3 Wisata Pantai Terbaik di Bengkulu Tengah yang Lagi Hits (2023)

Bengkulu Tengah memiliki beberapa destinasi wisata pantai yang populer. Kalau kamu penasaran dan ingin mengunjungi pantainya, maka simak 3 rekomendasi wisata pantai terbaik di Bengkulu Tengah ini.

Panoramanya sangat indah dan memiliki ciri khas yang unik. Kamu bisa menemukan pantai dengan pulau kecil dan jembatan gantung yang ikonis. Bahkan, ada juga pantai yang berdampingan dengan danau dan view-nyamirip Tanah Lot di Bali. Tertarik? Berikut 3 rekomendasi pantai terbaik di Bengkulu Tengah:

Mulai penasaran? Yuk, simak pembahasan dari Napaktilas di bawah ini.

1. Pantai Sungai Suci

Pantai Di Bengkulu Tengah Pantai Sungai Suci
Pantai Sungai Suci, Bengkulu Tengah (sumber: instagram.com/bengkulu_hitsz/)
LokasiPs. Pedati, Kec. Pd. Kelapa., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Daya tarik pantai» Ada jembatan gantung kembar yang memacu adrenalin dan cocok jadi spot foto
» Di seberang pantai ada pulau karang kecil yang ikonis
» Banyak spot untuk mencari batu akik
Rute menuju tempat wisata dari kota Karang Tinggi46 menit (31,7 km) via Jl. Bengkulu – Kepahiang
Rating pantai4,4/5.0 – 950 ulasan Google

Pantai Sungai Suci adalah salah satu destinasi wisata pantai terbaik di Bengkulu Selatan. Lokasinya berada di daerah Pondok Kelapa dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Tidak perlu takut tersesat karena banyak petunjuk arah yang jelas untuk menuju ke sana.

Sejak dahulu, pantai ini memang sangat digemari, terutama oleh Presiden Soekarno. Saat sedang diasingkan di Bengkulu, beliau sering berkunjung ke Pantai Sungai Suci untuk menenangkan diri. Dengan suasana yang tenang, pantai ini cocok untuk menjadi tempat berlibur bersama teman, keluarga, maupun pasanganmu.

Pantai Sungai Suci menawarkan view yang memesona. Pantainya memiliki hamparan pasir kecokelatan dengan berbatuan karang. Di beberapa sisi pantai, kamu juga bisa menemukan tembok tebing berukuran besar. Pemandangan laut lepasnya langsung ke arah Samudera Hindia.

Kebanyakan pengunjung menghabiskan waktunya untuk bersantai, berfoto, dan bermain air saja di pinggir pantai. Ombak di sekitar Pantai Sungai Suci cukup besar sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Bagi penggemar akik, maka kamu bisa mencoba peruntungan dengan mencari batu-batu akik berbagai warna yang banyak tersebar di bibir pantai.

Daya tarik lain dari Pantai Sungai Suci yaitu view ke arah pulau karang kecil yang berada di seberang pantai. Pengunjung boleh menyeberang ke pulau dengan melewati jembatan gantung kembar yang ikonis. Tarif penyeberangannya Rp5.000,00/orang (di luar HTM). Walaupun pulaunya tidak terlalu luas, tetapi nyaman untuk tempat bersantai.

Ada banyak pepohonan yang tumbuh rapat, gazebo, serta warung jajanan milik warga setempat. Pengelola juga sudah memasang pagar-pagar pembatas di tepian tebing untuk keamanan pengunjung. Jangan lupa, siapkan kamera untuk mengabadikan view yang lebih cantik dari atas pulau ini.

2. Pantai Padang Betuah

Pantai Di Bengkulu Tengah Pantai Padang Betuah
Pantai Padang Betuah, Bengkulu Tengah (sumber: instagram.com/anggunnsaputri)
LokasiPadang Betuah, Kec. Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/motor
Rp10.000,00/mobil
Daya tarik pantai» Letaknya berdampingan dengan Danau Gedang
» View alam sekitar pantai mirip seperti Tanah Lot di Bali
» Ada spot memancing
Rute menuju tempat wisata dari kota Karang Tinggi1 jam 1 menit (41,7 km) via Jl. Bengkulu – Kepahiang dan Jl. Bengkulu – Muko-Muko/Jl. Lintas barat Sumatera/Jl. Padang – Bengkulu
Rating pantai4,3/5.0 – 275 ulasan Google

Pantai Padang Batuah tidak kalah memesona dengan pantai lain yang ada di Bengkulu. Bahkan, suasana pantai ini disebut mirip dengan Tanah Lot di Bali. Pantai Padang Batuah menyajikan panorama nan eksotis. Tidak hanya hamparan pasir putih, tetapi banyak tebing dan batu-batu karang besar. Sebagian batu karangnya memiliki kontur bercelah akibat abrasi sehingga terlihat unik. Biasanya, batu-batu karang ini sekaligus menjadi spot foto favorit dari para pengunjung.

Spot terbaik untuk menikmati pemandangan Pantai Padang Batuah adalah dari atas tebing bukit. Dari atas tebing bukit akan terlihat pemandangan yang lebih jelas. Mulai daripantai berpasir putih, buih-buih ombak, laut lepas, dan gagahnya Bukit Barisan di kejauhan.

Terutama saat sore hari, pesona matahari terbenam akan terlihat sangat cantik dari pantai ini. Di bagian atas tebing bukit ada area lapangan rumput yang sering menjadi tempat favorit pengunjung untuk bersantai. Selain itu, lapangan rumput ini juga ikut menambah pesona yang menyejukkan mata.

Yang tidak kalah menarik, kamu juga bisa melihat Danau Gedang yang berada persis di sebelah Pantai Padang Batuah. Keberadaan danau dan pantai yang berdampingan ini menjadi daya tarik tersendiri. Dalam sekali pandang, kamu bisa menikmati panorama ombak laut yang bergulung dan permukaan air danau yang tenang. 

Untuk fasilitas di Pantai Padang Batuah sudah tersedia cukup lengkap. Pengelola menyediakan fasilitas seperti toilet umum, musala, pondokan, spot foto, warung makan, dan area parkir. Pantai Padang Batuah juga dikenal sebagai surganya beragam jenis ikan. Jadi, untuk yang gemar memancing, maka kamu bisa sekalian menyalurkan hobi di sini. Jangan lupa bawa alat pancing sendiri, ya.

Catatan: Ingin tahu lebih banyak pantai menarik di Bengkulu? Kami juga punya artikel pantai terindah di Bengkulu favorit wisatawan. Tertarik? Baca di sini.

3. Pantai Harapan

Pantai Di Bengkulu Tengah Pantai Harapan
Pantai Harapan, Bengkulu Tengah (sumber: Bocor Gaming)
LokasiJalan Padang – Bengkulu, Pd. Klp., Kec. Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Daya tarik pantai» Suasananya masih alami, tenang, dan belum terlalu ramai
» Sunset di pantai ini sangat cantik
» Di bibir pantai banyak batu-batu karang yang eksotis dan keren untuk spot foto
Rute menuju tempat wisata dari kota Karang Tinggi42 menit (30,7 km) via Jl. Bengkulu – Kepahiang dan Jalur Tugu Hiu – Ps. Pedati
Rating pantai4,2/5.0 – 10 ulasan Google

Wisata pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi di Bengkulu Tengah adalah Pantai Harapan. Pantai yang berada di daerah Pondok Kelapa ini menarik untuk dikunjungi karena masih sangat alami. Belum banyak pengunjung yang datang sehingga suasananya masih sangat tenang. Cocok sekali untuk kamu yang ingin menikmati liburan di pantai yang sepi. Baik itu bersama teman maupun keluarga.

Pasir di Pantai Harapan dominan berwarna coklat kehitaman. Ada banyak batu-batu karang di beberapa bagian bibir pantainya. Namun, berbatuan karang tersebut tidak terlalu mengganggu. Malahan banyak pengunjung yang memanfaatkan batu-batu karang ini sebagai spot foto yang instagrammable.

Untuk yang ingin menikmati segarnya air laut, kamu bisa bermain air atau berenang dengan nyaman di pantai ini. Khusus saat air pasang, pengunjung akan diminta untuk berhati-hati karena biasanya ombak akan menjadi lebih besar.

Saat siang, matahari akan terasa sangat panas di pantai ini. Sebab, tidak banyak pepohonan di pinggir pantai dan tidak ada pondokan untuk berteduh. Jadi, waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Harapan adalah menjelang sore hari.

Panas matahari sudah tidak terlalu menyengat. Kamu bisa berjalan santai di sepanjang garis pantai sembari menikmati suasana sore. Jangan lewatkan syahdunya momen sunset yang menjadi favorit banyak pengunjung. Siapkan kamera! Sebab, foto siluet terbaik bisa kamu dapatkan saat sunset di Pantai Harapan.

Untuk fasilitas di Pantai Harapan belum terlalu memadai. Hanya ada area parkir dan toilet umum. Sebaiknya, bawalah bekal makanan maupun minuman dari rumah. Belum ada warung makan khusus di pantai ini. Hanya ada beberapa penjual makanan keliling yang sesekali datang ke pinggir pantai.

Itulah 3 wisata pantai terbaik di Bengkulu Tengah. Ketiganya cocok sekali untuk dikunjungi bersama teman, pasangan, atau keluarga. Pemandangannya eksotis, dengan daya tarik dan keunikan yang tidak akan kamu temukan di pantai lainnya. Sudah siap berlibur ke salah satu pantai terbaik di Bengkulu Tengah? Kira-kira pantai mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu? Jangan lupa nanti bagikan keseruan liburanmu di pantai-pantai tersebut kepada kami, ya!  

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar