10 Wisata Pantai Terindah di Balikpapan yang Lagi Hits (2022)

Balikpapan yang berada di Kalimantan Timur terkenal memiliki banyak objek wisata yang menarik, terutama wisata pantainya. Lokasi kota Balikpapan memang dekat dengan laut sehingga pesona pantainya tidak perlu diragukan lagi.

Untuk kamu yang ingin berlibur ke pantai terindah di Balikpapan, wajib membaca ulasan berikut ini. Kami akan membagikan rekomendasi 10 pantai terindah di Balikpapan yang lagi hits khusus untuk kamu, nih! Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Balikpapan:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Balikpapan? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Melawai

Pantai Balikpapan Pantai Melawai
Pantai Melawai, Balikpapan (sumber: instagram.com/aliluthfiassegaf/)
LokasiJl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000,00/motor Rp5.000,00/mobil
Rute menuju tempat wisata1 jam 57 menit (116 km) via Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
Objek wisata dekat Pantai Melawai» Pantai Monpera (5 menit (2.0 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Pantai Banua Patra (3 menit (1.1 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Taman Bekapai (7 menit (3.0 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
Kuliner lezat terdekat» Rumah Makan Torani (16 menit (7.1 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Ocean’s Resto Balikpapan (8 menit (3.2 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Biru Laut Restauran (5 menit (1.8 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
Rating4,4/5 dari 10.343 ulasan Google

Rekomendasi pantai terbaik di Balikpapan yang pertama adalah Pantai Melawai. Pantai ini lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Balikpapan. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk menuju ke Pantai Melawai.

Pantai Melawai selalu ramai dengan pengunjung, terutama saat sore dan malam hari. Pantai ini cukup unik karena hanya berupa bibir laut yang dibatasi dengan beton dan batu karang. Di atas beton-beton inilah pengunjung biasanya akan bersantai menikmati pemandangan laut.

Dari Pantai Melawai kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas berhiaskan kapal-kapal yang sedang berlayar. Ada juga kapal-kapal yang sedang merapat dan melakukan proses bongkar muat di Pelabuhan Semayang. Saat senja, pemandangan laut lepasnya akan semakin cantik dengan semburat cahaya matahari yang mulai tenggelam.

Menjelang sore hari, banyak penjual makanan dan cafecafe kaki lima yang mulai buka. Kamu bisa memesan aneka jajanan, makanan berat, ataupun minuman. Harga makanan dan minumannya rata-rata masih sangat bersahabat di kantong. Nah,terbayang ‘kan asyiknya bersantai di Pantai Melawai ini?

2. Pantai Kemala

Pantai Balikpapan Pantai Kemala
Pantai Kemala, Balikpapan (sumber: instagram.com/myfundiary/)
LokasiPrapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata1 jam 52 menit (115 km) via Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
Objek wisata dekat Pantai Kemala» Pantai Batu-Batu Banua Patra (2 menit (800.0 m) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Pantai Monpera (3 menit (1.0 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Pantai Melawai (3 menit (1.0 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
Kuliner lezat terdekat» Ocean’s Resto Balikpapan (6 menit (2.3 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Biru Laut Restauran (3 menit (850.0 m) via Jl. Jenderal Sudirman)
Rating4,4/5 dari 492 ulasan Google

Pantai terbaik di Balikpapan yang berikutnya adalah Pantai Kemala. Tidak sulit untuk menemukan pantai ini karena lokasinya berada tidak jauh dari pusat Kota Balikpapan. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan angkutan umum nomor 03 untuk menuju ke Pantai Kemala.

Pantai Kemala memiliki hamparan pasir putih kecokelatan. Air lautnya berwarna biru dengan ombak yang cukup tenang. Pantai yang landai ini cocok untuk aktivitas berenang dan bermain air. Pantai Kemala masih terlihat alami dan teduh karena banyak pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pantai.

Di kejauhan juga tampak kapal-kapal tanker dan kapal nelayan yang sedang berlayar. Selain menikmati pemandangan dan berenang, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru lainnya. Tersedia banana boat, flying fox, dan paradigling untuk kamu yang suka dengan tantangan.

Pengelola Pantai Kemala sudah menyediakan fasilitas-fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Mulai dari toilet, ruang bilas, dan musala. Ada juga beberapa pilihan warung makan yang menyediakan menu jajanan dan aneka hidangan laut.

3. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Balikpapan Pantai Manggar Segara Sari
Pantai Manggar Segara Sari, Balikpapan (sumber: instagram.com/nycole_id/)
LokasiManggar Baru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata1 jam 36 menit (108 km) via Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
Objek wisata dekat Pantai Manggar Segara Sari» Colors Villages, Teluk Seribu Balikpapan (7 menit (1.9 km) via Jl. Partai and Jl. Mulawarman)
» Barnacies Crocodile Farm (14 menit (6.6 km) via Jl. Mulawarman)
» Pantai Lamaru (12 menit (4.7 km) via Jl. Mulawarman and Jl. Sosial)
Kuliner lezat terdekat» Batakan Beach Cafe (17 menit (6.8 km) via Jl. Mulawarman)
Rating4,2/5 dari 3.487 ulasan Google

Pantai Manggar adalah rekomendasi pantai terbaik di Balikpapan yang bisa kamu tuju untuk berlibur. Dibandingkan pantai lainnya, Pantai Manggar memiliki total luas kawasan yang cukup besar, yaitu mencapai 13.000 m2. Pantai ini berkontur landai dengan pasir berwarna putih kecokelatan.

Kesan alami terlihat dengan adanya pohon-pohon pinus yang berderet rapi di sepanjang pantai. Rata-rata pengunjung yang datang ke Pantai Manggar senang sekali bermain di pasirnya yang lembut. Ada yang bermain bola, bermain layang-layang, hingga membuat istana pasir. Kalau kamu penyuka tantangan, pengelola menyediakan pilihan banana boat dan jestski.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah patung beruang madu dan bekas bunker Jepang. Beruang madu merupakan ikondari Kota Balikpapan. Tidak heran kalau patung beruang madu ini kemudian menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Sementara itu, bekas bunker Jepang yang ada di Pantai Manggar ini adalah salah satu cagar budaya, lho. Kamu bisa melihat-lihat hingga ke bagian dalam bunker yang pernah menjadi tempat persembunyian dan pertahanan Jepang di masa lalu.

Tertarik berkunjung ke Pantai Manggar? Kamu bisa menuju ke pantai ini dengan menggunakan mobil dan sepeda motor. Akses jalannya sudah bagus dan tersedia petunjuk arah yang jelas. Kamu juga bisa menggunakan angkutan umum kota nomor 07 yang rutenya melewati Pantai Manggar.

4. Pantai Lamaru

Pantai Balikpapan Pantai Lamaru
Pantai Lamaru, Balikpapan (sumber: instagram.com/pantailamarubalikpapan/)
LokasiDesa Teritip, Lamaru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00/orang (weekday) Rp30.000,00/orang (weekend)
Rute menuju tempat wisata48 menit (23,7 km) via Jalan Mulawarman – 53 menit (33,9 km) via Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
Objek wisata dekat Pantai Lamaru» Pantai Manggar Sagara Sari (13 menit (4.7 km) via Jl. Sosial and Jl. Mulawarman)
» Danau Cermin Lamaru (11 menit (3.9 km) via Jl. Sosial and Jl. Mulawarman)
» Pantai Serumpun (16 menit (4.5 km) via Jl. Sosial, Jl. Mulawarman and Gg. Swadaya)
Kuliner lezat terdekat
Rating4,4/5 dari 2.566 ulasan Google

Pantai Lamaru memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan pantai lainnya di Balikpapan. Saat tiba di area Pantai Lamaru, kamu akan disuguhkan pemandangan pohon cemara udang yang berjejer rapi di pinggir pantai. Pohon-pohon cemara ini memberikan nuansa alami dan sejuk. Banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai tempat berteduh saat cuaca sedang terik. Selain itu, suasana di Pantai Lamaru juga sangat tenang sehingga nyaman untuk refreshing.

Pantai Lamaru cocok untuk kamu yang suka berenang ataupun bermain banana boat di pantai. Struktur pantainya landai dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai Lamaru memiliki bibir pantai yang cukup luas. Kamu bisa puas bermain pasir ataupun sekadar berjalan menyusuri bibir pantai. Banyak pengunjung yang suka menikmati embusan angin laut sembari menikmati pemandangan ke arah laut lepas.

Menariknya lagi, di sekitar Pantai Lamaru juga terdapat makam Jepang, lho. Makan Jepang ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya. Kamu bisa mengunjunginya jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda saat berlibur di Pantai Lamaru.

5. Pantai Batu – Batu Benua Patra

Pantai Balikpapan Pantai Batu Batu Benua Patra
Pantai Batu – Batu Benua Patra, Balikpapan (sumber: instagram.com/agus280808/)
LokasiPerapatan, Balikpapan Kota, Prapatan, Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Balikpapan25 menit (10,3 km) via Jalan Ahmad Yani
Objek wisata dekat Pantai Batu – Batu Benua Patra» Pantai Kemala (3 menit (850.0 m) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Pantai Melawai (1 menit (400.0 m) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Pantai Monpera (5 menit (1.6 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
Kuliner lezat terdekat» Restoran Nyiurku (4 menit (900.0 m) via Jl. Jenderal Sudirman)
Rating4,5/5 dari 1.074 ulasan Google

Seperti namanya, Pantai Batu memiliki keunikan berupa tebing-tebing batu karang yang menghiasi pinggiran pantainya. Kamu bahkan bisa menemukan beberapa tebing karang berukuran lebih besar saat menjelajahi Pantai Batu.

Dari Pantai Batu kamu bisa melihat pemandangan ke arah Teluk Laut Sulawesi yang menawan. Kamu bisa duduk santai di atas tebing karang besar untuk menikmati pemandangan ini. Hiasan tebing-tebing karang akan semakin eksotis saat matahari sedang terbenam. Banyak pengunjung yang mengincar spot di antara tebing ini untuk latar berfoto.

Walaupun memiliki banyak karang, tetapi ada bagian pantai yang landai dan berpasir putih kecokelatan. Kamu bisa bermain air dan berenang di bagian ini. Beberapa pengunjung malahan ada yang membawa tikar atau alas duduk untuk bersantai di pasir pantai.

Menariknya, di sekitar pantai masih terdapat banyak sekali pepohonan yang tumbuh rimbun. Ini memberi nuansa sejuk di Pantai Batu sehingga pengunjung bisa nyaman dan betah untuk bersantai lebih lama.

6. Pantai Monpera

Pantai Balikpapan Pantai Monpera
Pantai Monpera, Balikpapan (sumber: instagram.com/immankfirman/)
LokasiJl. Jenderal Sudirman No.1, RT.11, Klandasan Ulu, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000,00/motor Rp5.000,00/mobil
Rute menuju tempat wisata dari kota Balikpapan24 menit (9,2 km) via Jalan Ahmad Yani
Objek wisata dekat Pantai Monpera» Pantai Melawai (5 menit (1.8 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Pantai Kilang Mandiri (3 menit (1.1 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Pantai Banua Patra (4 menit (1.5 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
Kuliner lezat terdekat» Warung Kuin Abdhu (SQ) (8 menit (2.9 km) via Jl. Jenderal Sudirman and Jl. Ahmad Yani)
» Ocean’s Resto Balikpapan (6 menit (1.7 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
» Grilled Ribs Mas Giri (9 menit (3.4 km) via Jl. Jenderal Sudirman)
Rating4,2/5 dari 947 ulasan Google

Berlibur ke pantai yang cantik sembari wisata sejarah? Di Pantai Monpera Balikpapan ini kamu bisa mendapatkannya sekaligus, lho! Pantai Monpera berada tidak jauh dari pusat Kota Balikpapan. Lokasinya bisa kamu capai kurang dari 30 menit, dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum kota.

Pantai Monpera menawarkan pesona alam yang memukau. Hamparan pasir putih kecokelatan membentang cukup luas sehingga kamu bisa puas bermain di pantainya. Suasana pantai ini pun masih sangat tenang. Kamu bisa bersantai sembari mendengarkan suara deburan ombak yang sangat khas. Ada juga fasilitas banana boat untuk kamu yang ingin menjajal permainan lain yang memacu adrenalin.

Selain itu, di Pantai Monpera terdapat sebuah monumen patung perunggu. Bentuknya patungnya menggambarkan tiga orang yang sedang mendirikan tiang bendera. Patung ini dibuat sebagai monumen peringatan tentang perjuangan masyarakat Balikpapan yang mempertahankan wilayahnya dari penjajah Belanda dan Jepang.

Di monumen ini juga terdapat ruang diorama yang berisi cerita-cerita perjuangan dan perlawanan masyarakat Balikpapan di masa lalu. Tidak jauh dari area monumen, ada taman yang tertata rapi dengan beberapa bangku.

7. Pantai Sepinggan Balikpapan

Pantai Balikpapan Pantai Sepinggan Balikpapan
Pantai Sepinggan, Balikpapan (sumber: instagram.com/vero26hewy/)
LokasiJalan Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000
Rute menuju tempat wisata dari kota Balikpapan26 menit (11,4 km) via jalan Syarifuddin Yoes
Objek wisata dekat Pantai Sepinggan Balikpapan» Pantai Seraya Balikpapan (2 menit (350.0 m) via Gg. Nelayan)
» Pantai Auri Sepinggan (6 menit (1.6 km) via Jl. Marsma R. Iswahyudi)
» Pantai Batakan (15 menit (5.9 km) via Jl. Mulawarman)
Kuliner lezat terdekat» Bubur Ayam Bandung Soto Ayam Sawargi (4 menit (1.3 km) via Jl. Marsma R. Iswahyudi)
» Warung Gandul (6 menit (2.1 km) via Jl. Marsma R. Iswahyudi)
> Depot Terumbu Sultra (6 menit (1.7 km) via Jl. Marsma R. Iswahyudi)
Rating4,2/5 dari 309 ulasan Google

Pantai yang tidak kalah populer di Balikpapan adalah Pantai Sepinggan. Pantai ini berada di kawasan perumahan TNI AU dan tidak jauh dari pusat kota Balikpapan. Pantai Sepinggan menyuguhkan panorama laut yang menawan. Kamu bisa menikmati pemandangan khas pantai dengan kapal-kapal nelayan yang tampak di kejauhan. Dari Pantai Sepinggan kamu juga bisa melihat beberapa pesawat yang sedang lepas landas dari bandara.

Nuansa alami sangat terasa di Pantai Sepinggan karena masih banyak pepohonan rindang yang tumbuh di pinggir pantai. Menariknya lagi, di sisi barat pantai terdapat batu-batu pemecah ombak yang menambah kesan eksotis. Sementara itu, di sisi timur juga terdapat jembatan kayu yang mengarah ke laut.

Panorama di Pantai Sepinggan akan semakin cantik saat sunrise dan sunset. Tidak heran kalau Pantai Sepinggan menjadi tempat favorit bagi para pencinta fotografi. Untuk kamu yang suka memancing, Pantai Sepinggan juga cocok menjadi tempat pilihan berliburmu. Ada spot memancing yang sering dituju oleh para mancing mania di Pantai Sepinggan ini.

8. Pantai Seraya Balikpapan

Pantai Balikpapan Pantai Seraya Balikpapan
Pantai Seraya, Balikpapan (sumber: instagram.com/herisupriadi4180/)
LokasiSepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari kota Balikpapan27 menit (11,6 km) via Jalan Syarifuddin Yoes
Objek wisata dekat Pantai Seraya Balikpapan» Pantai Sepinggan (6 menit (1.5 km) via Jl. Marsma R. Iswahyudi)
» Caribbean Island Water Park (18 menit (6.1 km) via Jl. Syarifuddin Yoes)
» Pantai Auri Sepinggan (6 menit (1.5 km) via Jl. Marsma R. Iswahyudi)
Kuliner lezat terdekat» Rumah Makan Torani (15 menit (6.2 km) via Jl. Syarifuddin Yoes and Jl. Letkol Pol. H.M. Asnawi Arbain)
» Rumah Makan SEASIK (15 menit (6.4 km) via Jl. Syarifuddin Yoes and Jl. Letkol Pol. H.M. Asnawi Arbain)
Rating4,4/5 dari 156 ulasan Google

Saat berada di Pantai Seraya, selain menikmati panorama laut yang menawan, kamu juga bisa melihat pesawat yang sedang lepas landas. Lokasi Pantai Seraya memang dekat dengan markas TNI Angkatan Udara dan landasan pesawat Bandara Sepinggan. Garis pantainya cukup luas dengan hamparan pasir putih kecokelatan.

Pengunjung biasanya akan menghabiskan waktu untuk bermain pasir dan berenang di pantai ini. Ada beberapa perahu kayu yang bisa disewa untuk berkeliling di area sekitar pantai. Tidak perlu khawatir soal fasilitas di pantai ini. Walaupun masih tergolong pantai yang baru, tetapi fasilitas yang tersedia di Pantai Seraya sudah cukup lengkap.

Untuk kamu yang suka dengan olahan hasil laut, maka wajib mencicipi kuliner di Pantai Seraya. Ada beberapa warung makan yang menawarkan banyak pilihan menu seafood segar dengan harga terjangkau. Bahkan, kamu juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan para nelayan untuk dibawa pulang selepas berlibur di Pantai Seraya. 

9. Pantai Serumpun

Pantai Balikpapan Pantai Serumpun
Pantai Serumpun, Balikpapan (sumber: instagram.com/kang_mamann/)
LokasiJl. Mulawarman, Lamaru, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari kota Balikpapan54 menit (25,7 km) via Jalan Mulawarman
Objek wisata dekat Pantai Seraya Balikpapan» Pantai Tanjung Bayur (1 menit (150.0 m) via Gg. Swadaya)
» Pantai Lamaru (16 menit (4.5 km) via Gg. Swadaya, Jl. Mulawarman and Jl. Sosial)
» Waduk Teritip (19 menit (7.0 km) via Jl. Mulawarman and Jl. Mufakat)
Kuliner lezat terdekat
Rating4,3/5 dari 51 ulasan Google

Kalau kamu tertarik dengan pantai yang masih asri dan suasananya tenang, maka cobalah berkunjung ke Pantai Serumpun. Pantai ini memiliki pesona yang menawan dengan hamparan pasir pantainya yang bersih. Di beberapa sisi pantai masih terlihat banyak pepohonan.

Selain itu, di bagian yang agak menjorok ke tengah laut, ada sebuah pohon yang bentuknya sangat eksotis. Pohon ini menjadi spot foto paling diburu oleh para pengunjung. Ombak di Pantai Serumpun cenderung tenang sehingga aman untuk berenang dan bermain air. Pantai Serumpun juga menjadi lokasi favorit untuk berkemah. Banyak pengunjung yang mendirikan tenda di pantai ini.

Pemandangan langit malam dari Pantai Serumpun terkenal sangat indah. Ditambah lagi keesokan harinya momen matahari terbit akan melengkapi keseruan berlibur yang tidak terlupakan di Pantai Serumpun.

10. Pantai Batakan

Pantai Balikpapan Pantai Batakan
Pantai Batakan, Balikpapan (sumber: instagram.com/tanahlautinfo/)
LokasiManggar, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000 per orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Balikpapan32 menit (15,0 km) via Jalan Syarifuddin Yoes
Objek wisata dekat Pantai Batakan» Beach Club of Batakan (13 menit (5.0 km) via Jl. Mulawarman)
» Pantai Sepinggan (10 menit (3.9 km) via Jl. Mulawarman)
Kuliner lezat terdekat» The Beach House Balikpapan (6 menit (2.2 km) via Jl. Mulawarman)
Rating4,5/5 dari 26 ulasan Google

Satu lagi pantai dengan panorama indah di Balikpapan, yaitu Batakan Beach. Pantai ini belum terlalu ramai dengan pengunjung dan kondisinya masih bersih. Kalau dilihat dari kejauhan, pasir pantai yang kecokelatan terlihat berpadu dengan air laut yang berwarna kecokelatan juga.

Namun, kalau kamu melangkah lebih dekat ke arah pantai, maka air laut baru akan terlihat lebih kebiruan. Selain berjalan-jalan di sekitar pantai dan bermain air, kamu bisa menikmati suasana pantai sembari bersantai di cafe.

Ada beberapa cafe yang buka di sekitar Batakan Beach. Pastinya asyik sekali menikmati pemandangan laut lepas dan embusan angin laut sembari menyantap suguhan kuliner. Cocok sekali untuk refreshing melepas penat.

Itulah 10 pantai terindah di Balikpapan yang lagi hits. Pantai-pantai tersebut sering kali menjadi tempat berlibur favorit karena panoramanya yang menawan. Beberapa pantai tersebut juga memiliki lokasi dan akses yang mudah dicapai dari pusat kota Balikpapan.

Nah, kira-kira apakah sudah ada yang ingin kamu masukkan ke dalam bucket list liburanmu? Kalau kamu punya rekomendasi pantai terbaik lainnya di Balikpapan, langsung saja bagikan melalui kolom komentar, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar