air untuk memasak/mencuci piring
  • Tempat sampah

Selain fasilitas yang tersedia gratis, ada juga fasilitas yang disediakan dengan biaya tambahan. Agar bisa menggunakan fasilitas ini, kamu harus menyediakan uang ekstra. Apa saja fasilitas berbayar yang disediakan di Puncak Halimun Camp?

  • Listrik
  • WiFi
  • Persewaan tenda dan perlengkapan camping
  • Cafe
  • Warung

Selama camping di sini, dijamin kamu tidak akan merasa bosan. Tempat wisata camping ground ini menyediakan beberapa fasilitas hiburan sederhana untukmu. Yaitu:

  • Persewaan ATV
  • Trekking
  • Menara pandang

Catatan: Fasilitas listrik berbayar hanya tersedia di waktu tertentu saja. Untuk fasilitas listrik di area camping ground hanya tersedia pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 17:00-08:00. Sedangkan, fasilitas glamping hanya menyediakan akses listrik mulai dari 18:00-24:00. Jadikan ini sebagai pertimbangan untuk mengisi daya HP atau powerbank milikmu, ya.

Spot foto cantik di Puncak Halimun Camp

Di Puncak Halimun Camp memang masih belum tersedia fasilitas khusus untuk berfoto. Tapi, ada banyak sekali spot menarik yang bisa dijadikan sebagai spot berfoto. Intip inspirasi foto-foto cantik di camping ground Puncak Halimun berikut ini.

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Di Puncak Halimun Camp, tiket masuk yang dikenakan sudah sekaligus biaya camping. Tapi, biaya tersebut masih belum termasuk biaya sewa tenda dan perlengkapan camping. Untuk kamu yang ingin ber-motocamp atau campervan, ada biaya sendiri yang akan dikenakan. Ditambah lagi, keperluan akses listrik dan fasilitas hiburan lainnya yang pasti membutuhkan biaya tambahan. Kamu memerlukan estimasi biaya yang lebih akurat untuk menentukan budget liburan di camping ground ini.

Berikut prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Puncak Halimun Camp:

Harga tiket masukRp40.000
Biaya parkirGratis
Biaya makanMulai dari Rp15.000
Biaya minumMulai dari Rp10.000
Biaya sewa ATVRp250.000/1 jam
Biaya trekking hutanRp60.000/orang
Biaya bikecampRp15.000/unit
Biaya motocampRp20.000/unit
Biaya campervanRp60.000/unit
Biaya sewa penginapanMulai dari Rp2.000.000/malam
Biaya sewa tenda glamping (kapasitas 3 – 4 orang)Rp500.000 (reservasi online) Rp550.000 (reservasi on the spot)
Biaya sewa tendaRp75.000 (kapasitas 3 – 4 orang)
Biaya sewa matrasRp30.000 (matras ukuran besar), Rp10.000 (matras ukuran kecil)
Biaya sewa sleeping bagRp20.000
Biaya sewa flysheet ukuran 2×3Rp25.000
Biaya sewa flysheet ukuran 3×3 – 3×4Rp35.000
Biaya sewa kompor portableRp30.000
Biaya sewa kompor miniRp20.000
Biaya sewa nestingRp20.000
Biaya gas refillRp20.000
Biaya head lamp chargeRp20.000
Biaya sewa lampu tendaRp30.000
Biaya sewa kursi lipatRp25.000
Biaya beli kayu bakarRp35.000/ikat
Biaya sewa ATVRp200.000/2 orang
Biaya listrik glampingRp70.000
Biaya listrik campingRp100.000
Biaya WifiRp10.000/24 jam

Dari data prakiraan biaya di atas, rata-rata wisatawan di Puncak Halimun Camp menghabiskan uang sekitar Rp135.000-Rp525.000 per orang.

5 kelebihan Puncak Halimun Camp

Dengan segala potensinya, Puncak Halimun Camp bisa jadi akan menjadi primadona camping terbaru di Bogor. Camping ground ini punya daya tarik yang membuat pencinta camping datang berbondong-bondong. Walaupun masih sangat baru, wisata camp ini punya beberapa kelebihan yang membuatnya jadi punya daya tarik tersendiri. Kelebihan yang dimiliki Puncak Halimun Camp antara lain:

1. Area camping ground sangat luas dan bisa muat hingga ratusan tenda

Di sini, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan spot saat ingin camping. Masing-masing area camping di sini sangat luas. Untuk area Camp Salak misalnya, bisa memuat hingga 45 tenda. Begitupula dengan area camping lainnya yang bisa memuat hingga puluhan tenda. Secara total, area camping di Puncak Halimun Camp ini bisa muat hingga ratusan tenda. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan lokasi camping komunitas maupun acara PERSAMI.

2. Fasilitas lengkap dan mudah diakses

Selama camping di sini, kamu tidak kekurangan apa pun. Fasilitas yang tersedia di area camping ini sudah lumayan lengkap. Bagi kamu yang enggan memasak makanan, bisa bersantap di warung yang ada di beberapa area camping.

Akses toilet juga sangat mudah ditemukan. Kondisi toilet sangat terawat dan terdiri dari beberapa bilik. Jadi, kamu tidak perlu khawatir harus mengantre terlalu lama. Bagi yang ingin beribadah juga bisa menggunakan fasilitas musala. Di dalam musala tersebut juga sudah disediakan perlengkapan salat, seperti sarung, mukena, dan sajadah.

3. Tersedia persewaan tenda dan perlengkapan camping

Ingin camping tapi tidak memiliki tenda atau perlengkapan kemah? Kamu tidak perlu khawatir! Karena, di Puncak Halimun Camp sudah menyediakan fasilitas persewaan tenda. Kamu juga bisa menyewa perlengkapan camping sesuai dengan kebutuhan. Harga sewa untuk tenda dan perlengkapan kemah lumayan terjangkau.

4. Tersedia area untuk semua kegiatan camping

Selain menjadi tempat wisata camping terluas di Indonesia, Puncak Halimun Camp juga menyediakan area lengkap untuk semua aktivitas camping. Mayoritas area di sini memang ideal untuk kegiatan campervan. Tapi, penggemar motocamp dan bikecamp juga bisa camping di sini. Penikmat camping biasa juga bisa mendirikan tenda sambil menikmati keindahan panorama di Camp Salak.

Yang tidak terbiasa tidur di tenda, bisa menyewa tenda glamping. Area glamping ini berlokasi sangat dekat dengan Camp Salak. Di area ini, kamu juga bisa menyaksikan keindahan panorama Gunung Salak. Untuk yang tidak ingin camping pun, bisa menginap di bungalow. Jadi, kamu bisa memilih aktivitas camping apa pun yang disukai. Menyenangkan, bukan?

5. Ada banyak kegiatan seru selama camping

Selama liburan camping di Puncak Halimun Camp kamu tidak akan merasa bosan. Tempat wisata camping ini menawarkan beberapa aktivitas seru untuk menemani waktu liburan. Kamu bisa mengendarai ATV berkeliling area di dalam kawasan perkemahan.

Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi hutan dengan aktivitas trekking sejauh 2 kilometer. Saat weekdays, area perkemahan sedikit lebih sepi. Jadi, kamu bisa mengajak anak-anak untuk bermain sepakbola atau bulu tangkis. Di dekat area camping juga terdapat café yang nyaman untuk tempat hangout.

5 kekurangan Puncak Halimun Camp

Terlepas dari daya tarik dan kelebihannya, Puncak Halimun Camp masih dalam tahap pengembangan. Jadi, jangan kaget jika ada beberapa hal yang membuatmu merasa kurang nyaman selama camping di sini. Sebelum camping ke sini, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu antisipasi:

1. Sinyal seluler yang terbatas

Lokasi Puncak Halimun Camp berada di atas pegunungan. Jadi, jangan kaget jika kamu mengalami kesulitan mendapatkan sinyal seluler. Tidak adanya sinyal seluler menjadi salah satu keluhan yang paling sering diutarakan pengunjung. Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan koneksi WiFi berbayar. Itu pun, kamu hanya bisa mengaksesnya di dekat café saja.

2. Akses listrik berbayar dengan akses terbatas

Di sini, kamu tidak hanya harus membayar biaya tambahan untuk menggunakan listrik. Akses listrik ini juga terjadwal dan hanya bisa kamu pakai di waktu-waktu tertentu saja. Di area camping ground, akses listrik baru bisa digunakan mulai pukul 17:00-08:00 saja. Sedangkan, area glamping baru bisa menggunakan fasilitas listrik dari pukul 18:00-24:00 saja.

3. Suasana berisik saat akhir pekan

Sebenarnya, pihak pengelola sudah menerapkan peraturan penggunaan sound system selama berada di dalam area camping. Mendengarkan musik dengan menggunakan sound system hanya boleh dilakukan hingga pukul 23:00 saja. Sayangnya, peraturan tersebut tidak benar-benar diberlakukan secara tegas.

Masih ada saja pengunjung nakal yang menyalakan musik menggunakan amplifier hingga dini hari. Tindakan mereka yang meresahkan tersebut tidak dikenakan sanksi atau denda dari pihak pengelola. Padahal, hal tersebut mengakibatkan pengunjung lainnya yang ingin beristirahat menjadi tidak nyaman.

4. Akses jalan curam dan licin saat musim hujan

Kamu harus lebih berhati-hati saat berkendara di dalam area Puncak Halimun Camp saat musim hujan. Medan di dalam area camping ini masih berupa tanah yang belum dipaving atau diaspal. Ditambah lagi, kondisi jalan yang curam dan menanjak yang hanya bisa dilewati beberapa jenis kendaraan saja. Yaitu, mobil 4×4, sepeda motor trail, sepeda motor kopling, dan sepeda gunung.

Saat musim hujan, jalan tanah di dalam area perkemahan ini sudah pasti akan menjadi becek dan licin. Sepeda motor dan mobil lebih rentan terpeleset saat melintas. Ditambah lagi, belum ada pagar pembatas yang menunjang keamanan. Jika ingin lebih aman, sebaiknya kamu camping di sini saat musim kemarau.

5. Tidak tersedia fasilitas penerangan memadai saat malam hari

Area camping ground di Puncak Halimun Camp di malam hari sangat gelap gulita. Pencahayaan di area camping ground ini sangat minim. Di satu sisi, pencahayaan yang minim bisa membuatmu bisa menikmati pemandangan langit berbintang dengan leluasa.

Di sisi lain, lingkungan yang gelap gulita tentunya mempersulit kamu di malam hari. Jika kamu membutuhkan penerangan, ada baiknya untuk membawa sendiri lampu darurat dari rumah. Atau, kamu juga bisa menyewa perangkat headlamp dari pengelola.

Kesimpulan

Hingga saat ini, Puncak Halimun Camp menjadi salah satu tempat camping terluas dan terlengkap di Kabupaten Bogor. Kamu bisa menikmati keindahan panorama Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak. Selain itu, udara yang sejuk dan lingkungan yang asri membuatmu semakin enjoy saat camping di sini. Fasilitas glamping dan penginapan yang tersedia juga bisa dipilih untuk membuat liburan bersama keluarga semakin nyaman.

Leave a Comment