10 Tempat Camping Terbaik di Sekitar Purwokerto (Trending 2022)

Camping adalah healing. Ini merupakan kegiatan outdoor sederhana yang bisa menyatukanmu dengan alam. Bahkan, dengan orang-orang terdekat. Di Purwokerto, ada berbagai spot camping yang bagus dan nyaman untuk proses healing-mu. Kamu dapat santai dan liburan dengan nyaman di sana. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Purwokerto:

Mulai penasaran? Berikut ulasan lengkap dari hasil investigasi jurnalistik Napaktilas. Yuk, lanjut baca.

1. Hutan Pinus Limpakuwus

Tempat Camping Di Purwokerto Hutan Pinus Limpakuwus
Hutan Pinus Limpakuwus (sumber: instagram.com/wisatakphbanyumastimur/)
LokasiArea Sawah, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-16.00
Harga paket campingRp25.000/malam
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto42 menit (17,4 km) lewat Jl. Profesor DR. HR Boenyamin
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan hutan pinus, spot foto, playground, jembatan gantung, wahana permainan anak trampolin, spider web, kereta wisata, taman lalu lintas, ATV.

Hutan Pinus Limpakuwus memiliki pemandangan yang sangat segar. Sejauh mata memandang ke sekeliling, terlihat area bukit yang benar-benar hijau. Kemudian, ada banyak pohon pinus yang menjulang tinggi. Udara sejuk di sini. Kalau untuk ke lokasi, akses jalan berliku-liku karena tempatnya berada di lembah Gunung Slamet. Namun, bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Sementara, di sini tersedia fasilitas lengkap. Ada lahan parkir luas, musala, kamar mandi, toilet, playground. Penjual makanan dan minuman juga ada di tempat parkir saja, tidak di area wisata. Sebaiknya sudah membawa makanan dan minuman saat masuk. Oh iya, di sini bisa untuk outbond, biaya sekitar Rp150.000 per orang, sudah dapat makan siang.

Sementara, untuk biaya camping Rp25.000 per orang per malam, sudah termasuk parkir. Untuk perlengkapan camping, pengunjung bisa membawa sendiri maupun sewa tenda. Saat camping, biasanya pengunjung suka menikmati pemandangan alam sekitar. Lalu, membuat barbeque sambil memasak makan malam.

Seringkali pengunjung camping di sini bersama anak-anak. Biasanya, anak-anak suka bermain di playground yang sudah tersedia. Kalau area camping-nya luas dan nyaman, bisa muat banyak tenda sampai puluhan. Sementara, dari termpat parkir ke area camping, kamu perlu berjalan tidak jauh. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, teman-teman maupun rombongan lainnya.

2. Bukit Tranggulasih

Tempat Camping Di Purwokerto Bukit Tranggulasih
Bukit Tranggulasih (sumber: instagram.com/awiawiawiawiawul_/)
LokasiWindujaya, Kedungbanteng, Dusun III, Windujaya, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp35.000-Rp75.000/tenda per malam
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto37 menit (14,8 km) lewat Jl. Raya Kutaliman
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingBukit Datar, Bukit Cinta Suramenggala, Bukit Tinggi

Bukit Tranggulasih berada di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 750 mdpl. Bukit ini indah, apalagi pemandangan sunrise dan sunset-nya. Dari sini juga terlihat pemandangan pegunungan serta area Purwokerto dari ketinggian. Di sekelilingnya berupa area perbukitan yang terlihat hijau segar. Tidak heran kalau di sini menjadi tempat camping favorit.

Akses ke lokasi berupa jalan beraspal. Lalu, untuk sampai di bukit, jalannya menanjak. Kalau sudah naik bukit, kamu akan langsung tiba di area camping. Untuk tiket masuk sebesar Rp5.000, parkir motor Rp5.000, dan parkir mobil Rp10.000. Kendaraan besar tidak dapat sampai di area camping, medannya menanjak dan cukup terjal. Kamu perlu berjalan sekitar 300 meter dari tempat parkir ke area camping.

Di bukit ini tidak terdapat banyak pohon besar. Sebagian besar areanya berupa hamparan rumput dan tanah. Jadi, melegakan untuk melihat pemandangan. Selain itu, di sini juga terdapat bukit-bukit lainnya yang merupakan destinasi wisata. Sementara, aktivitas favorit pengunjung yang camping, adalah melihat sunrise dan sunset, serta berfoto di berbagai spot.

Kalau untuk fasilitas di sini lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, dan warung yang menjual makanan dan minuman. Sedangkan, area camping cukup luas, bisa muat 10-15 tenda saat ramai pengunjung. Untuk perlengkapan camping, bisa bawa sendiri atau menyewa. Tempat camping ini cocok untuk keluarga dan teman-teman yang menyukai kegiatan di alam.

3. Camp Area Umbul Bengkok Baturaden

Tempat Camping Di Purwokerto Camp Area Umbul Bengkok Baturaden
Camp Area Umbul Bengkok Baturaden (sumber: instagram.com/tanandreass/)
LokasiDesa, Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 09.00-22.00
Harga paket campingRp100.000/tenda per malam
Telepon0813-2731-2233
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto40 menit (13,8 km) lewat Jl. Raya Baturaden
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingLokawisata, Kebun Raya Baturaden, curug air terjun, banyak spot foto

Camp Area Umbul Bengkok Baturaden bisa diakses melalui jalan yang menanjak. Ada bagian jalan yang berlubang sehingga perlu hati-hati, terutama untuk mobil. Lalu, sudah ada area parkir terpisah untuk motor dan mobil.  Kemudian, untuk tiket masuknya sebesar Rp2.000. Dari tempat parkir perlu berjalan sedikit ke area camping.

Tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang sudah lengkap di sini. Ada kamar mandi, toilet, musala, gazebo, dan banyak warung di sekitar area camping. Lalu, area camping cukup luas, bisa muat belasan sampai puluhan tenda. Kamu bisa menyewa tenda. Kamu pun akan dibantu mendirikan tenda kamu.  Oh iya, disarankan kamu reservasi dahulu kalau mau camping, agar dapat tempat.

Pemandangan di sini indah. Area camping luas dan hijau serta dikelilingi pepohonan. Udara dingin karena tempatnya berada di ketinggian. Untuk area camping ditata dengan desain terasering. Kegiatan seru di sini adalah mampir ke air terjunnya. Kemudian, menyaksikan sunset dan sunrise. Pengunjung yang camping biasanya juga membuat api unggun kecil.

Tempatnya rapi, bersih, dan terawat di sini. Di sini juga ada kolam ikan di dekat tempat camping. Pemandangannya bagus. Jangan lupa untuk berfoto juga. Omong-omong, Camp Area Umbul Bengkok juga biasa dikenal dengan sebutan CAUB. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, teman-teman, maupun pasangan. Suasana terasa asyik di sini.

4. Curug Gomblang

Tempat Camping Di Purwokerto Curug Gomblang
Curug Gomblang (sumber: instagram.com/curuggomblang/)
LokasiDusun III, Kalisalak, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.30-17.00
Harga paket campingRp 10.000/orang untuk tiket masuk
Telepon0813-9161-5829
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto40 menit (18,3 km) lewat Jl. Raya Dawuhanwetan
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingAir terjun, gardu pandang, rumah kayu, banyak spot foto

Curug Gomblang merupakan tempat yang nyaman untuk camping di alam bebas. Akses ke lokasi mudah dengan jalan beraspal. Motor dan mobil bisa lewat. Kemudian, sudah ada tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Ada tiket masuk Rp10.000 per orang dewasa. Lalu, juga ada tarif parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Dari parkiran ke area camping, kamu perlu berjalan sedikit saja. Jalannya naik melalui jalan batu yang sudah ditata rapi. Area camping sangat luas bisa muat sampai belasan hingga puluhan tenda. Kalau mau parkir mobil sampai area camping juga bisa. Jika demikian, kamu perlu menggunakan mobil yang tinggi. Nanti mobil parkir di sebelah tenda kamu.

Sementara, pemandangan di tempat camping sangat segar. Terdapat banyak pohon menjulang tinggi. Juga ada banyak tanaman hijau di seluruh lokasi camping. Sedangkan, di sekeliling lokasi camping, terdapat bukit-bukit hijau yang terasa dekat sekali dari jangkauan. Udara sejuk dengan nuansa yang tenang, jauh dari keramaian.

Kemudian, fasilitas di sini sudah lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, taman bacaan, listrik dan Wi-Fi. Juga ada banyak warung tempat menjual makanan dan minuman. Sementara, aktivitas yang disuka saat camping adalah menikmati alam. Kemudian, membuat api unggun saat malam. Kamu juga bisa mampir ke air terjunnya melalui tangga batu berundak, turun sekitar 1 km.

Omong-omong, kalau untuk perlengkapan camping, pengunjung biasanya bawa tenda sendiri. Kamu bisa bertanya apakah tersedia tenda disewakan. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, teman-teman, juga kamu dan pasangan.

5. Bukit Watu Meja

Tempat Camping Di Purwokerto Bukit Watu Meja
Bukit Watu Meja (sumber: instagram.com/wisatakphbanyumastimur/)
LokasiJl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kec. Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-18.00
Harga paket campingRp7.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto24 menit (13,8 km) lewat Jalur Gumilir – Purwokerto dan Jl. Raya Patikraja – Kebasen/Jl. Raya PUK
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSunrise dan sunset, pemandangan bukit-bukit hijau, pemandangan Sungai Serayu, hutan pinus, spot ayunan

Bukit Watu Meja memiliki akses berupa jalan tanah yang ekstrem. Jalannya berliku naik dan bisa dilewati kendaraan sepeda motor saja. Disarankan untuk camping di musim kemarau. Kondisi akses jalan dan tempat camping mungkin kurang aman saat hujan. Di musim hujan, tanahnya cenderung basah dan kadang berlumpur, juga licin.

Sementara, pemandangan di bukit ini memang eksotis, begitu indah. Ada pepohonan pinus di sekeliling bukit. Di bawah, terlihat Sungai Serayu, lalu di sekitarnya terdapat bukit-bukit hijau. Di puncak Bukit Watu Meja, ada berbatuan unik dengan bentuk seperti meja. Lalu, untuk area camping cukup luas bisa muat beberapa tenda. Di sini masih termasuk alam bebas. Fasilitas belum begitu lengkap.

Akan tetapi, sudah ada warung tempat jual makanan dan minuman. Sementara, untuk perlengkapan camping, biasanya pengunjung bawa sendiri. Belum banyak juga yang camping di sini. Kalau aktivitas yang disuka di sini adalah melihat pemandangan Sungai Serayu dan bukit di sekelilingnya. Lalu, kalau kamu camping, bisa membuat api unggun kecil di malam hari.

Banyak pengunjung yang tidak camping suka berkendara sepeda roda dua atau hiking ke sini. Bukit Watu Meja memiliki akses ekstrem dengan fasilitas seadanya. Jadi, tempat camping ini lebih cocok buat kamu dan teman-teman yang menyukai adrenalin di alam bebas.

Catatan: Jika kamu pengen melipir untuk mencari tempat camping di luar kota Banyumas, kamu bisa ke Tegal. Di tegal juga ada tempat camping yang asyik dengan alam yang indah. Baca selengkapnya di sini.

6. Camp Area Germanggis

Tempat Camping Di Purwokerto Camp Area Germanggis
Camp Area Germanggis (sumber: instagram.com/ratnosokle/)
LokasiJl. Curug Cipendok No.km 5, Dusun Manggala, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 24 jam
Harga paket campingRp50.000/tenda kapasitas 4 orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto40 menit (22,4 km) lewat Jl. Bumiayu-Purwokerto/Jl. Raya Tegal – Purwokerto dan Jl. Curug Cipendok
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan dari atas bukit, banyak spot foto, kolam renang, Jurassic Area, playground, kolam renang

Camp Area Germanggis sangat nyaman. Tempat ini merupakan kawasan wisata dengan banyak spot foto sebagai daya tariknya. Akses ke lokasi berupa jalan beraspal naik turun. Namun, jalannya sudah bagus dan kamu bisa naik motor dan mobil ke sini. Area parkir luas, bisa untuk motor dan mobil.

Untuk tiket masuk Rp10.000 per orang. Lalu parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Kalau mau camping, kamu bisa sewa tenda. Harga tenda kapasitas 2 orang Rp40.000. Tenda kapasitas 4 orang Rp50.000. Tenda kapasitas 8-10 orang Rp150.000. Kalau bawa tenda sendiri bayar sewa kavling Rp10.000. Lalu untuk sewa matras Rp5.000. Selain itu, tersedia juga berbagai paket makanan dan snack.

Kamu bisa pesan paket snack seharga Rp6.000-Rp9.000. Sedangkan, harga paket nasi kotak Rp17.500-Rp25.000. Di samping itu, fasilitas di tempat ini lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, warung yang menjual makanan dan minuman. Sementara, pemandangan di sini indah dan menarik. Tempatnya berada di ketinggian dengan udara sejuk.

Lokasi camping berupa rerumputan hijau yang rapi. Area camping cukup luas dengan kapasitas tidak kurang dari belasan tenda. Tempat camping ini memiliki panorama hijau yang segar, dengan ditumbuhi pohon di setiap sudutnya. Juga dikelilingi bukit-bukit yang hijau di sekitarnya. Terlihat juga pemandangan kota di kejauhan.

Pengunjung yang camping suka menikmati pemandangan. Lalu, berfoto di berbagai spot yang instagrammable. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, pasangan, juga teman-teman.

7. Bukit Pandang Munggang

Tempat Camping Di Purwokerto Bukit Pandang Munggang
Bukit Pandang Munggang (sumber: instagram.com/purwokertohiitz/)
LokasiDusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/orang untuk parkir menginap
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto30 menit (13,6 km) lewat Jl. Raya Baturaden
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingBanyak spot foto, pemandangan dari atas bukit, sunrise dan sunset

Bukit Pandang Munggang memiliki pemandangan bukit yang sangat ideal. Saat melihat ke sekeliling, terdapat bukit-bukit hijau yang masih segar dan asri. Dari puncak bukit ini, view perbukitan hijau tersebut terlihat menawan. Cukup berbeda dari bukit camping yang lainnya. Lalu di kejauhan sekilas terlihat juga pemandangan kota.

Tempat camping ini berada di ketinggian sehingga udara sejuk. Saat pagi, sunrise terlihat sangat indah dari sini. Untuk ke lokasi, kamu bisa naik motor dan mobil, tapi sampai tempat parkir saja. Kemudian, kamu akan mendaki dengan jalur pendakian cukup mudah. Terus menanjak sampai tiba di area camping. Untuk area camping cukup luas, bisa untuk sekitar 10 tenda.

Biasanya, pengunjung membawa perlengkapan camping sendiri. Namun, fasilitas tersedia cukup lengkap. Ada kamar mandi, toilet, dan musala. Juga ada air yang mengalir 24 jam. Tempat parkirnya juga aman. Pengunjung yang camping suka membuat api unggun ketika malam. Lalu, membuat makan malam kemudian menikmati waktu sampai pagi.

Pemandangan malam indah dengan taburan lampu kota di bawah. Saat pagi datang, jangan lewatkan pemandangan sunrise yang memesona. Bukit ini tidak terlalu tinggi sehingga nyaman, termasuk untuk para pendaki pemula atau jarang mendaki. Namun, pendakian tetap memerlukan waktu yaitu sekitar 45 menit.

Untuk harga tiket masuk Rp5.000, parkir Rp2.000. Kalau parkir menginap tarifnya Rp5.000. Tempat camping ini cocok untuk siapa saja, keluarga, teman dan pasangan. Namun, mungkin lebih ideal untuk kamu dan teman-teman pencinta alam.

8. Bukit Gadog

Tempat Camping Di Purwokerto Bukit Gadog
Bukit Gadog (sumber: instagram.com/bukit_gadog/)
LokasiDusun III, Sunyalangu, Kec. Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon0858-9406-5227
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto37 menit (16,9 km) lewat Jl. Raya Dawuhanwetan
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan bukit yang indah, banyak spot foto

Bukit Gadog benar-benar merupakan tempat alam bebas. Akses ke lokasi pun cukup ekstrem. Kamu menyeberang sungai melalui jembatan gantung yang tinggi dan sempit. Bisa dengan naik motor, tapi jika ragu-ragu, kamu bisa menitipkan kendaraan di rumah warga. Kemudian, berjalan ke lokasi camping.

Kondisi medan jalannya licin dan terjal. Kalau naik kendaraan sampai area camping bisa, hanya dengan menggunakan sepeda motor. Setelah perjalanan lewat hutan pinus selama sekitar 10 menit, kamu akan sampai di area camping. Untuk fasilitas, ada warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman. Kamu juga bisa mencicipi mendoan khas Purwokerto yang biasanya disediakan.

Kalau untuk tarif tiket masuk Rp5.000 dan parkir Rp2.000. Pengunjung biasanya membawa perlengkapan camping sendiri. Sementara, aktivitas yang disuka saat camping adalah membuat api unggun, melihat pemandangan, serta berfoto. Pemandangan di tempat camping ini terlihat indah.

Kamu bisa melihat view sawah-sawah hijau dengan sungai yang mengalir jernih di sebelahnya. Lalu, ada sejumlah spot foto. Bisa dibilang, untuk fasilitas umum belum lengkap, jadi masih sangat alami di sini. Camping di sini cocok untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tantangan dan keseruan alam bebas.

9. Bukit Mahameru

Tempat Camping Di Purwokerto Bukit Mahameru
Bukit Mahameru (sumber: instagram.com/dinanoviandinii_/)
LokasiGn. Mahameru, Watuagung, Kec. Tambak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon0852-4800-8926
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto1 jam 33 menit (50,6 km) lewat Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan bukit yang indah

Bukit Mahameru adalah tempat camping yang hijau dan asri. Akses ke lokasi menanjak dengan jalan yang beraspal, bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Biasanya, pengunjung yang camping menggunakan kendaraan motor. Sampai di basecamp, kamu bisa parkir kendaraan. Biaya parkir titip kendaraan Rp10.000 per motor.

Lalu, kamu akan mendaki untuk sampai di puncak bukit. Lama pendakian sekitar 3 jam. Area camping di sini hidden gem. Cukup jarang pengunjung yang bermalam di sini. Kondisi bukit ini juga cenderung sepi dengan sedikit pengunjung. Di puncak bukitnya, ada sebuah pos gardu yang dilengkapi listrik dan lampu. Cuma itu saja. Biasanya, penduduk lokal yang camping akan bermalam dan tidur di pos tersebut.

Jadi, pengunjung tidak mendirikan tenda. Sementara, area camping di sini tidak begitu luas. Jika mendirikan tenda, bisa. Akan muat beberapa tenda saja. Untuk fasilitas juga belum ada. Jadi, kamu bisa bawa bekal makanan dan minuman sendiri. Juga membawa perlengkapan camping sendiri. Sementara, pemandangannya memang terlihat indah dari sini.

Kamu dapat melihat bukit-bukit hijau di sekeliling. Ditambah lagi, di lokasi camping ini, ada banyak pohon dan tanaman hijau yang masih lebat dan alami. Pengunjung biasanya suka melihat-lihat pemandangan serta berfoto. Selain itu, pemandangan sunrise menjadi daya tarik tersendiri. Tempat camping ini cocok untuk kamu dan teman-teman yang suka adrenalin dan tantangan.

10. Bukit Rajawali

Tempat Camping Di Purwokerto Bukit Rajawali
Bukit Rajawali (sumber: instagram.com/purwokertokeren/)
LokasiDusun III, Melung, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Purwokerto55 menit (21,1 km) lewat Jl. Raya Baturaden
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, spot foto unik berupa pipa

Bukit Rajawali adalah tempat camping yang unik. Kamu bisa menggunakan kendaraan sampai tempat parkir basecamp saja. Untuk biaya parkir motor Rp2.000. Setelah itu, kamu harus mendaki dengan kondisi jalan yang sangat menanjak. Ada salah satu spot unik juga.

Spot tersebut adalah tangga undakan batu di sebelah pipa besar yang memanjang dari atas ke bawah. Pengunjung biasanya berfoto di dekat pipa ikonis ini. Sementara, area camping ground yang ada di atas bukit, muat beberapa tenda saja. Tidak sampai sepuluh tenda. Jadi, tidak begitu luas.

Namun, pemandangan di sini memanjakan mata. Lokasinya di ketinggian menyajikan pemandangan bukit hijau di sekelilingnya. Kemudian, langit juga membentang luas dengan awan putih mengapung. Dari sini panorama langit dapat terlihat jelas.

Pengunjung saat camping biasanya suka menikmati pemandangan, membuat api unggun, bermain gitar sambil bernyanyi. Selain itu, sunrise juga terlihat memukau di sini. Tempat camping di bukit ini cocok untuk kamu dan teman-teman yang menyukai alam dan suka mendaki.

Nah, itu tadi rekomendasi tempat camping terbaik di Purwokerto. Kalau kamu berdomisili di sekitar Purwokerto, langsung berangkat saja. Jika ada libur singkat seperti saat weekend, nikmati waktu kamu untuk camping seru. Kalau kamu lebih suka camping semalam saja atau lebih dari satu malam? Coba share pengalaman kamu di kolom komentar.

Tambahan: Pengen referensi tempat camping asyik di Jateng lainnya? Boleh. Kami juga punya rekomendasi tempat untuk camping di Jawa Tengah yang bagus di sini.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar