Review Highland Camp Curug Panjang: Pengalaman Berkemah Impian!

Apakah kamu bosan dengan rutinitas sehari-hari yang membosankan? Jika iya, maka kamu harus mencoba pengalaman berkemah di Highland Camp Curug Panjang! Menyatu dengan alam dan melupakan kehidupan kota untuk sementara waktu dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Kami telah berkunjung ke sana dan membuat ulasan lengkap tentang pengalaman kami, jadi simaklah artikel ini dan temukan semua yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berkemah di sana.

Sekilas tentang Highland Camp Curug Panjang

Highland Camp Curug Panjang Bogor Jawa Barat
Highland Camp Curug Panjang, Bogor, Jawa Barat (sumber: instagram.com/agungmpril/)
Nama Objek WisataHighland Camp Curug Panjang
LokasiJl. Situhiang, Megamendung, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Jumat, 07:00 – 17:00
Sabtu – Minggu, 07:00 – 22:00
Harga tiket masuk (HTM)Rp66.000 (sudah termasuk sewa lahan camping. Bawa tenda dan perlengkapan camping sendiri)
Harga paket campingPaket Camping (minimal 4 pax dan kelipatannya): Rp195.000. Sudah termasuk sewa tenda dome kapasitas 4 orang, HTM, matras atau sleeping bag, perlengkapan memasak dan colokan listrik.
Paket Akomodasi Couple (2 hari 1 malam): Rp300.000/pax. Sudah termasuk: sewa lokasi camping (campsite Kendeng, Kitjabud, Ciputri, Nirmala, Batu Ampar, dan Batutapak), sewa tenda dome double layer, kasur, selimut, bantal, matras, hammock, api unggun, air mineral, tiket curug panjang, guide, perlengkapan memasak, dan colokan listrik.
Paket Couple Package (2 hari 1 malam): Rp400.000/pax. Sudah termasuk: sewa lokasi camping (campsite Situhiang dan Nirmala), sewa tenda dome double layer, kasur, selimut, bantal, matras, api unggun, 3x makan dan 1 break secara prasmanan, trekking hutan dan susur sungai, wisata curug panjang. Tambahan: Jelajah 2 curug Rp130.000/orang (sudah termasuk aktivitas body rafting, cliff jumping, dan asuransi)
Paket Family ++ (2 hari 1 malam, minimal 3 orang): Rp365.000/pax. Sudah termasuk: sewa lokasi camping (Campsite Situhiang dan Nirmala), sewa tenda dome (double layer), kasur, selimut, bantal, matras, api unggun, 3x makan + 1 break secara prasmanan, trekking hutan dan susur sungai, wisata curug panjang, dan guide. Tambahan: Jelajah wisata 2 curug: Rp130.000/orang. Sudah termasuk aktivitas: body rafting, cliff jumping, dan asuransi.
Paket Educamp (2 hari 1 malam, minimal 40 orang, usia peserta minimal 12 tahun): Rp595.000/pax. Sudah termasuk fasilitas tenda dome, matras dan sleeping bag, 4x makan dan 2x snack besar, peralatan memasak api besar, instruktur dan medical support, dan perlengkapan pendukung program)
Paket Gathering (2 hari 1 malam, minimal 30 orang): Rp495.000 Sudah termasuk: sewa lokasi di highland camp dan air terjun Curug Panjang, sewa lahan camping di zona Halimun, sewa tenda dome gede Pangrango (double layer), kasur, selimut, dan bantal, 3x makan dan 1x snack break (dalam sajian buffet), api unggun kebersamaan).
Paket Akomodasi Package (2 hari 1 malam, minimal 4 orang): Rp265.000. Sudah termasuk: sewa lokasi camping (campsite Kendeng, Kitjabud, Ciputri, Nirmala, Batu Ampar, dan Batutapak), sewa tenda dome (double layer), kasur, selimut, bantal, matras, hammock, api unggun, air mineral, tiket Curug Panjang, guide, perlengkapan (perlengkapan memasak di api besar, colokan listrik, dll)
Telepon085780002200
Daya tarik wisataTaman Kunang-kunang, pemandangan hutan pinus, jungle trekking, susur sungai, wisata curug
Wisata menarik terdekat
Rating objek wisata4,7/5.0 – 190 ulasan Google

Highland Camp Curug Panjang adalah salah satu tempat camping populer yang ada di Megamendung. Tempat camping ini berada di lereng Gunung Paseban sebelah barat daya. Dengan ketinggian mencapai 1086 mdpl, suhu udara di area camping ini sangat sejuk dan cenderung dingin di malam hari. Normalnya, suhu udara di Highland Camp berkisar mulai dari 17 derajat hingga 20 celsius.

Di area seluas kurang lebih 5,9 hektar ini, kamu akan dimanjakan dengan panorama pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Uniknya, Highland Camp Curug Panjang ini disusun sedemikian rupa sebagai Miniatur Halimun. Jadi, di sini kamu bisa menemukan berbagai tumbuhan yang menjadi ciri khas dari pegunungan Halimun. Di dekat area camping ground ini kamu juga bisa menjangkau wisata air terjun yang sangat populer, antara lain:

  • Curug Panjang
  • Curug Naga, dan
  • Curug Cibulaou

Untuk penggemar camping, kamu akan merasa sangat puas berkemah di sini. Highland Camp menawarkan 9 area camping yang terbagi di dalam 2 zona perkemahan utama. Zona Halimun adalah zona perkemahan yang bisa menampung hingga lebih dari 600 orang di masing-masing area camping. Area yang sangat luas membuat Zona Halimun lebih banyak digunakan untuk camping berkelompok, seperti camping komunitas atau perusahaan, PERSAMI, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang ingin solo camping atau berkemah bersama teman-teman, bisa pilih Zona Ciputri. Dibandingkan Zona Halimun, Zona Ciputri memang terkesan lebih tertutup. Vegetasi pohon pinus di zona ini memang lebih banyak dan memberikan kesan syahdu. Jadi, sangat cocok buat kamu yang ingin camping dengan suasana khas pegunungan.

Tak hanya itu, tersedia juga area camping khusus untuk keluarga atau rombongan kecil lainnya. Masing-masing area campsite di Highland Camp ini juga punya keunikan masing-masing yang membuat liburan campingmu semakin berkesan. Selain camping, ada banyak sekali aktivitas seru di Highland Camp yang menantimu. Mulai dari trekking ke berbagai wisata curug, river trekking (susur sungai), hingga menyaksikan keindahan kunang-kunang di Taman Kunang-kunang.

Rute ke Highland Camp Curug Panjang

Lokasi Highland Camp Curug Panjang terbilang sangat strategis. Karena, area perkemahan ini berada di dalam kawasan perkemahan dan penginapan di Megamendung Bogor. Kamu bisa menjangkaunya dengan menggunakan berbagai alat transportasi pribadi. Tempat wisata camping ini juga sangat mudah dijangkau dari berbagai kota terdekat dari Kota Bogor.

Berikut rute ke Highland Camp Curug Panjang dari kota terdekat:

Daya Tarik Highland Camp Curug Panjang

Memasuki area Highland Camp, kamu akan langsung dibuat terpesona. Area camping ini memiliki pesona pegunungan asli yang teduh dan menyejukkan. Selama camping di sini, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai pesona yang dimiliki bumi perkemahan ini. Inilah daya tarik Highland Camp Curug Panjang yang akan membuatmu jatuh cinta:

1. Keseruan camping ramai-ramai di Zona Camp Halimun

Acara camping ramai-ramai bersama teman-teman komunitas atau kolega kerja pastinya terasa menyenangkan. Apalagi, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas mini games seru untuk memperkuat kerja sama tim. Zona Halimun adalah zona camping di dalam Highland Camp yang diperuntukkan untuk mengakomodasi kebutuhanmu.

Di dalam Zona Halimun, terdapat 4 area camping yang bisa kamu pilih. Masing-masing area menawarkan lahan camping berupa lapangan hijau luas dan berundak. Zona ini dikelilingi sungai dengan aliran air yang jernih dan menyejukkan. Zona Halimun terbagi jadi 4 area perkemahan, yaitu:

  • Campsite Batutapak
  • Campsite Nirmala
  • Campsite Halimun, dan
  • Campsite Situhiang.

Semua area perkemahan di Zona Halimun ini memiliki daya tampung yang cukup besar. Jadi, sangat ideal untuk mengakomodasi camping untuk anak-anak sekolah dan mahasiswa, camping komunitas, outing, maupun aktivitas gathering. Area terluas adalah campsite Situhiang yang bisa menampung kurang lebih 34 tenda. Sedangkan, 3 zona lainnya punya daya tampung yang berkisar mulai dari 25-30 tenda.

2. Camping dengan nuansa khas pegunungan di Zona Camp Ciputri

Ingin merasakan suasana camping di tengah-tengah alam yang tenang? Kamu bisa merasakan pengalaman tersebut dengan camping di Zona Ciputri. Berbeda dari Zona Halimun, Zona Ciputri menawarkan lingkungan yang lebih asri dan tenang. Jadi, sangat cocok buat penggemar solo camping maupun camping untuk pencinta alam.

Zona Ciputri ini didominasi oleh pepohonan pinus yang sangat teduh. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beberapa pohon kopi yang berkembang dengan sangat baik di sini. Area ini berada di antara dua sungai kecil yang semakin menambah suasana syahdu. Udara di area Zona Ciputri ini juga lebih sejuk dan segar. Seakan-akan, kamu memang sedang berada di tengah-tengah hutan yang damai,

Zona Ciputri ini memiliki 5 jenis campsite yang bisa kamu pilih. Masing-masing campsite mempunyai peruntukan yang berbeda-beda. Sehingga, kamu bisa memilih untuk camping di zona mana pun yang sesuai dengan keinginan. Zona di dalam Zona Ciputri adalah:

  • Campsite Batuampar
  • Campsite Ciputri
  • Campsite Kendeng
  • Campsite Kitjabud, dan
  • Campsite Sukamantri.

Buat kamu yang ingin menikmati solo camping, bisa memilih campsite Batuampar dan campsite Ciputri. Sedangkan, keluarga yang ingin camping ceria biasanya akan langsung diarahkan ke area campsite Kendeng, Kitjabud, dan Sukamantri.

3. Camping keluarga sambil mendengarkan suara alam

Kapan lagi bisa camping bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam? Zona campsite Kendeng, Kitjabud, dan Sukamantri menawarkan pengalaman camping bersama keluarga dan dikelilingi pemandangan alam yang cantik. 3 area yang berada di dalam Zona Ciputri ini memang dikhususkan buat aktivitas family camping. Kamu tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman camping dengan privasi tingkat tinggi.

Di area camping ini juga terdapat pesona alam yang memukau. Area camping keluarga ini dikelilingi oleh tumbuhan calliandra merah. Di ketiga zona ini, kamu juga bisa mendengarkan kicauan burung-burung liar yang biasanya terdengar saat senja. Di malam hari, suara gemercik sungai yang mengalir di antara berbatuan akan mengiringimu hingga terlelap.

Oh ya, 3 area camping ini juga punya karakteristik khusus. Campsite Kedeng memiliki sungai kecil di arah tenggara. Sungai tersebut memiliki aliran air yang tidak terlalu deras. Jadi, anak-anak bisa bermain di sungai dengan aman. Sedangkan, campsite Kitjabud dan campsite Sukamantri berlokasi tepat di antara perbatasan sungai dan hutan pinus.

4. Menyaksikan keindahan kunang-kunang

Kunang-kunang adalah serangga bercahaya yang hampir tidak pernah ditemui di kota-kota besar. Wajar saja, hewan ini memang hanya bisa berkembang biak di lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi. Buat kamu yang pernah melihat kunang-kunang saat kecil, pastinya sangat rindu menyaksikan pendarnya di tengah kegelapan malam.

Nah, di Highland Camp ini kamu bisa kembali menyaksikan keindahan kunang-kunang. Selain berfungsi sebagai lahan wisata camping, Highland Camp juga dijadikan sebagai area konservasi. Salah satu hewan yang dilindungi di area ini adalah kunang-kunang. Kamu bisa menemukan serangga bercahaya ini di Taman Kunang-kunang.

Untuk menyaksikan kunang-kunang ini, pastikan kamu datang di waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk menyaksikan kunang-kunang adalah saat cuaca cerah pukul 19:30-22:00. Suhu udara juga harus berkisar di angka 17-20 derajat celsius.

5. Bertualang menembus hutan mencapai curug

Kegiatan lainnya yang jadi daya tarik di Highland Camp Curug Panjang adalah trekking hutan. Bukan sembarang trekking, di ujung perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan alam curug yang memesona. Halimun Camp memang berada sangat dekat dengan beberapa curug atau air terjun. Curug Panjang dan Curug Naga adalah destinasi air terjun yang paling banyak didatangi pengunjung Highland Camp.

Untuk mencapai curug, kamu hanya perlu trekking selama kurang lebih 10 menit. Rasa lelah setelah melewati medan trekking akan langsung terbayar begitu kamu sampai ke wisata curug tersebut. Aliran air yang jernih dan dingin membuat tubuhmu jadi lebih segar. Kamu juga bisa bermain-main air di anak sungai yang berada di dekat curug.

Buat yang enggan berjalan terlalu jauh, bisa trekking singkat ke Curug Saimah. Curug Saimah adalah air terjun kecil dengan 3 terjunan air yang berada di dalam area Highland Camp. Air terjun ini didominasi oleh berbatuan besar di semua sisinya. Sehingga, tidak memungkinkan untuk bermain air di curug tersebut. Tapi, kamu bisa mendaki berbatuan tersebut atau berfoto-foto di dekat curug.

Fasilitas wisata di Highland Camp Curug Panjang

Untuk mendukung kenyamananmu, Highland Camp sudah menyediakan fasilitas camping yang sangat lengkap. Mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas hiburan semuanya tersedia untukmu. Fasilitas umum yang disediakan di Highland Camp Curug Panjang antara lain:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Musala
  • Pancuran untuk mencuci piring
  • Colokan listrik
  • Akses penerangan
  • Taman
  • Kolam

Selain area camping yang luas, Highland Camp juga menawarkan beberapa fasilitas camping untukmu. Fasilitas tersebut meliputi:

  • Area camping
  • Persewaan tenda (tipe Pangrango double layer)
  • Persewaan perlengkapan camping

Selain fasilitas di atas, Highland Camp juga menawarkan fasilitas hiburan, lho. Kamu bisa menggunakan fasilitas-fasilitas berikut untuk membuat liburanmu jadi semakin bermakna:

  • Taman kunang-kunang
  • Journey track
  • Fasilitas outbound

Spot foto cantik di Highland Camp Curug Panjang

Highland Camp Curug Panjang menawarkan lingkungan alam yang asri. Ada banyak sekali spot-spot cantik yang cocok untuk berfoto-foto. Yuk, intip inspirasi foto-foto cantik berikut:

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Tertarik camping di Highland Camp? Biaya camping di bumi perkemahan ini tergolong sangat terjangkau. Untuk camping mandiri dengan membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri, kamu hanya perlu bayar Rp66.000 per orang. Kamu juga bisa memilih paket camping dengan harga yang lumayan hemat. Sebaiknya, kamu mengetahui estimasi biaya pengeluaran yang kira-kira akan kamu keluarkan nanti.

Berikut prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Highland Camp Curug Panjang:

Harga tiket masukRp66.000 (sudah termasuk sewa lahan camping. Bawa tenda dan perlengkapan camping sendiri)
Biaya parkir Rp0 (gratis)
Biaya makanPaket 3x makan + 1 break (makan siang, makan malam, sarapan, dan break malam): Rp110.000/orang
Paket nasi liwet: Rp165.000 (untuk 6 orang), Rp250.000 (untuk 9 orang)
Menu nasi liwet: Nasi liwet, ayam goreng, tumis ikan teri, tahu dan tempe, lalapan, dan sambal.
Biaya minumMulai dari Rp10.000
Biaya masuk wisata curugRp15.000
Biaya sewa kasur, selimut, dan bantalRp60.000
Biaya sewa sleeping bagRp25.000
Biaya sewa tendaSewa tenda dome kapasitas 6-7 orang dewasa/4 unit kasur: Rp220.000 (Sudah termasuk colokan listrik)
Sewa tenda pleton: Rp1.500.000
Biaya sewa matras (ukuran 1,5×2 m, tebal: 5 cm)Rp15.000/lembar
Biaya kayu bakar untuk api unggunRp100.000/2 ikat
Biaya sewa hammockRp20.000/pcs
Biaya sewa flysheet (ukuran: 3×4 m)Rp70.000/pcs
Sewa Nesting setRp45.000
Sewa kompor portable setRp55.000

Dari data prakiraan biaya di atas, kamu hanya perlu menghabiskan biaya sebesar Rp66.000 untuk camping di Highland Camp Curug Panjang. Tapi, dengan persyaratan kamu harus membawa sendiri tenda maupun perlengkapan camping lainnya. Lain halnya jika kamu ingin menyewa tenda, perlengkapan camping, atau paket makan. Biaya yang dikeluarkan bisa jadi mencapai mulai dari Rp190.000-Rp300.000.

5 kelebihan Highland Camp Curug Panjang

Sekali kamu mengunjungi Highland Camp Curug Panjang dijamin akan sangat betah. Bumi perkemahan ini memang memiliki banyak sekali kelebihan. Tak heran, tempat ini mendapatkan rating yang sangat baik dari pengunjung. Kelebihan Highland Camp antara lain:

1. Area camping yang sangat luas

Bukan sekadar isapan jempol, area camping di Highland Camp memang yang terluas di Kota Bogor. Karena luasnya, area camping di sini bahkan dibagi menjadi 2 zona utama untuk mempermudah para pengunjung. Untuk keperluan gathering atau camping dalam jumlah besar bisa memilih Zona Halimun.

Sedangkan, Zona Ciputri lebih diperuntukkan buat camping mandiri dan camping keluarga. Letak area perkemahan dari kedua zona ini lumayan berjauhan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan merasa terganggu dengan kegiatan camper yang lain.

2. Menu paket makan memiliki rasa yang sangat lezat

Di Highland Camp memang tidak tersedia warung atau restoran. Tapi, kamu tetap bisa memesan paket makan saat reservasi untuk camping. Menu yang disajikan adalah nasi liwet yang sangat lezat. Nasi liwet adalah nasi gurih dengan cita rasa nasi yang pulen dan lezat. Nasi tersebut disajikan dengan menu ayam goreng yang juicy, lauk-pauk, dan sambal lalapan. Kamu bisa memesan menu ini untuk 6 dan 9 orang.

3. Staf yang ramah dan sigap

Pelayanan yang baik jadi salah satu poin plus yang dimiliki Highland Camp. Di sini, para staf akan berusaha sebaik mungkin untuk mengakomodasi kebutuhanmu. Mereka akan dengan sabar menjawab segala pertanyaan mengenai fasilitas maupun paket camping yang tersedia. Buat kamu yang menemui masalah selama camping di sini, jangan ragu-ragu untuk menghubungi mereka.

4. Fasilitas lengkap dan terawat

Hal lain yang mengagumkan dari Highland Camp adalah fasilitasnya yang sangat lengkap. Highland Camp menawarkan beberapa unit toilet di masing-masing area camping ground. Bilik toilet dalam kondisi bersih dan sangat terawat. Selain itu, tersedia juga fasilitas musala dan pancoran khusus untuk mencuci piring. Kamu juga akan mendapatkan fasilitas lampu dan colokan listrik untuk isi daya HP atau kamera.

5. Akses air bersih terjamin

Saat camping, ketersediaan air bersih pastinya jadi hal yang penting. Di Highland Camp, akses air bersih sangat mudah didapat. Area ini dikelilingi oleh sungai dengan air yang sangat jernih dan terjaga kebersihannya. Jadi, kamu bisa mengambil air di sungai untuk keperluan memasak. Pasokan air bersih di toilet maupun di pancoran untuk mencuci piring juga melimpah.

5 kekurangan Highland Camp Curug Panjang

Highland Camp memang nyaris sempurna. Tapi, tentunya tidak ada yang benar-benar sempurna di dunia ini. Bumi perkemahan ini pun memiliki beberapa kekurangan. Supaya liburanmu semakin maksimal, antisipasi hal-hal berikut, yuk:

1. Akses jalan ke lokasi dalam kondisi kurang baik

Berhati-hatilah saat berkendara menuju Highland Camp. Untuk mencapai bumi perkemahan ini, kamu harus melewati rute dengan medan yang berliku. Kamu juga akan melintasi jalan yang berbatasan langsung dengan jurang yang terjal. Tidak ada pagar pembatas, sehingga kamu harus ekstra berhati-hati.

Selain itu, kondisi jalan yang tidak rata juga membuat perjalanan ke Highland Camp semakin tak mudah. Jenis mobil city car kemungkinan akan lebih sulit melewati medan tersebut. Walaupun, itu bukan hal yang mustahil. Saya lebih menyarankan kamu untuk berkendara menggunakan mobil jenis 4WD atau mobil dengan ground clearance tinggi lainnya.

2. Sinyal seluler yang lemah

Selama kamu camping di Highland Camp, jangan kaget jika sinyal selulermu lemot atau bahkan error. Area Highland Camp memang berada di tengah-tengah hutan pinus. Hal tersebut mengakibatkan HP milikmu kesulitan dalam menangkap sinyal seluler. Untungnya, di sini tersedia fasilitas Wi-Fi berbayar yang bisa kamu gunakan untuk mengakses aplikasi medsos atau browsing.

3. Menu makanan yang monoton

Highland Camp menyediakan menu makanan nasi liwet yang bisa kamu pesan. Apalagi, di area camping ground ini memang tidak tersedia restoran, warung, atau kantin. Sayangnya, untuk saat ini kamu hanya bisa menikmati menu nasi liwet. Tidak ada pilihan menu lainnya yang bisa kamu pilih sesuai selera. Mau tidak mau, kamu harus memasak makanan sendiri jika ingin makan menu yang berbeda.

4. Tidak tersedia layanan porter

Jarak antara area parkir dengan area camping lumayan jauh. Jadi, kamu harus berjalan cukup jauh sambil membawa tenda dan perlengkapan camping hingga sampai ke area perkemahan. Apabila bawaanmu cukup berat dan banyak, pastinya akan terasa sangat merepotkan. Sayangnya, jasa porter masih belum tersedia di sini. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya kamu membawa perlengkapan camping yang sederhana saja.

5. Tidak tersedia area untuk campervan

Dengan suasana pegunungan yang sejuk dan menyegarkan, campervan di Highland Camp sepertinya sangat menarik, ya? Sayangnya, di sini hanya menyediakan area camping reguler saja. Buat kamu yang membawa mobil harus memarkirkan mobilmu di area parkir yang tersedia. Setelah itu, barulah kamu boleh memasuki area perkemahan.

Kesimpulan

Tidak perlu jauh-jauh mendaki Gunung Halimun untuk menikmati keasrian alamnya. Highland Camp Curug Panjang adalah miniatur Halimun yang menawarkan kenyamanan bagi kamu yang ingin camping. Di sini tersedia banyak sekali area perkemahan untuk berbagai kebutuhan. Fasilitas yang tersedia juga tak kalah lengkap. Selain camping, kamu juga bisa mengikuti bertualang ke wisata curug terdekat, mengunjungi Taman Kunang-kunang, susur sungai, dan lain-lain. Yuk, rencanakan liburanmu ke Highland Camp sekarang juga.

Leave a Comment