10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Tangerang (2021)

Ketika mendengar tentang Tangerang, mungkin kamu tidak akan terbayangkan tentang objek wisata. Tangerang terkenal sebagai kawasan Industri perkantoran dan juga perumahan. Daerah ini menjadi wilayah penunjang bagi Ibukota yang sudah terlalu padat. Namun, tahukah kamu? Ternyata Tangerang menyimpan berbagai macam objek turistik alami. Salah satunya adalah pantai.

Pantai-pantai ini kerap menjadi destinasi wisata warga Tangerang Banten, dan juga DKI Jakarta. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi pantai terpopuler di sekitar Tangerang:

Ingin tahu lebih detail tentang pantai-pantai indah di sekitar Tangerang? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Di Tangerang Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir, Tangerang (sumber: instagram.com/bintangterkasih/).
LokasiTj. Pasir, Kec. Teluknaga, Tangerang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang48 menit (22,0 km) lewat Jl. Marsekal Suryadarma, Jl. Raya Kampung Melayu, dan Jl. Tj. Pasir
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPulau Untung Jawa, ornamen selfie, snorkelling, diving

Ada cinta di Pantai Tanjung Pasir. Cinta itu ditunjukkan lewat sebuah ornamen hati besar yang terbuat dari bunga. Ornamen itu sering dijadikan sebagai latar belakang swafoto. Namun masih ada banyak hal lain yang bisa kamu temukan di Pantai Tanjung Pasir, lho.

Selain memiliki keindahan alam, pantai ini juga ideal untuk memancing. Ikan-ikan di perairan ini banyak dan besar-besar!

Letak pantai ini juga cukup strategis, lho. Dari Bandara Soekarno-Hatta, kamu bisa belok ke Jalan Swadarma. Kemudian, lurus terus sampai ke Kampung Melayu. Belok kanan sampai kamu menemukan jalan dengan empang di sisi kiri dan kanan. Tidak jauh dari sana, kamu akan menemukan Pantai Tanjung Pasir.

Sangat mudah bukan mengakses objek wisata ini? Bahkan, kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Apabila kamu punya waktu cukup banyak kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Seribu. Kamu dapat melakukan banyak aktivitas menarik di Pulau Untung Jawa. Nah, apa saja?

  • Snorkelling.
  • Diving.
  • Berfoto di hutan bakau.
  • Naik banana boat.

Pantai Tanjung Pasir buka selama 24 jam. Sehingga, tidak mengherankan apabila banyak orang yang pergi ke sana terutama pada akhir minggu.

2. Pantai Tanjung Kait

Pantai Di Tangerang Pantai Tanjung Kait
Pantai Tanjung Kait, Tangerang (sumber: instagram.com/ariamphibia/).
LokasiJl. Raya Tanjung Kait, Tj. Anom, Kec. Mauk, Tangerang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang52 menit (30,6 km) lewat Jl. Raya Mauk
Fasilitas wisata di sekitar pantaiIkan segar, warung makan, memancing, saung-saung nelayan

Satu hal yang cukup ikonis dari Pantai Tanjung Kait adalah pemandangan pondok-pondok yang menjorok ke laut. Ya, saung-saung itu adalah tempat-tempat singgah dari para nelayan yang dibangun di bibir pantai. Pada senja hari, sawah-sawah itu memunculkan siluet yang cantik tradisional.

Pantai Tanjung Kait juga berada di dekat beberapa objek wisata keagamaan. Pintu masuk ke dari Pantai Tanjung Kait adalah pintu masuk wihara Kelenteng Tjoe Soe Kong. Tak jauh dari pantai tersebut, terdapat Masjid Pintu Seribu, sebuah tempat yang bisa menambah pengetahuanmu mengenai agama Islam sekaligus menjadi spot foto yang unik.

Sama dengan Pantai Tanjung Pasir, Pantai Tanjung Kait juga merupakan tempat yang ideal untuk memancing, lho. Akan ada banyak ikan segar yang bisa kamu dapatkan dari sini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati banyak makanan laut di warung-warung yang ada di dekat pantai. Menarik sekali, bukan?

Untuk menuju ke pantai ini kamu hanya perlu keluar dari Gerbang Tol Cikupa, kemudian menuju ke arah Mauk Daun.

3. Pantai Muara Kecil

Pantai Di Tangerang Pantai Muara Kecil
Pantai Muara Kecil, Tangerang (sumber: instagram.com/heru_herarchy/).
LokasiMuara, Kec. Teluknaga, Tangerang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang54 menit (21,7 km) lewat Jl. Perimeter Utara
Fasilitas wisata di sekitar pantaiIkan segar, warung makan, memancing, saung-saung nelayan

Jika kamu merasa sumpek dengan kebisingan kota besar, Pantai Muara Kecil bisa menjadi obat bagimu. Saat menuju ke sana, kamu akan disambut dengan hamparan sawah-sawah yang hijau dengan jalan-jalan yang tidak terlalu besar. Suasana pedesaan begitu kental terasa.

Jika dilihat lagi, aktivitas rekreasional di pantai ini memang tidak banyak. Hal tersebut sedikit berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya. Namun, apabila yang kamu cari adalah nuansa yang asri dan juga angin pantai yang segar wisata bahari ini memberikannya untukmu.

Jalan untuk menuju ke pantai ini memang lebih sempit. Jadi, jika kamu membawa kendaraan roda empat, kamu memang harus berhati-hati. Terutama, apabila kamu bertemu dengan kendaraan lain dari arah sebaliknya.

4. Pantai Anom

Pantai Di Tangerang Pantai Anom
Pantai Anom, Tangerang (sumber: instagram.com/dhauz_arts10/).
LokasiKramat, Kecamatan Pakuhaji, Tangerang, Banten  (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang40 menit (19,4 km) lewat Jl. Marsekal Suryadarma
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTempat swafoto

Tahukah kamu mengapa pantai ini ada banyak didatangi oleh para influencer?

Tidak seperti pantai lain yang pasirnya berbentuk bubuk, pasir Pantai Anom berkonsep pantai retak. Pepohonan meranggas yang tumbuh memberikan kesan dramatis. Itulah alasan mengapa banyak orang yang mengambil foto di sana.

Waktu paling indah untuk menikmati Pantai Anom adalah menjelang matahari terbenam. Pada saat itu, semburat matahari berwarna oranye memberikan efek siluet kapal nelayan nun jauh di sana.

Itulah keindahan yang bisa kamu dapatkan di Pantai Anom. Sayangnya, jalan menuju ke sana memang sedikit merepotkan. Jalannya masih berupa tanah. Sehingga, jika kamu menggunakan mobil, kamu harus sedikit berhati-hati.

5. Pantai Sawarna

Pantai Di Sekitar Tangerang Pantai Sawarna
Pantai Sawarna, Banten (sumber: instagram.com/dediinasution/).
LokasiJl. Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna, Bayah, Lebak, Banten (Cek Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang4 jam 18 menit (201,9 km) lewat Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak
Obyek wisata di sekitar pantaiGua-gua, sungai, Desa Sawarna

Terletak di dekat Desa Sawarna, Pantai Sawarna adalah sebuah objek wisata yang sempurna. Pantainya sangat cantik. Di sekitar pantai, terdapat gua-gua dan juga wisata pedesaan yang menarik hati.

Pantai Sawarna sendiri memang tidak terletak di Tangerang. Namun, jarak Tangerang menuju Lebak cukup dekat. Sehingga, banyak warga Tangerang yang pergi ke sana.

Pantai ini besar dengan garis pantai yang luas. Ia membentang dari Pantai Pulau Manuk hingga ke Pantai Karang Taraje. Ombaknya pun tidak terlalu besar, tetapi cukup ideal untuk berselancar.

Jika kamu berkesempatan mampir ke sana, jangan lupa untuk menjelajah desa dan keindahan alam sekitar. Begitu banyak hal di sekitar Pantai Sawarna yang akan menghiburmu.

6. Pantai Sambolo 2

Pantai Di Sekitar Tangerang Pantai Sambolo 2
Pantai Sambolo 2, Banten (sumber: instagram.com/nikenagusss/).
LokasiJl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Kec. Anyar, Serang, Banten  (Cek Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang1 jam 58 menit (107,1 km) lewat Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak dan Jl. Nasional III
Obyek wisata di sekitar pantaiBanana boat, penginapan, tempat makan

Orang Tangerang pasti sudah tidak asing lagi dengan kawasan wisata Anyer. Ya, Anyer terletak di provinsi Banten. Sehingga, letaknya tidak jauh dari daerah Tangerang dan Jakarta. Dengan fasilitas yang lengkap dan pantai-pantai yang indah, tidak mengherankan apabila Anyer menjadi destinasi wisata favorit.

Salah satu pantai yang menarik di daerah Anyer adalah Pantai Sambolo. Pantai Sambolo memiliki garis pantai yang panjang. Hal ini membuat pantai terlihat lega. Pantai pasirnya juga cukup landai, sehingga enak dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga seperti voli.

Pantai Sambolo ini terbagi dua, lho. Yang pertama adalah Pantai Sambolo 1 dan dan yang kedua adalah Pantai Sambolo 2.

Pantai Sambolo 2 lebih menarik dibandingkan Pantai Sambolo 1. Pada bagian ini, dibangun berbagai macam wahana rekreasional. Apa saja hal-hal yang bisa kamu nikmati di Pantai Sambolo 2? Ini dia:

  • Penginapan
  • Tempat-tempat makan
  • Banana boat
  • ATV
  •  Sewa perahu

Penginapan dan tempat makan di Pantai Sambolo 2 cukup menyenangkan dan layak untuk liburan keluarga. Di berbagai tempat makan yang disediakan, kamu bisa menikmati berbagai makanan. Penginapannya pun nyaman dan dapat mengakomodasi keluarga besar.

7. Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer

Pantai Di Sekitar Tangerang Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer
Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer, Banten (sumber: instagram.com/anyer_channel/).
LokasiJl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Serang, Banten  (Cek Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang2 jam 4 menit (112,8 km) lewat Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak dan Jl. Nasional III
Obyek wisata di sekitar pantaiPemandangan matahari terbenam sempurna, penginapan.

Pantai Florida terletak tak jauh dari kawasan wisata Pantai Anyer. Garis pantainya cukup panjang dengan pasir yang berwarna putih. Sehingga, tidak mengherankan apabila pantai ini terlihat sangat megah. Pantai Florida juga terkenal bersih, minim sampah, dengan udara yang sejuk.

Tahukah kamu mengapa ia dinamai Pantai Florida? Alasannya sederhana. Ya, pantai dengan pasir putih ini dianggap serupa dengan pantai yang ada di Florida, Amerika Serikat. Jadi, saat kamu berfoto-foto di sana, mungkin beberapa orang akan salah memahami bahwa kamu sedang berada di luar negeri.

Satu hal unik yang hanya bisa didapatkan di pantai ini adalah posisi matahari terbenam. Posisi matahari terbenamnya yang sangat simetris dan strategis, yakni di bagian tengah. Bagi pemburu foto, ini adalah sebuah surga!

Jika kamu mau menghabiskan waktu lebih lama, kamu bisa menginap. Pantai ini juga dekat dengan berbagai macam hotel mulai dari hotel yang sederhana sampai dengan resort.

8. Pantai Pasir Putih Sirih

Pantai Di Sekitar Tangerang Pantai Pasir Putih Sirih
Pantai Pasir Putih Sirih, Banten (sumber: instagram.com/dindaptsr/).
LokasiJl. Raya Karang Bolong, Kamasan, Kec. Cinangka, Serang, Banten  (Cek Google Maps).
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang3 jam 55 menit (194,0 km) lewat Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak
Obyek wisata di sekitar pantaiBanana boat, donat boat, lesehan

Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Putih Sirih sangat putih seperti serbuk mutiara. Pada siang hari, pasir-pasir pantai ini terlihat berkilau.

Tahukah kamu salah satu slogan dari pantai ini? Landai tanpa karang.

Sesuai dengan slogannya, ketiadaan karang ini membuatnya sangat ideal sebagai tempat bersantai dan juga tempat berenang. Anak-anak pun juga bisa berenang di sini dengan nyaman.

Pantai Pasir Putih Sirih juga menyediakan beberapa fasilitas persewaan. Contohnya seperti banana boat, donat boat, bahkan lesehan kecil dan besar. Jadi, kalau kamu ingin benar-benar mengeksplorasi Anyer, kamu juga bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata.

9. Pantai Karangsari

Pantai Di Sekitar Tangerang Pantai Karangsari
Pantai Karangsari, Banten (sumber: instagram.com/yunii_rusmii/).
LokasiJalan Raya Carita KM. 10, Caringin, Labuan, Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek Google Maps).
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang2 jam 28 menit (134,7 km) lewat Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak dan Jl. Nasional III
Obyek wisata di sekitar pantaiPenginapan, panggung hiburan

Selain Anyer, Provinsi Banten juga memiliki kawasan wisata bahari lain yang banyak didatangi wisatawan, lho. Ya, apalagi kalau bukan pantai Karangsari.

Pantai Karangsari adalah salah satu pantai favorit para pengunjung. Letaknya sangat strategis. Selain itu, area parkir juga cukup luas, bahkan bisa menampung 100 bus dan 200 mobil pribadi. Tidak mengherankan apabila Pantai Karang Sari selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Apalagi, di pantai ini kamu juga bisa menemukan berbagai macam penginapan, tempat-tempat makan dan terkadang panggung hiburan. Ya, dalam momen-momen tertentu, terdapat pertunjukkan seni di panggung hiburan.

Tertarik pergi ke sana? Kamu tidak akan menyesal. Keramahtamahan penduduk Pandeglang dan keindahan pantai akan membuatmu betah.

10. Pantai Carita

Pantai Di Sekitar Tangerang Pantai Carita
Pantai Carita, Banten (sumber: instagram.com/larasramadhania/).
LokasiBanjarmasin, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek Google Maps).
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Tangerang2 jam 27 menit (134,7 km) lewat Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak dan Jl. Nasional III
Obyek wisata di sekitar pantaiTempat makan, penginapan, vila, pelampung

Pasir pantai yang landai berwarna putih sesekali disapu oleh ombak kebiruan. Dari kejauhan, kamu bisa melihat bukit menjulang berwarna hijau.

Itulah pemandangan yang akan kamu dapatkan di Pantai Carita. Tidak mengherankan apabila keindahan alam yang ditawarkan begitu menawan. Pasalnya, Pantai Carita dulunya merupakan kawasan hutan lindung. Maka dari itu tak heran apabila keanekaragaman hayatinya sangat kaya dan menarik.

Laut Pantai Carita pun juga tergolong aman untuk berenang. Terlebih, terdapat beberapa lifeguard yang akan menjagamu dan anak-anak pada saat berenang di sana.

Jika kamu masih merasa khawatir, kamu juga bisa menyewa pelampung. Penyewaan pelampung di Pantai Carita sangat murah, hanya sekitar Rp10.000,00 sampai Rp15.000,00 saja.

Kamu juga dapat menginap di berbagai vila dan hotel yang ada di sana. Saat berlibur ke Carita, kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitas. Karena, kawasan industri pariwisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas penunjang yang akan membuatmu merasa nyaman. Mulai dari restoran hiburan sampai dengan akomodasi, semuanya bisa kamu temukan disana

Kendati didominasi oleh kaum urban dan pekerja industri, nyatanya Tangerang menyimpan banyak potensi wisata menarik. Jadi apabila kamu tinggal di Jakarta-Tangerang dan sekitarnya, kamu tidak perlu pusing mencari tempat untuk melarikan diri. Karena, kamu bisa menjangkau pantai-pantai cantik di Tangerang dan sekitarnya ini dengan mudah. Kamu bahkan bisa mengajak keluarga turut serta untuk mengukir kenangan indah di sana.

Previous Article

10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Semarang (2021)

Next Article

10 Pantai Terindah di Garut yang Lagi Hits (2021)

Tinggalkan komentar