10 Tempat Camping Terbaik di Pemalang yang Lagi Hits (2023)

Untuk kamu yang suka camping, cobalah mengunjungi Kabupaten Pemalang yang berada di jalur Pantura Jawa Tengah. Pemalang memiliki banyak pilihan tempat camping karena potensi wisata alamnya sangat bervariasi. Masing-masing memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang siap membuat liburanmu semakin berkesan. Sebagai referensi, simak 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Pemalang berikut ini:

Pastinya tempat-tempat tersebut cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman terdekatmu. Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Bukit Tangkeban

Bukit Tangkeban Ig @bukittangkeban
Bukit Tangkeban, Pemalang (Foto: https://instagram.com/bukittangkeban)
LokasiJl. Bukit Tangkeban, Tangkeban, Nyalembeng, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam Registrasi camping mulai pukul 16.00 – 23.30 WIB
Harga paket campingRp20.000,00/orang per malam
Telepon082326559688
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang1 jam 19 menit (48,3 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTangkeban Park, Sirkuit Muntil, Taman Langit, ATV, Istana Balon, Arena Berkuda.

Bukit Tangkeban adalah salah satu tempat camping terbaik di Pemalang. Lokasinya berada persis di kaki Gunung Slamet sehingga viewnya sangat indah. Udaranya juga segar dan sejuk. Bukit Tangkeban cocok untuk camping bersama keluarga, terutama yang membawa anak-anak. Berbagai wahana edukasi dan taman bermain anak tersedia di sini. Mulai dari kebun hidroponik, kolam renang kecil dengan seluncuran, istana balon, hingga bianglala mini. Fasilitas yang tersedia di Bukit Tangkeban juga sudah memadai. Ada area parkir, toilet, musala, penerangan, ARCafe, warung makan, dan spot foto yang eye-catching.

Untuk camping di Bukit Tangkeban, kamu boleh membawa sendiri tenda dan perlengkapan campingnya. Kamu cukup membayar tiket masuk camping di Bukit Tangkeban Pemalangsebesar Rp20.000,00/orang per malam. Registrasi untuk camping dilakukan di Sekretariat Bukit Tangkeban yang berada di samping area parkir mobil (bukan di loket gerbang utama). Registrasinya dibuka mulai pukul 16.00 – 23.30 WIB.

Pengelola juga menyediakan persewaan tenda dengan harga mulai dari Rp75.000,00 per tenda per malam untuk kapasitas 3-4 orang. Harga ini sudah termasuk matras. Kalau ingin menyewa tenda, sebaiknya reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan saat tiba di sana. Untuk menuju ke area camping Bukit Tangkeban, kamu bisa menggunakan mobil, sepeda motor, atau bus wisata. Akses jalannya teraspal bagus dan di beberapa ruas jalan lainnya sudah dicor beton.

2. Bukit Kukusan

Bukit Kukusan Ig @firdi Arham
Bukit Kukusan, Pulosari (Foto: https://instagram.com/fordi_arham)
LokasiJl. Raya Moga – Guci No. 6020, Gn. Sambung, Gambuhan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga paket campingRp10.000,00/orang (HTM)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang1 jam 16 menit (48,2 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot foto, pemandangan kawasan perbukitan, view Gunung Slamet.

Bukit Kukusan menawarkan pemandangan bentang alam yang sangat cantik. Dari area campingnya kamu bisa melihat Gunung Slamet di kejauhan. Udaranya juga sejuk khas kawasan perbukitan. Dengan suasananya yang tenang, maka bersantai di Bukit Kukusan akan menjadi pereda stres yang ampuh. Bahkan, kamu bisa sembari memasak bekal atau membuat kopi panas di dekat tenda.

Untuk camping di Bukit Kukusan, kamu cukup membayar Rp10.000,00/orang. Tenda dan perlengkapannya harus kamu bawa sendiri. Fasilitas yang tersedia di Bukit Kukusan, antara lain spot foto, toilet, musala, dan area parkir. Namun, selama pandemi, area wisata Bukit Kukusan ini sedikit kurang terawat. Ada beberapa fasilitas yang kondisinya sudah kurang bagus. Jadi, kalau ingin camping di sini, pastikan kamu sudah mempersiapkan bekal dan perlengkapan camping yang memadai.

Akses menuju ke Bukit Kukusan sebenarnya sudah teraspal bagus. Lokasinya juga strategis di pinggir jalan besar. Kamu akan menemukannya dengan mudah. Namun, kamu harus tetap berhati-hati saat akan berbelok masuk ke area wisata Bukit Kukusan. Sebabnya, posisi jalan masuk ke Bukit Kukusan persis di tanjakan Jalan Raya Moga-Guci. Untuk menuju ke area campingnya, dari parkiran kamu masih harus berjalan kaki. Medannya menanjak dengan beberapa anak tangga. Siapkan tenaga ekstra, ya!

3. Igir Kandang

Igir Kandang Ig @tomisul
Igir Kandang Pemalang (Foto: https://www.instagram.com/tomisul/)
LokasiSawah, Clekatakan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 18.00 WIB
Harga paket campingRp10.000,00/orang (HTM) Rp5.000,00 per kendaraan (parkir)
Telepon085700041192
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang1 jam 21 menit (50,1 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan kawasan perbukitan, view Gunung Slamet – Gunung Sindoro – Gunung Sumbing.

Ingin camping dengan view puncak Gunung Slamet yang terlihat sangat jelas? Nah, coba kunjungi Igir Kandang di Clekatan, Pulosari. Puncak Gunung Slamet menjadi view andalan dari area camping di Igir Kandang ini.Bahkan, saat cuaca cerah, kamu juga bisa melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di kejauhan. Tak hanya itu, momen golden sunrise juga akan menyambutmu di keesokan harinya.

Untuk kamu yang tidak membawa tenda, ada persewaan yang bisa kamu manfaatkan. Harga sewanya mulai dari Rp25.000,00 – Rp70.000,00 tergantung kapasitas tendanya. Harga tersebut ada sudah termasuk dengan jasa pasang bongkar. Jangan khawatir soal fasilitas. Ada beberapa warung makan, toilet, musala, dan koneksi listrik yang tersedia. Para pengunjung yang camping di Igir Kandang biasanya akan menghabiskan waktu untuk bersantai, ngobrol, berfoto, atau memasak bekalnya. Ada juga api unggun yang dinyalakan saat malam hari.

Kalau kamu tertarik camping di Igir Kandang, sebaiknya datang sebelum gelap. Semakin malam, kondisi di sekitar Igir Kandang akan berkabur dan anginnya semakin kencang. Akses jalan utama menuju Igir Kandang ini berliku dan naik turun. Selain kondisi kendaraan harus prima, kamu juga harus ekstra waspada saat berkendara. Nantinya setelah tiba di parkiran, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 200 meter untuk menuju lokasi campingnya.

4. Buper Mentek dan Wana Wisata

Buper Mentek Ig @bupermentek
Buper Mentek dan Wana Wisata (Foto: https://Instagram.com/bupermentek)
LokasiLadang, Hutan, Wisnu, Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 19.00 WIB
Harga paket camping
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang51 menit (31,3 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus, rumah pohon, flying fox.

Camping di bumi perkemahan bisa menjadi alternatif liburan seru, lho! Di Pemalang, bumi perkemahan yang cukup populer adalah Buper Mentek. Di Buper Mentek suasananya sangat tenang dan udaranya sejuk. Area untuk mendirikan tendanya berada di sebuah lapangan besar. Lapangan ini ditumbuhi rerumputan yang terawat dan rapi. Buper Mentek mampu menampung hingga 300 tenda sekaligus. Jadi, cocok sekali untuk acara camping sekolah, komunitas, ataupun family gathering.

Fasilitas yang tersedia di Buper Mentek sudah cukup memadai. Pengelola menyediakan toilet, musala, warung jajanan, gazebo, spot foto, flying fox,dan area parkir yang luas. Anak-anak juga bisa bermain di jungkitan, panjatan, hingga ayunan yang tersedia di pinggir lapangan. Menariknya, di sekitar area camping banyak tumbuh pohon-pohon pinus. Nuansa alami dan teduh semakin terasa di Buper Mentek. Bahkan, di antara pohon pinus ini kamu bisa memasang hammock untuk bersantai. Asyik sekali, ‘kan?

Untuk menuju ke Buper Mentek, akses jalannya bisa dilewati oleh mobil dan sepeda motor. Namun, kamu wajib berhati-hati, ya. Medan yang dilalui cukup terjal. Di beberapa titik, ada ruas jalan yang rusak. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang prima sebelum berangkat menuju ke Buper Mentek.

5. Buper SiKucing

Buper Sikucing Ig @pemalang Indah
Buper Sikucing Pemalang (Foto: https://Instagram.com/pemalang_indah)
LokasiGumuk, Banyumudal, Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingHubungi pengelola di tempat camping
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang1 jam 10 menit (43,4 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingArea outbound, pemandangan Gunung Slamet

Satu lagi bumi perkemahan yang bisa menjadi alternatif tempat camping di Pemalang yaitu Buper Sikucing. Buper Sikucing berada di kaki Gunung Slamet. Viewnya sangat memanjakan mata. Udaranya sejuk khas daerah pegunungan. Di tepian area campingnya banyak pepohonan rindang untuk berteduh.

Buper Sikucing populer sebagai tempat camping acara sekolah dan kegiatan kepramukaan. Namun, lokasinya juga bisa digunakan untuk camping komunitas. Area lapang yang digunakan untuk mendirikan tenda terbilang luas. Kapasitasnya bisa memuat hingga puluhan tenda sekaligus. Bahkan, kamu bisa menggelar kegiatan outbound dan api unggun di titik yang sudah tersedia. Untuk camping di Buper Sikucing, kamu harus menghubungi langsung ke kantor pengelola untuk melakukan reservasi. Pengelola sudah menyediakan fasilitas seperti aula, toilet, area parkir, dan musala.

6. Bukit Melogi Cinta, Dipajaya

Bukit Melogi Ig @bukitmelogicinta
Bukit Melogi Cinta, Pemalang (Foto: https://instagram.com/bukitmelogicinta)
LokasiSawah, Clekatakan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00/orang (HTM)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang1 jam 31 menit (53,8 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot foto, view perbukitan dan area perkebunan sayur, view Gunung Slamet.

Alternatif tempat camping berikutnya di Pemalang yaitu Bukit Melogi Cinta. Bukit Melogi Cinta adalah wisata alam yang berada di Desa Clekatan. Desa Clekatan sendiri berada di ketinggian 1200-1600 mdpl sehingga termasuk sebagai desa tertinggi di Pemalang. Tempat ini juga sering menjadi basecamp pendakian Gunung Slamet via Dipajaya.

Panorama alam yang terlihat dari Bukit Melogi ini sangat indah dan asri. Kamu bisa sepuasnya menikmati view perbukitan dan perkebunan warga setempat. Selain itu, udara sejuk akan terasa sepanjang hari. Bahkan, saat malam hari suhu udaranya bisa menjadi sangat dingin. Momen sunrise dan sunset di Bukit Melogi Cinta terkenal sangat cantik. Dengan camping, kamu bisa menyaksikan keduanya sekaligus. Menariknya lagi, pada pagi hari saat cuaca cerah, gumpalan awan akan menutupi wilayah perbukitan. Suasananya terasa seperti sedang berada di negeri atas awan.

Bawalah tenda dan perlengkapan camping sendiri karena tidak ada tempat persewaan alat camping. Pengelola hanya menyediakan fasilitas berupa toilet, gazebo, area parkir, gardu pandang, rumah pohon, dan spot foto. Gunakan alas kaki yang nyaman, ya. Dari area parkir, kamu masih harus berjalan kaki cukup jauh melalui medan yang menanjak dan cukup terjal sebelum sampai di area camping.

7. Bukit Gambangan Camping Ground

Bukit Gambangan Ig @gambangancampingground
Bukit Gambangan Camping Ground (Foto: https://Instagram.com/gambangancampingground)
LokasiGondang, Banyumudal, Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00/orang (HTM)
Telepon08112999075 / 081236668180 / 08112999075
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang1 jam 10 menit (43 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus, spot foto.

Tujulah Bukit Gambangan Camping Ground kalau kamu ingin merasakan sensasi camping di tengah hutan pinus yang alami. Lokasinya berada di lereng Gunung Slamet, tepatnya di daerah Banyumudal, Moga. Camping di Bukit Gambangan ini adalah pilihan tepat untuk refreshing sejenak. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan serba hijau dan udara yang sejuk. Tentunya suasana di tempat ini pun sangat tenang.

Area camping di Bukit Gambangan ini sangat luas. Selain memuat tenda dalam jumlah banyak, area lapangnya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan outbound. Mobil pun diperbolehkan masuk hingga ke area camping. Jadi, lokasinya cocok juga nih untuk campervan. Untuk camping di Bukit Gambangan sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu. Terutama kalau kamu berencana datang di akhir pekan atau hari libur lainnya. Jangan khawatir soal fasilitas. Pengelola camping ground sudah menyediakan toilet, warung makan, aula, dan musala. Ada juga tempat persewaan tenda, matras, dan tikar dengan harga terjangkau.

Akses jalan menuju ke Bukit Gambangan Camping Ground sudah bisa dilewati oleh mobil dan sepeda motor. Namun, akses jalannya lumayan sempit, ya. Wajib pelan-pelan dan lebih waspada saat di jalan utama menuju ke area bukit.

8. Bumi Perkemahan Semugih

Buper Semugih Youtube @ahmadviedo Channel
Buper Semugih, Pemalang (Foto: Youtube @Ahmadviedo Channel)
LokasiSimadu Barat, Banyumudal, Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00
Telepon082313126399 / 083839438119
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang55 menit (33,8 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPerkebunan teh, area outbound, wisata alam.

Camping di area perkebunan teh bakal jadi pengalaman seru buat kamu, nih. Di Pemalang, tempat yang bisa kamu tuju adalah Bumi Perkemahan Semugih. Lokasinya berada di area Perkebunan Teh Semugih atau dikenal juga dengan nama Kampoeng Teh Semugih. Kampoeng Teh ini berada di bawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara IX. Bisa dibilang, Bumi Perkemahan Semugih ini cocok untuk camping bersama keluarga, terutama yang membawa anak-anak. Ada beberapa wahana permainan anak yang ditempatkan di beberapa titik taman. Fasilitas lainnya pun sudah cukup memadai. Mulai dari toilet, aula, area parkir yang luas, musala, kereta wisata, gazebo, lapangan tenis, hingga tempat makan.

Di area camping, kamu bisa bersantai sembari menikmati udara yang sejuk. View ke arah gunung dan area perkebunan teh juga akan sangat memanjakan mata. Supaya makin berkesan, jangan hanya berdiam di sekitar tenda! Sempatkan mengikuti tur ke pabrik teh. Di sana, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan teh hitam. Ada juga kereta wisata yang siap mengantarkanmu berkeliling di perkebunan teh. Kalau sudah puas, kamu bisa mampir ke Omah Teh untuk beristihat sejenak. Nikmati secangkir teh dari hasil petik di Perkebunan Semugih.

Untuk menuju ke Bumi Perkemahan Semugih, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jalannya sudah teraspal bagus. Lokasinya juga strategis dan mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan raya utama. Lama perjalanan sekitar 50 menit dari pusat kota Pemalang.

9. The Wilds Camp Bukit Subuh

The Wilds Camp Bukit Subuh Gmaps The Wilds Cam
The Wilds Camp Bukit Subuh, Pemalang (Foto: Google Maps/The Wilds Camp)
LokasiBukit subuh, Jurangmangu, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket camping
Telepon0859160037579
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang1 jam 10 menit (40,6 km) via Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pohon pinus, padang rumput, view Gunung Slamet.

Kalau kamu suka camping dengan suasana yang masih sangat alami, maka kunjungilah The Wilds Camp Bukit Subuh. Lokasinya berada di Jurungmangu, Pulosari. Area camping di Bukit Subuh ini berada di antara pohon-pohon pinus yang teduh. Ada juga padang rumput yang sangat luas di dekat area camping. Pemandangan alamnya masih sangat asri dan udaranya segar. Kamu bisa melihat keindahan panorama Gunung Slamet di kejauhan.

Untuk camping di Bukit Subuh, bawalah tenda dan peralatan camping sendiri. Belum ada tempat persewaan tenda di lokasi ini. Untuk menuju ke Wilds Camp Bukit Subuh, akses jalan dari pusat kota sudah teraspal baik dan bisa dilalui mobil atau sepeda motor. Nantinya setiba di area parkir, kamu masih harus berjalan kaki lagi untuk menuju ke lokasi camping. Medannya adalah jalan setapak yang masih berupa tanah dan cukup menanjak. Siapkan stamina ekstra, ya.

10. Pikaco Base Camp

Pikaco Base Camp Ig @pikacobasecamp
Pikaco Base Camp Pemalang (Foto: https://Instagram.com/pikacobasecamp)
LokasiRT 002, RW.001, Wangkelang, Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari 09.00 – 22.00 WIB (umum) 16.00 – 09.00 WIB (camping)
Harga paket campingMulai dari Rp200.000,00 (kapasitas 4 orang).
Telepon085793866610
Rute menuju lokasi camping dari Pemalang42 menit (26,2 km) via Jl. Karangsuru dan Jl. Randudongkal – Pemalang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSungai Comal, spot foto alam, tempat ngopi pinggir kali.

Pikaco Base Camp menawarkan pengalaman seru camping di pinggir kali. Daya tarik utama dari Pikaco memang ada pada area campingnya yang berada persis di pinggir Kali Comal (Sungai Comal). Makanya, tempat ini dinamakan Pikaco yang artinya “Pinggir Kali Comal”.

Kamu bisa menenangkan pikiran saat camping di Pikaco Base Camp. Tempatnya tenang, dengan suara gemercik aliran air sungai. Ada juga suara serangga yang terdengar dari hutan di sekitar area camping. Selain view sungai, area persawahan di dekat area camping sangat memanjakan mata. Saat malam hari, pengelola akan menyalakan lampu-lampu hias yang menambah semarak suasana di sekitar area camping. Untuk mengisi waktu, cobalah mampir ke Pikaco Wangkelang. Pikaco Wangkelang adalah kedai kopi yang juga mengusung konsep ‘ngopi di pinggir kali’. Lokasinya tidak jauh dari area camping.

Untuk camping di Pikaco, kamu tidak perlu repot membawa tenda. Pengelola sudah menyediakan paket camping yang harganya cukup terjangkau. Harga paket camping di Pikaco Base Camp sebesar Rp200.000,00 per malam. Harga tersebut sudah termasuk tenda kapasitas 4 orang, tiket masuk, matras, coffee time, listrik, toilet, dan parkir. Jadi, kamu tidak perlu repot membawa tenda sendiri. Cukup membawa perlengkapan memasak dan perbekalan saja. 

Itulah 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Pemalang. Banyak tempat yang menarik, ‘kan? Adakah tempat camping di Pemalang tersebutyang sudah langsung kamu masukkan dalam daftar liburanmu selanjutnya? Meskipun beberapa tempat memang belum memiliki akses jalan yang memadai, tetapi usahamu akan terbayar lunas setibanya di sana. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan acara campingmu di Pemalang, ya! Selamat berlibur.

Leave a Comment