10 Pantai Terindah di Lombok yang Lagi Hits (2022)

Kalau rutinitas sehari-hari bikin kamu penat, berarti ini saatnya kamu liburan. Menurut sejumlah penelitian, sejenak menjauh dari pekerjaan, itu memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan fisik dan mental.

Maka dari itu, sekarang waktunya jalan-jalan di Lombok. Nah, Lombok terkenal akan wisata alamnya yang memesona. Terutama jajaran pantai-pantai yang eksotis di pesisirnya. Ayo menjelajah pantai terindah di Lombok yang lagi hits. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Lombok untuk mengisi liburan:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Lombok? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Kuta Lombok

Pantai Lombok Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta, Lombok (sumber: instagram.com/ria.uly/).
LokasiKuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,5/5.0 – 11.046 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam (47,3 km) lewat Jl. Bypass Bandara Internasional Lombok.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiDesa Sade tempat suku Sasak membuat kain tenun tradisional.

Pantai Kuta Lombok memiliki ombak yang agak besar. Kamu bisa berselancar di sini. Selain itu, tersedia fasilitas berupa banana boat, windsurfer, serta jetski. Pantai ini juga sangat aman untuk berenang. Lokasi pantai dekat dari Bandara Internasional Lombok. Jadi, akses ke pantai mudah, bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Pantai yang memiliki nama lengkap Pantai Mandalika Kuta Lombok ini, sudah dikelola dengan baik. Kondisinya bersih dengan fasilitas lengkap. Ada tempat parkir, penyewaan papan selancar, toko souvenir, rumah makan, serta penginapan.

Pantainya indah sekali. Pasirnya unik seperti butiran merica, ini menjadi daya tarik pantai. Kemudian, terdapat deretan bukit yang indah di dekat pantai. Air lautnya pun biru bening. Kamu bisa melihat terumbu karang di bawah air. Kamu bisa berenang, snorkeling, atau jalan-jalan di pinggir pantai.

Kalau liburan ke sini, paling seru mengajak keluarga atau teman-teman kamu. Anak-anak juga pasti senang diajak ke pantai ini. Paling ideal kamu ke sini pada pukul tiga sore untuk melihat sunset yang memukau.

Oh iya, ada sedikit cerita tentang Bukit Mandalika di sisi barat pantai. Konon, dahulu, ada seorang putri yang bernama Mandalika. Sang putri pun menuju bukit lalu melompat ke laut. Hal tersebut demi menghindari pangeran yang mengejar dan bermaksud mempersunting putri. Sekarang, bukit ini menjadi tempat sempurna untuk melihat keindahan pantai dari ketinggian.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai Lombok Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak (sumber: instagram.com/lomboklivin/).
LokasiSelong Belanak, Praya Bar., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,6/5.0 – 3.805 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 3 menit (46,2 km) lewat Jl. Bypass Bandara Int. Lombok dan Jl. Selong Belanak.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiDua jenis ombak berbeda.

Pantai Selong Belanak memiliki ombak yang unik. Ada ombak besar di pantai sisi barat. Sedangkan, di sisi pantai lainnya ombaknya tidak begitu besar. Namun, pantai ini aman untuk berenang dan bermain air. Ada juga pengunjung yang suka berselancar.

Sementara, lokasi pantai ini sekitar 60 km di selatan kota Mataram. Kalau ke sana kamu akan melintasi jalan terjal sekaligus berliku. Namun, jalannya tidak sesulit itu, kok. Kamu pun bisa naik motor maupun mobil. Lalu, sesampainya di lokasi, kamu akan disambut pantai yang indah dan bersih.

Garis pantai panjang serta terdapat hamparan pasir lembut. Air lautnya jernih berwarna kebiruan. Kemudian, terdapat perbukitan hijau di sekeliling pantai. Ada pula bukit karang indah di tengah pantai dikelilingi air laut yang biru. Cocok untuk subjek fotografi kamu.

Kalau di pantai ini, aktivitas paling seru adalah bermain air, berenang, dan berselancar. Duduk-duduk saja juga boleh. Berjalan menyusuri tepi pantai juga menyenangkan. Kalau liburan ke sini, paling seru bersama keluarga, ajaklah anak-anak juga. Waktu terbaik buat ke pantai yaitu pagi sampai sore.

3. Gili Trawangan

Pantai Lombok Gili Trawangan
Pantai Gili Trawangan, Lombok (sumber: instagram.com/mypreciouslife2019/).
LokasiGili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Sukarela.
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.022 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiNaik kayak, snorkeling, diving, glass bottom boat, bersepeda keliling Gili, nonton olahraga tradisional presean, menunggang kuda, penangkaran penyu, nonton bareng film box office, paddle boat, banana boat, subwing, jet ski.

Gili Trawangan adalah pulau kecil yang berada di Lombok bagian barat. Ada tiga gili di Lombok. Ketiganya yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Sementara, Gili Trawangan memiliki ombak yang sangat tenang. Maka dari itu, pantai ini sangat aman untuk kegiatan berenang serta menyelam.

Kalau mau menuju lokasi, aksesnya sedikit berbeda dari pantai lainnya. Sebab, Pulau Lombok dan Gili Trawangan terpisahkan oleh laut, dengan jarak sekitar 3 km. Pengunjung harus menuju Pelabuhan Bangsal di Lombok. Lalu naik kapal kayu selama 40 menit atau fast boat (kapal cepat) selama 7 menit. Baru sampailah di Gili Trawangan.

Pantai Gili Trawangan kondisinya bersih. Pantai ini pun memiliki pasir putih lembut. Garis pantainya panjang.  Air lautnya jernih berwarna kebiruan. Kehidupan bawah lautnya luar biasa. Ada terumbu karang indah serta beragam biota laut lainnya. Maka dari itu, aktivitas paling populer di sini adalah snorkeling. Selain itu, kamu bisa naik kuda keliling pantai, serta berfoto di spot ayunan.

Pantai ini cocok banget untuk liburan dengan keluarga dan teman. Anak-anak juga bisa diajak ikut serta. Fasilitas umum juga sangat lengkap sampai penginapan pun ada. Oh iya, ada waktu ideal ke pantai yaitu saat pagi. Agar kamu bisa melihat sunrise yang indah.

4. Pantai Pink

Pantai Lombok Pantai Pink
Pantai Pink, Lombok (sumber: instagram.com/riaulifeindonesia/).
LokasiSekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-17.00 WITA.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang (wisatawan lokal).
Rp50.000/orang (wisatawan mancanegara).
Rating ulasan4,2/5.0 – 1.744 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 48 menit (78,4 km) lewat Jl. Bypass Bandara Internasional Lombok.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiDiving, snorkeling, Gili Marengkek, Gili Kambing, bukit di tengah pantai, penyewaan perahu.

Pantai Pink biasa dikenal dengan sebutan Pink Beach Lombok. Pantai ini memiliki nama asli Pantai Tangsi. Namun, disebut Pantai Pink karena pasirnya yang berwarna merah muda. Deburan ombak di pantai ini sangat tenang. Selain itu, ketika surut, muncul Pulau Pasir atau pasir timbul. Sangat menarik.

Untuk rute dari pusat kota Mataram ke pantai cukup jauh, sampai 82 km. Namun, akses jalan sudah bagus serta beraspal. Kamu juga akan melintasi savana. Sesekali, ada juga kawanan kerbau atau sapi menyeberang jalan.

Sementara, kalau pantainya memiliki pemandangan yang sangat indah. Pasir pantai berwarna pink terlihat sangat khas. Sementara, air laut di sini berwarna biru, jernih sekali. Di sekeliling pantai ada bukit hijau. Kemudian langitnya biru dengan awan putih nan lembut.

Pantai dengan ombak yang tenang ini sangat cocok untuk bermain air. Apalagi, bagi anak-anak. Untuk aktivitas seru lainnya, kamu bisa berfoto-foto. Tersedia juga penyewaan perahu untuk keliling pulau di sekitar pantai. Pantai ini cocok untuk liburan dengan keluarga, teman, maupun pasangan.

Idealnya, waktu terbaik untuk ke Pantai Pink adalah pagi atau sore hari. Sebab, cuaca di pantai tidak terlalu panas.

5. Pantai Tanjung Aan

Pantai Lombok Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan, Lombok (sumber: instagram.com/hilalnidian/).
LokasiDesa Pengembur, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,6/5.0 – 3.496 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 9 menit (53,2 km) lewat Jl. Bypass Bandara Internasional Lombok.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiDiving, berselancar, berperahu, spot foto ayunan, Pantai Batu Payung, Bukit Merese, upacara adat Nyele.

Pantai Tanjung Aan memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Namun, ada spot dengan ombak lebih besar dan menantang untuk berselancar. Kalau akses ke pantai sangat mudah. Jalannya juga baik kondisinya. Kamu bisa naik mobil atau motor.

Disarankan, kamu menyewa mobil atau motor kalau tidak menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, naik angkutan umum terlalu lama perjalanannya. Setibanya di lokasi, kamu akan melihat pantai yang bersih. Air lautnya jernih, bergradasi warna biru tua dan hijau tosca.

Pantai ini pun memiliki pasir yang unik. Pasirnya seperti butiran merica, bentuknya bulat besar. Di pantai ini, kamu pun bisa melakukan banyak aktivitas. Mulai dari snorkeling, diving, hingga berfoto. Kamu juga bisa naik ke atas Bukit Merese di pantai, melewati jalan setapak.

Di atas bukit, kamu dapat menyaksikan pemandangan pantai dari ketinggian. Kamu pun bisa naik perahu untuk mampir ke Pantai Batu Payung. Lokasinya dekat Pantai Tanjung Aan. Jadi lengkap banget aktivitas seru di sini. Mengajak anak-anak juga bisa banget.

Liburan di pantai ini cocok untuk keluarga atau teman-teman kamu. Sementara, waktu terbaik untuk ke pantai adalah di bulan Februari. Ada ritual bau nyale yang merupakan penghormatan untuk Putri Mandalika. Dahulu, sang putri terjun dari atas bukit untuk mengorbankan dirinya.

Putri Mandalika bermaksud menghindari pangeran yang akan mempersuntingnya. Kemudian, menurut mitos, sang putri bereinkarnasi jadi cacing laut atau nyale. Sebab, warga tidak berhasil menemukan jasadnya. Tradisi bau nyale adalah aktivitas menangkap nyale di pantai, sudah dilakukan berabad-abad.

6. Gili Kedis

Pantai Lombok Gili Kedis
Gili Kedis, Lombok (sumber: instagram.com/viajar_entre_viagens/).
LokasiSekotong Bar., Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,7/5.0 – 1.142 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 4 menit (41,1 km) lewat Jl. Raya Sekotong – Lembar.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiDiving, snorkeling, spot foto wedding, tempat bulan madu.

Gili Kedis merupakan surga tersembunyi. Lebih tepatnya, Gili Kedis adalah pulau mungil. Pantai di Gili Kedis sangat tenang dan tidak memiliki ombak. Sempurna untuk snorkeling dan diving. Kalau ke Gili Kedis, kamu perlu menuju Pelabuhan Lember di Lombok Barat. Lalu, naik perahu untuk sampai di lokasi.

Gili Kedis hanya seluas 300 meter, selebar lapangan tenis. Keliling pulau ini cukup 5 menit saja, lho. Pulau ini sangat, sangat cantik. Pasirnya putih bersih. Airnya biru jernih sebening kristal. Serasa kamu berada di pulau pribadi. Pantainya lebih cocok untuk liburan bersama keluarga, pasangan, atau teman.

Membawa anak-anak boleh. Namun, fasilitas masih cukup minim. Tidak ada toilet di Gili Kedis. Akan tetapi, ada tempat duduk untuk bersantai. Bagian tengah pulau ditumbuhi sekitar lima pohon yang rindang. Sementara, di bawah permukaan air lautnya, terlihat terumbu karang yang indah.

Pantai ini cocok untuk menyepi. Benar-benar sunyi dan juga syahdu. Makanya, Gili Kedis juga cocok kamu kunjungi bersama pasangan. Waktu terbaik mengunjungi Gili Kedis yaitu saat pagi. Supaya kamu tidak kepanasan. Juga bisa lebih lama berada di sana. Kemudian pulang tidak terlalu sore.

7. Pantai Seger

Pantai Lombok Pantai Seger
Pantai Seger, Lombok (sumber: instagram.com/vhentynoventina/).
LokasiKuta, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,6/5.0 – 1.138 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 6 menit (49,6 km) lewat Jl. Bypass Bandara Internasional Lombok.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiSnorkeling, berselancar, upacara adat Bau Nyale, spot foto ayunan, rombongan kerbau melintas, gazebo.

Pantai Seger berada dekat Pantai Kuta Lombok, jaraknya sekitar 2 km. Pantai ini memiliki ombak cukup besar di bagian tertentu. Maka dari itu, cocok untuk berselancar. Sementara, akses ke lokasi sudah cukup baik jalannya. Kamu bisa gunakan mobil, motor, angkutan umum, taksi, hingga jasa bis travel.

Pemandangan pantai ini begitu unik. Terdapat gugusan bukit di sekitar pantai. Kemudian, pantainya memiliki pasir putih. Selain itu, air lautnya biru jernih. Selain populer untuk berselancar, kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling. Lalu, ada juga jembatan bambu yang ikonis untuk tempat berfoto.

Oh iya, kalau sedang surut, kamu bisa berjalan sampai ke tengah laut. Jadi kamu bisa melihat terumbu karang serta ikan-ikan yang cantik sedang berenang. Pantai ini cocok untuk liburan bersama keluarga, termasuk mengajak anak-anak. Tidak kalah seru kalau kamu mengajak teman-teman atau pasangan.

Kalau waktu terbaik untuk mengunjungi pantai adalah saat sore. Jadi, cuaca sudah tidak terlalu panas. Selain itu, kamu bisa menyaksikan panorama senja yang puitis.

8. Pantai Gili Nanggu

Pantai Lombok Pantai Gili Nanggu
Pantai Gili Nanggu, Lombok (sumber: instagram.com/ollygaspar/).
LokasiSekotong Bar., Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 09.00-15.00 WITA.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,6/5.0 – 212 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiSnorkeling, diving, memberi makan ikan, konservasi penyu, spot foto sekitar pulau sambil jalan-jalan.

Pantai Gili Nanggu cukup berbeda dari yang lain. Sebab, di Gili Nanggu terdapat penangkaran penyu. Pantainya sendiri memiliki ombak yang sangat tenang, seperti Gili Kedis dan Gili Sudak. Sementara, kalau mau ke pantai di pulau Gili Nanggu, kamu perlu menyeberang.

Pengunjung harus berangkat dari dermaga Desa Tawun. Di dermaga, kamu bisa menyewa boat untuk menyeberang ke pulau-pulau. Biasanya, boat langsung berangkat ke tiga gili, yakni Gili Nanggu, Gili Kedis, dan Gili Sudak. Sesampainya di Gili Nanggu, kamu akan disambut pemandangan cantik.

Pulau ini memiliki pasir yang sangat halus. Kemudian terdapat kerang-kerang yang berserakan di pinggir pantai. Kamu pun bisa melakukan aktivitas paling seru yaitu melihat penangkaran penyu langsung. Bahkan kalau beruntung, kamu bisa ikutan festival pelepasan penyu ke laut.

Di Gili Nanggu, juga ada penginapan berjajar di tepi pantai. Uniknya, penginapan tersebut didesain menyerupai rumah adat Lombok. Jadi, liburan ke sini pas untuk kamu dan keluarga, teman, maupun pasangan. Mengajak anak-anak juga boleh.

Kalau kamu sekadar singgah, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai adalah saat pagi. Selain belum panas terik, kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk mengeksplorasi pantai.

9. Pantai Senggigi

Pantai Lombok Pantai Senggigi
Pantai Senggigi, Lombok (sumber: instagram.com/teddychanz/).
LokasiJl. Raya Senggigi km 6-7 Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 776 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram32 menit (18,0 km) lewat Jl. Raya Senggigi.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPantai berteluk, diving, snorkeling, berselancar, naik speed boat, spot memancing, bermain kano.

Pantai Senggigi merupakan salah satu ikon wisata Lombok. Panorama di pantai ini memang indah memikat. Air laut di sini cukup tenang dengan ombak kecil. Jadi, aman untuk berenang maupun sekadar bermain air dan berendam. Cukup berhati-hati saja karena ada batas wilayah buat berenang.

Rute menuju pantai juga sangat mudah. Kamu bisa naik kendaraan roda dua dan roda empat. Jalannya pun beraspal dan juga mulus. Sesampainya di pantai, kamu bisa melihat pemandangan memukau. Ada garis pantai cukup panjang. Lalu, bibir pantai sebagian dipenuhi berbatuan. Pasirnya putih dan lembut.

Kalau di sini, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Kamu bisa berjemur sambil bersantai. Bisa juga bermain air dan berenang. Lalu, tersedia perlengkapan untuk snorkeling dan diving. Berselancar juga bisa. Atau, kamu dapat mencoba speed boat. Seru, bukan.

Fasilitas di Pantai Senggigi juga sangat lengkap. Bahkan tersedia resort dan penginapan di pantai ini. Jadi, memang paling pas mengajak keluarga dan pasangan ke sini. Mengajak anak-anak juga pasti seru. Liburan bersama teman juga boleh.

Kalau mau mampir saja, idealnya waktu terbaik adalah ketika sore. Kamu bisa menyaksikan pemandangan senja. Kemudian melihat matahari terbenam di cakrawala Pantai Senggigi.

10. Pantai Mawun

Pantai Lombok Pantai Mawun
Pantai Mawun, Lombok (sumber: instagram.com/piknikdong/).
LokasiDesa Tumpak, Kecamatan Pujuk, Kabupaten Pulau Lombok Tengah Lombok (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 512 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram1 jam 7 menit (55,0 km) lewat Jl. Bypass Bandara Internasional Lombok.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPerbukitan hijau, berselancar.

Pantai Mawun adalah termasuk salah satu pantai yang masih tersembunyi. Belum banyak yang mengenalnya padahal pantai ini begitu menawan. Pantai ini landai sehingga nyaman untuk berjalan-jalan. Di sekeliling pantai terdapat bukit yang memesona.

Sementara, Pantai Mawun memiliki ombak tenang di sisi barat. Jadi, kamu bisa bermain air di area tersebut. Anak-anak juga aman untuk bermain air. Sedangkan, ombak lebih besar terdapat di area laut tengah. Di sini lebih cocok untuk berenang. Asalkan kamu berhati-hati karena belum ada penjaga pantai.

Untuk akses ke pantai cukup lancar. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Perjalanan sekitar satu setengah jam dari kota Mataram. Di pantai, pemandangannya sungguh indah. Kamu akan memijak pasir putih lembut dengan gradasi ombak. Warnanya di tepian hijau, dan di tengah biru.

Aktivitas yang disukai pengunjung biasanya berjemur, membaca, serta berfoto. Jadi, nggak masalah kalau kamu tidak suka berenang dan basah-basahan. Bisa tetap seru di Pantai Mawun. Pantai ini paling cocok kamu kunjungi untuk liburan keluarga. Atau, bersama teman dan pasangan juga bisa.

Jika ingin ke sini, waktu yang terbaik adalah saat sore hari. Suasana tidak panas dan kamu bisa melihat sunset yang cantik di Pantai Mawun.

Itulah pantai terindah di Lombok yang lagi hits. Di mana pun kamu berada, sebaiknya kamu sempatkan rileks sambil refreshing di pantai. Apalagi, kalau kamu berdomisili di dekat Lombok. Kami secara pribadi paling suka Pantai Pink. Pantai ini begitu eksotis dengan warna pasir merah muda yang sangat unik. Gimana kalau kamu, kira-kira pantai manakah yang menjadi favoritmu? Share di kolom komentar, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar