10 Rekomendasi Pantai Terbaik di Kalimantan (2022)

Pulau Kalimantan menawarkan beragam wisata alam. Tidak hanya hutan dan sungainya yang tersohor, Kalimantan juga memiliki banyak pilihan pantai yang memesona. Pantai-pantai cantik ini tersebar hampir di seluruh provinsi di Kalimantan.

Ada pantai apa saja? Simak artikel ini sampai selesai, ya! Kami akan mengulas 10 rekomendasi pantai terbaik di Kalimantan untuk menjadi panduan bagimu dalam memilih tujuan berlibur selanjutnya. Berikut 10 rekomendasi pantai terbaik di Kalimantan:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Kalimantan? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Melawai, Kalimantan Timur

Pantai Kalimantan Pantai Melawai Kalimantan Timur
Pantai Melawai, Kalimantan Timur (sumber: instagram.com/ethan_christine/)
LokasiJl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)– Rp3.000,00/motor. – Rp5.000,00/mobil
Rute menuju tempat wisata dari Kota Samarinda1 jam 57 menit (116 km) via Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, warung makan, musala

Pantai Melawai berada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini lokasinya sangat strategis dekat pusat kota dan akses jalannya sudah bagus. Jika kamu berangkat dari ibukota Provinsi Kalimantan Timur (Kota Samarinda), waktu tempuhnya sekitar 1 jam 57 menit melalui jalan tol.

Pantai ini berbeda dengan pantai pada umumnya yang memiliki hamparan pasir luas dan berbentuk landai. Pantai Melawai hanya berupa bibir laut yang dibatasi dengan tembok-tembok beton dan batu karang untuk menahan abrasi. Nah, di bagian beton-beton inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai oleh pengunjung.

Sembari menikmati angin laut, kamu bisa melihat pemandangan laut lepas. Di kejauhan ada banyak kapal nelayan, kapal tongkang, hingga kapal tanker dengan berbagai ukuran. Di sisi lain, kamu juga bisa melihat kesibukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Semayang. Pemandangan ini akan semakin menarik saat matahari mulai terbenam. Daya tarik lain di Pantai Melawai adalah beragamnya pilihan kuliner dari cafe-cafe kaki lima yang berderet di sepanjang pantai. Kamu bisa menikmati suguhan kuliner ini sembari duduk lesehan di pinggir pantai.

2. Pantai Asmara, Kalimantan Selatan

Pantai Kalimantan Pantai Asmara Kalimantan Selatan
Pantai Asmara, Kalimantan Selatan (sumber: instagram.com/pantaiasmara/)
LokasiMuara Asam Asam Jorong, Muara Asam Asam, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Kota Banjarmasin2 jam 45 menit (121 km) via Jalan A. Yani
Fasilitas wisata di sekitar pantaiGazebo, toilet, ruang bilas, banana boat, warung makan, menara pengawas, penginapan

Nah, untuk kamu yang ingin berlibur ke pantai di Kalimantan Selatan, alternatif yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Asmara. Pantai ini berada di Kabupaten Tanah Laut yang berjarak sekitar 2 jam 45 menit perjalanan darat dari Kota Banjarmasin. Akses jalannya sudah cukup bagus dan bisa dilewati oleh sepeda motor atau mobil.

Pantai Asmara menawarkan pesona pantai berpasir putih. Garis pantainya cukup panjang sehingga asyik untuk disusuri dengan berjalan kaki. Struktur Pantai Asmara juga landai dan minim batu karang sehingga aman untuk kamu yang ingin bermain air atau berenang. Untuk kamu penyuka senja, tentunya jangan sampai melewatkan momen sunset di Pantai Asmara yang terkenal menawan.

Pengelola menyewakan gazebo untuk pengunjung yang ingin bersantai dengan lebih nyaman. Harga sewa gazebo di Pantai Asmara yaitu sebesar Rp50.000,00. Pastinya kamu bisa lebih puas menikmati pemandangan pantai tanpa harus kepanasan terkena terik matahari. Tersedia beberapa penginapan untuk kamu yang ingin lebih lama berlibur di Pantai Asmara. Harganya bervariasi mulai dari kisaran Rp150.000,00 – Rp750.000,00 per malam.

3. Pantai Kemala, Kalimantan Timur

Pantai Kalimantan Pantai Kemala Kalimantan Timur
Pantai Kemala, Kalimantan Timur (sumber: instagram.com/amillagus/)
LokasiPrapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Kota Samarinda1 jam 52 menit (115 km) via Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, ruang bilas, warung makan, musala

Rekomendasi pantai terbaik di Kalimantan yang berikutnya adalah Pantai Kemala. Pantai Kemala berada di Kota Balikpapan dan berjarak kurang lebih 115 km dari Kota Samarinda. Tidak sulit untuk menemukan pantai ini karena lokasinya berada tidak jauh dari pusat Kota Balikpapan. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan angkutan umum nomor 03 untuk menuju ke Pantai Kemala.

Daya tarik Pantai Kemala ada pada hamparan pasir putih kecokelatan dan air lautnya yang biru. Beberapa pohon juga tampak di sekitar pantai sehingga memberi kesan teduh. Pemandangan kapal-kapal tanker yang sedang berlayar menambah pesona dari Pantai Kemala. Suasana sunset di Pantai Kemala juga terkenal memesona. Karena berbagai kelebihan itulah, Pantai Kemala menjadi salah satu dari 10 Pantai Balikpapan yang paling diminati wisatawan.

Untuk mengisi waktu, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas di pantai ini. Mulai dari bermain pasir, berenang, naik banana boat, hingga menjajal adrenalin dengan flying fox dan paradigling. Wisata kuliner juga menjadi pilihan menarik, lho! Ada banyak warung makan dan cafe yang menawarkan beragam menu jajanan hingga olahan seafood segar. Harganya pun masih sangat bersahabat di kantong.

4. Pantai Manggar Segara Sari, Kalimantan Timur

Pantai Kalimantan Pantai Manggar Segara Sari Kalimantan Timur
Pantai Manggar Segara Sari, Kalimantan Timur (sumber: instagram.com/kenzoullimaannisa/)
LokasiManggar Baru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata Kota Samarinda1 jam 36 menit (108 km) via Jalan Tol Balikpapan – Samarinda
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, area parkir, gazebo, area camping, warung makan, banana boat, musala

Untuk kamu yang berencana liburan ke Kalimantan Timur, cobalah mengunjungi Pantai Manggar. Pantai Manggar berada di Kota Balikpapan. Jaraknya sekitar 108 km dari Kota Samarinda. Namun, kalau kamu berangkat langsung dari pusat kota Balikpapan, jaraknya hanya sekitar 22 km saja. Kamu bisa menuju ke Pantai Manggar menggunakan mobil atau sepeda motor. Tersedia juga angkutan umum kota nomor 7 yang rutenya melewati pantai ini.

Pantai Manggar memiliki kontur yang landai dan pasirnya berwarna putih kecokelatan. Beberapa pohon pinus tumbuh menghiasi pinggiran pantai sehingga menambah kesan alami dan sejuk. Luas keseluruhan pantai mencapai 13.000 m2. Dengan ukuran yang luas tersebut, maka pengunjung bisa puas bermain. Mulai dari membuat istana pasir, bermain voli, hingga bermain bola kaki. Ombak laut di sekitar Pantai Manggar tidak terlalu besar sehingga aman untuk kamu yang ingin berenang atau bermain air. Pengelola juga menyediakan wahana olahraga air seperti banana boat dan jetski.

Hal lain yang tidak kalah menarik, di area Pantai Manggar terdapat patung beruang madu yang merupakan ikon dari Kota Balikpapan. Biasanya pengunjung senang sekali berfoto dengan latar patung beruang madu ini. Ada juga bekas bunker Jepang yang sejak 2010 lalu telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

5. Pantai Takisung, Kalimantan Selatan

Pantai Kalimantan Pantai Takisung Kalimantan Selatan
Pantai Takisung, Kalimantan Selatan (sumber: instagram.com/banjarmasinbanget/)
LokasiTangkisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang (weekday). Rp10.000,00/orang (weekend),
Rute menuju tempat wisata dari Kota Banjarmasin– 1 jam 46 menit (77 km) via Jalan A. Yani – 1 jam 59 menit (72,8 km) via Jalan Gubernur Soebardjo
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, ruang ganti, musala, persewaan ATV, spot foto.

Pantai Tangkisung merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kalimantan Selatan. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecokelatan. Deretan pohon kelapa menghiasi pinggiran pantai dan memberi kesan alami. Struktur Pantai Tangkisung cukup landai sehingga aman untuk aktivitas berenang dan bermain air. Momen sunset di pantai ini tidak kalah memesona. Berfoto siluet dengan latar laut lepas menjadi hal yang paling diburu oleh banyak pengunjung saat senja.

Selain menikmati keindahan pantai, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Tangkisung. Misalnya saja bermain ATV dan banana boat yang memacu adrenalin. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Datu. Waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit saja.

Pantai yang berada di Kabupaten Tanah Laut ini berjarak sekitar 77 km dari pusat kota Banjarmasin. Akses jalan menuju Pantai Tangkisung sudah beraspal dan cukup lebar. Rutenya terlebih dahulu menuju ke Kota Pelaihari, kemudian tujulah bundaran kijang. Dari bundaran kijang ini kamu tinggal memilih tikungan yang mengarah ke Pantai Tangkisung. Selanjutnya, tinggal ikuti saja jalan dari tikungan ini kurang lebih 40 menit perjalanan untuk sampai ke area pantai.

6. Pantai Jungkat, Kalimantan Barat

Pantai Kalimantan Pantai Jungkat Kalimantan Barat
Pantai Jungkat, Kalimantan Barat (sumber: instagram.com/puffy.cocon/)
LokasiJl. Raya Jungkat, Sei Nipah, Kec. Siantan, Pontianak, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 19.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang (anak-anak) Rp10.000,00/orang (dewasa)
Rute menuju tempat wisata dari Kota Pontianak52 menit (27,4 km) via Jalan A. Yani
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, tempat makan, musala, area parkir, taman bermain, spot foto.

Pantai terbaik di Kalimantan salah satunya adalah Pantai Jungkat. Pantai Jungkat berada di Kecamatan Siantan, Pontianak, Kalimantan Barat. Dari pusat Kota Pontianak, jaraknya hanya sekitar 27 km dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam perjalanan.

Pantai Jungkat terbilang unik karena kawasannya berbatasan langsung dengan muara Sungai Kapuas. Kamu bisa menikmati panorama laut dan muara sungai sekaligus. Kawasan Pantai Jungkat terbilang alami dan serba hijau. Masih banyak tanaman liar dan pepohonan nipah yang tumbuh rindang di sekitar garis pantai. Kamu bisa bersantai di bawah teduhnya pepohonan ini sembari menikmati embusan angin laut. Ditambah lagi suara deburan ombak di kejauhan pun akan memberi efek relaksasi. 

Untuk kamu yang ingin seru-seruan di Pantai Jungkat, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dicoba. Mulai dari bermain sepeda bebek, naik perahu menyusuri tepian pantai, memancing, hingga berfoto. Pengelola Pantai Jungkat menyediakan banyak spot foto yang instagrammable. Selain itu, untuk penggemar kuliner, ada banyak pondok-pondok makan yang menyajikan menu jajanan dan aneka seafood segar. Yang tidak kalah khas adalah menu Pengkang. Kudapan khas Kalimantan Barat berbahan ketan dan udang ebi ini wajib kamu coba saat berlibur ke Pantai Jungkat.  

7. Pantai Amal, Kalimantan Utara

Pantai Kalimantan Pantai Amal Kalimantan Utara
Pantai Amal, Kalimantan Utara (sumber: instagram.com/clamamahit/)
LokasiPantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Kota Tarakan– 35 menit (17,5 km) via Jalan Gn Amal – 38 menit (17,9 km) via Jalan Aki Balak dan Gn Amal
Fasilitas wisata di sekitar pantaiGazebo, taman, area parkir, warung makan, toilet

Pantai Amal adalah wisata pantai yang paling populer di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Jaraknya cukup dekat dari pusat Kota Tarakan. Dalam waktu sekitar 35 menit perjalanan menggunakan mobil atau sepeda motor kamu sudah bisa tiba di Pantai Amal.

Keunikan Pantai Amal ada pada pasirnya yang berwarna kecokelatan. Struktur pantainya landai dengan ombak yang cukup tenang. Pantai ini cocok sekali untuk aktivitas berenang ataupun sekadar bermain air. Di pinggiran pantai terdapat beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi. Pohon-pohon kelapa ini menambah pesona pantai yang sangat khas. Saat cuaca cerah, pemandangan laut lepas yang berpadu dengan bentangan langit biru siap meninggalkan kesan yang tidak terlupakan. Kamu bisa menikmati semua pemandangan ini sembari bersantai di gazebo yang tersedia di pinggir pantai.

Supaya makin komplit, cobalah sembari mencicipi kuliner khas Pantai Amal. Di pantai ini terdapat Kapah, yaitu sejenis kerang yang memiliki cangkang dan daging berwarna putih. Selain itu, ada juga buah terap yang merupakan buah khas dari Tarakan. Kedua kuliner ini tidak akan kamu temui di kota lain, lho.

8. Pantai Pulau Datok, Kalimantan Barat

Pantai Kalimantan Pantai Pulau Datok Kalimantan Barat
Pantai Pulau Datok, Kalimantan Barat (sumber: instagram.com/acheng_gow/)
LokasiSukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 23.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari Sukadana, Kabupaten Kayong Utara– 9 menit (4,1 km) via Jalan Tanah Merah
– 10 menit (4,4 km) via Jalan Sungai Mengkuang dan Pantai Pulau Datok
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, warung makan, banana boat, perahu kano, spot foto, area pakir.

Kalau kamu mencari pantai terbaik di Kalimantan Barat, maka Pantai Pulau Datok bisa menjadi salah satu pilihan. Pantai Pulau Datok berada di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Dari pusat ibukota kabupaten, pantai ini berjarak hanya sekitar 4 km saja. Pantai ini berbatasan langsung dengan Gunung Peramas.

Pantai Pulau Datok memiliki pasir yang putih dan air laut yang cukup tenang. Pemandangan ke arah laut lepasnya sangat cantik, terutama saat matahari sedang terbenam. Di sekitar pantai terasa teduh dan sejuk karena masih banyak pepohonan rindang. Suasana di Pantai Pulau Datok pun cukup tenang sehingga cocok untuk melepas penat. Sesekali kamu bisa mendengar suara kicauan burung, suara serangga, owa-owa, dan rangkong dari arah Gunung Peramas.

Pantai ini sudah terkelola dengan baik. Selain fasilitasnya yang lengkap, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Mulai dari berenang, bermain pasir, bermain banana boat, naik perahu kano, hingga menjelajahi hutan mangrove.

9. Pantai Kubu, Kalimantan Tengah

Pantai Kalimantan Pantai Kubu Kalimantan Tengah
Pantai Kubu, Kalimantan Tengah (sumber: instagram.com/fajar_dsk/)
LokasiKubu, Kec. Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Pangkalan Bun46 menit (30 km) via Jalan Abdul Ancis – Jalan Pasir Putih
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, musala, area parkir, warung makan seafood, pendopo, stand cinderamata

Pantai Kubu merupakan pantai populer di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Dari pusat Pangkalan Bun, jaraknya hanya sekitar 30 km saja. Untuk menuju ke Pantai Kubu kamu harus menggunakan kendaraan pribadi. Belum ada transportasi umum yang rutenya langsung ke pantai ini.

Pantai Kubu memiliki keunikan berupa bentangan garis pantai yang melengkung menyerupai huruf U. Pasir pantainya berwarna putih kecokelatan. Air lautnya pun berwarna agak kecokelatan karena pengaruh hutan gambut yang ada di sekitar pantai. Namun, Pantai Kubu tetap aman untuk aktivitas berenang dan bermain air.

Yang menarik, di Pantai Kubu terdapat sebuah anjungan berbahan kayu ulin. Dari bibir pantai, bentuknya dibuat memanjang sekitar 300 meter ke tengah laut. Kamu bisa menikmati pemandangan ke arah laut lepas, memancing, atau sekadar berfoto di anjungan ini.

Ingin lebih seru? Tersedia juga banana boat dan persewaan perahu dengan tarif mulai dari Rp10.000,00/orang. Jangan lewatkan untuk bersantap aneka menu seafood segar di warung makan yang banyak tersedia di sepanjang Pantai Kubu.

10. Pantai Ujung Pandaran, Kalimantan Tengah

Pantai Kalimantan Pantai Ujung Pandaran Kalimantan Tengah
Pantai Ujung Pandaran, Kalimantan Tengah (sumber: instagram.com/andri_pmana/)
LokasiUjung Pandaran, Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Kota Palangka Raya5 jam 52 menit (312 km) via Jalan Trans Kalimantan dan Jalan Tjilik Riwut
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, area camping, area parkir

Pantai Ujung Pandaran yang berada di Kotawaringin Timur adalah salah satu pantai terbaik di Kalimantan Tengah. Pantai yang berjarak sekitar 312 km dari Kota Palangka Raya ini menawarkan pesona alam yang cocok untuk melepas penat.

Pantai Ujung Pandaran memiliki garis pantai yang landai dengan pasir berwarna putih. Di pinggiran pantai terdapat deretan pohon-pohon yang menambah kesan alami. Selain itu, Pantai Ujung Pandaran terkenal memiliki pesona sunset yang sangat cantik. Banyak pengunjung yang rela menunggu hingga sore hari untuk menikmati momen matahari terbenam ini.

Sembari menunggu senja, kamu bisa berenang, bermain air, hingga menjajal aktivitas menantang seperti banana boat dan jetski. Untuk yang ingin lebih puas berlama-lama di pantai, tersedia banyak penginapan yang berada persis di pinggir pantai dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah, itulah 10 rekomendasi pantai terbaik di Kalimantan yang memiliki panorama menawan. Semoga ulasannya bermanfaat untuk kamu yang sedang merencanakan liburan ke Kalimantan. Pastinya kamu akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan di pantai-pantai tersebut. Adakah pantai yang sudah kamu incar untuk menjadi tujuan berlibur bersama teman atau keluarga? Ke mana pun pilihanmu, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya.

Tinggalkan komentar