Review Puncak Langit: Mengapa Ini Spot Camping Terbaik?

Mengapa Puncak Langit jadi destinasi camping paling dicari? Kami punya jawabannya! Dalam artikel ini, kami akan membahas keindahan, kenyamanan, dan fasilitas menarik yang membuat kamu nggak akan ragu untuk memilih Puncak Langit sebagai tempat camping terbaik. Siap terpesona?

Sekilas tentang Puncak Langit Camping Ground

Keindahan Puncak Langit Camping Ground Bogor Jawa Barat
Keindahan Puncak Langit Camping Ground, Bogor, Jawa Barat (sumber: instagram.com/puncak_langit/)
Nama Objek WisataPuncak Langit Camping Ground
LokasiPuncak Megamendung Cisarua, Jl. Cipendawa, Bojong Koneng, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000 (sudah termasuk parkir kendaraan)
Harga paket campingRp60.000/orang/malam (bawa tenda dan perlengkapan camping sendiri)
Telepon083895095959
Daya tarik wisataPanorama hutan pinus, keindahan city light view, panorama langit berbintang di malam hari, wisata trekking, spot berfoto instagramable
Wisata menarik terdekat
Rating objek wisata4,6/5.0 – 317 ulasan Google

Puncak Langit camping ground adalah area perkemahan keluarga yang berada di kawasan Puncak Megamendung. Lokasinya juga sangat strategis dan merupakan salah satu dari 15 bumi perkemahan Cipendawa yang dikelola Perhutani. Area camping ground ini berada di antara perkemahan Filemon Camp dan Kampoeng Awan camping ground.

Camping ground ini berada di ketinggian 1300 mdpl di puncak bukit. Dari ketinggian ini, kamu bisa menyaksikan hamparan pepohonan pinus yang mengelilingi area camping. Lokasinya lumayan terpencil dan jauh dari akses jalan raya. Kamu benar-benar bisa menikmati ketenangan di tengah-tengah alam dan menghirup udara segar sepuas mungkin. Area perkemahan ini lumayan luas, dan kemungkinan bisa memuat hingga 100 tenda.

Buat kamu yang ingin camping tapi tidak memiliki tenda, jangan khawatir! Kamu bisa menyewa tenda yang tersedia dengan harga yang lumayan terjangkau. Di dekat area camping terdapat kedai kopi kecil yang menyajikan aneka hidangan kopi lezat dan makanan ringan. Tapi, cafe ini hanya buka hingga waktu tertentu saja. Jadi, pastikan kamu membawa perlengkapan memasak dan bahan makanan yang cukup, ya.

Selain camping, kamu juga bisa menginap di pondok unik di buper ini. Pondok ini memiliki bentuk segitiga sama sisi yang unik, dengan warna-warna cerah yang menarik. Di sekitar area bumi perkemahan juga terdapat berbagai area spot berfoto yang unik. Saat weekend, area ini dibanjiri oleh anak-anak muda yang ingin berfoto dengan latar belakang hutan pinus yang teduh.

Saat malam hari tiba, lampu-lampu yang digantungkan di antara pepohonan akan menyala. Sehingga, memberikan kesan romantis dan ceria di tengah-tengah kegelapan malam. Saya sarankan untuk datang saat weekdays di musim kemarau.

Saat langit cerah, kamu bisa menyaksikan pemandangan langit berbintang yang sangat cantik. Dari sini, pemandangan citylight kota Bogor juga kelihatan memesona. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas trekking atau bersantai di atas hammock sambil menikmati semilir angin. Menyalakan api unggun bersama orang terkasih pastinya makin menghangatkan suasana.

Rute ke Puncak Langit Camping Ground

Lokasi Puncak Langit camping ground ini berada di kawasan bumi perkemahan Megamendung. Kamu bisa menjangkaunya dengan berbagai alat transportasi pribadi. Bumi perkemahan ini juga bisa dijangkau dari kota-kota terdekat sekitar Megamendung.

Berikut rute ke Puncak Langit Camping Ground dari kota terdekat:

Daya Tarik Puncak Langit Camping Ground

Untuk mencapai Puncak Langit camping ground memang lumayan membutuhkan usaha. Tapi, rasa lelah tersebut akan langsung terbayar begitu kamu mendirikan tenda di sini. Apa saja daya tarik yang dimiliki camping ground Puncak Langit yang akan membuatmu betah?

1. Sensasi camping di tengah-tengah hutan pinus

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi camping di alam bebas akan merasa terpuaskan di sini. Lokasi camping ground ini berada di puncak bukit dan ada di tengah-tengah hutan pinus yang teduh. Di sekitar area camping pun didominasi dengan pepohonan pinus yang lebat. Ditambah lagi, camping ground ini berada sangat jauh dari pusat keramaian. Jadi, kamu benar-benar bisa menikmati ketenangan yang ditawarkan hutan pinus ini.

2. Panorama Citylight kota Bogor yang memesona

Dari camping ground ini, kamu juga bisa menyaksikan lanskap kota Bogor dengan sangat jelas. Terutama, saat cuaca cerah. Saat hari berganti malam, di situlah pesona sesungguhnya terlihat. Kamu dapat menikmati city light view dari Kota Bogor yang terlihat seperti lautan bintang di kejauhan. Suasana jadi semakin romantis dengan suhu udara yang semakin sejuk di malam hari. Kamu bisa menyaksikan panorama ini dari dalam tenda maupun saat bersantai di teras cottage.

3. Keindahan langit berbintang saat malam hari

Cobalah mendongak ke atas langit saat malam hari tiba. Di atasmu pun akan terlihat lautan bintang yang berkilauan. Saat cuaca cerah, Puncak Langit camping ground juga bisa jadi lokasi yang ideal untuk stargazing. Langit yang menaungi area camping ini memang sama sekali tidak tersentuh oleh polusi udara maupun polusi cahaya. Sehingga, kamu bisa benar-benar bisa menikmati gemerlap bintang yang sangat cantik.

4. Menginap di cottage kayu kerucut di tengah hutan pinus

Selain camping, kamu juga bisa menyewa cottage di area ini, lho. Dari segi arsitektur, cottage kayu ini memiliki bentuk kerucut yang sangat unik. Warna-warnanya yang cerah membuat cottage unik ini terlihat seperti rumah boneka di tengah lebatnya pohon pinus.

Beberapa unit cottage sudah dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Tapi, ada juga yang memiliki akses kamar mandi luar. Tentunya, harga menginap di 2 jenis cottage ini berbeda ya!

5. Spot berfoto unik dengan latar belakang pemandangan epik

Camping atau berlibur di Puncak Langit camping ground rasanya kurang lengkap jika belum berfoto-foto. Apalagi, karena kamu dikelilingi dengan pemandangan hutan pinus dan lanskap kota yang sangat cantik. Kamu bisa berfoto-foto bersama keluarga dan teman-teman di spot foto yang disediakan.

Masing-masing spot foto memiliki bentuk dan tema yang sangat unik. Di belakangnya adalah hamparan pepohonan pinus dan citylight view yang bisa mempercantik fotomu. Kamu juga bisa berswafoto di antara pepohonan pinus yang ada di camping ground ini.

Fasilitas wisata di Puncak Langit Camping Ground

Fasilitas yang ada di Puncak Langit camping ground memang tidak terlalu banyak. Selain karena masih baru, mungkin pengelola memang ingin membuat tempat ini masih sealami mungkin. Tapi, fasilitas yang ada sebenarnya sudah sangat bisa mengakomodasi kebutuhanmu. Fasilitas umum yang tersedia di Puncak Langit camping ground meliputi:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Aula
  • Musala
  • Dapur umum
  • Warung makanan
  • Café

Bagi kamu yang ingin menginap, Puncak Langit camping ground menyediakan fasilitas:

  • Camping ground
  • Cottage kerucut
  • Persewaan tenda

Buat kamu yang sekadar berwisata atau sekaligus camping, ada beberapa fasilitas hiburan yang bisa dimanfaatkan, lho. Yaitu:

  • Jalur trekking
  • Spot berfoto.

Spot foto cantik di Puncak Langit Camping Ground

Puncak Langit camping ground menawarkan spot berfoto unik yang bisa kamu pakai untuk berswafoto. Selain itu, kamu juga bisa menemukan spot-spot foto cantik yang tersebar di dalam area perkemahan ini. Buat inspirasi, kamu bisa intip foto-foto berikut.

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Untuk sekadar berwisata di Puncak Langit camping ground memang tidak membutuhkan biaya yang besar. Harga tiket masuk untuk pengunjung yang berwisata sangat terjangkau. Tapi, kamu harus mempertimbangkan prakiraan biaya tambahan jika ingin camping di sini. Karena, selain biaya masuk kamu juga akan dibebankan dengan biaya sewa area camping. Dengan memperkirakan biaya pengeluaran, kamu tidak akan terkejut saat sampai di lokasi nanti.

Berikut prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Puncak Langit Camping Ground:

Harga tiket masukRp15.000 (sudah termasuk biaya parkir)
Biaya makanMulai dari Rp15.000
Biaya minumMulai dari Rp5.000
Biaya sewa pondok glampingMulai dari Rp300.000-Rp400.000/malam
Biaya sewa tendaMulai dari Rp200.000/tenda/malam

Dari data di atas, wisatawan yang camping di Puncak Langit campground akan mengeluarkan biaya rata-rata sebesar Rp95.000 per orang. Jika kamu memutuskan untuk menyewa tenda atau penginapan, biaya pengeluaran sudah pasti akan lebih besar.

5 kelebihan Puncak Langit Camping Ground

Puncak Langit camping ground jadi lokasi wisata yang tepat bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Bogor. Kamu akan merasa betah berlama-lama menikmati keindahan hutan pinus dan pemandangan kota yang sangat cantik. Tak hanya itu saja! Berikut adalah kelebihan dari Puncak Langit camping ground yang membuatmu merasa nyaman:

1. Suasana tenang dan jauh dari hiruk-pikuk

Puncak Langit camping ground menawarkan suasana yang tenang dan damai bagi kamu yang ingin melepaskan penat. Tempat camping ini bisa terbilang masih sangat tersembunyi dan belum terlalu diketahui orang banyak. Jadi, jangan heran jika kamu benar-benar bisa menikmati kesunyian dan ketenangan dari hutan pinus yang masih sangat alami. Cocok deh untuk aktivitas refreshing.

2. Pilihan kuliner yang beragam dengan cita rasa lezat

Selama liburan atau camping di sini, tidak perlu khawatir kelaparan. Karena, kamu bisa memilih variasi menu yang beragam yang disajikan di cafe Puncak Langit. Kamu wajib coba menu nasi goreng dan kopi yang ada di cafe ini!

Atau, kamu juga bisa melintasi rute trekking untuk sampai ke warung penduduk yang ada di kaki bukit. Di sana, tersedia banyak sekali menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, rasa masakan dan porsi yang disajikan juga sangat memuaskan!

3. Kondisi fasilitas yang terjaga kebersihannya

Walaupun tergolong sangat sederhana, fasilitas yang ada di Puncak Langit camping ground ini benar-benar terjaga. Fasilitas toilet memiliki aliran air bersih yang lancar dan memiliki lampu. Lantai toilet juga selalu dibersihkan secara rutin. Begitu pula dengan fasilitas musala yang terlihat sangat bersih dan terawat.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas dapur umum yang disediakan di sini, lho. Jadi, kamu hanya perlu membawa perlengkapan dan bahan-bahan untuk memasak. Sangat praktis, kan? Kamu jadi tidak perlu membawa kompor dan gas tabung.

4. Staf camping ground yang ramah dan cekatan

Staf yang bekerja di Puncak Langit camping ground ini sangat ramah, lho. Mereka akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untukmu. Para staf ini juga sangat terlatih dan cekatan. Kamu bisa meminta bantuan kepada mereka jika mengalami kesulitan atau membutuhkan layanan tertentu selama camping di sini.

5. Cocok untuk kegiatan komunitas

Area camping ground Puncak Langit lumayan luas dan bisa menampung hingga 100 orang, lho. Makanya, tak heran banyak komunitas yang menggelar acara gathering di sini. Di sini, kamu dan teman-teman komunitas bisa camping ceria hingga mengadakan aktivitas mini games yang seru. Selain itu, Puncak Langit campground juga menyediakan fasilitas aula yang lumayan luas untuk mengakomodasi kebutuhanmu.

5 kekurangan Puncak Langit Camping Ground

Puncak Langit camping ground memang menawarkan ketenangan dan pengalaman camping yang tidak terlupakan. Tapi, bumi perkemahan ini juga punya beberapa kekurangan. Ada kalanya, kekurangan ini membuat wisata campingmu jadi terasa kurang maksimal. Kekurangan yang dimiliki Puncak Langit camping ground adalah:

1. Kondisi jalan menuju area camping yang sangat menanjak

Untuk menjangkau area camping ground, kamu harus memiliki stamina yang prima. Jalan utama menuju camping ground memiliki kontur tanah yang menanjak dengan anak tangga yang terbuat dari tanah. Lumayan membuat nafasmu jadi ngos-ngosan dan lututmu berteriak.

Buat yang membawa anak-anak dan lansia, ada jalur alternatif yang bisa kamu pakai. Jalur ini memang masih memiliki tanjakan di beberapa titik. Tapi, tanjakan ini tergolong lebih landai. Sehingga, lebih mudah untuk dilewati. Namun, kedua jalan ini masih berupa rute tanah yang akan sangat becek dan licin saat terkena air hujan.

2. Kondisi area parkir yang kurang aman

Jika kamu berwisata atau camping di Puncak Langit camping ground, bawa serta helmmu, ya. Karena, ternyata sudah ada banyak kejadian pengunjung yang kehilangan helm mereka saat berwisata di sini. Sayangnya, petugas parkir juga tidak bersedia untuk bertanggung jawab atau meningkatkan keamanan. Selain helm, kamu juga harus memastikan tidak ada berharga yang tertinggal di motor, seperti HP dan dompet.

3. Area camping berada jauh dari lahan parkir

Jika ingin berwisata ke Puncak Langit camping ground, saya sarankan jangan membawa perlengkapan yang terlalu banyak. Pasalnya, area camping ground ini berada di puncak bukit dan lumayan jauh dari area parkir. Ditambah lagi, kamu harus melewati jalan menanjak yang lumayan menguras tenaga. Jadi, lebih baik hindari berjalan bolak-balik dari area parkir ke camping ground, ya.

4. Sinyal HP yang tidak lancar

Karena kamu camping di tengah-tengah hutan, wajar saja jika sinyal HPmu juga jadi terganggu. Alhasil, kamu tidak bisa mengakses layanan yang disediakan provider selulermu. Untuk pengguna Telkomsel sekalipun, sinyalnya juga sangat minim. Ditambah lagi, di sini juga tidak menyediakan wi-fi. Jadi, aksesmu ke dunia luar benar-benar terputus. Di sisi lain, kamu jadi bisa lebih maksimal liburan tanpa diganggu oleh bos yang cerewet. Hehehe.

5. Akses jalan kurang ideal untuk mobil

Jika kamu berencana camping berdua saja, lebih baik menggunakan sepeda motor saja. Akses jalan menuju Puncak Langit camping ground tergolong kurang ideal untuk dilintasi kendaraan mobil. Ruas jalan terlalu sempit dan hanya bisa dilewati oleh satu mobil. Ditambah lagi, kamu harus melintasi medan yang diapit jurang di sisi kanan dan kiri. Sehingga, kamu harus benar-benar ekstra hati-hati saat berkendara.

Kesimpulan

Wisata ke Puncak Langit camping ground sangat cocok bagi kamu yang inginmembuang penat. Camping ground ini menawarkan suasana alam yang tenang dan damai dikelilingi oleh hutan pinus. Kamu bisa camping atau menginap di dalam cottage kerucut yang sangat unik. Ada cafe kekinian dan spot berfoto unik yang wajib kamu coba. Tertarik? Yuk, wisata dan camping sekarang juga ke camping ground Puncak Langit.

Leave a Comment