10 Pantai Terindah di Tuban yang Lagi Hits (2021)

Pernah tidak kamu berpikir, kenapa orang-orang suka main ke pantai saat liburan. Karena pantai memang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Makanya, kalau di pantai, kamu pasti merasa rileks. Memijak pasir dan mendengarkan suara deburan ombak menjadi healing bagi kamu. Ditambah dengan rasa semangat saat kamu explore pantai seru di Tuban. Wah, mantap banget. Berikut 10 rekomendasi pantai tercantik di Tuban:

Penasaran dengan keindahan pantai-pantai di Tuban? Yuk, simak pembahasannya. Let’s dive in!

1. Pantai Remen

Pantai Tuban Pantai Remen
Pantai Remen, Tuban, Jawa Timur (sumber: Instagram.com/pantairemen/).
LokasiRemen, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.30 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000/kendaraan roda 2. Rp15.000/kendaraan roda 4.
Rute wisata dari kota Tuban34 menit (19,5 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya / Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata di sekitar pantaiLaguna, sepeda air di laguna, hutan cemara, permainan ATV, permainan layangan, tempat berkemah.

Pantai Remen adalah destinasi wisata di Tuban, Jawa Timur. Garis pantainya mencapai 500 meter. Jadi, kamu pasti bakal puas bermain dengan leluasa di sepanjang pantai. By the way, pantai ini merupakan satu-satunya yang berpasir putih di Tuban. Namun, uniknya pasir putih tersebut tidaklah asli.

Sebelumnya, pasir pantai ini berwarna cokelat. Lalu tidak jauh dari pantai, ada pembangunan pabrik. Nah, pasir sisa dari pembangunan tersebut terbawa oleh arus laut. Kemudian, pasirnya terdorong ombak sampai ke Pantai Remen. Perubahan inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Makanya, kini, Pantai Remen menjadi tujuan wisata favorit. Kamu bisa sekadar menikmati pantai sambil berfoto. Bisa juga bermain ombak atau bahkan piknik. Oh iya, di pantai ini juga ada pepohonan cemara yang ditanam di bibir pantai. Tujuan utamanya buat mengurangi dampak abrasi.

Akan tetapi, hutan cemara tersebut menjadi spot favorit pengunjung. Tidak lain karena keindahan serta keteduhannya. Keunikan lainnya yaitu ada laguna di Pantai Remen. Warga sekitar sengaja membuat laguna ini. Laguna tersebut menampung air laut, menjadikannya sangat menarik.

Di samping itu, kamu juga bisa berkemah di sini. Seru, kan. Sementara, fasilitas di pantai juga cukup lengkap. Di dekat pantai ada penginapan. Kemudian, ada fasilitas umum seperti area parkir, warung, kios, dan toilet umum.

2. Pantai Boom

Pantai Tuban Pantai Boom
Pantai Boom, Tuban, Jawa Timur (sumber: Instagram.com/genpibanyuwangi/).
LokasiKutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000/orang (hari biasa). Rp8.000/orang (akhir pekan dan hari libur nasional).
Rute wisata dari kota Tuban11 menit (4,4 km) via Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata di sekitar pantaiAyunan, komedi putar, bianglala, perosotan, kolam renang khusus anak, spot foto sunset, area khusus memancing, taman yang asri.

Tahukah kamu, pantai ini pernah dijadikan pelabuhan utama untuk industri dan perdagangan. Tepatnya pada masa kejayaannya Kerajaan Majapahit dahulu. Pelabuhan tersebut merupakan jalur utama buat perlintasan, pelayaran, dan perdagangan kerajaan Majapahit dan Singasari.

Sekarang, pantai ini sudah berubah jadi tempat indah untuk wisata. Di pintu gerbang pantai, kamu bisa melihat arsitektur yang indah. Ada relief-relief yang bercerita mengenai sejarah Tuban. Kemudian, di pantai ini juga ada dermaga sepanjang 800 meter menjorok ke laut.

Oh iya, beda dari pantai-pantai pada umumnya yang berpasir cantik. Pantai Boom ini adalah tanjung, yaitu bagian laut yang menjorok ke daratan. Jadi, di tepinya penuh dengan berbatuan. Kamu pun tidak bisa main air di pantai ini. Akan tetapi, kamu bisa banget menikmati panorama pantai yang memesona.

Ombak dan arus di pantai ini tidak besar. Jadi, aman buat kapal tradisional yang berlayar. Ada juga persewaan kapal milik warga lokal. Kamu bisa pakai kapal tersebut untuk berkeliling perairan sekitar. Kamu nggak cuma menikmati pantai dari daratan, tapi juga menjelajah lautnya. Memorable.

Selain itu, pantai ini lengkap, lho. Ada wahana permainan anak dan juga spot foto yang unik. Ada juga tempat kuliner khas Tuban dan toko souvenir. Fasilitasnya juga lengkap. Sudah tersedia area parkir luas, kamar mandi dan toilet, serta musala untuk beribadah.

3. Pantai Kelapa

Pantai Tuban Pantai Kelapa
Pantai Kelapa, Tuban, Jawa Timur.
LokasiJl. Gresik No.KM, RW.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.30 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rute wisata dari kota Tuban16 menit (7,0 km) via Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata di sekitar pantaiBerkuda, naik perahu, keliling dengan ATV bike, flying fox, kolam renang, spot foto terlengkap.

Pantai Kelapa memiliki keunikan tersendiri. Seperti namanya, di tepian pantainya ada pohon kelapa yang berderet. Makanya, dinamakan Pantai Kelapa. Pantainya pun eksotis. Lalu, akses menuju pantai mudah serta bisa dilalui semua kendaraan. Bahkan, pantai ini sering menjadi tujuan wisata rombongan bis juga.

Pantai ini berpasir putih dengan ombak tenang. Banyak keseruan yang bisa kamu lakukan di sini. Kamu bisa menyaksikan sunset di dermaga pantai. Kamu juga bisa naik kuda atau ATV untuk berkeliling pantai. Ada juga wahana permainan seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Selain itu, ada wisata kuliner juga, lho.

Tak hanya itu saja. Di pantai ini, ada pula panggung hiburan musik. Bahkan, ada gedung serbaguna untuk acara pernikahan, ulang tahun, hingga rapat. Tak lupa ada penginapan juga buat kamu yang mau bermalam. Kalau soal fasilitas, Pantai Kelapa sangat lengkap dan nyaman.

4. Pantai Sowan

Pantai Tuban Pantai Sowan
Pantai Sowan, Tuban, Jawa Timur (sumber: Instagram.com/ardist.mome/).
LokasiBogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 16.30 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rute wisata dari kota Tuban1 jam 4 menit (39,1 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya / Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata di sekitar pantaiHutan yang cantik, area piknik, spot foto, tempat berkemah, flying fox.

Pantai Sowan ini dikelola oleh Perhutani Tuban. Areanya pun luas. Uniknya pantai ini yaitu ada banyak jenis pohon yang tumbuh. Bahkan pepohonan tersebut berukuran besar. Jenis pohon yang ada seperti mahoni, klampis, hingga trembesi. Jadi kamu pasti merasa teduh kalau bermain di pantai ini.

Apalagi, area hutan di sekeliling pantai sudah dihiasi dengan ornamen warna-warni. Ada jalan setapak juga untuk pengunjung. Selain jalan-jalan di area hutan kamu juga bisa piknik. Berkemah juga bisa, lho. Asalkan kamu meminta izin dahulu dari pihak pengelola. Tidak ada persewaan tenda, jadi kamu bisa bawa perlengkapan kemah sendiri. Tak ada biaya tambahan untuk kemah ini.

Di samping itu, ada spot seru lainnya untuk foto, yakni sepeda gantung dan karpet terbang. Kemudian, ada flying fox juga, lho. Kalau untuk fasilitas, terus dilengkapi sampai kini. Sudah ada toilet, musala, warung makan dan minum, serta penginapan dekat pantai. Seru, kan.

5. Pantai Mangrove Center

Pantai Tuban Pantai Mangrove Center
Pantai Mangrove Center, Tuban, Jawa Timur.
LokasiJl. Raya Tuban – Semarang No.KM, RW.6, Kajenom, Jenu, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute wisata dari kota Tuban13 menit (6,1 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya / Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata di sekitar pantaiSarana edukasi mangrove dan ekosistem laut, outbond, fasilitas berkemah, mencari kerang, area workshop, spot sunrise, penangkaran satwa.

Pantai Mangrove Center berada dekat dari jalan utama pantura. Asyik banget tempat ini. Jadi, kamu bisa masuk ke area budidaya mangrove dengan membayar Rp5.000. Sementara, kalau ke pantai gratis tidak ada biayanya. Pantai ini pas banget untuk wisata keluarga hemat tapi tetap mengasyikkan.

Nah, di sini ada penangkaran hewan juga. Jadi, kamu bisa berwisata edukasi sambil mengajak anak-anak. Kegiatan seru di antaranya seperti mengamati burung dan serangga. Kemudian, tentu saja ada area pembudidayaan mangrove. Jadi, kawasan ini penuh dengan tanaman mangrove yang luas banget.  

Pantainya sendiri berpasir cokelat. Ombaknya pun tenang. Nuansa hangat pantai terasa memberi kenyamanan. Oh iya, kamu juga bisa berkemah, lho. Jadi, pantai ini memang merupakan wisata edukasi, penangkaran hewan, area outbond, dan tempat berkemah. Fasilitasnya juga lengkap. Tersedia area parkir, toilet, tempat duduk, serta penginapan.

6. Pantai Semilir

Pantai Tuban Pantai Semilir
Pantai Semilir, Tuban, Jawa Timur (sumber: instagram.com/titaapriliasr/).
LokasiJl. Nasional 1, Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari 06.00 – 17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute wisata dari kota Tuban35 menit (22,1 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya / Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata di sekitar pantaiFasilitas outbond, spot foto.

Pantai Semilir menjadi destinasi populer setelah viral di media sosial. Soalnya, di masa pandemi banyak tempat wisata tutup. Banyak juga muncul destinasi baru, termasuk Pantai Semilir. Tempatnya cocok untuk liburan keluarga. Di pantai ini, juga banyak terdapat pepohonan yang rindang.

Hal tersebut yang bikin para wisatawan betah berlama-lama di sini. Banyak pohon cemara laut atau Casuarina equisetifolia di pantai ini. Jadi, biasanya pengunjung menggelar tikar di atas pasir pantai yang lembut. Kemudian, aktivitas favorit adalah duduk-duduk atau rebahan sambil piknik.

Selain itu, ada ojek perahu yang akan mengajakmu melihat keindahan pantai. Kamu cukup bayar Rp10.000 per orang untuk naik perahu. Nanti kamu diajak berkeliling laguna dekat pantai. Kamu akan melihat kapal-kapal besar bersandar dari dekat. Saat lelah, kamu bisa balik duduk-duduk santai. Jangan lupa juga kulineran di berbagai warung yang tersedia.

7. Pantai Cemara Tuban Jatim

Pantai Tuban Pantai Cemara Tuban Jatim
Pantai Cemara Tuban Jatim (sumber: Instagram.com/tubancekrek/).
LokasiJl. Raya Tuban – Semarang, Jabung, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaBuka setiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000/orang.
Rute wisata dari kota Tuban10 menit (5,5 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya / Jl. Raya Pantura
Obyek wisata di sekitar pantaiPersewaan ATV, persewaan perahu, spot foto ayunan.

Pantai Cemara dahulu bernama Pantai Tasikharjo sebelum tahun 1980-an. Karena pemandangannya indah, orang-orang senang ke sini untuk liburan. Akan tetapi, tempat wisata ini tidak dipelihara, serta rusak karena abrasi air laut dan angin. Pantainya pun rusak. Namun, pemerintah melakukan reboisasi. Ditanamlah ratusan bibit pohon cemara di sini.

Nah, pohon-pohon cemara pun tumbuh besar. Sampai akhirnya jadilah kawasan hutan cemara di pinggir pantai. Jika sebelumnya dikenal dengan nama Pantai Tasikharjo, sekarang berubah menjadi Pantai Cemara. Kalau di sini, kegiatan favorit pengunjung biasanya jalan-jalan di pinggir pantai.

Lalu, kamu juga bisa menikmati kuliner khususnya seafood segar di berbagai warung yang ada. Lalu, kegiatan seru lainnya yaitu naik ATV keliling pantai. Kamu juga bisa mampir ke mangrove center yang berada 300 meter dari pantai. Oh iya, ada juga pertunjukan kesenian, seperti wayang dan seni tari. Sementara, fasilitas pantai juga lengkap. Ada area parkir, kamar mandi dan toilet, musala, penginapan.

8. Pantai Perbatasan

Pantai Tuban Pantai Perbatasan
Pantai Perbatasan, Tuban, Jawa Timur.
LokasiNgomben, Sukolilo, Kec. Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute wisata dari kota Tuban59 menit (47,0 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya/Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto cantik.

Pantai Perbatasan juga biasa dikenal dengan Perbatasan Beach. Pantai ini keren banget, lho. Sebab, pantainya mirip dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Hal tersebut menurut ulasan dari para pengunjungnya. Pemandangan lautnya indah, dengan pasir putih lembut.

Di samping itu, pesisir pantai ini panjang. Kamu akan puas berjalan menyusuri tepi pantainya. Kemudian, pengelolaan pantai ini juga dilakukan dengan baik. Jadi, kawasannya pun sangat bersih. Buat kamu yang ingin mencari ketenangan, pantai ini cocok dijadikan tujuan. Tempatnya luas dan lengang, juga bersih.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto di pantai ini. Pemandangannya estetik. Pas buat kamu yang suka dengan foto minimalis bertema alam. Pokoknya, kalau di sini, kamu pasti bakal merasa damai. Selain itu, fasilitas pantai ini juga cukup lengkap. Ada area parkir serta kamar mandi.

9. Pantai Surindah

Pantai Tuban Pantai Surindah
Pantai Surindah, Tuban, Jawa Timur (sumber: Instagram.com/kpancara/).
LokasiGlagah, Temaji, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute wisata dari kota Tuban26 menit (20,9 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya / Jl. Raya Pantura
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto kapal terdampar, bangunan terbengkalai bersejarah, tempat kemah.

Pantai Surindah masih cukup baru. Akan tetapi, tempat ini sudah mulai ramai pengunjung. By the way, nama Surindah asalnya dari lokasi pantai di mana terdapat bangunan bernama Surindah. Nah, Surindah ini adalah tempat pembenihan benur atau anak ikan bandeng. Namun, tempatnya sudah terbengkalai.

Bangunan terbengkalai tersebut yang menjadi daya tariknya. Khususnya buat kamu yang suka foto-foto buat Instagram. Lalu, pantai ini juga kerap dijadikan lokasi foto untuk pre-wedding. Oh iya, Pantai Surindah juga punya pemandangan sunrise yang indah. Kalau beruntung, kamu bisa melihat siluet gunung Lasem yang ada di barat pantai.

Nah, kalau bicara soal kondisi pantai, di sini cukup bersih. Pasirnya putih. Ombaknya tenang, tapi tetap hati-hati, ya, kalau mau berenang. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kuliner terkenal dekat lokasi pantai. Ada rumah makan Ikan Bakar Bang Toyib dan Jimbaran. Kalau di pantainya, belum ramai orang berjualan.

10. Pantai Gerdu Laut

Pantai Tuban Pantai Gerdu Laut
Pantai Gardu Laut, Tuban (sumber: Instagram.com/langit.laskar/).
LokasiKarangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute wisata dari kota Tuban5 menit (2,1 km) via Jl. Sunan Kalijogo dan Jl. Diponegoro.
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto, area untuk berkemah.

Pantai Gerdu Laut adalah salah satu pantai di Tuban. Lokasinya ada di utara Pulau Jawa. Masyarakat sekitar sangat menyukai pantai ini. Hal yang menjadi daya tariknya adalah lokasinya. Pantai ini berhadapan langsung dengan klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Di samping itu, kamu bisa datang ke Pantai Gerdu Laut kapan saja. Apalagi, tidak ada biaya untuk tiket masuknya. Kamu langsung datang saja. Paling seru mengunjungi pantainya di sore hari. Pemandangan langit sore dengan matahari jingga terlihat indah. Kamu bisa bersantai di pantai.

Lalu, ada juga para pedagang kaki lima menjajakan makanan dan minuman. Jadi, suasana di sini begitu nyaman. Di tahun 1990-an, masih banyak kerang yang bisa ditemukan bahkan dikonsumsi. Namun, dahulu pantainya kurang terawat. Sedangkan, kini pantainya bersih dan terasa asri.

Demikian pantai-pantai terindah di Tuban yang lagi hits. Kebanyakan pantainya ada di pesisir utara Pulau Jawa. Pantai utara memang beda dengan yang ada di selatan. Nuansa pantai utara cenderung minimalis serta alami. Sejumlah pantai juga dijadikan tempat penangkaran hewan dan konservasi. Namun, hal tersebut yang menjadi daya tariknya, sehingga wajib dikunjungi. Kira-kira yang mana pantai favoritmu? Share di kolom komentar, ya.

Baca lebih lanjut: 10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Indramayu (2021) »

Previous Article

Cara Meminta Izin Mendaki Gunung

Next Article

10 Pantai Terindah di Tulungagung yang Lagi Hits (2021)

Tinggalkan komentar