7 Tempat Camping Terbaik di Jember yang Lagi Hits (2023)

Ada banyak cara buat menikmati liburan saat di Jember. Apalagi, kalau kamu menyukai wisata alam. Kamu bisa camping agar lebih mengenal pesona keindahan alam Jember. Selain itu, camping merupakan aktivitas seru di alam bebas, sekaligus alternatif menginap yang lebih ekonomis. Kamu bisa mengajak orang-orang terdekat untuk menikmati pengalaman camping bersama. Lalu, di mana tempat camping yang asik di Jember? Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Jember:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Pantai Papuma

Tempat Camping Di Jember Pantai Papuma
Area camping Pantai Papuma, Jember (sumber: Budi Online)
LokasiDesa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-18.00
Harga tiket masuk» Weekday: Rp15.000/orang
» Weekend: Rp20.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jember1 jam 9 menit (38,5 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunset dan sunrise, pemandangan laut lepas, spot foto, perahu wisata

Pantai Papuma sangat populer di Jember. Selain menjadi destinasi wisata, pantai ini juga biasa dijadikan tempat camping. Di pantai ini terdapat tebing karang yang juga menjadi daya tariknya. Biasanya, campers mendirikan tenda di pinggir pantai dan berhadapan langsung dengan laut. Sedangkan, untuk tenda dan perlengkapan camping, kamu bisa bawa sendiri atau menyewa.

Kalau akses ke lokasi sudah berupa jalan yang baik kondisinya. Bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Jadi, setelah berkendara, kamu bisa parkir di lahan yang sudah tersedia. Kemudian, kamu akan berjalan sedikit saja ke area camping. Kalau kamu menggunakan motor, bisa masuk sampai area camping di tepi pantai.

Area camping luas dan muat banyak tenda di sepanjang pesisir pantai. Area untuk camping ini berupa hamparan pasir putih yang cantik. Pemandangannya juga menawan. Tidak jauh dari bibir pantai, terdapat batu-batu karang besar di laut. Biasanya, pengunjung suka melihat sunset dan sunrise di sini.

Sementara, pengunjung yang camping suka menyeduh minuman hangat seperti kopi. Selain itu, campers suka membuat makanan sendiri. Saat malam, biasanya campers membuat api unggun. Jangan lupa juga untuk berfoto.

Di tempat camping di pantai ini, sudah ada fasilitas berupa kamar mandi, toilet, musala, warung, gazebo. Camping di sini santai, cocok untuk keluarga, anak-anak, teman, pasangan, juga siapa saja.

2. Agrowisata Gunung Pasang Jember

Tempat Camping Di Jember Agrowisata Gunung Pasang Jember
Agrowisata Gunung Pasang, Jember (sumber: instagram.com/oemahoutdoor.ar/)
LokasiAfdeling Boma Gunung Pasang, Argopuro, Guplek, Suci, Kec. Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-16.00
Harga tiket masukRp8.000/orang
Telepon0813-3644-0567
Rute menuju lokasi camping dari Jember37 menit (19,3 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingWahana permainan anak, spot foto, flying fox, wisata arus sungai

Agrowisata Gunung Pasang Jember merupakan destinasi wisata yang menyediakan camping ground. Tempat camping ini juga dikenal dengan nama Wisata Boma. Lokasinya berada di lereng Gunung Pasang. Daya tarik utama tempat ini adalah banyaknya spot foto yang ikonis.

Untuk menuju tempat camping ini, jalannya sudah baik serta mudah aksesnya. Kamu bisa naik motor dan mobil ke sini. Nah, area camping berada satu tempat dengan lahan parkir mobil yang sangat luas. Tempatnya juga tidak jauh dari lahan parkir motor. Jadi, kalau naik motor, kamu berjalan sedikit dari lahan parkir ke area camping. Dikarenakan area camping-nya luas, maka bisa muat banyak tenda.

Untuk tenda dan perlengkapan camping, biasanya pengunjung bawa sendiri. Namun, untuk fasilitas, sudah tersedia kamar mandi, toilet, serta ada banyak warung di sini. Tempat camping ini menyajikan nuansa hijau yang sangat alami, seperti namanya yang merupakan agrowisata.

Jadi, kamu akan camping dikelilingi pepohonan hijau dan aneka macam tanaman. Area camping sendiri berupa lahan luas seperti lapangan berumput hijau, dan di pinggir-pinggirnya berjajar mobil parkir. Omong-omong hampir seluruh kawasan wisata ini ditumbuhi rumput yang hijau. Selain itu, udara terasa sejuk di sini.

Saat camping, pengunjung biasanya suka bersantai menikmati waktu. Aktivitas seru lainnya adalah berfoto di setiap spot foto di sini. Kadang ada rombongan campers yang juga melakukan aktivitas outbond. Di tempat camping ini juga ada flying fox. Camping di Wisata Boma cocok sekali untuk keluarga dan anak-anak. Juga boleh untuk kamu dan teman-teman, pasangan, komunitas, dan siapa saja.

3. Wisata Pinus Sidomulyo

Tempat Camping Di Jember Wisata Pinus Sidomulyo
Wisata Pinus Sidomulyo, Jember (sumber: instagram.com/ppg.pinepinus/)
LokasiCurah Damar, Sidomulyo, Kec. Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka» Senin-Jumat, 09.00-22.00
» Sabtu-Minggu, 09.00-23.00
Harga tiket masuk» Tiket masuk: Rp5.000/orang
» Parkir Motor: Rp2.000
» Parkir Mobil/Bus: Rp5.000
Telepon0823-3127-6141
Rute menuju lokasi camping dari Jember51 menit (31,4 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingFasilitas outbond, Lorong Hati, pembibitan pinus, pembibitan jati, wahana permainan anak, rental sepeda gunung

Wisata Pinus Sidomulyo sedang naik daun dan terus menarik perhatian wisatawan. Lokasinya berada di lereng Gunung Gumitir. Akses ke lokasi berupa jalan yang kondisinya baik, bisa dilalui motor, mobil, hingga bus. Setelah sampai, kamu bisa parkir kendaraan. Sudah tersedia lahan parkir yang luas.

Selain itu, tersedia fasilitas kamar mandi, toilet, musala, serta kafe yang dinamakan Cafe Pinus. Jadi untuk alurnya, setelah parkir, kamu akan berjalan tidak jauh ke area camping. Kamu akan sampai di lokasi camping dengan gapura dilengkapi jembatan dari kayu, diberi nama Jembatan Persahabatan.

Area camping ini berupa lahan tanah sedikit berumput hijau, ukurannya luas sehingga muat banyak tenda. Di tempat camping juga terdapat pohon-pohon pinus, jaraknya berjauhan antara satu dan lainnya. Jadi, lahan untuk camping terasa lengang. Selain itu, terdapat kursi dan meja untuk tempat duduk. Ada juga kursi dan meja terbuat dari ban.

Kamu bisa langsung mendirikan tenda di area camping tersebut. Untuk tenda dan perlengkapan camping, pengunjung dapat membawanya sendiri. Pemandangan di tempat camping ini sangat hijau dan alami. Nuansanya segar, ditambah lagi tempatnya bersih sekaligus terawat dengan baik.

Campers saat camping biasanya suka menikmati waktu dengan melihat pemandangan. Selain itu, akan worth it kalau kamu berkeliling seluruh kawasan wisata camping ini. Ada banyak spot hiburan dan juga edukasi seperti pembibitan pinus dan jati. Tempat camping ini cocok untuk keluarga dan anak-anak, teman, pasangan, komunitas, hingga rombongan instansi.

4. Wisata Batu Jubang

Tempat Camping Di Jember Wisata Batu Jubang
Wisata Batu Jubang, Jember (sumber: instagram.com/aiz1703/)
LokasiArea Kebun, Suco, Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jember41 menit (19,6 km) lewat Jl. Budi Utomo
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan, sunrise, pemandangan kota di kejauhan

Wisata Batu Jubang merupakan bukit dengan view yang cantik. Akses ke lokasi berupa jalan yang menanjak sampai ke atas bukit. Idealnya, gunakan kendaraan motor karena aksesnya akan lebih mudah. Pastikan motor dalam kondisi prima. Akan lebih baik menggunakan motor dengan gigi supaya semakin aman. Sesampainya di lokasi camping, kamu bisa memarkir motor di tempat parkir.

Setelah itu, kamu akan masuk ke area camping dengan berjalan sedikit dari tempat parkir tersebut. Area camping berada di atas bukit, berupa lahan tanah yang cukup luas. Bisa muat cukup banyak tenda. Kira-kira bisa sampai dua puluh tenda lebih. Jadi, Wisata Batu Jubang ini memang merupakan tempat untuk camping.

Kemungkinan kamu akan camping bersama dengan para campers lainnya. Jadi, akan ada banyak tenda berjajar di area camping-nya. Selain itu, untuk fasilitas di tempat camping ini cukup lengkap. Ada lahan parkir, kamar mandi, toilet, musala, spot selfie, serta kantin. Untuk bermalam di sini, ada biaya sendiri Rp5.000.

Sementara, yang menarik dari tempat ini adalah pemandangannya. Kamu berada di puncak bukit, dan juga terlihat perbukitan di sekelilingmu. Di tempat camping-nya sendiri, ada banyak tanaman hijau dan terdapat pohon-pohon yang menambah keasriannya. Udara terasa sejuk dengan suasana alami di sini.

Kamu juga tidak boleh melewatkan sunrise-nya. Selain melihat sunrise, pengunjung paling suka berfoto-foto di sini. Atmosfer di tempat camping ini sangat, sangat familier dan terasa nyaman. Camping di sini cocok untuk siapa saja, teman, keluarga, pasangan. Banyak anak muda yang suka camping di sini.

5. Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan

Tempat Camping Di Jember Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan
Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan, Jember (sumber: instagram.com/ach_nizam/)
LokasiJalan Cangak Indah, Curahnongko, Tempurejo, Curahnongko, Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masukRp10.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jember1 jam 22 menit (39,7 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pantai yang belum terjamah

Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan adalah pantai hidden gem. Hingga saat ini, Pantai Nanggelan belum dikelola dengan optimal sebagai tempat wisata. Namun, karena pantainya yang bersih, sepi dan sangat indah, banyak yang menjadikannya tempat camping.

Kalau akses ke lokasi pantai cukup baik dan bisa dilalui motor dan mobil. Namun, kebanyakan pengunjung menggunakan motor. Saat sampai, kamu akan parkir sekaligus menitipkan motor di tempat parkir. Ada tiket masuk Rp10.000. Sementara, biaya parkir motor Rp10.000 dan mobil Rp20.000.

Nanti, dari tempat parkir motor, kamu perlu berjalan naik dan turun bukit untuk sampai di area camping. Medannya cukup menantang, sehingga disarankan kamu menggunakan alas kaki sepatu atau sandal gunung, yang penting solnya tebal. Setelah trekking pendek naik turun bukit, kamu akan sampai di pantai yang merupakan lokasi camping.

Kamu dapat langsung mendirikan tenda. Untuk tenda dan perlengkapannya, biasanya pengunjung bawa sendiri dari rumah. Sementara, area camping berupa hamparan pasir yang sangat luas dan muat banyak tenda. Sejauh mata memandang, kamu bisa melihat laut lepas, serta perbukitan yang tampak hijau di kejauhan.

Kalau camping di sini, pastikan membawa perbekalan yang cukup, ya, seperti makanan, minuman dan air. Sebab, lokasi camping jauh dari permukiman, serta belum ada fasilitas apapun di sini. Sementara, saat camping, campers biasanya suka membuat api unggun saat malam. Aktivitas seru lainnya adalah menyaksikan pemandangan, serta berjalan menyusuri tepi pantai.

Pantai Nanggelan adalah tempat camping yang lebih cocok untuk teman-teman pencinta alam. Bisa juga untuk keluarga, pasangan, hingga komunitas yang sama-sama hobi camping.

6. Seger Nusantara

Tempat Camping Di Jember Seger Nusantara
Seger Nusantara, Jember (sumber: instagram.com/kriskuring/)
LokasiPrasian, Jatian, Kec. Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 06.00-16.00
Harga tiket masuk» Dewasa: Rp20.000/orang
» Anak-anak: Rp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jember24 menit (13,0 km) lewat Jl. Bondowoso – Jember dan Jl. Sarangan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingFasilitas outbond, area panahan, pemandangan bukit, wahana permainan anak, desa wisata

Seger Nusantara merupakan wisata alam dengan konsep terbuka yang terbilang cukup baru. Tempat camping ini masih terus dibangun dan dikembangkan. Di sini memang difokuskan untuk tempat kegiatan outdoor seperti camping, bersepeda, outbond dan masih banyak lagi.

Tempat camping ini mungkin terasa berbeda dari yang lain. Sebab, tempat ini seakan memiliki jiwa sendiri yang membuatnya hidup. Kamu akan merasakan atmosfer hangat yang penuh rasa semangat sekaligus kedamaian di sini. Ditambah lagi dengan pemandangan bukit-bukit serta hamparan rerumputan yang sangat, sangat luas. Tempat ini sangat hijau dan asri.

Untuk akses ke lokasi juga tidak sulit. Kamu bisa naik kendaraan roda dua dan roda empat. Lalu, saat sampai kamu bisa parkir kendaraan. Nanti kamu berjalan sedikit untuk sampai di area camping yang berupa lapangan berumput sangat luas. Bisa muat banyak tenda di area camping ini.

Kamu pun dapat membawa tenda sendiri atau sewa. Begitu tiba di area camping, kamu dapat mendirikan tenda. Pemandangannya terlihat segar dan kehijauan sekaligus terasa lapang. Ada spot berupa bukit hijau yang ditata berundak di tengah-tengah tempat camping ini. Lalu, ada pohon yang di bawahnya terdapat tempat duduk.

Di sekeliling tempat camping juga ada banyak bukit. Untuk fasilitas, tersedia lahan parkir, kamar mandi, toilet, musala, gazebo, pendopo, serta kafe. Aktivitas favorit di sini yaitu jalan-jalan keliling, berfoto, menikmati wahana, serta bersantai. Tempat camping ini cocok untuk keluarga dan anak-anak, teman, pasangan, rombongan besar juga.

7. Bumi Perkemahan “BUKIT PERTAPA”

Tempat Camping Di Jember Bumi Perkemahan Bukit Pertapa
Bumi Perkemahan “BUKIT PERTAPA”, Jember (sumber: Agus Suhendro)
LokasiUnnamed Road, Suko Timur, Kramat Sukoharjo, Tanggul, Jember Regency, East Java (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 05.00-17.00
Harga paket campingGratis
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Jember1 jam 10 menit (38,5 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan, view Gunung Semeru di kejauhan

Kalau kamu ingin camping di bukit yang benar-benar alami, langsung saja ke Bumi Perkemahan “BUKIT PERTAPA”. Akses menuju lokasi cukup baik. Namun, pengunjung biasanya menggunakan motor ke sini. Ketika sampai, kamu akan parkir sekaligus menitipkan motor. Kemudian, kamu akan berjalan mendaki ke atas bukit. Trekking-nya pendek tapi memang cukup menanjak.

Kalau menggunakan motor dengan gigi atau motor trail, kamu bisa membawanya sampai ke area camping di puncak. Setelah sampai di puncak, di sinilah area camping berada. Terdapat gazebo untuk tempat beristirahat juga. Pemandangannya menakjubkan, kamu tidak akan berhenti berdecak kagum.

Di sekeliling, terdapat perbukitan yang terlihat sangat dekat, hijau, dan alami. Di bawah, terlihat terasering lahan pertanian dan perkebunan. Area camping sendiri berupa lahan tanah yang terbatas luasnya, muat beberapa tenda. Kira-kira bisa sampai sepuluh tenda. Untuk tenda, kamu bisa bawa sendiri beserta perlengkapannya.

Di area camping juga ada pohon-pohon dengan batang tipis, tumbuh di sejumlah titik saja. Di kejauhan, sangat jauh tapi kelihatan dari sini, ada Gunung Semeru berdiri. Pemandangannya memang memesona, tapi belum ada fasilitas di sini. Hanya ada gazebo saja. Belum ada kamar mandi, toilet, dan warung. Tempatnya juga tidak dekat dari permukiman. Jadi, bawalah perbekalan yang cukup.

Kalau aktivitas seru di sini, tidak lain adalah menyaksikan pemandangan dan berfoto. Kamu juga bisa duduk-duduk di gazebo. Tempat camping tersembunyi ini cocok untuk kamu dan teman, keluarga, pasangan, komunitas. Siapa saja pencinta alam yang hobi mendaki dan camping, sangat bisa ke sini.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Jember. Kami secara pribadi paling suka dengan Seger Nusantara. Tempatnya sudah dikelola dengan sangat baik, rapi serta nyaman. Namun, tempat tersebut masih terasa sangat alami. Perpaduan yang sempurna antara pengelolaan manusia dan alam yang dibiarkan bebas. Kalau kamu bakal paling suka camping di tempat yang mana? Share opini kamu di kolom komentar, ya!

Leave a Comment